dinatara wrote: Mon Feb 28, 2022 16:41
Mbah butuh insight, kenapa enjin 1NZ gampang varnish ya? Terutama ketika pake TMO 10w40. Apa memang mesinnya lumayan panas kayak lipindut?
Saya pribadi ga tau mbah kenapa banyak banget 1NZ yang varnish. Tapi kebanyakan usernya pasti sempat pake TMO 10W-40 dalam jangka waktu lama.
Nyatanya, oli yg sama dipake di mesin 2ZR saya aman selama 6 tahun asal ga dipaksa 10rb KM / lebih dari 6 bulan ya.
Bisa jadi karena mayoritas user pertamanya terima jadi dari bengkel resmi, oli semisyn TMO tsb dipakenya nurut anjuran sampe 10rb KM/1 tahun, kondisi jalan di sini macet-macetan, sering jd genset pas parkir, ya pasti varnish kalo kandungan deterjennya b aja. Kalo yg saya baca penggunaan spt itu termasuknya penggunaan di kategori severe condition. CMIIW.
Cuma memang yang namanya oli/pelumas punya chemical properties yg beda2 di suhu kerja tertentu, bisa jadi kapasitas pendinginan dari cooling system di mobil saya lebih mumpuni kalo dibandingkan di 1NZ karena engine displacement lebih besar, sehingga olinya lebih tahan juga dipakai tanpa jadi varnish atau bahkan sludge.
Exact suhunya apakah benar lebih panas atau tidak, saya gatau
Penggunaan BBM mungkin jg pengaruh? Saya sendiri ga pernah pake di bawah Pertamax 92.
Makanya saya jg kaget abis liat TMO 10W-40 pada bikin varnish di 1NZ, di tempat saya malah kinclong ternyata.
Di sini kyknya banyak kok mbah user 1NZ yang sempet varnish, barangkali ada yang mau cerita 'resep' varnish ala 1NZ
