Ini fenomena yg unik om, orang kl udah pernah pegang kijang bensin-diesel atau panther itu saking kuatnya nyetir mobil lain mati rasa, misal naik ertiga gitu ada bunyi2 interior itu kdg ga dengersintoni wrote: βTue Aug 10, 2021 5:21Kalau orang2 ngmg sih PTT lebih halus kalau PSDK lebih kerasa tenaganya.
Kalau ane sendiri: Ga ada bedanya.
Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Klo turun pasteur.. ke jakarta, cikampek pas sepi, dapat tuh 1:21 biosolar.
Klo pas kebalikannya, itu baru boros tuh, 1:11-12 biosolar.
Paling seru klo naik Cipularang itu, pas barengan ama innova bensin, avanza, rush, ertiga, expander, yg lg ngebut, kita sebelahin khan.. trus dia ngegas kn, tp dia ngga bisa lari lagi .. trus kita asepin pake solar. Tp yaa jadi nambah boros wkwkwk
Klo suara interior, rattle, reborn diesel si minimal yaak.
Kecuali ada beberapa panel yg harus diganjel pake karet, agar ngga bergetar, pas rpm 1300-1600. Murni karena getaran mesin diesel.
Trus dudukan seatbelt penumpang tengah baris kedua yg diatas, ama kursi baris ketiga klo dilipat. Solusi ganjel singletape.
Oya, ama dashboard reborn, agak kaya sedikit flex gitu klo bodi kanan kiri ngga imbang, kaya misal turun trotoar curam.. atau lintasan kereta yg curam.
Klo fortuner, ndak ada flex dashboard ini, setahu fortie yg pernah sy naikin
Jangan lupa menyetel penyangga kap bagasi yg karet itu, klo ngga pas, geter2 ngga jelas
Klo pas kebalikannya, itu baru boros tuh, 1:11-12 biosolar.
Paling seru klo naik Cipularang itu, pas barengan ama innova bensin, avanza, rush, ertiga, expander, yg lg ngebut, kita sebelahin khan.. trus dia ngegas kn, tp dia ngga bisa lari lagi .. trus kita asepin pake solar. Tp yaa jadi nambah boros wkwkwk
Klo suara interior, rattle, reborn diesel si minimal yaak.
Kecuali ada beberapa panel yg harus diganjel pake karet, agar ngga bergetar, pas rpm 1300-1600. Murni karena getaran mesin diesel.
Trus dudukan seatbelt penumpang tengah baris kedua yg diatas, ama kursi baris ketiga klo dilipat. Solusi ganjel singletape.
Oya, ama dashboard reborn, agak kaya sedikit flex gitu klo bodi kanan kiri ngga imbang, kaya misal turun trotoar curam.. atau lintasan kereta yg curam.
Klo fortuner, ndak ada flex dashboard ini, setahu fortie yg pernah sy naikin
Jangan lupa menyetel penyangga kap bagasi yg karet itu, klo ngga pas, geter2 ngga jelas
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
om, ajarin caranya ganjal mengganjal dong.. innova ane 2kd pas rpm 1300-1600 ada bunyi yg geter, rasanya dr intake udara, cm ngga ngerti yg diganjal bagian mananyaMcLaren wrote: βTue Aug 10, 2021 7:01 Klo turun pasteur.. ke jakarta, cikampek pas sepi, dapat tuh 1:21 biosolar.
Klo pas kebalikannya, itu baru boros tuh, 1:11-12 biosolar.
Paling seru klo naik Cipularang itu, pas barengan ama innova bensin, avanza, rush, ertiga, expander, yg lg ngebut, kita sebelahin khan.. trus dia ngegas kn, tp dia ngga bisa lari lagi .. trus kita asepin pake solar. Tp yaa jadi nambah boros wkwkwk
Klo suara interior, rattle, reborn diesel si minimal yaak.
Kecuali ada beberapa panel yg harus diganjel pake karet, agar ngga bergetar, pas rpm 1300-1600. Murni karena getaran mesin diesel.
Trus dudukan seatbelt penumpang tengah baris kedua yg diatas, ama kursi baris ketiga klo dilipat. Solusi ganjel singletape.
Oya, ama dashboard reborn, agak kaya sedikit flex gitu klo bodi kanan kiri ngga imbang, kaya misal turun trotoar curam.. atau lintasan kereta yg curam.
Klo fortuner, ndak ada flex dashboard ini, setahu fortie yg pernah sy naikin
Jangan lupa menyetel penyangga kap bagasi yg karet itu, klo ngga pas, geter2 ngga jelas
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Innova Diesel pilihan yg tepat,gk usah kuatir pakai bio solar mesin 2G bawaannya sdh pakai doubel filter solar.
