Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: ↑Fri Mar 01, 2024 4:25
Udah remap juga kan CiBo nya yah?
faktor perpanjang umur oli:
- Tuang mesran murah 1 liter ketika tetes terakhir oli lama (untuk flush oil pan aja)
- Pakai Pertamax Turbo atau RON yg sesuai dan Minim sulfur
- Cooling System sampai coolant prima dan fresh (klo mobil baru harusnya sih aman yaa)
- Kondisi Traffic
- Driving Style
udah sih om. kan kalo pake mobil turbo gak di remap kata orang yang bener aja... rugi dong
pk oli yg kelas 125k seliter aja klo mau setahun.
filternya juga pakai PTT FitAuto yg 60rb-an buat honda.
itu filter long drain.
Buat 1 nz tapi
oh ya udah PFG 5w30 aja
Filter olinya pk yg made in thailand.
lbh mahal, tp emg better buat long run.
60rb-an jg.
1NZ itu rada makan oli, sambil dikontrol penguapannya.
punya experience melihara bakpao.
Maaf om, tanya, silent reader sejak 2014an dan baru buat akun. Saya juga pake Yaris 2006, odo 294.[cencored] dan sudah pake 5w30 sejak odo sktr 180.[cencored]. Sejak pake 5w-30 seringnya pake PTT 5w-30 Dan shell beli di shop n drive. Penguapan berkurang sekitar 1/5 sampe 1/4 dr kondisi full di deepstick (jd sisanya sktr 3/4 on deepstick). berarti normal ya om setelah jalan 8500-9000 km (jarang macet, rutel lukot non tol). Dulu blm begitu mantau thread oli jd pake Oli sampe sktr 8500-9000 km dg merk yg saya sebutin td.
Pernah pake repsol gxr platinum tp dah saya ganti di 4000 km krn merasa kurang enak.
Next pengen coba PFG 5W30. makasih
Makasih om.
Last edited by Red1nzer on Sat Mar 02, 2024 4:20, edited 1 time in total.
midrpm wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 7:06
Om ada yg pernah coba stinger engine flush kah? saya sering liat di IG bengkel m1ster oli mobil, claimnya bisa membuang sisa2 oli mesin di sela2 terdalam dan membuat suara mesin jadi lebih halus. Ini kira2 worthed ga ya? dan apakah aman untuk mobil yg kilometernya tinggi 150 rb km up?
Gak usah mbah.
Gimmick doang itu.
Pk aja oli diesel / bensin spt Bardahl S9 5w30.
Olahraga di tol, pakai 3rb km dan buang.
Itu udh bagus deterjen nya.
Selanjutnya bs pk oli yg sama, atau upgrade ke Fastron Gold, kyu8, dkk nya.
Dgn interval ganti yg lbh panjang.
Yg penting cooling system kuncinya.
Detil teknis bisa japri untuk cek cooling system, ke suhu mbah marmut.
midrpm wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 7:06
Om ada yg pernah coba stinger engine flush kah? saya sering liat di IG bengkel m1ster oli mobil, claimnya bisa membuang sisa2 oli mesin di sela2 terdalam dan membuat suara mesin jadi lebih halus. Ini kira2 worthed ga ya? dan apakah aman untuk mobil yg kilometernya tinggi 150 rb km up?
Mau mobilnya sudah 500rb km kalau jadwal penggantian oli rutin dan pakai oli yg bagus juga ga bakal butuh begitu2an menurut saya, kan fungsi oli juga ada detergentnya. malah kalo di flush begituan ngilangin lapisan oil film yang nempel di metal mesin, ibarat tanganya kena oli cuci tangan pakai bensin/pembersih, yang ada keset wkwk... jadi bikin mesin aus saat proses flush dan awal start sebelum oli bisa sirkulasi ke semua bagian.
tapi sih orang pendapatnya beda2 yah, yang penting yakin aja ga usah ragu
Siap om, soalnya klo dilihat harga jasa stingernya juga mahal.
oh ya udah PFG 5w30 aja
Filter olinya pk yg made in thailand.
lbh mahal, tp emg better buat long run.
60rb-an jg.
1NZ itu rada makan oli, sambil dikontrol penguapannya.
punya experience melihara bakpao.
Maaf om, tanya, silent reader sejak 2014an dan baru buat akun. Saya juga pake Yaris 2006, odo 294.[cencored] dan sudah pake 5w30 sejak odo sktr 180.[cencored]. Sejak pake 5w-30 seringnya pake PTT 5w-30 Dan shell beli di shop n drive. Penguapan berkurang sekitar 1/5 sampe 1/4 dr kondisi full di deepstick (jd sisanya sktr 3/4 on deepstick). berarti normal ya om setelah jalan 8500-9000 km (jarang macet, rutel lukot non tol). Dulu blm begitu mantau thread oli jd pake Oli sampe sktr 8500-9000 km dg merk yg saya sebutin td.
Pernah pake repsol gxr platinum tp dah saya ganti di 4000 km krn merasa kurang enak.
Next pengen coba PFG 5W30. makasih
midrpm wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 7:06
Om ada yg pernah coba stinger engine flush kah? saya sering liat di IG bengkel m1ster oli mobil, claimnya bisa membuang sisa2 oli mesin di sela2 terdalam dan membuat suara mesin jadi lebih halus. Ini kira2 worthed ga ya? dan apakah aman untuk mobil yg kilometernya tinggi 150 rb km up?
Gak usah mbah.
Gimmick doang itu.
Pk aja oli diesel / bensin spt Bardahl S9 5w30.
Olahraga di tol, pakai 3rb km dan buang.
Itu udh bagus deterjen nya.
Selanjutnya bs pk oli yg sama, atau upgrade ke Fastron Gold, kyu8, dkk nya.
Dgn interval ganti yg lbh panjang.
Yg penting cooling system kuncinya.
Detil teknis bisa japri untuk cek cooling system, ke suhu mbah marmut.
Oke om makasih infonya, jd cm gimmick yaa.
very much welcome om
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
oh ya udah PFG 5w30 aja
Filter olinya pk yg made in thailand.
lbh mahal, tp emg better buat long run.
60rb-an jg.
1NZ itu rada makan oli, sambil dikontrol penguapannya.
punya experience melihara bakpao.
Maaf om, tanya, silent reader sejak 2014an dan baru buat akun. Saya juga pake Yaris 2006, odo 294.[cencored] dan sudah pake 5w30 sejak odo sktr 180.[cencored]. Sejak pake 5w-30 seringnya pake PTT 5w-30 Dan shell beli di shop n drive. Penguapan berkurang sekitar 1/5 sampe 1/4 dr kondisi full di deepstick (jd sisanya sktr 3/4 on deepstick). berarti normal ya om setelah jalan 8500-9000 km (jarang macet, rutel lukot non tol). Dulu blm begitu mantau thread oli jd pake Oli sampe sktr 8500-9000 km dg merk yg saya sebutin td.
Pernah pake repsol gxr platinum tp dah saya ganti di 4000 km krn merasa kurang enak.
Next pengen coba PFG 5W30. makasih
oh ya udah PFG 5w30 aja
Filter olinya pk yg made in thailand.
lbh mahal, tp emg better buat long run.
60rb-an jg.
1NZ itu rada makan oli, sambil dikontrol penguapannya.
punya experience melihara bakpao.
Maaf om, tanya, silent reader sejak 2014an dan baru buat akun. Saya juga pake Yaris 2006, odo 294.[cencored] dan sudah pake 5w30 sejak odo sktr 180.[cencored]. Sejak pake 5w-30 seringnya pake PTT 5w-30 Dan shell beli di shop n drive. Penguapan berkurang sekitar 1/5 sampe 1/4 dr kondisi full di deepstick (jd sisanya sktr 3/4 on deepstick). berarti normal ya om setelah jalan 8500-9000 km (jarang macet, rutel lukot non tol). Dulu blm begitu mantau thread oli jd pake Oli sampe sktr 8500-9000 km dg merk yg saya sebutin td.
