Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by XMTdeluxe »

iwansiagian wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 4:19 Kalo mau dompet tebel terus kayak om kompre ya ambil diesel[emoji3]
Kalo aliran santai kayak saya sih irit jauh diesel vs bensin. Biosolar saya bisa 21.5 km/liter kombinasi 80% tol 20% arteriScreenshot_2021-08-09-11-13-49-410_com.miui.gallery.jpg
Naah ini... ini... yg bikin saya kepikiran lagi :big_love:
Hehehe.. itu biosolar terus ya Om? tdk pakai racun2 atau aditip2

Sebenarnya kalau soal dompet tebel, sama2 tebel dua2nya Om. Bedanya kalau diesel dibayar di depan, kalau bensin dibayar nanti di belakang.
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by XMTdeluxe »

marvelio wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 6:02 Saya adalah orang yang ga pernah pelihara diesel, yang akhirnya awal tahun ini memutuskan untuk pelihara ANKI V Diesel Matic. Sebelumnya ngalamin pake Baleno Next-G 2004, Grand Livina HWS 2011, Ford Fiesta, Altis 2015, CRV 2014, intinya mobil2 bensin semua hahahah.


Buat yang belum pernah pegang diesel sehari-hari sebelumnya, pro cons nya adalah berikut:

Pros
1. Secara keiritan cukup signifikan, mungkin sekitar 4 km/l lebih irit dari bensin untuk daily, sampai 6 km/l lebih irit utk perjalanan tol luar kota
2. Nginjek gas ga perlu dalem -> nyetir ga capek ngegas dalem2 tiap nemu tanjakan di tol -> lebih peace in mind ketemu jalan jenis apapun, pasti kuat
3. Lebih nyaman ketika overtaking mobil lain, biasanya yg bikin penumpang merasa kita nyetir ngebut tuh karena di mobil bensin kalo mau nambah power otomatis harus RPM tinggi dan suaranya nguuuung kenceng, sesenyap apapun mobilnya. Selama saya pake diesel, penumpang yang biasa protes soal ngebut pake CRV 2014 anteng2 aja di ANKI Diesel karena tiap overtake ga perlu RPM tinggi tenaga dan torsinya ada terus. Somehow lebih senyap utk urusan ini. Soal RPM rendah dan bertenaga tuh ngefek banget di penumpang saya karena sering lewat tol Semarang-Salatiga yg banyak tanjakannya, tiap nanjak kalo naik mobil bensin downshift RPM tinggi biar tenaganya keluar.
4. Tenaga dan torsi diesel lebih menyenangkan kalo om suka nyetir. Bensin ga loyo, not that bad, tapi tetep lebih fun bawa diesel aja. Feel ladderframe yang nggak se-anteng monokok terkompromi sama keasyikan nyetir diesel.
5. Kalo om mikirin resale value, diesel super stabil harganya. Cek aja innova lawas2 masih mahal banget om :D

Cons
1. Suara di luar berisik banget kalo lagi manasin. ANKI 2021 versi diesel katanya memang lebih berisik daripada pre-facelift, karena ada perubahan injector & turbo yg dipakai.
2. Kalo lagi manasin harus keluar dari garasi kecuali om siap diprotes seluruh penghuni rumah :mky_01: Maklum lah, biasa manasin bensin ga ada baunya, ini tiap manasin mau sebagus apapun BBM nya tetep ada bau solarnya. Sepengamatan saya, bau menyengat di pertadex << dexlite << biosolar. Mild baunya kalo pake pertadex, dan kalo udah agak terbiasa jadi not a big deal.
3. Getaran pasti tetep ada, tapi di ANKI 2021 kalo saya kasih pertadex getarannya minim banget apalagi kalau duduk di bangku baris kedua dan ketiga. Tetep lebih bergetar dari yang bensin, tapi bukan berarti getarannya sampai tahap mengganggu bagi saya. Jauh lebih halus dari Innova 2KD alias diesel generasi sebelumnya.
4. Harus lebih rajin rawat aja om, simple contohnya misal dalam pemilihan BBM. Kalo jarang jalan kaya sekarang, saya wajib isi Pertadex, takut pengendapan kalo pake Biosolar. Atau, kalo mau pake Biosolar harus pake aditif seperti yg udah banyak dibahas om Turboman. Trus juga wajib perhatiin filter solar secara rutin, atau purging. Memang cocok sih kalo suka rawat mobil pakenya diesel.

Kalo urusan limbung, menurut saya yg bensin dan diesel ga jauh beda om. Karakter sasis tangga a.k.a ladderframe pasti begitu. Banyak2nya sih pada ngakalin dari sektor kaki2, ganti shock, atau pasang coilover, stabilizer, dll. Satu yg ngefek banget buat pengemudi adalah ganti ban bawaannya. Saya dapet ban GT Radial Champiro Eco berasa terbang di awan kalo nyetir dan jadi penumpang :big_biglaugh: ngambang dan berasa banget limbungnya. Langsung ganti Bridgestone Potenza rasanya jauh beda, lebih anteng dan ga lari ke kanan kiri di tol Semarang-Solo yg banyak betonnya :big_weee:
Terimakasih banyak atas insight nya Om Marvelio. Sangat berguna dalam pertimbangan saya ini. Juga Om dan sesepuh2 lainnya, terimakasih sebesar-besarnya :big_deal:
Waah... sering lewat tol Semarang-Salatiga ya... Nah, disitu lah "tersiksa"nya mesin underpowered, kebayang karena skrg pakai mesin 2NR-VE. Membayangkan 2GD lewat situ, nikmat sekali.
Untuk harga diesel, saya sdh cek memang selisihnya rata-rata di 50 jutaan yg mana dari selisih harga baru 32,5 juta artinya depresiasinya nambah 17-18 juta. Akan jadi pertimbangan tentunya Om, karena mudah2an 5-7 tahun lagi ada rejekinya gak banyak tukar tambahnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by DOHC »

krn pd bahas resale value

iseng ta kasi itung2an inofa saya deh

saya punya taon 2016 akhir, type G bensin matic, dibeli dgn mahar 310 jt, stelah 5 taon pake, skrg dijual paling laku 210 -220an jt = 90 -100 jt ilang dalam 5 taon

waktu itu type 2.4 G disel matic saya ditawarin 341 jt , nah skrg seken nya mungkin kisaran 270 -280 an jt = 60-70 an jt ilang dalam 5 taon


berarti stelah 5 taon ada gap 30an jt antara disel dan bensin


nah jd skrg tinggal TS nya kira2 rela ga ilang gap 30an jt tsb dalam 5 taon kl ambil bensin


kl saya sehhh, relaa... :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by XMTdeluxe »

McLaren wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 7:49 Tetep ANE aja om… sisa duit dibelikan emas aja 😁
#antimainstream
Saya nyetir ANE lama2 paru2 basah Om... AC nya itu lho, mana tahaaan. Mau diputer ke arah manapun kenanya dada saya. Usia harapan hidup driver ANE kalau disurvey jangan2 yang paling pendek di antara driver2 mobil lain... :ngacir:
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by XMTdeluxe »

doge wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 6:32
XMTdeluxe wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 5:12
doge wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 2:55 buset mobil segitu gedenya bs 1:15 ngetol msh dibilang biasa aja

klo msh liat opcost pke rupiah doang mah beli lcgc ato lmpv aja; murah smua

2gd tarikan kurang bs remap; apalagi klo brani ngempanin dex terus, mappingnya mestinya bs lbh agresif (?) drpd yg minta kudu bs solbus
Hehehe... baca2 disini, sejenis santa fe aja bisa di atas 1 : 20, ekspektasi saya paling tdk sama dgn ANE, bisa 1 : 17an :upss:

Kalau remap, sepertinya ndak deh Om. Saya senang standaran saja. Paling2 maksimum pakai biosol kalau jalan2 di dlm kota, pakai pertadex kalau longtrip lukot. Tapi kalau hanya di 1 : 15an, kok jatuhnya msh lebih ngirit pertalite 1 : 13 ya... :big_think:
lo yaapa se, santa fe lo fwd.. tenaga mesin lsg turun di roda dpn cm lwt girbox; lha reborn rwd, dr mesin turun ke girbox ke gardan bru ke roda.. ya absurd klo minta sama iritnya.. by design rwd itu pasti lbh boros, bnyk lossnya; makanya lmpv lcgc itu banyakan fwd

trus dibandingin ANE.. lha ya g mgkn.. bodi reborn dikit lg udh hrs sim b1 gitu.. klo dikasi hybrid mungkin bru bs sama iritnya.. tp hbs gtu bingung gnti batrenya

irit pertalite 1:13? iya emg.. makanya klo msh liat opcost pke rupiah doang belinya lcgc ato lmpv..

org yg beli reborn kan udh bukan cm opcost pertimbangannya.. aku sndiri pke 2.4v std isi dex skrg.. enak.. mw diisi 7 org jg msh narik kenceng ga perlu ngegas dalem smpe berisik.. isi dex yaa agak mahal sih... tp slm ppkm ini smpe lupa kpn trakir ngisi.. ga abis"... dalem kota 1:11.x; reborn vvti ga bakal bisa segini kecuali diderek
ac dingin kyk kulkas.. cruise control tinggal beliin tombol udh lsg aktif.. paling cm sebelnya goyangnya aduhai sm remnya senin kamis

note: aku prnh pke reborn vvti at.. emg udh refine jaaaaaaauh sm ipah vvti lama terutama urusan aksel 40-80nya.. lari di tol 100kph 3000rpm (ipah 4at) 2200 apa 2400 rpm gitu (reborn 6at)
tapi krn mesinnya sama yaa g kerasa segitunya.. dlu pke dalkot semarang sekitar 1:6-7, lukot jateng yaa 1:10-11
Dari pabriknya dikasih mesin purba begitu Om.. Diminumin pertamax jangan2 gak banyak bedanya sama pertalite. Coba innova dikasih mesinnya Voxy misalnya, atau bikin mesin 2NR-VET pakai turbo jadi harus pakai minimal pertamax. Ya gpp malahan... Justru 2GD ini yg speknya dex, tetapi saya yg belum bisa accept kijang dikasih dex.

Hahahaha... iya saya kelupaan soal rem-nya. Betul banget itu, torsi gede power wow, tapi rem-nya cocok untuk mobil segede rush terios. Nah, soal goyangan Om. Bensin juga sama kah? atau justru lebih goyang lagi? secara diesel kan lebih berat ya. Saya mikir2 banget kalau bensin lebih limbung.
Iniiii dia Om yg saya tunggu2.. RPM 2400 @ 100 kph itu yg bensin atau diesel? Kalau bensin, segitu udah wow juga sebenarnya... ANT M/T saya 3000 RPM @100 kmph, dan suara mesinnya jauh mendahului larinya. ANE A/T 2700-2800 RPM @100 kmph.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1623
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by pengendiesel »

erwinign wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 2:31 Resale value = innova baru yg diesel aja om

Mo dipake short atau long term likuidnya bener2 cepet, harga nahan juga dan HARUS MATIC kl innova disel baru.

Kl di bandung sdh bener kok om ambil disel aja, pasti avg BBMnya lebih irit dr bensin. Mobil bengsin kl liat traffic bandung sih mau kaya terios, ertiga, jazz pun ttp ampun om fuelconsnya.

Tp perlu dipertimbangin kualitas solarnya om, memang 2GD diksh solar busuk ttp bs jalan tapi dr tarikan apalg kl dipake lukot kl liat angka fuelcons tetep mayan boros dan larinya berat banget. Cm menang faktor di harga solar busuk per liternya aja yg jd keliatan promising. Belum ganti filter solarnya harus dipercepat krn kandungan bio di solar busuk naik terus dan solar busuk itu ntah material handlingnya gmn, maklum dr harganya aja keliatan. Kl beli baru, buat 3th pertama terlihatnya murah krn udah dpt servis inclusive yg free jasa sama oli mesin 7lt 15W40+filter olinya. Paling beban di filter solarnya yg tiap ganti itu 700rban blm ongkosnya. Selain itu dipertimbangin juga tahan sama bau asepnya kl pake solar biasa apa enggak om
Hmmm, penasaran kenapa harus matic om?
Sudah pernah coba 2gd manual?

Emang sih matic lebih nyaman, di tol rpm lebih rendah.
Tapi 2gd manual keren juga lho, mau full load isi 8 orang+barang, nyalip singkat2 gak perlu turun gigi dan prosesnya jauh lebih rileks dan singkat daripada versi maticnya, yang ane rasa mengebiri cukup banyak performa mesinnya.
Yang manual masukin power mode, toel gas dikit aja sudah loncat beneran mobilnya :big_biglaugh:
Kalo sering buat lukot non tol sih ane merem pilih versi manualnya
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by doge »

XMTdeluxe wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 9:41
doge wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 6:32
XMTdeluxe wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 5:12

Hehehe... baca2 disini, sejenis santa fe aja bisa di atas 1 : 20, ekspektasi saya paling tdk sama dgn ANE, bisa 1 : 17an :upss:

Kalau remap, sepertinya ndak deh Om. Saya senang standaran saja. Paling2 maksimum pakai biosol kalau jalan2 di dlm kota, pakai pertadex kalau longtrip lukot. Tapi kalau hanya di 1 : 15an, kok jatuhnya msh lebih ngirit pertalite 1 : 13 ya... :big_think:
lo yaapa se, santa fe lo fwd.. tenaga mesin lsg turun di roda dpn cm lwt girbox; lha reborn rwd, dr mesin turun ke girbox ke gardan bru ke roda.. ya absurd klo minta sama iritnya.. by design rwd itu pasti lbh boros, bnyk lossnya; makanya lmpv lcgc itu banyakan fwd

trus dibandingin ANE.. lha ya g mgkn.. bodi reborn dikit lg udh hrs sim b1 gitu.. klo dikasi hybrid mungkin bru bs sama iritnya.. tp hbs gtu bingung gnti batrenya

irit pertalite 1:13? iya emg.. makanya klo msh liat opcost pke rupiah doang belinya lcgc ato lmpv..

org yg beli reborn kan udh bukan cm opcost pertimbangannya.. aku sndiri pke 2.4v std isi dex skrg.. enak.. mw diisi 7 org jg msh narik kenceng ga perlu ngegas dalem smpe berisik.. isi dex yaa agak mahal sih... tp slm ppkm ini smpe lupa kpn trakir ngisi.. ga abis"... dalem kota 1:11.x; reborn vvti ga bakal bisa segini kecuali diderek
ac dingin kyk kulkas.. cruise control tinggal beliin tombol udh lsg aktif.. paling cm sebelnya goyangnya aduhai sm remnya senin kamis

note: aku prnh pke reborn vvti at.. emg udh refine jaaaaaaauh sm ipah vvti lama terutama urusan aksel 40-80nya.. lari di tol 100kph 3000rpm (ipah 4at) 2200 apa 2400 rpm gitu (reborn 6at)
tapi krn mesinnya sama yaa g kerasa segitunya.. dlu pke dalkot semarang sekitar 1:6-7, lukot jateng yaa 1:10-11
Dari pabriknya dikasih mesin purba begitu Om.. Diminumin pertamax jangan2 gak banyak bedanya sama pertalite. Coba innova dikasih mesinnya Voxy misalnya, atau bikin mesin 2NR-VET pakai turbo jadi harus pakai minimal pertamax. Ya gpp malahan... Justru 2GD ini yg speknya dex, tetapi saya yg belum bisa accept kijang dikasih dex.

