Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mantap.. coba dibuka aja om.
sharing dgn warga sini.
apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
Dikasih oli sapu jagat, disuruh ganti per 10 ribu km, setelah bikin sludge lalu dikasih engine flush. Oli matic ganti 100 ribu, oli gardan ganti 80 ribu... sekalian 1 set assy seglondongan kalo bisa.
Sama kaya perusahaan farmasi yg bikin racun tapi juga bikin penawarnya serta vitamin2nya sekalian. Kiri-kanan menghasilkan wang... gak ada matinya.
bener juga yah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Dodi778 wrote: Mon May 31, 2021 2:40
Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om?
Pake oli apa aj gapapa
Yg penting asli
Kl daleman mesin ud varnish tebel item gelap gt, bagusan ganti oli nya tiap 5000 km aj, ntar lama2 bersih senndiri koq
silverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 4:53
Pagi om, mohon pencerahannya om. sekarang lagi make Ertiga 2014 pre facelift 70rb KM, mau nyoba ganti oli selain ecstar/sgo, baca baca di forum ini katanya mesin flat-tappet harus cari oli yg antiwearnya tinggi ya? Ada rekomendasi oli yg bagus ga om? Thanks semuanya
2014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas aja
jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
Betul itu
Nyetir koq mantau2 rpm mulu
Nginjek gas ntar jadi takut2 rpm tinggi...
Biar irit irit rit rit... pait amat idup, aliran siksa diri itu namanya.... ga boleh itu
Paling enak emang bawa manual mbah... bisa injek gas sampe red line & kena cut off limiter, engine berebet goyang dikit lalu rpm otomatis lemes... sensasinya kaya pas lagi di puncak kena "O" gitu [emoji1]
Habis itu oper gigi injek gas poll lg sampe "O" lagi... jd ketagihan hahahaha... gak perlu liat2 RPM lah, pokoknya sampai brebet baru oper gigi judulnya... tinggal sering2 aja OCI oli mesinnya biar tetap joss mesinnya.
jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
Betul itu
Nyetir koq mantau2 rpm mulu
Nginjek gas ntar jadi takut2 rpm tinggi...
Biar irit irit rit rit... pait amat idup, aliran siksa diri itu namanya.... ga boleh itu
Paling enak emang bawa manual mbah... bisa injek gas sampe red line & kena cut off limiter, engine berebet goyang dikit lalu rpm otomatis lemes... sensasinya kaya pas lagi di puncak kena "O" gitu [emoji1]
Habis itu oper gigi injek gas poll lg sampe "O" lagi... jd ketagihan hahahaha... gak perlu liat2 RPM lah, pokoknya sampai brebet baru oper gigi judulnya... tinggal sering2 aja OCI oli mesinnya biar tetap joss mesinnya.
Kl di matic yg agak modern bisa kaya gt jg loh mbah
D gerobag sayur dual vvti saya, skrg tiap kl mendadak pedal to kampret trus saya tahan pedalnya, itu rpm bsa melejit ampe 5000 rpm lebi sikit loh sblom upshift.. padahal kl nyetir normal, 2000 aj ud upshift, malah kl lg cruising, dbawah 2000 sikit ud upshift
triport13 wrote: Mon May 31, 2021 4:51
Sama kayak saya nih kasusnya, pake TMO dan servis diberes tapi krn emg mobil saya jalannya ga jauh jd ya servis setaun sekali ke beres. Di km 80 ribuan ganti packing tutup klep baru ketauan kondisinya begitu, setelah itu baru tobat ganti oli yg bagusan dan OCI di max 5rb/6bln, sekarang udh 2 kali ganti oli pake AMS SS, gatau deh keadaannya gimana skrg dalemannya.
mantap.. coba dibuka aja om.
sharing dgn warga sini.
apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....
ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..
sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..
itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
mantap.. coba dibuka aja om.
sharing dgn warga sini.
apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....
ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..
sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..
itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
ada benarnya omongan om....
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....
ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..
sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..
itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
ada benarnya omongan om....
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...
mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
silverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 4:53
Pagi om, mohon pencerahannya om. sekarang lagi make Ertiga 2014 pre facelift 70rb KM, mau nyoba ganti oli selain ecstar/sgo, baca baca di forum ini katanya mesin flat-tappet harus cari oli yg antiwearnya tinggi ya? Ada rekomendasi oli yg bagus ga om? Thanks semuanya
2014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas aja
Iya om K14B, berarti yg full synthetic API SN ya om, apa perlu flushing dulu sebelum ganti ke ptt?
rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24
udh banyak om.. cuman belom pada nyadar dan dianggep lumrah aja karena dianggep udh jalan jauh... padahal yg bener mau odo 300rebu 500rebu km juga kalo olinya bener mah kinclong2 aja....
ga cmn atoyot, mbah takumi pernah buka mesin terios ikutin anjuran interval serpis beres dayatsu... persis kek diatas fotonya... oya pernah ada evalia juga yg sharing di sini kalo ga salah isinya begitu..
sekalinya beres suzuki minta serpis tiap 5rb km customer pada protes.. nuduh beres nyari untung... susah om org sini... kalo belom ngalamin sendiri ga percaya..
itu atoyot ya pake TMO 10w40 / 15w40 ditulis buat 10k km... lah gila kali ya.. ga heran la pada begitu jeroannya...
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
ada benarnya omongan om....
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...
mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.
klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
klo q8 formula series lain cerita om.
hahhaaha
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
silverserpent9 wrote: Mon May 31, 2021 4:53
Pagi om, mohon pencerahannya om. sekarang lagi make Ertiga 2014 pre facelift 70rb KM, mau nyoba ganti oli selain ecstar/sgo, baca baca di forum ini katanya mesin flat-tappet harus cari oli yg antiwearnya tinggi ya? Ada rekomendasi oli yg bagus ga om? Thanks semuanya
2014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas aja
Iya om K14B, berarti yg full synthetic API SN ya om, apa perlu flushing dulu sebelum ganti ke ptt?
Di flush dulu juga gpp lebih bagus, dulu sih waktu saya ganti dari sgo (belum ada ecstar) di splash saya ga pake flushing langsung tuang aja tapi oci yg pertama saya cepetin di 3000an kalo gasalah. Feelnya langaung beda banget ganti dari sgo ke ptt
2014 berarti K14B ya mesinnya? Ptt 530 botol emas aja
Iya om K14B, berarti yg full synthetic API SN ya om, apa perlu flushing dulu sebelum ganti ke ptt?
Di flush dulu juga gpp lebih bagus, dulu sih waktu saya ganti dari sgo (belum ada ecstar) di splash saya ga pake flushing langsung tuang aja tapi oci yg pertama saya cepetin di 3000an kalo gasalah. Feelnya langaung beda banget ganti dari sgo ke ptt
ada benarnya omongan om....
sy pake 10W-40 walaupun bukan TMO...5000km ditempuh dalam 2thn lewat...
so far sepertinya aman ga ada sludge (patokan dari mangkok busi mesin 7K yg bisa dilepas kl ganti busi)...masih kinclong
iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...
mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.
klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan
rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...
saya sih eman ya hahaha
ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
rendr wrote: Mon May 31, 2021 9:19
iyaa... jgnkan 10w40, oli macem SGO 5w30 aja yg dibotol tulisannya "full syn" aja cuman jalan 5rb km / 4 bulan TBN udh kepala 3.. apalagi PCMO 10w40... lain cerita 10w40 HDEO ya...
mana di beres atoyot ga murah itu, oli 5w30 bisa kena 110-170rban seliter... astaga cuan cuan cuan
semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.
klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan
rendr wrote: Mon May 31, 2021 8:24
PCMO mana 10w40 yg sanggup 10k km kecuali Amsoil XL... itupun udh ga masuk sini lagi... sisanya mah oli2 grup 2 kebawah, paling yg ada campuran grup 3 valvoline durablend... itupun cmn 20-30%
Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...
saya sih eman ya hahaha
ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
iya nih
sds gak bs jadi patokan utama, ya sekedar tau aja isinya.
tp kenyataan dan prakteknya bisa beda hasil di lapangan (bnyk faktor).
q8 formula yg lama, nothing special di sds dan aditif nya, tp hasil uoa nya bagus di mobil om aria dan om turbo, even dah dipakai 1 thn plus plus.
asumsi saya, karena Q8 diolah dari salah satu crude oil yg terbaik.
some reference bilang emang crude oil arab emg salah satu yg terbaik.
apalagi Q8 formula D1 G2 supposedly better result.
Q8 sering direkomen jg sama mbah turbo gajah terbang, yg suka semedi di trakindo lab
sy mau order lg mumpung ready stock, krn supply chain shortage ribet nih
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Omnibus wrote: Mon May 31, 2021 9:45
dgo fill n forget udah pasti
Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 10:52
semua oli mesin jual di beres, pasti cuan besarr om.
itu plg cepet muter nya.
krn aturannya per 6 bulan sekali klo dr segi waktu OCI.
klo nggak, gmn mereka mau nutup modal capex dan opex bulanan
DOHC wrote: Mon May 31, 2021 13:52
DGO kuning donk
Mobil kelas mahal nya daihatsyu, wajip oli yg plg mahal nya jg
jadi budak beres
dayatsu sahabat ku
Taufiq6210 wrote: Mon May 31, 2021 11:19
Bukannya yang A3/B4 bisa 10 ribu km ya? Ada Q8 Formula Advanced dan Motul 6100, kalau diliat viscosity index-nya dikisaran 150an berarti termasuk grup 3 juga kan?
coba di test lab aja om jalan 10rb km gimana...
saya sih eman ya hahaha
ga cuman dari VI doang trus bisa ditentuin, liat SDS nya aja, cuman 25% doang paling grup 3 nya
iya nih
sds gak bs jadi patokan utama, ya sekedar tau aja isinya.
tp kenyataan dan prakteknya bisa beda hasil di lapangan (bnyk faktor).
q8 formula yg lama, nothing special di sds dan aditif nya, tp hasil uoa nya bagus di mobil om aria dan om turbo, even dah dipakai 1 thn plus plus.
asumsi saya, karena Q8 diolah dari salah satu crude oil yg terbaik.
some reference bilang emang crude oil arab emg salah satu yg terbaik.
apalagi Q8 formula D1 G2 supposedly better result.
Q8 sering direkomen jg sama mbah turbo gajah terbang, yg suka semedi di trakindo lab
sy mau order lg mumpung ready stock, krn supply chain shortage ribet nih
Coba Om surya jgn pake q8 terus dong, sesekali pakai oli merek mbah omni yg ss series... sapa tau ketagihan & bisa report bedanya dimana.