ngggaanuu.... absen civic FE isi full 36 depan blkg kiri kanan wkwkkwkwkChZ wrote: Wed Oct 04, 2023 3:00
stau ane juga dari dulu ngisi honda gak pernah lbh dari 30.klo masih 28 ke atas itu aman lah ga perlu terlalu takut sobek apa benjol.
klo ban masi bangsanya 225/55 atau 235/60 apalagi UHP tyre si aman mbah ampe 27-28 jg kalo mau extra grip dan ga sering bawa orang
di atas 33 buat honda2 imo terlalu kejem buat bokong wkwkwk.
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1159
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Tue Jan 20, 2009 4:49
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Ikutan sharing mbah..
Ban Michin Primacy 225/45/18.
Kia Rio, per custom ditinggiin.
Kalau angin 32 malah berasa agak keras bantingannya
Begitu diisi 35 malah lebih enak di butt o meter [emoji16].
Dan sudah dicoba tukar tekanan angin beberapa kali..
Pakai 32 dan 35.
Hasilnya sama
Subyektif banget kayaknya yah.
Handling juga masih oke angin 35
Ban Michin Primacy 225/45/18.
Kia Rio, per custom ditinggiin.
Kalau angin 32 malah berasa agak keras bantingannya
Begitu diisi 35 malah lebih enak di butt o meter [emoji16].
Dan sudah dicoba tukar tekanan angin beberapa kali..
Pakai 32 dan 35.
Hasilnya sama
Subyektif banget kayaknya yah.
Handling juga masih oke angin 35
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
ya gitu lah um, emg kadang" nozzle angin di self service ada yg bagus ada kg, untung itu ban kg pecahChZ wrote: Wed Oct 04, 2023 2:35ah gile angin 61 di enasep, prasaan enasep 32 aja udah ga enakdarrelund wrote: Tue Oct 03, 2023 9:46 dulu waktu masi pake enasep, pernah isi angin self service di salah satu pom kerang
oe ud jongkok tu ad kali 10 menit kok di mesin anginnya pres gak naik, yauda akirnya krn cape beres dah
dijalan koq rasa stir ringan bgt, bawa di tol super floaty, kriting sedikit mental mentul
krn kepikiran yauda melipir ke pom kerang tp cek pke mesin nitro punya
taunya pres roda depan kanan 61psi, depan kiri 58psi (default harusnya 36psi)
untung slamet, kg pecah ban
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()

aseli um itu di tol mobil rasanya ga napak samsek, lewat truk dikit kena hempasannya ud kyk ditendang jin lgsg geser itu mobil

kayaknya klo overinflate lebih cepet modar itu ban daripada itu kaki"iamwewe wrote: Tue Oct 03, 2023 10:50
buset ini om pernah isi sampe 61psi.. ngeri banget itu dah.
oh ya, ini kan kalo isi angin nya over gini nih, bawanya kan jadi kasar nanti kalo kena jalan rusak. kaki2 jadi lebih cepet rusak gk sih dibanding kalo kita isi angin normal rekomendasi pabrik?
mending 61
di amrik ad orang isi ban wrangler sampe 99 psi, dan orangna heran + komplen kok ga 100%. lupa videonya dimana, mekaniknya geleng"


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Perhatikan rentang tekanan ban ideal aja
Insinyur udah susah2 ngeriset soalnya

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Iya idealnya minimal segitu.adiv wrote: Wed Oct 04, 2023 5:02 Ikutan sharing mbah..
Ban Michin Primacy 225/45/18.
Kia Rio, per custom ditinggiin.
Kalau angin 32 malah berasa agak keras bantingannya
Begitu diisi 35 malah lebih enak di butt o meter [emoji16].
Dan sudah dicoba tukar tekanan angin beberapa kali..
Pakai 32 dan 35.
Hasilnya sama
Subyektif banget kayaknya yah.
