Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 512
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by RezPrat »

k1493nk wrote: Thu Oct 12, 2023 8:35
Coba baca point e dan f om, itu d suruh drain
, jadi setelah d drain, om masukin terusssssssss oli nya sampe netes2 di lobang cek nya, abis itu yg 1.5 liter itu d add lagi setelah baut lobang cek oli d tutup buat margin nya Om.

Kalau om cuma isi 1.5 ltr doang selepas buka baut drain d pastikan kurang itu oli d tranny. Mesti cepat2 tambah om.
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by k1493nk »

RezPrat wrote:
k1493nk wrote: Thu Oct 12, 2023 8:35
Coba baca point e dan f om, itu d suruh drain
, jadi setelah d drain, om masukin terusssssssss oli nya sampe netes2 di lobang cek nya, abis itu yg 1.5 liter itu d add lagi setelah baut lobang cek oli d tutup buat margin nya Om.

Kalau om cuma isi 1.5 ltr doang selepas buka baut drain d pastikan kurang itu oli d tranny. Mesti cepat2 tambah om.
Iya mbah betul, tp ternyata di pengecekan level itu overflownya dibuka lagi (pada temp 35 derajat) terus ditunggu sampai drips come out, trus langsung ditutup lagi tanpa di tambah yg 1,5 l seperti di prosedur refill.

Jadi agak bingung...

Atau mungkin pas prosedur refill emang diisi lbh banyak dulu biar yg terganti dengan atf baru lebih banyak.
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by k1493nk »

k1493nk wrote:
RezPrat wrote:
k1493nk wrote: Thu Oct 12, 2023 8:35
Coba baca point e dan f om, itu d suruh drain
, jadi setelah d drain, om masukin terusssssssss oli nya sampe netes2 di lobang cek nya, abis itu yg 1.5 liter itu d add lagi setelah baut lobang cek oli d tutup buat margin nya Om.

Kalau om cuma isi 1.5 ltr doang selepas buka baut drain d pastikan kurang itu oli d tranny. Mesti cepat2 tambah om.
Iya mbah betul, tp ternyata di pengecekan level itu overflownya dibuka lagi (pada temp 35 derajat) terus ditunggu sampai drips come out, trus langsung ditutup lagi tanpa di tambah yg 1,5 l seperti di prosedur refill.

Jadi agak bingung...

Atau mungkin pas prosedur refill emang diisi lbh banyak dulu biar yg terganti dengan atf baru lebih banyak.
My bad, ternyata pada prosedur pengecekan level atf dilakukan saat engine running. Jadi yg di pan sudah ada yg dipompa ke sistem transmisinya. Thanks mbah2 atas koreksinya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11360
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Omnibus »

k1493nk wrote: Thu Oct 12, 2023 11:16
k1493nk wrote:
RezPrat wrote:
Coba baca point e dan f om, itu d suruh drain
, jadi setelah d drain, om masukin terusssssssss oli nya sampe netes2 di lobang cek nya, abis itu yg 1.5 liter itu d add lagi setelah baut lobang cek oli d tutup buat margin nya Om.

Kalau om cuma isi 1.5 ltr doang selepas buka baut drain d pastikan kurang itu oli d tranny. Mesti cepat2 tambah om.
Iya mbah betul, tp ternyata di pengecekan level itu overflownya dibuka lagi (pada temp 35 derajat) terus ditunggu sampai drips come out, trus langsung ditutup lagi tanpa di tambah yg 1,5 l seperti di prosedur refill.

Jadi agak bingung...

Atau mungkin pas prosedur refill emang diisi lbh banyak dulu biar yg terganti dengan atf baru lebih banyak.
My bad, ternyata pada prosedur pengecekan level atf dilakukan saat engine running. Jadi yg di pan sudah ada yg dipompa ke sistem transmisinya. Thanks mbah2 atas koreksinya.
yessss :big_exellent:

makanya sy bingung, ngana 3x drain fill kok cuma pake 4.5L. irit amat. sy aja dulu 11 botol kl ga salah. mana oli nganu pula. auto dompet lipet 10.
Ronggur
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Oct 11, 2023 13:50

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Ronggur »

sahabatq8 wrote: Thu Oct 12, 2023 2:18
Ronggur wrote: Thu Oct 12, 2023 2:03
sahabatq8 wrote: Thu Oct 12, 2023 1:06
Iya, atf changer kalo yang fully automatic aman. Selangnya colok kebalik aja dia bisa detect.

Kalo yang masih manual itu pressurenya harus di pantau terus kalo gak bisa over kalo ga salah. So far sih di toda gitu gak ada problem ya, kecuali mobilnya gak dirawat , bertahun tahun gak pernah ganti oli baru mending drain n refill aja.
Jd metode dgn ATF changer dan drain n refill sama2 bgs ya om? Mending pakai metode drain n refill aja ya supaya lbh aman plus ekonomis? Thanks.
Bebas, cuma kako saya pribadi prefer atf changer karena lebih cepet dan gak perlu balik ke bengkel. Saya ganti 40rb/ 2 tahun sekali
Ok om, terimakasih saran dan masukannya.
Ronggur
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Oct 11, 2023 13:50

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Ronggur »

sahabatq8 wrote: Thu Oct 12, 2023 2:18
Ronggur wrote: Thu Oct 12, 2023 2:03
sahabatq8 wrote: Thu Oct 12, 2023 1:06
Iya, atf changer kalo yang fully automatic aman. Selangnya colok kebalik aja dia bisa detect.

Kalo yang masih manual itu pressurenya harus di pantau terus kalo gak bisa over kalo ga salah. So far sih di toda gitu gak ada problem ya, kecuali mobilnya gak dirawat , bertahun tahun gak pernah ganti oli baru mending drain n refill aja.
Jd metode dgn ATF changer dan drain n refill sama2 bgs ya om? Mending pakai metode drain n refill aja ya supaya lbh aman plus ekonomis? Thanks.
Bebas, cuma kako saya pribadi prefer atf changer karena lebih cepet dan gak perlu balik ke bengkel. Saya ganti 40rb/ 2 tahun sekali
Oya om, kalau metode drain n refill itu emang harus balik k bengkel lg? Bukannya bs slesai d saat kita k bengkel pada hari itu jg? Kalau drain n refill 2 kali untuk mazda cx5 habis berapa liter ya om? Thanks
serseran
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Oct 21, 2022 13:09

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by serseran »

Selamat siang oms semua...
mohon masukannya untuk freed 2014 yang katanya DW-1. (beli seken, ada baca kertas oli, ganti oli trans 88km, skrg 80)

awalnya pengen kuras oli trans nya, ada lihat di T*da, ada liat Total MV - Repsol Automator, Gulf MV kan mirip2 harganya, ada PTT LV-1 AFW+ di Cakra dari pilihan ini apa plus minus nya ya ?

baca 10 page mundur, ternyata ada 2 kubu penggantian oli trans.. konvensional sama atf changer. Nah kalau pake konven, lumayan neh bisa naek-an dikit harga olie nya. ada lihat q8 JK di cakra 155rb. sebenernya bedanya apa ya Q8 JK sama Q8 MV ?

terima kasih
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

serseran wrote: Fri Oct 13, 2023 6:30 Selamat siang oms semua...
mohon masukannya untuk freed 2014 yang katanya DW-1. (beli seken, ada baca kertas oli, ganti oli trans 88km, skrg 80)

awalnya pengen kuras oli trans nya, ada lihat di T*da, ada liat Total MV - Repsol Automator, Gulf MV kan mirip2 harganya, ada PTT LV-1 AFW+ di Cakra dari pilihan ini apa plus minus nya ya ?

baca 10 page mundur, ternyata ada 2 kubu penggantian oli trans.. konvensional sama atf changer. Nah kalau pake konven, lumayan neh bisa naek-an dikit harga olie nya. ada lihat q8 JK di cakra 155rb. sebenernya bedanya apa ya Q8 JK sama Q8 MV ?

terima kasih
:big_biglaugh:
Saya kubu konven tanpa atf changer
Jd minim kontaminan dan less risk.

Mv aja
Specnya low viscocity
Comply ke DW1

Enteng gas dan pindah giginya
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Angelpesek »

Oli atf mobil dexron xi untuk xpander baguskah?
Ada kah yg pake xpander?
Klo merk shell ada ga yg cocok?
Berhubung d kota medan bengkel itu aja yg saya percaya ori
Termasuk snd
serseran
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Oct 21, 2022 13:09

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by serseran »

Suryaputra wrote: Fri Oct 13, 2023 6:34 :big_biglaugh:
Saya kubu konven tanpa atf changer
Jd minim kontaminan dan less risk.

Mv aja
Specnya low viscocity
Comply ke DW1

Enteng gas dan pindah giginya
Om, sbnrnya beda JK sama MV apa ya ? ke JK aja udah nambah lmyn, ke MV lebih lagi ya hehehe...
tp dari pilihan dibawah q8 itu... gmn om ? atau tetep aja ke MV ? 1x drain apa 2x ya ?
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

serseran wrote: Fri Oct 13, 2023 8:10
Suryaputra wrote: Fri Oct 13, 2023 6:34 :big_biglaugh:
Saya kubu konven tanpa atf changer
Jd minim kontaminan dan less risk.

Mv aja
Specnya low viscocity
Comply ke DW1

Enteng gas dan pindah giginya
Om, sbnrnya beda JK sama MV apa ya ? ke JK aja udah nambah lmyn, ke MV lebih lagi ya hehehe...
tp dari pilihan dibawah q8 itu... gmn om ? atau tetep aja ke MV ? 1x drain apa 2x ya ?

