Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
coolant honda bawaan yg warna biru itu sebenernya yg the best om.. bener2 aseli P-OAT, made in thailand makanya mahal banget seliter
kl yg ijo murah meriah itu, entahlah isi nya apa om, tp saya yakin bukan yg sebagus warna biru punya
tp kl om rajin ganti tiap taon yah pake yg ijo aj gapapa.. saya dl di hrv jg sempet ganti beberapa kl pake yg ijo
Mobilio thn 2015 bawaannya hijau. Kalau HRV 2019 bawaan biru.
Mobilio tiap 2 thn ganti coolant dr beres warna hijau aman gak yah? Atau memang aturannya 1 thn sekali?
Hah ? Ga mungkin om warna ijo, dl jazz GE8 saya 2010 aj ud biru loh.. ohh 2 taon ganti gapapa, emg umur coolant IAT segitu pas
Mobilio kan mobil murah, jangan samain Jazz. Barunya beda 60 sd 70 jt
Saya justru taunya yang ijo. Begitu lihat HRV loh kok beda warna ... sampai ambil pipet taruh di botol. loh warna biru ini
Rencana HRV nanti kalau setelah 4 thn dari baru mau ganti juga ke warna hijau.
HRV apakah ada process bleeding angin?
Atau tinggal buka tutup bawah dan atas. keluarin airnya. juga keluarin yang di penampungan. kemudian tutup bawah, isi dari atas hingga penuh. Isi juga di penampungan. gas2x sampai gelembung udara habis. SELESAI
Setelah itu tiap kali habis pakai kalau kurang tambahkan sampai F lebih dikit.
Apakah cukup cara ganti HRV seperti itu?
Mobilio thn 2015 bawaannya hijau. Kalau HRV 2019 bawaan biru.
Mobilio tiap 2 thn ganti coolant dr beres warna hijau aman gak yah? Atau memang aturannya 1 thn sekali?
Hah ? Ga mungkin om warna ijo, dl jazz GE8 saya 2010 aj ud biru loh.. ohh 2 taon ganti gapapa, emg umur coolant IAT segitu pas
Mobilio kan mobil murah, jangan samain Jazz. Barunya beda 60 sd 70 jt
Saya justru taunya yang ijo. Begitu lihat HRV loh kok beda warna ... sampai ambil pipet taruh di botol. loh warna biru ini
Rencana HRV nanti kalau setelah 4 thn dari baru mau ganti juga ke warna hijau.
HRV apakah ada process bleeding angin?
Atau tinggal buka tutup bawah dan atas. keluarin airnya. juga keluarin yang di penampungan. kemudian tutup bawah, isi dari atas hingga penuh. Isi juga di penampungan. gas2x sampai gelembung udara habis. SELESAI
Setelah itu tiap kali habis pakai kalau kurang tambahkan sampai F lebih dikit.
Apakah cukup cara ganti HRV seperti itu?
Ritual om seperti apa?
Ritual saya sama persis koq kaya om
Cuman paling biasa saya pas ngisi airnya, bagian depan mobil saya dongkrak, jd posisi mulut radiator lebi tinggi dr mesin
Mobilio, jazz hrv beda harga tp mesin sama aj om... ini saya baru tau ternyata honda bedain warna
Parah jg yah
Agya saya aj coolant nya sama loh ama inofa.. harga aj ud beda jauh
rendr wrote: Wed Apr 07, 2021 5:08
awalnya ane ga percaya karena ini yg all weather,
pas baca SDS yg Valvoline RTU yg dijual di tokped ternyata ada 2EHA juga...
valvoooortu.jpg
Valvoline Long Life Coolant RTU 50/50 yang saya ketemu banyak di marketplace sepertinya yang made in India, distributed by Valvo Singapore, P/N 888811.
Kalau tidak salah ingat, Avanza 1.5 Veloz teman saya yang sekarang odonya sudah 90 ribuan selalu dicekokin Prestone Precision Blend, aman-aman saja. Saya pun pernah pakai di Honda Civic saya meski hanya sekitar 2 tahunan sebelum ganti PTT 50/50, aman-aman saja sejauh ini.
Apakah ketakutan terhadap 2-EHA ini sangat berlebihan ya? Minimal kalau benar berbahaya, efeknya sangat jangka panjang kali ya
ane jujur belom nguasain banget soal coolant ini, mungkin mbah Turboman bisa bantu nurunin ilmunya kemari....
kalo baca2 sih ya, 2EHA ini maksudnya baik, buat ngelemesin plastik2 sama seal.... ada aja mobil yg ga cucok ...
kalo papanja , kijang, panter , kuda ini si badak ya.. air ledeng aja ditelen
triport13 wrote: Tue Apr 06, 2021 23:31
Maap numpang nimbrung obrolan suhu2, jd baiknya utk coolant merk apa ya kalo utk 3SZ? Pas bgt udh taun semenjak flush, terakhir saya pake prestone cairan warna merah, dan beli dmn yg pasti ori?
bantu jawab tp bukan suhu
3sz sebaiknya pakai coolant toyota aja. kl mau yg bagus beli yg sllc (super long life coolant) sebab ada jg yg llc aja (tanpa super). beli di beres utk menjamin keaslian. ganti tiap 2-3 taun.
Valvoline Long Life Coolant RTU 50/50 yang saya ketemu banyak di marketplace sepertinya yang made in India, distributed by Valvo Singapore, P/N 888811.
Kalau tidak salah ingat, Avanza 1.5 Veloz teman saya yang sekarang odonya sudah 90 ribuan selalu dicekokin Prestone Precision Blend, aman-aman saja. Saya pun pernah pakai di Honda Civic saya meski hanya sekitar 2 tahunan sebelum ganti PTT 50/50, aman-aman saja sejauh ini.
Apakah ketakutan terhadap 2-EHA ini sangat berlebihan ya? Minimal kalau benar berbahaya, efeknya sangat jangka panjang kali ya
ane jujur belom nguasain banget soal coolant ini, mungkin mbah Turboman bisa bantu nurunin ilmunya kemari....
kalo baca2 sih ya, 2EHA ini maksudnya baik, buat ngelemesin plastik2 sama seal.... ada aja mobil yg ga cucok ...
kalo papanja , kijang, panter , kuda ini si badak ya.. air ledeng aja ditelen
Apakah tabel aplikasi coolant yang saya temukan ini akurat untuk spek Indonesia?
Kl berdasar ini mestinya untuk mobil jepang bisa pakai sembarang coolant :
Tmo 30/70 ataupun 50/50
Honda hijau ataupun biru
Sgo
Dgo
Mazda fl22 ataupun jis k2234
Seiken (?)
Denso (?)
Kebetulan sempat lihat di sebuah toko oli, jual prestone konsentrat botol kuning tutup hitam 1L, stok sdh luaaammaaaaa banget, ada tulisan mengandung silicat silicon.
mcdelivery wrote: Thu Apr 08, 2021 4:40
Saya pake t30 dan tadi pagi ngecek coolant reservoir warnanya bening... Padahal 3 taun lalu warnanya hijau
Koq bs abis ya pewarnanya. Padahal pewarna itu tidak untuk menunjukan indikator apapun, hanya gunanya untuk mencari kebocoran aja.
Makanya yg jenis iat diganti tiap 2th walaupun secara kasat mata masih bersih dan warnanya bagus, tp inhibitornya secara umur sudah habis
adityabp wrote: Thu Apr 08, 2021 6:50
Wkwkwkw, sama dgn C24 saya waktu saya angkat 3 thn yll.
Males kuras, akhirnya saya tambahin seiken aja tiap kali dah deket Min. Selama 3thn!
sebaiknya dikuras om. sekalian check buntu ngga radiatornya. plus check motor fan radiator. mobil itu langganan sakitnya itu2 soalnya. kl sampe overheat sayang, udah banyak kejadian.
adityabp wrote: Thu Apr 08, 2021 6:50
Wkwkwkw, sama dgn C24 saya waktu saya angkat 3 thn yll.
Males kuras, akhirnya saya tambahin seiken aja tiap kali dah deket Min. Selama 3thn!
sebaiknya dikuras om. sekalian check buntu ngga radiatornya. plus check motor fan radiator. mobil itu langganan sakitnya itu2 soalnya. kl sampe overheat sayang, udah banyak kejadian.
Mbah shifu plop...
Coolant Nissan awalnya di reservoir max...
Trs turun pas mesin dingin sedikit lah
Saya tambahin air...
Skrg tetep segitu aja...sirkulasi coolant kl mesin panas ama dingin gmn ya mbah di reservoir posisinya?
Sekalian OOT cek motor fan radiator gmn caranya ya?
Di Bukman Lipindut yg keluara Nissan ngga nemu caranya.
blloewy wrote: Thu Apr 08, 2021 12:49
Mbah shifu plop...
Coolant Nissan awalnya di reservoir max...
Trs turun pas mesin dingin sedikit lah
Saya tambahin air...
Skrg tetep segitu aja...sirkulasi coolant kl mesin panas ama dingin gmn ya mbah di reservoir posisinya?
Sekalian OOT cek motor fan radiator gmn caranya ya?
Di Bukman Lipindut yg keluara Nissan ngga nemu caranya.
kl ga turun2 lg di reservoir ya bagus om.
biasanya kl dingin dia turun. kl panas dia nambah.
motor fan? kl mobil abis dipake, pas udah di rumah buka aja kap mesin. liat puterannya kenceng ngga. sekali dgn AC ON, sekali lg dgn AC OFF.
kl ga salah dia kan ada 2 speed, low n high. yg penting pas high (suhu kerja normal) si fan beneran kenceng muternya.