Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

hare info

Pilihan oli 10W30 API CK-4 yg paling ekonomis

Cocok utk Toyota 2GD / 1GD / Mitsub 4N15 / Isuzu RZ4-E / Nissan Navara - Terra circa 2015 - Now

Sudah API DONUT (API CK-4 Approved by API dot ORG)

Hanya Rp 73 rb / L

barang dari Dist resmi

https://tokopedia.link/Rk5cMQBc8Gb

* Bukan ajakan beli *
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11262
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Tue Feb 27, 2024 6:52 hare info

Pilihan oli 10W30 API CK-4 yg paling ekonomis

Cocok utk Toyota 2GD / 1GD / Mitsub 4N15 / Isuzu RZ4-E / Nissan Navara - Terra circa 2015 - Now

Sudah API DONUT (API CK-4 Approved by API dot ORG)

Hanya Rp 73 rb / L

barang dari Dist resmi

https://tokopedia.link/Rk5cMQBc8Gb

* Bukan ajakan beli *
wuihh mantap,
oli yg specifically for Diesel only.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
oog
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Jan 22, 2016 9:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by oog »

Image

harganya murmer om, kira-kira asli gak nih :big_childish:
Juzzyhite
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Mon Dec 17, 2018 5:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Juzzyhite »

Turboman wrote: Mon Feb 26, 2024 7:55 Share info

Repsol Giant 0W20 API SP (API DONUT) & Bukan oli ECO

Murah cuman Rp 85 rb / L (barang dr Dist resmi)

https://tokopedia.link/q0aR8N7JpHb

*Bukan ajakan beli *
Kira-kira bisa coba sampe brp KM om?
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by fajarrian »

solar_kerosen wrote: Mon Feb 26, 2024 4:08 Mau tanya oli Dealer terbaik merk apa toyota ,suzuki atau mitsu buat ngindari brg palsu ?
bukannya justru yang paling banyak palsunya oli bawaan merk mobil :big_biglaugh: , tapi kalo belinya di beres sih aman

yang paling best value sih ecstar, yang 5w30 nya 300an 4L
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

oog wrote: Tue Feb 27, 2024 8:58 Image

harganya murmer om, kira-kira asli gak nih :big_childish:
sebaiknya jangan gegabah om
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

Duvebriliant0 wrote: Mon Feb 26, 2024 8:03
Suryaputra wrote: Fri Feb 23, 2024 3:12
azu wrote: Fri Feb 23, 2024 3:04

sepertinya ini PTT Fit OT 103 bisa untuk 1NZ kalau lihat compatibility partnya

https://tokopedia.link/6AAd2RqFpHb

saya selama ini pakainya WIX WL7572 buatan India karena WL7131 buatan Poland udah ga ada. untuk 1NZ tahun 2007 saya biasanya saya ganti di 6000-7000 max 8 bulan pakai 5W-30. setiap 2000Km paling tidak top up 200ml sih om, karena mesin ini lumayan makan oli dan gampang banget muncul varnish, mana kalau sudah ada itu varnish/kerak susah banget bersihinnya kecuali overhaul mesin :ungg:

Next mungkin saya mau coba PFG pakai Filter PTT ini, kita coba apakah masih enak sampai 10rb Km/1 tahun :mky_01:
Iya sy jg pakai itu.
mantap BQ nya dan terasa berbobot.
thn lalu beli 60k

dapat free ring seal oli jg.
mbah, 1nz 2012 pake bardahl s9 + filter ptt fit buat 10k km rekomen gak yah? odo baru 67rban sih
rekomen bgt, cuma coba dicek deh pas 5000 - 7000 km, biasanya di 1NZ bikin oli cepet gosong, padahal saya pakai yg full sintetis, pendinginan normal, oil temp normal, selalu dibawah 90. Mungkin olinya yg kelas rakyat bukan yg kelas konglo :big_peace:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

Turboman wrote: Mon Feb 26, 2024 7:55 Share info

Repsol Giant 0W20 API SP (API DONUT) & Bukan oli ECO

Murah cuman Rp 85 rb / L (barang dr Dist resmi)

https://tokopedia.link/q0aR8N7JpHb

*Bukan ajakan beli *
Repsol kaya gini biasanya yg di jual di Bquick yah? Kalo yg retail yg seri GXR gitu
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

solar_kerosen wrote: Mon Feb 26, 2024 4:08 Mau tanya oli Dealer terbaik merk apa toyota ,suzuki atau mitsu buat ngindari brg palsu ?
Chevrolet/GM merknya kalo dulu GM Tech, sekarang ACDelco.
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by esaka »

t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 0:58
Duvebriliant0 wrote: Mon Feb 26, 2024 8:03
Suryaputra wrote: Fri Feb 23, 2024 3:12

