Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
trebla88 wrote: Wed Sep 13, 2023 2:00
Ya mbah
Harusnya langsung di fine tuning
Tp ini enak amsoil ,masih fresh kali ya(menghibur diri kalau liat harganya )
Diliat ntr gosong jg ga 1 taun lagi
Kalo item kan belom pasti gosong jg , bisa jadi itu kotoran yang larut. Amsoilnya enak tuh udah dapet ruangan bersih . Q8nya udah berjasa bersih bersih wkwkwk.
Om, ada yg pengalaman pakai atf dex 6/setara di mobil yg rekom manual book nya pakai atrf dex 3/SP 3?
Kira2 efek nya apa ya om? Dan utk jangka panjang gmn?
Mengingat viscosity 100 nya lumayan jauh berbeda, atf dex 3 range 7.xx dan atf dex 6 5.9-6.xx
Klo ada yg sedang pake, apa benar bikin shifting matic nya lebih alus dan tidak slip?
Dan klo mau ganti dari dex 3 ke dex 6 di merk yg sama/beda apa harus kuras? Klo drain and refill brp kali ya?
yogaecho wrote: Sun Sep 17, 2023 8:51
Om, ada yg pengalaman pakai atf dex 6/setara di mobil yg rekom manual book nya pakai atrf dex 3/SP 3?
Kira2 efek nya apa ya om? Dan utk jangka panjang gmn?
Mengingat viscosity 100 nya lumayan jauh berbeda, atf dex 3 range 7.xx dan atf dex 6 5.9-6.xx
Klo ada yg sedang pake, apa benar bikin shifting matic nya lebih alus dan tidak slip?
Dan klo mau ganti dari dex 3 ke dex 6 di merk yg sama/beda apa harus kuras? Klo drain and refill brp kali ya?
Makasih om [emoji16]
Aman, dex 6 sama dex 3 backward compatible. Jadi asal manual dex 3 , dikasih spek dex 6 pasti ama . Walaupun visco beda, tapi masih masuk dalam rentangan yang aman. Biasanya starting viscosity dex 3 jauh lebih tinggi, tapi saat selsai masa pemakaian jadi lebih encer dari dex 6. Kalo dex 6 lebih stabil karena biasa base oil lebih bagus.
Kalo beda merek apalagi spec , better langsung flush aja
Suryaputra wrote: Sun Sep 17, 2023 10:37
Rekor tertinggi
CVT temp
Ketika nanjak ke cikole
Saya baru tau transmisi cvt bisa sepanas itu olinya. Padahal oli mesin yg ada pembakaran aja saya maksimal dibawah 95, pokoknya dibawah engine coolant temp
Suryaputra wrote: Sun Sep 17, 2023 10:37
Rekor tertinggi
CVT temp
Ketika nanjak ke cikole
Saya baru tau transmisi cvt bisa sepanas itu olinya. Padahal oli mesin yg ada pembakaran aja saya maksimal dibawah 95, pokoknya dibawah engine coolant temp
Iya krn gak ada cvt coolernya mbah
Rada2 honda ini.
Gaktau deh gmn itu nasib cvt turbo nya, klo gak pakai cooler
Trus pk hcf2 pula
Klo jalan datar aman, apalagi konstan di tol, suhu nya <95 C
Klo macet terik paling 98 99 C
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Sesuai arahan mbah Surya, jadinya udah ganti oli transmisi amsoil tutup biru secara harga mantap emang karena emang drain and refill butuh 4 liter
Tapi performa dari keraton ini emg ga bisa boong kalo dibandingin sama OEMnya
Tapi next mau coba q8, tapi infonya oli transmisi gini bisa sampe 40,000km ya mbah? Malah kalo di botolnya 180.000 miles
klo cara ekonomis; drain and refill 1x, jd spt ganti biasa
ganti tiap 20rb km, dan nanti akan sirkulasi dgn oli baru seiring waktu
klo cara sultan; drain and refill sampai 3x
Ane kemarin habis dari beres mazda gan, untuk kuras oli transmisi untuk mesin skyactive memang ga disarankan ternyta takut ada nyenggol error secara timing pembakaran karena perbedaan aditif oli transmisi yg mendadak atau apalah itu..
