Koleksi hand tools [Part 02]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Wed Sep 30, 2020 2:11
yanuarra wrote: Tue Sep 29, 2020 13:27
blloewy wrote: Tue Sep 29, 2020 12:18 Om DOHC akhirnya tak beli dah itu kunci busi Engine Resing HR15.
Btw emang dalemannya ada karet semacam seal gt ya?
atau bonus ngga jelas ini karet di dalam kunci busi atau kunci shock :big_cry:

WhatsApp Image 2020-09-29 at 7.14.42 PM.jpeg
Itu kunci busi yg biasa yg dlmnya ada karet om

Klo sy punya pake magnet.. merknya toptul :ngacir:
Saya juga pakai Toptul pakai magnet ... dulu beli 50rb lebih dikit. Sekarang jadi 90rb
Kualitas finishing na jempol banget ... alus dan kilap. Mantap deh.
Tapi kualitas ketahanan puluhan tahun masih belum terbukti karena baru beli thn lalu
MSU wrote: Wed Sep 30, 2020 1:53 wkwk...apa perlu sampe segini mahalnya sih om...
montir2 tu pd pake grease biasa aman aja ampe sekarang...tp ya make-nya secukupnya aja
kenapa ketawa wkwk? pilihan tiap orang memang beda. Saya rasa tiap orang punya preference yang harus dihargai bukan untuk ditertawakan.
Bagi saya dengan beli yang bagus maka mungkin 3 sd 4 tahun tidak perlu dikerjakan ulang .... lebih menghemat waktu dan tidak kuatir.
Tiap tahun cuma check, oh masih bagus ya sudah.
Bagian rem menurut saya vital apalagi yang sering luar kota dan pegunungan. Rem akan cukup panas berlebihan.
Di BeRes saya lihat greasenya dibedakan juga.

Tapi saya menghargai pendapat tiap orang beda. Tanpa mentertawakan mereka ...
Nahh kl kasus montir biasa pake vet biasa utk pasak rem, maka saya amat sangat tidak setuju

Ini bukan masalah preferensi lg, tp masalah nyawa

Pasak kaliper rem itu perlu yg tahan panas, tidak boleh mencair atau meleleh pd suhu tinggi.. vet biasa itu PASTI mencair d suhu tinggi krn pasak kaliper itu pasti panas saat pengereman.. dann yg bkin lebi parah lg, d stiap pin pasak tsb, pasti ad selongsong karet utk facilitate sliding pin nya.. nah vet biasa ini yg petroleum based PaSTI bkin melar tuh karet.. akhirnya tuh pasak jd super macet, stuck... bahaya skali.. rem jd panas banget.. ini yg dulu saya perna alami

Makanya dl saya perna emosi skli liat montir maen hajar vet topwan ke pasak rem

Kl utk oli2, masi bisa kompromi preferensi, tp kl utk vet pasak rem, ga bisa kompromi

Utk pasak pin kaliper rem WAJIP non petroleum based, tahan panas, tahan meleleh, tahan aer
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1843
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by MSU »

Profith83 wrote: Wed Sep 30, 2020 2:11
yanuarra wrote: Tue Sep 29, 2020 13:27
blloewy wrote: Tue Sep 29, 2020 12:18 Om DOHC akhirnya tak beli dah itu kunci busi Engine Resing HR15.
Btw emang dalemannya ada karet semacam seal gt ya?
atau bonus ngga jelas ini karet di dalam kunci busi atau kunci shock :big_cry:

WhatsApp Image 2020-09-29 at 7.14.42 PM.jpeg
Itu kunci busi yg biasa yg dlmnya ada karet om

Klo sy punya pake magnet.. merknya toptul :ngacir:
Saya juga pakai Toptul pakai magnet ... dulu beli 50rb lebih dikit. Sekarang jadi 90rb
Kualitas finishing na jempol banget ... alus dan kilap. Mantap deh.
Tapi kualitas ketahanan puluhan tahun masih belum terbukti karena baru beli thn lalu
MSU wrote: Wed Sep 30, 2020 1:53 wkwk...apa perlu sampe segini mahalnya sih om...
montir2 tu pd pake grease biasa aman aja ampe sekarang...tp ya make-nya secukupnya aja
kenapa ketawa wkwk? pilihan tiap orang memang beda. Saya rasa tiap orang punya preference yang harus dihargai bukan untuk ditertawakan.
Bagi saya dengan beli yang bagus maka mungkin 3 sd 4 tahun tidak perlu dikerjakan ulang .... lebih menghemat waktu dan tidak kuatir.
Tiap tahun cuma check, oh masih bagus ya sudah.
Bagian rem menurut saya vital apalagi yang sering luar kota dan pegunungan. Rem akan cukup panas berlebihan.
Di BeRes saya lihat greasenya dibedakan juga.

Tapi saya menghargai pendapat tiap orang beda. Tanpa mentertawakan mereka ...
sory kalo tersinggung om...saya sama sekali ga ada maksud merendahkan atau menertawakan
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by iwing »

klo grease, bukannya yang bagus itu kelas marine ya..??
Kwaci
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Jul 19, 2020 13:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner vnt

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Kwaci »

Mbah mau tanya, itu baut tap oli cvt toyota hex atau torx ya dan ukuran berapa? Saya beli hex 6mm kok gak bisa masuk full
Mohon maaf masih gaptek blom bisa upload fotonya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 3:06 Mbah mau tanya, itu baut tap oli cvt toyota hex atau torx ya dan ukuran berapa? Saya beli hex 6mm kok gak bisa masuk full
Mohon maaf masih gaptek blom bisa upload fotonya

saya nggak yakin pake torx. kemungkinan terbesar ya hex antara 6mm, 8mm, atau 10mm.
dilihat saja dulu lebih teliti, siapa tahu ketutup kotoran.
masuknya kunci pun cuma sekitar 5~6mm.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

iwing wrote: Wed Sep 30, 2020 3:00 klo grease, bukannya yang bagus itu kelas marine ya..??
Mobil yg bisa dua alam (amphibi) baru deh pake marine grade mgkin om :ungg:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by iwing »

yanuarra wrote: Wed Sep 30, 2020 3:16
iwing wrote: Wed Sep 30, 2020 3:00 klo grease, bukannya yang bagus itu kelas marine ya..??
Mobil yg bisa dua alam (amphibi) baru deh pake marine grade mgkin om :ungg:
di bbrp kota di negara ini juga ada yang dua alam om (banjir) :big_slap:

klo memang kelas marine itu bagus, ya sekalian aja pake yang bagusan. musim hujan dan panas gak kuatir lagi :ungg:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 3:06 Mbah mau tanya, itu baut tap oli cvt toyota hex atau torx ya dan ukuran berapa? Saya beli hex 6mm kok gak bisa masuk full
Mohon maaf masih gaptek blom bisa upload fotonya
Nggk bisa masuk full itu mksdnya gmn om?
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

iwing wrote: Wed Sep 30, 2020 3:25
yanuarra wrote: Wed Sep 30, 2020 3:16
iwing wrote: Wed Sep 30, 2020 3:00 klo grease, bukannya yang bagus itu kelas marine ya..??
Mobil yg bisa dua alam (amphibi) baru deh pake marine grade mgkin om :ungg:
di bbrp kota di negara ini juga ada yang dua alam om (banjir) :big_slap:

klo memang kelas marine itu bagus, ya sekalian aja pake yang bagusan. musim hujan dan panas gak kuatir lagi :ungg:
Yg marine grease itu kan biasanya dipake di industri galangan kapal ya om.. bisa jd mmg speknya paling tinggi.. tp blm tentu itu yg cocok dipake di mobil.. misal wheel bearing itu butuh grease yg mampu nahan beban berat sekaligus hi speed.. krn kan grease ada grade dan karakteristiknya...(nlgi nomor sekian2). Cmiiw..
Kwaci
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Jul 19, 2020 13:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner vnt

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Kwaci »

marmut wrote: Wed Sep 30, 2020 3:16
Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 3:06 Mbah mau tanya, itu baut tap oli cvt toyota hex atau torx ya dan ukuran berapa? Saya beli hex 6mm kok gak bisa masuk full
Mohon maaf masih gaptek blom bisa upload fotonya

saya nggak yakin pake torx. kemungkinan terbesar ya hex antara 6mm, 8mm, atau 10mm.
dilihat saja dulu lebih teliti, siapa tahu ketutup kotoran.
masuknya kunci pun cuma sekitar 5~6mm.
Terimakasih mbah,
Iya cuman 5mm masuk gak full. Pake breaker bar 10" masih blom mau lepas, atau saya yg kurang tega takut selek. ini pabrik gak pake ceklek2 masangnya
Beli drain plug nya dulu lah ke beres buat jaga2
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 5:32
marmut wrote: Wed Sep 30, 2020 3:16
Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 3:06 Mbah mau tanya, itu baut tap oli cvt toyota hex atau torx ya dan ukuran berapa? Saya beli hex 6mm kok gak bisa masuk full
Mohon maaf masih gaptek blom bisa upload fotonya

saya nggak yakin pake torx. kemungkinan terbesar ya hex antara 6mm, 8mm, atau 10mm.
dilihat saja dulu lebih teliti, siapa tahu ketutup kotoran.
masuknya kunci pun cuma sekitar 5~6mm.
Terimakasih mbah,
Iya cuman 5mm masuk gak full. Pake breaker bar 10" masih blom mau lepas, atau saya yg kurang tega takut selek. ini pabrik gak pake ceklek2 masangnya
Beli drain plug nya dulu lah ke beres buat jaga2
Ciyus, beneran tuh baut drain ampe musti pake breaker bar dibuka ?

Trakir servis dmana emgnya ? Biar nanti saya, mbah marmut ama mbah yanuarra samperin bengkelnya.. ta suru montirnya copot pasang tuh baut2 roda beko pake konci pas tekiro
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by josomba »

DOHC wrote: Wed Sep 30, 2020 6:16 Ciyus, beneran tuh baut drain ampe musti pake breaker bar dibuka ?

Trakir servis dmana emgnya ? Biar nanti saya, mbah marmut ama mbah yanuarra samperin bengkelnya.. ta suru montirnya copot pasang tuh baut2 roda beko pake konci pas tekiro
Kok Tekiro? ga pake Sellery mbah? [emo-police]
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

josomba wrote: Wed Sep 30, 2020 6:20
DOHC wrote: Wed Sep 30, 2020 6:16 Ciyus, beneran tuh baut drain ampe musti pake breaker bar dibuka ?

Trakir servis dmana emgnya ? Biar nanti saya, mbah marmut ama mbah yanuarra samperin bengkelnya.. ta suru montirnya copot pasang tuh baut2 roda beko pake konci pas tekiro
Kok Tekiro? ga pake Sellery mbah? [emo-police]
Institut tehnik 31 februari asemreges itu disponsori ama tekiro mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by indeskey »

Ini termasuk inceran saya waktu cari grease buat rem. Akhirnya saya pilih CRC. Nggak jadi pilih seiken karena MSDS nya bilang pake base oil, kalau CRC ada embel2nya synthetic oil. berikut snapshot MSDS masing2.

Punya CRC
CRC Brake MSDS.jpg
Punya Seiken
Seiken Brake MSDS.jpg
Profith83 wrote: Wed Sep 30, 2020 1:23
indeskey wrote: Tue Sep 29, 2020 7:45
Profith83 wrote:saya pakai yang ini.
Entah bagus atau jelek
https://www.tokopedia.com/snapshot_prod ... =752172806

Sempat pakai di bulan juni atau July. belum coba lihat lagi
Halaman kok nggak ditemukan om (pake hp)
https://www.tokopedia.com/kokonyonyo/ru ... iken-japan

nah sambil coba tanya2x dimari. Seiken ini bagus apa gak? katanya Japan sih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 5:32
marmut wrote: Wed Sep 30, 2020 3:16
Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 3:06 Mbah mau tanya, itu baut tap oli cvt toyota hex atau torx ya dan ukuran berapa? Saya beli hex 6mm kok gak bisa masuk full
Mohon maaf masih gaptek blom bisa upload fotonya

saya nggak yakin pake torx. kemungkinan terbesar ya hex antara 6mm, 8mm, atau 10mm.
dilihat saja dulu lebih teliti, siapa tahu ketutup kotoran.
masuknya kunci pun cuma sekitar 5~6mm.
Terimakasih mbah,
Iya cuman 5mm masuk gak full. Pake breaker bar 10" masih blom mau lepas, atau saya yg kurang tega takut selek. ini pabrik gak pake ceklek2 masangnya
Beli drain plug nya dulu lah ke beres buat jaga2
Om posisi drain plugnya hadap bawah nggk si?
Klo iya
Tips: om ngolong dari depan, kaki masuk duluan, ntr cari besi buat pijakan aja di kolong..cari bagian yg aman.. Jd ngendorin bautnya nggk pake tenaga pergelangan tangan doang, tp nanti pake lengan+kaki juga. Harusnya bisa kebuka.. sm berdoa dlu sebelum ngerjainnya :mrgreen:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 5:32

Terimakasih mbah,
Iya cuman 5mm masuk gak full. Pake breaker bar 10" masih blom mau lepas, atau saya yg kurang tega takut selek. ini pabrik gak pake ceklek2 masangnya
Beli drain plug nya dulu lah ke beres buat jaga2

ada caranya membuka baut/mur yang keras, yakin socket bit masuk sempurna, tahan dengan salah satu tangan supaya tetap berada di posisinya, lalu tangan satu lagi narik ujung breaker bar dengan cara dihentak.
saya pake gagang trelek (istilah favorit shifu josomba) 10" ga pernah ada masalah. kalopun kurang panjang, pakai gagang socket L 12" sudah cukup membantu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Wed Sep 30, 2020 6:50

Om posisi drain plugnya hadap bawah nggk si?
Klo iya
Tips: om ngolong dari depan, kaki masuk duluan, ntr cari besi buat pijakan aja di kolong..cari bagian yg aman.. Jd ngendorin bautnya nggk pake tenaga pergelangan tangan doang, tp nanti pake lengan+kaki juga. Harusnya bisa kebuka.. sm berdoa dlu sebelum ngerjainnya :mrgreen:


namanya drain ya ngadep bawah....
:big_bored:

kalo ngadep atas, ngeluarin fluid-nya mobil dijungkirin?
:big_weee:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Profith83 »

indeskey wrote: Wed Sep 30, 2020 6:28 Ini termasuk inceran saya waktu cari grease buat rem. Akhirnya saya pilih CRC. Nggak jadi pilih seiken karena MSDS nya bilang pake base oil, kalau CRC ada embel2nya synthetic oil. berikut snapshot MSDS masing2.

Punya CRC
CRC Brake MSDS.jpg

Punya Seiken
Seiken Brake MSDS.jpg
Profith83 wrote: Wed Sep 30, 2020 1:23
indeskey wrote: Tue Sep 29, 2020 7:45 Halaman kok nggak ditemukan om (pake hp)
https://www.tokopedia.com/kokonyonyo/ru ... iken-japan

nah sambil coba tanya2x dimari. Seiken ini bagus apa gak? katanya Japan sih
Seiken 250 gram harga 88rb
CRC 71 gram harga 120rb

Dari harga sudah terlihat kualitas mana lebih baik .... hahaha
Tapi pakainya memang sedikit ini. Mungkin yang mahal biasanya tidak gampang hancur dan semakin tahan panas.
Sebenarnya part mahal itu enaknya kita gak kuatir apabila telat maintenance
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Wed Sep 30, 2020 7:57
yanuarra wrote: Wed Sep 30, 2020 6:50

Om posisi drain plugnya hadap bawah nggk si?
Klo iya
Tips: om ngolong dari depan, kaki masuk duluan, ntr cari besi buat pijakan aja di kolong..cari bagian yg aman.. Jd ngendorin bautnya nggk pake tenaga pergelangan tangan doang, tp nanti pake lengan+kaki juga. Harusnya bisa kebuka.. sm berdoa dlu sebelum ngerjainnya :mrgreen:


namanya drain ya ngadep bawah....
:big_bored:

kalo ngadep atas, ngeluarin fluid-nya mobil dijungkirin?
:big_weee:
Bokatan ngisor tp madep samping :big_bored:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by yanuarra »

Profith83 wrote: Wed Sep 30, 2020 7:59
indeskey wrote: Wed Sep 30, 2020 6:28 Ini termasuk inceran saya waktu cari grease buat rem. Akhirnya saya pilih CRC. Nggak jadi pilih seiken karena MSDS nya bilang pake base oil, kalau CRC ada embel2nya synthetic oil. berikut snapshot MSDS masing2.

Punya CRC
CRC Brake MSDS.jpg

Punya Seiken
Seiken Brake MSDS.jpg
Profith83 wrote: Wed Sep 30, 2020 1:23

https://www.tokopedia.com/kokonyonyo/ru ... iken-japan

nah sambil coba tanya2x dimari. Seiken ini bagus apa gak? katanya Japan sih
Seiken 250 gram harga 88rb
CRC 71 gram harga 120rb

Dari harga sudah terlihat kualitas mana lebih baik .... hahaha
Tapi pakainya memang sedikit ini. Mungkin yang mahal biasanya tidak gampang hancur dan semakin tahan panas.
Sebenarnya part mahal itu enaknya kita gak kuatir apabila telat maintenance
Tube kecil segitu kayanya ngga nyampe 250 gram om...sprtinya 100 g aja... :upss:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 5:32
Terimakasih mbah,
Iya cuman 5mm masuk gak full. Pake breaker bar 10" masih blom mau lepas, atau saya yg kurang tega takut selek. ini pabrik gak pake ceklek2 masangnya
Beli drain plug nya dulu lah ke beres buat jaga2
kadang kl di kolong kita suka hilang orientasi, mau buka malah ke arah mengencangkan baut/murnya. mau mengingatkan aja: anti clockwise utk membuka.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Profith83 »

yanuarra wrote: Wed Sep 30, 2020 8:27
Profith83 wrote: Wed Sep 30, 2020 7:59
indeskey wrote: Wed Sep 30, 2020 6:28 Ini termasuk inceran saya waktu cari grease buat rem. Akhirnya saya pilih CRC. Nggak jadi pilih seiken karena MSDS nya bilang pake base oil, kalau CRC ada embel2nya synthetic oil. berikut snapshot MSDS masing2.

Punya CRC
CRC Brake MSDS.jpg

Punya Seiken
Seiken Brake MSDS.jpg

Seiken 250 gram harga 88rb
CRC 71 gram harga 120rb

Dari harga sudah terlihat kualitas mana lebih baik .... hahaha
Tapi pakainya memang sedikit ini. Mungkin yang mahal biasanya tidak gampang hancur dan semakin tahan panas.
Sebenarnya part mahal itu enaknya kita gak kuatir apabila telat maintenance
Tube kecil segitu kayanya ngga nyampe 250 gram om...sprtinya 100 g aja... :upss:
setelah saya check benar sptnya 100 gram saja.
Soalnya bahasa jepang semua hahahaha
Kwaci
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Jul 19, 2020 13:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner vnt

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Kwaci »

Omnibus wrote: Wed Sep 30, 2020 8:34
Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 5:32
Terimakasih mbah,
Iya cuman 5mm masuk gak full. Pake breaker bar 10" masih blom mau lepas, atau saya yg kurang tega takut selek. ini pabrik gak pake ceklek2 masangnya
Beli drain plug nya dulu lah ke beres buat jaga2
kadang kl di kolong kita suka hilang orientasi, mau buka malah ke arah mengencangkan baut/murnya. mau mengingatkan aja: anti clockwise utk membuka.
Iya mbah, sampe bikin sample ngelepas baut yg lain di bemper saking herannya, besok sabtu di trial lagi :big_peace:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by blloewy »

Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 9:58
Omnibus wrote: Wed Sep 30, 2020 8:34
Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 5:32
Terimakasih mbah,
Iya cuman 5mm masuk gak full. Pake breaker bar 10" masih blom mau lepas, atau saya yg kurang tega takut selek. ini pabrik gak pake ceklek2 masangnya
Beli drain plug nya dulu lah ke beres buat jaga2
kadang kl di kolong kita suka hilang orientasi, mau buka malah ke arah mengencangkan baut/murnya. mau mengingatkan aja: anti clockwise utk membuka.
Iya mbah, sampe bikin sample ngelepas baut yg lain di bemper saking herannya, besok sabtu di trial lagi :big_peace:
Ini mobilnya apa om? :weekk:
nubie in all things - still need to learn
Kwaci
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Sun Jul 19, 2020 13:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner vnt

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Kwaci »

yanuarra wrote: Wed Sep 30, 2020 6:50
Kwaci wrote: Wed Sep 30, 2020 5:32
marmut wrote: Wed Sep 30, 2020 3:16


saya nggak yakin pake torx. kemungkinan terbesar ya hex antara 6mm, 8mm, atau 10mm.
dilihat saja dulu lebih teliti, siapa tahu ketutup kotoran.
masuknya kunci pun cuma sekitar 5~6mm.
Terimakasih mbah,
Iya cuman 5mm masuk gak full. Pake breaker bar 10" masih blom mau lepas, atau saya yg kurang tega takut selek. ini pabrik gak pake ceklek2 masangnya
Beli drain plug nya dulu lah ke beres buat jaga2
Om posisi drain plugnya hadap bawah nggk si?
Klo iya
Tips: om ngolong dari depan, kaki masuk duluan, ntr cari besi buat pijakan aja di kolong..cari bagian yg aman.. Jd ngendorin bautnya nggk pake tenaga pergelangan tangan doang, tp nanti pake lengan+kaki juga. Harusnya bisa kebuka.. sm berdoa dlu sebelum ngerjainnya :mrgreen:
Abis itu sayanya gak bisa keluar, perut nyangkut mbah :mky_03: