Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
100bhp? Swift gue sewaktu standar cuma 94bhp lagi di dyno, langsung gatel deh sebadan2. Greco gue ditulis 115bhp dibrosur, lagi di dyno malah 118bhp standar. Pantes aja di touring kalah dari yg laen
Tapi pembelian mobil khan ngak tergantung dari besar power saja, kadang orang milih modelnya. Jujur aja gue beli Swift karena comfort dibanding mobil lain di kelasnya & murah (kualitas BU Japan).
emang nya swift loyo? koq bakalan makin loyo? fyi: anda sudah pernah test drive sx4 atau punya sx4? injak gas dan rasakan tenaganya gak berasa kurang disini, apalagi di swift.
setahu saya di luar M15A ada versi 100ps dan 110psnya, sedangkan yang mesin M16A ada yang 107 ps (sx4)dan 124 ps (swift)
hihi.. udah pernah test drive vios (bukan yaris) dan city/jazz vtec? kalo udah seharusnya tau bahwa dua mesin-gearbox inilah juaranya.. yang lain (yaris, swift, sx4, city/jazz idsi) akan terasa lebih loyo.. Bukan bermaksut menghina merek.. no offense yah.. orang yang udah pernah bawa toyota, honda, dan suzuki seumur hidupnya pasti ngerti untuk mesin yang sekelas suzuki selalu lebih loyo.. ada yang lebih loyo dikit ada yang parah loyonya.. Kompensasi untuk gelar juara paling irit dari dulu... Walaupun sekarang gak begitu kedengeran lagi masalah iritnya suzuki.. Gw sendiri pernah megang toyota dari kijang, innova, corolla twincam, vios,altis, corolla great dan suzuki karimun, aerio, escudo, swift dan honda jazz, city, civic genio.. dan gw setuju dengan pendapat bung satyr..
gw bandingin harian antara jazz vtec A/T, Swift GL A/T, serta SX4 M/T, head to head dalam jangka waktu 3 minggu an karena semua gw punya sendiri, Jazz VTEC gw tahun 2005 ber Throttle body spoon, sedangkan Swift dan SX4 tahun 2007 dalam keadaan standar dar. dalam periode pamakaian tersebut gw tidak pernah merasa mesin Swift ato Sx4 lebih loyo dibanding the award winning jazz, benar bahwa swift A/T terlihat seperti malas pindah ke gigi rendah saat kick down, mesti ditekan full nbaru dia turun gigi, cuma tenaga selalu ada dan gak kurang saat gw butuhin. SX4 salah satu yg gw sayang saat ini, meskipun satu satunya yang bertransmisi manual, gw merasa tenaganya gak pernah putus di rentang rpm sampai red line. dan karakternya bernafas panjang, beda ama jazz yang lebih pendek pendek tarikannya, terlihat mana kala pakai 7 speed mode. dan SX4 manual dengan tanaga 100ps nya mampu mengalahkan Jazz VTEC A/T gw sewaktu test pake vericom 3000, memang selisih cuma 0,2 dtk, SX4 M/T 11.3dtk dan Jazz VTEC nya 11.5 dtk, tp overall gw gak bisa bilang ni mesin loyo lo..... dan jg gw jg gak akan bilang bahwa mesin ini better than L15A nya honda. kedua mesin ini sekelas, jazz cuma menang di transmisi yang gak terbantahkan masih the best in this class. bokap mertua kebetulan ada Vios M/T 2004, gw jg lumayan setirin, tarikannya jg asyik sih... tp SX4 gak kalah jauh dibanding ni mobil, meskipun gak pernah gw test pake vericom hehehehe it's just my 2 cents bro......
Mengganti chip harus beli baru ECU dari jepang. Jadi ECM ganti semua dari jepang. Tapi saya jamin, gak gampang dapet barang itu karena procedur ribet n panjang banget. waktu beli lampu JDM swift aja nunggu 4 bulan, itu aja karena ada alesan. Gak ada alesan gak dapet bro...
hehehe.. gw juga gak pernah bilang dia loyo atau jauh lebih loyo daripada yang laen lho.. tapi lebih loyo.. dan dalam pandangan gw mesin swift sedikit lebih loyo.. inget dalam bahasa indonesia sedikit lebih buruk dari yang laen bukan berarti dia buruk.. tapi dia KALAH kalo dibandingin ama yang laen.. tapi ini sih untuk kaki gw dan kaki bung satyr.. mungkin kaki anda beda bung piterr..
Realistis aja untuk kaki gw.. Diatas 150 pedal gas swift lebih berat buat gw daripada vios pipitiai dan jazz pitek... dan akselerasinya pun gw rasa lebih lambat.. gw gak tau berapa berat masing2 mobil tp setau gw emang bodi vios lebih ringan.. jadi untuk kaki gw swift LEBIH loyo daripada si pipitiai dan si pitek.. (bukan sangat loyo ataupun loyo..tapi lebih loyo daripada perbandingan yang lain.. )
========== I'm flying with my Siti Powered by L15Z1 N/A
naldo185 wrote:Mengganti chip harus beli baru ECU dari jepang. Jadi ECM ganti semua dari jepang. Tapi saya jamin, gak gampang dapet barang itu karena procedur ribet n panjang banget. waktu beli lampu JDM swift aja nunggu 4 bulan, itu aja karena ada alesan. Gak ada alesan gak dapet bro...
Wah ribet amat ya........ . Emang kl org Jepangnya sendiri mau beli ECU prosesnya seribet itu? Wah kalo gitu Swift gw tetep aja "LOYO" ya............. ......................kalo dibanding 350 Z sih..........
Gak sebanding bro...
Btw yang pernah ngukur dyno di roda, itu dah pasti lebih rendah. Rata2 mobil dari luar negeri ngukurnya dari Flywheel, not on wheel. Tapi ada yang udah di on wheel tetapi BHP bukan HP doank. Kepanjangannya brake horse power. Baru itu on wheel.
Tenang aja d dengan swift. Palingan gak lama lagi ada keputusan mau masukkin/ga Swift Sport, tapi dengan stock terbatas banget. ini buka rahasia aja lho... Kalau jadi masuk mau beli ah... hehehe
naldo wrote:Tenang aja d dengan swift. Palingan gak lama lagi ada keputusan mau masukkin/ga Swift Sport, tapi dengan stock terbatas banget. ini buka rahasia aja lho... Kalau jadi masuk mau beli ah... hehehe
naldo wrote:Tenang aja d dengan swift. Palingan gak lama lagi ada keputusan mau masukkin/ga Swift Sport, tapi dengan stock terbatas banget. ini buka rahasia aja lho... Kalau jadi masuk mau beli ah... hehehe
Gw juga ah............. . Bro Naldo kalo jadi masuk kasih tau donk
Tenang aja. Tapi belom ada keputusan smpe hari ini. tapi harga, bisa diatas vios/city. gpp tuh?? But u got the handling, chassis, suspension n bigger engine.
emang nya swift loyo? koq bakalan makin loyo? fyi: anda sudah pernah test drive sx4 atau punya sx4? injak gas dan rasakan tenaganya gak berasa kurang disini, apalagi di swift.
setahu saya di luar M15A ada versi 100ps dan 110psnya, sedangkan yang mesin M16A ada yang 107 ps (sx4)dan 124 ps (swift)
rasanya bung datsu dah jelasin semuanya
btw masalah menurut gw loyo apa nggak itu sepertinya relatif bro. mungkin buat 1 orang terasa loyo..buat orang lain terasa gak loyo.
so... gimana menurut pandangan masing2..
yg jelas temen gw yg pernah coba 3 3 nya (dia gak punya salah satu..jadi gw rasa cukup fair karena dia pegang mitsubishi) dia bilang
yaris: paling kencang tapi paling ga stabil (limbung), lebi boros
jazz: kedua terkencang, lebi irit dari yaris, hangling ok
swift: paling loyo, handling ok, build quality paling payah
gw sendiri cuma pernah test drive new vios dan gw rasa mayan kencang buat ukuran 1500 cc N/A
Krolla wrote:100bhp? Swift gue sewaktu standar cuma 94bhp lagi di dyno, langsung gatel deh sebadan2. Greco gue ditulis 115bhp dibrosur, lagi di dyno malah 118bhp standar. Pantes aja di touring kalah dari yg laen
Tapi pembelian mobil khan ngak tergantung dari besar power saja, kadang orang milih modelnya. Jujur aja gue beli Swift karena comfort dibanding mobil lain di kelasnya & murah (kualitas BU Japan).
ini jg betul..biasanya result dyno di honda lebih rendah, kalau toyota cenderung dekat dengan realistis (gw liat dari data dyno jazz, yaris, ama swift di brosur salah satu merk header yg mencantumkan result dyno before dan after)
data tertulis memang bisa meleset tergantung parameter dynamometer, cuma gw rasa simpangan toyota lebi kecil dari honda
CMIIW.. cuma dari pengalaman liat brosur ditambah melototin hasil dyno mobil orang ^^
datsu wrote:hehehe.. gw juga gak pernah bilang dia loyo atau jauh lebih loyo daripada yang laen lho.. tapi lebih loyo.. dan dalam pandangan gw mesin swift sedikit lebih loyo.. inget dalam bahasa indonesia sedikit lebih buruk dari yang laen bukan berarti dia buruk.. tapi dia KALAH kalo dibandingin ama yang laen.. tapi ini sih untuk kaki gw dan kaki bung satyr.. mungkin kaki anda beda bung piterr..
Realistis aja untuk kaki gw.. Diatas 150 pedal gas swift lebih berat buat gw daripada vios pipitiai dan jazz pitek... dan akselerasinya pun gw rasa lebih lambat.. gw gak tau berapa berat masing2 mobil tp setau gw emang bodi vios lebih ringan.. jadi untuk kaki gw swift LEBIH loyo daripada si pipitiai dan si pitek.. (bukan sangat loyo ataupun loyo..tapi lebih loyo daripada perbandingan yang lain.. )
gw sih coba langsung swift ga pernah... yaris dan jazz pun ga pernah.. cuma pernah vios lama dan vios baru...
gw rasa vios baru itu kencang tarikannya.. ternyata bener dari hasil 0-100 gw baca bisa 10 detik kurang (M/T).. berarti feeling gw gak salah kan?
mau gampangnya... bandingin juga fully tuned M15A vs 1NZ-FE vs L15A paling kenceng yg mana
tentu L15A (tau sendiri Honda rajanya N/A) ditempel ketat ama 1NZ-FE dan terakhir M15A
contohnya: menurut selentingan gosip (gw sebut gosip karena ownernya gak mau beberin spek mesinnya) M15A dengan kondisi full spek (denger2 udah cam racing, kompresi nyaris 14, bensol, dan trondol) cuma mampu 16 detik-an drag di sentul
gw yakin dgn spek segitu jazz dan yaris masuk 15 detik gede, apalagi kalo D15 city Z bisa tembus 15 tengah/kecil tuh
swift: 1490 cc, yaris: 1499 cc, selisih 9 hp ~ 1% optimalisasi 20%:
swift: 110 x 1.2 = 132 hp
yaris: 109 x 1.3 = 141.7 hp
swift tewas. standard imbang. swift lebih loyo itu karena sugesti, sebelum test sudah ada di pikiran suzuki pasti boyo toyota pasti kenceng. pas lagi test berasa deh kayak gitu.. sugesti aja maaan bahkan masih banyak org indo yang menganggap suzuki pasti mesinya rewel dan tiap bulan harus bolak balik bengkel ganti spare part.
walaupun "rasa" orang berbeda2 (ada yang bilang kenceng vios, ada pula yang bilang kenceng swift), tapi dari data dan faktanya kan bisa disimpulkan sbb:
kalo menurut spek diatas, hondalah yang mustinya paling kenceng....tenaga sama tapi bodi lebih enteng jauh, dan swift yang paling belakang. Kalo emang bro Naldo benar bahwa kita sedari dulu gak pernah dikasi mesin 110hp, mustinya sekarang kejawab kan comment nya bro Datsu dan Satyr yang bilang kenapa swift lebih lambat dari vios...liat aja sendiri specnya, beratnya sama, tapi HPnya beda jauh...ya panteslah kalo Swift kalah
ada kesalahan data disitu.
Berat swift itu cuma 985KG, 100HP 133NM. Trus, 0-100KM/J, Swift bisa tembus 10 detik, manual transmission. matic bisa 11detik. Menurut saya si, gak loyo2 banget lah y walaupun memang tenaga kalah dari yang laen tapi menang berat bobot yang enteng. Berat swift mpe 1400an KG si, itu udah ngebandingin mobil2 eropa aja(merc e-class gt2).Berat segitu dengan mesin sekecil itu, barulah loyo banget n no power.
naldo wrote:ada kesalahan data disitu.
Berat swift itu cuma 985KG, 100HP 133NM. Trus, 0-100KM/J, Swift bisa tembus 10 detik, manual transmission. matic bisa 11detik. Menurut saya si, gak loyo2 banget lah y walaupun memang tenaga kalah dari yang laen tapi menang berat bobot yang enteng. Berat swift mpe 1400an KG si, itu udah ngebandingin mobil2 eropa aja(merc e-class gt2).Berat segitu dengan mesin sekecil itu, barulah loyo banget n no power.
985 kg bro?
wah sori bro Naldo, soalnya saya liat di websitenya suzuki indomobil gross weightnya tulisannya 1485....jd kirain satuan beratnya KG...jadinya itu 1485 satuan beratnya apa ya bro? LBS?
wah kalo gitu, vios juga salah beratnya tuh?
Bro Risol1, biasanya produsen mobil menyertakan gross weight untuk memberikan ukuran berat maksimum mobil bila diisi penuh (5 orang, bensin dan sampah). Jadi gak bisa dijadikan tolak ukur... Dan sori aja, biasa orang IT kita salah masukin data, liat aja SX4, masih ditampilin yang model Jepang (ada lampu proyektornya).
Berikut berat-berat mobil diambil dari website empunya yang punya mobil.
Swift: 1030 KG
Yaris/Vitz: 1020 KG
Jazz/Fit: 1030 KG
Kalo ampe salah... Yah gw gak tau deh, kalo orang Jepang untuk detail kecil salah, berabe dong beli CBU. Bro Naldo, tolong dicek lagi, 985 KG untuk Swift itu informasi dari mana? Spek Jepangnya aja berat 1 ton polos untuk versi Swift manual. Mungkin untuk Swift ST karena sistem ABS, Airbag dicopot, lumayan tuh 15 KG.
Untuk cepet2an mesin, gw sih males liat gede2an power, buat gw lebih penting balance. Di majalah Autobild kapan gitu, ada perbandingan head to head Yaris Vs Jazz Vs Swift modifikasi ITCC, hasilnya: Yaris dan Jazz imbang, tapi Swift lebih pelan sedikit. Pengemudi sama, kondisi jalan sama, tinggal kembali ke tuner dan mobilnya.