Untuk mesin skyactive (kompresi besar 13:1 tapi ron bisa dibuat 91 aja minimal) itu cara ganti oli transmisi yg dianjurkan emg ganti aja dengan yg di kateter oli transmisi dan diganti tiap 20km, diulangi sampai 3x otomatis dia kereplace perlahan dengan oli barunya om
*sekilas info*
Halo om, ternyata ada yg nanya ATF mazda cx5 jg. Saya br nanya jg mengenai ATF, tp nanya nya malah d topic oli mesin. Hehehe.
Aman2 aja ya om pakai ATF yg bkn oli mazda? Berhubung adanya teknologi sky active, takutnya knp2. Pakainya Amsoil ya om? Sejauh ini aman dan OK kah hasilnya? Saya pengguna mazda cx5 2015 jg.
Kebetulan di topic lain yg saya tanyain itu direkomen pakai ATF nya Q8 dgn metode ATF changer yg butuh 8-10 liter.
Emang ga dianjurin ya kuras oli transmisi nya skyaktive? Jd bagusnya drain n refill sampai 3 kali ya? Tlg dbantu ya om fanoswike dan om2 suhu skalian, maklum nubie. Thanks
Last edited by Ronggur on Wed Oct 11, 2023 19:31, edited 1 time in total.
klo cara ekonomis; drain and refill 1x, jd spt ganti biasa
ganti tiap 20rb km, dan nanti akan sirkulasi dgn oli baru seiring waktu
klo cara sultan; drain and refill sampai 3x
Ane kemarin habis dari beres mazda gan, untuk kuras oli transmisi untuk mesin skyactive memang ga disarankan ternyta takut ada nyenggol error secara timing pembakaran karena perbedaan aditif oli transmisi yg mendadak atau apalah itu..
Untuk mesin skyactive (kompresi besar 13:1 tapi ron bisa dibuat 91 aja minimal) itu cara ganti oli transmisi yg dianjurkan emg ganti aja dengan yg di kateter oli transmisi dan diganti tiap 20km, diulangi sampai 3x otomatis dia kereplace perlahan dengan oli barunya om
*sekilas info*
Halo om, ternyata ada yg nanya ATF mazda cx5 jg. Saya br nanya jg mengenai ATF, tp nanya nya malah d topic oli mesin. Hehehe.
Aman2 aja ya om pakai ATF yg bkn oli mazda? Berhubung adanya teknologi sky active, takutnya knp2. Pakainya Amsoil ya om? Sejauh ini aman dan OK kah hasilnya? Saya pengguna mazda cx5 2015 jg.
Kebetulan di topic lain yg saya tanyain itu direkomen pakai ATF nya Q8 dgn metode ATF changer yg butuh 8-10 liter.
Emang ga dianjurin ya kuras oli transmisi nya skyaktive? Jd bagusnya drain n refill sampai 3 kali ya? Tlg dbantu ya om fanoswike dan om2 suhu skalian, maklum nubie. Thanks
Iya mbah, drain & refill better.
2x jg cukup
Nanti di 20rb km berikutnya tinggal ganti lg refill 1x
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ane kemarin habis dari beres mazda gan, untuk kuras oli transmisi untuk mesin skyactive memang ga disarankan ternyta takut ada nyenggol error secara timing pembakaran karena perbedaan aditif oli transmisi yg mendadak atau apalah itu..
Untuk mesin skyactive (kompresi besar 13:1 tapi ron bisa dibuat 91 aja minimal) itu cara ganti oli transmisi yg dianjurkan emg ganti aja dengan yg di kateter oli transmisi dan diganti tiap 20km, diulangi sampai 3x otomatis dia kereplace perlahan dengan oli barunya om
*sekilas info*
Halo om, ternyata ada yg nanya ATF mazda cx5 jg. Saya br nanya jg mengenai ATF, tp nanya nya malah d topic oli mesin. Hehehe.
Aman2 aja ya om pakai ATF yg bkn oli mazda? Berhubung adanya teknologi sky active, takutnya knp2. Pakainya Amsoil ya om? Sejauh ini aman dan OK kah hasilnya? Saya pengguna mazda cx5 2015 jg.
