marvelio wrote: βMon Aug 09, 2021 6:02
Saya adalah orang yang ga pernah pelihara diesel, yang akhirnya awal tahun ini memutuskan untuk pelihara ANKI V Diesel Matic. Sebelumnya ngalamin pake Baleno Next-G 2004, Grand Livina HWS 2011, Ford Fiesta, Altis 2015, CRV 2014, intinya mobil2 bensin semua hahahah.
Buat yang belum pernah pegang diesel sehari-hari sebelumnya, pro cons nya adalah berikut:
Pros
1. Secara keiritan cukup signifikan, mungkin sekitar 4 km/l lebih irit dari bensin untuk daily, sampai 6 km/l lebih irit utk perjalanan tol luar kota
2. Nginjek gas ga perlu dalem -> nyetir ga capek ngegas dalem2 tiap nemu tanjakan di tol -> lebih peace in mind ketemu jalan jenis apapun, pasti kuat
3. Lebih nyaman ketika overtaking mobil lain, biasanya yg bikin penumpang merasa kita nyetir ngebut tuh karena di mobil bensin kalo mau nambah power otomatis harus RPM tinggi dan suaranya nguuuung kenceng, sesenyap apapun mobilnya. Selama saya pake diesel, penumpang yang biasa protes soal ngebut pake CRV 2014 anteng2 aja di ANKI Diesel karena tiap overtake ga perlu RPM tinggi tenaga dan torsinya ada terus. Somehow lebih senyap utk urusan ini. Soal RPM rendah dan bertenaga tuh ngefek banget di penumpang saya karena sering lewat tol Semarang-Salatiga yg banyak tanjakannya, tiap nanjak kalo naik mobil bensin downshift RPM tinggi biar tenaganya keluar.
4. Tenaga dan torsi diesel lebih menyenangkan kalo om suka nyetir. Bensin ga loyo, not that bad, tapi tetep lebih fun bawa diesel aja. Feel ladderframe yang nggak se-anteng monokok terkompromi sama keasyikan nyetir diesel.
5. Kalo om mikirin resale value, diesel super stabil harganya. Cek aja innova lawas2 masih mahal banget om
Cons
1. Suara di luar berisik banget kalo lagi manasin. ANKI 2021 versi diesel katanya memang lebih berisik daripada pre-facelift, karena ada perubahan injector & turbo yg dipakai.
2. Kalo lagi manasin harus keluar dari garasi kecuali om siap diprotes seluruh penghuni rumah
Maklum lah, biasa manasin bensin ga ada baunya, ini tiap manasin mau sebagus apapun BBM nya tetep ada bau solarnya. Sepengamatan saya, bau menyengat di pertadex << dexlite << biosolar. Mild baunya kalo pake pertadex, dan kalo udah agak terbiasa jadi not a big deal.
3. Getaran pasti tetep ada, tapi di ANKI 2021 kalo saya kasih pertadex getarannya minim banget apalagi kalau duduk di bangku baris kedua dan ketiga. Tetep lebih bergetar dari yang bensin, tapi bukan berarti getarannya sampai tahap mengganggu bagi saya. Jauh lebih halus dari Innova 2KD alias diesel generasi sebelumnya.
4. Harus lebih rajin rawat aja om, simple contohnya misal dalam pemilihan BBM. Kalo jarang jalan kaya sekarang, saya wajib isi Pertadex, takut pengendapan kalo pake Biosolar. Atau, kalo mau pake Biosolar harus pake aditif seperti yg udah banyak dibahas om Turboman. Trus juga wajib perhatiin filter solar secara rutin, atau purging. Memang cocok sih kalo suka rawat mobil pakenya diesel.
Kalo urusan limbung, menurut saya yg bensin dan diesel ga jauh beda om. Karakter sasis tangga a.k.a ladderframe pasti begitu. Banyak2nya sih pada ngakalin dari sektor kaki2, ganti shock, atau pasang coilover, stabilizer, dll. Satu yg ngefek banget buat pengemudi adalah ganti ban bawaannya. Saya dapet ban GT Radial Champiro Eco berasa terbang di awan kalo nyetir dan jadi penumpang
ngambang dan berasa banget limbungnya. Langsung ganti Bridgestone Potenza rasanya jauh beda, lebih anteng dan ga lari ke kanan kiri di tol Semarang-Solo yg banyak betonnya