[SM Modification] Exhaust Upgrade
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
[SM Modification] Exhaust Upgrade
Mohon permisi pada SMers, mau buka topik baru : EXHAUST UPGRADE
Latar belakang :
1. Beragamnya parameter-parameter sebagai prioritas dalam memilih kendaraan yang mana tidak setiap merek kendaraan baru yang diluncurkan bisa memenuhi sekaligus semua kriteria pemilihan. Contohnya ada yang memprioritaskan kelapangan interior, tapi performancenya kurang kurang sesuai, begitu juga sebaliknya ada yang memprioritaskan performance dan kelapangan interior jatuh pada no.2 .... dan sebagainya dan sebagainya.
2. Para pemilik mobil tua yang menginginkan peningkatan performance tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.
3. Adanya restriction pada Intake dan exhaust disebabkan oleh adanya batasan-batasan lingkungan, seperti kandungan gas-gas beracun dan tingkat kebisingan ... berakibat engine tidak memberikan OPTIMUM PERFORMACE ... under power kah ... boros kah ... sluggish kah dan lain sebagainya.
TUJUAN :
1. Memberikan konsep dan pemahaman tentang Exhaust dan pengaruhnya terhadap performance engine (torque dan power bands disamping peak torque dan peak power).
2. Mendapat gambaran ukuran2nya, bagaimana harus melakukan upgrade pada exhaust sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Contohnya yang tadinya peak torque dan peak power pada rpm tinggi mau diubah ke rpm yang lebih rendah (peak torque dan power pada midrange) ... supaya nggak hanya mengikuti apa kata foreman ... yang hasil akhirnya nggak seperti apa yang diharapkan.
3. Mengeluarkan kembali performance engine yang dikorbankan adanya batasan-batasan lingkungan, sehingga performance jadi OPTIMUM teerlebih-lebih lagi kalau bisa hemat BBM.
Secara umum komponen-komponen Exhaust/knalpot adalah :
1. Header
2. Collector
3. Catalitic Converter
4. Resonator
5. Muffler (Silencer)
Mohon para pakar untuk memberikan theory dan applications. Atau mungkin didahului oleh sesiapa saja yang ingin menanyakan kasus-kasus mobilnya terutama pada bagian exhaust/knalpot.
Silahkan ........
Latar belakang :
1. Beragamnya parameter-parameter sebagai prioritas dalam memilih kendaraan yang mana tidak setiap merek kendaraan baru yang diluncurkan bisa memenuhi sekaligus semua kriteria pemilihan. Contohnya ada yang memprioritaskan kelapangan interior, tapi performancenya kurang kurang sesuai, begitu juga sebaliknya ada yang memprioritaskan performance dan kelapangan interior jatuh pada no.2 .... dan sebagainya dan sebagainya.
2. Para pemilik mobil tua yang menginginkan peningkatan performance tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.
3. Adanya restriction pada Intake dan exhaust disebabkan oleh adanya batasan-batasan lingkungan, seperti kandungan gas-gas beracun dan tingkat kebisingan ... berakibat engine tidak memberikan OPTIMUM PERFORMACE ... under power kah ... boros kah ... sluggish kah dan lain sebagainya.
TUJUAN :
1. Memberikan konsep dan pemahaman tentang Exhaust dan pengaruhnya terhadap performance engine (torque dan power bands disamping peak torque dan peak power).
2. Mendapat gambaran ukuran2nya, bagaimana harus melakukan upgrade pada exhaust sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Contohnya yang tadinya peak torque dan peak power pada rpm tinggi mau diubah ke rpm yang lebih rendah (peak torque dan power pada midrange) ... supaya nggak hanya mengikuti apa kata foreman ... yang hasil akhirnya nggak seperti apa yang diharapkan.
3. Mengeluarkan kembali performance engine yang dikorbankan adanya batasan-batasan lingkungan, sehingga performance jadi OPTIMUM teerlebih-lebih lagi kalau bisa hemat BBM.
Secara umum komponen-komponen Exhaust/knalpot adalah :
1. Header
2. Collector
3. Catalitic Converter
4. Resonator
5. Muffler (Silencer)
Mohon para pakar untuk memberikan theory dan applications. Atau mungkin didahului oleh sesiapa saja yang ingin menanyakan kasus-kasus mobilnya terutama pada bagian exhaust/knalpot.
Silahkan ........
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Re: EXHAUST UPGRADE
Tujuan2-nya manstapp....PenyuTurbo wrote:............
TUJUAN :
1. Memberikan konsep dan pemahaman tentang Exhaust dan pengaruhnya terhadap performance engine (torque dan power bands disamping peak torque dan peak power).
2. Mendapat gambaran ukuran2nya, bagaimana harus melakukan upgrade pada exhaust sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Contohnya yang tadinya peak torque dan peak power pada rpm tinggi mau diubah ke rpm yang lebih rendah (peak torque dan power pada midrange) ... supaya nggak hanya mengikuti apa kata foreman ... yang hasil akhirnya nggak seperti apa yang diharapkan.
3. Mengeluarkan kembali performance engine yang dikorbankan adanya batasan-batasan lingkungan, sehingga performance jadi OPTIMUM teerlebih-lebih lagi kalau bisa hemat BBM.
............
tapi yg nomer 3,
misal dgn mengurangi glasswool di muffler, mobil bisa lebih ngacirr..
tapi ya itu, emisi jadi lebih tinggi, dan polusi suara juga...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: EXHAUST UPGRADE
Yang ini, jika dibarengi dengan penambahan petrol treatment yang bisa mengurangi surface tension ... Insyaa Allah ... emisi jadi bersih karena pembakarannya sempurna ... hanya mengeluarkan CO2 dan H2O .... hehehehe ... promosi barang sendiri .... kononnya.Mike wrote:
tapi yg nomer 3,
misal dgn mengurangi glasswool di muffler, mobil bisa lebih ngacirr..
tapi ya itu, emisi jadi lebih tinggi, dan polusi suara juga...
Glasswool nya dipertahankan ... hanya ganti dari yang chambered ke Straight Through ...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Re: EXHAUST UPGRADE
Berarti desibel meningkat donks?PenyuTurbo wrote:
Glasswool nya dipertahankan ... hanya ganti dari yang chambered ke Straight Through ...
Polusi suara?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
MUFFLER yang ada dibelakang Catalytic Converter meliputi :frontier wrote:Pak Penyu, ini ada yang nanya, yang disebut CAT BACK MUFFLER itu bagian mana dari exhaust system ?
1. MUFFLER TENGAH, kadang orang menyebut Resonator disebut juga mini muffler atau muffler tengah atau kadang juga disebut First Silencer atau Center Silencer atau kadang juga ada yang menyebut Center bullete.
2. MUFFLER BELAKANG termasuk Tail Pipe.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
- Location: Jakarta
Mau rapi ke Jalan gunung Sahari Standard ADI kenalpot, mereka rapi, bengkelnya pun bersih, plus ngelasnya pake MIG weld.y_anjasrana wrote:Mumpung lagi ngomongin knalpot.
Ada yg bisa rekomendasiin bengkel knalpot yg bagus gak? Di sekitar rumah banyak banget, cuma ga jamin rapi hasil kerjanya khan? Btw kalu bisa lokasi di sekitar kebon jeruk, ciledug, or bintaro.
Thx sebelumnya
B20B DOHC VTEC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ada Objectives tertentu ? Seperti misalnya :y_anjasrana wrote:Sip... sip... Kebetulan gw lagi mau betulin knalpot TC gw nih. Mungkin ganti sekalian, abis udah bocor. Kasih masukan yg banyak dunk....
1. Low End Torque (pada RPM berapa ?)
2. High End Power (Pada RPM berapa ?)
3. Wide Torque and Powerbands
dsb ... dsb ... maka perlu masukan :
a. Engine capacity (displacement)
b. Pembukaan katup buang (BBDC - Before Bottom Dead Center) dalam derajad.
c. Penutupan Katu Buang (ATDC - After Top Dead Center) dalam derajad.
d. Peak Torque mau ada di RPM berapa ?

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32
Wah kalo SAK sama Indojaya emang bagus sih cuman harganya lumayan tinggi tuh,
apalagi SAK.
Kalo mau lumayan murah buat performance ke Diman Knalpot aja
apalagi SAK.
Kalo mau lumayan murah buat performance ke Diman Knalpot aja
Std abis
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
- Location: Jakarta
Standard Adi rapih buatannya, karena mereka selain 'tukang knalpot' mereka juga produsen knalpot, ada pabrik di kota Malang, jadi buatannya lebih halus dari yang lain2.deadwood wrote:di kebon jeruk ada di jalan panjang , indojaya ... pak mul "koki"nya , jago jg buat racik2 exhaust system ... 021-5326595
kalo standard adi blm pernah coba saya ...
ada yg dah perna coba disini ? kasi masukan donk
B20B DOHC VTEC
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Mungkin gw ke Indojaya aja kali ya. Soalnya jalan panjang ga begitu jauh. Kalu gunung sahari kejauhan bro..
Atau ada yg lain? Kalu bisa sekalian nomer telpon or alamatnya gitu.
Fyi, gw pake corolla tc'91 1600cc LE. Mesin kyknya sih masih standar. Baru pake beberapa bulan.
Atau ada yg lain? Kalu bisa sekalian nomer telpon or alamatnya gitu.

Wah.. wah... gw ga begitu ngerti tuh. Mungkin yg wide kali ya. Soalnya buat di jakarta yg macet, tp suka juga lewat tol kalu ke tangerang. Belum pernah ampe top speed juga. Paling-paling 120-an. Soalnya tol tangerang sering padet sama truk-truk.Ada Objectives tertentu ? Seperti misalnya :
1. Low End Torque (pada RPM berapa ?)
2. High End Power (Pada RPM berapa ?)
3. Wide Torque and Powerbands
dsb ... dsb ... maka perlu masukan :
a. Engine capacity (displacement)
b. Pembukaan katup buang (BBDC - Before Bottom Dead Center) dalam derajad.
c. Penutupan Katu Buang (ATDC - After Top Dead Center) dalam derajad.
d. Peak Torque mau ada di RPM berapa ?
Fyi, gw pake corolla tc'91 1600cc LE. Mesin kyknya sih masih standar. Baru pake beberapa bulan.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kalau driving travelnya kayak gitu, IMO ... perlu makai konfigurasi Header 4-2-1 plus low end torque ... contohnya dibawah ini :y_anjasrana wrote: Wah.. wah... gw ga begitu ngerti tuh. Mungkin yg wide kali ya. Soalnya buat di jakarta yg macet, tp suka juga lewat tol kalu ke tangerang. Belum pernah ampe top speed juga. Paling-paling 120-an. Soalnya tol tangerang sering padet sama truk-truk.
Fyi, gw pake corolla tc'91 1600cc LE. Mesin kyknya sih masih standar. Baru pake beberapa bulan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
- Location: Jakarta
pak penyu, saya rasa kalo 1.6L kalo pake piping 3inch kebesaran?PenyuTurbo wrote:Kalau driving travelnya kayak gitu, IMO ... perlu makai konfigurasi Header 4-2-1 plus low end torque ... contohnya dibawah ini :y_anjasrana wrote: Wah.. wah... gw ga begitu ngerti tuh. Mungkin yg wide kali ya. Soalnya buat di jakarta yg macet, tp suka juga lewat tol kalu ke tangerang. Belum pernah ampe top speed juga. Paling-paling 120-an. Soalnya tol tangerang sering padet sama truk-truk.
Fyi, gw pake corolla tc'91 1600cc LE. Mesin kyknya sih masih standar. Baru pake beberapa bulan.
B20B DOHC VTEC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Secara umum dengan adanya exhaust restriction, Bung Ferio Betul. Contoh untuk 1.6L diatas itu masih open. Untuk parameter yang diberikan diatas dan konfigurasi 4-2-1, tune length adalah seperti diatas. Sekiranya menggunakan konfigurasi 4-1, maka diameter pipanya hanya 2.20" saja. Jika target Peak Torque dinaikkan ke 4500 ... maka diameter pipa headernya 2.25" untuk konfigurasi 4-1.FERIOB20B wrote:pak penyu, saya rasa kalo 1.6L kalo pake piping 3inch kebesaran?PenyuTurbo wrote:Kalau driving travelnya kayak gitu, IMO ... perlu makai konfigurasi Header 4-2-1 plus low end torque ... contohnya dibawah ini :y_anjasrana wrote: Wah.. wah... gw ga begitu ngerti tuh. Mungkin yg wide kali ya. Soalnya buat di jakarta yg macet, tp suka juga lewat tol kalu ke tangerang. Belum pernah ampe top speed juga. Paling-paling 120-an. Soalnya tol tangerang sering padet sama truk-truk.
Fyi, gw pake corolla tc'91 1600cc LE. Mesin kyknya sih masih standar. Baru pake beberapa bulan.
Jika BBDC dan ATDC yang riil diberikan, dan sekiranya harga sebenarnya BBDC semakin besar, maka diameter pipa header akan juga semakin kecil.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Sun Dec 11, 2005 5:56
- Location: bandung
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Biasanya sih untuk mengadaptasi daily driving yang kayak gitu ... makai konfigurasi header 4-2-1. Ada data VALVING untuk mesin aerio gak ?chapruk wrote:klo mobil saya suzuki aerio 1500cc..masih std bgt..
di pakenya sehari2 doang..kaya di bawa ke bwt skul dan muter2 bandung...tp gw sendiri high speed lover...exhaust nya bgus kya gmn?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
Meet kenal teman-2 dan pakar disini, sy newbie ingin bertanya nich :
Baru dpt nich mobil second nich jazz idsi matic, rencana mau ganti headernya dan kebetulan juga utk muffler dpt hibahan dr saudara HKS powermax.
Sebenarnya yg plg cocok buat jazz idsi matic itu 4-1 atau 4-2-1, bingung krn ada yg blg 4-1 dan ada juga 4-2-1, sy rencana udh mau beli yg benar-2 mandred buatan jpn kyk :
1. Mugen 4-1 (+/-6,5 jt)
2. Spoon 4-1 (+/-5.7 jt)
3 5zigen 4-2-1 (+/- 5.3 jt)
Terus yg sy dengar spoon tsb tdk murni 4-1 msh ada ke 4-2-1nya.
Saya sdh melihat brg-2 tsb diatas dan membandingkannya utk pipa lengkungan 5zigen ukurannya lbh kecil dibandingkan spoon,mnugen, utk sambungan dan kerapiannya sich sama ya.
Sebenar sy tertarik dgn mugen punya cuma ada yg blg buat IDSI Matic lbh baik pakai 4-2-1 drpd 4-1.
skrg jadi bingung menentukan pilihannya klau emang 4-2-1 ya tgl 5zigen tapi kyknya kecil gitu pipa-2nya, kira-2 bagus mana ya , mohon advise dari teman-2 disini, dan sebelumnya sy ucapkan trm ksh.
Baru dpt nich mobil second nich jazz idsi matic, rencana mau ganti headernya dan kebetulan juga utk muffler dpt hibahan dr saudara HKS powermax.
Sebenarnya yg plg cocok buat jazz idsi matic itu 4-1 atau 4-2-1, bingung krn ada yg blg 4-1 dan ada juga 4-2-1, sy rencana udh mau beli yg benar-2 mandred buatan jpn kyk :
1. Mugen 4-1 (+/-6,5 jt)
2. Spoon 4-1 (+/-5.7 jt)
3 5zigen 4-2-1 (+/- 5.3 jt)
Terus yg sy dengar spoon tsb tdk murni 4-1 msh ada ke 4-2-1nya.
Saya sdh melihat brg-2 tsb diatas dan membandingkannya utk pipa lengkungan 5zigen ukurannya lbh kecil dibandingkan spoon,mnugen, utk sambungan dan kerapiannya sich sama ya.
Sebenar sy tertarik dgn mugen punya cuma ada yg blg buat IDSI Matic lbh baik pakai 4-2-1 drpd 4-1.
skrg jadi bingung menentukan pilihannya klau emang 4-2-1 ya tgl 5zigen tapi kyknya kecil gitu pipa-2nya, kira-2 bagus mana ya , mohon advise dari teman-2 disini, dan sebelumnya sy ucapkan trm ksh.