Kebetulan di topic lain yg saya tanyain itu direkomen pakai ATF nya Q8 dgn metode ATF changer yg butuh 8-10 liter.
Emang ga dianjurin ya kuras oli transmisi nya skyaktive? Jd bagusnya drain n refill sampai 3 kali ya? Tlg dbantu ya om fanoswike dan om2 suhu skalian, maklum nubie. Thanks
Iya mbah, drain & refill better.
2x jg cukup
Nanti di 20rb km berikutnya tinggal ganti lg refill 1x
Alasan drain & refill apakah krn metode mnggunakan ATF changer tidak bgs ya om? Atau agar lbh ekonomis namun hasilnya tetap bgs? Trus kalo drain gt, apa tdk masalah oli ATF mazda nya bercampur dgn ATF merk lain? Thanks
Halo om, ternyata ada yg nanya ATF mazda cx5 jg. Saya br nanya jg mengenai ATF, tp nanya nya malah d topic oli mesin. Hehehe.
Aman2 aja ya om pakai ATF yg bkn oli mazda? Berhubung adanya teknologi sky active, takutnya knp2. Pakainya Amsoil ya om? Sejauh ini aman dan OK kah hasilnya? Saya pengguna mazda cx5 2015 jg.
Kebetulan di topic lain yg saya tanyain itu direkomen pakai ATF nya Q8 dgn metode ATF changer yg butuh 8-10 liter.
Emang ga dianjurin ya kuras oli transmisi nya skyaktive? Jd bagusnya drain n refill sampai 3 kali ya? Tlg dbantu ya om fanoswike dan om2 suhu skalian, maklum nubie. Thanks
Iya mbah, drain & refill better.
2x jg cukup
Nanti di 20rb km berikutnya tinggal ganti lg refill 1x
Alasan drain & refill apakah krn metode mnggunakan ATF changer tidak bgs ya om? Atau agar lbh ekonomis namun hasilnya tetap bgs? Trus kalo drain gt, apa tdk masalah oli ATF mazda nya bercampur dgn ATF merk lain? Thanks
Mesin Atf changer itu
- ngedorong aditif yg diperlukan untuk multi-clutch, keluar dan dibuang
- resiko kontaminan dr jenis oli yg berbeda atau debris di dalam atf changer, masuk ke dalam girboks
- oli lama jg gak terbuang 100%, kecuali girboks dioverhaul
Metode konvensional,
- drain and refill, muter2in bengkel, drain dan refill lagi, muter2in bengkel, drain dan refill lg (2-3x)
- sirkulasi oli lama ke oli baru dengan jenis / spec yg sama
- minim resiko kontaminan dr luar
Ronggur wrote: Wed Oct 11, 2023 19:29
Halo om, ternyata ada yg nanya ATF mazda cx5 jg. Saya br nanya jg mengenai ATF, tp nanya nya malah d topic oli mesin. Hehehe.
Aman2 aja ya om pakai ATF yg bkn oli mazda? Berhubung adanya teknologi sky active, takutnya knp2. Pakainya Amsoil ya om? Sejauh ini aman dan OK kah hasilnya? Saya pengguna mazda cx5 2015 jg.
Kebetulan di topic lain yg saya tanyain itu direkomen pakai ATF nya Q8 dgn metode ATF changer yg butuh 8-10 liter.
Emang ga dianjurin ya kuras oli transmisi nya skyaktive? Jd bagusnya drain n refill sampai 3 kali ya? Tlg dbantu ya om fanoswike dan om2 suhu skalian, maklum nubie. Thanks
Saya tim drain n refill 2x karena takut pake atf changer nanti ada endapan lama yg kedorong nyumbat sisi lain. Tp kalau dipikir2 juga, jika pake atf changer bikin rusak/mampet, dah berapa kali bengkel2 gede macem TOD* dituntut.
Anw, masalah atf non-OEM di tranny skyactiv asal speknya memang meet "ATF FZ" sih aman om. Sepertinya yg jebol kalau salah masukin ATF, kadang liat di web masukin atf dex3 . ATF FZ secara karakteristiknya mirip Dex 6 alias viscosity-nya encer <7.
Saya juga pake 100ribuan KM gonta ganti q8 auto mv sama terakhir aisin vi
Ronggur wrote: Wed Oct 11, 2023 19:29
Halo om, ternyata ada yg nanya ATF mazda cx5 jg. Saya br nanya jg mengenai ATF, tp nanya nya malah d topic oli mesin. Hehehe.
Aman2 aja ya om pakai ATF yg bkn oli mazda? Berhubung adanya teknologi sky active, takutnya knp2. Pakainya Amsoil ya om? Sejauh ini aman dan OK kah hasilnya? Saya pengguna mazda cx5 2015 jg.
Kebetulan di topic lain yg saya tanyain itu direkomen pakai ATF nya Q8 dgn metode ATF changer yg butuh 8-10 liter.
Emang ga dianjurin ya kuras oli transmisi nya skyaktive? Jd bagusnya drain n refill sampai 3 kali ya? Tlg dbantu ya om fanoswike dan om2 suhu skalian, maklum nubie. Thanks
Saya tim drain n refill 2x karena takut pake atf changer nanti ada endapan lama yg kedorong nyumbat sisi lain. Tp kalau dipikir2 juga, jika pake atf changer bikin rusak/mampet, dah berapa kali bengkel2 gede macem TOD* dituntut.
Anw, masalah atf non-OEM di tranny skyactiv asal speknya memang meet "ATF FZ" sih aman om. Sepertinya yg jebol kalau salah masukin ATF, kadang liat di web masukin atf dex3 . ATF FZ secara karakteristiknya mirip Dex 6 alias viscosity-nya encer <7.
Saya juga pake 100ribuan KM gonta ganti q8 auto mv sama terakhir aisin vi
Iya, atf changer kalo yang fully automatic aman. Selangnya colok kebalik aja dia bisa detect.
Kalo yang masih manual itu pressurenya harus di pantau terus kalo gak bisa over kalo ga salah. So far sih di toda gitu gak ada problem ya, kecuali mobilnya gak dirawat , bertahun tahun gak pernah ganti oli baru mending drain n refill aja.
2x jg cukup
Nanti di 20rb km berikutnya tinggal ganti lg refill 1x
Alasan drain & refill apakah krn metode mnggunakan ATF changer tidak bgs ya om? Atau agar lbh ekonomis namun hasilnya tetap bgs? Trus kalo drain gt, apa tdk masalah oli ATF mazda nya bercampur dgn ATF merk lain? Thanks
Mesin Atf changer itu
- ngedorong aditif yg diperlukan untuk multi-clutch, keluar dan dibuang
- resiko kontaminan dr jenis oli yg berbeda atau debris di dalam atf changer, masuk ke dalam girboks
- oli lama jg gak terbuang 100%, kecuali girboks dioverhaul
Metode konvensional,
- drain and refill, muter2in bengkel, drain dan refill lagi, muter2in bengkel, drain dan refill lg (2-3x)
- sirkulasi oli lama ke oli baru dengan jenis / spec yg sama
- minim resiko kontaminan dr luar
Teknis detilnya bisa colek bbrp mbah suhu
marmut / omnibus / dohc / turboman
Ok baik om thanks atas pencerahannya.
Jadi dgn metode konvensional juga sdh ckp baik ya, dan oli baru nyampur dgn oli lama ga jd masalah. Spertinya lbh gampang metode konvensional yg pertama ya om ketimbang yg advance.
Ronggur wrote: Wed Oct 11, 2023 19:29
Halo om, ternyata ada yg nanya ATF mazda cx5 jg. Saya br nanya jg mengenai ATF, tp nanya nya malah d topic oli mesin. Hehehe.
Aman2 aja ya om pakai ATF yg bkn oli mazda? Berhubung adanya teknologi sky active, takutnya knp2. Pakainya Amsoil ya om? Sejauh ini aman dan OK kah hasilnya? Saya pengguna mazda cx5 2015 jg.
Kebetulan di topic lain yg saya tanyain itu direkomen pakai ATF nya Q8 dgn metode ATF changer yg butuh 8-10 liter.
