erwinign wrote: Sun Jan 31, 2021 6:09
Dan selama saya pake bakpao 2007 sih yang namanya part karet2 terutama kaya karet pintu-jendela samsek nggak ngerasain "harga murah" dan "cepet dapet" yg dibilang banyakan orang soal toyota om. Nrimo aja dan nggak kaget saya, krn ini unit CBU thai walaupun resmi atpm dan sy di daerah. Satu2nya part body yg saya rasa murah banget cuma weatherstrip pintu yg 50rb an doang/pc.
Soal part mesin-kaki2 sih part availability jangan nanya om krn masih lantjar jaya
Betul sih, nih yaris kl bener2 sehat, terawat, ban proper, karet2 pintu fresh, pake pertamax sih jos gandos naikannya dan irit
yg bilang melihara toyota murah itu biasanya ya ga pernah ke beres setelah garansi

selebihnya ke asem reges kalau kata mbah disini

tapi ya hebatnya toyota kan disitu, partnya ga rusak2 sekalinya rusak itu mah user kurang edukasi
coba saja cek front shock absorber support harganya berapa duit di beres atau spesialis onderdil asli. 99% user pasti balik badan, beli merek 555, udah gitu koar2 kemana2 toyota part mah murah, padahal mah yg dia pake non original = non genuine parts dan 555 itu beneran ada palsunya
kalau ngobrol2 dengan beberapa org dengan kalimat pertama, pasti ane diketawain: ngapain beli ori, mahal, itu mah begonya lu aja

tapi giliran ngomongin merek jepang lain, wah bakal kemana2: part mahal lah ini lah itu lah
ironi pasar Indonesia yang unik dimana part non genuine = part original = murah
Saya wkt jualin yaris saya th lalu, yg beli saya sodorin serv record lengkapkap, saya rapihin bodynya, bensin sy full in pertamax dan no krum2an langsung sehari kemudian pelunasan juga. Slh satu mobil yg cukup terkenang buat saya nih yaris bakpao
Ngomong2 AC sih ini prnya yaris bakpao krn kurang dingin ya om, sy mesti set di fan speed 2. Kayanya kompresor acnya kekecilan
paling memorable dari ini mobil type E tahun 2007, 160 kpj santai saja. dengan suara mesin dan knalpot yg unik, output powerhouse yg aneh galak di awal ngempos banget di tengah terus kenceng lagi (vvt-i kick-in), bantingan dewasa pas banget empuk dan handlingnya, handling enak, model time-less. salah satu mobil terbaik toyota indo circa 2000's karena global model.
AC dulu malah dingin banget, khas toyota, kalau mesti masuk fan speed 2, coba cek filter AC (yg harga original-nya ngagetin

) dulu. dan sunlight sensor kerjanya bener ga (believe it or not, AC non auto climate tapi itu sensor masih dipasang dan bekerja kalau di cek di scanner) karena kalau sudah ngaco nanti kompressor cepet mati karena dianggap sudah malem.
jeleknya: interior berisik, karena kebanyakan storage space, dan generasi yaris berikutnya diperbaiki dengan cara gampang: ga usah pake storage space segitu banyak = ga berisik d
