Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by maastricht889 »

yanuarra wrote: Sun Jan 31, 2021 6:42
erwinign wrote: Sun Jan 31, 2021 6:09
yanuarra wrote: Sun Jan 31, 2021 4:12

Iya ya om.. mmg perlu refreshment klo umur segitu.. terutama kaki2 dan part karet.. Tp klo udah diberesin kan bs jd enak lagi :mky_02:
Untungnya dari ketersediaan part masih mudah..smpe bengkel pun umumnya mampu nanganin..
Syukur2 dpt unit yg udah dibenerin sm owner lama :big_grin:

Yg penting sih mesin kering, no sludge, transmisi sehat, cooling system sehat, ac sehat, kelistrikan sehat, EPS sehat, lah semuanya aja yak :big_biglaugh:

Tp kalo TS nggk mau pusingin itu mending ayla aja klo gitu :ungg:
Dan selama saya pake bakpao 2007 sih yang namanya part karet2 terutama kaya karet pintu-jendela samsek nggak ngerasain "harga murah" dan "cepet dapet" yg dibilang banyakan orang soal toyota om. Nrimo aja dan nggak kaget saya, krn ini unit CBU thai walaupun resmi atpm dan sy di daerah. Satu2nya part body yg saya rasa murah banget cuma weatherstrip pintu yg 50rb an doang/pc.

Soal part mesin-kaki2 sih part availability jangan nanya om krn masih lantjar jaya :big_okay:

Betul sih, nih yaris kl bener2 sehat, terawat, ban proper, karet2 pintu fresh, pake pertamax sih jos gandos naikannya dan irit

Saya wkt jualin yaris saya th lalu, yg beli saya sodorin serv record lengkapkap, saya rapihin bodynya, bensin sy full in pertamax dan no krum2an langsung sehari kemudian pelunasan juga. Slh satu mobil yg cukup terkenang buat saya nih yaris bakpao

Ngomong2 AC sih ini prnya yaris bakpao krn kurang dingin ya om, sy mesti set di fan speed 2. Kayanya kompresor acnya kekecilan
Karet pintu sejutaan ya om? :wkkk:
Iya weatherstrip murah.. pernah sy pecahin kaca segitiga blkg..krn anak di dlm ga sengaja ngunci dri dlm.. mana posisi lg di kediri lg wkwkw. Di kediri enggak ready stock, telp ke surabaya enggak ready.. akhirnya inden di toyota sunter yg body and paint. itu kacanya inden enggak lama, 3 hari doang..

Akhirnya balik jkt cm ditutup plastik kresek aja deh smbil berharap enggak hujan di jalan :big_dunno:

Iya cbu thai ya om...ini pny sy s limited brake pad-nya aja lebih mahal dri yaris lele lokal :big_bored:

Sama om.. sy juga set di dua.. klo satu kurang kenceng.. kalo tiga kekencengan :mky_01:

Mau sy keep aja ini mobil om.. cocok buat daily use soalnya.. kompak, radius putar kecil, lari di tol jg masi bisa :big_slap:
Kalo ada rejeki yaa paling nambah, yg yaris tetap enggak dijual.. terlalu byk kenangannya :big_smile]
Dari sedih-seneng2 smpe nabrak truk jam 4 pagi ada story-nya dimobil itu :big_biglaugh:
Iya om mepet segituan tuh karet pintunya. Kl ganti karet pintu fullset nempel bodi sama pintu saya yg garuk2 kepala :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Sun Jan 31, 2021 6:09 Dan selama saya pake bakpao 2007 sih yang namanya part karet2 terutama kaya karet pintu-jendela samsek nggak ngerasain "harga murah" dan "cepet dapet" yg dibilang banyakan orang soal toyota om. Nrimo aja dan nggak kaget saya, krn ini unit CBU thai walaupun resmi atpm dan sy di daerah. Satu2nya part body yg saya rasa murah banget cuma weatherstrip pintu yg 50rb an doang/pc.

Soal part mesin-kaki2 sih part availability jangan nanya om krn masih lantjar jaya :big_okay:

Betul sih, nih yaris kl bener2 sehat, terawat, ban proper, karet2 pintu fresh, pake pertamax sih jos gandos naikannya dan irit
yg bilang melihara toyota murah itu biasanya ya ga pernah ke beres setelah garansi :big_biglaugh: selebihnya ke asem reges kalau kata mbah disini :mky_03: tapi ya hebatnya toyota kan disitu, partnya ga rusak2 sekalinya rusak itu mah user kurang edukasi :big_dunno:

coba saja cek front shock absorber support harganya berapa duit di beres atau spesialis onderdil asli. 99% user pasti balik badan, beli merek 555, udah gitu koar2 kemana2 toyota part mah murah, padahal mah yg dia pake non original = non genuine parts dan 555 itu beneran ada palsunya :big_chicken:
kalau ngobrol2 dengan beberapa org dengan kalimat pertama, pasti ane diketawain: ngapain beli ori, mahal, itu mah begonya lu aja :mky_06: tapi giliran ngomongin merek jepang lain, wah bakal kemana2: part mahal lah ini lah itu lah

ironi pasar Indonesia yang unik dimana part non genuine = part original = murah :big_biglaugh:
Saya wkt jualin yaris saya th lalu, yg beli saya sodorin serv record lengkapkap, saya rapihin bodynya, bensin sy full in pertamax dan no krum2an langsung sehari kemudian pelunasan juga. Slh satu mobil yg cukup terkenang buat saya nih yaris bakpao

Ngomong2 AC sih ini prnya yaris bakpao krn kurang dingin ya om, sy mesti set di fan speed 2. Kayanya kompresor acnya kekecilan
paling memorable dari ini mobil type E tahun 2007, 160 kpj santai saja. dengan suara mesin dan knalpot yg unik, output powerhouse yg aneh galak di awal ngempos banget di tengah terus kenceng lagi (vvt-i kick-in), bantingan dewasa pas banget empuk dan handlingnya, handling enak, model time-less. salah satu mobil terbaik toyota indo circa 2000's karena global model.

AC dulu malah dingin banget, khas toyota, kalau mesti masuk fan speed 2, coba cek filter AC (yg harga original-nya ngagetin :big_biglaugh: ) dulu. dan sunlight sensor kerjanya bener ga (believe it or not, AC non auto climate tapi itu sensor masih dipasang dan bekerja kalau di cek di scanner) karena kalau sudah ngaco nanti kompressor cepet mati karena dianggap sudah malem.

jeleknya: interior berisik, karena kebanyakan storage space, dan generasi yaris berikutnya diperbaiki dengan cara gampang: ga usah pake storage space segitu banyak = ga berisik d :big_biglaugh:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by quyquy »

kunaskun wrote: Sun Jan 31, 2021 13:51
paling memorable dari ini mobil type E tahun 2007, 160 kpj santai saja. dengan suara mesin dan knalpot yg unik, output powerhouse yg aneh galak di awal ngempos banget di tengah terus kenceng lagi (vvt-i kick-in), bantingan dewasa pas banget empuk dan handlingnya, handling enak, model time-less. salah satu mobil terbaik toyota indo circa 2000's karena global model.

AC dulu malah dingin banget, khas toyota, kalau mesti masuk fan speed 2, coba cek filter AC (yg harga original-nya ngagetin :big_biglaugh: ) dulu. dan sunlight sensor kerjanya bener ga (believe it or not, AC non auto climate tapi itu sensor masih dipasang dan bekerja kalau di cek di scanner) karena kalau sudah ngaco nanti kompressor cepet mati karena dianggap sudah malem.

jeleknya: interior berisik, karena kebanyakan storage space, dan generasi yaris berikutnya diperbaiki dengan cara gampang: ga usah pake storage space segitu banyak = ga berisik d :big_biglaugh:
Wah menarik nih, ACnya ada sensornya.. Pantes Yaris ane kok ACnya nggak nyess padahal uda bolak balik dibersihin.

Boleh tahu posisinya dimana Om sensornya?
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by marama »

Saya cukup lama pakai vios ex taxi bluebird gen 2, jd bs jd gambaran mgkn ya yaris gmn, ya betul memang bandel mesinnya odo 380k aja mesin masih netes embun kalau dipanasin dari knalpot, g pernah nambah2 oli, bensinnya iritnya sih kebangetan ya mnrt saya BSD-karawang barat PP 50rb pertalite sisa.Ac dingin banget pdhl dr awal dpt g pernah diservis apa2 ACnya cuma rajin gnt filter ac sendiri aja.

Tp odo banyak ya g boong om, kaki2 butuh peremajaan, steering rack juga, itu2 aja sih penyakitnya lain2nya ya selayaknya umur mobil pada umumnya walupun ini ex taxi. Mgkn emang bener kalau toyota jago bikin mobil yang kuat disiksa. Saya sih vote yaris om drpd agya dipake2nya lbh enak perbaikan g bakal bikin kaget kok asal unitnya bener ya.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by kunaskun »

quyquy wrote: Mon Feb 01, 2021 5:06 Wah menarik nih, ACnya ada sensornya.. Pantes Yaris ane kok ACnya nggak nyess padahal uda bolak balik dibersihin.

Boleh tahu posisinya dimana Om sensornya?
di dashboard. posisi khas sunlight sensor Toyota umumnya. sebelah kisi2 front defogger.
https://toyota.7zap.com/en/gr/yaris/113 ... 77/#88625H

partnya: 88625-47031. Thermistor Cooler Sensor / Sun Load Sensor / Solar Sensor.

tapi untuk jelasnya lagi bisa coba cross check ke spesialis AC terdekat karena bisa jadi saya salah :big_childish:
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by fajarrian »

vote for yaris, coba nabung dikit lagi om, naikin budget ke 90 , pelan pelan nyarinya siapa tau bisa dapet yang tahun 20010/2011 biar dpt yang mudaan. saya kebetulan pernah pake yang 2012 s limited, ini mobil enak sih dibawanya, tenaganya juga oke dan irit banget
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by fl4b1e »

Kalau mobil.pertama sih saya vote Ayla saja karena tahun muda, lebih mudah rawatnya.

Btw kalau cari mobil yg usianya tengah2 antara ayla atau yaris, masih ada suzuki celerio matic 3014 sih.. harusnya dimensinya gak jauh beda sama ayla atau yaris bakpao yaa..
ya secara Suzuki perawatannya juga mudah kok.. ga beda jauh sama Ayla atau yaris.

Semoga membantu
koboiy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Feb 08, 2017 2:58
Location: jogja
Daily Vehicle: be er pe X be at

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by koboiy »

yg namanya mekanikal mobil , usia ga pernah boong om, kalo om siap repot dan ad spare dana minim 10 jt buat beberes vote for yaris,
ayla pun taun muda kudu spare juga 5 jutaan lah ( engine mounting, servis ac, kuras radiator, cek kopling,kampas rem, ganti kipas radiator )..
namanya mobil bekas kita ga ad yg tau om

pengalaman ambil mobkas mainstream umur 2 taun ada aja masalahnya. wkwkwkw. ga less worry kaya mbl baru
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Sun Jan 31, 2021 13:51
erwinign wrote: Sun Jan 31, 2021 6:09 Dan selama saya pake bakpao 2007 sih yang namanya part karet2 terutama kaya karet pintu-jendela samsek nggak ngerasain "harga murah" dan "cepet dapet" yg dibilang banyakan orang soal toyota om. Nrimo aja dan nggak kaget saya, krn ini unit CBU thai walaupun resmi atpm dan sy di daerah. Satu2nya part body yg saya rasa murah banget cuma weatherstrip pintu yg 50rb an doang/pc.

Soal part mesin-kaki2 sih part availability jangan nanya om krn masih lantjar jaya :big_okay:

Betul sih, nih yaris kl bener2 sehat, terawat, ban proper, karet2 pintu fresh, pake pertamax sih jos gandos naikannya dan irit
yg bilang melihara toyota murah itu biasanya ya ga pernah ke beres setelah garansi :big_biglaugh: selebihnya ke asem reges kalau kata mbah disini :mky_03: tapi ya hebatnya toyota kan disitu, partnya ga rusak2 sekalinya rusak itu mah user kurang edukasi :big_dunno:

coba saja cek front shock absorber support harganya berapa duit di beres atau spesialis onderdil asli. 99% user pasti balik badan, beli merek 555, udah gitu koar2 kemana2 toyota part mah murah, padahal mah yg dia pake non original = non genuine parts dan 555 itu beneran ada palsunya :big_chicken:
kalau ngobrol2 dengan beberapa org dengan kalimat pertama, pasti ane diketawain: ngapain beli ori, mahal, itu mah begonya lu aja :mky_06: tapi giliran ngomongin merek jepang lain, wah bakal kemana2: part mahal lah ini lah itu lah

ironi pasar Indonesia yang unik dimana part non genuine = part original = murah :big_biglaugh:
Saya wkt jualin yaris saya th lalu, yg beli saya sodorin serv record lengkapkap, saya rapihin bodynya, bensin sy full in pertamax dan no krum2an langsung sehari kemudian pelunasan juga. Slh satu mobil yg cukup terkenang buat saya nih yaris bakpao

Ngomong2 AC sih ini prnya yaris bakpao krn kurang dingin ya om, sy mesti set di fan speed 2. Kayanya kompresor acnya kekecilan
paling memorable dari ini mobil type E tahun 2007, 160 kpj santai saja. dengan suara mesin dan knalpot yg unik, output powerhouse yg aneh galak di awal ngempos banget di tengah terus kenceng lagi (vvt-i kick-in), bantingan dewasa pas banget empuk dan handlingnya, handling enak, model time-less. salah satu mobil terbaik toyota indo circa 2000's karena global model.

AC dulu malah dingin banget, khas toyota, kalau mesti masuk fan speed 2, coba cek filter AC (yg harga original-nya ngagetin :big_biglaugh: ) dulu. dan sunlight sensor kerjanya bener ga (believe it or not, AC non auto climate tapi itu sensor masih dipasang dan bekerja kalau di cek di scanner) karena kalau sudah ngaco nanti kompressor cepet mati karena dianggap sudah malem.

jeleknya: interior berisik, karena kebanyakan storage space, dan generasi yaris berikutnya diperbaiki dengan cara gampang: ga usah pake storage space segitu banyak = ga berisik d :big_biglaugh:
Lhaya om, jujur saya pun 5x servis sebelum dijuall full bengkel spesialis punyanya yg megang toyota di jateng juga. Dibilangi wkt itu kampas rem belakang abis, yg ori sepasang 800 saya pun agak mikir2. Yaudh ditawarin alternatif KW yg sekitar 400an (merk KGW kl ga salah) saya iyain. Kondisi kampas depan udah pernah ganti ori di beres. Aduh itu barang kampas rem KW sy cm simpulin "asal bs berhenti" thok. Di rem tll pakem sampe respon rem jd agak aneh yg nggak bs smooth, ya gmn mau protes harganya segitu thok :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Tue Feb 02, 2021 13:14 Lhaya om, jujur saya pun 5x servis sebelum dijuall full bengkel spesialis punyanya yg megang toyota di jateng juga. Dibilangi wkt itu kampas rem belakang abis, yg ori sepasang 800 saya pun agak mikir2. Yaudh ditawarin alternatif KW yg sekitar 400an (merk KGW kl ga salah) saya iyain. Kondisi kampas depan udah pernah ganti ori di beres. Aduh itu barang kampas rem KW sy cm simpulin "asal bs berhenti" thok. Di rem tll pakem sampe respon rem jd agak aneh yg nggak bs smooth, ya gmn mau protes harganya segitu thok :big_biglaugh:
:big_biglaugh:
yep, dan di luar sana banyak pemakai yg udah pake kw ga jelas gitu, koar2 banding2in dengan jepang lain dengan alasan part mahal :big_slap:
blackncp91
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Mon Feb 15, 2021 5:30
Location: Indonesia

Re: Yaris At E 2006 Vs Ayla At X 2017

Post by blackncp91 »

Sekadar sumbang pendapat aja untuk pemilihan global city car vs lcgc ini.

Saya sampai hari ini masih pelihara 2 unit Yaris bakpao di rumah:

1 unit type J manual tahun 2010 sehari hari dipakai adik saya dan saya sendiri pakai yg type E matic tahun 2012. Saran saya kalau mau beli si bakpao, cari yg unit matic nya, kalo yg manual walaupun kalo di tol/lukot lebih fun to drive tapi giliran city driving dan kena macet stop and go, siap2 kaki kiri anda kena kram. :big_grin:

Apalagi kalo yg manual kena macet di daerah pegunungan atau di tanjakan, siap2 keringet dingin itu mainin kopling nya yg entah kenapa aneh banget perilakunya, saya pribadi ga pernah betah tiap bawa yg manual karena seringnya itu mobil mati di jalan, berasa jd kaya orang baru belajar setir mobil :big_dunno:

Selain itu sih rasa2nya untuk perawatan sangat mudah sekali dan murah, spare part juga bertebaran dimana mana karena memang part mesin dan kaki kaki nya juga plek sama ama Vios dan Limo, bahkan kalo mau rajin sedikit bisa beli part yg OEM asalkan pastiin dulu part number nya bener dan yg penting pastikan untuk engine 1NZ-FE itu dipastikan plek.

Contoh, kemarin saya mau ganti fanbelt utk Yaris 2012 saya, coba tanya di A2K kena ongkos part 400rb + jasa pasang 100rb, trus coba browse di toko ijo merk OEM Mitsuboshi tipe 4PK1220 (FYI yg dijual di A2K juga sama2 made by Mitsuboshi cuma ada tambahan sablon part number nya Toyota doang), itu ternyata cuma 85K, ongkos pasang di bengkel langganan 50K (kalo mau pasang sendiri juga bisa asal mau repot dikit, tutorial banyak di youtube). :big_exellent:

Kemudian, utk yg matic hati2 oli matic nya harus pakai Toyota WS jgn yg lain (banyak kejadian owner asal ganti oli matic akhirnya matic nya rusak). Kemarin sempat tanya2 ke bengkel spesialis matic yg mayan terkenal di Jakarta, dia jawab gpp katanya ganti aja pake ATF-IV, langsung saya ngacir jauh2 dari bengkel itu dan akhirnya ke Shop & Drive aja kuras pake Toyota WS.