koleksi hand tools........

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: koleksi hand tools........

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Tue Aug 11, 2020 7:49 Oh gitu sebelah mana itu yak hehehe...
nganu om ... di kolong yg buat belok2in roda kl setir kita puter2. hehehe

sy kemarin ada posting gambarnya di trit hrv om
Siyap om, sudah saya intip disebelah hehe.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 16:31
Omnibus wrote: Mon Aug 10, 2020 16:13
DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 15:58
....
kenapa kl baca tulisan mbah awalnya serius pas tengah2 sampe akhir kok terpingkal2 ya... :big_biglaugh:

gini mbah, kesimpulan sementara ane yg nan sotoy ini. rack steer njess atau hrv itu posisinya di belakang mesin dan dekat catalytic converter. nyaho sendiri dong panasnya kaya apa. mirip lah sama accu yg sauna-an di OGL twin tumble flap ente dulu. sementara kl di ipah atau fortie itu di depan mesin dia. masih kena angin2 sepoy yg suhunya dingin mbah.

nah krn ini kena sauna terus, ane sih udah meneguhkan hati mau cek itu vett tiap 5000 km at least. ane sampe nyetok itu oetiker klem nya tadi beli 4. yg di mobil akhirnya patah buka tutup terus. cuma bisa 2 kali abis itu patah. sama, gara2 liat mbah marmut kasih vett sampe blenger gitu ane buka lagi penuh2in, eh pas ngencengin patah klemnya. skrg pake cable tie Sigma yg paling ok, masih geser2 meski ga sampe copot sih cuma kl ada debu atau air pasti masuk lewat pinggiran bootnya. untung bisa beli klemnya doang ga sama bootnya.

gimana kabarnya kl service ke beres ya? dicek ngga ya itu vett. untung besar itu nsk showa yg bikin itu steering rack.
percaya ga percaya, saya perna buka steering boot 2007 OGL Hr15DE 1.5 XV 5 speed single cvtc injector with tumble flaps intake manifold dan dunlop sp300 tyres yg wet handling nya bagaikan nyetir di mentega, itu ternyata masi ber vet loh pas saya buka, ga seheboh AN40 saya yg ampe beleber, tp at least masi bsa saya liat gumpalan2 vet nya dikit2.. ga kaya si hrv, nyaris kering itu..

itu yg OGL malah saya cuman pake cable ties biasa aj om, waktu itu blom ngerti oetikerclamp sgala.. yg si hrv untung bengkel rumahan itu nyetok banyak oetiker, ga oem tp yah mending drpd ga ad.. itu montir nya aj ampe blg, jarang banget ad yg dateng minta di veet rack steer, kcuali ud sobek ancur boot nya

beres ?? dl waktu masi ikutin servis berkala gratis beberapa kl, saya kayanya blom perna ngeliat montir nya tembak vet ke nepel kopel joint as roda, padahal di buku primbon dsuru tiap periode servis loh
Maksudnya nepel kopel joint as roda? Di HRV ada nepple nya om?
Ada berapa titik yah di HRV yg harus di grease dan jenis grease apa saja. Mau ke bengkel khusus kaki2x minta diberi grease
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 2:07
--------gile ini mobil, 120 rebu masi blom jebol, ud kaya avansa aj
om, liat nih ex taxi L15 di mobilio odo 430k km.

ga tau tuh pernah overhaul ngga. gile juga

Screenshot_20200811_232224_com.android.chrome~2.jpg
source: https://otoseken.gridoto.com/amp/read/3 ... ini?page=2
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Fri Jun 07, 2019 4:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: koleksi hand tools........

Post by agnisp »

Omnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 5:58
DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 5:20
Td ud copot dr knuckle mbah, masi amannn

Cuman kayanya umur arm ga sbeberapa lama lg, karet bushing nya td saya perhatiin ud kaya apem kegencet, kayanya paling lama stengah taon lg sobek atau pecah.. nanti d baru ganti, dicicil biar ad kerjaan DIY

Ud coba jalan jg, masi grudug2 ternyata, kayanya shock ud mulai mati jg

Berarti list kerjaan nya
1. Ganti link stabil ki ka
2. Ganti karet roti stabil ki ka
3. Ganti shock dkk ki ka

Mahar disiapkan kayanya bsa 5-6 jutaan, lmayan, 120 rebu km baru abis sgitu, cuman seupil2nya om konstantin kl lg ke anugra
beli shock nya yg assy mbah. 1,5 jt dpt sama karet support shock dan bearing menurut part man nya ahond. x2 kiri kanan.

control arm beli assy juga, dpt komplit sayap sama dada. ehh sayap sama bushing 2 biji dan balljoint.
nanti pas ngencengin baut control arm yg ke body hrs didongkrak bagian control arm sampai body bertumpu disitu dan sedikit ngangkat dr jack stand, bukan dlm posisi menggantung. penting itu mbah spy bushing (yg baru) ngga terpuntir.
Om @Omnibus, maksudnya didongkrak bag control arm gmn ya? Misal cuma punya 1 dongkrak, bisa ga mobil diturunin dulu terus dipindah dongkraknya? Di service manual bilangnya begini, cuma saya masih bingung:

NOTE: First install the bushing part, and lightly tighten it, then raise the suspension to load it with the vehicle's
weight before fully tightening it to the specified torque.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Tue Aug 11, 2020 14:32
DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 16:31 .........
Maksudnya nepel kopel joint as roda? Di HRV ada nepple nya om?
Ada berapa titik yah di HRV yg harus di grease dan jenis grease apa saja. Mau ke bengkel khusus kaki2x minta diberi grease
tenang om,
maksud saya itu utk ipah koq

tp hrv coba ikutin saran mbah marmut ama omnibus, skali2 tuh boot steering bole dibuka om, kmaren2 saya buka ternyata kering, akhirnya saya tembak vet abis satu odol tube buat kiri kanan, skrg kl ban gerak kiri kanan, ga ad bunyi grek grek alus lg..
Omnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 16:32
DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 2:07
--------gile ini mobil, 120 rebu masi blom jebol, ud kaya avansa aj
om, liat nih ex taxi L15 di mobilio odo 430k km.

ga tau tuh pernah overhaul ngga. gile juga

Screenshot_20200811_232224_com.android.chrome~2.jpg
source: https://otoseken.gridoto.com/amp/read/3 ... ini?page=2
percaya saya om kl enjin L15 bsa sgitu

wong by default aj , enjin blok nya bsa di boost keong koq..

saya perna naek taksi bandara yg lio, sering banget liat odo di atas 300 rebu, kl kata supir nya pd blg ini kaya vios limo versi 7 orang, irit awet, tp ampun2 kursi nya ga enak

ini hrv saya aj kl dr mesin, suara ama tarikan kaya ga beda ama hrv baru, masi alus suaranya ,
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: koleksi hand tools........

Post by MSU »

Omnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 16:32
DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 2:07
--------gile ini mobil, 120 rebu masi blom jebol, ud kaya avansa aj
om, liat nih ex taxi L15 di mobilio odo 430k km.

ga tau tuh pernah overhaul ngga. gile juga


Screenshot_20200811_232224_com.android.chrome~2.jpg

source: https://otoseken.gridoto.com/amp/read/3 ... ini?page=2
itu yg vios diambil sama om fitra eri...odo udh >500rb
dia bilang sepintas masih ok mobilnya...mgkn krn dipake jalan terus plus perawatan BB juga sih
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

sebenernya utk mobil2 modern, tembus 100rebu km sehh kayanya ud hal kecil yah

kl di luar negeri sana, saya liat malah 100 rebu km aj masi dibilang low milleage, apalagi dimamarika sana yg itungan nya miles, 100 rebu miles aj masi dianggep low milleage, padahal kl di convert ke KM, ud 160an rebu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

agnisp wrote: Wed Aug 12, 2020 1:21
Om @Omnibus, maksudnya didongkrak bag control arm gmn ya? Misal cuma punya 1 dongkrak, bisa ga mobil diturunin dulu terus dipindah dongkraknya? Di service manual bilangnya begini, cuma saya masih bingung:

NOTE: First install the bushing part, and lightly tighten it, then raise the suspension to load it with the vehicle's
weight before fully tightening it to the specified torque.
nah om berarti nyambung nih sm yg sy omongin.

baut tsb dikencangkan ke specified torque dgn beban mobil spy pas bushing dikencangkan bautnya posisi control arm dlm posisi netral mobil berdiri diatas bannya di aspal. idealnya itu mobil dipasangkan ban, diturunkan dongkraknya, lalu om kencangkan dr kolong masuk ke pit.

Image


problemnya kan kita ga punya pit kalau di rumah, jadi alternatifnya control armnya yg kita dongkrak sampai beban mobil bertumpu disitu (atau sampai lepas dr tahanan jack stand). perhatikan foto sy dibawah om. ada jack stand warna biru. mendongkrak control arm sampai tdk bertumpu lagi di jack stand = mobil bertumpu pada dongkrak pada control arm = mobil bertumpu pada ban di aspal. barulah baut dikencangkan ke specified torque.

intinya spy pas mengencangkan tdk dlm posisi arm menggantung. nanti kl mobil diturunkan jd kepuntir. bantingan keras dan bushing cepat sobek/pecah.