Handling juga masih oke angin 35
Karena rentan kaya gini.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1159
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Suryaputra wrote: Thu Oct 05, 2023 5:33
Perhatikan rentang tekanan ban ideal aja
Insinyur udah susah2 ngeriset soalnya![]()
mantap

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Woh ngeri2 sedep 61, udh waktunya invest alat tire pressure gauge mbah yg digital atau jarum. Biar safety tiap habis ngisi angin self-service atau tpms sekalian cm harganya mayan jugadarrelund wrote: Thu Oct 05, 2023 4:35ya gitu lah um, emg kadang" nozzle angin di self service ada yg bagus ada kg, untung itu ban kg pecahChZ wrote: Wed Oct 04, 2023 2:35ah gile angin 61 di enasep, prasaan enasep 32 aja udah ga enakdarrelund wrote: Tue Oct 03, 2023 9:46 dulu waktu masi pake enasep, pernah isi angin self service di salah satu pom kerang
oe ud jongkok tu ad kali 10 menit kok di mesin anginnya pres gak naik, yauda akirnya krn cape beres dah
dijalan koq rasa stir ringan bgt, bawa di tol super floaty, kriting sedikit mental mentul
krn kepikiran yauda melipir ke pom kerang tp cek pke mesin nitro punya
taunya pres roda depan kanan 61psi, depan kiri 58psi (default harusnya 36psi)
untung slamet, kg pecah ban
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
aseli um itu di tol mobil rasanya ga napak samsek, lewat truk dikit kena hempasannya ud kyk ditendang jin lgsg geser itu mobil![]()
kayaknya klo overinflate lebih cepet modar itu ban daripada itu kaki"iamwewe wrote: Tue Oct 03, 2023 10:50
buset ini om pernah isi sampe 61psi.. ngeri banget itu dah.
oh ya, ini kan kalo isi angin nya over gini nih, bawanya kan jadi kasar nanti kalo kena jalan rusak. kaki2 jadi lebih cepet rusak gk sih dibanding kalo kita isi angin normal rekomendasi pabrik?
mending 61
di amrik ad orang isi ban wrangler sampe 99 psi, dan orangna heran + komplen kok ga 100%. lupa videonya dimana, mekaniknya geleng"![]()
![]()
https://tokopedia.link/AdjR9WZMNDb
Kira2 ada gak ya org yg nurunin diameter velgnya, demi ngejar profil ban bisa lbih tebel? Secara kan boil2 jaman sekarang rata2 ring velg lebar2, profil makin tipis aje. Rata2 kalo liat dijalanan banyakan org2 upgrade size velg, sampe bannya kadang kliatan makin tipis.Suryaputra wrote: Thu Oct 05, 2023 5:36Iya idealnya minimal segitu.adiv wrote: Wed Oct 04, 2023 5:02 Ikutan sharing mbah..
Ban Michin Primacy 225/45/18.
Kia Rio, per custom ditinggiin.
Kalau angin 32 malah berasa agak keras bantingannya
Begitu diisi 35 malah lebih enak di butt o meter [emoji16].
Dan sudah dicoba tukar tekanan angin beberapa kali..
Pakai 32 dan 35.
Hasilnya sama
Subyektif banget kayaknya yah.
Handling juga masih oke angin 35
Karena rentan kaya gini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 4
yah solusi plg ekonomis, naikin profil ban paling.daimler wrote: Wed Oct 11, 2023 5:48
Kira2 ada gak ya org yg nurunin diameter velgnya, demi ngejar profil ban bisa lbih tebel? Secara kan boil2 jaman sekarang rata2 ring velg lebar2, profil makin tipis aje. Rata2 kalo liat dijalanan banyakan org2 upgrade size velg, sampe bannya kadang kliatan makin tipis.
jadinya keliatan lbh keker

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu May 25, 2023 8:01
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Halo Rekan-Rekan SM,
Mohon sarannya, ukuran ban standar Venturer ini kan 215/55 R17, kalo upgrade ke 215/60 R17 apakah lebih baik secara tampilan dan kegunaan?
Ban bawaan Turanza ER33 sudah makan sisi luar dan dalam di kilometer 71K.
Untuk penggantinya diantara Turanza ER33, Turanza T005A, BFG Advantage Touring dan Michelin Primacy 4 better mana ya?
Prioritasnya perlu kenyamanan dan durability.
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM.
Terimakasih.
Mohon sarannya, ukuran ban standar Venturer ini kan 215/55 R17, kalo upgrade ke 215/60 R17 apakah lebih baik secara tampilan dan kegunaan?
Ban bawaan Turanza ER33 sudah makan sisi luar dan dalam di kilometer 71K.
Untuk penggantinya diantara Turanza ER33, Turanza T005A, BFG Advantage Touring dan Michelin Primacy 4 better mana ya?
Prioritasnya perlu kenyamanan dan durability.
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM.
Terimakasih.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Sulit dapat dua2nyaAdrBee wrote: Thu Oct 12, 2023 4:03 Halo Rekan-Rekan SM,
Mohon sarannya, ukuran ban standar Venturer ini kan 215/55 R17, kalo upgrade ke 215/60 R17 apakah lebih baik secara tampilan dan kegunaan?
Ban bawaan Turanza ER33 sudah makan sisi luar dan dalam di kilometer 71K.
Untuk penggantinya diantara Turanza ER33, Turanza T005A, BFG Advantage Touring dan Michelin Primacy 4 better mana ya?
Prioritasnya perlu kenyamanan dan durability.
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM.
Terimakasih.
Milih,
- nyaman, atau
- durable

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu May 25, 2023 8:01
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Dari 4 pilihan yang saya list, yang valuenya oke kira-kira mana ya om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Ganti dr 215 55 r17 ke 215 60 r17 pasti lebuh empuk om.AdrBee wrote:Halo Rekan-Rekan SM,
Mohon sarannya, ukuran ban standar Venturer ini kan 215/55 R17, kalo upgrade ke 215/60 R17 apakah lebih baik secara tampilan dan kegunaan?
Ban bawaan Turanza ER33 sudah makan sisi luar dan dalam di kilometer 71K.
Untuk penggantinya diantara Turanza ER33, Turanza T005A, BFG Advantage Touring dan Michelin Primacy 4 better mana ya?
Prioritasnya perlu kenyamanan dan durability.
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM.
Terimakasih.
Merk kalau sudah disebut michelin, go for michelin om.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu May 25, 2023 8:01
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Selain lebih empuk ada kekurangannya ga om?Clonz wrote: Thu Oct 12, 2023 6:28 Ganti dr 215 55 r17 ke 215 60 r17 pasti lebuh empuk om.
Merk kalau sudah disebut michelin, go for michelin om.
Misal jadi lbh boros bbm atau secara driving makin limbung?
Venturer ini ukuran ban sama persis sama HR-V dan Camry XV50, agak kecil jadinya.
Iya, banyak rekomendasi Michelin untuk kenyamanan, tapi apakah bisa mendekati Turanza untuk durabilitynya?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Ya klo bicara nyaman dan balance ke handling sih, dr some user, antara Micin Primacy 4, atau Conti Ultra Contact 7 series yg terbaru.AdrBee wrote: Thu Oct 12, 2023 6:24Dari 4 pilihan yang saya list, yang valuenya oke kira-kira mana ya om?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Serba Serbi Ban Part 4
buwanyak om. di sini aja banyak.daimler wrote: Wed Oct 11, 2023 5:48
Kira2 ada gak ya org yg nurunin diameter velgnya, demi ngejar profil ban bisa lbih tebel? Secara kan boil2 jaman sekarang rata2 ring velg lebar2, profil makin tipis aje. Rata2 kalo liat dijalanan banyakan org2 upgrade size velg, sampe bannya kadang kliatan makin tipis.
sebenernya kalau tipikal minivan / LMPV atau hatchback kecil average nggak ada urgent need untuk pake ban velg besar itu cuma murni fashion. nambah grip di mobil yang 0-100 nya 12 detik rada pointless itu ban ecotyre aja rasanya masih nempel

kalo sedan torsi besar, malah rasanya kurang secure sih pake ban profil tebal. mobil enteng torsi besar, sensitif sama grip.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Ane pake michelin tapi yg seri energy xm2, bukan primacy. Aman2 aja sih oom durability nya. Utk saat ini ban udah jalan 40k km dan 2 tahun kembangannya masih lumayan, twi juga masih mayan jauh. Hajar2 lubang di kecepatan agak tinggi kaya 60-80 km/h juga pernah dan untungnya masih aman2 aja gada sobek atau benjol.AdrBee wrote: Thu Oct 12, 2023 6:57Selain lebih empuk ada kekurangannya ga om?Clonz wrote: Thu Oct 12, 2023 6:28 Ganti dr 215 55 r17 ke 215 60 r17 pasti lebuh empuk om.
Merk kalau sudah disebut michelin, go for michelin om.
Misal jadi lbh boros bbm atau secara driving makin limbung?
Venturer ini ukuran ban sama persis sama HR-V dan Camry XV50, agak kecil jadinya.
Iya, banyak rekomendasi Michelin untuk kenyamanan, tapi apakah bisa mendekati Turanza untuk durabilitynya?
Di motor ane juga ada pake yg seri pilot street. Tp baru jalan sekitar 4k km dan satu tahun jd urusan keawetan blm bisa komen.
Dibanding bridgestone menurut ane kurang lebih lah ya. Sebelumnya ane pernah pake kayanya ada 4 kali. Mulai dari B391 bawaannya xenia 1.0 sampai ekopeyang. Kurang lebih saatnya ganti di sekitar 50k km juga.
Tapi gatau ya kalo michelin seri atasnya kaya primacy dan pilot sport gimana, apakah ada perbedaan atau engga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Kalau makin limbung kayak e sih nggak om. Soalnya bannya ga naik banyak.AdrBee wrote:Selain lebih empuk ada kekurangannya ga om?Clonz wrote: Thu Oct 12, 2023 6:28 Ganti dr 215 55 r17 ke 215 60 r17 pasti lebuh empuk om.
Merk kalau sudah disebut michelin, go for michelin om.
Misal jadi lbh boros bbm atau secara driving makin limbung?
Venturer ini ukuran ban sama persis sama HR-V dan Camry XV50, agak kecil jadinya.
Iya, banyak rekomendasi Michelin untuk kenyamanan, tapi apakah bisa mendekati Turanza untuk durabilitynya?
Bbm tambah boros itu biasanya karena diameter ban bertambah atau tapak ban lebih lebar. Dari 215 55 r17 ke 215 60 r17 memang diameter bertambah, tp harusnya ga ngefek banyak banget. Ga sampe beda konsumsi misal dr 1:10 ke 1:8/9.
Apalagi kalau pake primacy 4, itu ban rolling resistance rendah, dulu saya pernah pake kok lebih gampang ngglinding, tp waktu direm jg lebih cepat berhenti.
Kalau durability vs bridgestone saya krg tau, dl saya pake primacy4 cuman sekitar 1.5taon dan ga sampe 40rb km, dan masih tebel tapaknya, cuman kalau diisi angin kurang dari 32, dia gampang gripis2 kecil2.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu May 25, 2023 8:01
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Pengalaman di mobil Altis 2015 kan bawaan Pilot Sport 3 om, awal-awal aman, cuma ketika udah mulai akhir tahun ke-3 berasa beda jauh sama pas baru, kalo yang Bridgdestone kan barunya sampe mau akhir hayatnya ya begitu aja, biasa tapi konsisten. Tapi memang belum pernah coba Primacy 4, namun reviewnya positif semua.rakyatwkwkland wrote: Thu Oct 12, 2023 8:42 Ane pake michelin tapi yg seri energy xm2, bukan primacy. Aman2 aja sih oom durability nya. Utk saat ini ban udah jalan 40k km dan 2 tahun kembangannya masih lumayan, twi juga masih mayan jauh. Hajar2 lubang di kecepatan agak tinggi kaya 60-80 km/h juga pernah dan untungnya masih aman2 aja gada sobek atau benjol.