Hahahaha... iya saya kelupaan soal rem-nya. Betul banget itu, torsi gede power wow, tapi rem-nya cocok untuk mobil segede rush terios. Nah, soal goyangan Om. Bensin juga sama kah? atau justru lebih goyang lagi? secara diesel kan lebih berat ya. Saya mikir2 banget kalau bensin lebih limbung.
Iniiii dia Om yg saya tunggu2.. RPM 2400 @ 100 kph itu yg bensin atau diesel? Kalau bensin, segitu udah wow juga sebenarnya... ANT M/T saya 3000 RPM @100 kmph, dan suara mesinnya jauh mendahului larinya. ANE A/T 2700-2800 RPM @100 kmph.
dlu aku prnh iseng kasi pertabo ke ipah vvti at 04 (dlu prnh pny) emg jd mantep nariknya, g segitu ngedennya walopun isi penuh, rute kombinasi nontol lmyn padet 1:9.5an.. cmn ya pertabo.. 2x hrg premios wktu itu

goyangan hmpr sama ingetku.. udh 4th lalu trakhir bw reborn vvti..
2200 apa 2400rpm @100kph itu reborn bensin matic
yg 2gd cm 2100an rpm apa.. lupa.. udh lama g ngetol
:ngacir:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by nyotsaeba »

pengendiesel wrote:
erwinign wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 2:31 Resale value = innova baru yg diesel aja om

Mo dipake short atau long term likuidnya bener2 cepet, harga nahan juga dan HARUS MATIC kl innova disel baru.

Kl di bandung sdh bener kok om ambil disel aja, pasti avg BBMnya lebih irit dr bensin. Mobil bengsin kl liat traffic bandung sih mau kaya terios, ertiga, jazz pun ttp ampun om fuelconsnya.

Tp perlu dipertimbangin kualitas solarnya om, memang 2GD diksh solar busuk ttp bs jalan tapi dr tarikan apalg kl dipake lukot kl liat angka fuelcons tetep mayan boros dan larinya berat banget. Cm menang faktor di harga solar busuk per liternya aja yg jd keliatan promising. Belum ganti filter solarnya harus dipercepat krn kandungan bio di solar busuk naik terus dan solar busuk itu ntah material handlingnya gmn, maklum dr harganya aja keliatan. Kl beli baru, buat 3th pertama terlihatnya murah krn udah dpt servis inclusive yg free jasa sama oli mesin 7lt 15W40+filter olinya. Paling beban di filter solarnya yg tiap ganti itu 700rban blm ongkosnya. Selain itu dipertimbangin juga tahan sama bau asepnya kl pake solar biasa apa enggak om
Hmmm, penasaran kenapa harus matic om?
Sudah pernah coba 2gd manual?

Emang sih matic lebih nyaman, di tol rpm lebih rendah.
Tapi 2gd manual keren juga lho, mau full load isi 8 orang+barang, nyalip singkat2 gak perlu turun gigi dan prosesnya jauh lebih rileks dan singkat daripada versi maticnya, yang ane rasa mengebiri cukup banyak performa mesinnya.
Yang manual masukin power mode, toel gas dikit aja sudah loncat beneran mobilnya :big_biglaugh:
Kalo sering buat lukot non tol sih ane merem pilih versi manualnya
Nah ini bener, power mode manual 2gd susah ngendaliin kl stop and go, loncat2 melulu kyk injek gas kebanyakan, pdhal cuma toel dikit ajah
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by himaatoo »

Mau ikut ngeracunin TS ah :upss:
Ini fuel cons dari Tangerang ke Mangunan, Yogyakarta.
Aslinya 1:20 tapi di akhir dekat tempat tujuan sering jadi genset akhirnya turun deh ke angka 19,3.
Kondisi pakai bio solar plus PSDK 100 ml tiap isi full tank.

Feel the sensation, vote for diesel om :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by maastricht889 »

pengendiesel wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 9:47
erwinign wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 2:31 Resale value = innova baru yg diesel aja om

Mo dipake short atau long term likuidnya bener2 cepet, harga nahan juga dan HARUS MATIC kl innova disel baru.

Kl di bandung sdh bener kok om ambil disel aja, pasti avg BBMnya lebih irit dr bensin. Mobil bengsin kl liat traffic bandung sih mau kaya terios, ertiga, jazz pun ttp ampun om fuelconsnya.

Tp perlu dipertimbangin kualitas solarnya om, memang 2GD diksh solar busuk ttp bs jalan tapi dr tarikan apalg kl dipake lukot kl liat angka fuelcons tetep mayan boros dan larinya berat banget. Cm menang faktor di harga solar busuk per liternya aja yg jd keliatan promising. Belum ganti filter solarnya harus dipercepat krn kandungan bio di solar busuk naik terus dan solar busuk itu ntah material handlingnya gmn, maklum dr harganya aja keliatan. Kl beli baru, buat 3th pertama terlihatnya murah krn udah dpt servis inclusive yg free jasa sama oli mesin 7lt 15W40+filter olinya. Paling beban di filter solarnya yg tiap ganti itu 700rban blm ongkosnya. Selain itu dipertimbangin juga tahan sama bau asepnya kl pake solar biasa apa enggak om
Hmmm, penasaran kenapa harus matic om?
Sudah pernah coba 2gd manual?

Emang sih matic lebih nyaman, di tol rpm lebih rendah.
Tapi 2gd manual keren juga lho, mau full load isi 8 orang+barang, nyalip singkat2 gak perlu turun gigi dan prosesnya jauh lebih rileks dan singkat daripada versi maticnya, yang ane rasa mengebiri cukup banyak performa mesinnya.
Yang manual masukin power mode, toel gas dikit aja sudah loncat beneran mobilnya :big_biglaugh:
Kalo sering buat lukot non tol sih ane merem pilih versi manualnya
Skrg trennya kl inova disel baru gitu om di pasar seken, disel manual 2GD malah melempem lakunya walaupun harga ttp nahan. Kl 2KD innova manual masih tetep cepet laku
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by maastricht889 »

pengendiesel wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 9:47
erwinign wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 2:31 Resale value = innova baru yg diesel aja om

Mo dipake short atau long term likuidnya bener2 cepet, harga nahan juga dan HARUS MATIC kl innova disel baru.

Kl di bandung sdh bener kok om ambil disel aja, pasti avg BBMnya lebih irit dr bensin. Mobil bengsin kl liat traffic bandung sih mau kaya terios, ertiga, jazz pun ttp ampun om fuelconsnya.

Tp perlu dipertimbangin kualitas solarnya om, memang 2GD diksh solar busuk ttp bs jalan tapi dr tarikan apalg kl dipake lukot kl liat angka fuelcons tetep mayan boros dan larinya berat banget. Cm menang faktor di harga solar busuk per liternya aja yg jd keliatan promising. Belum ganti filter solarnya harus dipercepat krn kandungan bio di solar busuk naik terus dan solar busuk itu ntah material handlingnya gmn, maklum dr harganya aja keliatan. Kl beli baru, buat 3th pertama terlihatnya murah krn udah dpt servis inclusive yg free jasa sama oli mesin 7lt 15W40+filter olinya. Paling beban di filter solarnya yg tiap ganti itu 700rban blm ongkosnya. Selain itu dipertimbangin juga tahan sama bau asepnya kl pake solar biasa apa enggak om
Hmmm, penasaran kenapa harus matic om?
Sudah pernah coba 2gd manual?

Emang sih matic lebih nyaman, di tol rpm lebih rendah.
Tapi 2gd manual keren juga lho, mau full load isi 8 orang+barang, nyalip singkat2 gak perlu turun gigi dan prosesnya jauh lebih rileks dan singkat daripada versi maticnya, yang ane rasa mengebiri cukup banyak performa mesinnya.
Yang manual masukin power mode, toel gas dikit aja sudah loncat beneran mobilnya :big_biglaugh:
Kalo sering buat lukot non tol sih ane merem pilih versi manualnya
Skrg trennya kl inova disel baru gitu om di pasar seken, disel manual 2GD malah melempem lakunya walaupun harga ttp nahan. Kl 2KD innova manual masih tetep cepet laku.

Tp saya sadar sih, innova disel manual 2KD, inova bensin manual baru, sama disel 2GD manual itu enak. Yg model baru itu sy perna coba bensin manual kopling sama masukin giginua enak banget
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 851
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by rakyatwkwkland »

XMTdeluxe wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 9:06
McLaren wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 7:49 Tetep ANE aja om… sisa duit dibelikan emas aja 😁
#antimainstream
Saya nyetir ANE lama2 paru2 basah Om... AC nya itu lho, mana tahaaan. Mau diputer ke arah manapun kenanya dada saya. Usia harapan hidup driver ANE kalau disurvey jangan2 yang paling pendek di antara driver2 mobil lain... :ngacir:
Hahaha... Relate banget sih ini... :big_weee:

Ini mesti gegara ventilasi AC yang di sebelah kanan HU ya? Emang geblek itu tim RnD nya sijuki... Ngedesainnya sambil merem kali yak... Kalo kisi AC nya diarahin ke tengah kena tangan yang megang setir, kalo diarahin ke kanan kena badan, kalo diarahin ke kiri kena frame HU anginnya malah mental lagi ke kanan dan kembali kena tangan... :big_bored:

Kalo ane sih biasa kisi AC nya baik yang sebelah kanan HU maupun yang sebelah kanan setir (kisi paling kanan) pasti ane arahin ke paling atas. Udah aman sih gak kena badan, jadinya gak jadi masalah kalo buat ane. Solusi lain yang dijamin pasti efektif, tutupin aja kisi AC nya pake kertas oom... :big_weee:

Btw perkara bensin atau diesel, tetep lah iritan diesel kemana2. Bandingin running cost nya harus dengan BBM yang sekelas. Kalo diesel pake pertadex, bensinnya harus diitung pake pertamax atau pertabo. Pasti tetep iritan dijel.

Tapi kalo ane sendiri disuruh milih, ane tetep milih bensin sih soalnya carport rumah ane kecil. Kalo dijel nanti pas start mobil di carport, auto sakit idung ane nyium asep dijel. Terus juga poin plus nya bensin, kalo dikick down suara raungan mesinnya memang kadang2 ikut memacu adrenalin sih. Biasa bawa ANE kalo lagi kick down sampe 5k-6k rpm raungan mesin dan knalpotnya kadang2 bikin kita berasa mau jadi pembalap... :big_slap: :mky_03:
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by doge »

rakyatwkwkland wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 13:07
XMTdeluxe wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 9:06
McLaren wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 7:49 Tetep ANE aja om… sisa duit dibelikan emas aja 😁
#antimainstream
Saya nyetir ANE lama2 paru2 basah Om... AC nya itu lho, mana tahaaan. Mau diputer ke arah manapun kenanya dada saya. Usia harapan hidup driver ANE kalau disurvey jangan2 yang paling pendek di antara driver2 mobil lain... :ngacir:
Hahaha... Relate banget sih ini... :big_weee:

Ini mesti gegara ventilasi AC yang di sebelah kanan HU ya? Emang geblek itu tim RnD nya sijuki... Ngedesainnya sambil merem kali yak... Kalo kisi AC nya diarahin ke tengah kena tangan yang megang setir, kalo diarahin ke kanan kena badan, kalo diarahin ke kiri kena frame HU anginnya malah mental lagi ke kanan dan kembali kena tangan... :big_bored:

Kalo ane sih biasa kisi AC nya baik yang sebelah kanan HU maupun yang sebelah kanan setir (kisi paling kanan) pasti ane arahin ke paling atas. Udah aman sih gak kena badan, jadinya gak jadi masalah kalo buat ane. Solusi lain yang dijamin pasti efektif, tutupin aja kisi AC nya pake kertas oom... :big_weee:

Btw perkara bensin atau diesel, tetep lah iritan diesel kemana2. Bandingin running cost nya harus dengan BBM yang sekelas. Kalo diesel pake pertadex, bensinnya harus diitung pake pertamax atau pertabo. Pasti tetep iritan dijel.

Tapi kalo ane sendiri disuruh milih, ane tetep milih bensin sih soalnya carport rumah ane kecil. Kalo dijel nanti pas start mobil di carport, auto sakit idung ane nyium asep dijel. Terus juga poin plus nya bensin, kalo dikick down suara raungan mesinnya memang kadang2 ikut memacu adrenalin sih. Biasa bawa ANE kalo lagi kick down sampe 5k-6k rpm raungan mesin dan knalpotnya kadang2 bikin kita berasa mau jadi pembalap... :big_slap: :mky_03:
lo gmn toh katanya minta ac dingin menusuk dada

dikasi acnya ngarah nusuk dada gmw :big_weee:
:ngacir:
kuyaninja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Feb 28, 2014 4:35

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by kuyaninja »

Ambil bensin aja om..
Kekurangan ipah bensin itu cuma 1 kok , dia gak punya kelebihan 🀭
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 851
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by rakyatwkwkland »

doge wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 13:32
rakyatwkwkland wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 13:07
XMTdeluxe wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 9:06

Saya nyetir ANE lama2 paru2 basah Om... AC nya itu lho, mana tahaaan. Mau diputer ke arah manapun kenanya dada saya. Usia harapan hidup driver ANE kalau disurvey jangan2 yang paling pendek di antara driver2 mobil lain... :ngacir:
Hahaha... Relate banget sih ini... :big_weee:

Ini mesti gegara ventilasi AC yang di sebelah kanan HU ya? Emang geblek itu tim RnD nya sijuki... Ngedesainnya sambil merem kali yak... Kalo kisi AC nya diarahin ke tengah kena tangan yang megang setir, kalo diarahin ke kanan kena badan, kalo diarahin ke kiri kena frame HU anginnya malah mental lagi ke kanan dan kembali kena tangan... :big_bored:

Kalo ane sih biasa kisi AC nya baik yang sebelah kanan HU maupun yang sebelah kanan setir (kisi paling kanan) pasti ane arahin ke paling atas. Udah aman sih gak kena badan, jadinya gak jadi masalah kalo buat ane. Solusi lain yang dijamin pasti efektif, tutupin aja kisi AC nya pake kertas oom... :big_weee:

Btw perkara bensin atau diesel, tetep lah iritan diesel kemana2. Bandingin running cost nya harus dengan BBM yang sekelas. Kalo diesel pake pertadex, bensinnya harus diitung pake pertamax atau pertabo. Pasti tetep iritan dijel.

Tapi kalo ane sendiri disuruh milih, ane tetep milih bensin sih soalnya carport rumah ane kecil. Kalo dijel nanti pas start mobil di carport, auto sakit idung ane nyium asep dijel. Terus juga poin plus nya bensin, kalo dikick down suara raungan mesinnya memang kadang2 ikut memacu adrenalin sih. Biasa bawa ANE kalo lagi kick down sampe 5k-6k rpm raungan mesin dan knalpotnya kadang2 bikin kita berasa mau jadi pembalap... :big_slap: :mky_03:
lo gmn toh katanya minta ac dingin menusuk dada

dikasi acnya ngarah nusuk dada gmw :big_weee:
Perasaan ane gapernah minta ac dingin menusuk dada gan... :big_think: :glodak:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1623
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by pengendiesel »

erwinign wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 12:45
pengendiesel wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 9:47
erwinign wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 2:31 Resale value = innova baru yg diesel aja om

Mo dipake short atau long term likuidnya bener2 cepet, harga nahan juga dan HARUS MATIC kl innova disel baru.

Kl di bandung sdh bener kok om ambil disel aja, pasti avg BBMnya lebih irit dr bensin. Mobil bengsin kl liat traffic bandung sih mau kaya terios, ertiga, jazz pun ttp ampun om fuelconsnya.

Tp perlu dipertimbangin kualitas solarnya om, memang 2GD diksh solar busuk ttp bs jalan tapi dr tarikan apalg kl dipake lukot kl liat angka fuelcons tetep mayan boros dan larinya berat banget. Cm menang faktor di harga solar busuk per liternya aja yg jd keliatan promising. Belum ganti filter solarnya harus dipercepat krn kandungan bio di solar busuk naik terus dan solar busuk itu ntah material handlingnya gmn, maklum dr harganya aja keliatan. Kl beli baru, buat 3th pertama terlihatnya murah krn udah dpt servis inclusive yg free jasa sama oli mesin 7lt 15W40+filter olinya. Paling beban di filter solarnya yg tiap ganti itu 700rban blm ongkosnya. Selain itu dipertimbangin juga tahan sama bau asepnya kl pake solar biasa apa enggak om
Hmmm, penasaran kenapa harus matic om?
Sudah pernah coba 2gd manual?

Emang sih matic lebih nyaman, di tol rpm lebih rendah.
Tapi 2gd manual keren juga lho, mau full load isi 8 orang+barang, nyalip singkat2 gak perlu turun gigi dan prosesnya jauh lebih rileks dan singkat daripada versi maticnya, yang ane rasa mengebiri cukup banyak performa mesinnya.
Yang manual masukin power mode, toel gas dikit aja sudah loncat beneran mobilnya :big_biglaugh:
Kalo sering buat lukot non tol sih ane merem pilih versi manualnya
Skrg trennya kl inova disel baru gitu om di pasar seken, disel manual 2GD malah melempem lakunya walaupun harga ttp nahan. Kl 2KD innova manual masih tetep cepet laku.

Tp saya sadar sih, innova disel manual 2KD, inova bensin manual baru, sama disel 2GD manual itu enak. Yg model baru itu sy perna coba bensin manual kopling sama masukin giginua enak banget
Oh ya kalo secara popularitas anki manual di kota2 besar, bisa dibilang hampir punah species ini
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by sintoni »

himaatoo wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 11:58
Mana kerasa om cuma 100ml? Ane aja di mobil lain selalu isi 180-200 ml sekali full tank 55 liter. Wkwk.

Kalau ga coba pake PTT aja om, harga lebih murah, lgsg sekali tuang ga osa bagi2.
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by himaatoo »

sintoni wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 23:43 Mana kerasa om cuma 100ml? Ane aja di mobil lain selalu isi 180-200 ml sekali full tank 55 liter. Wkwk.

Kalau ga coba pake PTT aja om, harga lebih murah, lgsg sekali tuang ga osa bagi2.
Wkwkwk iya om udah tobat, sekarang selalu pakenya 200ml :upss:

Sorry oot, di volume yang sama si PTT secara performance bagusan mana ya om sama PSDK?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2851
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by farizfsa »

diesel enak di irit dan torsi aja kl buat saya. mau disel eropa inline 4 mau v6 kek di audi saya ttp nama nya getaran dan suara disel ga bohong. Mau dibilang halus jg ttp kedengeran.

jgn ngarep diatas 1:20 juga kayanya terlalu optimis. saya pake jakarta jogja pake 520 disel aja cuma 1:17 itu juga pake pertadex kan. (Rp. 600/km).

jatohnya iritan pake camry saya 1:14 isi pertalite. (Rp. 546/km) dan bs lebih kalo nyetirnya lebih santai. suara dan getaran minim ga kaya disel. kalo lagi di netral posisi nyala, mesin kaya ga nyala halus sekali.

kalo mau pake solbus innova nya sih ya gpp kali ya. hilux 2kd saya sih pakein solbus tp mesinnya ya kasar.. 250rb tp tengki penuh wkwk.
kalo takut jantungan sekali isi pertadex full 700ribu ya yg bensin aja isi pertalite 400rban penuh.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
L0b4k
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Jun 14, 2019 23:12
Location: Bandar Lampung
Daily Vehicle: Toyota

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by L0b4k »

Sebulan lalu juga consider antara 2.4G atau 2.0V .
Tapi akhirnya ambil 2.0 karena pertimbangan gimmick di tipe V cocok buat anak/keluarga.

Belum pernah melihara diesel juga tapi sudah baca2 dan nonton tips ngerawat diesel, pengen ngerasain instant torque nya

So far konsumsi bbm bensin 1:8,
sebelumnya pakai 2NR sekitar 1:10 (sienta) dan 1:14 (yaris)
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by doge »

rakyatwkwkland wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 15:07 Perasaan ane gapernah minta ac dingin menusuk dada gan... :big_think: :glodak:
*cust indo scr umum

i phrased it badly [emo-yesno]
:ngacir:
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by omenRoo »

mobil diesel itu kelebihannya yg bisa minum solar/biosol.. 5150.
jadi kalo mobil akan sering dipake, budgetnya cukup buat anki diesel, ya ambil aja. karena bayar bbmnya bener2 jauh lebih murah dari mobil bensin.

anki bensin cocoknya buat daerah yg susah solar, atau mobilnya dipake cuma sekali2, atau dapet mobil bekas dgn harga yg murahhh plus kondisi bagus...
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 851
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by rakyatwkwkland »

doge wrote: ↑Tue Aug 10, 2021 3:04
rakyatwkwkland wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 15:07 Perasaan ane gapernah minta ac dingin menusuk dada gan... :big_think: :glodak:
*cust indo scr umum

i phrased it badly [emo-yesno]
Hahaha... Ini mesti yang dimaksud golongan orang tolol clueless yang kalo ngidupin AC pasti di set rata kanan 16 derajat celcius fan speed maksimum :mky_07: :mky_04:

Mon maap oom, ane bukan golongan orang itu. Ane sadar kok kalo suhu 16 derajat celcius itu dingin buanggett dan ane juga sadar kalo ane pake AC itu untuk mengkondisikan udara ruangan, bukan bikin ruangan jadi kulkas. Sesuai namanya, Air Conditioner, buat mengkondisikan udara :big_grin:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by sintoni »

himaatoo wrote: ↑Tue Aug 10, 2021 0:22
sintoni wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 23:43 Mana kerasa om cuma 100ml? Ane aja di mobil lain selalu isi 180-200 ml sekali full tank 55 liter. Wkwk.

Kalau ga coba pake PTT aja om, harga lebih murah, lgsg sekali tuang ga osa bagi2.
Wkwkwk iya om udah tobat, sekarang selalu pakenya 200ml :upss:

Sorry oot, di volume yang sama si PTT secara performance bagusan mana ya om sama PSDK?
Kalau orang2 ngmg sih PTT lebih halus kalau PSDK lebih kerasa tenaganya.

Kalau ane sendiri: Ga ada bedanya.

:big_biglaugh:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mohon Saran Ambil Reborn Bensin atau Diesel

Post by maastricht889 »

XMTdeluxe wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 9:41
doge wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 6:32
XMTdeluxe wrote: ↑Mon Aug 09, 2021 5:12

Hehehe... baca2 disini, sejenis santa fe aja bisa di atas 1 : 20, ekspektasi saya paling tdk sama dgn ANE, bisa 1 : 17an :upss:

Kalau remap, sepertinya ndak deh Om. Saya senang standaran saja. Paling2 maksimum pakai biosol kalau jalan2 di dlm kota, pakai pertadex kalau longtrip lukot. Tapi kalau hanya di 1 : 15an, kok jatuhnya msh lebih ngirit pertalite 1 : 13 ya... :big_think:
lo yaapa se, santa fe lo fwd.. tenaga mesin lsg turun di roda dpn cm lwt girbox; lha reborn rwd, dr mesin turun ke girbox ke gardan bru ke roda.. ya absurd klo minta sama iritnya.. by design rwd itu pasti lbh boros, bnyk lossnya; makanya lmpv lcgc itu banyakan fwd

trus dibandingin ANE.. lha ya g mgkn.. bodi reborn dikit lg udh hrs sim b1 gitu.. klo dikasi hybrid mungkin bru bs sama iritnya.. tp hbs gtu bingung gnti batrenya

irit pertalite 1:13? iya emg.. makanya klo msh liat opcost pke rupiah doang belinya lcgc ato lmpv..

org yg beli reborn kan udh bukan cm opcost pertimbangannya.. aku sndiri pke 2.4v std isi dex skrg.. enak.. mw diisi 7 org jg msh narik kenceng ga perlu ngegas dalem smpe berisik.. isi dex yaa agak mahal sih... tp slm ppkm ini smpe lupa kpn trakir ngisi.. ga abis"... dalem kota 1:11.x; reborn vvti ga bakal bisa segini kecuali diderek
ac dingin kyk kulkas.. cruise control tinggal beliin tombol udh lsg aktif.. paling cm sebelnya goyangnya aduhai sm remnya senin kamis

note: aku prnh pke reborn vvti at.. emg udh refine jaaaaaaauh sm ipah vvti lama terutama urusan aksel 40-80nya.. lari di tol 100kph 3000rpm (ipah 4at) 2200 apa 2400 rpm gitu (reborn 6at)
tapi krn mesinnya sama yaa g kerasa segitunya.. dlu pke dalkot semarang sekitar 1:6-7, lukot jateng yaa 1:10-11
Dari pabriknya dikasih mesin purba begitu Om.. Diminumin pertamax jangan2 gak banyak bedanya sama pertalite. Coba innova dikasih mesinnya Voxy misalnya, atau bikin mesin 2NR-VET pakai turbo jadi harus pakai minimal pertamax. Ya gpp malahan... Justru 2GD ini yg speknya dex, tetapi saya yg belum bisa accept kijang dikasih dex.

Hahahaha... iya saya kelupaan soal rem-nya. Betul banget itu, torsi gede power wow, tapi rem-nya cocok untuk mobil segede rush terios. Nah, soal goyangan Om. Bensin juga sama kah? atau justru lebih goyang lagi? secara diesel kan lebih berat ya. Saya mikir2 banget kalau bensin lebih limbung.
Iniiii dia Om yg saya tunggu2.. RPM 2400 @ 100 kph itu yg bensin atau diesel? Kalau bensin, segitu udah wow juga sebenarnya... ANT M/T saya 3000 RPM @100 kmph, dan suara mesinnya jauh mendahului larinya. ANE A/T 2700-2800 RPM @100 kmph.
Wah terios baru manual msh tinggi jg ya om rpmnya di final gear pas 100 kmh, faktor itungan gardan heavy duty kali ya. Tp di transjowo itu sy liat terios ato rush ya ngebutnya cukup berani jg.

Kl ertiga baru 100 kmh di rpm segitu ya msh persis kaya ertiga matic lama ya om. Dg kondisi ertiga matic settingan gearnya gitu pun masih irit banget, saya bandung-semarang pasti 1:16 lebih pake shell super/pertamax. Tp kl bandung-jkt lewat elevated rekor 1:21 jalan santai, isi full dr pasteur-jakarta jarum bensin ga turun samsek