Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

ViPerRed wrote: Mon Feb 28, 2022 15:38
Suryaputra wrote: Mon Feb 28, 2022 6:33
ViPerRed wrote: Mon Feb 28, 2022 6:09

ada yg ngeri lagi mbah, E30.
selang bensin nya melintang diatas dinamo starter, klo bocor dan mobil di starter bakal berakibat disamperin damkar :off_no:
What did the engineers think for that yaa?
ndak paham jg om, mesin bmw m40/43 trus apa lg lupa saya, selang bensinnya emg melintang disitu. tmn saya ada yg rutin ganti ini selang tiap kuras minyak rem.
Ohh lumayan buat nambah income :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by dinatara »

marvelio wrote: Mon Feb 28, 2022 13:02

Karena resepnya adalah
TMO (asli) yg sapujagad 10W-40 yang biasa bikin varnish di banyak mesin 1NZ, drain setiap 6 bulan / 5000 km maks, selama 6 tahun.
Mbah butuh insight, kenapa enjin 1NZ gampang varnish ya? Terutama ketika pake TMO 10w40. Apa memang mesinnya lumayan panas kayak lipindut?
2012 - 1NZFE
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DrivingPotato »

dinatara wrote: Mon Feb 28, 2022 16:41
Mbah butuh insight, kenapa enjin 1NZ gampang varnish ya? Terutama ketika pake TMO 10w40. Apa memang mesinnya lumayan panas kayak lipindut?
Saya pribadi ga tau mbah kenapa banyak banget 1NZ yang varnish. Tapi kebanyakan usernya pasti sempat pake TMO 10W-40 dalam jangka waktu lama.
Nyatanya, oli yg sama dipake di mesin 2ZR saya aman selama 6 tahun asal ga dipaksa 10rb KM / lebih dari 6 bulan ya.

Bisa jadi karena mayoritas user pertamanya terima jadi dari bengkel resmi, oli semisyn TMO tsb dipakenya nurut anjuran sampe 10rb KM/1 tahun, kondisi jalan di sini macet-macetan, sering jd genset pas parkir, ya pasti varnish kalo kandungan deterjennya b aja. Kalo yg saya baca penggunaan spt itu termasuknya penggunaan di kategori severe condition. CMIIW.

Cuma memang yang namanya oli/pelumas punya chemical properties yg beda2 di suhu kerja tertentu, bisa jadi kapasitas pendinginan dari cooling system di mobil saya lebih mumpuni kalo dibandingkan di 1NZ karena engine displacement lebih besar, sehingga olinya lebih tahan juga dipakai tanpa jadi varnish atau bahkan sludge.
Exact suhunya apakah benar lebih panas atau tidak, saya gatau :big_peace:
Penggunaan BBM mungkin jg pengaruh? Saya sendiri ga pernah pake di bawah Pertamax 92.
Makanya saya jg kaget abis liat TMO 10W-40 pada bikin varnish di 1NZ, di tempat saya malah kinclong ternyata.

Di sini kyknya banyak kok mbah user 1NZ yang sempet varnish, barangkali ada yang mau cerita 'resep' varnish ala 1NZ :mky_01:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Chr1stm1 wrote: Mon Feb 28, 2022 13:13
marvelio wrote: Mon Feb 28, 2022 13:02
Omnibus wrote: Mon Feb 28, 2022 12:52 edan bersih n kinclong banget.

pake apa resepnya ini mbah? :big_grin:
Sy sendiri kaget pas pertama buka mbah.

Karena resepnya adalah
TMO (asli) yg sapujagad 10W-40 yang biasa bikin varnish di banyak mesin 1NZ, drain setiap 6 bulan / 5000 km maks, selama 6 tahun.
Saya kira juga bakal varnish, ternyata kinclong di 2ZR. Setelah itu pakai Castrol Magnatec 5W-30 sekali, sekarang baru pake Q8 dan sepertinya selanjutnya bakal Q8/Ams aja terus. Memang sekali nyoba keraton susah berpaling :mky_03:

Q8 nya juga rencana mau didrain bulan April / hanya 6 bulan, jalan baru 2800 km. Indikasi fuel dilution karena sering short trip dan jadi genset. Mgkn selanjutnya pake yang 5W-30 aja.

Kalo ke 5w30 jangan ke Q8, v100nya di 11,xx agak kentel ntar kaget...
Amsoil ss 5w30 v100nya cuma 10 kome kecil....

Kalo 0w20nya manteb lah q8 Formula d1fe atau amsoil ss 0w20...merem milihnya
Walaupun agak kentel tapi belom tentu performa memble sih...
Kalo patokannya hanya v100nya pake fastron eco green 5w30 aja dibawah 11,0 :big_grin:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by yanuarra »

marmut wrote: Mon Feb 28, 2022 15:31
yanuarra wrote: Mon Feb 28, 2022 15:05

:big_biglaugh:



mbah, ada tulisan di page sebelumnya, curing time 24 jem (but?).
emang gasket nggak diganti? apa diganti trus dileletin solikin lagi? apa gasket lama dileletin solikin?

:big_think:

priben mbah, kitaè bingung jè....
Ohhh itu, itu gasket lamanya diganti baru. Cuma kasi solikin di deket timing cover sikit. Konon ktnya ada celah sikit yg kalo ga dikasih solikin bikin rembes. Cuma ya nubi ga merhatiin itu ada celah. Cuma ya kasih aja deh akhirnya sikit2..

Knp 24 jam?
Bawahnya juga ditengok soalnya mbah :ungg:
IMG_20220301_074730.jpg

Selain itu solikinnya kere hore jadi tanaknya kudu lama mbah. :big_bored:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by dinatara »

marvelio wrote: Mon Feb 28, 2022 17:21
Saya pribadi ga tau mbah kenapa banyak banget 1NZ yang varnish. Tapi kebanyakan usernya pasti sempat pake TMO 10W-40 dalam jangka waktu lama.
Nyatanya, oli yg sama dipake di mesin 2ZR saya aman selama 6 tahun asal ga dipaksa 10rb KM / lebih dari 6 bulan ya.

Bisa jadi karena mayoritas user pertamanya terima jadi dari bengkel resmi, oli semisyn TMO tsb dipakenya nurut anjuran sampe 10rb KM/1 tahun, kondisi jalan di sini macet-macetan, sering jd genset pas parkir, ya pasti varnish kalo kandungan deterjennya b aja. Kalo yg saya baca penggunaan spt itu termasuknya penggunaan di kategori severe condition. CMIIW.

Cuma memang yang namanya oli/pelumas punya chemical properties yg beda2 di suhu kerja tertentu, bisa jadi kapasitas pendinginan dari cooling system di mobil saya lebih mumpuni kalo dibandingkan di 1NZ karena engine displacement lebih besar, sehingga olinya lebih tahan juga dipakai tanpa jadi varnish atau bahkan sludge.
Exact suhunya apakah benar lebih panas atau tidak, saya gatau :big_peace:
Penggunaan BBM mungkin jg pengaruh? Saya sendiri ga pernah pake di bawah Pertamax 92.
Makanya saya jg kaget abis liat TMO 10W-40 pada bikin varnish di 1NZ, di tempat saya malah kinclong ternyata.

Di sini kyknya banyak kok mbah user 1NZ yang sempet varnish, barangkali ada yang mau cerita 'resep' varnish ala 1NZ :mky_01:
klo boleh saya simpulkan :
1. Kualitas oli yg disesuaikan dengan jarak tempuh atau waktu pakai
2. Sistem pendinginan n karakter mesin masing - masing
3. Kualitas bbm

Disekitaran 3 hal ini aja berarti ya?
2012 - 1NZFE
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Mon Feb 28, 2022 17:41
Chr1stm1 wrote: Mon Feb 28, 2022 13:13
marvelio wrote: Mon Feb 28, 2022 13:02

Sy sendiri kaget pas pertama buka mbah.

Karena resepnya adalah
TMO (asli) yg sapujagad 10W-40 yang biasa bikin varnish di banyak mesin 1NZ, drain setiap 6 bulan / 5000 km maks, selama 6 tahun.
Saya kira juga bakal varnish, ternyata kinclong di 2ZR. Setelah itu pakai Castrol Magnatec 5W-30 sekali, sekarang baru pake Q8 dan sepertinya selanjutnya bakal Q8/Ams aja terus. Memang sekali nyoba keraton susah berpaling :mky_03:

Q8 nya juga rencana mau didrain bulan April / hanya 6 bulan, jalan baru 2800 km. Indikasi fuel dilution karena sering short trip dan jadi genset. Mgkn selanjutnya pake yang 5W-30 aja.

Kalo ke 5w30 jangan ke Q8, v100nya di 11,xx agak kentel ntar kaget...
Amsoil ss 5w30 v100nya cuma 10 kome kecil....

Kalo 0w20nya manteb lah q8 Formula d1fe atau amsoil ss 0w20...merem milihnya
Walaupun agak kentel tapi belom tentu performa memble sih...
Kalo patokannya hanya v100nya pakefastron eco green 5w30 aja dibawah 11,0 :big_grin:
Ini murah banget mbah.
Bs dpt brp botol amsoil atau q8 :mky_03:

Saya prnh pakai seri gold, 4rb km dah tak buang.
Gak tega denger suara mesin nya pas teriak
Impresinya mirip sm honda gold w20 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by rendr »

dinatara wrote: Mon Feb 28, 2022 16:41
marvelio wrote: Mon Feb 28, 2022 13:02

Karena resepnya adalah
TMO (asli) yg sapujagad 10W-40 yang biasa bikin varnish di banyak mesin 1NZ, drain setiap 6 bulan / 5000 km maks, selama 6 tahun.
Mbah butuh insight, kenapa enjin 1NZ gampang varnish ya? Terutama ketika pake TMO 10w40. Apa memang mesinnya lumayan panas kayak lipindut?
emang oli nya aja jelek... ditambah toyota nulis nya buat 10rb km... mantep ga oli semi syn dihajar 10rb km...
gaspol resing tim
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

dinatara wrote: Tue Mar 01, 2022 1:37
marvelio wrote: Mon Feb 28, 2022 17:21
Saya pribadi ga tau mbah kenapa banyak banget 1NZ yang varnish. Tapi kebanyakan usernya pasti sempat pake TMO 10W-40 dalam jangka waktu lama.
Nyatanya, oli yg sama dipake di mesin 2ZR saya aman selama 6 tahun asal ga dipaksa 10rb KM / lebih dari 6 bulan ya.

Bisa jadi karena mayoritas user pertamanya terima jadi dari bengkel resmi, oli semisyn TMO tsb dipakenya nurut anjuran sampe 10rb KM/1 tahun, kondisi jalan di sini macet-macetan, sering jd genset pas parkir, ya pasti varnish kalo kandungan deterjennya b aja. Kalo yg saya baca penggunaan spt itu termasuknya penggunaan di kategori severe condition. CMIIW.

Cuma memang yang namanya oli/pelumas punya chemical properties yg beda2 di suhu kerja tertentu, bisa jadi kapasitas pendinginan dari cooling system di mobil saya lebih mumpuni kalo dibandingkan di 1NZ karena engine displacement lebih besar, sehingga olinya lebih tahan juga dipakai tanpa jadi varnish atau bahkan sludge.
Exact suhunya apakah benar lebih panas atau tidak, saya gatau :big_peace:
Penggunaan BBM mungkin jg pengaruh? Saya sendiri ga pernah pake di bawah Pertamax 92.
Makanya saya jg kaget abis liat TMO 10W-40 pada bikin varnish di 1NZ, di tempat saya malah kinclong ternyata.

Di sini kyknya banyak kok mbah user 1NZ yang sempet varnish, barangkali ada yang mau cerita 'resep' varnish ala 1NZ :mky_01:
klo boleh saya simpulkan :
1. Kualitas oli yg disesuaikan dengan jarak tempuh atau waktu pakai
2. Sistem pendinginan n karakter mesin masing - masing
3. Kualitas bbm

Disekitaran 3 hal ini aja berarti ya?
Manual / matic gear / matic cvt tambahin jg kak.. :big_blushing:
Terkait rata2 rpm engine ketika jalan
Solidarität für immer
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

yanuarra wrote: Tue Mar 01, 2022 0:51

Ohhh itu, itu gasket lamanya diganti baru. Cuma kasi solikin di deket timing cover sikit. Konon ktnya ada celah sikit yg kalo ga dikasih solikin bikin rembes. Cuma ya nubi ga merhatiin itu ada celah. Cuma ya kasih aja deh akhirnya sikit2..

Knp 24 jam?
Bawahnya juga ditengok soalnya mbah :ungg:

IMG_20220301_074730.jpg


Selain itu solikinnya kere hore jadi tanaknya kudu lama mbah. :big_bored:



:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by maydhi09 »

mau sharing untuk mazda 3.7 manual book 5w20 (US region) gak ada untuk Asia atau Indonesia , selama ini pake 5w30 di tiap km 5rb top up 400ml , pas dibawa ke jateng normal2 aj,
jan 2022 penasaran coba ikutin manual book buntut 20 dan pake 0w20 SHU , dibawa ke jateng rute yg sama, pas tiba cek tank radiator itu coolant naik sampe di atas full mau luber padahal sebelumnya 5w30 gak pernah seperti itu, dan pulangnya juga di amati hal yg sama start posisi coolant normal dan pas sampai jakarta coolant naik lagi diatas full

apakah indikasi ini menandakan 0w20 tidak terlalu cocok , terlalu membebani mesin dan sebaiknya balik lg ke 5w30, fuel cons sih sama aj masuk kriteria sahabat pertamina, jadi gak masuk benefit yg di capai
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by mnugra »

Misi om om semua, mau nanya perihal pemilihan oli buat BMW E46 N42 ane, di buku manual sih mintanya oli spec LL-01 atau ACEA A3/B4.
Selama ini ane pakein Q8 Excel 5w40 yang udah masuk ke spec yang diminta dengan oci biasanya 5000km. Nah pertanyaannya

1. Apa oli yang saya gunakan udah cukup atau ada saran lain
2. Apabila saya ganti ke oli 5w30 yang specnya dexos1 gen 2 atau ilsac dll apakah aman, mengingat hths yang mungkin lebih rendah dari yang disarankan. Harapannya sih cuma rada entengan aja pake 5w30

Ohiya km sekarang ada di 255rb, belum pernah turun dan selama pake Q8 itu ga nguap & ngebul sih, pernah pas ganti seal cover valve keliatan jeroan juga masih bersih.

Thanks
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

maydhi09 wrote: Tue Mar 01, 2022 4:16 mau sharing untuk mazda 3.7 manual book 5w20 (US region) gak ada untuk Asia atau Indonesia , selama ini pake 5w30 di tiap km 5rb top up 400ml , pas dibawa ke jateng normal2 aj,
jan 2022 penasaran coba ikutin manual book buntut 20 dan pake 0w20 SHU , dibawa ke jateng rute yg sama, pas tiba cek tank radiator itu coolant naik sampe di atas full mau luber padahal sebelumnya 5w30 gak pernah seperti itu, dan pulangnya juga di amati hal yg sama start posisi coolant normal dan pas sampai jakarta coolant naik lagi diatas full

apakah indikasi ini menandakan 0w20 tidak terlalu cocok , terlalu membebani mesin dan sebaiknya balik lg ke 5w30, fuel cons sih sama aj masuk kriteria sahabat pertamina, jadi gak masuk benefit yg di capai
oli lama yg 5w30 merk tipe apa om?

sebab selain ganti visco, ganti merk juga merupakan variable yg berubah sehingga tdk bisa dikatakan ceteris paribus, i.e. driver sama, mobil sama, bbm sama, rute sama, coolant sama.

msh ada kemungkinan kl pakai 0w20 merk lain hasilnya bisa beda.

sy sedikit quote dr bitog sbb:
Screenshot_20220301_113033.jpg
artinya dgn 0w20 beneficial dlm hal heat transfer jika memiliki oil cooler utk mentransfer kalor yg dia bawa ke medium lain. apakah 3.7 om ada oil coolernya?

tp kl sy yg awam, membaca keterangan ada 400mL penguapan/5000km ga akan sy turunin visco sih om. mungkin sy akan tetap di 5w30 tp kualitas olinya yg sy upgrade.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 4:20 Misi om om semua, mau nanya perihal pemilihan oli buat BMW E46 N42 ane, di buku manual sih mintanya oli spec LL-01 atau ACEA A3/B4.
Selama ini ane pakein Q8 Excel 5w40 yang udah masuk ke spec yang diminta dengan oci biasanya 5000km. Nah pertanyaannya

1. Apa oli yang saya gunakan udah cukup atau ada saran lain
2. Apabila saya ganti ke oli 5w30 yang specnya dexos1 gen 2 atau ilsac dll apakah aman, mengingat hths yang mungkin lebih rendah dari yang disarankan. Harapannya sih cuma rada entengan aja pake 5w30

Ohiya km sekarang ada di 255rb, belum pernah turun dan selama pake Q8 itu ga nguap & ngebul sih, pernah pas ganti seal cover valve keliatan jeroan juga masih bersih.

Thanks
kl baca dr literatur european car formula cenderung punya hths lbh tinggi dr comparable counterpart oil yg utk mobil non-euro. perbedaan kedua ada di lower SAPS content utk protect dia punya emission system, spy cat conv ga ke block lah intinya.

going lower visco apakah akan seketika merusak, rasanya itu tidak. cuma euro car knp dikasih hths tinggi krn disana biasa extended time on high speed driving. masalahnya dgn visco direndahkan tujuan om kan spy agak enteng, gmn kl nanti malah jd sering bejek sementara hths nya kan jg lbh rendah dr normally required by the engine. belum lagi ambient temp disini jauh lbh panas dibanding di euro sono. nah itu pemikiran sotoy nubi kaya sy om.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 4:20 Misi om om semua, mau nanya perihal pemilihan oli buat BMW E46 N42 ane, di buku manual sih mintanya oli spec LL-01 atau ACEA A3/B4.
Selama ini ane pakein Q8 Excel 5w40 yang udah masuk ke spec yang diminta dengan oci biasanya 5000km. Nah pertanyaannya

1. Apa oli yang saya gunakan udah cukup atau ada saran lain
2. Apabila saya ganti ke oli 5w30 yang specnya dexos1 gen 2 atau ilsac dll apakah aman, mengingat hths yang mungkin lebih rendah dari yang disarankan. Harapannya sih cuma rada entengan aja pake 5w30

Ohiya km sekarang ada di 255rb, belum pernah turun dan selama pake Q8 itu ga nguap & ngebul sih, pernah pas ganti seal cover valve keliatan jeroan juga masih bersih.

Thanks
1. Cukup atau tidak relatif, kalo mau lebih bagus excel 5w40 Long life , ato saya pribadi sih w40 pilih excel 0w40 Long life :big_grin:.
Saat saya coba di Lexus GS350 si 0W40 berasanya lebih enteng.

2. Sebelum pake Q8, oli apa yang nguap dan ngebul? 5w30? Ada customer saya pake Q8 5w30 di N42 sih gak masalah kmnya 200rban juga dan oci 5000km/6 bulan. Kalo untuk BMW daripada d1 g2 mending pake G long life ato VX long life yang ada approval BMW longlife 04.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »


Omnibus wrote: sebab selain ganti visco, ganti merk juga merupakan variable yg berubah sehingga tdk bisa dikatakan ceteris paribus, i.e. driver sama, mobil sama, bbm sama, rute sama, coolant sama.
Mau tanya mbah, kalau misal thermostat kita turunin dikit suhu kerjanya, asumsi dgn visco oli lebih encer/tipis penguapan bisa lebih di minimalisir & pelepasan kalor mesin juga makin lebih baik di absorb oleh oli yg lebih encer, mungkin kah bisa lebih membantu?

Pengalaman ganti thermo 82°C ke 76°C di mesin 2KD, yg ane rasakan cenderung positip baik utk mesin maupun olinya, dimana ane turun visco oli dr W40 ke W30. Mesin cenderung lebih adem terutama saat cruising panjang di jalan tol & oli juga tidak mengalami penguapan yg berarti. Stop & go jg enak di kondisi macet panjang.

Awalnya ane agak takut kalau suhu kerja diturunkan maka mesin bisa lebih boyo, solar jd lebih boros atau ada efek samping lainnya, tapi ternyata berkolerasi positip dgn visco oli yg lebih encer, tenaga enak, tdk ada yg aneh2 sih sejauh ini... ntah kl nanti misal ane pindah lg ke buntut 40 apakah ada efek lainnya, ini yg ane belum tau sih.

Oh yah olinya si ams ss md 5W-30... biasalah olinya si mbah, masih susah berpaling ane dr lendir ini [emoji1]
danielkt
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sun Aug 17, 2014 7:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by danielkt »

mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 4:20 Misi om om semua, mau nanya perihal pemilihan oli buat BMW E46 N42 ane, di buku manual sih mintanya oli spec LL-01 atau ACEA A3/B4.
Selama ini ane pakein Q8 Excel 5w40 yang udah masuk ke spec yang diminta dengan oci biasanya 5000km. Nah pertanyaannya

1. Apa oli yang saya gunakan udah cukup atau ada saran lain
2. Apabila saya ganti ke oli 5w30 yang specnya dexos1 gen 2 atau ilsac dll apakah aman, mengingat hths yang mungkin lebih rendah dari yang disarankan. Harapannya sih cuma rada entengan aja pake 5w30

Ohiya km sekarang ada di 255rb, belum pernah turun dan selama pake Q8 itu ga nguap & ngebul sih, pernah pas ganti seal cover valve keliatan jeroan juga masih bersih.

Thanks
kalau sy akan tetap dng spec LL01 ini, toh sudah 255rb km & no problem. Opsi lain spec ini yg sy tahu fastron gold 5w-40, shu atau castrol edge.
yg suggest ganti ke ll04 malah kurang tepat karena related dengan kualitas bbm yg non europe, sesuai rekomendasi dari bmw nya sendiri.
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by maydhi09 »

Omnibus wrote: Tue Mar 01, 2022 4:34
maydhi09 wrote: Tue Mar 01, 2022 4:16 mau sharing untuk mazda 3.7 manual book 5w20 (US region) gak ada untuk Asia atau Indonesia , selama ini pake 5w30 di tiap km 5rb top up 400ml , pas dibawa ke jateng normal2 aj,
jan 2022 penasaran coba ikutin manual book buntut 20 dan pake 0w20 SHU , dibawa ke jateng rute yg sama, pas tiba cek tank radiator itu coolant naik sampe di atas full mau luber padahal sebelumnya 5w30 gak pernah seperti itu, dan pulangnya juga di amati hal yg sama start posisi coolant normal dan pas sampai jakarta coolant naik lagi diatas full

apakah indikasi ini menandakan 0w20 tidak terlalu cocok , terlalu membebani mesin dan sebaiknya balik lg ke 5w30, fuel cons sih sama aj masuk kriteria sahabat pertamina, jadi gak masuk benefit yg di capai
oli lama yg 5w30 merk tipe apa om?

sebab selain ganti visco, ganti merk juga merupakan variable yg berubah sehingga tdk bisa dikatakan ceteris paribus, i.e. driver sama, mobil sama, bbm sama, rute sama, coolant sama.

msh ada kemungkinan kl pakai 0w20 merk lain hasilnya bisa beda.

sy sedikit quote dr bitog sbb:

Screenshot_20220301_113033.jpg

artinya dgn 0w20 beneficial dlm hal heat transfer jika memiliki oil cooler utk mentransfer kalor yg dia bawa ke medium lain. apakah 3.7 om ada oil coolernya?

tp kl sy yg awam, membaca keterangan ada 400mL penguapan/5000km ga akan sy turunin visco sih om. mungkin sy akan tetap di 5w30 tp kualitas olinya yg sy upgrade.
History 2 OC 6 bulan sekali (max 6rb)
5w30 castrol stop start > 0w30 Ptt evotech > 0w20 SHU

Oil cooler hasil googling ad sih om hehe, asli gak tau sampai googling tadi

Lalu rencana april (lebaran) mau ke jateng lagi, si SHU masih 4 bulan / 3-4rb km umurnya di april, lanjut aj atau better balik ke 5w30

Klo dalam kota aman sih selama ini, coolant aman gak sampai naik ke tangki,jadi concern cuma long trip aj,
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Tue Mar 01, 2022 6:23
Omnibus wrote: sebab selain ganti visco, ganti merk juga merupakan variable yg berubah sehingga tdk bisa dikatakan ceteris paribus, i.e. driver sama, mobil sama, bbm sama, rute sama, coolant sama.
Mau tanya mbah, kalau misal thermostat kita turunin dikit suhu kerjanya, asumsi dgn visco oli lebih encer/tipis penguapan bisa lebih di minimalisir & pelepasan kalor mesin juga makin lebih baik di absorb oleh oli yg lebih encer, mungkin kah bisa lebih membantu?

Pengalaman ganti thermo 82°C ke 76°C di mesin 2KD, yg ane rasakan cenderung positip baik utk mesin maupun olinya, dimana ane turun visco oli dr W40 ke W30. Mesin cenderung lebih adem terutama saat cruising panjang di jalan tol & oli juga tidak mengalami penguapan yg berarti. Stop & go jg enak di kondisi macet panjang.

Awalnya ane agak takut kalau suhu kerja diturunkan maka mesin bisa lebih boyo, solar jd lebih boros atau ada efek samping lainnya, tapi ternyata berkolerasi positip dgn visco oli yg lebih encer, tenaga enak, tdk ada yg aneh2 sih sejauh ini... ntah kl nanti misal ane pindah lg ke buntut 40 apakah ada efek lainnya, ini yg ane belum tau sih.

Oh yah olinya si ams ss md 5W-30... biasalah olinya si mbah, masih susah berpaling ane dr lendir ini [emoji1]
bisa. betul om. krn kan yg menjaga stabilitas suhu mesin adalah coolant dan oil. dan cocok engga nya hrs di trial dlm lingkungan dimana mesin/kendaraan tsb beroperasi. settingan om dgn thermo 76 + 5w30 mungkin tepat katakanlah di area jakarta dgn ambient temp sekian, intake air temp sekian, barometric pressure sekian. tp mungkin setup tsb kl dibawa ke gn tangkuban perahu yg mdpl nya tinggi, thin air density n barometric pressure lbh rendah (even ada turbo), ambient temp lbh dingin, mungkin perlu thermo yg lbh tinggi spy mesin lbh panas n combustion lbh sempurna. makanya kl org resing, pindah sirkuit pasti ada perubahan setting krn semua jg hrs trials.

dan yg sy tau om jg pake ceratec kan, which is sebetulnya menambah visco tuh om. real nya mungkin sdh bukan 5w30 lagi tp lbh kental. tp kl ternyata itu cocok, why not. meskipun si oli nganu sampe bikin video khusus ttg jangan menambah additive apapun di oli mereka yg katanya mrk sdh diramu dgn komposisi yg pas.
barusan kepikir sih, jangan2 sy skrg pakai 5w40 itu sama kentalnya dgn 5w30 + ceratec om, makanya kita pada sama2 puas.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

maydhi09 wrote: Tue Mar 01, 2022 6:44
Omnibus wrote: Tue Mar 01, 2022 4:34
maydhi09 wrote: Tue Mar 01, 2022 4:16 mau sharing untuk mazda 3.7 manual book 5w20 (US region) gak ada untuk Asia atau Indonesia , selama ini pake 5w30 di tiap km 5rb top up 400ml , pas dibawa ke jateng normal2 aj,
jan 2022 penasaran coba ikutin manual book buntut 20 dan pake 0w20 SHU , dibawa ke jateng rute yg sama, pas tiba cek tank radiator itu coolant naik sampe di atas full mau luber padahal sebelumnya 5w30 gak pernah seperti itu, dan pulangnya juga di amati hal yg sama start posisi coolant normal dan pas sampai jakarta coolant naik lagi diatas full

apakah indikasi ini menandakan 0w20 tidak terlalu cocok , terlalu membebani mesin dan sebaiknya balik lg ke 5w30, fuel cons sih sama aj masuk kriteria sahabat pertamina, jadi gak masuk benefit yg di capai
oli lama yg 5w30 merk tipe apa om?

sebab selain ganti visco, ganti merk juga merupakan variable yg berubah sehingga tdk bisa dikatakan ceteris paribus, i.e. driver sama, mobil sama, bbm sama, rute sama, coolant sama.

msh ada kemungkinan kl pakai 0w20 merk lain hasilnya bisa beda.

sy sedikit quote dr bitog sbb:

Screenshot_20220301_113033.jpg

artinya dgn 0w20 beneficial dlm hal heat transfer jika memiliki oil cooler utk mentransfer kalor yg dia bawa ke medium lain. apakah 3.7 om ada oil coolernya?

tp kl sy yg awam, membaca keterangan ada 400mL penguapan/5000km ga akan sy turunin visco sih om. mungkin sy akan tetap di 5w30 tp kualitas olinya yg sy upgrade.
History 2 OC 6 bulan sekali (max 6rb)
5w30 castrol stop start > 0w30 Ptt evotech > 0w20 SHU

Oil cooler hasil googling ad sih om hehe, asli gak tau sampai googling tadi

Lalu rencana april (lebaran) mau ke jateng lagi, si SHU masih 4 bulan / 3-4rb km umurnya di april, lanjut aj atau better balik ke 5w30

Klo dalam kota aman sih selama ini, coolant aman gak sampai naik ke tangki,jadi concern cuma long trip aj,
lanjut atau better balik ke 5w30?

sy suggest om berangkat pakai data. kl punya obd reader tinggal dilihat parameter ECT (engine coolant temp) dan kl ada oil temp nya juga. di banyak mobil, parameter ID oil temp ga ada sih tp di mobil om mungkin ada krn kan lbh advanced. begitu di rute beban maksimal (pas keluar kota bawa beban lewat gunung itu) jika terbaca ect terbang >98°C atau suhu oli >110-115°C berarti tahu something isn't going right.
kl ga punya obd reader mungkin punya thermo gun yg buat ngukur suhu, bisa tembak langsung ke blok mesin atau radiator bagian atas. kl ga punya juga ya pake feeling tangan aja hahaha.

poin kedua yg kritikal adalah olinya menguap ngga. hrs rajin cek tiap 1000km. untungnya om sdh punya base data dgn 5w30 penguapan 400mL/5000km, maka cukup 1-2x mengukur per 1000km bisa di interpolasi ke 5000km spy datanya comparable apple to apple kan. begitu tau ada excessive oil consumption, you know somethin' ain't rite.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Chr1stm1 »

sahabatq8 wrote: Mon Feb 28, 2022 17:41
Chr1stm1 wrote: Mon Feb 28, 2022 13:13
marvelio wrote: Mon Feb 28, 2022 13:02

Sy sendiri kaget pas pertama buka mbah.

Karena resepnya adalah
TMO (asli) yg sapujagad 10W-40 yang biasa bikin varnish di banyak mesin 1NZ, drain setiap 6 bulan / 5000 km maks, selama 6 tahun.
Saya kira juga bakal varnish, ternyata kinclong di 2ZR. Setelah itu pakai Castrol Magnatec 5W-30 sekali, sekarang baru pake Q8 dan sepertinya selanjutnya bakal Q8/Ams aja terus. Memang sekali nyoba keraton susah berpaling :mky_03:

Q8 nya juga rencana mau didrain bulan April / hanya 6 bulan, jalan baru 2800 km. Indikasi fuel dilution karena sering short trip dan jadi genset. Mgkn selanjutnya pake yang 5W-30 aja.

Kalo ke 5w30 jangan ke Q8, v100nya di 11,xx agak kentel ntar kaget...
Amsoil ss 5w30 v100nya cuma 10 kome kecil....

Kalo 0w20nya manteb lah q8 Formula d1fe atau amsoil ss 0w20...merem milihnya
Walaupun agak kentel tapi belom tentu performa memble sih...
Kalo patokannya hanya v100nya pake fastron eco green 5w30 aja dibawah 11,0 :big_grin:
Ga ada yg bilang memble gan...cuma inti pesan saya itu yg q8 5w30nya agak kental, jgn gerah dl yah seller
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

danielkt wrote: Tue Mar 01, 2022 6:32
mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 4:20 Misi om om semua, mau nanya perihal pemilihan oli buat BMW E46 N42 ane, di buku manual sih mintanya oli spec LL-01 atau ACEA A3/B4.
Selama ini ane pakein Q8 Excel 5w40 yang udah masuk ke spec yang diminta dengan oci biasanya 5000km. Nah pertanyaannya

1. Apa oli yang saya gunakan udah cukup atau ada saran lain
2. Apabila saya ganti ke oli 5w30 yang specnya dexos1 gen 2 atau ilsac dll apakah aman, mengingat hths yang mungkin lebih rendah dari yang disarankan. Harapannya sih cuma rada entengan aja pake 5w30

Ohiya km sekarang ada di 255rb, belum pernah turun dan selama pake Q8 itu ga nguap & ngebul sih, pernah pas ganti seal cover valve keliatan jeroan juga masih bersih.

Thanks
kalau sy akan tetap dng spec LL01 ini, toh sudah 255rb km & no problem. Opsi lain spec ini yg sy tahu fastron gold 5w-40, shu atau castrol edge.
yg suggest ganti ke ll04 malah kurang tepat karena related dengan kualitas bbm yg non europe, sesuai rekomendasi dari bmw nya sendiri.
Pengalaman saya sih walaupun LL 04 dipake di Indonesia, performa tetap bagus karena disini kita juga pakenya 10rb/1 tahun, kalo disana pakenya kan bisa 30rb/2 tahun. Jadi walaupun LL04 itu di design untuk improved exhaust gas cleanliness, untuk pemakaian pertamax /pertabo gak ada minusnya juga.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Chr1stm1 wrote: Tue Mar 01, 2022 7:21
sahabatq8 wrote: Mon Feb 28, 2022 17:41
Chr1stm1 wrote: Mon Feb 28, 2022 13:13


Kalo ke 5w30 jangan ke Q8, v100nya di 11,xx agak kentel ntar kaget...
Amsoil ss 5w30 v100nya cuma 10 kome kecil....

Kalo 0w20nya manteb lah q8 Formula d1fe atau amsoil ss 0w20...merem milihnya
Walaupun agak kentel tapi belom tentu performa memble sih...
Kalo patokannya hanya v100nya pake fastron eco green 5w30 aja dibawah 11,0 :big_grin:
Ga ada yg bilang memble gan...cuma inti pesan saya itu yg q8 5w30nya agak kental, jgn gerah dl yah seller
:big_peace:
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by mnugra »

Omnibus wrote: Tue Mar 01, 2022 4:49
mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 4:20 Misi om om semua, mau nanya perihal pemilihan oli buat BMW E46 N42 ane, di buku manual sih mintanya oli spec LL-01 atau ACEA A3/B4.
Selama ini ane pakein Q8 Excel 5w40 yang udah masuk ke spec yang diminta dengan oci biasanya 5000km. Nah pertanyaannya

1. Apa oli yang saya gunakan udah cukup atau ada saran lain
2. Apabila saya ganti ke oli 5w30 yang specnya dexos1 gen 2 atau ilsac dll apakah aman, mengingat hths yang mungkin lebih rendah dari yang disarankan. Harapannya sih cuma rada entengan aja pake 5w30

Ohiya km sekarang ada di 255rb, belum pernah turun dan selama pake Q8 itu ga nguap & ngebul sih, pernah pas ganti seal cover valve keliatan jeroan juga masih bersih.

Thanks
kl baca dr literatur european car formula cenderung punya hths lbh tinggi dr comparable counterpart oil yg utk mobil non-euro. perbedaan kedua ada di lower SAPS content utk protect dia punya emission system, spy cat conv ga ke block lah intinya.

going lower visco apakah akan seketika merusak, rasanya itu tidak. cuma euro car knp dikasih hths tinggi krn disana biasa extended time on high speed driving. masalahnya dgn visco direndahkan tujuan om kan spy agak enteng, gmn kl nanti malah jd sering bejek sementara hths nya kan jg lbh rendah dr normally required by the engine. belum lagi ambient temp disini jauh lbh panas dibanding di euro sono. nah itu pemikiran sotoy nubi kaya sy om.
Nah iyaa om, di negara asalnya juga yang banyak dipake juga rata rata buntut 40, beberapa yang pake buntut 30 switch ke 40 pada bilang lumayan reduce oil consumption, terutama saat high rev. Kebetulan mobil saya jarang di betot sih om + pake buntut 40 makanya mungkin jarang sekali ada penguapan
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by mnugra »

sahabatq8 wrote: Tue Mar 01, 2022 7:23
danielkt wrote: Tue Mar 01, 2022 6:32
mnugra wrote: Tue Mar 01, 2022 4:20 Misi om om semua, mau nanya perihal pemilihan oli buat BMW E46 N42 ane, di buku manual sih mintanya oli spec LL-01 atau ACEA A3/B4.
Selama ini ane pakein Q8 Excel 5w40 yang udah masuk ke spec yang diminta dengan oci biasanya 5000km. Nah pertanyaannya

1. Apa oli yang saya gunakan udah cukup atau ada saran lain
2. Apabila saya ganti ke oli 5w30 yang specnya dexos1 gen 2 atau ilsac dll apakah aman, mengingat hths yang mungkin lebih rendah dari yang disarankan. Harapannya sih cuma rada entengan aja pake 5w30

Ohiya km sekarang ada di 255rb, belum pernah turun dan selama pake Q8 itu ga nguap & ngebul sih, pernah pas ganti seal cover valve keliatan jeroan juga masih bersih.

Thanks
kalau sy akan tetap dng spec LL01 ini, toh sudah 255rb km & no problem. Opsi lain spec ini yg sy tahu fastron gold 5w-40, shu atau castrol edge.
yg suggest ganti ke ll04 malah kurang tepat karena related dengan kualitas bbm yg non europe, sesuai rekomendasi dari bmw nya sendiri.
Pengalaman saya sih walaupun LL 04 dipake di Indonesia, performa tetap bagus karena disini kita juga pakenya 10rb/1 tahun, kalo disana pakenya kan bisa 30rb/2 tahun. Jadi walaupun LL04 itu di design untuk improved exhaust gas cleanliness, untuk pemakaian pertamax /pertabo gak ada minusnya juga.
Oalaah tadinya saya kira LL-04 itu untuk diesel, dan bisa digunakan di mesin bensin dengan sulfur bensin rendah. Jadinya overall LL04 bisa dipake di bensin indo yah om?