Pernah pake repsol gxr platinum tp dah saya ganti di 4000 km krn merasa kurang enak.
Next pengen coba PFG 5W30. makasih
Makasih om.
mesin aman om? udah varnish blm km segitu?
Nah, Itu dia om. Sudah agak varnish sejak dapat dr pemilik sebelumnya om. Kalau recordnya pemilik lama sih pake mobil super 2000 10-40. Jd gak tau antara sering telat dulu atau olinya krn Beli Di toko yg lama perputaran stoknya (tau tokonya mmg setelah saya cek selalu stok lama)
Taunya Pas dulu ganti gasket. Alhamdulillah sih Aman Dr sludge. Alhamdulillah sejak pake 5w30 ya gak ngelitik.
Iya soalnya ACEA E itu khusus heavy duty diesel jadi cuma ada di HDEO. Kalo make di mobil bensin ya gak perlu ada ACEA E7. Sebenernya gak harus ada pao juga bisa kalo cuma 10rb km. Mau pake 10rb cukup cari yang ada approval asli kyk MB 229.51/229.52. Q8 yang masuk sini semua bisa 10rb km, kecuali di mesin tertentu top upnya terlalu banyak (ie bmw m54 tuh lumayan boros oli by default)
kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Semua oli w20
Api SP / Dex 1Gen2 atau Dex 1 Gen3 (minimal sn+)
Cocok buat CiBo koq
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Semua oli w20
Api SP / Dex 1Gen2 atau Dex 1 Gen3 (minimal sn+)
kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Q8 kalo yg d1fe 0w20 yg udah API SP mah harusnya cocok om. Kan katanya API SP udah anti LSPI gituan yg cocok buat mesin turbo.
Kalo mobil 1 triple action ane lagi pake nih oom yg 0w20. Kalo kata orang c4kr4 sih cuma rebrand kemasan baru dari mobil1 advance fuel economy, tidak lupa juga harga ikut naik Tapi yang jelas dari masih pake nama AFE sampe sekarang jadi triple action ane udah ketagihan pake ni oli. Dipake di enjin K15B bikin suara mesin jadi alussss... Dari dulu pertama pake di 70k km sampe sekarang udah 90an rb km selalu pake sampe 10 rb km. So far mesin masih bersih sih.
Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Semua oli w20
Api SP / Dex 1Gen2 atau Dex 1 Gen3 (minimal sn+)
Cocok buat CiBo koq
nah.. akhirnya daripada pusing2 jadi pagi ini iseng browsing. di webnya q8 sih udh comply banyak banget standarnya.. api sn, sn+ dexos apalah ada ford GM gitu tulis2nya. emang apa sih om kode2 ini artinya? secara garis besar aja om.
trus gak lupa juga cek manual book nya cibo. tulisannya cuma perlu oli mesin 0w20, gak ada api sn sn+ gitu2. taunya darimana ya nih mesin butuh gitu2?
LSPI juga udh tau akhirnya. kalo gk salah nangkep lagi speed rendah tiba2 dibejek yak. low speed pre ignition
Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
ok2 om.. nextnya coba ganti yang mobil 1 nih. emang penasaran juga sih bedanya apa. q8 kurang compatible ya om buat mesin turbo honda?
Q8 kalo yg d1fe 0w20 yg udah API SP mah harusnya cocok om. Kan katanya API SP udah anti LSPI gituan yg cocok buat mesin turbo.
Kalo mobil 1 triple action ane lagi pake nih oom yg 0w20. Kalo kata orang c4kr4 sih cuma rebrand kemasan baru dari mobil1 advance fuel economy, tidak lupa juga harga ikut naik Tapi yang jelas dari masih pake nama AFE sampe sekarang jadi triple action ane udah ketagihan pake ni oli. Dipake di enjin K15B bikin suara mesin jadi alussss... Dari dulu pertama pake di 70k km sampe sekarang udah 90an rb km selalu pake sampe 10 rb km. So far mesin masih bersih sih.
iya om, udh cek di webnya sih ada api SP SN SNplus juga sih. kalo liat dari buku manual cibo cuma tulis 0w20 jadi ya udh sih gk telalu kepikiran gimana. cuma emang ke depan mau coba2 aja merk lain juga kekeke
btw om, pengalaman pakai ini cuma bikin suara mesin jadi alus? tarikan makin enteng ato mgkn bensin makin irit? soalnya kan 'katanya' cuma rebrand dgn judul advance fuel economy
tq banget om sharingnya. nanti sy coba pakai buat next ganti oli
iamwewe wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 1:47
nah.. akhirnya daripada pusing2 jadi pagi ini iseng browsing. di webnya q8 sih udh comply banyak banget standarnya.. api sn, sn+ dexos apalah ada ford GM gitu tulis2nya. emang apa sih om kode2 ini artinya? secara garis besar aja om.
trus gak lupa juga cek manual book nya cibo. tulisannya cuma perlu oli mesin 0w20, gak ada api sn sn+ gitu2. taunya darimana ya nih mesin butuh gitu2?
LSPI juga udh tau akhirnya. kalo gk salah nangkep lagi speed rendah tiba2 dibejek yak. low speed pre ignition
artinya sudah melebihi standard rekomendasi yg ditetapkan oleh:
- bbrp produsen otomtif secara spesifik (GM, Ford, dsb)
- atau standard lendir scr umum (API)
Maaf om, tanya, silent reader sejak 2014an dan baru buat akun. Saya juga pake Yaris 2006, odo 294.[cencored] dan sudah pake 5w30 sejak odo sktr 180.[cencored]. Sejak pake 5w-30 seringnya pake PTT 5w-30 Dan shell beli di shop n drive. Penguapan berkurang sekitar 1/5 sampe 1/4 dr kondisi full di deepstick (jd sisanya sktr 3/4 on deepstick). berarti normal ya om setelah jalan 8500-9000 km (jarang macet, rutel lukot non tol). Dulu blm begitu mantau thread oli jd pake Oli sampe sktr 8500-9000 km dg merk yg saya sebutin td.
Pernah pake repsol gxr platinum tp dah saya ganti di 4000 km krn merasa kurang enak.
Next pengen coba PFG 5W30. makasih
Makasih om.
mesin aman om? udah varnish blm km segitu?
Nah, Itu dia om. Sudah agak varnish sejak dapat dr pemilik sebelumnya om. Kalau recordnya pemilik lama sih pake mobil super 2000 10-40. Jd gak tau antara sering telat dulu atau olinya krn Beli Di toko yg lama perputaran stoknya (tau tokonya mmg setelah saya cek selalu stok lama)
Taunya Pas dulu ganti gasket. Alhamdulillah sih Aman Dr sludge. Alhamdulillah sejak pake 5w30 ya gak ngelitik.
Mesin 1NZ ini jangan sampai kurang oli om, minimal di 3/4 dipstick.
1NZ saya di penggunaan oli terakhir sering di bawah 1/2 dipstick karena beli olinya ngepas 4 liter jadi sama saya pas terakhir sampai 1/4 dipstick sampai akhirnya ganti oli. Pas saya cek dari lubang pengisian itu varnishnya nambah
Akhirnya pas ganti oli terakhir saya beli olinya 5 liter aja, dan sekarang saya jaga olinya di 3/4 dipstick, cek setiap 500Km. Kondisi cooling system baru ganti radiator tahun 2022 dan coolant juga pakai TMO tidak ada pengurangan signifikan.
Nah, Itu dia om. Sudah agak varnish sejak dapat dr pemilik sebelumnya om. Kalau recordnya pemilik lama sih pake mobil super 2000 10-40. Jd gak tau antara sering telat dulu atau olinya krn Beli Di toko yg lama perputaran stoknya (tau tokonya mmg setelah saya cek selalu stok lama)
Taunya Pas dulu ganti gasket. Alhamdulillah sih Aman Dr sludge. Alhamdulillah sejak pake 5w30 ya gak ngelitik.
Mesin 1NZ ini jangan sampai kurang oli om, minimal di 3/4 dipstick.
1NZ saya di penggunaan oli terakhir sering di bawah 1/2 dipstick karena beli olinya ngepas 4 liter jadi sama saya pas terakhir sampai 1/4 dipstick sampai akhirnya ganti oli. Pas saya cek dari lubang pengisian itu varnishnya nambah
Akhirnya pas ganti oli terakhir saya beli olinya 5 liter aja, dan sekarang saya jaga olinya di 3/4 dipstick, cek setiap 500Km. Kondisi cooling system baru ganti radiator tahun 2022 dan coolant juga pakai TMO tidak ada pengurangan signifikan.
Agak lain ya mbah mesin bakpao ini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nah, Itu dia om. Sudah agak varnish sejak dapat dr pemilik sebelumnya om. Kalau recordnya pemilik lama sih pake mobil super 2000 10-40. Jd gak tau antara sering telat dulu atau olinya krn Beli Di toko yg lama perputaran stoknya (tau tokonya mmg setelah saya cek selalu stok lama)
Taunya Pas dulu ganti gasket. Alhamdulillah sih Aman Dr sludge. Alhamdulillah sejak pake 5w30 ya gak ngelitik.
Mesin 1NZ ini jangan sampai kurang oli om, minimal di 3/4 dipstick.
1NZ saya di penggunaan oli terakhir sering di bawah 1/2 dipstick karena beli olinya ngepas 4 liter jadi sama saya pas terakhir sampai 1/4 dipstick sampai akhirnya ganti oli. Pas saya cek dari lubang pengisian itu varnishnya nambah
Akhirnya pas ganti oli terakhir saya beli olinya 5 liter aja, dan sekarang saya jaga olinya di 3/4 dipstick, cek setiap 500Km. Kondisi cooling system baru ganti radiator tahun 2022 dan coolant juga pakai TMO tidak ada pengurangan signifikan.
sejak kapan tuh om mesinya mulai makan oli, Alhamdulillah punya saya masih normal, nyusutnya selama 5000km masih dikit bgt. Padahal sudah siapin juga buat top up.
Suryaputra wrote: ↑Sun Mar 03, 2024 3:06
Agak lain ya mbah mesin bakpao ini
Saya aja baru ngeh saat ganti oli terakhir mbah
Si Vios ini biasanya ganti oli itu 3.2Liter dengan posisi dipstick di 3/4, biasanya setiap 1000Km saya tambahin 200ml biar balik ke 3/4 lagi. Nah yg terakhir ini aga sering saya top up nya, entah kenapa lebih banyak penguapannya dari biasanya, sampai terakhir di 5rb Km itu posisi di dipatick tinggal 1/4 lagi ke low.
Sekarang sih ganti pakai Kixx 5W-30 isi di sekitar 3.5L sampai f di dipstick. udah topup 300ml sih dalam 2.000 Km, sekarang saya usahakan di Full aja terus.
Mana barusan cek di body Filter Oli ada agak basah oli tipis, saya cek dengan hand tight sih udah rapet ya. Tadi sih saya coba bersihin FO dan area sekitarnya dengan brake cleaner dulu, kita lihat pemakaian beberapa hari ke depan apakah muncul lagi itu basah olinya. Padahal pas top up terakhir bbrp minggu lalu masih kering itu FO
sejak kapan tuh om mesinya mulai makan oli, Alhamdulillah punya saya masih normal, nyusutnya selama 5000km masih dikit bgt. Padahal sudah siapin juga buat top up.
Sejak saya dapet mobil ini 6 tahun lalu udah gitu sih om, termasuk dengan varnishnya
Sekarang udah jalan 50an ribu Km pakai oli 5W-30 (sebelumnya saya biasanya diisi 10W-40) masih aman sih om, masih wajar lah penguapannya. Masih jauh dari batas maksimalnya pabrikan di 1liter per 1000Km