Emang ga dianjurin ya kuras oli transmisi nya skyaktive? Jd bagusnya drain n refill sampai 3 kali ya? Tlg dbantu ya om fanoswike dan om2 suhu skalian, maklum nubie. Thanks
Saya tim drain n refill 2x karena takut pake atf changer nanti ada endapan lama yg kedorong nyumbat sisi lain. Tp kalau dipikir2 juga, jika pake atf changer bikin rusak/mampet, dah berapa kali bengkel2 gede macem TOD* dituntut.
Anw, masalah atf non-OEM di tranny skyactiv asal speknya memang meet "ATF FZ" sih aman om. Sepertinya yg jebol kalau salah masukin ATF, kadang liat di web masukin atf dex3 . ATF FZ secara karakteristiknya mirip Dex 6 alias viscosity-nya encer <7.
Saya juga pake 100ribuan KM gonta ganti q8 auto mv sama terakhir aisin vi
Iya, atf changer kalo yang fully automatic aman. Selangnya colok kebalik aja dia bisa detect.
Kalo yang masih manual itu pressurenya harus di pantau terus kalo gak bisa over kalo ga salah. So far sih di toda gitu gak ada problem ya, kecuali mobilnya gak dirawat , bertahun tahun gak pernah ganti oli baru mending drain n refill aja.
Jd metode dgn ATF changer dan drain n refill sama2 bgs ya om? Mending pakai metode drain n refill aja ya supaya lbh aman plus ekonomis? Thanks.
Saya tim drain n refill 2x karena takut pake atf changer nanti ada endapan lama yg kedorong nyumbat sisi lain. Tp kalau dipikir2 juga, jika pake atf changer bikin rusak/mampet, dah berapa kali bengkel2 gede macem TOD* dituntut.
Anw, masalah atf non-OEM di tranny skyactiv asal speknya memang meet "ATF FZ" sih aman om. Sepertinya yg jebol kalau salah masukin ATF, kadang liat di web masukin atf dex3 . ATF FZ secara karakteristiknya mirip Dex 6 alias viscosity-nya encer <7.
Saya juga pake 100ribuan KM gonta ganti q8 auto mv sama terakhir aisin vi
Iya, atf changer kalo yang fully automatic aman. Selangnya colok kebalik aja dia bisa detect.
Kalo yang masih manual itu pressurenya harus di pantau terus kalo gak bisa over kalo ga salah. So far sih di toda gitu gak ada problem ya, kecuali mobilnya gak dirawat , bertahun tahun gak pernah ganti oli baru mending drain n refill aja.
Jd metode dgn ATF changer dan drain n refill sama2 bgs ya om? Mending pakai metode drain n refill aja ya supaya lbh aman plus ekonomis? Thanks.
Bebas, cuma kako saya pribadi prefer atf changer karena lebih cepet dan gak perlu balik ke bengkel. Saya ganti 40rb/ 2 tahun sekali
2x jg cukup
Nanti di 20rb km berikutnya tinggal ganti lg refill 1x
Alasan drain & refill apakah krn metode mnggunakan ATF changer tidak bgs ya om? Atau agar lbh ekonomis namun hasilnya tetap bgs? Trus kalo drain gt, apa tdk masalah oli ATF mazda nya bercampur dgn ATF merk lain? Thanks
Mesin Atf changer itu
- ngedorong aditif yg diperlukan untuk multi-clutch, keluar dan dibuang
- resiko kontaminan dr jenis oli yg berbeda atau debris di dalam atf changer, masuk ke dalam girboks
- oli lama jg gak terbuang 100%, kecuali girboks dioverhaul
Metode konvensional,
- drain and refill, muter2in bengkel, drain dan refill lagi, muter2in bengkel, drain dan refill lg (2-3x)
- sirkulasi oli lama ke oli baru dengan jenis / spec yg sama
- minim resiko kontaminan dr luar
Teknis detilnya bisa colek bbrp mbah suhu
marmut / omnibus / dohc / turboman
Kalau di 2gd/1gd, menurut fsmnya habis refill nyalakan mesin kurleb 30 detik sambil pindah2in tuas transmisi dari PRND, tahan 3 detik di tiap posisi. Matikan mesin, drain n refill lagi sampai 3 kali. Gunakan gasket baru sebelum refill yg terakhir.
baru kemarin anf sy ganti atf. pemakaian 22rb/3thn. drain 1x aja. krn pikiran atf ga kentel2 amat jd ga pake dipanasin. tinggal buka drain plug, dongkrak dikit depannya biar miring trus tinggalin sarapan dulu.
sampe ga netes diukur pas 3L keluar. masukin oli baru 3.25L utk margin level check. nyalain mesin, pantau pakai scanner ATF Temp 1 & ATF Temp 2. begitu atf temp 1 stabilized di 35°C check plug dibuka, keluar 250mL. berarti level oli sebelumnya jg sdh memang tepat.
filling oli barunya ga pake hand pump, cukup pakai alat sederhana ini. potongan selang flexible drain ac sama gelas ukur kecil 250mL. the only Flintstone's way possible krn space ngepas.
IMG_20231012_111218~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Alasan drain & refill apakah krn metode mnggunakan ATF changer tidak bgs ya om? Atau agar lbh ekonomis namun hasilnya tetap bgs? Trus kalo drain gt, apa tdk masalah oli ATF mazda nya bercampur dgn ATF merk lain? Thanks
Mesin Atf changer itu
- ngedorong aditif yg diperlukan untuk multi-clutch, keluar dan dibuang
- resiko kontaminan dr jenis oli yg berbeda atau debris di dalam atf changer, masuk ke dalam girboks
- oli lama jg gak terbuang 100%, kecuali girboks dioverhaul
Metode konvensional,
- drain and refill, muter2in bengkel, drain dan refill lagi, muter2in bengkel, drain dan refill lg (2-3x)
- sirkulasi oli lama ke oli baru dengan jenis / spec yg sama
- minim resiko kontaminan dr luar
Teknis detilnya bisa colek bbrp mbah suhu
marmut / omnibus / dohc / turboman
Kalau di 2gd/1gd, menurut fsmnya habis refill nyalakan mesin kurleb 30 detik sambil pindah2in tuas transmisi dari PRND, tahan 3 detik di tiap posisi. Matikan mesin, drain n refill lagi sampai 3 kali. Gunakan gasket baru sebelum refill yg terakhir.
Mobil ga perlu dijalanin disela2 drain n refill.
Yup bs jg spt ini.
Simpel dan minim kontaminan.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Omnibus wrote:baru kemarin anf sy ganti atf. pemakaian 22rb/3thn. drain 1x aja. krn pikiran atf ga kentel2 amat jd ga pake dipanasin. tinggal buka drain plug, dongkrak dikit depannya biar miring trus tinggalin sarapan dulu.
sampe ga netes diukur pas 3L keluar. masukin oli baru 3.25L utk margin level check. nyalain mesin, pantau pakai scanner ATF Temp 1 & ATF Temp 2. begitu atf temp 1 stabilized di 35°C check plug dibuka, keluar 250mL. berarti level oli sebelumnya jg sdh memang tepat.
filling oli barunya ga pake hand pump, cukup pakai alat sederhana ini. potongan selang flexible drain ac sama gelas ukur kecil 250mL. the only Flintstone's way possible krn space ngepas.
IMG_20231012_111218~2.jpg
Oh kalau dpn didongkrak bisa keluar 3 L ya mbah, kemarin pas ganti atf sy biarkan sejajar keluar kurleb 1,5 L. Drain n refill 3x jadi total kurleb 4.5 L. (Mobil 2gd reborn)
Omnibus wrote:baru kemarin anf sy ganti atf. pemakaian 22rb/3thn. drain 1x aja. krn pikiran atf ga kentel2 amat jd ga pake dipanasin. tinggal buka drain plug, dongkrak dikit depannya biar miring trus tinggalin sarapan dulu.
sampe ga netes diukur pas 3L keluar. masukin oli baru 3.25L utk margin level check. nyalain mesin, pantau pakai scanner ATF Temp 1 & ATF Temp 2. begitu atf temp 1 stabilized di 35°C check plug dibuka, keluar 250mL. berarti level oli sebelumnya jg sdh memang tepat.
filling oli barunya ga pake hand pump, cukup pakai alat sederhana ini. potongan selang flexible drain ac sama gelas ukur kecil 250mL. the only Flintstone's way possible krn space ngepas.
IMG_20231012_111218~2.jpg
Oh kalau dpn didongkrak bisa keluar 3 L ya mbah, kemarin pas ganti atf sy biarkan sejajar keluar kurleb 1,5 L. Drain n refill 3x jadi total kurleb 4.5 L. (Mobil 2gd reborn)
ga sesignifikan itu sih mbah yg sampe dr 1.5L jadi 3L. didongkrak paling nambah 250-500mL vs tdk didongkrak.
waktu ngedrain si fill plug nya dibuka dulu ngga? kl ga dibuka dulu pasti menghambat daya keluar krn vacuum lock.
Omnibus wrote:baru kemarin anf sy ganti atf. pemakaian 22rb/3thn. drain 1x aja. krn pikiran atf ga kentel2 amat jd ga pake dipanasin. tinggal buka drain plug, dongkrak dikit depannya biar miring trus tinggalin sarapan dulu.
sampe ga netes diukur pas 3L keluar. masukin oli baru 3.25L utk margin level check. nyalain mesin, pantau pakai scanner ATF Temp 1 & ATF Temp 2. begitu atf temp 1 stabilized di 35°C check plug dibuka, keluar 250mL. berarti level oli sebelumnya jg sdh memang tepat.
filling oli barunya ga pake hand pump, cukup pakai alat sederhana ini. potongan selang flexible drain ac sama gelas ukur kecil 250mL. the only Flintstone's way possible krn space ngepas.
IMG_20231012_111218~2.jpg
Oh kalau dpn didongkrak bisa keluar 3 L ya mbah, kemarin pas ganti atf sy biarkan sejajar keluar kurleb 1,5 L. Drain n refill 3x jadi total kurleb 4.5 L. (Mobil 2gd reborn)
ga sesignifikan itu sih mbah yg sampe dr 1.5L jadi 3L. didongkrak paling nambah 250-500mL vs tdk didongkrak.
waktu ngedrain si fill plug nya dibuka dulu ngga? kl ga dibuka dulu pasti menghambat daya keluar krn vacuum lock.
Dibuka mbah, kalau ga salah di fsm emamg 1.5 l.
IMG_20231012_153430.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
k1493nk wrote: Thu Oct 12, 2023 5:42
Oh kalau dpn didongkrak bisa keluar 3 L ya mbah, kemarin pas ganti atf sy biarkan sejajar keluar kurleb 1,5 L. Drain n refill 3x jadi total kurleb 4.5 L. (Mobil 2gd reborn)
ga sesignifikan itu sih mbah yg sampe dr 1.5L jadi 3L. didongkrak paling nambah 250-500mL vs tdk didongkrak.
waktu ngedrain si fill plug nya dibuka dulu ngga? kl ga dibuka dulu pasti menghambat daya keluar krn vacuum lock.
Dibuka mbah, kalau ga salah di fsm emamg 1.5 l. IMG_20231012_153430.jpg
coba bacanya dr point (a) mbah ... setiap point diresapi, dibaca 2-3x terutama point (e) dan (f)
n oil pan sebesar itu ga mungkin juga isinya cuma 1.5L
sorry to say, bukan gitu bacanya. angka2 liter tsb itu adalah margin. jumlah liter yg hrs ditambah ketika melakukan perbaikan dlm tabel tsb.
contoh: kl buka oil pan disuruh tambah 1.5L DARI posisi baseline. yaitu setelah di fill up sampai kepada bibir sedotan check plug. *baca point e dan f yg sdh sy mention sambil bayangin diagram dibawah ini:
sy barusan ke tret reborn baca tulisan ngana mbah. besar kemungkinan ngana under fill itu atf nya. gpp ya sy bilangin gini spy ngana double check sblm kenapa2.
sorry to say, bukan gitu bacanya. angka2 liter tsb itu adalah margin. jumlah liter yg hrs ditambah ketika melakukan perbaikan dlm tabel tsb.
contoh: kl buka oil pan disuruh tambah 1.5L DARI posisi baseline. yaitu setelah di fill up sampai kepada bibir sedotan check plug. *baca point e dan f yg sdh sy mention sambil bayangin diagram dibawah ini:
sy barusan ke tret reborn baca tulisan ngana mbah. besar kemungkinan ngana under fill itu atf nya. gpp ya sy bilangin gini spy ngana double check sblm kenapa2.