Di motor ane juga ada pake yg seri pilot street. Tp baru jalan sekitar 4k km dan satu tahun jd urusan keawetan blm bisa komen.
Dibanding bridgestone menurut ane kurang lebih lah ya. Sebelumnya ane pernah pake kayanya ada 4 kali. Mulai dari B391 bawaannya xenia 1.0 sampai ekopeyang. Kurang lebih saatnya ganti di sekitar 50k km juga.
Tapi gatau ya kalo michelin seri atasnya kaya primacy dan pilot sport gimana, apakah ada perbedaan atau engga.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu May 25, 2023 8:01
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Noted Om, rencananya mau ke Pitstop Karawaci karena liat di Marketplace paling murah dia untuk Primacy 4 ini.Clonz wrote: Thu Oct 12, 2023 9:32 Kalau makin limbung kayak e sih nggak om. Soalnya bannya ga naik banyak.
Bbm tambah boros itu biasanya karena diameter ban bertambah atau tapak ban lebih lebar. Dari 215 55 r17 ke 215 60 r17 memang diameter bertambah, tp harusnya ga ngefek banyak banget. Ga sampe beda konsumsi misal dr 1:10 ke 1:8/9.
Apalagi kalau pake primacy 4, itu ban rolling resistance rendah, dulu saya pernah pake kok lebih gampang ngglinding, tp waktu direm jg lebih cepat berhenti.
Kalau durability vs bridgestone saya krg tau, dl saya pake primacy4 cuman sekitar 1.5taon dan ga sampe 40rb km, dan masih tebel tapaknya, cuman kalau diisi angin kurang dari 32, dia gampang gripis2 kecil2.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Malam om-om sekalian, ane mau nanya nih.
Jadi beberapa minggu yang lalu ane baru ganti satu set ban depan karena ban kanan depan pecah (awalnya BS Turanza ER33, diganti ke BS Techno Sport. Ban belakang masih Turanza ER33). Nah, sekarang ini, ketika menjalankan mobil di tanjakan yang juga belokan patah, ban depan kanan akan selalu spin dan mendecit. Padahal usia bannya masih muda. Apakah memang ban BS Techno Sport itu gripnya buruk? Terimakasih
Jadi beberapa minggu yang lalu ane baru ganti satu set ban depan karena ban kanan depan pecah (awalnya BS Turanza ER33, diganti ke BS Techno Sport. Ban belakang masih Turanza ER33). Nah, sekarang ini, ketika menjalankan mobil di tanjakan yang juga belokan patah, ban depan kanan akan selalu spin dan mendecit. Padahal usia bannya masih muda. Apakah memang ban BS Techno Sport itu gripnya buruk? Terimakasih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Menurut saya sih ban itu salah satu kelas paling bawahnya bridgestone om.DLM wrote:Malam om-om sekalian, ane mau nanya nih.
Jadi beberapa minggu yang lalu ane baru ganti satu set ban depan karena ban kanan depan pecah (awalnya BS Turanza ER33, diganti ke BS Techno Sport. Ban belakang masih Turanza ER33). Nah, sekarang ini, ketika menjalankan mobil di tanjakan yang juga belokan patah, ban depan kanan akan selalu spin dan mendecit. Padahal usia bannya masih muda. Apakah memang ban BS Techno Sport itu gripnya buruk? Terimakasih
Sedangkan turanza lu
mayan terkenal sebagai kelas middle up nya dibawah potenza. Jadi ya jelas beda banget gripnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Bukannya yang paling bawah techno doang ya?Clonz wrote: Thu Oct 12, 2023 11:56Menurut saya sih ban itu salah satu kelas paling bawahnya bridgestone om.DLM wrote:Malam om-om sekalian, ane mau nanya nih.
Jadi beberapa minggu yang lalu ane baru ganti satu set ban depan karena ban kanan depan pecah (awalnya BS Turanza ER33, diganti ke BS Techno Sport. Ban belakang masih Turanza ER33). Nah, sekarang ini, ketika menjalankan mobil di tanjakan yang juga belokan patah, ban depan kanan akan selalu spin dan mendecit. Padahal usia bannya masih muda. Apakah memang ban BS Techno Sport itu gripnya buruk? Terimakasih
Sedangkan turanza lu
mayan terkenal sebagai kelas middle up nya dibawah potenza. Jadi ya jelas beda banget gripnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Salah satu om. Saya ga ngmg itu paling bawah buanget njedok sih.DLM wrote:Bukannya yang paling bawah techno doang ya?Clonz wrote: Thu Oct 12, 2023 11:56Menurut saya sih ban itu salah satu kelas paling bawahnya bridgestone om.DLM wrote:Malam om-om sekalian, ane mau nanya nih.
Jadi beberapa minggu yang lalu ane baru ganti satu set ban depan karena ban kanan depan pecah (awalnya BS Turanza ER33, diganti ke BS Techno Sport. Ban belakang masih Turanza ER33). Nah, sekarang ini, ketika menjalankan mobil di tanjakan yang juga belokan patah, ban depan kanan akan selalu spin dan mendecit. Padahal usia bannya masih muda. Apakah memang ban BS Techno Sport itu gripnya buruk? Terimakasih
Sedangkan turanza lu
mayan terkenal sebagai kelas middle up nya dibawah potenza. Jadi ya jelas beda banget gripnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1607
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Mobil saya juga saya up size dari 185/60 R15 ke 185/65 R15, malah harganya jadi lebih murah 100rb/ban waktu ituAdrBee wrote: Thu Oct 12, 2023 4:03 Halo Rekan-Rekan SM,
Mohon sarannya, ukuran ban standar Venturer ini kan 215/55 R17, kalo upgrade ke 215/60 R17 apakah lebih baik secara tampilan dan kegunaan?
Ban bawaan Turanza ER33 sudah makan sisi luar dan dalam di kilometer 71K.
Untuk penggantinya diantara Turanza ER33, Turanza T005A, BFG Advantage Touring dan Michelin Primacy 4 better mana ya?
Prioritasnya perlu kenyamanan dan durability.
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM.
Terimakasih.

Tampilan keliatan lebih padat fendernya, karena sidewall tambah tebal jadi load index nambah, kalo pengendalian dan konsumsi bbm sih ga ngaruh yah soalnya saya nyetirnya tipe yg santai ga suka ugal2an jadi ga tau bedanya. Kalo kenyamanan tergantung pakai ban apa, soalnya saya awalnya pakai potenza oem jadi berasa tambah empuk dan senyap pas ganti hankook kinergy eco2.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1607
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Masih baru katanya emang masih licin om, kalo udah 500km - 1000km baru keliatan aslinyaDLM wrote: Thu Oct 12, 2023 11:47 Malam om-om sekalian, ane mau nanya nih.
Jadi beberapa minggu yang lalu ane baru ganti satu set ban depan karena ban kanan depan pecah (awalnya BS Turanza ER33, diganti ke BS Techno Sport. Ban belakang masih Turanza ER33). Nah, sekarang ini, ketika menjalankan mobil di tanjakan yang juga belokan patah, ban depan kanan akan selalu spin dan mendecit. Padahal usia bannya masih muda. Apakah memang ban BS Techno Sport itu gripnya buruk? Terimakasih