Yang penting rela bayar lbh mahal 30jt+, entah kenapa beda harga lumayan besar di bandingi innova generasi sebelumnya antara bensin-diesel cuma beda 15jt+
Yang penting rela bayar lbh mahal 30jt+, entah kenapa beda harga lumayan besar di bandingi innova generasi sebelumnya antara bensin-diesel cuma beda 15jt+
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 195
- Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
@TS , ane pake reborn V diesel dan G Bensin , kalau ngomong dari sisi operational cost ,
1. setiap isi BBM, isi biosolar mentok 280rb uda full tank + additive , untu bensin (pertalite) itu seringnya di 350rb untuk full tank yg sama dari sisa 1 kotak.
2. perhitungan consumption Diesel dalkot jakarta selama masa psbb sampe ppkm itu paling jelek di 1:12 , untuk bensin paling bagus 1:8 . kalau ada yang dapet 1:10 di innova bensin sih mungkin kakinya sekolah bgt dan tol ngak macet, saya agak sulit dapat angka segitu
3. dari sisi tenaga gak usah ngomong lah yah.beda mesin tapi bensin enak buat cruising santai2 karena mesin tenang dan minim getaran . mau bawa kencang juga kalau sudah 100km/h ke atas udah mirip2 lah ke 2 itu .
4. dari sisi ganti oli, filter dll , kruang lebih sama tuh 2 mobil biayanya , gak terpaut beda. bensin filter bensinnya lebih murah di banding filter solar walau sama2 after market.
untuk carbon clean, purging , tune up , sama lah biayanya.
overall diesel menang di fuel consumption dan juga tenaga, bensin menang di silent dan minim getaran. untuk fun to drive di antara 2 itu, diesel lebih fun .
resale value udah pasti menang si diesel
1. setiap isi BBM, isi biosolar mentok 280rb uda full tank + additive , untu bensin (pertalite) itu seringnya di 350rb untuk full tank yg sama dari sisa 1 kotak.
2. perhitungan consumption Diesel dalkot jakarta selama masa psbb sampe ppkm itu paling jelek di 1:12 , untuk bensin paling bagus 1:8 . kalau ada yang dapet 1:10 di innova bensin sih mungkin kakinya sekolah bgt dan tol ngak macet, saya agak sulit dapat angka segitu
3. dari sisi tenaga gak usah ngomong lah yah.beda mesin tapi bensin enak buat cruising santai2 karena mesin tenang dan minim getaran . mau bawa kencang juga kalau sudah 100km/h ke atas udah mirip2 lah ke 2 itu .
4. dari sisi ganti oli, filter dll , kruang lebih sama tuh 2 mobil biayanya , gak terpaut beda. bensin filter bensinnya lebih murah di banding filter solar walau sama2 after market.
untuk carbon clean, purging , tune up , sama lah biayanya.
overall diesel menang di fuel consumption dan juga tenaga, bensin menang di silent dan minim getaran. untuk fun to drive di antara 2 itu, diesel lebih fun .
resale value udah pasti menang si diesel
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 97
- Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Ford fiesta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Iniii... innniiiiii.... racun beneran. Bikin jadi galauhimaatoo wrote: βMon Aug 09, 2021 11:58 Mau ikut ngeracunin TS ah
Ini fuel cons dari Tangerang ke Mangunan, Yogyakarta.
Aslinya 1:20 tapi di akhir dekat tempat tujuan sering jadi genset akhirnya turun deh ke angka 19,3.
Kondisi pakai bio solar plus PSDK 100 ml tiap isi full tank.
Feel the sensation, vote for diesel om
Kecepatan rata-rata dipantengin di berapa itu Om?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Nah.. ini juga Om... PTT PSDK itu apa ya Om... saya roaming kalau di SM sdh ngobrol yg begini2....
Apakah kalau pakai biosol wajib ditambahkan yang begini2?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Tepat.... ini yang membuat saya galau. Sebelum saya SPK, saya yakin innova itu hanya diesel, bensin itu hanya menghabiskan stok mesin innova GNKI saja. Tetapi makin kesini kok, saya malah ragu-ragu lagi dengan keyakinan saya....farizfsa wrote: βTue Aug 10, 2021 1:32 diesel enak di irit dan torsi aja kl buat saya. mau disel eropa inline 4 mau v6 kek di audi saya ttp nama nya getaran dan suara disel ga bohong. Mau dibilang halus jg ttp kedengeran.
jgn ngarep diatas 1:20 juga kayanya terlalu optimis. saya pake jakarta jogja pake 520 disel aja cuma 1:17 itu juga pake pertadex kan. (Rp. 600/km).
jatohnya iritan pake camry saya 1:14 isi pertalite. (Rp. 546/km) dan bs lebih kalo nyetirnya lebih santai. suara dan getaran minim ga kaya disel. kalo lagi di netral posisi nyala, mesin kaya ga nyala halus sekali.
kalo mau pake solbus innova nya sih ya gpp kali ya. hilux 2kd saya sih pakein solbus tp mesinnya ya kasar.. 250rb tp tengki penuh wkwk.
kalo takut jantungan sekali isi pertadex full 700ribu ya yg bensin aja isi pertalite 400rban penuh.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Oh... memang double filter ya? siap Om, terimakasih infonya. Seharusnya biosol terus2an aman ya...bangrosi wrote: βTue Aug 10, 2021 8:54 Innova Diesel pilihan yg tepat,gk usah kuatir pakai bio solar mesin 2G bawaannya sdh pakai doubel filter solar.
Yang penting rela bayar lbh mahal 30jt+, entah kenapa beda harga lumayan besar di bandingi innova generasi sebelumnya antara bensin-diesel cuma beda 15jt+
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Innova itu mobil gede, perlu torsi gede biar nyaman di tanjakan.
Kalau mobil gede sekeluarga tujuannya mobil bisa diajak ke pegunungan bersama keluarga.
Selain keluarga merasa nyaman, yang setir juga harus merasa nyaman di tanjakan.
Maunya ke pegunungan santai menikmati pemandangan, mesin diesel lepas rem langsung gas di tanjakan santai saja.
Itulah gunanya diesel mobil besar untuk keluarga.
di Tol pun RPM 2rb kecepatan sampai 125KM per jam
RPM 2500 sudah 150 KM per jam
Jadinya mesin tidak meraung raung.
Cukup lah mobil keluarga RPM 2500, mesin santai. Kecepatan bisa 150 KM per jam
Kalau mobil gede sekeluarga tujuannya mobil bisa diajak ke pegunungan bersama keluarga.
Selain keluarga merasa nyaman, yang setir juga harus merasa nyaman di tanjakan.
Maunya ke pegunungan santai menikmati pemandangan, mesin diesel lepas rem langsung gas di tanjakan santai saja.
Itulah gunanya diesel mobil besar untuk keluarga.
di Tol pun RPM 2rb kecepatan sampai 125KM per jam
RPM 2500 sudah 150 KM per jam
Jadinya mesin tidak meraung raung.
Cukup lah mobil keluarga RPM 2500, mesin santai. Kecepatan bisa 150 KM per jam
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
bensin enak koq, senyap dan ga bau tiba tiba speedo mentok. tapi ya tarikannya lemes
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11581
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
mesin diesel dr jaman dulu selalu perlu maintenance lebih (dr sisi frekuensi dan biaya) drpd mesin bensin. dulu biaya maintenance ter offset dgn biaya bbm yg selain lbh murah jg lbh irit. skrg msh bisa spt itu asal mau pake biosol. kl pake pertadex, jangan harap murah total cost of ownership nya.
sptnya sdh cukup komplit ulasan pros n cons dr postingan2 di atas, tinggal Om TS aja pilah pilih mana yg menjadi prioritasnya. tp jangan sampai udah pilih dan menyesal krn sebetulnya ga ada yg perlu disesali, tiap jenis mesin punya pros n cons nya masing2. tdk ada yg superior tanpa drawbacks.
sy sendiri pernah pake ipah gen 1 bensin non catconv yg pertama bgt yg terkenal ga ada bagus2nya. jelek semua, ga ada tarikan, boros, dsb. skrg nyobain punya anf diesel. dr kacamata teknikal 2gd vs 1tr jelas yg 2gd lbh ribet n lbh mahal maintenance nya. tp kl disuruh pilih kedepannya apakah mau 2gd atau 1tr, sy pilih 2gd anytime. kenapa? bawanya ga capek hati krn powernya enteng. 1tr capek bawanya.
dan sy ingat story ttg truk buaya yg udah uzur tp sampe skrg ttp kuat ngangkut batu kapur di padalarang. yes, diesel toyota ada dna kuat dr buyutnya.
story truk buaya padalarang klik dimari
sptnya sdh cukup komplit ulasan pros n cons dr postingan2 di atas, tinggal Om TS aja pilah pilih mana yg menjadi prioritasnya. tp jangan sampai udah pilih dan menyesal krn sebetulnya ga ada yg perlu disesali, tiap jenis mesin punya pros n cons nya masing2. tdk ada yg superior tanpa drawbacks.
