Ganti air radiator beda merk
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Wed Nov 11, 2015 7:16
- Daily Vehicle: BMW
Ganti air radiator beda merk
Teman2, apakah boleh untuk menambah air radiator dengan beda merk tapi masih satu warna (merah). Kebetulan e36 sy saat ini pake coolant merk wealthy, mau refresh coolant (bukan full flush) rada susah nemu merk ini ada jg yang merk lain, aman kah jika dicampur ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Ganti air radiator beda merk
sebenarnya gak masalah..asal kandungannya sama..
masalahnya kita tidak tau kandungan dan gak dijelaskan di kemasan..
untuk mobil lama , disarankan memakai coolant tradisional ,( bukan long life) , yg memakai pospat dan atau silikat untuk rust inhibibitornya...(biasanya usianya 2 tahunan wajib dikuras).
untuk mobil baru biasanya pakai long life , oat (organic acid technology) , sebagai rust inhibitor , yg ramah lingkungan....biasanya coolant diganti lebih dari 4 sd 5 tahunan..
oat itu ada yg mengandung Potassium 2-ethylhexanoate dan ethylhexanoic acid yang incompatible dgn nylon 6,6 dan silicone rubber, yg istilahnya plasticizer. (merk dexcool yg ramai di eropa karena kerusakan seal pada truk gm ), dan ada kasus kebocoran pada honda crv.
kalau kita memakai oat yg mengandung 2 eha tersebut , biasanya seal2 karet akan bocor (sering terjadi di eropa yg memakai dexcool oat) . Mulai dari niple selang2 , bahkan seal2 water pump bisa bocor.
oat toyota dan honda memakai sebacate dan tidak mengandung 2 eha. Jadi kemungkinan relatif aman thd karet..
kalo prestone , yg tradisional warna hijau , yg oat warna orange...cuma kandungan yg orange ane gak tau...tapi ane pernah pakai dan sukses membuat bocor seal2 pada niple selang radiator dan water pump pada mobil jadul ane civic.
kalo pengen aman ,pakai yg tradisional agar seal terlindungi..atau oat tanpa 2 EHA.
makanya kita hrs hati2 pakai coolant...
nb: jangan pakai radiator flush ya...atau bolong kecil2 radiatornya..
masalahnya kita tidak tau kandungan dan gak dijelaskan di kemasan..
untuk mobil lama , disarankan memakai coolant tradisional ,( bukan long life) , yg memakai pospat dan atau silikat untuk rust inhibibitornya...(biasanya usianya 2 tahunan wajib dikuras).
untuk mobil baru biasanya pakai long life , oat (organic acid technology) , sebagai rust inhibitor , yg ramah lingkungan....biasanya coolant diganti lebih dari 4 sd 5 tahunan..
oat itu ada yg mengandung Potassium 2-ethylhexanoate dan ethylhexanoic acid yang incompatible dgn nylon 6,6 dan silicone rubber, yg istilahnya plasticizer. (merk dexcool yg ramai di eropa karena kerusakan seal pada truk gm ), dan ada kasus kebocoran pada honda crv.
kalau kita memakai oat yg mengandung 2 eha tersebut , biasanya seal2 karet akan bocor (sering terjadi di eropa yg memakai dexcool oat) . Mulai dari niple selang2 , bahkan seal2 water pump bisa bocor.
oat toyota dan honda memakai sebacate dan tidak mengandung 2 eha. Jadi kemungkinan relatif aman thd karet..
kalo prestone , yg tradisional warna hijau , yg oat warna orange...cuma kandungan yg orange ane gak tau...tapi ane pernah pakai dan sukses membuat bocor seal2 pada niple selang radiator dan water pump pada mobil jadul ane civic.
kalo pengen aman ,pakai yg tradisional agar seal terlindungi..atau oat tanpa 2 EHA.
makanya kita hrs hati2 pakai coolant...
nb: jangan pakai radiator flush ya...atau bolong kecil2 radiatornya..
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Ganti air radiator beda merk
Om RE3 crv ane pake prestone ijo pernah campur yg merah prestone juga
Gpp kan ya cuma beda warna gitu ?
Gpp kan ya cuma beda warna gitu ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Ganti air radiator beda merk
dapat 4 harian , langsung bocor di water pump..dan rembes di pipa2 karet radiator dan yg ke Throtle body...
nih penampakannya..
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Ganti air radiator beda merk
dapat 4 harian , langsung bocor di water pump..dan rembes di pipa2 karet radiator dan yg ke Throtle body...
nih penampakannya..
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38
Re: Ganti air radiator beda merk
dlu mobil saya selalu pke coolant honda, skitar 2thn sekali ganti air radiator.
pernah k bengkel coolant honda abis yauda ganti merk prestone kuning eh ga lama kalo ngebut 120km/h ke atas indikator hot nyala lalu ac lgsung keluar angin ga ad hawa dingin.
bawalah k tmpt servis radiator pas d buka berlumut byk yg mampet.
menurut feeling saya kykny ada pengaruh gonta ganti merk coolant.
atau jgn2 malah emg ud waktu ny mampet hrus d serpis.
note : mobil jazz gd3 2004
pernah k bengkel coolant honda abis yauda ganti merk prestone kuning eh ga lama kalo ngebut 120km/h ke atas indikator hot nyala lalu ac lgsung keluar angin ga ad hawa dingin.
bawalah k tmpt servis radiator pas d buka berlumut byk yg mampet.
menurut feeling saya kykny ada pengaruh gonta ganti merk coolant.
atau jgn2 malah emg ud waktu ny mampet hrus d serpis.
note : mobil jazz gd3 2004

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Wed Nov 11, 2015 7:16
- Daily Vehicle: BMW
Re: Ganti air radiator beda merk
Mozawa wrote: Fri May 19, 2017 15:19 sebenarnya gak masalah..asal kandungannya sama..
masalahnya kita tidak tau kandungan dan gak dijelaskan di kemasan..
untuk mobil lama , disarankan memakai coolant tradisional ,( bukan long life) , yg memakai pospat dan atau silikat untuk rust inhibibitornya...(biasanya usianya 2 tahunan wajib dikuras).
untuk mobil baru biasanya pakai long life , oat (organic acid technology) , sebagai rust inhibitor , yg ramah lingkungan....biasanya coolant diganti lebih dari 4 sd 5 tahunan..
oat itu ada yg mengandung Potassium 2-ethylhexanoate dan ethylhexanoic acid yang incompatible dgn nylon 6,6 dan silicone rubber, yg istilahnya plasticizer. (merk dexcool yg ramai di eropa karena kerusakan seal pada truk gm ), dan ada kasus kebocoran pada honda crv.
kalau kita memakai oat yg mengandung 2 eha tersebut , biasanya seal2 karet akan bocor (sering terjadi di eropa yg memakai dexcool oat) . Mulai dari niple selang2 , bahkan seal2 water pump bisa bocor.
oat toyota dan honda memakai sebacate dan tidak mengandung 2 eha. Jadi kemungkinan relatif aman thd karet..
kalo prestone , yg tradisional warna hijau , yg oat warna orange...cuma kandungan yg orange ane gak tau...tapi ane pernah pakai dan sukses membuat bocor seal2 pada niple selang radiator dan water pump pada mobil jadul ane civic.
kalo pengen aman ,pakai yg tradisional agar seal terlindungi..atau oat tanpa 2 EHA.
makanya kita hrs hati2 pakai coolant...
nb: jangan pakai radiator flush ya...atau bolong kecil2 radiatornya..
Thanks om mozawa, detail bgt penjelasannnya jd sebaiknya cari yang tradisional aja ya krn mobilnya jg mobil tua, sip om.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ganti air radiator beda merk
kalo si Toyota LL coolant dia Silicate free / Nitrate free
Sbg zat pelumas water pump dia pake zat Phosphate
Silicate free coolant biasanya diberi warna pink
Sbg zat pelumas water pump dia pake zat Phosphate
Silicate free coolant biasanya diberi warna pink
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Ganti air radiator beda merk
bisa pakai coolant toyota atau honda , ataupun prestone hijau.. sama2 aman....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Ganti air radiator beda merk
Bulan lalu ganti radiator coolant pake wurth, cairan warna ijo.
Pilih ijo krn kalo netes dilantai biar kelihatan beda jd gampang identifikasi.
Bagus gak ya?
Pilih ijo krn kalo netes dilantai biar kelihatan beda jd gampang identifikasi.
Bagus gak ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Ganti air radiator beda merk
Saya juga pilih warna hijau (prestone) soalnya kelihatan lebih pekat menurut saya tandanya ada zat2nya beneran
Juga kalo merah takut kalo ada karat nggak kelihatan

Juga kalo merah takut kalo ada karat nggak kelihatan

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Ganti air radiator beda merk
Mobil saya bawaan pabrik nya juga pake Preston yg cairan radiator coolant nya warna hijau dan ngak pernah ganti yg lain krn menurut saya sdh cocok dan baik performance nya.
Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app
Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

HR15DE 2014
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Wed Nov 11, 2015 7:16
- Daily Vehicle: BMW
Re: Ganti air radiator beda merk

Prestone yang konsentrat atau ready to use om?Mozawa wrote: Sat May 20, 2017 14:19 bisa pakai coolant toyota atau honda , ataupun prestone hijau.. sama2 aman....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 272
- Joined: Thu Jun 26, 2014 9:28
Re: Ganti air radiator beda merk
idealnya brp lama/km baru di kuras air radiator?
sy kl kurang2 dikit, biasa prefer tambah dgn air distilasi(amidis)
sy kl kurang2 dikit, biasa prefer tambah dgn air distilasi(amidis)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Mon Feb 08, 2016 0:04
Re: Ganti air radiator beda merk
bantu jawablorensiuswlt wrote: Sun May 21, 2017 6:52
Prestone yang konsentrat atau ready to use om?Mozawa wrote: Sat May 20, 2017 14:19 bisa pakai coolant toyota atau honda , ataupun prestone hijau.. sama2 aman....
kalo prestone yg warna hijau ( jerigen kuning ) ready to use
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Ganti air radiator beda merk
concentrate atau ready to use sih sama aja...cuma kalo concentrate hrs diencerkan.....sama sama bagus...lorensiuswlt wrote: Sun May 21, 2017 6:52
Prestone yang konsentrat atau ready to use om?Mozawa wrote: Sat May 20, 2017 14:19 bisa pakai coolant toyota atau honda , ataupun prestone hijau.. sama2 aman....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ganti air radiator beda merk
radiator coolant usahain tiap beberapa taon di kuras... buang dari baut bawah, isi air distilasi.. jalanin beberapa saat trus buang dan ulangi.. baru kasi coolant...
sebagus2 LLC nya jg tetep pasti ngendap stelah beberapa lama... coba aj buka tuh radiator stelah beberapa taon, senter ke dalem, pasti ad ngendap.. atau coba di tap, pasti tetep ad residu2 kotoran..
sebagus2 LLC nya jg tetep pasti ngendap stelah beberapa lama... coba aj buka tuh radiator stelah beberapa taon, senter ke dalem, pasti ad ngendap.. atau coba di tap, pasti tetep ad residu2 kotoran..
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Ganti air radiator beda merk
Wah ini ilmu baru buat oe.Mozawa wrote: Fri May 19, 2017 15:19 sebenarnya gak masalah..asal kandungannya sama..
masalahnya kita tidak tau kandungan dan gak dijelaskan di kemasan..
untuk mobil lama , disarankan memakai coolant tradisional ,( bukan long life) , yg memakai pospat dan atau silikat untuk rust inhibibitornya...(biasanya usianya 2 tahunan wajib dikuras).
untuk mobil baru biasanya pakai long life , oat (organic acid technology) , sebagai rust inhibitor , yg ramah lingkungan....biasanya coolant diganti lebih dari 4 sd 5 tahunan..
oat itu ada yg mengandung Potassium 2-ethylhexanoate dan ethylhexanoic acid yang incompatible dgn nylon 6,6 dan silicone rubber, yg istilahnya plasticizer. (merk dexcool yg ramai di eropa karena kerusakan seal pada truk gm ), dan ada kasus kebocoran pada honda crv.
kalau kita memakai oat yg mengandung 2 eha tersebut , biasanya seal2 karet akan bocor (sering terjadi di eropa yg memakai dexcool oat) . Mulai dari niple selang2 , bahkan seal2 water pump bisa bocor.
oat toyota dan honda memakai sebacate dan tidak mengandung 2 eha. Jadi kemungkinan relatif aman thd karet..
kalo prestone , yg tradisional warna hijau , yg oat warna orange...cuma kandungan yg orange ane gak tau...tapi ane pernah pakai dan sukses membuat bocor seal2 pada niple selang radiator dan water pump pada mobil jadul ane civic.
kalo pengen aman ,pakai yg tradisional agar seal terlindungi..atau oat tanpa 2 EHA.
makanya kita hrs hati2 pakai coolant...
nb: jangan pakai radiator flush ya...atau bolong kecil2 radiatornya..
Thx for that sir

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ganti air radiator beda merk
Coolant yg warna hijau muda cerah itu mengandung Silicate
pemakaian maksimal 2 tahun atau leboh baik lagi gak sampe 2 tahun ganti, kalo engga lama2 akan bikin endaoan coklat
pemakaian maksimal 2 tahun atau leboh baik lagi gak sampe 2 tahun ganti, kalo engga lama2 akan bikin endaoan coklat
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Ganti air radiator beda merk
Jadi sblom 2 th dikuras tapi diisi baru dengan coolant baru sejenis gpp kan ( dari prestone ready to use hijau abis kuras diisi prestone hijau ready to use lg) ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ganti air radiator beda merk
coolant bawaan mobil, saya ganti pakai pertamina coolant warna hijau muda. pertimbangan nya sih karena boiling point nya tinggi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Ganti air radiator beda merk
Btw, ada yg jual aditif anti karatnya aja gak?
Saya mo coba pake aquadest aja.
Apakah pakai additif semacam redline waterwetter sdh cukup?
Thx.
Saya mo coba pake aquadest aja.
Apakah pakai additif semacam redline waterwetter sdh cukup?
Thx.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ganti air radiator beda merk
Kalo kuras radiator yg tadinya pake air biasa mau ganti ke coolant apa ada prosedur khusus?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Ganti air radiator beda merk
Yg pasti siap2x radiator mampet krn tersumbat karat yg rontok dari waterjacket krn kena antikaratnya coolant.coklatMetalik wrote: Mon May 22, 2017 2:50 Kalo kuras radiator yg tadinya pake air biasa mau ganti ke coolant apa ada prosedur khusus?
Utk membuang karat dari jeroan mesin, harus dikuras pake coolant dalam jumlah banyak.
Selang radiator atas harus dilepas spy karat yg terbawa coolant langsung terbuang, tidak menyumbat radiator.
Kalo bisa radiator juga diganti baru, spy deposit karat yg sdh lama terbentuk di radiator yg lama tdk terbawa masuk kembali ke mesin.
Tergerusnya deposit karat di radiator juga bisa bikin radiator bocor.
Semoga membantu.
Last edited by adityabp on Mon May 22, 2017 3:51, edited 1 time in total.