IMG-20200803-WA0011~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Aug 12, 2020 2:22
om, masa ada yg pasang tie rod end kebalik kanan ama kirinya. sudah gitu mobil dipake lama banget lagi padahal bunyi2 sampai itu tie rod end udah hrs diganti lagi krn udah letoy dan karetnya sobek. hahahaha mekanik DO asem reges tuh yg dulunya pasang ga bisa bedain lambang R sama L.

jaya auto ini pinter diagnosa lho menurut sy.


Last edited by Omnibus on Wed Aug 12, 2020 3:44, edited 2 times in total.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: koleksi hand tools........

Post by yanuarra »

Makanya ane first car nya enjin 1NZ.. :mky_01:
Rasanya worry free sm enjinnya..battle proven :big_biglaugh:
Sekitar 4 taun kmren waktu ane nugas di makassar, diajak jalan disana. Eh ternyata pake vios limo eks taksi jakarta. Yg ane rasain performa mesin masih normal.. pdhl pembacaan odo udah 600rb km :big_slap:
Si empunya blg blm OH..
Kaki2 aja yg perlu peremajaan lagi, wajar sih udah jalan 2 kali PP bumi bulan :big_grin:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: koleksi hand tools........

Post by adityabp »

Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 3:33
agnisp wrote: Wed Aug 12, 2020 1:21
Om @Omnibus, maksudnya didongkrak bag control arm gmn ya? Misal cuma punya 1 dongkrak, bisa ga mobil diturunin dulu terus dipindah dongkraknya? Di service manual bilangnya begini, cuma saya masih bingung:

NOTE: First install the bushing part, and lightly tighten it, then raise the suspension to load it with the vehicle's
weight before fully tightening it to the specified torque.
nah om berarti nyambung nih sm yg sy omongin.

baut tsb dikencangkan ke specified torque dgn beban mobil spy pas bushing dikencangkan bautnya posisi control arm dlm posisi netral mobil berdiri diatas bannya di aspal. idealnya itu mobil dipasangkan ban, diturunkan dongkraknya, lalu om kencangkan dr kolong masuk ke pit.

--deleted--
Om Omnibus, apakah prosedur ini berlaku juga ketika pasang arm (depan / belakang) ?
Saya curiga dulu ketika ganti bushing arm depan C24, gak sampe sebulan itu karet bushing "muncrat" keluar dari selongsong, jangan2x krn pas baut arm dikencengin, arm dlm kondisi menggantung.
:big_think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 3:42
DOHC wrote: Wed Aug 12, 2020 2:22
om, masa ada yg pasang tie rod end kebalik kanan ama kirinya. sudah gitu mobil dipake lama banget lagi padahal bunyi2 sampai itu tie rod end udah hrs diganti lagi krn udah letoy dan karetnya sobek. hahahaha mekanik DO asem reges tuh yg dulunya pasang ga bisa bedain lambang R sama L.

jaya auto ini pinter diagnosa lho menurut sy.


Hai kawan kawan

Eh

Si jaya emg lmayan om koq om, mendingan drpd yong fuji

Saya malah ampe subscribe si jaya, kasi lonceng jg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
henbob
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 342
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: koleksi hand tools........

Post by henbob »

Omnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 8:47
yanuarra wrote: Tue Aug 11, 2020 8:23
Ooo tdk bisa... Ane punya juga sama cetak bletakk kok om :big_weee:
ada bunyi tp beda ... :weekk:


ini bunyi yg manual




ini bunyi yg electronic (menit ke 13:38)

nah ini masuk list slanjutnya.. hehehe. :big_love:

Sementara masih ngetes pendinginan mesin dulu, soalnya barusan gw ganti freeze plug. Soalnya ada rembesan kecil bgt.. dulu sementara gw lem porting sampek nemu partnya. hehehe. :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by henbob on Wed Aug 12, 2020 4:47, edited 1 time in total.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

adityabp wrote: Wed Aug 12, 2020 4:24
Om Omnibus, apakah prosedur ini berlaku juga ketika pasang arm (depan / belakang) ?
Saya curiga dulu ketika ganti bushing arm depan C24, gak sampe sebulan itu karet bushing "muncrat" keluar dari selongsong, jangan2x krn pas baut arm dikencengin, arm dlm kondisi menggantung.
:big_think:
berlaku utk semua mobil om. dan mengencangkan wajib pakai TW krn bautnya ga boleh terlalu kencang (karet bushing terlalu terkompres jd gendut ditengah) ataupun terlalu longgar (karet bushing muter2.)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

henbob wrote: Wed Aug 12, 2020 4:45
nah ini masuk list slanjutnya.. hehehe. :big_love:

Sementara masih ngetes pendinginan mesin dulu, soalnya barusan gw ganti freeze plug. Soalnya ada rembesan kecil bgt.. dulu sementara gw lem porting sampek nemu partnya. hehehe. :big_peace:
mantab sampai ngerepair plug freeze.... hahaha

nyabutnya gimana caranya, dilas trus dibetot ya om?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 4:46
adityabp wrote: Wed Aug 12, 2020 4:24
Om Omnibus, apakah prosedur ini berlaku juga ketika pasang arm (depan / belakang) ?
Saya curiga dulu ketika ganti bushing arm depan C24, gak sampe sebulan itu karet bushing "muncrat" keluar dari selongsong, jangan2x krn pas baut arm dikencengin, arm dlm kondisi menggantung.
:big_think:
berlaku utk semua mobil om. dan mengencangkan wajib pakai TW krn bautnya ga boleh terlalu kencang (karet bushing terlalu terkompres jd gendut ditengah) ataupun terlalu longgar (karet bushing muter2.)
Menurut SOP insitute van asem reges, kencengin bushing kaki2, wajip pake sliding T yg ujung nya dipakein pipa besi, trus harus di tarik dgn kaki beralaskan sendal jepit 1 montir ceking d kolong mobil, ama satu lg montir yg agak gemukan d sebelah mobil
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
henbob
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 342
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: koleksi hand tools........

Post by henbob »

Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 4:50
henbob wrote: Wed Aug 12, 2020 4:45
nah ini masuk list slanjutnya.. hehehe. :big_love:

Sementara masih ngetes pendinginan mesin dulu, soalnya barusan gw ganti freeze plug. Soalnya ada rembesan kecil bgt.. dulu sementara gw lem porting sampek nemu partnya. hehehe. :big_peace:
mantab sampai ngerepair plug freeze.... hahaha

nyabutnya gimana caranya, dilas trus dibetot ya om?
dipukul pake chisel om sampe miring gt om, trs dikasi oli biar ga lecet2 bgt trs dicabut om pake tang. hehehe. :big_childish:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

henbob wrote: Wed Aug 12, 2020 4:54
Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 4:50
henbob wrote: Wed Aug 12, 2020 4:45
nah ini masuk list slanjutnya.. hehehe. :big_love:

Sementara masih ngetes pendinginan mesin dulu, soalnya barusan gw ganti freeze plug. Soalnya ada rembesan kecil bgt.. dulu sementara gw lem porting sampek nemu partnya. hehehe. :big_peace:
mantab sampai ngerepair plug freeze.... hahaha

nyabutnya gimana caranya, dilas trus dibetot ya om?
dipukul pake chisel om sampe miring gt om, trs dikasi oli biar ga lecet2 bgt trs dicabut om pake tang. hehehe. :big_childish:

kirain yang lama dipentung ampe nyemplung kedalem trus langsung pasang yang baru...



:ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Aug 12, 2020 5:07
henbob wrote: Wed Aug 12, 2020 4:54
Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 4:50

mantab sampai ngerepair plug freeze.... hahaha

nyabutnya gimana caranya, dilas trus dibetot ya om?
dipukul pake chisel om sampe miring gt om, trs dikasi oli biar ga lecet2 bgt trs dicabut om pake tang. hehehe. :big_childish:

kirain yang lama dipentung ampe nyemplung kedalem trus langsung pasang yang baru...



:ngacir:
njirrr shortcut.... :big_biglaugh:

sebelumnya oil pan lepasin dibawah, langsung deh klang klang klang klang jatuh ke ubin.
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: koleksi hand tools........

Post by Or4cle »

DOHC wrote: Wed Aug 12, 2020 2:35 sebenernya utk mobil2 modern, tembus 100rebu km sehh kayanya ud hal kecil yah

kl di luar negeri sana, saya liat malah 100 rebu km aj masi dibilang low milleage, apalagi dimamarika sana yg itungan nya miles, 100 rebu miles aj masi dianggep low milleage, padahal kl di convert ke KM, ud 160an rebu
Nah ini aku sangat setuju om Klep.
Avanza dan Innova di kantor aku rata-rata sudah tembus di atas 250.000 KM
Makanya tertawa aja kalau di review corner, review-review pemakaian di bawah 100.000 KM dibilang long term review.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 5:30

mbah @Omnibus jahat,
:big_cry:
semenjak pertama saya pake stahlwille walopun kunci ringpas 12, dan sekarang pake torq wrench stahlwille, jadi males pake merk lain.....
ibarat dulu pertama saya duduk di volvo 740, ga bakal mau duduk di mobil lain walopun sonderklasse ataupun rekusasu.
henbob
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 342
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: koleksi hand tools........

Post by henbob »

marmut wrote: Wed Aug 12, 2020 5:07
henbob wrote: Wed Aug 12, 2020 4:54
Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 4:50

mantab sampai ngerepair plug freeze.... hahaha

nyabutnya gimana caranya, dilas trus dibetot ya om?
dipukul pake chisel om sampe miring gt om, trs dikasi oli biar ga lecet2 bgt trs dicabut om pake tang. hehehe. :big_childish:

kirain yang lama dipentung ampe nyemplung kedalem trus langsung pasang yang baru...



:ngacir:
wkwkwkw ga tega om :mky_01:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

:mky_04:
marmut wrote: Wed Aug 12, 2020 6:42
mbah @Omnibus jahat,
:big_cry:
semenjak pertama saya pake stahlwille walopun kunci ringpas 12, dan sekarang pake torq wrench stahlwille, jadi males pake merk lain.....
ibarat dulu pertama saya duduk di volvo 740, ga bakal mau duduk di mobil lain walopun sonderklasse ataupun rekusasu.
ini kisah nyata ya sy mau cerita. saya mau ketawa krn sy beneran emang jahat ternyata.

pas kemaren mbah bilang mau tidur bareng tools stahlwille 3 trolley dan bilang kunci ringpasnya ringan dan presisi, sy langsung ambil kunci ringpas 12 dan coba buka baut di mobil, ga ada gawean. emang bener ringan dan presisi spt kata mbah. sy langsung yakin sebentar lagi pasti ada tangisan mbah ini. dan sy pasti jd terdakwa. hahahahahahahahahahaha
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Fri Jun 07, 2019 4:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: koleksi hand tools........

Post by agnisp »

Omnibus wrote: Wed Aug 12, 2020 3:33
agnisp wrote: Wed Aug 12, 2020 1:21
Om @Omnibus, maksudnya didongkrak bag control arm gmn ya? Misal cuma punya 1 dongkrak, bisa ga mobil diturunin dulu terus dipindah dongkraknya? Di service manual bilangnya begini, cuma saya masih bingung:

NOTE: First install the bushing part, and lightly tighten it, then raise the suspension to load it with the vehicle's
weight before fully tightening it to the specified torque.
nah om berarti nyambung nih sm yg sy omongin.

baut tsb dikencangkan ke specified torque dgn beban mobil spy pas bushing dikencangkan bautnya posisi control arm dlm posisi netral mobil berdiri diatas bannya di aspal. idealnya itu mobil dipasangkan ban, diturunkan dongkraknya, lalu om kencangkan dr kolong masuk ke pit.

Image


problemnya kan kita ga punya pit kalau di rumah, jadi alternatifnya control armnya yg kita dongkrak sampai beban mobil bertumpu disitu (atau sampai lepas dr tahanan jack stand). perhatikan foto sy dibawah om. ada jack stand warna biru. mendongkrak control arm sampai tdk bertumpu lagi di jack stand = mobil bertumpu pada dongkrak pada control arm = mobil bertumpu pada ban di aspal. barulah baut dikencangkan ke specified torque.

intinya spy pas mengencangkan tdk dlm posisi arm menggantung. nanti kl mobil diturunkan jd kepuntir. bantingan keras dan bushing cepat sobek/pecah.


IMG-20200803-WA0011~2.jpg
Oh I see nih Om.. berarti gapapa kan misal dikencengin dikit aja, terus pasang ban, mobilnya diturunin.. terus karena kolong HRV agak gede, kencenginnya sambil ngolong dikit pakai breaker bar, lalu baru pakai TW.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

agnisp wrote: Wed Aug 12, 2020 7:57
Oh I see nih Om.. berarti gapapa kan misal dikencengin dikit aja, terus pasang ban, mobilnya diturunin.. terus karena kolong HRV agak gede, kencenginnya sambil ngolong dikit pakai breaker bar, lalu baru pakai TW.
boleh bgt om, idealnya begitu memang. kl perlu jalanin maju mundur dulu mobilnya biar tambah mapak, kaya di bengkel spooring.