koleksi hand tools........

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Aug 10, 2020 16:25
DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 15:58 --------

tp masalahnya, ini mobil pas lg odo nol km jg ga beda ama skrg om, grudug grudug2 jg :upss: :upss:
-------
nah ini mbah, ane mau bahas ini secara khusus.

gk ane juga kaya gini pas baru. kenapanya ... kl menurut analisa sotoy ane, kan mobil bagian shock absorber atasnya yg ngiket ke body dikencengin sewaktu dirakit di pabrik (dugaan ane pake loctite.) pas kita pake jalan baru juga berapa km dudukannya kan berubah jadi lebih terkompres ke atas yg mengakibatkan part no 12 dan 13 jadi ada gap. fyi, diantara part no 12 dan 13 itu ada body mobil bagian dudukan shock. jadinya seolah2 baut pengencangnya (part no 17) tidak kencang mengikat dan adanya gap itu yg membuat glodakan. ane coba kencengin kan siapa tau operator pabriknya ngantuk atau apa, ya ga bisa. udah kenceng krn keras kena loctite. padahal itu spt di loctite dlm keadaan belum kencang.

nah ane caranya adalah, kendorin dulu sampai muter tuh baut pengikat (artinya loctite sdh terlepas) lalu baru deh dikencangkan lagi ke 44 Nm sesuai spec FSM. posisi mobil napak tanah, jangan didongkrak. btw ini kl di FSM sebutannya R&R (remove and reinstall) dan merupakan teknik yg biasa digunakan utk countermeasure masalah meski tidak ada parts yg diganti. cuma lepasin trus kencengin lagi aja. kelar mbah punya ane ga pernah glodakan lagi setelah itu, sampai ngehajar lubang gede di exit tol gn putri yg bikin deformasi part no 12 dan 13 itu lagi. lagi2 itu part 2 biang keroknya. skrg baru di oplas ganti semua part no 12 dan 13, regrease bearing no 11 dan udah senyap lagi.


Image
sipp

makasi ilmu nya mbah

kayanya itu bisa saya kerjain sendiri tuh, tp kl posisi mobil napak, berarti kl saya kendorin tuh baut shock, ga bakal ngerubah posisi spring nya kan om ?

btw, seumur2 pliara mobil2.. baru hrv ini paling klenik... kampas rem awet ampe 110an rebu km, shock blakang jg baru bocor pas 110an rebu.. yg depan, malah masi blom bocor ampe skrg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 16:36
sipp

makasi ilmu nya mbah

kayanya itu bisa saya kerjain sendiri tuh, tp kl posisi mobil napak, berarti kl saya kendorin tuh baut shock, ga bakal ngerubah posisi spring nya kan om ?

btw, seumur2 pliara mobil2.. baru hrv ini paling klenik... kampas rem awet ampe 110an rebu km, shock blakang jg baru bocor pas 110an rebu.. yg depan, malah masi blom bocor ampe skrg
sama2 mbah makasih juga ...

ga bakal ngerubah spring mbah, sebab itu ada mur yg part no 19 yg buat nahan spring. jadi emang mur atas itu (part no 17) yg dibuka utk ngelepas strut assy dr mobil, ga akan mental springnya. kl udah diluar mobil baru itu mur part no 19 bisa dibuka utk ngelepas spring. mobil harus napak tanah (loaded) supaya beban mobil membuat strut assy terkompres dan waktu mur no 17 dikencangkan ya betul2 kencang jadinya dan ga ada gap.

aksesnya dr atas engine bay dekat wiper, kl njess hrs buka plastic cover yg disediakan khusus utk akses ke mur atas itu. pakai ukuran 19mm tapi tengahnya harus ditahan pakai kunci L 6 atau 8 lupa ane. awalnya keras tuh buat ngendorinnya makanya ane duga ada loctitenya. hati2 kunci L nya slek.

oh iya, kl ane krn punya spring compressor jd sekalian dibuka pernya utk check apakah as shock absorbernya oblak atau engga. ternyata engga dan ditekan masih balik bagus ke atas (ga bocor).
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: koleksi hand tools........

Post by Or4cle »

Busyettt deh ... nih master core of the core DIY, om DOHC, om Omnibus tengah malam masih kuliah 4 SKS.

Om marmut mana ya ? Biar lebih seru kalo beliau ikut nimbrung :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Mon Aug 10, 2020 16:51 Busyettt deh ... nih master core of the core DIY, om DOHC, om Omnibus tengah malam masih kuliah 4 SKS.

Om marmut mana ya ? Biar lebih seru kalo beliau ikut nimbrung :big_grin:
totalitas om ... tim anti diperbudak bengkel :big_smoking:

om marmut lagi ngelonin torque wrench barunya ... lagi dielus2 dibawa tidur. :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Aug 10, 2020 17:03
Udah om

Td pagi2 buta ud bangun, biar sempet ngerjain nya

Dan bener kata om, td pake konci L no 8, sama kya GK5, musti buka penutup plastik nya jg, dannnn slekkkk, kamfret neh konci L cungkwo

Tp td akhirnya ud sempet buka ama kencengin, pake konci L cungkwo satu lg, ama konci ring pas d panjangin ama pipa, posisi nya d hrv nyempil soalnya

Ntar abis ini mo coba jalan, mudah2an grudug2 ilang

Tp td coba dongkrak roda lg, kayanya musti ganti terot, link stabil ama karet sandwich stabil jg deh... ini ga tau gmana shock nya, kl ud mati ya mau ga mau ganti jg

Arm ama balljoint td ud cek masi aman, gile ini mobil, 120 rebu masi blom jebol, ud kaya avansa aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Or4cle wrote: Mon Aug 10, 2020 16:51 Busyettt deh ... nih master core of the core DIY, om DOHC, om Omnibus tengah malam masih kuliah 4 SKS.

Om marmut mana ya ? Biar lebih seru kalo beliau ikut nimbrung :big_grin:
Ahh master opo

Tools saya aj tim kere hore, tw aj cuman punya sbiji mura meriah punya, boro2 stahlwille

Mbah marmut lg ngapalin luar pala buku primbon stahlwile nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Or4cle wrote: Mon Aug 10, 2020 16:51 Busyettt deh ... nih master core of the core DIY, om DOHC, om Omnibus tengah malam masih kuliah 4 SKS.

Om marmut mana ya ? Biar lebih seru kalo beliau ikut nimbrung :big_grin:

weeh.... jam segitu masih rame? saya udah pules sampe bangun kesiangan.
sepertinya saya menemukan hal yang nikmatnya (hampir) bisa dibandingkan dengan big O, yaitu punya torq wrench stahlwille.
ehehehehe.....
:big_grin:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 2:07

Tp td coba dongkrak roda lg, kayanya musti ganti terot, link stabil ama karet sandwich stabil jg deh... ini ga tau gmana shock nya, kl ud mati ya mau ga mau ganti jg

-

kalo ganti tie rod, sekalian rack end juga. karena umumnya rack end duluan yang tewas.
jangan lupa gantinya kiri kanan plus boot setir juga diperiksa. harga paling antara lak ban sampe cit ban go sebiji kali 2, tapi kalo ganti, musti spooring ulang.
karet sandwich? kami pro asem reges menyebutnya dengan karet roti.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

marmut wrote: Tue Aug 11, 2020 2:25
DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 2:07

Tp td coba dongkrak roda lg, kayanya musti ganti terot, link stabil ama karet sandwich stabil jg deh... ini ga tau gmana shock nya, kl ud mati ya mau ga mau ganti jg

-

kalo ganti tie rod, sekalian rack end juga. karena umumnya rack end duluan yang tewas.
jangan lupa gantinya kiri kanan plus boot setir juga diperiksa. harga paling antara lak ban sampe cit ban go sebiji kali 2, tapi kalo ganti, musti spooring ulang.
karet sandwich? kami pro asem reges menyebutnya dengan karet roti.
Sip mbah

Ini mau pecahin celengan dl

Nanti itu karet roti yg baru saya rendem dl ama vet cobra 1 purnama biar awet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: koleksi hand tools........

Post by Or4cle »

marmut wrote: Tue Aug 11, 2020 2:19
Or4cle wrote: Mon Aug 10, 2020 16:51 Busyettt deh ... nih master core of the core DIY, om DOHC, om Omnibus tengah malam masih kuliah 4 SKS.

Om marmut mana ya ? Biar lebih seru kalo beliau ikut nimbrung :big_grin:

weeh.... jam segitu masih rame? saya udah pules sampe bangun kesiangan.
sepertinya saya menemukan hal yang nikmatnya (hampir) bisa dibandingkan dengan big O, yaitu punya torq wrench stahlwille.
ehehehehe.....
:big_grin:
Cielee, om Marmut lagi bulan madu sama TW Stahwille sampai big O :big_love:
Salut nih, DIY full totalitas seperti kata Om Omnibus :big_exellent:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 2:07
Arm ama balljoint td ud cek masi aman, gile ini mobil, 120 rebu masi blom jebol, ud kaya avansa aj
haha ya 120k belum pernah dibuka kebayang aja itu mur shock kerasnya kaya apa.

balljoint musti dilepas dr knuckle nya baru bisa dicek letoy juga apa ngga. SST nya mbah marmut punya tuh, gangguin aja doi yg lagi honeymoon sm TW. :big_weee:
marmut wrote: Tue Aug 11, 2020 2:19

weeh.... jam segitu masih rame? saya udah pules sampe bangun kesiangan.
sepertinya saya menemukan hal yang nikmatnya (hampir) bisa dibandingkan dengan big O, yaitu punya torq wrench stahlwille.
ehehehehe.....
:big_grin:
gimana malam pertama bersama neng wille mbah? memuaskan?

cobain dong buat ngencengin mur roda kek, denger dulu bunyi ctek nya. gahar dan ngebass lho suaranya :big_weee:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 3:01

gimana malam pertama bersama neng wille mbah? memuaskan?

cobain dong buat ngencengin mur roda kek, denger dulu bunyi ctek nya. gahar dan ngebass lho suaranya :big_weee:

puleeesss....
ga kebayang kalo punya 3 troli penuh stahlwille, bisa-bisa tidur bareng tools.

gahar dan ngebass apaan....? persis suara baut patah. bikin jantungan.
:big_weee:
pake kunci ringpas-nya aja berasa nyaman banget, ringan dan presisi.

btw yang beli stahl sebelum saya mana ini suaranya?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

marmut wrote: Tue Aug 11, 2020 4:18
-------

gahar dan ngebass apaan....? persis suara baut patah. bikin jantungan.
:big_weee:

-------
ha ha ha ha ha ha ha :big_weee:

ya itu sengaja suaranya begitu mbah. maksudnya kl diterusin tanpa TW bakalan patah betulan bautnya. :mky_07:

om yanuarra beda suaranya, elektronik klik doang doi, bukan bletakkk :wkkk:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 3:01
DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 2:07
Arm ama balljoint td ud cek masi aman, gile ini mobil, 120 rebu masi blom jebol, ud kaya avansa aj
haha ya 120k belum pernah dibuka kebayang aja itu mur shock kerasnya kaya apa.

balljoint musti dilepas dr knuckle nya baru bisa dicek letoy juga apa ngga. SST nya mbah marmut punya tuh, gangguin aja doi yg lagi honeymoon sm TW. :big_weee:
marmut wrote: Tue Aug 11, 2020 2:19

weeh.... jam segitu masih rame? saya udah pules sampe bangun kesiangan.
sepertinya saya menemukan hal yang nikmatnya (hampir) bisa dibandingkan dengan big O, yaitu punya torq wrench stahlwille.
ehehehehe.....
:big_grin:
gimana malam pertama bersama neng wille mbah? memuaskan?

cobain dong buat ngencengin mur roda kek, denger dulu bunyi ctek nya. gahar dan ngebass lho suaranya :big_weee:
Td ud copot dr knuckle mbah, masi amannn

Cuman kayanya umur arm ga sbeberapa lama lg, karet bushing nya td saya perhatiin ud kaya apem kegencet, kayanya paling lama stengah taon lg sobek atau pecah.. nanti d baru ganti, dicicil biar ad kerjaan DIY

Ud coba jalan jg, masi grudug2 ternyata, kayanya shock ud mulai mati jg

Berarti list kerjaan nya
1. Ganti link stabil ki ka
2. Ganti karet roti stabil ki ka
3. Ganti shock dkk ki ka

Mahar disiapkan kayanya bsa 5-6 jutaan, lmayan, 120 rebu km baru abis sgitu, cuman seupil2nya om konstantin kl lg ke anugra
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 5:20
Td ud copot dr knuckle mbah, masi amannn

Cuman kayanya umur arm ga sbeberapa lama lg, karet bushing nya td saya perhatiin ud kaya apem kegencet, kayanya paling lama stengah taon lg sobek atau pecah.. nanti d baru ganti, dicicil biar ad kerjaan DIY

Ud coba jalan jg, masi grudug2 ternyata, kayanya shock ud mulai mati jg

Berarti list kerjaan nya
1. Ganti link stabil ki ka
2. Ganti karet roti stabil ki ka
3. Ganti shock dkk ki ka

Mahar disiapkan kayanya bsa 5-6 jutaan, lmayan, 120 rebu km baru abis sgitu, cuman seupil2nya om konstantin kl lg ke anugra
beli shock nya yg assy mbah. 1,5 jt dpt sama karet support shock dan bearing menurut part man nya ahond. x2 kiri kanan.

control arm beli assy juga, dpt komplit sayap sama dada. ehh sayap sama bushing 2 biji dan balljoint.
nanti pas ngencengin baut control arm yg ke body hrs didongkrak bagian control arm sampai body bertumpu disitu dan sedikit ngangkat dr jack stand, bukan dlm posisi menggantung. penting itu mbah spy bushing (yg baru) ngga terpuntir.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 5:58
DOHC wrote: Tue Aug 11, 2020 5:20
Td ud copot dr knuckle mbah, masi amannn

Cuman kayanya umur arm ga sbeberapa lama lg, karet bushing nya td saya perhatiin ud kaya apem kegencet, kayanya paling lama stengah taon lg sobek atau pecah.. nanti d baru ganti, dicicil biar ad kerjaan DIY

Ud coba jalan jg, masi grudug2 ternyata, kayanya shock ud mulai mati jg

Berarti list kerjaan nya
1. Ganti link stabil ki ka
2. Ganti karet roti stabil ki ka
3. Ganti shock dkk ki ka

Mahar disiapkan kayanya bsa 5-6 jutaan, lmayan, 120 rebu km baru abis sgitu, cuman seupil2nya om konstantin kl lg ke anugra
beli shock nya yg assy mbah. 1,5 jt dpt sama karet support shock dan bearing menurut part man nya ahond. x2 kiri kanan.

control arm beli assy juga, dpt komplit sayap sama dada. ehh sayap sama bushing 2 biji dan balljoint.
nanti pas ngencengin baut control arm yg ke body hrs didongkrak bagian control arm sampai body bertumpu disitu dan sedikit ngangkat dr jack stand, bukan dlm posisi menggantung. penting itu mbah spy bushing (yg baru) ngga terpuntir.
Nahh iya mbah

Td waktu telpon beres bagian spare pat jg dikasi tau kisaran ampir 2 jt termasuk ppn, tp ga termasuk spring nya katanya.. lmayan seh, d atrium beli ketengan jg kisaran sgitu