Auto Jk utk matic max 4 speed alias utk mobil2 matic agak jadul.
Kalo auto MV utk matic 5 speed ke atas..
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1821
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Chr1stm1 wrote: Fri Oct 13, 2023 9:18
serseran wrote: Fri Oct 13, 2023 8:10
Suryaputra wrote: Fri Oct 13, 2023 6:34 :big_biglaugh:
Saya kubu konven tanpa atf changer
Jd minim kontaminan dan less risk.

Mv aja
Specnya low viscocity
Comply ke DW1

Enteng gas dan pindah giginya
Om, sbnrnya beda JK sama MV apa ya ? ke JK aja udah nambah lmyn, ke MV lebih lagi ya hehehe...
tp dari pilihan dibawah q8 itu... gmn om ? atau tetep aja ke MV ? 1x drain apa 2x ya ?

Auto Jk utk matic max 4 speed alias utk mobil2 matic agak jadul.
Kalo auto MV utk matic 5 speed ke atas..
JK bisa up to 6 speed
MV bisa up to 10 speed (kecuali 9g tronic)

Secara viscosity mv mirip dexron 6 (LV), jk mirip dexron 3


DW 1 pake Q8 Auto MV aja
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1821
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Angelpesek wrote: Fri Oct 13, 2023 7:40 Oli atf mobil dexron xi untuk xpander baguskah?
Ada kah yg pake xpander?
Klo merk shell ada ga yg cocok?
Berhubung d kota medan bengkel itu aja yg saya percaya ori
Termasuk snd
Xpander non cvt mintanya spek Mitsubishi MA 1, cari aja yang sesuai
serseran
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Oct 21, 2022 13:09

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by serseran »

Chr1stm1 wrote: Fri Oct 13, 2023 9:18 Auto Jk utk matic max 4 speed alias utk mobil2 matic agak jadul.
Kalo auto MV utk matic 5 speed ke atas..
thx om buat info nya
sahabatq8 wrote: Fri Oct 13, 2023 10:01 JK bisa up to 6 speed
MV bisa up to 10 speed (kecuali 9g tronic)

Secara viscosity mv mirip dexron 6 (LV), jk mirip dexron 3

DW 1 pake Q8 Auto MV aja
thx om info nya, jadi walaupun JK bisa 6 speed.. tapi tetep MV ya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26948
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

k1493nk wrote: Thu Oct 12, 2023 11:16
k1493nk wrote:
RezPrat wrote:
Coba baca point e dan f om, itu d suruh drain
, jadi setelah d drain, om masukin terusssssssss oli nya sampe netes2 di lobang cek nya, abis itu yg 1.5 liter itu d add lagi setelah baut lobang cek oli d tutup buat margin nya Om.

Kalau om cuma isi 1.5 ltr doang selepas buka baut drain d pastikan kurang itu oli d tranny. Mesti cepat2 tambah om.
Iya mbah betul, tp ternyata di pengecekan level itu overflownya dibuka lagi (pada temp 35 derajat) terus ditunggu sampai drips come out, trus langsung ditutup lagi tanpa di tambah yg 1,5 l seperti di prosedur refill.

Jadi agak bingung...

Atau mungkin pas prosedur refill emang diisi lbh banyak dulu biar yg terganti dengan atf baru lebih banyak.
My bad, ternyata pada prosedur pengecekan level atf dilakukan saat engine running. Jadi yg di pan sudah ada yg dipompa ke sistem transmisinya. Thanks mbah2 atas koreksinya.
utk rebon

kl mo versi pelit medit pait nya, bsa dgn cara, buang oli lama ampe ga netes lg, trus isi 3 liter aj lgs, nah ntar pas suhu atf ud kisaran deket2 40 drajat, buka baut cek nya, buang kira2 segelas akua.. beress

kl mo fine tuning, laen lg caranya , tp ahh sudalah, cara bar2 d atas jg ud ckup enak koq :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by k1493nk »

DOHC wrote:
k1493nk wrote: Thu Oct 12, 2023 11:16
k1493nk wrote:Iya mbah betul, tp ternyata di pengecekan level itu overflownya dibuka lagi (pada temp 35 derajat) terus ditunggu sampai drips come out, trus langsung ditutup lagi tanpa di tambah yg 1,5 l seperti di prosedur refill.

Jadi agak bingung...

