Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Sat Jul 11, 2020 6:20
Littlepotato wrote: Sat Jul 11, 2020 5:19 Om Turbo, atau agan-agan yang tahu, Oli CVT mobilio standar HCF-2 H, ada ga oli transmisi yang lebih bagus?
HCF2
Pakai aja tiap 2 tahun buang.
krn itu plg murah.
di bengkel resmi gak sampai 300rb terakhir sy ganti 3.4 liter.

alternatif yg lbh bagus ada PTT automat cvt
145rb seliter di blablacom
harus beli minimal 4 liter.
patokan nya mending km jg diikutsertakan.. kl ud jalan 20 rebu ud bole di ganti.. oli murah ini

saya aj malah tiap 15 rebu, (2 kali ganti oli mesin yg slalu di 7000an km)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9806
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Sat Jul 11, 2020 12:13
Suryaputra wrote: Sat Jul 11, 2020 6:20
Littlepotato wrote: Sat Jul 11, 2020 5:19 Om Turbo, atau agan-agan yang tahu, Oli CVT mobilio standar HCF-2 H, ada ga oli transmisi yang lebih bagus?
HCF2
Pakai aja tiap 2 tahun buang.
krn itu plg murah.
di bengkel resmi gak sampai 300rb terakhir sy ganti 3.4 liter.

alternatif yg lbh bagus ada PTT automat cvt
145rb seliter di blablacom
harus beli minimal 4 liter.
patokan nya mending km jg diikutsertakan.. kl ud jalan 20 rebu ud bole di ganti.. oli murah ini

saya aj malah tiap 15 rebu, (2 kali ganti oli mesin yg slalu di 7000an km)
iya bener.
20rb KM buang.
jgn itung2an sm lendir, harga gak seberapa tapi resiko minimal.

di buku kan 40rb km atau 2 thn.
ya gw ambil aman aja lah.

20rb atau 2 thn lgs buang :upss:
murah ini harganya.. drpd ntar ganti segelondong :weekk:

btw udh pernah ganti filter matic cvt kah ?
di tokped bnyk jual filter matic cvt ori keluarga hrv jazz lio dkk.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by severmaya »

Suryaputra wrote: Sat Jul 11, 2020 12:31
DOHC wrote: Sat Jul 11, 2020 12:13
Suryaputra wrote: Sat Jul 11, 2020 6:20

HCF2
Pakai aja tiap 2 tahun buang.
krn itu plg murah.
di bengkel resmi gak sampai 300rb terakhir sy ganti 3.4 liter.

alternatif yg lbh bagus ada PTT automat cvt
145rb seliter di blablacom
harus beli minimal 4 liter.
patokan nya mending km jg diikutsertakan.. kl ud jalan 20 rebu ud bole di ganti.. oli murah ini

saya aj malah tiap 15 rebu, (2 kali ganti oli mesin yg slalu di 7000an km)
iya bener.
20rb KM buang.
jgn itung2an sm lendir, harga gak seberapa tapi resiko minimal.

di buku kan 40rb km atau 2 thn.
ya gw ambil aman aja lah.

20rb atau 2 thn lgs buang :upss:
murah ini harganya.. drpd ntar ganti segelondong :weekk:

btw udh pernah ganti filter matic cvt kah ?
di tokped bnyk jual filter matic cvt ori keluarga hrv jazz lio dkk.
Ini flush atau sekedar ganti aja?
Saya waktu di beres toyota kok malah dianjurin mending ganti oli transmisi rutin aja 2 tahun sekali, ga usah di flush.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by evanbngdor »

severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 0:50
Suryaputra wrote: Sat Jul 11, 2020 12:31
DOHC wrote: Sat Jul 11, 2020 12:13

patokan nya mending km jg diikutsertakan.. kl ud jalan 20 rebu ud bole di ganti.. oli murah ini

saya aj malah tiap 15 rebu, (2 kali ganti oli mesin yg slalu di 7000an km)
iya bener.
20rb KM buang.
jgn itung2an sm lendir, harga gak seberapa tapi resiko minimal.

di buku kan 40rb km atau 2 thn.
ya gw ambil aman aja lah.