Iya sy jg pakai itu.
mantap BQ nya dan terasa berbobot.
thn lalu beli 60k

dapat free ring seal oli jg.
mbah, 1nz 2012 pake bardahl s9 + filter ptt fit buat 10k km rekomen gak yah? odo baru 67rban sih
rekomen bgt, cuma coba dicek deh pas 5000 - 7000 km, biasanya di 1NZ bikin oli cepet gosong, padahal saya pakai yg full sintetis, pendinginan normal, oil temp normal, selalu dibawah 90. Mungkin olinya yg kelas rakyat bukan yg kelas konglo :big_peace:
ane melihatnya lebih kepada karakteristik lendirnya yg bukan HDEO, minim deterjen, TBN turun banyak di akhir masa, jadinya ya dipaksa 10 ribu kilo bikin varnish,
long-drain (sekaligus heavy-duty) gitu kan memang titik fokusnya ke aditif deterjen ama TBN tinggi,
oli HDEO modern aja kalau mau beneran long-drain 10 ribu ya wajib ada sertifikasi ACEA E7 (minimal),
PCMO sejauh pengetahuan saya nggak ada yg bersertifikasi ACEA E7
Merk keraton juga nggak ada ACEA E7 kayak Amsoil Signature, Mobil1, Castrol Edge, Shell Helix Ultra. Tapi PCMO gitu base oil-nya udah banyak PAO-nya. Makanya mahal. :big_peace:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

esaka wrote: Thu Feb 29, 2024 1:45
t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 0:58
Duvebriliant0 wrote: Mon Feb 26, 2024 8:03

mbah, 1nz 2012 pake bardahl s9 + filter ptt fit buat 10k km rekomen gak yah? odo baru 67rban sih
rekomen bgt, cuma coba dicek deh pas 5000 - 7000 km, biasanya di 1NZ bikin oli cepet gosong, padahal saya pakai yg full sintetis, pendinginan normal, oil temp normal, selalu dibawah 90. Mungkin olinya yg kelas rakyat bukan yg kelas konglo :big_peace:
ane melihatnya lebih kepada karakteristik lendirnya yg bukan HDEO, minim deterjen, TBN turun banyak di akhir masa, jadinya ya dipaksa 10 ribu kilo bikin varnish,
long-drain (sekaligus heavy-duty) gitu kan memang titik fokusnya ke aditif deterjen ama TBN tinggi,
oli HDEO modern aja kalau mau beneran long-drain 10 ribu ya wajib ada sertifikasi ACEA E7 (minimal),
PCMO sejauh pengetahuan saya nggak ada yg bersertifikasi ACEA E7
Merk keraton juga nggak ada ACEA E7 kayak Amsoil Signature, Mobil1, Castrol Edge, Shell Helix Ultra. Tapi PCMO gitu base oil-nya udah banyak PAO-nya. Makanya mahal. :big_peace:
Iya soalnya ACEA E itu khusus heavy duty diesel jadi cuma ada di HDEO. Kalo make di mobil bensin ya gak perlu ada ACEA E7. Sebenernya gak harus ada pao juga bisa kalo cuma 10rb km. Mau pake 10rb cukup cari yang ada approval asli kyk MB 229.51/229.52. Q8 yang masuk sini semua bisa 10rb km, kecuali di mesin tertentu top upnya terlalu banyak (ie bmw m54 tuh lumayan boros oli by default)
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by alim ulama »

Turboman wrote: Mon Feb 26, 2024 7:55 Share info

Repsol Giant 0W20 API SP (API DONUT) & Bukan oli ECO

Murah cuman Rp 85 rb / L (barang dr Dist resmi)

https://tokopedia.link/q0aR8N7JpHb

*Bukan ajakan beli *
om turbo ini trusted seller ya? browsing di lapak laen yg punya toko fisik multi cabang udah 140 an / liter.

menarik bgt nih kalau cuman 85 rb mah buat stock
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11262
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

alim ulama wrote: Fri Mar 01, 2024 3:46
Turboman wrote: Mon Feb 26, 2024 7:55 Share info

Repsol Giant 0W20 API SP (API DONUT) & Bukan oli ECO

Murah cuman Rp 85 rb / L (barang dr Dist resmi)

https://tokopedia.link/q0aR8N7JpHb

*Bukan ajakan beli *
om turbo ini trusted seller ya? browsing di lapak laen yg punya toko fisik multi cabang udah 140 an / liter.

menarik bgt nih kalau cuman 85 rb mah buat stock
td-motor 100% trusted direkomen om turbo.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by alim ulama »

Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 3:50
alim ulama wrote: Fri Mar 01, 2024 3:46
Turboman wrote: Mon Feb 26, 2024 7:55 Share info

Repsol Giant 0W20 API SP (API DONUT) & Bukan oli ECO

Murah cuman Rp 85 rb / L (barang dr Dist resmi)

https://tokopedia.link/q0aR8N7JpHb

*Bukan ajakan beli *
om turbo ini trusted seller ya? browsing di lapak laen yg punya toko fisik multi cabang udah 140 an / liter.

menarik bgt nih kalau cuman 85 rb mah buat stock
td-motor 100% trusted direkomen om turbo.
ini quality oli goceng / 6 bulan ganti ya om suryaputra?
atau masih kuat lebih panjang?

sekalian nanya, kalau Motul H-Tech 0W-20 bisa digeber brp km / bulan?
lagi blm bisa alokasi jajan service rutin yg sesuai keinginan krn mobil jalan 7 tahun mulai jajan slow moving over 4 jt-an
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11262
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

alim ulama wrote: Fri Mar 01, 2024 4:07
Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 3:50
alim ulama wrote: Fri Mar 01, 2024 3:46
om turbo ini trusted seller ya? browsing di lapak laen yg punya toko fisik multi cabang udah 140 an / liter.

menarik bgt nih kalau cuman 85 rb mah buat stock
td-motor 100% trusted direkomen om turbo.
ini quality oli goceng / 6 bulan ganti ya om suryaputra?
atau masih kuat lebih panjang?

sekalian nanya, kalau Motul H-Tech 0W-20 bisa digeber brp km / bulan?
lagi blm bisa alokasi jajan service rutin yg sesuai keinginan krn mobil jalan 7 tahun mulai jajan slow moving over 4 jt-an
motul h-tech 100 plus 0w20
https://azupim01.motul.com/media/motulD ... 500_en.pdf
ngeliat TBN nya sih (estimasi) bisa lah sampai 7rb km.

Repsol itu jg kayanya aman 7rb km

klo mau lbh panjang lagi, pakai BBM PertaTurbo.
biar minim sulfur hahaha dan (relatif) lbh awet umur oli nya.
Last edited by Suryaputra on Fri Mar 01, 2024 4:23, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1111
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iamwewe »

sahabatq8 wrote: Thu Feb 29, 2024 2:29

Iya soalnya ACEA E itu khusus heavy duty diesel jadi cuma ada di HDEO. Kalo make di mobil bensin ya gak perlu ada ACEA E7. Sebenernya gak harus ada pao juga bisa kalo cuma 10rb km. Mau pake 10rb cukup cari yang ada approval asli kyk MB 229.51/229.52. Q8 yang masuk sini semua bisa 10rb km, kecuali di mesin tertentu top upnya terlalu banyak (ie bmw m54 tuh lumayan boros oli by default)
kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11262
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 4:21
sahabatq8 wrote: Thu Feb 29, 2024 2:29

Iya soalnya ACEA E itu khusus heavy duty diesel jadi cuma ada di HDEO. Kalo make di mobil bensin ya gak perlu ada ACEA E7. Sebenernya gak harus ada pao juga bisa kalo cuma 10rb km. Mau pake 10rb cukup cari yang ada approval asli kyk MB 229.51/229.52. Q8 yang masuk sini semua bisa 10rb km, kecuali di mesin tertentu top upnya terlalu banyak (ie bmw m54 tuh lumayan boros oli by default)
kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Udah remap juga kan CiBo nya yah?

faktor perpanjang umur oli:
- Tuang mesran murah 1 liter ketika tetes terakhir oli lama (untuk flush oil pan aja)
- Pakai Pertamax Turbo atau RON yg sesuai dan Minim sulfur
- Cooling System sampai coolant prima dan fresh (klo mobil baru harusnya sih aman yaa)
- Kondisi Traffic
- Driving Style
Last edited by Suryaputra on Fri Mar 01, 2024 4:29, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 4:21
sahabatq8 wrote: Thu Feb 29, 2024 2:29

Iya soalnya ACEA E itu khusus heavy duty diesel jadi cuma ada di HDEO. Kalo make di mobil bensin ya gak perlu ada ACEA E7. Sebenernya gak harus ada pao juga bisa kalo cuma 10rb km. Mau pake 10rb cukup cari yang ada approval asli kyk MB 229.51/229.52. Q8 yang masuk sini semua bisa 10rb km, kecuali di mesin tertentu top upnya terlalu banyak (ie bmw m54 tuh lumayan boros oli by default)
kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Turbo Honda itu GDI bukan om? bukanya harus khusus yg ada LSPI protection yak?
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1111
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 4:25
Udah remap juga kan CiBo nya yah?

faktor perpanjang umur oli:
- Tuang mesran murah 1 liter ketika tetes terakhir oli lama (untuk flush oil pan aja)
- Pakai Pertamax Turbo atau RON yg sesuai dan Minim sulfur
- Cooling System sampai coolant prima dan fresh (klo mobil baru harusnya sih aman yaa)
- Kondisi Traffic
- Driving Style
udah sih om. kan kalo pake mobil turbo gak di remap kata orang yang bener aja... rugi dong :mky_01:

poin 1 nggak pake sih. poin 2 3 ya udh aman, kalo 4 5 ini nih yg udh gk ketolong wkwkwkw
t105erd wrote: Fri Mar 01, 2024 4:27
Turbo Honda itu GDI bukan om? bukanya harus khusus yg ada LSPI protection yak?
wah kalo udh sampe GDI LSPI gini nggak tau nih.. udh telalu teknis. nanya2 di forum disaranin pake d1 fe 0w20 kan makanya hajar ini saya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 4:21
sahabatq8 wrote: Thu Feb 29, 2024 2:29

Iya soalnya ACEA E itu khusus heavy duty diesel jadi cuma ada di HDEO. Kalo make di mobil bensin ya gak perlu ada ACEA E7. Sebenernya gak harus ada pao juga bisa kalo cuma 10rb km. Mau pake 10rb cukup cari yang ada approval asli kyk MB 229.51/229.52. Q8 yang masuk sini semua bisa 10rb km, kecuali di mesin tertentu top upnya terlalu banyak (ie bmw m54 tuh lumayan boros oli by default)
kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Bisa, tapi betul kalo misalnya honda turbo perlu oli rendah kalsium (dexos 1 gen 2 /api sn plus minimum) karena dia prone to LSPI. Kalo Lspi ini oli cepet abis, dan lama lama piston bisa bocel. Saat ini produk kita yang ready dan bisa dipake di turbo honda cuma D1 FE 0w20 dan D1 5w30 (biasanya untuk stage 2 up + trackday). Kalo dari awal pake oli bener, di mesin ini penguapannya normal, kalo udah "kena" karena awal² pakai oli tidak tepat, penguapan jadi berlebihan.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11262
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 5:07
Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 4:25
Udah remap juga kan CiBo nya yah?

faktor perpanjang umur oli:
- Tuang mesran murah 1 liter ketika tetes terakhir oli lama (untuk flush oil pan aja)
- Pakai Pertamax Turbo atau RON yg sesuai dan Minim sulfur
- Cooling System sampai coolant prima dan fresh (klo mobil baru harusnya sih aman yaa)
- Kondisi Traffic
- Driving Style
udah sih om. kan kalo pake mobil turbo gak di remap kata orang yang bener aja... rugi dong :mky_01:

poin 1 nggak pake sih. poin 2 3 ya udh aman, kalo 4 5 ini nih yg udh gk ketolong wkwkwkw
t105erd wrote: Fri Mar 01, 2024 4:27
Turbo Honda itu GDI bukan om? bukanya harus khusus yg ada LSPI protection yak?
wah kalo udh sampe GDI LSPI gini nggak tau nih.. udh telalu teknis. nanya2 di forum disaranin pake d1 fe 0w20 kan makanya hajar ini saya
Ok Gasss
sikatlah q8 D1 FE di Aspexsia

https://www.tokopedia.com/aspexsia

segede bagong logo SM.

Milih oli, gak kaya milih istri koq wkwkwkwkwk :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1111
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iamwewe »

sahabatq8 wrote: Fri Mar 01, 2024 5:27
Bisa, tapi betul kalo misalnya honda turbo perlu oli rendah kalsium (dexos 1 gen 2 /api sn plus minimum) karena dia prone to LSPI. Kalo Lspi ini oli cepet abis, dan lama lama piston bisa bocel. Saat ini produk kita yang ready dan bisa dipake di turbo honda cuma D1 FE 0w20 dan D1 5w30 (biasanya untuk stage 2 up + trackday). Kalo dari awal pake oli bener, di mesin ini penguapannya normal, kalo udah "kena" karena awal² pakai oli tidak tepat, penguapan jadi berlebihan.
berarti amannya kita pake di 7500km aja kali yak. jgn di hajar 10rb km buat mesin ini
Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 5:47


Ok Gasss
sikatlah q8 D1 FE di Aspexsia

https://www.tokopedia.com/aspexsia

segede bagong logo SM.

Milih oli, gak kaya milih istri koq wkwkwkwkwk :upss:
anu om..... kan baru ganti q8 semua mesin transmisi ud di update di thread civic FE saya...... baru jalan serebu km dari terakhir sy update :mky_01: jaga2 aja sih saya nanya ini mahh
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11262
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 6:16
sahabatq8 wrote: Fri Mar 01, 2024 5:27
Bisa, tapi betul kalo misalnya honda turbo perlu oli rendah kalsium (dexos 1 gen 2 /api sn plus minimum) karena dia prone to LSPI. Kalo Lspi ini oli cepet abis, dan lama lama piston bisa bocel. Saat ini produk kita yang ready dan bisa dipake di turbo honda cuma D1 FE 0w20 dan D1 5w30 (biasanya untuk stage 2 up + trackday). Kalo dari awal pake oli bener, di mesin ini penguapannya normal, kalo udah "kena" karena awal² pakai oli tidak tepat, penguapan jadi berlebihan.
berarti amannya kita pake di 7500km aja kali yak. jgn di hajar 10rb km buat mesin ini
Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 5:47


Ok Gasss
sikatlah q8 D1 FE di Aspexsia

https://www.tokopedia.com/aspexsia

segede bagong logo SM.

Milih oli, gak kaya milih istri koq wkwkwkwkwk :upss:
anu om..... kan baru ganti q8 semua mesin transmisi ud di update di thread civic FE saya...... baru jalan serebu km dari terakhir sy update :mky_01: jaga2 aja sih saya nanya ini mahh
oh iyaa bener sepaket yaa sm CVT evo wkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by RezPrat »

iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 4:21
sahabatq8 wrote: Thu Feb 29, 2024 2:29

Iya soalnya ACEA E itu khusus heavy duty diesel jadi cuma ada di HDEO. Kalo make di mobil bensin ya gak perlu ada ACEA E7. Sebenernya gak harus ada pao juga bisa kalo cuma 10rb km. Mau pake 10rb cukup cari yang ada approval asli kyk MB 229.51/229.52. Q8 yang masuk sini semua bisa 10rb km, kecuali di mesin tertentu top upnya terlalu banyak (ie bmw m54 tuh lumayan boros oli by default)
kalo di mesin turbo honda om? apalagi 70% di pemakaian macet2an? apakah masih kuat 10rb km? isunya kan mesin ini penguapannya banyak yak, dan suhu mesinnya cukup puanas
Wah turbo Honda cari yg API SP lah om, or minimal SN+,
Seperti mobil 1 triple action, Motul h-tech, total q9000, Shell ultra semua nya grade 0w20, bisa pake 10rbKm.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

iamwewe wrote: Fri Mar 01, 2024 6:16
sahabatq8 wrote: Fri Mar 01, 2024 5:27
Bisa, tapi betul kalo misalnya honda turbo perlu oli rendah kalsium (dexos 1 gen 2 /api sn plus minimum) karena dia prone to LSPI. Kalo Lspi ini oli cepet abis, dan lama lama piston bisa bocel. Saat ini produk kita yang ready dan bisa dipake di turbo honda cuma D1 FE 0w20 dan D1 5w30 (biasanya untuk stage 2 up + trackday). Kalo dari awal pake oli bener, di mesin ini penguapannya normal, kalo udah "kena" karena awal² pakai oli tidak tepat, penguapan jadi berlebihan.
berarti amannya kita pake di 7500km aja kali yak. jgn di hajar 10rb km buat mesin ini
Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 5:47


Ok Gasss
sikatlah q8 D1 FE di Aspexsia

https://www.tokopedia.com/aspexsia

segede bagong logo SM.

Milih oli, gak kaya milih istri koq wkwkwkwkwk :upss:
anu om..... kan baru ganti q8 semua mesin transmisi ud di update di thread civic FE saya...... baru jalan serebu km dari terakhir sy update :mky_01: jaga2 aja sih saya nanya ini mahh
10rb /1 tahun aman sih kalo pake antara 2 itu.