Atau mungkin pas prosedur refill emang diisi lbh banyak dulu biar yg terganti dengan atf baru lebih banyak.
My bad, ternyata pada prosedur pengecekan level atf dilakukan saat engine running. Jadi yg di pan sudah ada yg dipompa ke sistem transmisinya. Thanks mbah2 atas koreksinya.
utk rebon

kl mo versi pelit medit pait nya, bsa dgn cara, buang oli lama ampe ga netes lg, trus isi 3 liter aj lgs, nah ntar pas suhu atf ud kisaran deket2 40 drajat, buka baut cek nya, buang kira2 segelas akua.. beress

kl mo fine tuning, laen lg caranya , tp ahh sudalah, cara bar2 d atas jg ud ckup enak koq :upss: :upss:
Iya mbah ini udah hampir seminggu under fill aja udah enak (lbh enak dr bawaan) apalagi kalo di fine tune. Ini lg order tambahan atf lg buat nambah kekurangannya.
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Angelpesek »

sahabatq8 wrote: Fri Oct 13, 2023 10:03
Angelpesek wrote: Fri Oct 13, 2023 7:40 Oli atf mobil dexron xi untuk xpander baguskah?
Ada kah yg pake xpander?
Klo merk shell ada ga yg cocok?
Berhubung d kota medan bengkel itu aja yg saya percaya ori
Termasuk snd
Xpander non cvt mintanya spek Mitsubishi MA 1, cari aja yang sesuai
Nanya lg
Mesin flushing atf kan ada oil filternya ya
Apakah wajib ganti tiap dipake flushing apa gmn?
ashuron2
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Jul 17, 2022 4:43
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: Cortez CT

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ashuron2 »

Mau tanya metode fine tuning itu berlaku untuk matic konvensional kah ?

Atau hanya untuk CVT ?

Saya pengguna ipah 2TR T-4, reborn 2GD WS, Jazz GK5 CVT, Xpander CVT
Last edited by ashuron2 on Sun Oct 22, 2023 10:36, edited 1 time in total.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

ashuron2 wrote: Sun Oct 22, 2023 10:18 Mau tanya metode fine tuning itu berlaku untuk matic konvensional kah ?

Atau hanya untuk CVT ?

Saya pengguna ipah 2TR T-4, reborn 2GD WS, Jazz GK5 CVT, Xpander CVT
Berlaku semua mbah :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kunaskun »

Angelpesek wrote: Fri Oct 13, 2023 13:31 Nanya lg
Mesin flushing atf kan ada oil filternya ya
Apakah wajib ganti tiap dipake flushing apa gmn?
logika saya si gitu, tapi di lapangan ga pernah tuh ketemu bengkel yang lakuin, lebih repot lagi kalau mesin ATF tsb di bengkel umum = lebih rentan kontaminasi ATF beda spec.
Pilatypus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Jan 01, 2022 15:37

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Pilatypus »

Numpang nanya, oli transmisi manual buat Honda selain Honda MTF speknya ada alternatif lain? Sama baiknya diganti tiap berapa km ya? Saya kok sangsi ini buku nyaranin 60 ribu sekali? Dulu miara Suzuki serba kelipatan 20 ribu.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1821
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Pilatypus wrote: Sun Oct 22, 2023 12:51 Numpang nanya, oli transmisi manual buat Honda selain Honda MTF speknya ada alternatif lain? Sama baiknya diganti tiap berapa km ya? Saya kok sangsi ini buku nyaranin 60 ribu sekali? Dulu miara Suzuki serba kelipatan 20 ribu.
Pake 75w80 , 75w85 gl4 bisa
khotob
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Oct 03, 2023 18:50
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Pajero Sport Dakar 2021

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by khotob »

Hallo om, Oli gardan untuk ANPS dakar 2021 di isi berapa liter ya ?
Soalnya tanya ke bengkel biasanya mereka di isi sampai luber dikit, sedangkan di manualbook nya 2.1 Liter.
Sempat juga googling di internet dan youtube, tetap ada 2 pendapat, di isi sampai luber dan sesuai manualbook. makin bingung jadinya.

Kebetulan kemaren Beli MOBIL 1 SYNTHETIC GEAR LS 75W90 4 liter. jadi orang bengkelnya isi semua dan pass luber dikit.
Tapi habis itu jadi kepikiran, karena di manual book nya 2.1L dan di isi 4 L, apakah gak masalah ? mohon arahan nya. trims
Last edited by khotob on Sun Oct 29, 2023 18:39, edited 1 time in total.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5717
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sintoni »

Mau nyoba ATF Dex6 termurah.

Baca2 visc 6 pas, cucok buat skyektip.

Mau tap + refill 2x.

Image
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kenop »

Barusan ganti oli matic xpander pake kixx dx-vi
Liat data sheet nya sih bisa pake ya, sementara feel nya sama aja kayak pake atf ma1 bawaannya

Tp mayan lebi murah drpd beli atf ma1 di beres

Ganti di 46rb km uda coklat kemerahan, bukan merah kecoklatan wkwkw

Pas servis 45rb di beres dibilang pake aja trs pak masih aman, bisa sampe 100rb km wkwkw uda coklat begitu msh suruh pake kwwkkw