Om Penyu, kalo dicabang gitu apa tenaganya ngga berkurang ?PenyuTurbo wrote:Pencabangan bisa dibuat setelah Catalytic Converter ... atau dari Resonator dibelakang CAT. Umumnya pencabangan yang kayak gini untuk mesin-mesin turbo.€lj€p€ wrote: Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
Pencabangan model kedua ... adalah dari MUFFLER BELAKANG ... umumnya ini untuk mesin-mesin NA (Natural Aspirated) ... bisa dilihat pada foto di bawah ini.
[SM Modification] Exhaust Upgrade
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
- Location: Look at your rear view mirror
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Di halaman 9, saya kirim foto yang sudah menggunakan 2 muffler...r1210g wrote:wah gambarnya ga masuk tuh bro..
Di forum ini ga ada codecnya...
Ngomong2, kalo boleh tau kenapa pengen 2 gitu bro?
Lihat juga Captiva, Hyundai Santa Fe / Tucson, KIA Sportage yang 2.7. Engga tahu rasanya kok, kalau simetris begitu, kesannya jadi gagah. Tapi kalau kira-2 mahal sih ya engga lah.... ini prioritas terakhir kok..... Dan kalau ternyata power nya malah jadi hilang ... ya tidak jadi lah.... tidak terlalu penting.
Last edited by €lj€p€ on Thu Oct 11, 2007 9:49, edited 1 time in total.
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Boleh gw jawab?
Tenaga ga kurang...
Kan muffler ga ngaruh.. Yang ngaruh kan dari header ampe tengah kan?..
muffler cuma trima sisanya...
Kecuali kalo ampe dpan ada 2 sistem knalpot.....
Tenaga ga kurang...
Kan muffler ga ngaruh.. Yang ngaruh kan dari header ampe tengah kan?..
muffler cuma trima sisanya...
Kecuali kalo ampe dpan ada 2 sistem knalpot.....
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
- Location: Look at your rear view mirror
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Ialah...tampilan saja. Soal "performance" ??? saya ini termasuk slowdriver kok... dari dulu cuma senang main di lumpur. Rally juga pernah tapi TIME RALLY bukan SPEED RALLY... jadi sampai sekarang, kalau berangkat kerja... selalu subuh-2... supaya tepat waktu mengajarnya...Sugie wrote:I c, I c. Jadi pencabangan efeknya lebih ke penampilan drpd ke performance ?
Kalau hanya twin/dual pipe seperti ini pengaruhnya apa ya ???? di Youtube sih ada suaranya... apakah hanya itu..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Hmm... kalo ujungnya doank.. ga ada suaranya bro..
bener2 cuma keren2an doank.. Banyak koq yang jual2 kayak gitu..
Dulu pernah nanya di tukang knalpot cuma 150 rb kepalanya doank... coba deh tanya STANDARD Motor...
Kalo ga salah ada kepalanya doank...
Kalo ganti muffler baru deh ada suaranya... WEUMMM!! WEUMMMMMM!
Tapi biasa kalo tukang knalpot, dia bisa bikin suara walaupun cuma muffler standard..
Gitu...
bener2 cuma keren2an doank.. Banyak koq yang jual2 kayak gitu..
Dulu pernah nanya di tukang knalpot cuma 150 rb kepalanya doank... coba deh tanya STANDARD Motor...
Kalo ga salah ada kepalanya doank...
Kalo ganti muffler baru deh ada suaranya... WEUMMM!! WEUMMMMMM!
Tapi biasa kalo tukang knalpot, dia bisa bikin suara walaupun cuma muffler standard..
Gitu...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Pak Penyu
Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?
Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.
Mohon pencerahannya.
Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?
Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.
Mohon pencerahannya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Secara Tabel adalah sebagai berikut :Turboman wrote:Pak Penyu
Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?
Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.
Mohon pencerahannya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Secara empiris menggunakan engineering correlation (OPTIMUM PERFORMANCE) :Turboman wrote:Pak Penyu
Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?
Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.
Mohon pencerahannya.
1. Untuk Mesin Natural Apirated
a. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/40) ... untuk Pipa Single
b. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/80) ... untuk Pipa Double (Dual Pipe)
2. Untuk Mesin Turbocharge
a. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/33) ... untuk pipa single
b. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/66) ... untuk Pipa double (DUAL Pipe)
Sekiranya hasil perhitungan gak ada ukurannya yang didapat untuk standar ukuran pipa ... maka ambil ukuran yang besar dikit (diatasnya) yang ada dalam standar ukuran pipa ... misalnya diperoleh 1.9 inchi ... ya digunakan 2 inchi atau juga misal diperoleh 2.13 inchi ... makai yang 2.25 inchi.
Catatan :
Untuk turbocharge ... ada juga yang menggunakan korelasi Diameter Pipa = Akar (HP/30) untuk single dan = Akar (HP/60) untuk Dual.
Untuk yang NA ada yang menggunakan korelasi :
Diameter Pipa = Akar (HP/37) untuk single pipa
Diameter Pipa = Akar (HP/74) untuk dual pipa

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Sebenarnya 2.5" kebesaran dikit ... yang optimum deket-deket dengan 2.25" ... cuman gak apa-apa.Turboman wrote:Pak Penyu
Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?
Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.
Mohon pencerahannya.
Untuk requirement yang yang bung Turboman sebutkan diatas ... 2.5" cukup optimum jika dibelakang Catalytic Converter dipasangin Resonator Jenis AeroTurbine Resonator yang pernah gw posting. Hasilnya memang menggiurkan dan udah banyak yang masang dengan Puas Hati.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
pak postingin juga dong tabel untuk mesin 1.3-1.6-2.0-2.2-.2.5 N/A&TC soale kan banyak2 member SM yg boilnya bermain di CC sebesar ituPenyuTurbo wrote:Secara empiris menggunakan engineering correlation (OPTIMUM PERFORMANCE) :Turboman wrote:Pak Penyu
Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?
Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.
Mohon pencerahannya.
1. Untuk Mesin Natural Apirated
a. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/40) ... untuk Pipa Single
b. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/80) ... untuk Pipa Double (Dual Pipe)
2. Untuk Mesin Turbocharge
a. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/33) ... untuk pipa single
b. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/66) ... untuk Pipa double (DUAL Pipe)
Sekiranya hasil perhitungan gak ada ukurannya yang didapat untuk standar ukuran pipa ... maka ambil ukuran yang besar dikit (diatasnya) yang ada dalam standar ukuran pipa ... misalnya diperoleh 1.9 inchi ... ya digunakan 2 inchi atau juga misal diperoleh 2.13 inchi ... makai yang 2.25 inchi.
Catatan :
Untuk turbocharge ... ada juga yang menggunakan korelasi Diameter Pipa = Akar (HP/30) untuk single dan = Akar (HP/60) untuk Dual.
Untuk yang NA ada yang menggunakan korelasi :
Diameter Pipa = Akar (HP/37) untuk single pipa
Diameter Pipa = Akar (HP/74) untuk dual pipa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Nanya donk...
Yang udah ke SAKI di GunSar...
Koq tempatnya begitu sih?
Kemarin jalan2 pas lagi sepi, buat survey tempat2 "khusus"
nyari tukang bahan Semikulit, tukang cat mobil (Spies Hecker) ma SAKI..
Nah loh koq tempatnya begitu?
Gmn kalo mau ganti header?
Yang udah ke SAKI di GunSar...
Koq tempatnya begitu sih?
Kemarin jalan2 pas lagi sepi, buat survey tempat2 "khusus"
nyari tukang bahan Semikulit, tukang cat mobil (Spies Hecker) ma SAKI..
Nah loh koq tempatnya begitu?
Gmn kalo mau ganti header?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
d copot header yg nempel trus pasang header yg baru....... wakakakakakaka......r1210g wrote:Nanya donk...
Yang udah ke SAKI di GunSar...
Koq tempatnya begitu sih?
Kemarin jalan2 pas lagi sepi, buat survey tempat2 "khusus"
nyari tukang bahan Semikulit, tukang cat mobil (Spies Hecker) ma SAKI..
Nah loh koq tempatnya begitu?
Gmn kalo mau ganti header?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Kalau masuk kedalam .... ada beberapa bay... (tempat ngolong)... disitu memang tidak terlalu heboh seperti bengkel Kenalpot yang di Kebon Jeruk.r1210g wrote:Nanya donk...
Yang udah ke SAKI di GunSar...
Koq tempatnya begitu sih?
Kemarin jalan2 pas lagi sepi, buat survey tempat2 "khusus"
nyari tukang bahan Semikulit, tukang cat mobil (Spies Hecker) ma SAKI..
Nah loh koq tempatnya begitu?
Gmn kalo mau ganti header?
SAKI itu usaha utamanya adalah memasok kenalpot ke ATPM-2. Modifikasi hanya sampingan dengan merk KANZAI.
Dulu saya pernah ganti header + muffler mobil Vitara. Terus ngobrol-2 sama Bos yang disitu... eh dikasih gratis tail pipe... sampai mobil dijual.. masih bagus semua tuh... Kalau ada keluhan... / pemeliharaan juga gratis... meskipun sudah bukan garansi tapi masih ada bon. Cuma kasih tip ke tukang las nya.
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Masa sih bung?€lj€p€ wrote:Kalau masuk kedalam .... ada beberapa bay... (tempat ngolong)... disitu memang tidak terlalu heboh seperti bengkel Kenalpot yang di Kebon Jeruk.r1210g wrote:Nanya donk...
Yang udah ke SAKI di GunSar...
Koq tempatnya begitu sih?
Kemarin jalan2 pas lagi sepi, buat survey tempat2 "khusus"
nyari tukang bahan Semikulit, tukang cat mobil (Spies Hecker) ma SAKI..
Nah loh koq tempatnya begitu?
Gmn kalo mau ganti header?
SAKI itu usaha utamanya adalah memasok kenalpot ke ATPM-2. Modifikasi hanya sampingan dengan merk KANZAI.
Dulu saya pernah ganti header + muffler mobil Vitara. Terus ngobrol-2 sama Bos yang disitu... eh dikasih gratis tail pipe... sampai mobil dijual.. masih bagus semua tuh... Kalau ada keluhan... / pemeliharaan juga gratis... meskipun sudah bukan garansi tapi masih ada bon. Cuma kasih tip ke tukang las nya.
Saya liatnya tempatnya kayak ruko gitu... Dan susah kayaknya buat mobil masuk..
Liatnya waktu tutup sih...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Masa sih bung?€lj€p€ wrote: Kalau masuk kedalam .... ada beberapa bay... (tempat ngolong)... disitu memang tidak terlalu heboh seperti bengkel Kenalpot yang di Kebon Jeruk.
SAKI itu usaha utamanya adalah memasok kenalpot ke ATPM-2. Modifikasi hanya sampingan dengan merk KANZAI.
Dulu saya pernah ganti header + muffler mobil Vitara. Terus ngobrol-2 sama Bos yang disitu... eh dikasih gratis tail pipe... sampai mobil dijual.. masih bagus semua tuh... Kalau ada keluhan... / pemeliharaan juga gratis... meskipun sudah bukan garansi tapi masih ada bon. Cuma kasih tip ke tukang las nya.
Saya liatnya tempatnya kayak ruko gitu... Dan susah kayaknya buat mobil masuk..
Liatnya waktu tutup sih...
wah, bagus deh ada yg pngalaman...
dulu kena brp bung?
bisa custom ga?
apa udah disdiain, dan kita tinggal trima?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Di SAKI, kelihatannya lebih banyak yang bolt on... mereka sudah rancang sendiri...r1210g wrote: Masa sih bung?
Saya liatnya tempatnya kayak ruko gitu... Dan susah kayaknya buat mobil masuk..
Liatnya waktu tutup sih...
wah, bagus deh ada yg pngalaman...
dulu kena brp bung?
bisa custom ga?
apa udah disdiain, dan kita tinggal trima?
Saya tidak tahu banyak soal design.. waktu kenalpot sudah bocor parah, baca iklan... langsung ganti saja. kesana. Kena Rp.1.25 jt.. dari Header, Muffler, + tip pipe chrome gratis. Kalau mau ngerapihin Escudo.. saya punya teman yang juago banget.. dia bidang teknik nya SJI (Suzuki Jip Indonesia) mau kenal ?? nanti saya PM.
Dari Solo ke Oslo

