[SM Modification] Exhaust Upgrade

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Sugie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
Location: Look at your rear view mirror

Post by Sugie »

PenyuTurbo wrote:
€lj€p€ wrote: Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
Pencabangan bisa dibuat setelah Catalytic Converter ... atau dari Resonator dibelakang CAT. Umumnya pencabangan yang kayak gini untuk mesin-mesin turbo.

Pencabangan model kedua ... adalah dari MUFFLER BELAKANG ... umumnya ini untuk mesin-mesin NA (Natural Aspirated) ... bisa dilihat pada foto di bawah ini.
Om Penyu, kalo dicabang gitu apa tenaganya ngga berkurang ?
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

r1210g wrote:wah gambarnya ga masuk tuh bro..
Di forum ini ga ada codecnya...
Ngomong2, kalo boleh tau kenapa pengen 2 gitu bro?
Di halaman 9, saya kirim foto yang sudah menggunakan 2 muffler...
Lihat juga Captiva, Hyundai Santa Fe / Tucson, KIA Sportage yang 2.7. Engga tahu rasanya kok, kalau simetris begitu, kesannya jadi gagah. Tapi kalau kira-2 mahal sih ya engga lah.... ini prioritas terakhir kok..... Dan kalau ternyata power nya malah jadi hilang ... ya tidak jadi lah.... tidak terlalu penting.
Last edited by €lj€p€ on Thu Oct 11, 2007 9:49, edited 1 time in total.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Boleh gw jawab?
Tenaga ga kurang...
Kan muffler ga ngaruh.. Yang ngaruh kan dari header ampe tengah kan?..
muffler cuma trima sisanya...
Kecuali kalo ampe dpan ada 2 sistem knalpot.....
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Sugie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
Location: Look at your rear view mirror

Post by Sugie »

I c, I c. Jadi pencabangan efeknya lebih ke penampilan drpd ke performance ?
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Sugie wrote:I c, I c. Jadi pencabangan efeknya lebih ke penampilan drpd ke performance ?
Ialah...tampilan saja. Soal "performance" ??? saya ini termasuk slowdriver kok... dari dulu cuma senang main di lumpur. Rally juga pernah tapi TIME RALLY bukan SPEED RALLY... jadi sampai sekarang, kalau berangkat kerja... selalu subuh-2... supaya tepat waktu mengajarnya...

Kalau hanya twin/dual pipe seperti ini pengaruhnya apa ya ???? di Youtube sih ada suaranya... apakah hanya itu..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Hmm... kalo ujungnya doank.. ga ada suaranya bro..
bener2 cuma keren2an doank.. Banyak koq yang jual2 kayak gitu..
Dulu pernah nanya di tukang knalpot cuma 150 rb kepalanya doank... coba deh tanya STANDARD Motor...
Kalo ga salah ada kepalanya doank...
Kalo ganti muffler baru deh ada suaranya... WEUMMM!! WEUMMMMMM!
Tapi biasa kalo tukang knalpot, dia bisa bikin suara walaupun cuma muffler standard..
Gitu...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Twin Tip Muffler ... cuman pengaruh pada suara yang frekwensinya lebih rendah (lebih nge BASS) ... kayak Bass Reflex ... tentunya diimbangi dengan diameter TIP PIPE nya ... makin besar diameter makin nge BASS.
Image
User avatar
bako
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
Location: depan komputer

Post by bako »

kalo nyabangin jadi 2 performa jadi turun lah bro... kecuali yg atu gag diaktifin ato dua2 nya malah gag diaktifin tp dibuang ke bawah..
Image

AE 86
eternorockstar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 01, 2007 14:30

Post by eternorockstar »

pak penyu,gambar headerku udah akusent ke email pak penyu tempo hari,udah terima gambarnya???

thx b4......
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

eternorockstar wrote:pak penyu,gambar headerku udah akusent ke email pak penyu tempo hari,udah terima gambarnya???

thx b4......
Walah ... lama gak buka email ... ntar tak bukanya ... oh ya itu boil berapa cc ... Estilo 1.6 Liter ?
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Pak Penyu

Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?

Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.

Mohon pencerahannya.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Turboman wrote:Pak Penyu

Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?

Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.

Mohon pencerahannya.
Secara Tabel adalah sebagai berikut :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Turboman wrote:Pak Penyu

Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?

Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.

Mohon pencerahannya.
Secara empiris menggunakan engineering correlation (OPTIMUM PERFORMANCE) :

1. Untuk Mesin Natural Apirated
a. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/40) ... untuk Pipa Single
b. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/80) ... untuk Pipa Double (Dual Pipe)

2. Untuk Mesin Turbocharge
a. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/33) ... untuk pipa single
b. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/66) ... untuk Pipa double (DUAL Pipe)

Sekiranya hasil perhitungan gak ada ukurannya yang didapat untuk standar ukuran pipa ... maka ambil ukuran yang besar dikit (diatasnya) yang ada dalam standar ukuran pipa ... misalnya diperoleh 1.9 inchi ... ya digunakan 2 inchi atau juga misal diperoleh 2.13 inchi ... makai yang 2.25 inchi.

Catatan :

Untuk turbocharge ... ada juga yang menggunakan korelasi Diameter Pipa = Akar (HP/30) untuk single dan = Akar (HP/60) untuk Dual.

Untuk yang NA ada yang menggunakan korelasi :
Diameter Pipa = Akar (HP/37) untuk single pipa
Diameter Pipa = Akar (HP/74) untuk dual pipa
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Turboman wrote:Pak Penyu

Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?

Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.

Mohon pencerahannya.
Sebenarnya 2.5" kebesaran dikit ... yang optimum deket-deket dengan 2.25" ... cuman gak apa-apa.

Untuk requirement yang yang bung Turboman sebutkan diatas ... 2.5" cukup optimum jika dibelakang Catalytic Converter dipasangin Resonator Jenis AeroTurbine Resonator yang pernah gw posting. Hasilnya memang menggiurkan dan udah banyak yang masang dengan Puas Hati.
Image
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Post by Danny »

PenyuTurbo wrote:
Turboman wrote:Pak Penyu

Bagaimana tabel baku diameter exhaust pipe sesudah Down Pipe utk mesin Turbo ?

Kalau utk mesin Turbo Diesel 2500 cc dgn 102 bhp & 260 Nm (Bore X Stroke = 92 X 93,8 mm) yg sudah dipasangi Down Pipe 3" apakah diameter pipa exhaust sebesar 2,5" sesudah Down Pipe hingga ke belakang (exhaust tip) sudah cukup memadai atau berapa diameter pipa yg ideal utk mencapai kinerja yg ideal, baik enak utk Stop & Go maupun high speed serta kons. BBM yg optimal.

Mohon pencerahannya.
Secara empiris menggunakan engineering correlation (OPTIMUM PERFORMANCE) :

1. Untuk Mesin Natural Apirated
a. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/40) ... untuk Pipa Single
b. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/80) ... untuk Pipa Double (Dual Pipe)

2. Untuk Mesin Turbocharge
a. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/33) ... untuk pipa single
b. Diameter Pipa (inchi) = Akar (HP/66) ... untuk Pipa double (DUAL Pipe)

Sekiranya hasil perhitungan gak ada ukurannya yang didapat untuk standar ukuran pipa ... maka ambil ukuran yang besar dikit (diatasnya) yang ada dalam standar ukuran pipa ... misalnya diperoleh 1.9 inchi ... ya digunakan 2 inchi atau juga misal diperoleh 2.13 inchi ... makai yang 2.25 inchi.

Catatan :

Untuk turbocharge ... ada juga yang menggunakan korelasi Diameter Pipa = Akar (HP/30) untuk single dan = Akar (HP/60) untuk Dual.

Untuk yang NA ada yang menggunakan korelasi :
Diameter Pipa = Akar (HP/37) untuk single pipa
Diameter Pipa = Akar (HP/74) untuk dual pipa
pak postingin juga dong tabel untuk mesin 1.3-1.6-2.0-2.2-.2.5 N/A&TC soale kan banyak2 member SM yg boilnya bermain di CC sebesar itu
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

tambahin juga buat mesin 1.0 ato 1.1 juga ya.... matur nuwun :D
wait ajah deh... klo sempet seh.. see :mrgreen:
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Hehehehehe ... wis ono rumuse ... rak iso dietung tho ... ntar dibikin tabel ja dulu ...
Image
eternorockstar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 01, 2007 14:30

Post by eternorockstar »

bener pak penyu,estilo itu 1,6 liter,kl udah pasang header itu pake muffler apa?aku pake downpipe brp inchi???

thx b4
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

eternorockstar wrote:bener pak penyu,estilo itu 1,6 liter,kl udah pasang header itu pake muffler apa?aku pake downpipe brp inchi???

thx b4
Untuk header ... coba buka email-nya.

Bagian belakangnya etar digambar lagi.
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Nanya donk...
Yang udah ke SAKI di GunSar...
Koq tempatnya begitu sih?
Kemarin jalan2 pas lagi sepi, buat survey tempat2 "khusus"
nyari tukang bahan Semikulit, tukang cat mobil (Spies Hecker) ma SAKI..
Nah loh koq tempatnya begitu?
Gmn kalo mau ganti header?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

r1210g wrote:Nanya donk...
Yang udah ke SAKI di GunSar...
Koq tempatnya begitu sih?
Kemarin jalan2 pas lagi sepi, buat survey tempat2 "khusus"
nyari tukang bahan Semikulit, tukang cat mobil (Spies Hecker) ma SAKI..
Nah loh koq tempatnya begitu?
Gmn kalo mau ganti header?
d copot header yg nempel trus pasang header yg baru....... wakakakakakaka...... :lol:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

r1210g wrote:Nanya donk...
Yang udah ke SAKI di GunSar...
Koq tempatnya begitu sih?
Kemarin jalan2 pas lagi sepi, buat survey tempat2 "khusus"
nyari tukang bahan Semikulit, tukang cat mobil (Spies Hecker) ma SAKI..
Nah loh koq tempatnya begitu?
Gmn kalo mau ganti header?
Kalau masuk kedalam .... ada beberapa bay... (tempat ngolong)... disitu memang tidak terlalu heboh seperti bengkel Kenalpot yang di Kebon Jeruk.
SAKI itu usaha utamanya adalah memasok kenalpot ke ATPM-2. Modifikasi hanya sampingan dengan merk KANZAI.
Dulu saya pernah ganti header + muffler mobil Vitara. Terus ngobrol-2 sama Bos yang disitu... eh dikasih gratis tail pipe... sampai mobil dijual.. masih bagus semua tuh... Kalau ada keluhan... / pemeliharaan juga gratis... meskipun sudah bukan garansi tapi masih ada bon. Cuma kasih tip ke tukang las nya.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

€lj€p€ wrote:
r1210g wrote:Nanya donk...
Yang udah ke SAKI di GunSar...
Koq tempatnya begitu sih?
Kemarin jalan2 pas lagi sepi, buat survey tempat2 "khusus"
nyari tukang bahan Semikulit, tukang cat mobil (Spies Hecker) ma SAKI..
Nah loh koq tempatnya begitu?
Gmn kalo mau ganti header?
Kalau masuk kedalam .... ada beberapa bay... (tempat ngolong)... disitu memang tidak terlalu heboh seperti bengkel Kenalpot yang di Kebon Jeruk.
SAKI itu usaha utamanya adalah memasok kenalpot ke ATPM-2. Modifikasi hanya sampingan dengan merk KANZAI.
Dulu saya pernah ganti header + muffler mobil Vitara. Terus ngobrol-2 sama Bos yang disitu... eh dikasih gratis tail pipe... sampai mobil dijual.. masih bagus semua tuh... Kalau ada keluhan... / pemeliharaan juga gratis... meskipun sudah bukan garansi tapi masih ada bon. Cuma kasih tip ke tukang las nya.
Masa sih bung?
Saya liatnya tempatnya kayak ruko gitu... Dan susah kayaknya buat mobil masuk..
Liatnya waktu tutup sih...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

€lj€p€ wrote: Kalau masuk kedalam .... ada beberapa bay... (tempat ngolong)... disitu memang tidak terlalu heboh seperti bengkel Kenalpot yang di Kebon Jeruk.
SAKI itu usaha utamanya adalah memasok kenalpot ke ATPM-2. Modifikasi hanya sampingan dengan merk KANZAI.
Dulu saya pernah ganti header + muffler mobil Vitara. Terus ngobrol-2 sama Bos yang disitu... eh dikasih gratis tail pipe... sampai mobil dijual.. masih bagus semua tuh... Kalau ada keluhan... / pemeliharaan juga gratis... meskipun sudah bukan garansi tapi masih ada bon. Cuma kasih tip ke tukang las nya.
Masa sih bung?
Saya liatnya tempatnya kayak ruko gitu... Dan susah kayaknya buat mobil masuk..
Liatnya waktu tutup sih...
wah, bagus deh ada yg pngalaman...
dulu kena brp bung?
bisa custom ga?
apa udah disdiain, dan kita tinggal trima?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

r1210g wrote: Masa sih bung?
Saya liatnya tempatnya kayak ruko gitu... Dan susah kayaknya buat mobil masuk..
Liatnya waktu tutup sih...
wah, bagus deh ada yg pngalaman...
dulu kena brp bung?
bisa custom ga?
apa udah disdiain, dan kita tinggal trima?
Di SAKI, kelihatannya lebih banyak yang bolt on... mereka sudah rancang sendiri...
Saya tidak tahu banyak soal design.. waktu kenalpot sudah bocor parah, baca iklan... langsung ganti saja. kesana. Kena Rp.1.25 jt.. dari Header, Muffler, + tip pipe chrome gratis. Kalau mau ngerapihin Escudo.. saya punya teman yang juago banget.. dia bidang teknik nya SJI (Suzuki Jip Indonesia) mau kenal ?? nanti saya PM.
Dari Solo ke Oslo
Image