Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Mon May 31, 2021 5:54
MSU wrote:
Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 4:56

mantap.. coba dibuka aja om.
sharing dgn warga sini.
apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
Dikasih oli sapu jagat, disuruh ganti per 10 ribu km, setelah bikin sludge lalu dikasih engine flush. Oli matic ganti 100 ribu, oli gardan ganti 80 ribu... sekalian 1 set assy seglondongan kalo bisa.

Sama kaya perusahaan farmasi yg bikin racun tapi juga bikin penawarnya serta vitamin2nya sekalian. Kiri-kanan menghasilkan wang... gak ada matinya.
bener juga yah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

Kalau ga pake aja PTT dynamic commonrail ganti aja, pake 3k ganti..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Mon May 31, 2021 0:06


jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
Betul itu

Nyetir koq mantau2 rpm mulu

Nginjek gas ntar jadi takut2 rpm tinggi...

Biar irit irit rit rit... pait amat idup, aliran siksa diri itu namanya.... ga boleh itu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Dodi778 wrote: Mon May 31, 2021 2:40 Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om? 🙏
Pake oli apa aj gapapa

Yg penting asli

Kl daleman mesin ud varnish tebel item gelap gt, bagusan ganti oli nya tiap 5000 km aj, ntar lama2 bersih senndiri koq
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by fajarrian »

silverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 4:53 Pagi om, mohon pencerahannya om. sekarang lagi make Ertiga 2014 pre facelift 70rb KM, mau nyoba ganti oli selain ecstar/sgo, baca baca di forum ini katanya mesin flat-tappet harus cari oli yg antiwearnya tinggi ya? Ada rekomendasi oli yg bagus ga om? Thanks semuanya :thanks:
2014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas aja
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »


DOHC wrote:
kompresorz wrote: Mon May 31, 2021 0:06


jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
Betul itu

Nyetir koq mantau2 rpm mulu

Nginjek gas ntar jadi takut2 rpm tinggi...

Biar irit irit rit rit... pait amat idup, aliran siksa diri itu namanya.... ga boleh itu
Paling enak emang bawa manual mbah... bisa injek gas sampe red line & kena cut off limiter, engine berebet goyang dikit lalu rpm otomatis lemes... sensasinya kaya pas lagi di puncak kena "O" gitu [emoji1]

Habis itu oper gigi injek gas poll lg sampe "O" lagi... jd ketagihan hahahaha... gak perlu liat2 RPM lah, pokoknya sampai brebet baru oper gigi judulnya... tinggal sering2 aja OCI oli mesinnya biar tetap joss mesinnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Mon May 31, 2021 7:59
DOHC wrote:
kompresorz wrote: Mon May 31, 2021 0:06


jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
Betul itu

Nyetir koq mantau2 rpm mulu

Nginjek gas ntar jadi takut2 rpm tinggi...

Biar irit irit rit rit... pait amat idup, aliran siksa diri itu namanya.... ga boleh itu
Paling enak emang bawa manual mbah... bisa injek gas sampe red line & kena cut off limiter, engine berebet goyang dikit lalu rpm otomatis lemes... sensasinya kaya pas lagi di puncak kena "O" gitu [emoji1]

Habis itu oper gigi injek gas poll lg sampe "O" lagi... jd ketagihan hahahaha... gak perlu liat2 RPM lah, pokoknya sampai brebet baru oper gigi judulnya... tinggal sering2 aja OCI oli mesinnya biar tetap joss mesinnya.
Kl di matic yg agak modern bisa kaya gt jg loh mbah

D gerobag sayur dual vvti saya, skrg tiap kl mendadak pedal to kampret trus saya tahan pedalnya, itu rpm bsa melejit ampe 5000 rpm lebi sikit loh sblom upshift.. padahal kl nyetir normal, 2000 aj ud upshift, malah kl lg cruising, dbawah 2000 sikit ud upshift
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

MSU wrote: Mon May 31, 2021 5:37
Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 4:56
triport13 wrote: Mon May 31, 2021 4:51
Sama kayak saya nih kasusnya, pake TMO dan servis diberes tapi krn emg mobil saya jalannya ga jauh jd ya servis setaun sekali ke beres. Di km 80 ribuan ganti packing tutup klep baru ketauan kondisinya begitu, setelah itu baru tobat ganti oli yg bagusan dan OCI di max 5rb/6bln, sekarang udh 2 kali ganti oli pake AMS SS, gatau deh keadaannya gimana skrg dalemannya.
mantap.. coba dibuka aja om.
sharing dgn warga sini.
apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....

ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..

sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..


itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...

PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
gaspol resing tim
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1839
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by MSU »

rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24
MSU wrote: Mon May 31, 2021 5:37
Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 4:56

mantap.. coba dibuka aja om.
sharing dgn warga sini.
apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....

ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..

sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..


itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...

PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
ada benarnya omongan om....
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

MSU wrote: Mon May 31, 2021 8:42
rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24
MSU wrote: Mon May 31, 2021 5:37

apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....

ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..

sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..


itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...

PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
ada benarnya omongan om....
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...

mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
:big_comfort:
gaspol resing tim
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

btw penasaran rocky 1.0 turbo bakal dikasih oli apa sama daihatsu ya? wkwkwkwk
gaspol resing tim
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:21 btw penasaran rocky 1.0 turbo bakal dikasih oli apa sama daihatsu ya? wkwkwkwk
dgo fill n forget udah pasti

:mky_03:
silverserpent9
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri May 28, 2021 9:05
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga 2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by silverserpent9 »

fajarrian wrote: Mon May 31, 2021 7:48
silverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 4:53 Pagi om, mohon pencerahannya om. sekarang lagi make Ertiga 2014 pre facelift 70rb KM, mau nyoba ganti oli selain ecstar/sgo, baca baca di forum ini katanya mesin flat-tappet harus cari oli yg antiwearnya tinggi ya? Ada rekomendasi oli yg bagus ga om? Thanks semuanya :thanks:
2014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas aja
Iya om K14B, berarti yg full synthetic API SN ya om, apa perlu flushing dulu sebelum ganti ke ptt?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:19
MSU wrote: Mon May 31, 2021 8:42
rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24
udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....

ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..

sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..


itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...

PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
ada benarnya omongan om....
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...

mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
:big_comfort:
semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.

klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Taufiq6210 »

rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24 PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Taufiq6210 wrote: Mon May 31, 2021 11:19
rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24 PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
klo q8 formula series lain cerita om.
hahhaaha
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by fajarrian »

silverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 9:57
fajarrian wrote: Mon May 31, 2021 7:48
silverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 4:53 Pagi om, mohon pencerahannya om. sekarang lagi make Ertiga 2014 pre facelift 70rb KM, mau nyoba ganti oli selain ecstar/sgo, baca baca di forum ini katanya mesin flat-tappet harus cari oli yg antiwearnya tinggi ya? Ada rekomendasi oli yg bagus ga om? Thanks semuanya :thanks:
2014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas aja
Iya om K14B, berarti yg full synthetic API SN ya om, apa perlu flushing dulu sebelum ganti ke ptt?
Di flush dulu juga gpp lebih bagus, dulu sih waktu saya ganti dari sgo (belum ada ecstar) di splash saya ga pake flushing langsung tuang aja tapi oci yg pertama saya cepetin di 3000an kalo gasalah. Feelnya langaung beda banget ganti dari sgo ke ptt :big_biglaugh:
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

sintoni wrote:Kalau ga pake aja PTT dynamic commonrail ganti aja, pake 3k ganti..
Yang sekelas AMS SS apa om kalo oli diesel buat bebersih varnish? Minimal mau dipake 5000km/8bulan buat cuci varnish
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Mon May 31, 2021 12:18
sintoni wrote:Kalau ga pake aja PTT dynamic commonrail ganti aja, pake 3k ganti..
Yang sekelas AMS SS apa om kalo oli diesel buat bebersih varnish? Minimal mau dipake 5000km/8bulan buat cuci varnish
5w30?

Amsoil Max Duty
Q8 Formula T8700 or T8800

Both are Heavy Duty Diesel Oil
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:21 btw penasaran rocky 1.0 turbo bakal dikasih oli apa sama daihatsu ya? wkwkwkwk
DGO kuning donk

Mobil kelas mahal nya daihatsyu, wajip oli yg plg mahal nya jg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
silverserpent9
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri May 28, 2021 9:05
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga 2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by silverserpent9 »

fajarrian wrote: Mon May 31, 2021 12:09
silverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 9:57
fajarrian wrote: Mon May 31, 2021 7:48

2014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas aja
Iya om K14B, berarti yg full synthetic API SN ya om, apa perlu flushing dulu sebelum ganti ke ptt?
Di flush dulu juga gpp lebih bagus, dulu sih waktu saya ganti dari sgo (belum ada ecstar) di splash saya ga pake flushing langsung tuang aja tapi oci yg pertama saya cepetin di 3000an kalo gasalah. Feelnya langaung beda banget ganti dari sgo ke ptt :big_biglaugh:
Wah mantap om sarannya terima kasih banyak 🙏😁
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Omnibus wrote: Mon May 31, 2021 9:45
rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:21 btw penasaran rocky 1.0 turbo bakal dikasih oli apa sama daihatsu ya? wkwkwkwk
dgo fill n forget udah pasti

:mky_03:

Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 10:52
rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:19
MSU wrote: Mon May 31, 2021 8:42

ada benarnya omongan om....
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...

mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
:big_comfort:
semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.

klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan :big_biglaugh:
DOHC wrote: Mon May 31, 2021 13:52
rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:21 btw penasaran rocky 1.0 turbo bakal dikasih oli apa sama daihatsu ya? wkwkwkwk
DGO kuning donk

Mobil kelas mahal nya daihatsyu, wajip oli yg plg mahal nya jg
jadi budak beres


dayatsu sahabat ku



:big_comfort:



Taufiq6210 wrote: Mon May 31, 2021 11:19
rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24 PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...

saya sih eman ya hahaha

ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
gaspol resing tim
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Tue Jun 01, 2021 1:31
Omnibus wrote: Mon May 31, 2021 9:45
rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:21 btw penasaran rocky 1.0 turbo bakal dikasih oli apa sama daihatsu ya? wkwkwkwk
dgo fill n forget udah pasti

:mky_03:

Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 10:52
rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:19
iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...

mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
:big_comfort:
semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.

klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan :big_biglaugh:
DOHC wrote: Mon May 31, 2021 13:52
rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:21 btw penasaran rocky 1.0 turbo bakal dikasih oli apa sama daihatsu ya? wkwkwkwk
DGO kuning donk

Mobil kelas mahal nya daihatsyu, wajip oli yg plg mahal nya jg
jadi budak beres


dayatsu sahabat ku



:big_comfort:



Taufiq6210 wrote: Mon May 31, 2021 11:19
rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24 PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...

saya sih eman ya hahaha

ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
iya nih
sds gak bs jadi patokan utama, ya sekedar tau aja isinya.
tp kenyataan dan prakteknya bisa beda hasil di lapangan (bnyk faktor).

q8 formula yg lama, nothing special di sds dan aditif nya, tp hasil uoa nya bagus di mobil om aria dan om turbo, even dah dipakai 1 thn plus plus.

asumsi saya, karena Q8 diolah dari salah satu crude oil yg terbaik.
some reference bilang emang crude oil arab emg salah satu yg terbaik.

apalagi Q8 formula D1 G2 supposedly better result.
Q8 sering direkomen jg sama mbah turbo gajah terbang, yg suka semedi di trakindo lab

sy mau order lg mumpung ready stock, krn supply chain shortage ribet nih :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »

Suryaputra wrote:
rendr wrote: Tue Jun 01, 2021 1:31
Omnibus wrote: Mon May 31, 2021 9:45 dgo fill n forget udah pasti

:mky_03:

Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 10:52 semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.

klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan :big_biglaugh:
DOHC wrote: Mon May 31, 2021 13:52 DGO kuning donk

Mobil kelas mahal nya daihatsyu, wajip oli yg plg mahal nya jg
jadi budak beres


dayatsu sahabat ku



:big_comfort:



Taufiq6210 wrote: Mon May 31, 2021 11:19 Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...

saya sih eman ya hahaha

ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
iya nih
sds gak bs jadi patokan utama, ya sekedar tau aja isinya.
tp kenyataan dan prakteknya bisa beda hasil di lapangan (bnyk faktor).

q8 formula yg lama, nothing special di sds dan aditif nya, tp hasil uoa nya bagus di mobil om aria dan om turbo, even dah dipakai 1 thn plus plus.

asumsi saya, karena Q8 diolah dari salah satu crude oil yg terbaik.
some reference bilang emang crude oil arab emg salah satu yg terbaik.

apalagi Q8 formula D1 G2 supposedly better result.
Q8 sering direkomen jg sama mbah turbo gajah terbang, yg suka semedi di trakindo lab

sy mau order lg mumpung ready stock, krn supply chain shortage ribet nih :big_biglaugh:
Coba Om surya jgn pake q8 terus dong, sesekali pakai oli merek mbah omni yg ss series... sapa tau ketagihan & bisa report bedanya dimana.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Tue Jun 01, 2021 6:29
Suryaputra wrote:
rendr wrote: Tue Jun 01, 2021 1:31








jadi budak beres


dayatsu sahabat ku



:big_comfort:





coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...

saya sih eman ya hahaha

ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
iya nih
sds gak bs jadi patokan utama, ya sekedar tau aja isinya.
tp kenyataan dan prakteknya bisa beda hasil di lapangan (bnyk faktor).

q8 formula yg lama, nothing special di sds dan aditif nya, tp hasil uoa nya bagus di mobil om aria dan om turbo, even dah dipakai 1 thn plus plus.

asumsi saya, karena Q8 diolah dari salah satu crude oil yg terbaik.
some reference bilang emang crude oil arab emg salah satu yg terbaik.

apalagi Q8 formula D1 G2 supposedly better result.
Q8 sering direkomen jg sama mbah turbo gajah terbang, yg suka semedi di trakindo lab

sy mau order lg mumpung ready stock, krn supply chain shortage ribet nih :big_biglaugh:
Coba Om surya jgn pake q8 terus dong, sesekali pakai oli merek mbah omni yg ss series... sapa tau ketagihan & bisa report bedanya dimana.
iya ntar sy sikat 2 paket beda dah,
wkwkwkwkwkw.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri