Siyap om, sudah saya intip disebelah hehe.Omnibus wrote:nganu om ... di kolong yg buat belok2in roda kl setir kita puter2. hehehe
sy kemarin ada posting gambarnya di trit hrv om
koleksi hand tools........
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: koleksi hand tools........
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: koleksi hand tools........
Maksudnya nepel kopel joint as roda? Di HRV ada nepple nya om?DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 16:31percaya ga percaya, saya perna buka steering boot 2007 OGL Hr15DE 1.5 XV 5 speed single cvtc injector with tumble flaps intake manifold dan dunlop sp300 tyres yg wet handling nya bagaikan nyetir di mentega, itu ternyata masi ber vet loh pas saya buka, ga seheboh AN40 saya yg ampe beleber, tp at least masi bsa saya liat gumpalan2 vet nya dikit2.. ga kaya si hrv, nyaris kering itu..Omnibus wrote: Mon Aug 10, 2020 16:13kenapa kl baca tulisan mbah awalnya serius pas tengah2 sampe akhir kok terpingkal2 ya...![]()
gini mbah, kesimpulan sementara ane yg nan sotoy ini. rack steer njess atau hrv itu posisinya di belakang mesin dan dekat catalytic converter. nyaho sendiri dong panasnya kaya apa. mirip lah sama accu yg sauna-an di OGL twin tumble flap ente dulu. sementara kl di ipah atau fortie itu di depan mesin dia. masih kena angin2 sepoy yg suhunya dingin mbah.
nah krn ini kena sauna terus, ane sih udah meneguhkan hati mau cek itu vett tiap 5000 km at least. ane sampe nyetok itu oetiker klem nya tadi beli 4. yg di mobil akhirnya patah buka tutup terus. cuma bisa 2 kali abis itu patah. sama, gara2 liat mbah marmut kasih vett sampe blenger gitu ane buka lagi penuh2in, eh pas ngencengin patah klemnya. skrg pake cable tie Sigma yg paling ok, masih geser2 meski ga sampe copot sih cuma kl ada debu atau air pasti masuk lewat pinggiran bootnya. untung bisa beli klemnya doang ga sama bootnya.
gimana kabarnya kl service ke beres ya? dicek ngga ya itu vett. untung besar itu nsk showa yg bikin itu steering rack.
itu yg OGL malah saya cuman pake cable ties biasa aj om, waktu itu blom ngerti oetikerclamp sgala.. yg si hrv untung bengkel rumahan itu nyetok banyak oetiker, ga oem tp yah mending drpd ga ad.. itu montir nya aj ampe blg, jarang banget ad yg dateng minta di veet rack steer, kcuali ud sobek ancur boot nya
beres ?? dl waktu masi ikutin servis berkala gratis beberapa kl, saya kayanya blom perna ngeliat montir nya tembak vet ke nepel kopel joint as roda, padahal di buku primbon dsuru tiap periode servis loh
Ada berapa titik yah di HRV yg harus di grease dan jenis grease apa saja. Mau ke bengkel khusus kaki2x minta diberi grease
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: koleksi hand tools........
om, liat nih ex taxi L15 di mobilio odo 430k km.DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 2:07
--------gile ini mobil, 120 rebu masi blom jebol, ud kaya avansa aj
ga tau tuh pernah overhaul ngga. gile juga
source: https://otoseken.gridoto.com/amp/read/3 ... ini?page=2
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Fri Jun 07, 2019 4:42
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda HR-V
Re: koleksi hand tools........
Om @Omnibus, maksudnya didongkrak bag control arm gmn ya? Misal cuma punya 1 dongkrak, bisa ga mobil diturunin dulu terus dipindah dongkraknya? Di service manual bilangnya begini, cuma saya masih bingung:Omnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 5:58beli shock nya yg assy mbah. 1,5 jt dpt sama karet support shock dan bearing menurut part man nya ahond. x2 kiri kanan.DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 5:20
Td ud copot dr knuckle mbah, masi amannn
Cuman kayanya umur arm ga sbeberapa lama lg, karet bushing nya td saya perhatiin ud kaya apem kegencet, kayanya paling lama stengah taon lg sobek atau pecah.. nanti d baru ganti, dicicil biar ad kerjaan DIY
Ud coba jalan jg, masi grudug2 ternyata, kayanya shock ud mulai mati jg
Berarti list kerjaan nya
1. Ganti link stabil ki ka
2. Ganti karet roti stabil ki ka
3. Ganti shock dkk ki ka
Mahar disiapkan kayanya bsa 5-6 jutaan, lmayan, 120 rebu km baru abis sgitu, cuman seupil2nya om konstantin kl lg ke anugra
control arm beli assy juga, dpt komplit sayap sama dada. ehh sayap sama bushing 2 biji dan balljoint.
nanti pas ngencengin baut control arm yg ke body hrs didongkrak bagian control arm sampai body bertumpu disitu dan sedikit ngangkat dr jack stand, bukan dlm posisi menggantung. penting itu mbah spy bushing (yg baru) ngga terpuntir.
NOTE: First install the bushing part, and lightly tighten it, then raise the suspension to load it with the vehicle's
weight before fully tightening it to the specified torque.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: koleksi hand tools........
tenang om,
maksud saya itu utk ipah koq
tp hrv coba ikutin saran mbah marmut ama omnibus, skali2 tuh boot steering bole dibuka om, kmaren2 saya buka ternyata kering, akhirnya saya tembak vet abis satu odol tube buat kiri kanan, skrg kl ban gerak kiri kanan, ga ad bunyi grek grek alus lg..
percaya saya om kl enjin L15 bsa sgituOmnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 16:32om, liat nih ex taxi L15 di mobilio odo 430k km.DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 2:07
--------gile ini mobil, 120 rebu masi blom jebol, ud kaya avansa aj
ga tau tuh pernah overhaul ngga. gile juga
source: https://otoseken.gridoto.com/amp/read/3 ... ini?page=2
wong by default aj , enjin blok nya bsa di boost keong koq..
saya perna naek taksi bandara yg lio, sering banget liat odo di atas 300 rebu, kl kata supir nya pd blg ini kaya vios limo versi 7 orang, irit awet, tp ampun2 kursi nya ga enak
ini hrv saya aj kl dr mesin, suara ama tarikan kaya ga beda ama hrv baru, masi alus suaranya ,
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: koleksi hand tools........
itu yg vios diambil sama om fitra eri...odo udh >500rbOmnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 16:32om, liat nih ex taxi L15 di mobilio odo 430k km.DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 2:07
--------gile ini mobil, 120 rebu masi blom jebol, ud kaya avansa aj
ga tau tuh pernah overhaul ngga. gile juga
Screenshot_20200811_232224_com.android.chrome~2.jpg
source: https://otoseken.gridoto.com/amp/read/3 ... ini?page=2
dia bilang sepintas masih ok mobilnya...mgkn krn dipake jalan terus plus perawatan BB juga sih
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: koleksi hand tools........
sebenernya utk mobil2 modern, tembus 100rebu km sehh kayanya ud hal kecil yah
kl di luar negeri sana, saya liat malah 100 rebu km aj masi dibilang low milleage, apalagi dimamarika sana yg itungan nya miles, 100 rebu miles aj masi dianggep low milleage, padahal kl di convert ke KM, ud 160an rebu
kl di luar negeri sana, saya liat malah 100 rebu km aj masi dibilang low milleage, apalagi dimamarika sana yg itungan nya miles, 100 rebu miles aj masi dianggep low milleage, padahal kl di convert ke KM, ud 160an rebu
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: koleksi hand tools........
nah om berarti nyambung nih sm yg sy omongin.agnisp wrote: Wed Aug 12, 2020 1:21
Om @Omnibus, maksudnya didongkrak bag control arm gmn ya? Misal cuma punya 1 dongkrak, bisa ga mobil diturunin dulu terus dipindah dongkraknya? Di service manual bilangnya begini, cuma saya masih bingung:
NOTE: First install the bushing part, and lightly tighten it, then raise the suspension to load it with the vehicle's
weight before fully tightening it to the specified torque.
baut tsb dikencangkan ke specified torque dgn beban mobil spy pas bushing dikencangkan bautnya posisi control arm dlm posisi netral mobil berdiri diatas bannya di aspal. idealnya itu mobil dipasangkan ban, diturunkan dongkraknya, lalu om kencangkan dr kolong masuk ke pit.
problemnya kan kita ga punya pit kalau di rumah, jadi alternatifnya control armnya yg kita dongkrak sampai beban mobil bertumpu disitu (atau sampai lepas dr tahanan jack stand). perhatikan foto sy dibawah om. ada jack stand warna biru. mendongkrak control arm sampai tdk bertumpu lagi di jack stand = mobil bertumpu pada dongkrak pada control arm = mobil bertumpu pada ban di aspal. barulah baut dikencangkan ke specified torque.
intinya spy pas mengencangkan tdk dlm posisi arm menggantung. nanti kl mobil diturunkan jd kepuntir. bantingan keras dan bushing cepat sobek/pecah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: koleksi hand tools........
om, masa ada yg pasang tie rod end kebalik kanan ama kirinya. sudah gitu mobil dipake lama banget lagi padahal bunyi2 sampai itu tie rod end udah hrs diganti lagi krn udah letoy dan karetnya sobek. hahahaha mekanik DO asem reges tuh yg dulunya pasang ga bisa bedain lambang R sama L.
jaya auto ini pinter diagnosa lho menurut sy.
Last edited by Omnibus on Wed Aug 12, 2020 3:44, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: koleksi hand tools........
Makanya ane first car nya enjin 1NZ..
Rasanya worry free sm enjinnya..battle proven
Sekitar 4 taun kmren waktu ane nugas di makassar, diajak jalan disana. Eh ternyata pake vios limo eks taksi jakarta. Yg ane rasain performa mesin masih normal.. pdhl pembacaan odo udah 600rb km
Si empunya blg blm OH..
Kaki2 aja yg perlu peremajaan lagi, wajar sih udah jalan 2 kali PP bumi bulan

Rasanya worry free sm enjinnya..battle proven

Sekitar 4 taun kmren waktu ane nugas di makassar, diajak jalan disana. Eh ternyata pake vios limo eks taksi jakarta. Yg ane rasain performa mesin masih normal.. pdhl pembacaan odo udah 600rb km

Si empunya blg blm OH..
Kaki2 aja yg perlu peremajaan lagi, wajar sih udah jalan 2 kali PP bumi bulan

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: koleksi hand tools........
Om Omnibus, apakah prosedur ini berlaku juga ketika pasang arm (depan / belakang) ?Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 3:33nah om berarti nyambung nih sm yg sy omongin.agnisp wrote: Wed Aug 12, 2020 1:21
Om @Omnibus, maksudnya didongkrak bag control arm gmn ya? Misal cuma punya 1 dongkrak, bisa ga mobil diturunin dulu terus dipindah dongkraknya? Di service manual bilangnya begini, cuma saya masih bingung:
NOTE: First install the bushing part, and lightly tighten it, then raise the suspension to load it with the vehicle's
weight before fully tightening it to the specified torque.
baut tsb dikencangkan ke specified torque dgn beban mobil spy pas bushing dikencangkan bautnya posisi control arm dlm posisi netral mobil berdiri diatas bannya di aspal. idealnya itu mobil dipasangkan ban, diturunkan dongkraknya, lalu om kencangkan dr kolong masuk ke pit.
--deleted--
Saya curiga dulu ketika ganti bushing arm depan C24, gak sampe sebulan itu karet bushing "muncrat" keluar dari selongsong, jangan2x krn pas baut arm dikencengin, arm dlm kondisi menggantung.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: koleksi hand tools........
Hai kawan kawanOmnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 3:42om, masa ada yg pasang tie rod end kebalik kanan ama kirinya. sudah gitu mobil dipake lama banget lagi padahal bunyi2 sampai itu tie rod end udah hrs diganti lagi krn udah letoy dan karetnya sobek. hahahaha mekanik DO asem reges tuh yg dulunya pasang ga bisa bedain lambang R sama L.
jaya auto ini pinter diagnosa lho menurut sy.
Eh
Si jaya emg lmayan om koq om, mendingan drpd yong fuji
Saya malah ampe subscribe si jaya, kasi lonceng jg
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 342
- Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
- Location: BSD-SBY
Re: koleksi hand tools........
nah ini masuk list slanjutnya.. hehehe.

Sementara masih ngetes pendinginan mesin dulu, soalnya barusan gw ganti freeze plug. Soalnya ada rembesan kecil bgt.. dulu sementara gw lem porting sampek nemu partnya. hehehe.

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by henbob on Wed Aug 12, 2020 4:47, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: koleksi hand tools........
berlaku utk semua mobil om. dan mengencangkan wajib pakai TW krn bautnya ga boleh terlalu kencang (karet bushing terlalu terkompres jd gendut ditengah) ataupun terlalu longgar (karet bushing muter2.)adityabp wrote: Wed Aug 12, 2020 4:24
Om Omnibus, apakah prosedur ini berlaku juga ketika pasang arm (depan / belakang) ?
Saya curiga dulu ketika ganti bushing arm depan C24, gak sampe sebulan itu karet bushing "muncrat" keluar dari selongsong, jangan2x krn pas baut arm dikencengin, arm dlm kondisi menggantung.
![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: koleksi hand tools........
mantab sampai ngerepair plug freeze.... hahahahenbob wrote: Wed Aug 12, 2020 4:45
nah ini masuk list slanjutnya.. hehehe.![]()
Sementara masih ngetes pendinginan mesin dulu, soalnya barusan gw ganti freeze plug. Soalnya ada rembesan kecil bgt.. dulu sementara gw lem porting sampek nemu partnya. hehehe.![]()
nyabutnya gimana caranya, dilas trus dibetot ya om?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: koleksi hand tools........
Menurut SOP insitute van asem reges, kencengin bushing kaki2, wajip pake sliding T yg ujung nya dipakein pipa besi, trus harus di tarik dgn kaki beralaskan sendal jepit 1 montir ceking d kolong mobil, ama satu lg montir yg agak gemukan d sebelah mobilOmnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 4:46berlaku utk semua mobil om. dan mengencangkan wajib pakai TW krn bautnya ga boleh terlalu kencang (karet bushing terlalu terkompres jd gendut ditengah) ataupun terlalu longgar (karet bushing muter2.)adityabp wrote: Wed Aug 12, 2020 4:24
Om Omnibus, apakah prosedur ini berlaku juga ketika pasang arm (depan / belakang) ?
Saya curiga dulu ketika ganti bushing arm depan C24, gak sampe sebulan itu karet bushing "muncrat" keluar dari selongsong, jangan2x krn pas baut arm dikencengin, arm dlm kondisi menggantung.
![]()
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 342
- Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
- Location: BSD-SBY
Re: koleksi hand tools........
dipukul pake chisel om sampe miring gt om, trs dikasi oli biar ga lecet2 bgt trs dicabut om pake tang. hehehe.Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 4:50mantab sampai ngerepair plug freeze.... hahahahenbob wrote: Wed Aug 12, 2020 4:45
nah ini masuk list slanjutnya.. hehehe.![]()
Sementara masih ngetes pendinginan mesin dulu, soalnya barusan gw ganti freeze plug. Soalnya ada rembesan kecil bgt.. dulu sementara gw lem porting sampek nemu partnya. hehehe.![]()
nyabutnya gimana caranya, dilas trus dibetot ya om?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: koleksi hand tools........
henbob wrote: Wed Aug 12, 2020 4:54dipukul pake chisel om sampe miring gt om, trs dikasi oli biar ga lecet2 bgt trs dicabut om pake tang. hehehe.Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 4:50mantab sampai ngerepair plug freeze.... hahahahenbob wrote: Wed Aug 12, 2020 4:45
nah ini masuk list slanjutnya.. hehehe.![]()
Sementara masih ngetes pendinginan mesin dulu, soalnya barusan gw ganti freeze plug. Soalnya ada rembesan kecil bgt.. dulu sementara gw lem porting sampek nemu partnya. hehehe.![]()
nyabutnya gimana caranya, dilas trus dibetot ya om?![]()
kirain yang lama dipentung ampe nyemplung kedalem trus langsung pasang yang baru...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: koleksi hand tools........
njirrr shortcut....marmut wrote: Wed Aug 12, 2020 5:07
kirain yang lama dipentung ampe nyemplung kedalem trus langsung pasang yang baru...
![]()

sebelumnya oil pan lepasin dibawah, langsung deh klang klang klang klang jatuh ke ubin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: koleksi hand tools........
Nah ini aku sangat setuju om Klep.DOHC wrote: Wed Aug 12, 2020 2:35 sebenernya utk mobil2 modern, tembus 100rebu km sehh kayanya ud hal kecil yah
kl di luar negeri sana, saya liat malah 100 rebu km aj masi dibilang low milleage, apalagi dimamarika sana yg itungan nya miles, 100 rebu miles aj masi dianggep low milleage, padahal kl di convert ke KM, ud 160an rebu
Avanza dan Innova di kantor aku rata-rata sudah tembus di atas 250.000 KM
Makanya tertawa aja kalau di review corner, review-review pemakaian di bawah 100.000 KM dibilang long term review.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: koleksi hand tools........
mbah @Omnibus jahat,

semenjak pertama saya pake stahlwille walopun kunci ringpas 12, dan sekarang pake torq wrench stahlwille, jadi males pake merk lain.....
ibarat dulu pertama saya duduk di volvo 740, ga bakal mau duduk di mobil lain walopun sonderklasse ataupun rekusasu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 342
- Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
- Location: BSD-SBY
Re: koleksi hand tools........
wkwkwkw ga tega ommarmut wrote: Wed Aug 12, 2020 5:07
kirain yang lama dipentung ampe nyemplung kedalem trus langsung pasang yang baru...
![]()

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: koleksi hand tools........

ini kisah nyata ya sy mau cerita. saya mau ketawa krn sy beneran emang jahat ternyata.marmut wrote: Wed Aug 12, 2020 6:42
mbah @Omnibus jahat,
![]()
semenjak pertama saya pake stahlwille walopun kunci ringpas 12, dan sekarang pake torq wrench stahlwille, jadi males pake merk lain.....
ibarat dulu pertama saya duduk di volvo 740, ga bakal mau duduk di mobil lain walopun sonderklasse ataupun rekusasu.
pas kemaren mbah bilang mau tidur bareng tools stahlwille 3 trolley dan bilang kunci ringpasnya ringan dan presisi, sy langsung ambil kunci ringpas 12 dan coba buka baut di mobil, ga ada gawean. emang bener ringan dan presisi spt kata mbah. sy langsung yakin sebentar lagi pasti ada tangisan mbah ini. dan sy pasti jd terdakwa. hahahahahahahahahahaha
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Fri Jun 07, 2019 4:42
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda HR-V
Re: koleksi hand tools........
Oh I see nih Om.. berarti gapapa kan misal dikencengin dikit aja, terus pasang ban, mobilnya diturunin.. terus karena kolong HRV agak gede, kencenginnya sambil ngolong dikit pakai breaker bar, lalu baru pakai TW.Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 3:33nah om berarti nyambung nih sm yg sy omongin.agnisp wrote: Wed Aug 12, 2020 1:21
Om @Omnibus, maksudnya didongkrak bag control arm gmn ya? Misal cuma punya 1 dongkrak, bisa ga mobil diturunin dulu terus dipindah dongkraknya? Di service manual bilangnya begini, cuma saya masih bingung:
NOTE: First install the bushing part, and lightly tighten it, then raise the suspension to load it with the vehicle's
weight before fully tightening it to the specified torque.
baut tsb dikencangkan ke specified torque dgn beban mobil spy pas bushing dikencangkan bautnya posisi control arm dlm posisi netral mobil berdiri diatas bannya di aspal. idealnya itu mobil dipasangkan ban, diturunkan dongkraknya, lalu om kencangkan dr kolong masuk ke pit.
problemnya kan kita ga punya pit kalau di rumah, jadi alternatifnya control armnya yg kita dongkrak sampai beban mobil bertumpu disitu (atau sampai lepas dr tahanan jack stand). perhatikan foto sy dibawah om. ada jack stand warna biru. mendongkrak control arm sampai tdk bertumpu lagi di jack stand = mobil bertumpu pada dongkrak pada control arm = mobil bertumpu pada ban di aspal. barulah baut dikencangkan ke specified torque.
intinya spy pas mengencangkan tdk dlm posisi arm menggantung. nanti kl mobil diturunkan jd kepuntir. bantingan keras dan bushing cepat sobek/pecah.
IMG-20200803-WA0011~2.jpg
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: koleksi hand tools........
boleh bgt om, idealnya begitu memang. kl perlu jalanin maju mundur dulu mobilnya biar tambah mapak, kaya di bengkel spooring.agnisp wrote: Wed Aug 12, 2020 7:57
Oh I see nih Om.. berarti gapapa kan misal dikencengin dikit aja, terus pasang ban, mobilnya diturunin.. terus karena kolong HRV agak gede, kencenginnya sambil ngolong dikit pakai breaker bar, lalu baru pakai TW.