bener juga yahbenzz89 wrote: Mon May 31, 2021 5:54Dikasih oli sapu jagat, disuruh ganti per 10 ribu km, setelah bikin sludge lalu dikasih engine flush. Oli matic ganti 100 ribu, oli gardan ganti 80 ribu... sekalian 1 set assy seglondongan kalo bisa.MSU wrote:apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
Sama kaya perusahaan farmasi yg bikin racun tapi juga bikin penawarnya serta vitamin2nya sekalian. Kiri-kanan menghasilkan wang... gak ada matinya.
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5999
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Kalau ga pake aja PTT dynamic commonrail ganti aja, pake 3k ganti..
-
DOHC
- Full Member of Mechanic Master

- Posts: 27794
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Betul itukompresorz wrote: Mon May 31, 2021 0:06
jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
Nyetir koq mantau2 rpm mulu
Nginjek gas ntar jadi takut2 rpm tinggi...
Biar irit irit rit rit... pait amat idup, aliran siksa diri itu namanya.... ga boleh itu
numpang lewat aja....
-
DOHC
- Full Member of Mechanic Master

- Posts: 27794
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Pake oli apa aj gapapaDodi778 wrote: Mon May 31, 2021 2:40 Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om?![]()
Yg penting asli
Kl daleman mesin ud varnish tebel item gelap gt, bagusan ganti oli nya tiap 5000 km aj, ntar lama2 bersih senndiri koq
numpang lewat aja....
-
fajarrian
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 615
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
2014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas ajasilverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 4:53 Pagi om, mohon pencerahannya om. sekarang lagi make Ertiga 2014 pre facelift 70rb KM, mau nyoba ganti oli selain ecstar/sgo, baca baca di forum ini katanya mesin flat-tappet harus cari oli yg antiwearnya tinggi ya? Ada rekomendasi oli yg bagus ga om? Thanks semuanya![]()
-
benzz89
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1239
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Paling enak emang bawa manual mbah... bisa injek gas sampe red line & kena cut off limiter, engine berebet goyang dikit lalu rpm otomatis lemes... sensasinya kaya pas lagi di puncak kena "O" gitu [emoji1]DOHC wrote:Betul itukompresorz wrote: Mon May 31, 2021 0:06
jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
Nyetir koq mantau2 rpm mulu
Nginjek gas ntar jadi takut2 rpm tinggi...
Biar irit irit rit rit... pait amat idup, aliran siksa diri itu namanya.... ga boleh itu
Habis itu oper gigi injek gas poll lg sampe "O" lagi... jd ketagihan hahahaha... gak perlu liat2 RPM lah, pokoknya sampai brebet baru oper gigi judulnya... tinggal sering2 aja OCI oli mesinnya biar tetap joss mesinnya.
-
DOHC
- Full Member of Mechanic Master

- Posts: 27794
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Kl di matic yg agak modern bisa kaya gt jg loh mbahbenzz89 wrote: Mon May 31, 2021 7:59Paling enak emang bawa manual mbah... bisa injek gas sampe red line & kena cut off limiter, engine berebet goyang dikit lalu rpm otomatis lemes... sensasinya kaya pas lagi di puncak kena "O" gitu [emoji1]DOHC wrote:Betul itukompresorz wrote: Mon May 31, 2021 0:06
jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
Nyetir koq mantau2 rpm mulu
Nginjek gas ntar jadi takut2 rpm tinggi...
Biar irit irit rit rit... pait amat idup, aliran siksa diri itu namanya.... ga boleh itu
Habis itu oper gigi injek gas poll lg sampe "O" lagi... jd ketagihan hahahaha... gak perlu liat2 RPM lah, pokoknya sampai brebet baru oper gigi judulnya... tinggal sering2 aja OCI oli mesinnya biar tetap joss mesinnya.
D gerobag sayur dual vvti saya, skrg tiap kl mendadak pedal to kampret trus saya tahan pedalnya, itu rpm bsa melejit ampe 5000 rpm lebi sikit loh sblom upshift.. padahal kl nyetir normal, 2000 aj ud upshift, malah kl lg cruising, dbawah 2000 sikit ud upshift
numpang lewat aja....
-
rendr
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1107
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....MSU wrote: Mon May 31, 2021 5:37apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 4:56mantap.. coba dibuka aja om.triport13 wrote: Mon May 31, 2021 4:51
Sama kayak saya nih kasusnya, pake TMO dan servis diberes tapi krn emg mobil saya jalannya ga jauh jd ya servis setaun sekali ke beres. Di km 80 ribuan ganti packing tutup klep baru ketauan kondisinya begitu, setelah itu baru tobat ganti oli yg bagusan dan OCI di max 5rb/6bln, sekarang udh 2 kali ganti oli pake AMS SS, gatau deh keadaannya gimana skrg dalemannya.
sharing dgn warga sini.
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..
sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..
itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
gaspol resing tim
-
MSU
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1944
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
ada benarnya omongan om....rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....MSU wrote: Mon May 31, 2021 5:37apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..
sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..
itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
-
rendr
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1107
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...MSU wrote: Mon May 31, 2021 8:42ada benarnya omongan om....rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....MSU wrote: Mon May 31, 2021 5:37
apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..
sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..
itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
gaspol resing tim
-
rendr
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1107
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
btw penasaran rocky 1.0 turbo bakal dikasih oli apa sama daihatsu ya? wkwkwkwk
gaspol resing tim
-
Omnibus
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11915
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
dgo fill n forget udah pastirendr wrote: Mon May 31, 2021 9:21 btw penasaran rocky 1.0 turbo bakal dikasih oli apa sama daihatsu ya? wkwkwkwk
-
silverserpent9
- Newbie

- Posts: 13
- Joined: Fri May 28, 2021 9:05
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga 2014
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Iya om K14B, berarti yg full synthetic API SN ya om, apa perlu flushing dulu sebelum ganti ke ptt?fajarrian wrote: Mon May 31, 2021 7:482014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas ajasilverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 4:53 Pagi om, mohon pencerahannya om. sekarang lagi make Ertiga 2014 pre facelift 70rb KM, mau nyoba ganti oli selain ecstar/sgo, baca baca di forum ini katanya mesin flat-tappet harus cari oli yg antiwearnya tinggi ya? Ada rekomendasi oli yg bagus ga om? Thanks semuanya![]()
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:19iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...MSU wrote: Mon May 31, 2021 8:42ada benarnya omongan om....rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24
udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....
ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..
sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..
itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
![]()
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.
klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
Taufiq6210
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 352
- Joined: Mon May 27, 2019 13:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24 PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
klo q8 formula series lain cerita om.Taufiq6210 wrote: Mon May 31, 2021 11:19Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24 PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
hahhaaha
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
fajarrian
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 615
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Di flush dulu juga gpp lebih bagus, dulu sih waktu saya ganti dari sgo (belum ada ecstar) di splash saya ga pake flushing langsung tuang aja tapi oci yg pertama saya cepetin di 3000an kalo gasalah. Feelnya langaung beda banget ganti dari sgo ke pttsilverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 9:57Iya om K14B, berarti yg full synthetic API SN ya om, apa perlu flushing dulu sebelum ganti ke ptt?fajarrian wrote: Mon May 31, 2021 7:482014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas ajasilverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 4:53 Pagi om, mohon pencerahannya om. sekarang lagi make Ertiga 2014 pre facelift 70rb KM, mau nyoba ganti oli selain ecstar/sgo, baca baca di forum ini katanya mesin flat-tappet harus cari oli yg antiwearnya tinggi ya? Ada rekomendasi oli yg bagus ga om? Thanks semuanya![]()
-
triport13
- New Member of Senior Mechanic

- Posts: 144
- Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: AVS
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Yang sekelas AMS SS apa om kalo oli diesel buat bebersih varnish? Minimal mau dipake 5000km/8bulan buat cuci varnishsintoni wrote:Kalau ga pake aja PTT dynamic commonrail ganti aja, pake 3k ganti..
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
5w30?triport13 wrote: Mon May 31, 2021 12:18Yang sekelas AMS SS apa om kalo oli diesel buat bebersih varnish? Minimal mau dipake 5000km/8bulan buat cuci varnishsintoni wrote:Kalau ga pake aja PTT dynamic commonrail ganti aja, pake 3k ganti..
Amsoil Max Duty
Q8 Formula T8700 or T8800
Both are Heavy Duty Diesel Oil
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
DOHC
- Full Member of Mechanic Master

- Posts: 27794
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
DGO kuning donkrendr wrote: Mon May 31, 2021 9:21 btw penasaran rocky 1.0 turbo bakal dikasih oli apa sama daihatsu ya? wkwkwkwk
Mobil kelas mahal nya daihatsyu, wajip oli yg plg mahal nya jg
numpang lewat aja....
-
silverserpent9
- Newbie

- Posts: 13
- Joined: Fri May 28, 2021 9:05
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga 2014
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Wah mantap om sarannya terima kasih banyakfajarrian wrote: Mon May 31, 2021 12:09Di flush dulu juga gpp lebih bagus, dulu sih waktu saya ganti dari sgo (belum ada ecstar) di splash saya ga pake flushing langsung tuang aja tapi oci yg pertama saya cepetin di 3000an kalo gasalah. Feelnya langaung beda banget ganti dari sgo ke pttsilverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 9:57Iya om K14B, berarti yg full synthetic API SN ya om, apa perlu flushing dulu sebelum ganti ke ptt?![]()
-
rendr
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1107
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 10:52semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:19iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...MSU wrote: Mon May 31, 2021 8:42
ada benarnya omongan om....
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
![]()
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.
klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan![]()
jadi budak beres
dayatsu sahabat ku
coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...Taufiq6210 wrote: Mon May 31, 2021 11:19Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24 PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
saya sih eman ya hahaha
ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
gaspol resing tim
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
iya nihrendr wrote: Tue Jun 01, 2021 1:31
Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 10:52semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:19
iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...
mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
![]()
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.
klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan
jadi budak beres
dayatsu sahabat ku
![]()
coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...Taufiq6210 wrote: Mon May 31, 2021 11:19Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24 PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
saya sih eman ya hahaha
ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
sds gak bs jadi patokan utama, ya sekedar tau aja isinya.
tp kenyataan dan prakteknya bisa beda hasil di lapangan (bnyk faktor).
q8 formula yg lama, nothing special di sds dan aditif nya, tp hasil uoa nya bagus di mobil om aria dan om turbo, even dah dipakai 1 thn plus plus.
asumsi saya, karena Q8 diolah dari salah satu crude oil yg terbaik.
some reference bilang emang crude oil arab emg salah satu yg terbaik.
apalagi Q8 formula D1 G2 supposedly better result.
Q8 sering direkomen jg sama mbah turbo gajah terbang, yg suka semedi di trakindo lab
sy mau order lg mumpung ready stock, krn supply chain shortage ribet nih
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
benzz89
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1239
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Coba Om surya jgn pake q8 terus dong, sesekali pakai oli merek mbah omni yg ss series... sapa tau ketagihan & bisa report bedanya dimana.Suryaputra wrote:iya nihrendr wrote: Tue Jun 01, 2021 1:31
Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 10:52 semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.
klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan
jadi budak beresDOHC wrote: Mon May 31, 2021 13:52 DGO kuning donk
Mobil kelas mahal nya daihatsyu, wajip oli yg plg mahal nya jg
dayatsu sahabat ku
![]()
coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...Taufiq6210 wrote: Mon May 31, 2021 11:19 Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
saya sih eman ya hahaha
ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
sds gak bs jadi patokan utama, ya sekedar tau aja isinya.
tp kenyataan dan prakteknya bisa beda hasil di lapangan (bnyk faktor).
q8 formula yg lama, nothing special di sds dan aditif nya, tp hasil uoa nya bagus di mobil om aria dan om turbo, even dah dipakai 1 thn plus plus.
asumsi saya, karena Q8 diolah dari salah satu crude oil yg terbaik.
some reference bilang emang crude oil arab emg salah satu yg terbaik.
apalagi Q8 formula D1 G2 supposedly better result.
Q8 sering direkomen jg sama mbah turbo gajah terbang, yg suka semedi di trakindo lab
sy mau order lg mumpung ready stock, krn supply chain shortage ribet nih
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
iya ntar sy sikat 2 paket beda dah,benzz89 wrote: Tue Jun 01, 2021 6:29Coba Om surya jgn pake q8 terus dong, sesekali pakai oli merek mbah omni yg ss series... sapa tau ketagihan & bisa report bedanya dimana.Suryaputra wrote:iya nihrendr wrote: Tue Jun 01, 2021 1:31
jadi budak beres
dayatsu sahabat ku
![]()
coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...
saya sih eman ya hahaha
ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
sds gak bs jadi patokan utama, ya sekedar tau aja isinya.
tp kenyataan dan prakteknya bisa beda hasil di lapangan (bnyk faktor).
q8 formula yg lama, nothing special di sds dan aditif nya, tp hasil uoa nya bagus di mobil om aria dan om turbo, even dah dipakai 1 thn plus plus.
asumsi saya, karena Q8 diolah dari salah satu crude oil yg terbaik.
some reference bilang emang crude oil arab emg salah satu yg terbaik.
apalagi Q8 formula D1 G2 supposedly better result.
Q8 sering direkomen jg sama mbah turbo gajah terbang, yg suka semedi di trakindo lab
sy mau order lg mumpung ready stock, krn supply chain shortage ribet nih
wkwkwkwkwkw.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri

