Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

indeskey wrote: Sat Jan 02, 2021 13:35
ipo3nk wrote:
benzz89 wrote: Sat Jan 02, 2021 12:39 Pemborosan & sombong kali om klep ini ganti oli CVT tiap 15 ribu km, wong yang mau pelihara mobilnya sampe 20 taon aja ganti tiap 48 ribu aja sudah bangga banget, secara beres gantinya di 80 ribu katanya.

Kalau mbah suhu Omni kan ganti oli ATF tiap goceng km, itu aja sudah pake amsoil, kalau yang ini mah over spec secara mobilnya mau dipake sampe 40 taon katanya [emoji1787]
lah mobil saya malah lebih ekstrim lagi.. katanya oli maticnya kuat sampe 150rb km.
jadi sampe sekarang beresnya ga sedia oli maticnya karena mobilnya baru keluar 2017.
ini udah 40rb km masih ditolak ganti oli karena beresnya ga jualan oli matic.
mungkin 10 tahun dari keluar mobilnya (2027) baru nyetok dan jualan oli matic nya.

absurd.
Lho gimana itu beres nggak jual oli matic. Mungkin dia jual transmisi gelondongan aja kalik...

Wis angeeeellllll... Angellllll....
Angelllll tenan kandhananeee...... Angellllllllll tenan tuturaneeeeeeeeee :big_weee:
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ipo3nk »

kingpower wrote: Sat Jan 02, 2021 13:26
ipo3nk wrote: Sat Jan 02, 2021 12:53
benzz89 wrote: Sat Jan 02, 2021 12:39 Pemborosan & sombong kali om klep ini ganti oli CVT tiap 15 ribu km, wong yang mau pelihara mobilnya sampe 20 taon aja ganti tiap 48 ribu aja sudah bangga banget, secara beres gantinya di 80 ribu katanya.

Kalau mbah suhu Omni kan ganti oli ATF tiap goceng km, itu aja sudah pake amsoil, kalau yang ini mah over spec secara mobilnya mau dipake sampe 40 taon katanya [emoji1787]
lah mobil saya malah lebih ekstrim lagi.. katanya oli maticnya kuat sampe 150rb km.
jadi sampe sekarang beresnya ga sedia oli maticnya karena mobilnya baru keluar 2017.
ini udah 40rb km masih ditolak ganti oli karena beresnya ga jualan oli matic.
mungkin 10 tahun dari keluar mobilnya (2027) baru nyetok dan jualan oli matic nya.

absurd.
Nissan kah om?
Dulu saya begitu pake juke minta ganti oli cvt malah diceramahin sama SA yang batu
bukan, oli robotic / actuator suzuki AGS. ignis atau wagonR matic.
speknya beda dengan oli matic biasa. ini cuma modul hidrolik.

indeskey wrote: Sat Jan 02, 2021 13:35 Lho gimana itu beres nggak jual oli matic. Mungkin dia jual transmisi gelondongan aja kalik...

Wis angeeeellllll... Angellllll....
iya. oli bocor atau kurang oli, prosedur menurut service manual mereka adalah ganti 1 glundungan. 15jt.
jika ada 'servis' di modul itu adalah 'improvisasi' mekanik beres
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yanuarra »

Profith83 wrote: Sat Jan 02, 2021 7:20
yanuarra wrote: Wed Dec 30, 2020 20:33
DOHC wrote: Wed Dec 30, 2020 11:15

wahh kita pake oli nya sama neh om.. cuman bener tuh, masi kalah si gerobag sayur saya

tp si ptt ini lmayan sehh, suara mesin masi tetep alus kaya pas baru di tuang, tarikan, FC smua masi enak dan irit.. cuman yah warna oli nya aj ud lmayan gelap.. tp tetep satu yg bkin saya kagum, ga ada penguapan samsek, jago jg nehh si khap pun khap kap kap bikin oli



penguapan nya gmana mbah ? FC, tarikan ?? suara ??