sy sendiri pernah pake ipah gen 1 bensin non catconv yg pertama bgt yg terkenal ga ada bagus2nya. jelek semua, ga ada tarikan, boros, dsb. skrg nyobain punya anf diesel. dr kacamata teknikal 2gd vs 1tr jelas yg 2gd lbh ribet n lbh mahal maintenance nya. tp kl disuruh pilih kedepannya apakah mau 2gd atau 1tr, sy pilih 2gd anytime. kenapa? bawanya ga capek hati krn powernya enteng. 1tr capek bawanya.
dan sy ingat story ttg truk buaya yg udah uzur tp sampe skrg ttp kuat ngangkut batu kapur di padalarang. yes, diesel toyota ada dna kuat dr buyutnya.
story truk buaya padalarang klik dimari
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
quote=himaatoo post_id=1183331 time=1628591647 user_id=57137]
Btw penasaran nih om TS jadinya minum pertalite atau biosol
[/quote]
Nah, pertanyaan pamungkas. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih ke Om-om, teman-teman dan sesepuh SM semua, mau meluangkan waktunya utk memberi info dan pendapat. Pada akhirnya saya besok harus memutuskan, tetapi sepertinya saya harus coba yang bensin kalau bisa. Karena mesin 1TR yang baru, dan innova bensin sebagai whole package vehicle, belum pernah saya coba.
Mungkin saya ceritakan sedikit latar belakangnya untuk mempertajam masalah yang menjadi awal kegalauan saya.
Jadi sebelum saya SPK, saya yakin dan cenderung fanatik malah, kalau nanti beli innova ya harus yg diesel. Karena irit, durable, dan lebih powerful dibanding bensinnya, dan saya kagum luar biasa dengan mesin2 seperti 2GD ini. Halus, powerful, irit pula. Tetapi dari SM ini juga, saya baca thread yang menanyakan konsumsi BBM reborn bensin, saya kaget juga. Ternyata 1TR-FE yg sekarang sudah improvement cukup banyak, utk ukuran saya ya.. Kalau diesel memang totally different, jadi bukan improvement. Tetapi justru itu kan menariknya? New Generation New Engine. Akhirnya saya penasaran juga, pinjam unit 2.4 G Matic, dicoba seharian bareng istri jalan2 dari Bdg ke Jkt PP. Dan catatannya:
1. Diesel pakai biosol, saya yang pakai memang irit, tetapi tidak wah sekali. PP Bdg-Jkt dapat di 1 : 13 (termasuk muter2 di jakarta, kondisi sebelum PPKM). Betul, dari bdg ke jkt jelas irit, tembus 1 : 22, tetapi saya perkirakan balik ke bdg paling2 cuma 1 : 14-15. Mungkin di Jkt 1 : 10-11
2. Tenaganya kalau sdh lewat 120 km/jam, kayak ngempos.
Note: utk 1 dan 2, bisa jadi unit yang saya pinjam kurang bagus ya. Jadi saya minta pendapat teman2 semua, dan menunjukkan pengalaman yang berbeda.
3. Nose dive nya terasa sekali. Saya kurang tahu apakah yg bensin juga, atau hanya yg diesel. Barangkali Om-om semua dan teman-teman bisa ada yg sharing utk innova bensin.
4. Limbung, Sepertinya yang bensin sama ya? Nasib...
5. Ini dari baca-baca. Infonya yg bensin handlingnya lebih baik karena faktor lebih ringan dan lebih balance. Apakah benar? Saya punya pengalaman pribadi dgn GNKI tapi, bawa yg 2.5G matic. Betul torsi instant sekali, lebih enak dari bensin kalau di tol. Tetapi begitu masuk rute dayeuh kolot-pangalengan dgn jalan berkelok-kelok, terasa sekali lebih sulit mengendalikannya. Apakah innova diesel reborn ini seperti itu juga? atau kah toyota memberi perbedaan "tersembunyi" di sektor kaki-kaki, rem, handling, yg membedakan bensin dgn diesel nya? Kemarin saya rute nya tol, jd nggak ada pengalaman rute2 spt itu.
6. Saya tumbuh dan menyukai otomotif di jaman taft GT is the best diesel, dan Chevy trooper adalah fortuner di jamannya. Jadi saya benar-benar buta soal diesel modern. Bagaimana perawatannya, apa saja do's and dont's nya, bahkan jujur saya roaming apa itu PTT, PSDK, BRQ, dan racun2 lainnya...
7. Resale value : perbedaan paling signifikan, menjadi keunggulan telak diesel matic. No debat.
Pertimbangan lagi, adalah mindset saya tentang kijang : bahwa kijang itu mobil untuk disiksa, tidak manja. Ini bukan masalah pertalite vs pertamax, atau biosol vs pertadex. Saya yakin tidak masalah untuk itu. Sebagai gambaran, LMPV saya sekarang dikasih pertamax dan LSUV dalkot pertalite lukot pertamax.
Tetapi kalau saya nanti akhirnya ambil ipah bensin, pasti saya kasih pertalite, 90% waktunya lah. Bukan karena mobilnya bisa pertalite atau saya tidak mampu beli pertamax (tapi kalau borosnya segitu lumayan kerasa juga sih ), tetapi karena memang "habitatnya" mesin 1TR. Dan ini nilai plus tentunya, karena kijang itu (menurut saya) ya harusnya seperti ini. Tidak manja. Mau berapapun nanti harganya.
2GD dalam pemahaman saya bisa biosol, tetapi saya baca2 konon habitatnya pertadex. Dari pendapat teman-teman disini, saya berkesimpulan bisa biosol tetapi dgn catatan.
Last but not least, akhirnya saya bertanya dengan menambah 32 juta lebih, saya dapat apa? Jika saya mengambil 32 juta lebih murah, apa yang akan saya lewatkan? Mudah2an malam ini ada wangsit utk besok. Skor sementara:
Sebelum SPK : 100% diesel - 0% bensin
Baca-baca di SM dan coba diesel : 30% diesel - 70% bensin (lanjut di SPK)
Baca-baca thread ini : 40% diesel - 60% bensin (thanx to Om Himatoo, sdh bikin saya ngiler lagi lihat MID nya...)
Barangkali Om-om dan teman-teman masih ada yang mau menambahkan, untuk menambahkan kegalauan saya. Tim bensin dan Tim diesel dipersilakan, mumpung saya masih galau hingga besok pagi
mungkin sudah ada pengalaman yg pernah pakai ipah diesel dr tahun 2017 atau 2018 dengan full biosol tanpa additive, bisa disharing apakah ada keluh kesah, bagaimana kondisinya sejauh ini. Atau yg beli bensin sehingga miss something in the car, barangkali....
Wkwkwkwk siap om, next coba PTT deh biar tau bisa ngerasain bedanya apa nggak
Btw penasaran nih om TS jadinya minum pertalite atau biosol
[/quote]
Nah, pertanyaan pamungkas. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih ke Om-om, teman-teman dan sesepuh SM semua, mau meluangkan waktunya utk memberi info dan pendapat. Pada akhirnya saya besok harus memutuskan, tetapi sepertinya saya harus coba yang bensin kalau bisa. Karena mesin 1TR yang baru, dan innova bensin sebagai whole package vehicle, belum pernah saya coba.
Mungkin saya ceritakan sedikit latar belakangnya untuk mempertajam masalah yang menjadi awal kegalauan saya.
Jadi sebelum saya SPK, saya yakin dan cenderung fanatik malah, kalau nanti beli innova ya harus yg diesel. Karena irit, durable, dan lebih powerful dibanding bensinnya, dan saya kagum luar biasa dengan mesin2 seperti 2GD ini. Halus, powerful, irit pula. Tetapi dari SM ini juga, saya baca thread yang menanyakan konsumsi BBM reborn bensin, saya kaget juga. Ternyata 1TR-FE yg sekarang sudah improvement cukup banyak, utk ukuran saya ya.. Kalau diesel memang totally different, jadi bukan improvement. Tetapi justru itu kan menariknya? New Generation New Engine. Akhirnya saya penasaran juga, pinjam unit 2.4 G Matic, dicoba seharian bareng istri jalan2 dari Bdg ke Jkt PP. Dan catatannya:
1. Diesel pakai biosol, saya yang pakai memang irit, tetapi tidak wah sekali. PP Bdg-Jkt dapat di 1 : 13 (termasuk muter2 di jakarta, kondisi sebelum PPKM). Betul, dari bdg ke jkt jelas irit, tembus 1 : 22, tetapi saya perkirakan balik ke bdg paling2 cuma 1 : 14-15. Mungkin di Jkt 1 : 10-11
2. Tenaganya kalau sdh lewat 120 km/jam, kayak ngempos.
Note: utk 1 dan 2, bisa jadi unit yang saya pinjam kurang bagus ya. Jadi saya minta pendapat teman2 semua, dan menunjukkan pengalaman yang berbeda.