Nah link stabil ama karet apem nya kayanya saya beli d atrium aj, lebi murah jauh, 555 jepun sbiji paling pegoceng doank

Nahh kontrol arem masi dpending dl om, jgn di kelarin smua, nanti wiken bosen... kontrol arem kayanya nanti pas deket2 lbur natal baru saya garap, sminggu satu arem, mingdep arem brikutnya

Btw kl lg magabut iseng,

Bole cek klaher blakang GK5 om, saya belom lama ganti klaher blakang hrv saya, bawaan punya kurang bagus, ganti pake ntn jepun, barang lebi berat dan finishin lebi alus dr bawaan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: koleksi hand tools........

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 15:58
bener jg sehh

odo 120 rebu, tp baru ganti rack steer, ama link stabil doank skali..

tp masalahnya, ini mobil pas lg odo nol km jg ga beda ama skrg om, grudug grudug2 jg :upss: :upss:

ohh btw, mengenai vet di rack steer, ud sempet saya buka kmaren, bawa ke bengkel rumahan deket rumah yg punya oetikclamp, pas dibuka ternyata kering tp ga sekering GK5 om, jd nya saya suru vet ampe penuh sperti masda M2 skyaktif nya mbah josomba, pake vet tjap kerang gadus2 apalah itu lupa typenya, kiri kanan abis satu odol tube nya.. dan bener loh, biasa sblom nya kl puter full lock to lock ad bunyi alus dikit d bagian bawah rack nya, skrg senyapp..

parah loh ini ahond pelit nya, saya punya AN40 yg ud tua bangke bau tanah ngebul bau bikin perih mata aj, pas ganti steering boot, masi berlendiran vet loh, padahal dr lahir taon 2006 ga perna saya kasi vet
kenapa kl baca tulisan mbah awalnya serius pas tengah2 sampe akhir kok terpingkal2 ya... :big_biglaugh:

gini mbah, kesimpulan sementara ane yg nan sotoy ini. rack steer njess atau hrv itu posisinya di belakang mesin dan dekat catalytic converter. nyaho sendiri dong panasnya kaya apa. mirip lah sama accu yg sauna-an di OGL twin tumble flap ente dulu. sementara kl di ipah atau fortie itu di depan mesin dia. masih kena angin2 sepoy yg suhunya dingin mbah.

nah krn ini kena sauna terus, ane sih udah meneguhkan hati mau cek itu vett tiap 5000 km at least. ane sampe nyetok itu oetiker klem nya tadi beli 4. yg di mobil akhirnya patah buka tutup terus. cuma bisa 2 kali abis itu patah. sama, gara2 liat mbah marmut kasih vett sampe blenger gitu ane buka lagi penuh2in, eh pas ngencengin patah klemnya. skrg pake cable tie Sigma yg paling ok, masih geser2 meski ga sampe copot sih cuma kl ada debu atau air pasti masuk lewat pinggiran bootnya. untung bisa beli klemnya doang ga sama bootnya.

gimana kabarnya kl service ke beres ya? dicek ngga ya itu vett. untung besar itu nsk showa yg bikin itu steering rack.
Om Omni om DOHC ini boot yg di omongin boot yg dari transmisi ke roda kah (drive shaft)? Kejadian 1 thn lalu inner boot kanan sisi dalam itu bleber grease nya. Udah kecampur air, itu hampir kebanyakan brv kena. Gambar terlampir.

Ini perlu di reagrease berapa km/th kah idealnya. Kalau ikut om Omni 5k km keknya kecepeten hehe.
IMG_20200811_141535.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Tue Aug 11, 2020 7:16 Om Omni om DOHC ini boot yg di omongin boot yg dari transmisi ke roda kah (drive shaft)? Kejadian 1 thn lalu inner boot kanan sisi dalam itu bleber grease nya. Udah kecampur air, itu hampir kebanyakan brv kena. Gambar terlampir.

Ini perlu di reagrease berapa km/th kah idealnya. Kalau ikut om Omni 5k km keknya kecepeten hehe.IMG_20200811_141535.jpg
bukan om hehe

yg kita lg omongin boot long tie rod. dalemnya steering rack yg hrs dikontrol grease nya.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: koleksi hand tools........

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Tue Aug 11, 2020 7:16 Om Omni om DOHC ini boot yg di omongin boot yg dari transmisi ke roda kah (drive shaft)? Kejadian 1 thn lalu inner boot kanan sisi dalam itu bleber grease nya. Udah kecampur air, itu hampir kebanyakan brv kena. Gambar terlampir.

Ini perlu di reagrease berapa km/th kah idealnya. Kalau ikut om Omni 5k km keknya kecepeten hehe.IMG_20200811_141535.jpg
bukan om hehe

yg kita lg omongin boot long tie rod. dalemnya steering rack yg hrs dikontrol grease nya.
Oh gitu sebelah mana itu yak hehehe...
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: koleksi hand tools........

Post by adityabp »

indeskey wrote: Tue Aug 11, 2020 7:16 ...
Om Omni om DOHC ini boot yg di omongin boot yg dari transmisi ke roda kah (drive shaft)? Kejadian 1 thn lalu inner boot kanan sisi dalam itu bleber grease nya. Udah kecampur air, itu hampir kebanyakan brv kena. Gambar terlampir.

Ini perlu di reagrease berapa km/th kah idealnya. Kalau ikut om Omni 5k km keknya kecepeten hehe.IMG_20200811_141535.jpg
Bootnya sobek Om?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Tue Aug 11, 2020 7:49 Oh gitu sebelah mana itu yak hehehe...
nganu om ... di kolong yg buat belok2in roda kl setir kita puter2. hehehe

sy kemarin ada posting gambarnya di trit hrv om
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: koleksi hand tools........

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 4:44
marmut wrote: Tue Aug 11, 2020 4:18
-------

gahar dan ngebass apaan....? persis suara baut patah. bikin jantungan.
:big_weee:

-------
ha ha ha ha ha ha ha :big_weee:

ya itu sengaja suaranya begitu mbah. maksudnya kl diterusin tanpa TW bakalan patah betulan bautnya. :mky_07:

om yanuarra beda suaranya, elektronik klik doang doi, bukan bletakkk :wkkk:
Ooo tdk bisa... Ane punya juga sama cetak bletakk kok om :big_weee:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Tue Aug 11, 2020 8:23
Ooo tdk bisa... Ane punya juga sama cetak bletakk kok om :big_weee:
ada bunyi tp beda ... :weekk:


ini bunyi yg manual




ini bunyi yg electronic (menit ke 13:38)

yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: koleksi hand tools........

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Tue Aug 11, 2020 8:47
yanuarra wrote: Tue Aug 11, 2020 8:23
Ooo tdk bisa... Ane punya juga sama cetak bletakk kok om :big_weee:
ada bunyi tp beda ... :weekk:


ini bunyi yg manual




ini bunyi yg electronic (menit ke 13:38)

Woooiya beda.. yg manual lebih berat ya suaranya.. cetok/bletok gitu... Klo yg electro bunyinya lebih garing..cetek/bletek.. mantap.. wkwk
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: koleksi hand tools........

Post by indeskey »

adityabp wrote:
indeskey wrote: Tue Aug 11, 2020 7:16 ...
Om Omni om DOHC ini boot yg di omongin boot yg dari transmisi ke roda kah (drive shaft)? Kejadian 1 thn lalu inner boot kanan sisi dalam itu bleber grease nya. Udah kecampur air, itu hampir kebanyakan brv kena. Gambar terlampir.

Ini perlu di reagrease berapa km/th kah idealnya. Kalau ikut om Omni 5k km keknya kecepeten hehe.IMG_20200811_141535.jpg
Bootnya sobek Om?
Boot nya yg sobek, tp ada pasangannya yg didalem yg sobek om