tenangg... ga akan tuh si gerobag sayur saya kasi manja2, ntar mobil nya jadi ga jantan lg

pokok nya tetep bakal dikasi oli kerehore, sesuai kodrat nya, kasta sudra yah makanya oli sudra jg

macem2, tinggal ta ancem mobil nya, mau dijual ke papua ga jd angkot disana, ngangkutin cowo2 selusin segede igun smua berkoteka, sambil ngangkut pisang, ayam, kambing tiap ari..
Oli yg lg dipake skrg ptt 5w-30 api sn mbah.. penguapan masi minim seh mbah, cek masih ok (3/4 deepstick). FC normal, kmren untuk ngail hi speed yg cepet kudu pentokin redline dulu, FC rasanya dpt 13-14 Km/l. Tarikan normal, sama suara jg normal cenderung adem
PTT 5w30 API SN dibanding 0w20 API SP. Lebih tahan mana dipakai 8 bulan atau 7rb KM?
Ini yg fully syn kan ya? Kalo buat 7rb Km atau 7-8 bulan kayanya masih bisa tahan om..(suhu-suhu cmiiw yah)

5w-30 sy rencananya buang di 7rb Km, tp kmren dipush banget mesinnya. Jd rencana buang di 5rb dulu aja. Sambil dirasa masi enak ya buang di 7rb aja deh :wkkk:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »


ipo3nk wrote:
benzz89 wrote: Sat Jan 02, 2021 12:39 Pemborosan & sombong kali om klep ini ganti oli CVT tiap 15 ribu km, wong yang mau pelihara mobilnya sampe 20 taon aja ganti tiap 48 ribu aja sudah bangga banget, secara beres gantinya di 80 ribu katanya.

Kalau mbah suhu Omni kan ganti oli ATF tiap goceng km, itu aja sudah pake amsoil, kalau yang ini mah over spec secara mobilnya mau dipake sampe 40 taon katanya [emoji1787]
lah mobil saya malah lebih ekstrim lagi.. katanya oli maticnya kuat sampe 150rb km.
jadi sampe sekarang beresnya ga sedia oli maticnya karena mobilnya baru keluar 2017.
ini udah 40rb km masih ditolak ganti oli karena beresnya ga jualan oli matic.
mungkin 10 tahun dari keluar mobilnya (2027) baru nyetok dan jualan oli matic nya.

absurd.
Kalau saya jadi om sih saya bikin surat hitam atas putih diatas materai yang menyatakan matic akan aman tidak ganti oli sama sekali sampai 150 ribu km atau berapa taon terserah lah pihak bengkel tulis aja. Apalagi ini CVT yah... dengan catatan si om service terus di beres sampai 150 ribu km & tahan pakai mobil yang dipakainya gak enak, bensin boros, mesin kerja lebih berat.

Saya juga dulu suruh beres ganti oli gardan & matic di tolak melulu, sampai mobilnya berat banget, bingung kenapa, akhirnya ganti oli matic di bengkel luar di km 40 ribu, sudah lumayan hitam habis 12 botol sampai merah lagi olinya, ternyata masih berat juga, bingung, akhirnya ganti oli gardan, sudah hitam & banyak gramnya nempel di baut, baru ngacir lagi itu mobil. Oli matic & gardan dari baru kaga pernah diganti, itu 40 ribu = 3 taon, samalah casenya ama si Om, cuman di ane gear A/T bukan CVT yang lebih sensitive maticnya, yang sekali rusak harus ganti assy seglondongan.
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ipo3nk »

benzz89 wrote: Sat Jan 02, 2021 14:08
ipo3nk wrote:
benzz89 wrote: Sat Jan 02, 2021 12:39 Pemborosan & sombong kali om klep ini ganti oli CVT tiap 15 ribu km, wong yang mau pelihara mobilnya sampe 20 taon aja ganti tiap 48 ribu aja sudah bangga banget, secara beres gantinya di 80 ribu katanya.

Kalau mbah suhu Omni kan ganti oli ATF tiap goceng km, itu aja sudah pake amsoil, kalau yang ini mah over spec secara mobilnya mau dipake sampe 40 taon katanya [emoji1787]
lah mobil saya malah lebih ekstrim lagi.. katanya oli maticnya kuat sampe 150rb km.
jadi sampe sekarang beresnya ga sedia oli maticnya karena mobilnya baru keluar 2017.
ini udah 40rb km masih ditolak ganti oli karena beresnya ga jualan oli matic.
mungkin 10 tahun dari keluar mobilnya (2027) baru nyetok dan jualan oli matic nya.

absurd.
Kalau saya jadi om sih saya bikin surat hitam atas putih diatas materai yang menyatakan matic akan aman tidak ganti oli sama sekali sampai 150 ribu km atau berapa taon terserah lah pihak bengkel tulis aja. Apalagi ini CVT yah... dengan catatan si om service terus di beres sampai 150 ribu km & tahan pakai mobil yang dipakainya gak enak, bensin boros, mesin kerja lebih berat.

Saya juga dulu suruh beres ganti oli gardan & matic di tolak melulu, sampai mobilnya berat banget, bingung kenapa, akhirnya ganti oli matic di bengkel luar di km 40 ribu, sudah lumayan hitam habis 12 botol sampai merah lagi olinya, ternyata masih berat juga, bingung, akhirnya ganti oli gardan, sudah hitam & banyak gramnya nempel di baut, baru ngacir lagi itu mobil. Oli matic & gardan dari baru kaga pernah diganti, itu 40 ribu = 3 taon, samalah casenya ama si Om, cuman di ane gear A/T bukan CVT yang lebih sensitive maticnya, yang sekali rusak harus ganti assy seglondongan.
ini bukan cvt, cuma hidrolik aja seperti powerstering.
kapasitas nya juga cuma setengah liter doang
menurut service manualnya, oli kurang suruh ganti 15 juta. wkwkwkw

udah ada yang ngakalin pake oli lain sih, cuma prosedur beres ga ada yang resmi ganti oli.
jadi ada yang sukses pake oli lain, ada yang gagal. lampu eror nyala terus wkwkwk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by ipo3nk on Sat Jan 02, 2021 14:22, edited 1 time in total.
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by akbrn »


ipo3nk wrote:
ini bukan cvt, cuma hidrolik aja seperti powerstering.
kapasitas nya juga cuma setengah liter doang
menurut service manualnya, oli kurang suruh ganti 15 juta. wkwkwkw

udah ada yang ngakalin pake oli lain sih, cuma prosedur beres ga ada yang resmi ganti oli.
Kl misalnya udah ada yg pernah ngeklaim garansi actuator ke beres, pas ganti actuator baru berarti diisi oli apaan yah?
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ipo3nk »

akbrn wrote: Sat Jan 02, 2021 14:20
ipo3nk wrote:
ini bukan cvt, cuma hidrolik aja seperti powerstering.
kapasitas nya juga cuma setengah liter doang
menurut service manualnya, oli kurang suruh ganti 15 juta. wkwkwkw

udah ada yang ngakalin pake oli lain sih, cuma prosedur beres ga ada yang resmi ganti oli.
Kl misalnya udah ada yg pernah ngeklaim garansi actuator ke beres, pas ganti actuator baru berarti diisi oli apaan yah?
klo masih garansi ganti 1 glundung. udah ada olinya, sejenis semi sealed kayak master-kaliper rem.
klo non garansi, ada yang sudah coba coba pake oli matic lain, ada yang sukses, ada yang gagal. :D

masalah pricing parts juga absurd. pas pertama kali keluar, wagonR AGS harga 120 - 130jt, harga part AGSnya 60jt menurut parts katalog.
padahal harga seken wagon AGS paling 70-80jt.
trus diprotes turun jadi 30jt, dan akhirnya sekarang turun jadi 14.xx jt

:D
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by akbrn »

ipo3nk wrote:
klo masih garansi ganti 1 glundung. udah ada olinya, sejenis semi sealed kayak master-kaliper rem.
klo non garansi, ada yang sudah coba coba pake oli matic lain, ada yang sukses, ada yang gagal. :D
Oh udah assy dari sananya, kirain yg diganti ketengan & sebelum dipasang parts nya oil less[emoji111]

Kynya biar tau oli subtitusinya mungkin harus deep research ke forum fiat 500, alfa romeo, atau mercy A140 yg pake transmisi AMT & actuator magenti mareli / serupa

Atau ngga nulis surat pembaca ke koran kompas, kasih usul biar ada layanan ganti oli actuator / hidrolik AMT suzuki [emoji38]
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

fajarrian wrote: Sat Jan 02, 2021 8:19
Suryaputra wrote: Sat Jan 02, 2021 1:40
fajarrian wrote: Fri Jan 01, 2021 20:12 Suhu2 mau minta recommend dong merek oli matic atf yang cocok dan bagus buat suzuki splash, untuk harga ga masalah. Sebelumnya kuras dan pake oli matic bawaan suzuki.
Terima kasih
spec nya di manual book apa mbah ?
SGO ATF 3317 mbah
Suzuki / JWS 3317 / aisin warner
ini aja mbah,

- PTT ATF 1A
- Aisin AFW+

both comply ke spec atf 3317
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by fajarrian »

Suryaputra wrote: Sat Jan 02, 2021 14:59
fajarrian wrote: Sat Jan 02, 2021 8:19
Suryaputra wrote: Sat Jan 02, 2021 1:40

spec nya di manual book apa mbah ?
SGO ATF 3317 mbah
Suzuki / JWS 3317 / aisin warner
ini aja mbah,

- PTT ATF 1A
- Aisin AFW+

both comply ke spec atf 3317
wih makasi suhu infonya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Sat Jan 02, 2021 12:39 Pemborosan & sombong kali om klep ini ganti oli CVT tiap 15 ribu km, wong yang mau pelihara mobilnya sampe 20 taon aja ganti tiap 48 ribu aja sudah bangga banget, secara beres gantinya di 80 ribu katanya.

Kalau mbah suhu Omni kan ganti oli ATF tiap goceng km, itu aja sudah pake amsoil, kalau yang ini mah over spec secara mobilnya mau dipake sampe 40 taon katanya [emoji1787]
Lah abisnya salah pergaulan

Niat nya mau per 40 rebu km

Tp ad yg mobil nya mirip saya punya dan baru jalan belasan rebu aj ud ganti busi iridium, oli metik ama mesin, trekstang, boot trekstang ama cv, ganti pelek

Ya uda,dipanasin gt kepancing saya, akhirnya ganti tiap 15 rebu deh

Ohh si mbah itu mah , biar kata 40 taon lg jg odo paling cuman nambah 2 rebu 3 rebu doank.. wong cuman di taroh d dongkrak hidrolik nya doank naek turun tiap minggu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

ipo3nk wrote: Sat Jan 02, 2021 14:16
ini bukan cvt, cuma hidrolik aja seperti powerstering.
kapasitas nya juga cuma setengah liter doang
menurut service manualnya, oli kurang suruh ganti 15 juta. wkwkwkw

udah ada yang ngakalin pake oli lain sih, cuma prosedur beres ga ada yang resmi ganti oli.
jadi ada yang sukses pake oli lain, ada yang gagal. lampu eror nyala terus wkwkwk

coba kirim sampel olinya ke trakindo buat analisa, (harusnya) nanti kan ketauan itu oli apa.
kalo oli hidrolik, boleh coba pakai pentosin. itu yang biasa dipake sama power steering-nya bmw dan suspensi hidroliknya range rover.


*hanya saran dari nubi sotoy. abaikan saja kalau ragu.
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by akbrn »

marmut wrote:

coba kirim sampel olinya ke trakindo buat analisa, (harusnya) nanti kan ketauan itu oli apa.
kalo oli hidrolik, boleh coba pakai pentosin. itu yang biasa dipake sama power steering-nya bmw dan suspensi hidroliknya range rover.


*hanya saran dari nubi sotoy. abaikan saja kalau ragu.
Jangan2 pake LHM citroen jg bisa

ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ViPerRed »

cuculacak wrote: Sat Jan 02, 2021 13:27
Suryaputra wrote: Sat Jan 02, 2021 1:40
fajarrian wrote: Fri Jan 01, 2021 20:12 Suhu2 mau minta recommend dong merek oli matic atf yang cocok dan bagus buat suzuki splash, untuk harga ga masalah. Sebelumnya kuras dan pake oli matic bawaan suzuki.
Terima kasih
spec nya di manual book apa mbah ?
bantu jawab ya mbah, kalu di manual book pake atf 3317, mohon sarannya utk pengganti yg lebih baik
coba aisin AFW+ om.
ato PTT.. ada yg support 3317 tuh
sx4 ane masih pake 3317, ganti di KM 20rb / 2thn
mayan kok, shifting halus.. cuma klo udh panas slip nya rada berasa ya.. klo akserasi spontan RPM bsa agak liar. wkwkwk
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ViPerRed »

ipo3nk wrote: Sat Jan 02, 2021 12:53
benzz89 wrote: Sat Jan 02, 2021 12:39 Pemborosan & sombong kali om klep ini ganti oli CVT tiap 15 ribu km, wong yang mau pelihara mobilnya sampe 20 taon aja ganti tiap 48 ribu aja sudah bangga banget, secara beres gantinya di 80 ribu katanya.

Kalau mbah suhu Omni kan ganti oli ATF tiap goceng km, itu aja sudah pake amsoil, kalau yang ini mah over spec secara mobilnya mau dipake sampe 40 taon katanya [emoji1787]
lah mobil saya malah lebih ekstrim lagi.. katanya oli maticnya kuat sampe 150rb km.
jadi sampe sekarang beresnya ga sedia oli maticnya karena mobilnya baru keluar 2017.
ini udah 40rb km masih ditolak ganti oli karena beresnya ga jualan oli matic.
mungkin 10 tahun dari keluar mobilnya (2027) baru nyetok dan jualan oli matic nya.

absurd.
oli matic jualan jg tetep ga diganti om
krn udh ganti AT nya segelondong :big_slap:
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by fajarrian »

ViPerRed wrote: Sat Jan 02, 2021 19:58
cuculacak wrote: Sat Jan 02, 2021 13:27
Suryaputra wrote: Sat Jan 02, 2021 1:40

spec nya di manual book apa mbah ?
bantu jawab ya mbah, kalu di manual book pake atf 3317, mohon sarannya utk pengganti yg lebih baik
coba aisin AFW+ om.
ato PTT.. ada yg support 3317 tuh
sx4 ane masih pake 3317, ganti di KM 20rb / 2thn
mayan kok, shifting halus.. cuma klo udh panas slip nya rada berasa ya.. klo akserasi spontan RPM bsa agak liar. wkwkwk
sx4 nya udah berapa km suhu? kayanya mau nyobain aisin afw+ nih, liat di toko ijo ada paket yang 12L, terakhir kmrn kuras di beres abis di 10L, lumayan sisanya buat disimpen. kalo cuma ganti yang di pan doang suzuki splash abis berapa Liter ya?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Suryaputra wrote: Fri Jan 01, 2021 5:08
rendr wrote: Fri Jan 01, 2021 4:05
Suryaputra wrote: Thu Dec 31, 2020 8:52

Gpp kok om, pakai aja sampai 5rb KM trus buang.
yg penting visco sesuaikan di manual book.

dari bbrp source yg sy baca, Oli MB 229.5 juga bisa pakai oli yg comply ke ACEA A3/B4, API SN.
tapi fungsi long drain nya jgn dipakai (buang di 5rb Km).
punten suhu....

MB 229.5 bukannya ini kriteria mid saps paling robust ya so far? dibanding yg 229.xx low saps kudunya lebih strong buat long drain yah?
mksd saya ini konteksnya ke unil opal longlife 3 aja.
sy ragu pakai long drain krn TBN nya cuma 7.
tapi klo mau yakin, ya test UOA aja suhu.

jd tidak hanya terpaku dgn MB 229.x atau 229.xx

soal long drain atau nggak, balik lg ke base oil, aditif dan rekomendasi dr pabrikan nya sendiri.
dan lbh valid klo sudah test UOA setelah dipakai (let say) >5rb Km

cmiiw suhu.
ooooo iyaa.... tapi pengecualian buat MB 229.5 kali ya... kudunya dgn bensin disini pun tetep bisa longdrain buat mesin bensin...

sisanya mah disini di cepetin aja intervalnya ya...
AGSA wrote: Fri Jan 01, 2021 16:30
rendr wrote: Fri Jan 01, 2021 4:08
AGSA wrote: Thu Dec 31, 2020 8:06 @om Surya: saya bingung nya kok bisa si Unil Opal ini bikin oli dengan approval sampai 3 229.3 , 229.5 dan 229.51 padahal di Bevo dia ada di 229.52
@om dat510: saya sdh cemplungin sih itu Unil Opal gara2 liat data sheet tp ga cek di Bevo dulu
izin nyumbang suara..

kalo ada kriteria ambigu gini better ngikutin yg terdaftar di web bevo aja om....

tambahan validasi bisa dari PDS kalo tercantum angka SAPS nya... dibawah 1 biasanya masuk MB yg .xx 2 digit



contoh case : PFG 5w30.. itu label dibelakang botol approval bejibun, sama yg didepan botol pun beda, tapi yg kedaftar di web bevo 229.51..
ikutin aja si MB 229.51 ini
Thanks infonya Om Rendr ini SAPS nya di bawah 1 sih dan di web Bevo dia skr Uda digantikan dgn Opal long life 4 approval 229.52 tp dulu waktu long life 3 masi terdaftar saya liat dia di 229.51
i see.... low SAPS begini yaaa jgn push too hard yah...
gaspol resing tim
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

ipo3nk wrote: Sat Jan 02, 2021 13:58
kingpower wrote: Sat Jan 02, 2021 13:26
ipo3nk wrote: Sat Jan 02, 2021 12:53

lah mobil saya malah lebih ekstrim lagi.. katanya oli maticnya kuat sampe 150rb km.
jadi sampe sekarang beresnya ga sedia oli maticnya karena mobilnya baru keluar 2017.
ini udah 40rb km masih ditolak ganti oli karena beresnya ga jualan oli matic.
mungkin 10 tahun dari keluar mobilnya (2027) baru nyetok dan jualan oli matic nya.

absurd.
Nissan kah om?
Dulu saya begitu pake juke minta ganti oli cvt malah diceramahin sama SA yang batu
bukan, oli robotic / actuator suzuki AGS. ignis atau wagonR matic.
speknya beda dengan oli matic biasa. ini cuma modul hidrolik.

indeskey wrote: Sat Jan 02, 2021 13:35 Lho gimana itu beres nggak jual oli matic. Mungkin dia jual transmisi gelondongan aja kalik...

Wis angeeeellllll... Angellllll....
iya. oli bocor atau kurang oli, prosedur menurut service manual mereka adalah ganti 1 glundungan. 15jt.
jika ada 'servis' di modul itu adalah 'improvisasi' mekanik beres
AGS suzuki bukannya mintanya MTF 75w80 GL-4 ya?

sama kyk abarth 500 wkwk
gaspol resing tim
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ipo3nk »

rendr wrote:
ipo3nk wrote: Sat Jan 02, 2021 13:58
kingpower wrote: Sat Jan 02, 2021 13:26 Nissan kah om?
Dulu saya begitu pake juke minta ganti oli cvt malah diceramahin sama SA yang batu
bukan, oli robotic / actuator suzuki AGS. ignis atau wagonR matic.
speknya beda dengan oli matic biasa. ini cuma modul hidrolik.

indeskey wrote: Sat Jan 02, 2021 13:35 Lho gimana itu beres nggak jual oli matic. Mungkin dia jual transmisi gelondongan aja kalik...

Wis angeeeellllll... Angellllll....
iya. oli bocor atau kurang oli, prosedur menurut service manual mereka adalah ganti 1 glundungan. 15jt.
jika ada 'servis' di modul itu adalah 'improvisasi' mekanik beres
AGS suzuki bukannya mintanya MTF 75w80 GL-4 ya?

sama kyk abarth 500 wkwk
Oli transmisi ada 2. MTF biasa 75w80 GL4 sebanyak 2L, selalu ditawarin ganti di 20rb km (walaupun masih bagus) karena stok oli banyak di beres, dan oli AGS 500cc sebagai actuatornya. Spek resmi unknown. Ga pernah ditawarin ganti karena beres ga jual.
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ipo3nk »

akbrn wrote: Sat Jan 02, 2021 14:35
Kynya biar tau oli subtitusinya mungkin harus deep research ke forum fiat 500, alfa romeo, atau mercy A140 yg pake transmisi AMT & actuator magenti mareli / serupa

Atau ngga nulis surat pembaca ke koran kompas, kasih usul biar ada layanan ganti oli actuator / hidrolik AMT suzuki [emoji38]
ada beberapa jenis ravenol, castrol, yang tidak ada di indo.
marmut wrote: Sat Jan 02, 2021 18:26
coba kirim sampel olinya ke trakindo buat analisa, (harusnya) nanti kan ketauan itu oli apa.
kalo oli hidrolik, boleh coba pakai pentosin. itu yang biasa dipake sama power steering-nya bmw dan suspensi hidroliknya range rover.

*hanya saran dari nubi sotoy. abaikan saja kalau ragu.
oli parts nya ada di maruti, buatan petronas (petronas tutela cs speed 75w??). cuma memang ga dimasukin ke sini sama beres.
beberapa udah pernah coba ganti oli dex3 syn ( 77 lubricants ), sukses kalau overhaul total.
jika oli aslinya masih ada (ga di overhaul) AGSnya eror. harus beneran bersih ga ada sisa oli terdahulu.

kalau pake oli sama kan ga perlu overhaul, cukup sedot aja oli di reservoirnya. bisa user serviceable.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ViPerRed »

fajarrian wrote: Sat Jan 02, 2021 20:51
ViPerRed wrote: Sat Jan 02, 2021 19:58
cuculacak wrote: Sat Jan 02, 2021 13:27

bantu jawab ya mbah, kalu di manual book pake atf 3317, mohon sarannya utk pengganti yg lebih baik
coba aisin AFW+ om.
ato PTT.. ada yg support 3317 tuh
sx4 ane masih pake 3317, ganti di KM 20rb / 2thn
mayan kok, shifting halus.. cuma klo udh panas slip nya rada berasa ya.. klo akserasi spontan RPM bsa agak liar. wkwkwk
sx4 nya udah berapa km suhu? kayanya mau nyobain aisin afw+ nih, liat di toko ijo ada paket yang 12L, terakhir kmrn kuras di beres abis di 10L, lumayan sisanya buat disimpen. kalo cuma ganti yang di pan doang suzuki splash abis berapa Liter ya?
108rb KM. ane peliara dr KM 55rb.
beres di tmpat ane pada ga bsa flush matic, jd terpaksa di bengkel luaran.. splash ane ga tau, tp klo sx4 di pan sekitar 5.7L. ane sih flush tiap 40rb.. flush jg cuma abis 7-8L krn oli udh bersih
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Jan 02, 2021 16:17
benzz89 wrote: Sat Jan 02, 2021 12:39 Pemborosan & sombong kali om klep ini ganti oli CVT tiap 15 ribu km, wong yang mau pelihara mobilnya sampe 20 taon aja ganti tiap 48 ribu aja sudah bangga banget, secara beres gantinya di 80 ribu katanya.

Kalau mbah suhu Omni kan ganti oli ATF tiap goceng km, itu aja sudah pake amsoil, kalau yang ini mah over spec secara mobilnya mau dipake sampe 40 taon katanya [emoji1787]
Lah abisnya salah pergaulan

Niat nya mau per 40 rebu km

Tp ad yg mobil nya mirip saya punya dan baru jalan belasan rebu aj ud ganti busi iridium, oli metik ama mesin, trekstang, boot trekstang ama cv, ganti pelek

Ya uda,dipanasin gt kepancing saya, akhirnya ganti tiap 15 rebu deh

Ohh si mbah itu mah , biar kata 40 taon lg jg odo paling cuman nambah 2 rebu 3 rebu doank.. wong cuman di taroh d dongkrak hidrolik nya doank naek turun tiap minggu
sptnya sy tau orangnya siapa yg dimaksud ..... :e-think:








:snipersmile:........................................................... :e-whistle:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

taaztmania wrote: Sat Jan 02, 2021 12:37
Suryaputra wrote: Wed Dec 30, 2020 14:31
taaztmania wrote: Wed Dec 30, 2020 12:15 Om, saran dong, baru mau coba ptt evotec eco 0-20, ini bisa dipake sampe berapa KM ya?
Mobilnya ayla 1,0 matic
Oli matic yg bersahabat dengan dompet tapi bagus apa ya?
Lagi ngelirik aisin AFW+ / ATF MULTI kira2 recommend ngga ya?
Aisin AFW+ bisa buat T-IV dan WS,
sampai daihatsu ATF DIII Multi & ATF D3-SP :big_biglaugh:
Berarti bisa neh jd pengganti atf nya daihatsu, soalnya d beres jg atf nya d kasih shell spirax
:big_deal:
shell spirax klo import thai atau hongkong sih bagus mbah.
:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
baiem
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Wed Dec 20, 2017 3:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by baiem »

adityabp wrote: Thu Dec 31, 2020 7:14 Urutan ngencengin bautnya gimana ya? Atau bebas aja? Thx.
keknya yang ada urutannya ngencengin baut head
baiem
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Wed Dec 20, 2017 3:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by baiem »

DOHC wrote: Fri Jan 01, 2021 10:19
baiem wrote: Fri Jan 01, 2021 9:47
DOHC wrote: Wed Dec 30, 2020 6:01 Si mbah omni boong tuh

Ngaku nya 7 rebu tp kenyataan nya sebulan skali atau 1000 km mana yg tercpai dl OCI nya dia mah
pasti sudah pake oil drain valve yaa
https://ezoildrainvalve.com/index.html
Wuih bagus jg tuh

Kira2 dsini ad jual ga yah ?

Si mbah konon denger2 kl ampe slek drat nya, bakal ganti utuh oil pan nya, brikut kruk as ama metal bulan nya
disini belum lihat sih Oum. tapi klo orang yang suka ganti oli ini cocok banget. kalau saya aliran pake oli yang bisa pakai lama :big_grin: