Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
blloewy wrote: Thu Apr 08, 2021 12:49
Mbah shifu plop...
Coolant Nissan awalnya di reservoir max...
Trs turun pas mesin dingin sedikit lah
Saya tambahin air...
Skrg tetep segitu aja...sirkulasi coolant kl mesin panas ama dingin gmn ya mbah di reservoir posisinya?
Sekalian OOT cek motor fan radiator gmn caranya ya?
Di Bukman Lipindut yg keluara Nissan ngga nemu caranya.
kl ga turun2 lg di reservoir ya bagus om.
biasanya kl dingin dia turun. kl panas dia nambah.
motor fan? kl mobil abis dipake, pas udah di rumah buka aja kap mesin. liat puterannya kenceng ngga. sekali dgn AC ON, sekali lg dgn AC OFF.
kl ga salah dia kan ada 2 speed, low n high. yg penting pas high (suhu kerja normal) si fan beneran kenceng muternya.
lipindut mah ga perlu buka kap mesin (kcuali pengen sauna muka )
kl fan nya lg high, tetangga jg bsa denger koq wunggggggg nya
blloewy wrote: Thu Apr 08, 2021 12:49
Mbah shifu plop...
Coolant Nissan awalnya di reservoir max...
Trs turun pas mesin dingin sedikit lah
Saya tambahin air...
Skrg tetep segitu aja...sirkulasi coolant kl mesin panas ama dingin gmn ya mbah di reservoir posisinya?
Sekalian OOT cek motor fan radiator gmn caranya ya?
Di Bukman Lipindut yg keluara Nissan ngga nemu caranya.
kl ga turun2 lg di reservoir ya bagus om.
biasanya kl dingin dia turun. kl panas dia nambah.
motor fan? kl mobil abis dipake, pas udah di rumah buka aja kap mesin. liat puterannya kenceng ngga. sekali dgn AC ON, sekali lg dgn AC OFF.
kl ga salah dia kan ada 2 speed, low n high. yg penting pas high (suhu kerja normal) si fan beneran kenceng muternya.
Iya bener mbah...
Kl dingin dia turun sedikit dan kl panas dia di batas max reservoir.
Hmm...kadang2 kl hbs jalan jauh dan mobil masuk carport sebelum mesin mati suka nyala dulu fan nya.
Kondisi AC OFF, saya tunggu sampai fan mati baru engine off.
Kurleb 2-3 menit lah dari posisi parkir sampai mesin dimatikan.
Itu normal kah mbah?
Maklum dulu pakenya mitsu kuda yg kipas fan nya msh oake visco jd ngeceknya mudah
blloewy wrote: Thu Apr 08, 2021 12:49
Mbah shifu plop...
Coolant Nissan awalnya di reservoir max...
Trs turun pas mesin dingin sedikit lah
Saya tambahin air...
Skrg tetep segitu aja...sirkulasi coolant kl mesin panas ama dingin gmn ya mbah di reservoir posisinya?
Sekalian OOT cek motor fan radiator gmn caranya ya?
Di Bukman Lipindut yg keluara Nissan ngga nemu caranya.
kl ga turun2 lg di reservoir ya bagus om.
biasanya kl dingin dia turun. kl panas dia nambah.
motor fan? kl mobil abis dipake, pas udah di rumah buka aja kap mesin. liat puterannya kenceng ngga. sekali dgn AC ON, sekali lg dgn AC OFF.
kl ga salah dia kan ada 2 speed, low n high. yg penting pas high (suhu kerja normal) si fan beneran kenceng muternya.
lipindut mah ga perlu buka kap mesin (kcuali pengen sauna muka )
kl fan nya lg high, tetangga jg bsa denger koq wunggggggg nya
Emang iya sich...itu suara kipas kenceng banget dan kedengeran banget...
Justru kl ngga kedengeran malah deg deg serrr.....
Hmm...kadang2 kl hbs jalan jauh dan mobil masuk carport sebelum mesin mati suka nyala dulu fan nya.
Kondisi AC OFF, saya tunggu sampai fan mati baru engine off.
Hmm...kadang2 kl hbs jalan jauh dan mobil masuk carport sebelum mesin mati suka nyala dulu fan nya.
Kondisi AC OFF, saya tunggu sampai fan mati baru engine off.
nubie numpang jawap
yg ta bold, amat sangat betul dan disarankan
Kl beginj berasa pny 2KD atau VRZ versi diesel yg pake turbo timer....
Cuma bedanya ini u mobil bensin lipindut dan kudu dengerin suara fannya mati dulu dan 30 detik kemudian baru matikan mesin
Hmm...kadang2 kl hbs jalan jauh dan mobil masuk carport sebelum mesin mati suka nyala dulu fan nya.
Kondisi AC OFF, saya tunggu sampai fan mati baru engine off.
nubie numpang jawap
yg ta bold, amat sangat betul dan disarankan
Kl beginj berasa pny 2KD atau VRZ versi diesel yg pake turbo timer....
Cuma bedanya ini u mobil bensin lipindut dan kudu dengerin suara fannya mati dulu dan 30 detik kemudian baru matikan mesin
udah bener itu caranya
besok spy ga nunggu sia2, sambil dengerin sambil buka pintu supir sambil tetap duduk ga apa2, trus tangan keluarin ke kolong. kl berasa hawa panasnya berarti aman.
besoknya lagi kl abis prokes cuci tangan trus mau keringin ga ada hand dryer, bisa coba cara itu.
Tokped Shell Official kemasan 4L sisa 1. Karena butuhnya 2x4L, saya beli dari toko lain. Sejauh ini saya pantau baru ada 1 seller non official store yang jual Shell Coolant ini jadi saya berani ambil. Harga cuman beda 9 ribu lebih mahal dari harga diskonnya si official
Tokped Shell Official kemasan 4L sisa 1. Karena butuhnya 2x4L, saya beli dari toko lain. Sejauh ini saya pantau baru ada 1 seller non official store yang jual Shell Coolant ini jadi saya berani ambil. Harga cuman beda 9 ribu lebih mahal dari harga diskonnya si official
sintoni wrote: Thu Apr 08, 2021 23:39
Ini shell 30/70 maksudnya 70 air atau 70 coolant?
areatwqwucx.jpeg
Dilihat dari freezing pointnya, lebih masuk akal ke 30% coolant/70% air.
Admin Tokped ya suka begitu om. Kayak kemarin saya tanyakan Valvoline apakah coolantnya Phospated OAT, mereka meng-iyakan padahal jelas tertera di kemasannya "no phospates"
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
adityabp wrote: Thu Apr 08, 2021 6:50
Wkwkwkw, sama dgn C24 saya waktu saya angkat 3 thn yll.
Males kuras, akhirnya saya tambahin seiken aja tiap kali dah deket Min. Selama 3thn!
sebaiknya dikuras om. sekalian check buntu ngga radiatornya. plus check motor fan radiator. mobil itu langganan sakitnya itu2 soalnya. kl sampe overheat sayang, udah banyak kejadian.
Waktu awal ngangkat nih mobil, emg dah mau saya kuras.
Cuma pas saya intip radiatornya, dalemnya masih kinclong, gak ada kerak/noda kuning karat. Cuma coolantnya aja yg bening agak kuning.
Yaudahlah, gak usah aja deh. Top up aja pake seiken.
3 thn kemudian baru saya kuras...
.
.
.
.
.
.
.
.
sekalian ganti radiatornya.
mcdelivery wrote: Thu Apr 08, 2021 4:40
Saya pake t30 dan tadi pagi ngecek coolant reservoir warnanya bening... Padahal 3 taun lalu warnanya hijau
Wkwkwkw, sama dgn C24 saya waktu saya angkat 3 thn yll.
Males kuras, akhirnya saya tambahin seiken aja tiap kali dah deket Min. Selama 3thn!
Segitu banyak berkurangnya kah Om?
Di Greco tuwir saya aja 5rb km paling cuma berkurang 100-200 ml
Kebetulan uppertanknya memang ada retak rambut, yg baru saya temukan setahun setelah ngangkat.
Cuma berkurangnya coolant di reservoir memang gak linier. Kalo diisi penuh sampai di atas MAX, dlm waktu sebulan pas turun setengah. Tapi setelah itu turunnya dikit2x, sampai MIN kurleb 3 bln.
blloewy wrote: Thu Apr 08, 2021 12:49
Mbah shifu plop...
Coolant Nissan awalnya di reservoir max...
Trs turun pas mesin dingin sedikit lah
Saya tambahin air...
Skrg tetep segitu aja...sirkulasi coolant kl mesin panas ama dingin gmn ya mbah di reservoir posisinya?
Sekalian OOT cek motor fan radiator gmn caranya ya?
Di Bukman Lipindut yg keluara Nissan ngga nemu caranya.
kl ga turun2 lg di reservoir ya bagus om.
biasanya kl dingin dia turun. kl panas dia nambah.
motor fan? kl mobil abis dipake, pas udah di rumah buka aja kap mesin. liat puterannya kenceng ngga. sekali dgn AC ON, sekali lg dgn AC OFF.
kl ga salah dia kan ada 2 speed, low n high. yg penting pas high (suhu kerja normal) si fan beneran kenceng muternya.
lipindut mah ga perlu buka kap mesin (kcuali pengen sauna muka )
kl fan nya lg high, tetangga jg bsa denger koq wunggggggg nya
Kebetulan tetangga sebelah juga ngangkat C24.
Nah, tiap kali doi pulang, saya selalu dengerin suara kipasnya. Kok beda ya, punya doi gak pernah kedengaran highspeed fannya nyala. Lah, punya saya kok pasti nyala highspeed fannya tiap kali masuk garasi.
Akhirnya misteri terjawab setelah saya ganti radiator. Radiator yg lama, fin2x yg deket kipas banyak yg ketekuk. Trus fin2x yg di depan, hampir 1/2nya ketutup kotoran.
kl ga turun2 lg di reservoir ya bagus om.
biasanya kl dingin dia turun. kl panas dia nambah.
motor fan? kl mobil abis dipake, pas udah di rumah buka aja kap mesin. liat puterannya kenceng ngga. sekali dgn AC ON, sekali lg dgn AC OFF.
kl ga salah dia kan ada 2 speed, low n high. yg penting pas high (suhu kerja normal) si fan beneran kenceng muternya.
lipindut mah ga perlu buka kap mesin (kcuali pengen sauna muka )
kl fan nya lg high, tetangga jg bsa denger koq wunggggggg nya
Kebetulan tetangga sebelah juga ngangkat C24.
Nah, tiap kali doi pulang, saya selalu dengerin suara kipasnya. Kok beda ya, punya doi gak pernah kedengaran highspeed fannya nyala. Lah, punya saya kok pasti nyala highspeed fannya tiap kali masuk garasi.
Akhirnya misteri terjawab setelah saya ganti radiator. Radiator yg lama, fin2x yg deket kipas banyak yg ketekuk. Trus fin2x yg di depan, hampir 1/2nya ketutup kotoran.
Kl d L10 dl mmg sperti itu om dr baru nya
Krn ruang mesin kl saya perhatikan agak ramai padat d skitar radiator, moncong nya kl diliat dari ujung bemper ke kondersor dan radiator mepet skali, blom lg bentuk grill nya kan agak rapat2.. malah gen L11 saya liat sudah lebi bagus, ruang radiator dan kondensor ud jauhhh lebi luas