Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
as subject
Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick
Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong
Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli
Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang
SELESAI
Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P
di tiap posisi tahan kurleb 1 detik
2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick
Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong
Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli
Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang
SELESAI
Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P
di tiap posisi tahan kurleb 1 detik
2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Pertamax....Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject
Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick
Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong
Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli
Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang
SELESAI
Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P
di tiap posisi tahan kurleb 1 detik
2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
mantabss infonya om turboman...
btw risiko cara ini apa ya kalo terjadi salah prosedur atau human error?
trus akan lebih bagus kalo ada bengkel rekomendasi yg bisa melakukan cara ini...
Thanks
E300 W212
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
1 1 nya human error yg mungkin terjadi ya jika anak buah gak aware perubahan warna ATF dr butek ke bening
tapi itu sih kans nya sgt kecil sekali, kecuali orangnya ada gangguan penglihatan
lalu juga saat pindah2 tuas itu rem tangan harus tarik kuat2 dan rem injak
tapi itu sih kans nya sgt kecil sekali, kecuali orangnya ada gangguan penglihatan
lalu juga saat pindah2 tuas itu rem tangan harus tarik kuat2 dan rem injak
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Oom Turbo,
Kalo cara begini bagaimana:
- buang yang di oil pan, refill based on dipstick
- bawa jalan seminggu
- repeat both steps sampe ATF yang terbuang sudah clear
*males rasanya nyopot-nyopot selang ATF :p
Kalo cara begini bagaimana:
- buang yang di oil pan, refill based on dipstick
- bawa jalan seminggu
- repeat both steps sampe ATF yang terbuang sudah clear
*males rasanya nyopot-nyopot selang ATF :p
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
sama juga boongalexdonovan wrote:Oom Turbo,
Kalo cara begini bagaimana:
- buang yang di oil pan, refill based on dipstick
- bawa jalan seminggu
- repeat both steps sampe ATF yang terbuang sudah clear
*males rasanya nyopot-nyopot selang ATF :p
ATF baru kecampur ATF lama
kalo mau ganti yg di pan aja ya lakukan per 20 rb km
misal :
kuras total pertama ala Gerlong
next nya per 20 rb km sistem buang yg di pan aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
teknik kuras ATF secara manual ini saya pernah baca di worskhop manual mitsu... hampir persis sama step2nya.
jadi ini adalah cara yang valid dan recommended kalo lagi 'rajin'.
risikonya cuma lupa masang kembali selang2nya atau salah itung volume ATF-nya..
jadi ini adalah cara yang valid dan recommended kalo lagi 'rajin'.

risikonya cuma lupa masang kembali selang2nya atau salah itung volume ATF-nya..
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
oom Turbo,..untuk yang no 11 itu kan kalau ada anak buah.
Kalau sendirian berarti solusinya selang harus dipanjangin ya ? misalnya selang jadi 2 meter...terus embernya taruh di samping kanan mobil...
Jadi sambil gas sambil kepala mendongak keluar untuk melihat apakah oli ATF yg keluar sudah merah...apakah bisa begitu ?? dengan risiko oli yang keluar jadi lebih banyak karena akan ada oli yang nyangkut di selang (tambahan) 2 meter itu..
asumsinya teory ini adalah
1) oli baru yang dimasukkan ke pan akan ndorong oli bekas yang ada di tembolok (body valve/torque converter
2) asumsinya waktu oli baru mendorong oli lama mereka tidak akan blend (nyampur... atau kalo nyampur juga tidak semua mixing) tapi oli yang masuk belakangan akan mendorong oli existing..
Kalau sendirian berarti solusinya selang harus dipanjangin ya ? misalnya selang jadi 2 meter...terus embernya taruh di samping kanan mobil...
Jadi sambil gas sambil kepala mendongak keluar untuk melihat apakah oli ATF yg keluar sudah merah...apakah bisa begitu ?? dengan risiko oli yang keluar jadi lebih banyak karena akan ada oli yang nyangkut di selang (tambahan) 2 meter itu..
asumsinya teory ini adalah
1) oli baru yang dimasukkan ke pan akan ndorong oli bekas yang ada di tembolok (body valve/torque converter
2) asumsinya waktu oli baru mendorong oli lama mereka tidak akan blend (nyampur... atau kalo nyampur juga tidak semua mixing) tapi oli yang masuk belakangan akan mendorong oli existing..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
lakukan di bengkel yg om kenalginting wrote:oom Turbo,..untuk yang no 11 itu kan kalau ada anak buah.
Kalau sendirian berarti solusinya selang harus dipanjangin ya ? misalnya selang jadi 2 meter...terus embernya taruh di samping kanan mobil...
Jadi sambil gas sambil kepala mendongak keluar untuk melihat apakah oli ATF yg keluar sudah merah...apakah bisa begitu ?? dengan risiko oli yang keluar jadi lebih banyak karena akan ada oli yang nyangkut di selang (tambahan) 2 meter itu..
asumsinya teory ini adalah
1) oli baru yang dimasukkan ke pan akan ndorong oli bekas yang ada di tembolok (body valve/torque converter
2) asumsinya waktu oli baru mendorong oli lama mereka tidak akan blend (nyampur... atau kalo nyampur juga tidak semua mixing) tapi oli yang masuk belakangan akan mendorong oli existing..
minta mekanik bantu liatin di depan
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 164
- Joined: Sat Mar 18, 2017 14:15
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Om 2 selang atf yg menuju atf cooler itu posisinya sebelah mana ya?Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject
Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick
Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong
Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli
Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang
SELESAI
Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P
di tiap posisi tahan kurleb 1 detik
2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Nuhun
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
di bagian bawah radiatorAbangaja wrote:Om 2 selang atf yg menuju atf cooler itu posisinya sebelah mana ya?Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject
Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick
Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong
Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli
Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang
SELESAI
Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P
di tiap posisi tahan kurleb 1 detik
2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Nuhun
kalo sering perhatikan mobil matic pasti tahu laa yg mana selangnya
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 164
- Joined: Sat Mar 18, 2017 14:15
Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Turboman wrote: Wed May 10, 2017 17:21di bagian bawah radiatorAbangaja wrote:Om 2 selang atf yg menuju atf cooler itu posisinya sebelah mana ya?Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject
Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick
Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong
Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli
Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang
SELESAI
Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P
di tiap posisi tahan kurleb 1 detik
2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Nuhun
kalo sering perhatikan mobil matic pasti tahu laa yg mana selangnya
[/quote
Udh ketemu om selangnya, nuhun bwt infonya, Mw praktekin lgsg,untuk kuras butuh sampe 10ltr y om? Mazda 2 matic
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Wed May 14, 2014 3:40
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Tambahan.
Kalau angkat mobil matic second yang gak tau sejarah perawatannya. Mending ganti filter maticnya. Daripada kayak saya, gerlong hbs 8L masih butek.
Kalau angkat mobil matic second yang gak tau sejarah perawatannya. Mending ganti filter maticnya. Daripada kayak saya, gerlong hbs 8L masih butek.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Jun 08, 2017 0:48
- Location: Jakarta Utara
- Daily Vehicle: B3144UML
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Om Turbo
Maaf mau tanya, biasanya kapasitas oli di oil pan matic brp liter yah?
kemudian oli yang keluar pada saat flush sesuai langkah 9 10 11 12 itu berapa liter om?
Mobil saya livina 2008, saya mau coba teknik ini
terima kasih
Maaf mau tanya, biasanya kapasitas oli di oil pan matic brp liter yah?
kemudian oli yang keluar pada saat flush sesuai langkah 9 10 11 12 itu berapa liter om?
Mobil saya livina 2008, saya mau coba teknik ini
terima kasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
beda2 yahDensDikusuma wrote:Om Turbo
Maaf mau tanya, biasanya kapasitas oli di oil pan matic brp liter yah?
kemudian oli yang keluar pada saat flush sesuai langkah 9 10 11 12 itu berapa liter om?
Mobil saya livina 2008, saya mau coba teknik ini
terima kasih
kalo A 340 sih 4 L
nanti pas buang diukur aja
toh kalo udah selesai proses nanti kan cek dipstick tinggal adjust aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Om Turbo
gerlong itu nama apa ya? istilah apa gitu?
gerlong itu nama apa ya? istilah apa gitu?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
yg mempopulerkan bengkel FAM di Geger Kalong (Mr Yuki)satrialiar69 wrote:Om Turbo
gerlong itu nama apa ya? istilah apa gitu?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri May 19, 2017 14:39
- Location: jakarta utara
- Daily Vehicle: Avanza
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
om turbo, mau ty, di km 70 k papanja 2013 kuras total oli metic di sh*p & dr*v* pakai alat itu sampe 11 lt oli dexron III. apa sampe segitu banyaknya? kalau buka di buku cuman 6 lt. soalnya ini di km 110 k mau kuras total lg.
Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app
Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
kalo pake mesin ATF changer mmg enak buat manipulasi, krn ATF kotor yg keluar kan gak keliatan kalo ngucur kayak apa17Herdy wrote:om turbo, mau ty, di km 70 k papanja 2013 kuras total oli metic di sh*p & dr*v* pakai alat itu sampe 11 lt oli dexron III. apa sampe segitu banyaknya? kalau buka di buku cuman 6 lt. soalnya ini di km 110 k mau kuras total lg.
Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app
bengkel mau sikat 15 - 20 L kek, konsumen gak punya alibi
kalo teknik Gerlong pas ngucur kan keliatan jelas.....begitu bening lgs stop
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44
Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
i seeTurboman wrote: Tue Jun 20, 2017 7:08yg mempopulerkan bengkel FAM di Geger Kalong (Mr Yuki)satrialiar69 wrote:Om Turbo
gerlong itu nama apa ya? istilah apa gitu?
udah kepikiran Gerlong is Geger Kalong... cuma belum tau sebabnya dibilang teknik Gerlong
thanks

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Jun 08, 2017 0:48
- Location: Jakarta Utara
- Daily Vehicle: B3144UML
Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Terima kasih info nyaTurboman wrote: Tue Jun 20, 2017 6:47beda2 yahDensDikusuma wrote:Om Turbo
Maaf mau tanya, biasanya kapasitas oli di oil pan matic brp liter yah?
kemudian oli yang keluar pada saat flush sesuai langkah 9 10 11 12 itu berapa liter om?
Mobil saya livina 2008, saya mau coba teknik ini
terima kasih
kalo A 340 sih 4 L
nanti pas buang diukur aja
toh kalo udah selesai proses nanti kan cek dipstick tinggal adjust aja
Minta rekomendasi antar Total Fluidmatic MV dgn ATF Idemitsu prefer pilih mana om?
terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Teknik ini juga dilakukan terakhir kuras ATF sekalian pasang external cooler di Volvo 940 oleh montir panggilan di Bandung..
Malah baru tau ada bengkel mobil Eropa FAM di GerLong padahal sering lewat tiap hari.. Tq infonya Om.
Malah baru tau ada bengkel mobil Eropa FAM di GerLong padahal sering lewat tiap hari.. Tq infonya Om.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Q8 Auto JKDensDikusuma wrote:Terima kasih info nyaTurboman wrote: Tue Jun 20, 2017 6:47beda2 yahDensDikusuma wrote:Om Turbo
Maaf mau tanya, biasanya kapasitas oli di oil pan matic brp liter yah?
kemudian oli yang keluar pada saat flush sesuai langkah 9 10 11 12 itu berapa liter om?
Mobil saya livina 2008, saya mau coba teknik ini
terima kasih
kalo A 340 sih 4 L
nanti pas buang diukur aja
toh kalo udah selesai proses nanti kan cek dipstick tinggal adjust aja
Minta rekomendasi antar Total Fluidmatic MV dgn ATF Idemitsu prefer pilih mana om?
terima kasih
LOL
Kalo under 100 rb mungkin Aisin AFW boleh tuh, di Toda ada, kaleng biru - abu2
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Jul 06, 2017 3:19
- Location: Jakarta
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Kalau untuk Kuras CVTF Mirage bisa pake cara ini ga om? Atau hanya untuk matic torque converter saja? ![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Jul 06, 2017 3:19
- Location: Jakarta
Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Kalau untuk matic tipe CVT apa bisa om? Contohnya Mirage. Atau hanya untuk Torque Converter saja?
Sama sekalian nanya, saya pernah buka baut oli matic Nissan March, tapi kok malah ga keluar oli sama sekali yak.. niatnya pengen ganti malah batal.
Sama sekalian nanya, saya pernah buka baut oli matic Nissan March, tapi kok malah ga keluar oli sama sekali yak.. niatnya pengen ganti malah batal.

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Teknik kuras ATF ala Gerlong / manual flushing
Kalo matic gak pake dipstik di karter ada 2 bautHarrazuku wrote:Kalau untuk matic tipe CVT apa bisa om? Contohnya Mirage. Atau hanya untuk Torque Converter saja?
Sama sekalian nanya, saya pernah buka baut oli matic Nissan March, tapi kok malah ga keluar oli sama sekali yak.. niatnya pengen ganti malah batal.
baut buang ATF dan baut utk cek level ATF
di mobil om tsb matic nya ada dipstik gak
* Bukan ajakan Beli *