sippOmnibus wrote: Mon Aug 10, 2020 16:25nah ini mbah, ane mau bahas ini secara khusus.DOHC wrote: Mon Aug 10, 2020 15:58 --------
tp masalahnya, ini mobil pas lg odo nol km jg ga beda ama skrg om, grudug grudug2 jg![]()
![]()
-------
gk ane juga kaya gini pas baru. kenapanya ... kl menurut analisa sotoy ane, kan mobil bagian shock absorber atasnya yg ngiket ke body dikencengin sewaktu dirakit di pabrik (dugaan ane pake loctite.) pas kita pake jalan baru juga berapa km dudukannya kan berubah jadi lebih terkompres ke atas yg mengakibatkan part no 12 dan 13 jadi ada gap. fyi, diantara part no 12 dan 13 itu ada body mobil bagian dudukan shock. jadinya seolah2 baut pengencangnya (part no 17) tidak kencang mengikat dan adanya gap itu yg membuat glodakan. ane coba kencengin kan siapa tau operator pabriknya ngantuk atau apa, ya ga bisa. udah kenceng krn keras kena loctite. padahal itu spt di loctite dlm keadaan belum kencang.
nah ane caranya adalah, kendorin dulu sampai muter tuh baut pengikat (artinya loctite sdh terlepas) lalu baru deh dikencangkan lagi ke 44 Nm sesuai spec FSM. posisi mobil napak tanah, jangan didongkrak. btw ini kl di FSM sebutannya R&R (remove and reinstall) dan merupakan teknik yg biasa digunakan utk countermeasure masalah meski tidak ada parts yg diganti. cuma lepasin trus kencengin lagi aja. kelar mbah punya ane ga pernah glodakan lagi setelah itu, sampai ngehajar lubang gede di exit tol gn putri yg bikin deformasi part no 12 dan 13 itu lagi. lagi2 itu part 2 biang keroknya. skrg baru di oplas ganti semua part no 12 dan 13, regrease bearing no 11 dan udah senyap lagi.
![]()
makasi ilmu nya mbah
kayanya itu bisa saya kerjain sendiri tuh, tp kl posisi mobil napak, berarti kl saya kendorin tuh baut shock, ga bakal ngerubah posisi spring nya kan om ?
btw, seumur2 pliara mobil2.. baru hrv ini paling klenik... kampas rem awet ampe 110an rebu km, shock blakang jg baru bocor pas 110an rebu.. yg depan, malah masi blom bocor ampe skrg