3. Nose dive nya terasa sekali. Saya kurang tahu apakah yg bensin juga, atau hanya yg diesel. Barangkali Om-om semua dan teman-teman bisa ada yg sharing utk innova bensin.
4. Limbung, Sepertinya yang bensin sama ya? Nasib...
5. Ini dari baca-baca. Infonya yg bensin handlingnya lebih baik karena faktor lebih ringan dan lebih balance. Apakah benar? Saya punya pengalaman pribadi dgn GNKI tapi, bawa yg 2.5G matic. Betul torsi instant sekali, lebih enak dari bensin kalau di tol. Tetapi begitu masuk rute dayeuh kolot-pangalengan dgn jalan berkelok-kelok, terasa sekali lebih sulit mengendalikannya. Apakah innova diesel reborn ini seperti itu juga? atau kah toyota memberi perbedaan "tersembunyi" di sektor kaki-kaki, rem, handling, yg membedakan bensin dgn diesel nya? Kemarin saya rute nya tol, jd nggak ada pengalaman rute2 spt itu.
6. Saya tumbuh dan menyukai otomotif di jaman taft GT is the best diesel, dan Chevy trooper adalah fortuner di jamannya. Jadi saya benar-benar buta soal diesel modern. Bagaimana perawatannya, apa saja do's and dont's nya, bahkan jujur saya roaming apa itu PTT, PSDK, BRQ, dan racun2 lainnya...
7. Resale value : perbedaan paling signifikan, menjadi keunggulan telak diesel matic. No debat.
Pertimbangan lagi, adalah mindset saya tentang kijang : bahwa kijang itu mobil untuk disiksa, tidak manja. Ini bukan masalah pertalite vs pertamax, atau biosol vs pertadex. Saya yakin tidak masalah untuk itu. Sebagai gambaran, LMPV saya sekarang dikasih pertamax dan LSUV dalkot pertalite lukot pertamax.
Tetapi kalau saya nanti akhirnya ambil ipah bensin, pasti saya kasih pertalite, 90% waktunya lah. Bukan karena mobilnya bisa pertalite atau saya tidak mampu beli pertamax (tapi kalau borosnya segitu lumayan kerasa juga sih ), tetapi karena memang "habitatnya" mesin 1TR. Dan ini nilai plus tentunya, karena kijang itu (menurut saya) ya harusnya seperti ini. Tidak manja. Mau berapapun nanti harganya.
2GD dalam pemahaman saya bisa biosol, tetapi saya baca2 konon habitatnya pertadex. Dari pendapat teman-teman disini, saya berkesimpulan bisa biosol tetapi dgn catatan.
Last but not least, akhirnya saya bertanya dengan menambah 32 juta lebih, saya dapat apa? Jika saya mengambil 32 juta lebih murah, apa yang akan saya lewatkan? Mudah2an malam ini ada wangsit utk besok. Skor sementara:
Sebelum SPK : 100% diesel - 0% bensin
Baca-baca di SM dan coba diesel : 30% diesel - 70% bensin (lanjut di SPK)
Baca-baca thread ini : 40% diesel - 60% bensin (thanx to Om Himatoo, sdh bikin saya ngiler lagi lihat MID nya...)
Barangkali Om-om dan teman-teman masih ada yang mau menambahkan, untuk menambahkan kegalauan saya. Tim bensin dan Tim diesel dipersilakan, mumpung saya masih galau hingga besok pagi
mungkin sudah ada pengalaman yg pernah pakai ipah diesel dr tahun 2017 atau 2018 dengan full biosol tanpa additive, bisa disharing apakah ada keluh kesah, bagaimana kondisinya sejauh ini. Atau yg beli bensin sehingga miss something in the car, barangkali....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
setau saya . om f272 pakai fortuner 2gd 2016 ya.. sampai dilepas ga pernah pake adiktif dan full biosolar. perawatan ikutin buku aja di bengkel resmi. ganti filter kalau uda nyala aja.
klo ambil 2gd om ga usa pusing2 om
isi solar aja. kalau adiktif sifatnya kalau ada bagus, ga ada ya gpp
tim innova ga pernah salah
klo saya saran om ambil diesel. om pakai dulu, ga cocok jual dalam setahun yakin masi tinggi harganya. cek aja 2gd 2020 skrg berapa.. bisa harga cash 330-350 loh om (mertua ambil baru g at diesel nett setelah diskon tahun 2020 dapat di 350)
lain cerita kalau skrg om ambil bensin, lalu ga cocok kemudian setahun jual.. bisa dicek dulu di marketplace harganya turun berapa
klo ambil 2gd om ga usa pusing2 om
isi solar aja. kalau adiktif sifatnya kalau ada bagus, ga ada ya gpp
tim innova ga pernah salah
klo saya saran om ambil diesel. om pakai dulu, ga cocok jual dalam setahun yakin masi tinggi harganya. cek aja 2gd 2020 skrg berapa.. bisa harga cash 330-350 loh om (mertua ambil baru g at diesel nett setelah diskon tahun 2020 dapat di 350)
lain cerita kalau skrg om ambil bensin, lalu ga cocok kemudian setahun jual.. bisa dicek dulu di marketplace harganya turun berapa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Kalau ada duit lebih n mikirin RV.
Merem ambil diesel.
Reborn bensin ga terlalu horor
Reborn diesel jg ga terlalu superior
Reborn bensin seken tahun muda
Pilihan mantap kalau mobil sekedar dr titik A ke B dan awam mobil
Merem ambil diesel.
Reborn bensin ga terlalu horor
Reborn diesel jg ga terlalu superior
Reborn bensin seken tahun muda
Pilihan mantap kalau mobil sekedar dr titik A ke B dan awam mobil
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Aug 10, 2021 20:54
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: AN40 2012
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Ipah diesel atau bensin? Wah dimana mana selalu ada topik ini ya RV, Power, FC, diesel sudah mutlak lebih baik dibanding varian bensin, tetapi bensin juga unggul di pajak, perawatan dan kenyamanan di dalam kabin. Sebagai masukan jika mobil ini akan di jadikan mobil tempur dan dalam 5 tahun kedepan ada niatan menjual baiknya ambil diesel. FYI saya pengguna GNKI bensin AT dari 2013 velg R17 dalkot dapat 1.9 lukot kecepatan rata rata 120 masih dapat 1:11. Dengan pertimbangan pajak, perawatan yang lebih minim, jarak tempuh 1 tahun hanya 5000 KM jadi saya tidak mempermasalahkan BBM
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Jadi kabita ambil Innova.
Om ini msh PPNBM 100?
Brp yg v diesel dan v bensin harga ?
Om ini msh PPNBM 100?
Brp yg v diesel dan v bensin harga ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Sedikit sharing pengalaman merawat 2gd selama 3 thn (40 rb km)
1. Minum always biosol, pernah nyoba beberapa kali dex tp konsumsi bbm dan tenaga ga berubah signifikan, akhirnya stay di biosol. Ganti filter solar sekali di km 16rb an saat indikator nyala.
2. Nose dive berlebihan saat baru, banyak obatnya mulai ganti shock yg lbh firm atau per atau keduanya. Kalau saya cukup potong per depan belakang.
3. Rem geter2 di km belasan ribu, klaim beres cuma dibubut. Solusi ganti rotor depan after market (bendix).
4. Aki ko di ultahnya yg ketiga.
5. Awalnya dulu pingin remap, karena dulu untuk 2gd produksi 2018 blm ada yg bisa, akhirnya bikin piggyback sendiri (not recommended untuk yg awam). Saya mod sensor common rail pressure untuk meningkatkan fuel pressurenya dan mod maf sensor untuk membaca udara yg masuk lbh banyak sehingga bbm lbh rich. Tenaga dan torsi meningkat lumayan berdasarkan butt o meter sy.
Jadi total part yg ganti cuma ada 3 selama 3thn pemakaian.
I love DIY, so biaya bengkel 0 rupiah selama 3 thn (kecuali thn pertama saat maintenance rutin di beres, kena bujukan sa untuk tambah item perawatan yg hrs bayar ternyata).
1. Minum always biosol, pernah nyoba beberapa kali dex tp konsumsi bbm dan tenaga ga berubah signifikan, akhirnya stay di biosol. Ganti filter solar sekali di km 16rb an saat indikator nyala.
2. Nose dive berlebihan saat baru, banyak obatnya mulai ganti shock yg lbh firm atau per atau keduanya. Kalau saya cukup potong per depan belakang.
3. Rem geter2 di km belasan ribu, klaim beres cuma dibubut. Solusi ganti rotor depan after market (bendix).
4. Aki ko di ultahnya yg ketiga.
5. Awalnya dulu pingin remap, karena dulu untuk 2gd produksi 2018 blm ada yg bisa, akhirnya bikin piggyback sendiri (not recommended untuk yg awam). Saya mod sensor common rail pressure untuk meningkatkan fuel pressurenya dan mod maf sensor untuk membaca udara yg masuk lbh banyak sehingga bbm lbh rich. Tenaga dan torsi meningkat lumayan berdasarkan butt o meter sy.
Jadi total part yg ganti cuma ada 3 selama 3thn pemakaian.
I love DIY, so biaya bengkel 0 rupiah selama 3 thn (kecuali thn pertama saat maintenance rutin di beres, kena bujukan sa untuk tambah item perawatan yg hrs bayar ternyata).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
pilih aja yang menurut om paling sreg...
om yakin ..gak akan salah om..
yang penting om hepi...
om yakin ..gak akan salah om..
yang penting om hepi...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 97
- Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Ford fiesta
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
PTT sama PSDK itu merk aditif diesel aja om, tujuannya buat compensate kekurangan cetane numbernya si biosol dan sekalian juga buat treatment untuk injector.
Di empat bulanan terakhir sebelum dilepas full biosol tanpa aditif.
Yang ane rasain sih bedanya tarikan jadi agak sedikit lebih berat, tapi cuma sedikit ya om ga banyak
Ini ada kondisi filter solar setelah 10rb km ketika saya pakai biosol dan PSDK Seharusnya masih bisa lanjut dipakai dan belum perlu diganti.
Jadi kalo mau sedikit save money mending ikut saran suhu-suhu di atas, ganti filter solar kalau indikatornya nyala aja.
Kalau masalah limbung antara bensin diesel saya gak paham om.
Ane pengalaman ganti ban dari ecopia ke primacy 4 berasa banget bedanya di nose dive dan ketika cornering.
Mungkin bisa jasi solusi buat mengurangi limbungnya tanpa harus modif shock dkk.
Tapi ini diesel ya, ga tau kalau bensin
Semoga hari ini lancar SPKnya ya om
Ane sendiri pake 2GD satu tahun pertama full biosol plus PSDK.Di empat bulanan terakhir sebelum dilepas full biosol tanpa aditif.
Yang ane rasain sih bedanya tarikan jadi agak sedikit lebih berat, tapi cuma sedikit ya om ga banyak
Ini ada kondisi filter solar setelah 10rb km ketika saya pakai biosol dan PSDK Seharusnya masih bisa lanjut dipakai dan belum perlu diganti.
Jadi kalo mau sedikit save money mending ikut saran suhu-suhu di atas, ganti filter solar kalau indikatornya nyala aja.
Kalau masalah limbung antara bensin diesel saya gak paham om.
Ane pengalaman ganti ban dari ecopia ke primacy 4 berasa banget bedanya di nose dive dan ketika cornering.
Mungkin bisa jasi solusi buat mengurangi limbungnya tanpa harus modif shock dkk.
Tapi ini diesel ya, ga tau kalau bensin
Semoga hari ini lancar SPKnya ya om
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Filter solar mah ga osa beli asli...
Beli merk aftermarket pasang sendiri...
Dari harga 40rb ++.
Beli merk aftermarket pasang sendiri...
Dari harga 40rb ++.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1148
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Udah ga salah,beli yg diesel aja
Isi bio solar dari keluar dealer ampe sekarang uda 150rb km masih awet tuh injector belom jebol
Padahal ga pake doping vitamin racun dll
Yang penting beli filter solar asli di bengkel resmi
Ganti nya tunggu indikator filter di dashboard nyala
Beli toyota mah buat disiksa bukan dimanjain
Isi bio solar dari keluar dealer ampe sekarang uda 150rb km masih awet tuh injector belom jebol
Padahal ga pake doping vitamin racun dll
Yang penting beli filter solar asli di bengkel resmi
Ganti nya tunggu indikator filter di dashboard nyala
Beli toyota mah buat disiksa bukan dimanjain
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Mar 07, 2021 6:30
- Location: Tangsel
- Daily Vehicle: 2GD Innova
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
Diesel all the way.. 2GD nyaman dan irit.
Ambil G matic juga udh cukup kok
Ambil G matic juga udh cukup kok
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel
betul klo mau manjain..Zaxis wrote: βWed Aug 11, 2021 0:07 Udah ga salah,beli yg diesel aja
Isi bio solar dari keluar dealer ampe sekarang uda 150rb km masih awet tuh injector belom jebol
Padahal ga pake doping vitamin racun dll
Yang penting beli filter solar asli di bengkel resmi
Ganti nya tunggu indikator filter di dashboard nyala
Beli toyota mah buat disiksa bukan dimanjain
beli shir repair plisur aja...sekalian bikin grup arisan sultan dibengkel...
pokoe beli kijang gak bakal bikin susah...
cobain aja ke 2 nya...skrg beli bensin...
tar klo gak sreg jual ganti diesel...
klo hepi rejeki juga hepi....
beli mobil baru rejeki selalu baru...