20rb atau 2 thn lgs buang :upss:
murah ini harganya.. drpd ntar ganti segelondong :weekk:

btw udh pernah ganti filter matic cvt kah ?
di tokped bnyk jual filter matic cvt ori keluarga hrv jazz lio dkk.
Ini flush atau sekedar ganti aja?
Saya waktu di beres toyota kok malah dianjurin mending ganti oli transmisi rutin aja 2 tahun sekali, ga usah di flush.
Ya namanya juga bengkel resmi Om. Kalo bisa malah nganjurin mending ganti mobil nya sekalian tiap 2 tahun sekali
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kompresorz »

gw ganti oli transmisi kijang n fortuner tiap 10 ribu km....
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by severmaya »

evanbngdor wrote: Sun Jul 12, 2020 1:02
severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 0:50
Suryaputra wrote: Sat Jul 11, 2020 12:31

iya bener.
20rb KM buang.
jgn itung2an sm lendir, harga gak seberapa tapi resiko minimal.

di buku kan 40rb km atau 2 thn.
ya gw ambil aman aja lah.

20rb atau 2 thn lgs buang :upss:
murah ini harganya.. drpd ntar ganti segelondong :weekk:

btw udh pernah ganti filter matic cvt kah ?
di tokped bnyk jual filter matic cvt ori keluarga hrv jazz lio dkk.
Ini flush atau sekedar ganti aja?
Saya waktu di beres toyota kok malah dianjurin mending ganti oli transmisi rutin aja 2 tahun sekali, ga usah di flush.
Ya namanya juga bengkel resmi Om. Kalo bisa malah nganjurin mending ganti mobil nya sekalian tiap 2 tahun sekali
:mky_01:
Kalau dua tahun sekali ganti oli transmisi sebenarnya ga masalah juga mobil lama soalnya, cuma bingungnya kok dibilang sekedar ganti bukan di flush karena tekanannya terlalu besar, itu kata SA nya.
Ini di innova 2kd, km 41 rb. Kalau 2 tahun sekali di flush nah ini baru mikir-mikir. :upss:
Sebenarnya idealnya berapa tahun ya? Karena kalau hitungan km ini baru sekali ganti oli transmisi. [emo-yesno]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9806
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 2:02
evanbngdor wrote: Sun Jul 12, 2020 1:02
severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 0:50

Ini flush atau sekedar ganti aja?
Saya waktu di beres toyota kok malah dianjurin mending ganti oli transmisi rutin aja 2 tahun sekali, ga usah di flush.
Ya namanya juga bengkel resmi Om. Kalo bisa malah nganjurin mending ganti mobil nya sekalian tiap 2 tahun sekali
:mky_01:
Kalau dua tahun sekali ganti oli transmisi sebenarnya ga masalah juga mobil lama soalnya, cuma bingungnya kok dibilang sekedar ganti bukan di flush karena tekanannya terlalu besar, itu kata SA nya.
Ini di innova 2kd, km 41 rb. Kalau 2 tahun sekali di flush nah ini baru mikir-mikir. :upss:
Sebenarnya idealnya berapa tahun ya? Karena kalau hitungan km ini baru sekali ganti oli transmisi. [emo-yesno]
klo saya rasa, tergantung cara nyetir kita.
klo cara bawa moderat ya 2 thn sekali aja atau tiap 20rb KM.

klo cara bawa om kompresor mentok gas sampai karpet, ya baiknya 1 thn sekali atau 10rb KM. atau lbh cepat :upss:

flush perlu tapi klo KM udh tinggi dan sekalian ganti filter matic nya.
ya balik ke preferensi masing2 ajah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by severmaya »

Suryaputra wrote: Sun Jul 12, 2020 2:11
severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 2:02
evanbngdor wrote: Sun Jul 12, 2020 1:02

Ya namanya juga bengkel resmi Om. Kalo bisa malah nganjurin mending ganti mobil nya sekalian tiap 2 tahun sekali
:mky_01:
Kalau dua tahun sekali ganti oli transmisi sebenarnya ga masalah juga mobil lama soalnya, cuma bingungnya kok dibilang sekedar ganti bukan di flush karena tekanannya terlalu besar, itu kata SA nya.
Ini di innova 2kd, km 41 rb. Kalau 2 tahun sekali di flush nah ini baru mikir-mikir. :upss:
Sebenarnya idealnya berapa tahun ya? Karena kalau hitungan km ini baru sekali ganti oli transmisi. [emo-yesno]
klo saya rasa, tergantung cara nyetir kita.
klo cara bawa moderat ya 2 thn sekali aja atau tiap 20rb KM.

klo cara bawa om kompresor mentok gas sampai karpet, ya baiknya 1 thn sekali atau 10rb KM. atau lbh cepat :upss:

flush perlu tapi klo KM udh tinggi dan sekalian ganti filter matic nya.
ya balik ke preferensi masing2 ajah
Kalau 2 tahun sekali itu ganti cuma di tap apa flushing om? Jadi ini dari 2013 baru ganti oli transmisi sebulanan lalu. Mobil pakaian ortu dia pedoman sama kertas keterangan 40 rb km baru ganti. :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9806
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 2:15
Suryaputra wrote: Sun Jul 12, 2020 2:11
severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 2:02

Kalau dua tahun sekali ganti oli transmisi sebenarnya ga masalah juga mobil lama soalnya, cuma bingungnya kok dibilang sekedar ganti bukan di flush karena tekanannya terlalu besar, itu kata SA nya.
Ini di innova 2kd, km 41 rb. Kalau 2 tahun sekali di flush nah ini baru mikir-mikir. :upss:
Sebenarnya idealnya berapa tahun ya? Karena kalau hitungan km ini baru sekali ganti oli transmisi. [emo-yesno]
klo saya rasa, tergantung cara nyetir kita.
klo cara bawa moderat ya 2 thn sekali aja atau tiap 20rb KM.

klo cara bawa om kompresor mentok gas sampai karpet, ya baiknya 1 thn sekali atau 10rb KM. atau lbh cepat :upss:

flush perlu tapi klo KM udh tinggi dan sekalian ganti filter matic nya.
ya balik ke preferensi masing2 ajah
Kalau 2 tahun sekali itu ganti cuma di tap apa flushing om? Jadi ini dari 2013 baru ganti oli transmisi sebulanan lalu. Mobil pakaian ortu dia pedoman sama kertas keterangan 40 rb km baru ganti. :big_biglaugh:
saya biasa tap aja om, tiap 2 thn sekali.

krn 40rb km mungkin gpp klo bw moderat dan gakda macet sm sekali atau sering kec konstan.

tp klo kena macet jgn deh
itungan 2 thn aja :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
chestershire
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Jul 09, 2017 13:42
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Panther

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by chestershire »

Turboman wrote: Fri Jul 10, 2020 7:32 di KM 1000 ganti aja semua

utk oli mesin rekomen = Schaeffer 15W40 yg promo di ToPed

harga cuman 65 rb / L

Semi Syn - PAO

ToPed = PT Papasari

Kalo oli transmisi pake oli MTF nya Isuzu atau MTF Honda bisa

oli gardan 80W90 GL-5 bebas
Om Turboman
Oli yg value for money untuk panther 2.5L turbo masih schaeffer yah?
Baca2 di sini PTT juga bagus
yg speknya mirip sama schaeffer
PTT Lubricants DYNAMIC COMMONRAIL SYNTHETIC 5W40

Tapi pas tanya ke seller nya dia ngarahin ke
PTT Lubricants Dynamic Plus + 15W-40 API CH4/SL JASO DH1

Biasa pake Mobil1 Delvac MX (TBN nya gede)
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 2:02
evanbngdor wrote: Sun Jul 12, 2020 1:02
severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 0:50

Ini flush atau sekedar ganti aja?
Saya waktu di beres toyota kok malah dianjurin mending ganti oli transmisi rutin aja 2 tahun sekali, ga usah di flush.
Ya namanya juga bengkel resmi Om. Kalo bisa malah nganjurin mending ganti mobil nya sekalian tiap 2 tahun sekali
:mky_01:
Kalau dua tahun sekali ganti oli transmisi sebenarnya ga masalah juga mobil lama soalnya, cuma bingungnya kok dibilang sekedar ganti bukan di flush karena tekanannya terlalu besar, itu kata SA nya.
Ini di innova 2kd, km 41 rb. Kalau 2 tahun sekali di flush nah ini baru mikir-mikir. :upss:
Sebenarnya idealnya berapa tahun ya? Karena kalau hitungan km ini baru sekali ganti oli transmisi. [emo-yesno]
Kl saya buat keawetan, th kedua ganti ATF (Terhitung stl kuras) terus th ke4 baru flush om ato maks 50/60rb udah harus kuras krn saya pernah ngerasain kondisi di km segitu udah belet banget. Mau kondisi jarang pake ato sering pake maksimal sy pake interval itu. SA-nya aneh itu, kalo gitu ngapain RnD/pihak technical development nyantumin kapasitas oli wkt flush di buku panduan sama nambahin drain plug di karter transmisi :big_biglaugh: .

Memang soal ATF ini kl awam byk yg ga tau sih om, di buku panduan aja kecatetnya agak halu begitu dan PDS ATF juga cara mempelajarinya buat saya masih ngga segampang oli mesin. Cuma kl dah ngerti dan pernah flushing sih bs ngerasain kapan harus ganti/flush ATF, bs patokan kilometer/tahun/feeling karakter mobil yg udah ga enak (kl hapal sama karakternya).

Saya di ertiga des 2018 flushing ATF pake Q8 auto JK. Sampe hari ini baru jalan 8rb km/1,5th. Rasanya kl lepas gas sambil gliding udah beda, kaya engine brakenya cukup kerasa. Rencana mau ganti yg di karter dulu di wkt dekat ini
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by aldittodi »

Permisi, numpang tanya lagi. Apakah masih aman menggunakan oli berbuntut 30 kalau dilihat dari moncong knalpotnya ada basah berwarna hitam?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9806
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

aldittodi wrote: Sun Jul 12, 2020 4:38 Permisi, numpang tanya lagi. Apakah masih aman menggunakan oli berbuntut 30 kalau dilihat dari moncong knalpotnya ada basah berwarna hitam?
basah hitam spt minyak/oli kebakar ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by aldittodi »

Suryaputra wrote: Sun Jul 12, 2020 5:42
aldittodi wrote: Sun Jul 12, 2020 4:38 Permisi, numpang tanya lagi. Apakah masih aman menggunakan oli berbuntut 30 kalau dilihat dari moncong knalpotnya ada basah berwarna hitam?
basah hitam spt minyak/oli kebakar ?
Iya om, ada basah hitam seperti oli di moncong mufflernya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9806
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

aldittodi wrote: Sun Jul 12, 2020 9:47
Suryaputra wrote: Sun Jul 12, 2020 5:42
aldittodi wrote: Sun Jul 12, 2020 4:38 Permisi, numpang tanya lagi. Apakah masih aman menggunakan oli berbuntut 30 kalau dilihat dari moncong knalpotnya ada basah berwarna hitam?
basah hitam spt minyak/oli kebakar ?
Iya om, ada basah hitam seperti oli di moncong mufflernya
gakda hub sm oli.
mirip case mbl saya dulu.

cb cek
- ring piston dan liner cylinder nya
- klep ada bocor apa nggak
:upss:

mungkin suhu di sini bs nambahin jg.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

Video edukasi ttg Additip package pada oli

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

Video edukasi ttg Filter oli yg bagus vs yg jelek

https://youtu.be/-Fy-G9t0jPs
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9806
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Sun Jul 12, 2020 11:28 Video edukasi ttg Filter oli yg bagus vs yg jelek

https://youtu.be/-Fy-G9t0jPs
saya skrg always pakai wix :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

aldittodi wrote:Permisi, numpang tanya lagi. Apakah masih aman menggunakan oli berbuntut 30 kalau dilihat dari moncong knalpotnya ada basah berwarna hitam?
better cari tahu dulu sebabnya dr mana
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

aldittodi wrote: Sun Jul 12, 2020 9:47
-

, ada basah hitam seperti oli di moncong mufflernya

seperti oli atau memang betulan oli?

umumnya (kalau mesin N/A) dari ring piston dan pasti ngebul saat idle dan berjalan. volume oli pun dijamin berkurang cukup drastis apabila memang benar kebocorannya dari ring piston.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 852
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by well »

erwinign wrote: Sun Jul 12, 2020 4:13
severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 2:02
evanbngdor wrote: Sun Jul 12, 2020 1:02

Ya namanya juga bengkel resmi Om. Kalo bisa malah nganjurin mending ganti mobil nya sekalian tiap 2 tahun sekali
:mky_01:
Kalau dua tahun sekali ganti oli transmisi sebenarnya ga masalah juga mobil lama soalnya, cuma bingungnya kok dibilang sekedar ganti bukan di flush karena tekanannya terlalu besar, itu kata SA nya.
Ini di innova 2kd, km 41 rb. Kalau 2 tahun sekali di flush nah ini baru mikir-mikir. :upss:
Sebenarnya idealnya berapa tahun ya? Karena kalau hitungan km ini baru sekali ganti oli transmisi. [emo-yesno]
Kl saya buat keawetan, th kedua ganti ATF (Terhitung stl kuras) terus th ke4 baru flush om ato maks 50/60rb udah harus kuras krn saya pernah ngerasain kondisi di km segitu udah belet banget. Mau kondisi jarang pake ato sering pake maksimal sy pake interval itu. SA-nya aneh itu, kalo gitu ngapain RnD/pihak technical development nyantumin kapasitas oli wkt flush di buku panduan sama nambahin drain plug di karter transmisi :big_biglaugh: .

Memang soal ATF ini kl awam byk yg ga tau sih om, di buku panduan aja kecatetnya agak halu begitu dan PDS ATF juga cara mempelajarinya buat saya masih ngga segampang oli mesin. Cuma kl dah ngerti dan pernah flushing sih bs ngerasain kapan harus ganti/flush ATF, bs patokan kilometer/tahun/feeling karakter mobil yg udah ga enak (kl hapal sama karakternya).

Saya di ertiga des 2018 flushing ATF pake Q8 auto JK. Sampe hari ini baru jalan 8rb km/1,5th. Rasanya kl lepas gas sambil gliding udah beda, kaya engine brakenya cukup kerasa. Rencana mau ganti yg di karter dulu di wkt dekat ini
Suhu suhu mau nanya, kalau pakai sado khusus automatic apa ngefek dan bs memperpanjang usia matic? Mohon share yg sudah pernah pakai dan ada pengalaman.
Apa ada efek sampingnya? Tx
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9806
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

well wrote: Sun Jul 12, 2020 13:01
erwinign wrote: Sun Jul 12, 2020 4:13
severmaya wrote: Sun Jul 12, 2020 2:02

Kalau dua tahun sekali ganti oli transmisi sebenarnya ga masalah juga mobil lama soalnya, cuma bingungnya kok dibilang sekedar ganti bukan di flush karena tekanannya terlalu besar, itu kata SA nya.
Ini di innova 2kd, km 41 rb. Kalau 2 tahun sekali di flush nah ini baru mikir-mikir. :upss:
Sebenarnya idealnya berapa tahun ya? Karena kalau hitungan km ini baru sekali ganti oli transmisi. [emo-yesno]
Kl saya buat keawetan, th kedua ganti ATF (Terhitung stl kuras) terus th ke4 baru flush om ato maks 50/60rb udah harus kuras krn saya pernah ngerasain kondisi di km segitu udah belet banget. Mau kondisi jarang pake ato sering pake maksimal sy pake interval itu. SA-nya aneh itu, kalo gitu ngapain RnD/pihak technical development nyantumin kapasitas oli wkt flush di buku panduan sama nambahin drain plug di karter transmisi :big_biglaugh: .

Memang soal ATF ini kl awam byk yg ga tau sih om, di buku panduan aja kecatetnya agak halu begitu dan PDS ATF juga cara mempelajarinya buat saya masih ngga segampang oli mesin. Cuma kl dah ngerti dan pernah flushing sih bs ngerasain kapan harus ganti/flush ATF, bs patokan kilometer/tahun/feeling karakter mobil yg udah ga enak (kl hapal sama karakternya).

Saya di ertiga des 2018 flushing ATF pake Q8 auto JK. Sampe hari ini baru jalan 8rb km/1,5th. Rasanya kl lepas gas sambil gliding udah beda, kaya engine brakenya cukup kerasa. Rencana mau ganti yg di karter dulu di wkt dekat ini
Suhu suhu mau nanya, kalau pakai sado khusus automatic apa ngefek dan bs memperpanjang usia matic? Mohon share yg sudah pernah pakai dan ada pengalaman.
Apa ada efek sampingnya? Tx


faktor plg besar tergantung pemakaian & perawatan ganti ATF juga om.
namanya jualan kecap kan selalu menjual kecapnya yg terbaik :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by aldittodi »

Suryaputra wrote: Sun Jul 12, 2020 10:56
aldittodi wrote: Sun Jul 12, 2020 9:47
Suryaputra wrote: Sun Jul 12, 2020 5:42

basah hitam spt minyak/oli kebakar ?
Iya om, ada basah hitam seperti oli di moncong mufflernya
gakda hub sm oli.
mirip case mbl saya dulu.

cb cek
- ring piston dan liner cylinder nya
- klep ada bocor apa nggak
:upss:

mungkin suhu di sini bs nambahin jg.
Turboman wrote: Sun Jul 12, 2020 12:48
aldittodi wrote:Permisi, numpang tanya lagi. Apakah masih aman menggunakan oli berbuntut 30 kalau dilihat dari moncong knalpotnya ada basah berwarna hitam?
better cari tahu dulu sebabnya dr mana
marmut wrote: Sun Jul 12, 2020 12:58
aldittodi wrote: Sun Jul 12, 2020 9:47
-

, ada basah hitam seperti oli di moncong mufflernya

seperti oli atau memang betulan oli?

umumnya (kalau mesin N/A) dari ring piston dan pasti ngebul saat idle dan berjalan. volume oli pun dijamin berkurang cukup drastis apabila memang benar kebocorannya dari ring piston.
Terima kasih saran-sarannya. Tadinya takut kalau mau pakai oli berbuntut 30 dengan kondisi seperti itu takut cepat berkurang
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9806
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

dopostt....

:ngacir: :ngacir:
Last edited by Suryaputra on Mon Jul 13, 2020 7:51, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9806
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Dah SNI.
sertifikasi plg aneh sedunia :big_biglaugh:

buat yaris 2010 babe :big_grin:

Image
Image

mayan.
udh harga termurah di duniaoli + free bayfresh gantung :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Mon Jul 13, 2020 8:22, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri