Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?
-
sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali
Menurut pendapat pribadi saya ya, justru kalau saya sangat happy lah om mesin HR15DE ngak perlu setel setel valve clearance adjustmentnya
seumur hidup jadi praktis dan tidak merepotkan, tugas kita cukup ganti oli dan filter oli dan isi bensin saja jadi berasa enak meliharanya betah deh gue kalau begini terus.
sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali
Ga coba dengan oli lebih encer? Saya di t30 pernah bunyi pelan bgt, dan pagi doank. Waktu itu pakai oli 10w-40. Waktu ganti oli pakai 5w30 dah ga pernah dengar lagi dengar suara mi tek tek.
iyak akhirnya balik ke sukandar pabrikan 5W-30
malah lbh sunyi skrg
sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali
Enjin HR15DE itu enjin resing lejen, rakjat tjelata haram hukum nya sentuh2 tuh daleman mesin.. watjip kasi oli bagus bensin bagus.. mau servis musti panggil montir dr jepun sana buat ganti shim bucket nya, d ukurnya pun musti pake milimeter caliper mitutoyo
blloewy wrote: Tue Jul 07, 2020 4:17
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali
Ga coba dengan oli lebih encer? Saya di t30 pernah bunyi pelan bgt, dan pagi doank. Waktu itu pakai oli 10w-40. Waktu ganti oli pakai 5w30 dah ga pernah dengar lagi dengar suara mi tek tek.
iyak akhirnya balik ke sukandar pabrikan 5W-30
malah lbh sunyi skrg
prsh sebesar nissan udah memberikan effort R&D yg luar biasa,
nyekolahin dan ngedidik insinyur2 mesinnya. Training dsb demi customer satisfaction.
memberikan sop ke bengkel dan dealer resmi.
dan.... dipatahkan sm pendapat teknisi nubie & teknisi yg ngakunya pengalaman, tapi mengandalkan asumsi dan opini
intinya mah simple aja.
Iqro = bacalah
baca ajah manual book nya, beres.
hahahaha
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Peter10 wrote: Tue Jul 07, 2020 6:09
Siang om-om semua, mo tanya klo api sm seperti ini bisa untuk mesin flat tappet k15? Apakah terlalu encer untuk mesin dgn umur 25 tahun? Terima kasih
API SM tidak untuk flat tappet.
boleh pakai API SL atau SN.
dan itu racing oil, apakah anda berniat untuk turun di track? karena racing oil tidak disarankan untuk daily driven.
copper rod wrote: Mon Jul 06, 2020 14:28
Mhn sarannya ya teman2
inopah G 2010 km udah skitar 140rb pk shell hx5 5-40,
Mending stay di 5-40 tp ganti merk lain atau ganti ke total9000 5-30?
Coba cek manual book, klo tidak salah Ipah 2010 5w30.
TQ9000 5w30 salah satu pilihan best value krn cmn 320rb segalon
& kemasan seliternya 86rb klo gak salah.
di duniaoli tokoijo
Alternatif ke-2 ya ada PTT 5w30,
di atasnya lagi ada amsoil OE 5w30.
DOHC wrote: Tue May 19, 2020 5:34
Yg musti diperhatiin justru kl pas start pagi ad asep putih dan bau nya pedes banget, atau paling parah ampe mesin panas aj tetep berasap, nahh ini bukan artinya musti ganti oli kentel, tp musti dbawa ke bengkel
itu yg ngejawab admin nya,doi bisa aja berspekulasi dan generalisir tanpa tau kondisi dalam mesin.
tapi klo dalam pandangan saya, tetap berpegang pada manual book rekomen SAE brp ?
setelah kena racun yg encer2 disini aja, lngsung ane replace ke encer smua digarasi... krna make nya juga start/stop doang rumah pasar.. pake kentel2 lumayan ngelag [emoji1787][emoji1787]
itu yg ngejawab admin nya,doi bisa aja berspekulasi dan generalisir tanpa tau kondisi dalam mesin.
tapi klo dalam pandangan saya, tetap berpegang pada manual book rekomen SAE brp ?
setelah kena racun yg encer2 disini aja, lngsung ane replace ke encer smua digarasi... krna make nya juga start/stop doang rumah pasar.. pake kentel2 lumayan ngelag [emoji1787][emoji1787]
Jgn lupa pantengin toko onlen nya DGO om, bgt diskon 60 persen lgs sikatttt...
copper rod wrote: Mon Jul 06, 2020 14:28
Mhn sarannya ya teman2
inopah G 2010 km udah skitar 140rb pk shell hx5 5-40,
Mending stay di 5-40 tp ganti merk lain atau ganti ke total9000 5-30?
Coba cek manual book, klo tidak salah Ipah 2010 5w30.
TQ9000 5w30 salah satu pilihan best value krn cmn 320rb segalon
& kemasan seliternya 86rb klo gak salah.
di duniaoli tokoijo
Alternatif ke-2 ya ada PTT 5w30,
di atasnya lagi ada amsoil OE 5w30.
Udah gk ada buku manualnya om hehhehe
Thank u utk sarannya om @Suryaputra
Yg dibilang om suryaputra udah bener kok om, sy baca di buku panduan khusus mekanik jg plg pol di 5W30. Ditunggu reviewnya om, krn saya planning buat innova saya ke TQ9000
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 11:29
Soal encer2
Seandainya mau coba yg lebih encer dari 10W40, tahapannya mending ke 5W40 dulu atau ke 10W30 dulu?
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 11:29
Soal encer2
Seandainya mau coba yg lebih encer dari 10W40, tahapannya mending ke 5W40 dulu atau ke 10W30 dulu?
Dompet sih lebih memihak 10W30
coba ptt 10w30 dulu.
klo ok, sikat lgs 0w20
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 11:29
Soal encer2
Seandainya mau coba yg lebih encer dari 10W40, tahapannya mending ke 5W40 dulu atau ke 10W30 dulu?
Dompet sih lebih memihak 10W30
coba ptt 10w30 dulu.
klo ok, sikat lgs 0w20
Sudahhhh... langsung sikat 0W-20 Amsoil Signature Series... gak akan nyesel lah. Pake 10 ribu km selama 1 taon puassss.
Kalau masih kurang enak baru pake Ravenol 0-W16 [emoji23]
Coba cek manual book, klo tidak salah Ipah 2010 5w30.
TQ9000 5w30 salah satu pilihan best value krn cmn 320rb segalon
& kemasan seliternya 86rb klo gak salah.
di duniaoli tokoijo
Alternatif ke-2 ya ada PTT 5w30,
di atasnya lagi ada amsoil OE 5w30.
Udah gk ada buku manualnya om hehhehe
Thank u utk sarannya om @Suryaputra
Yg dibilang om suryaputra udah bener kok om, sy baca di buku panduan khusus mekanik jg plg pol di 5W30. Ditunggu reviewnya om, krn saya planning buat innova saya ke TQ9000
Hahahha siyaap om,
Btw skrg pake oli apa om,knapa mo pindah ke TQ9000?
Dan gmn rasanya pake oli tsb?
Yg dibilang om suryaputra udah bener kok om, sy baca di buku panduan khusus mekanik jg plg pol di 5W30. Ditunggu reviewnya om, krn saya planning buat innova saya ke TQ9000
Hahahha siyaap om,
Btw skrg pake oli apa om,knapa mo pindah ke TQ9000?
Dan gmn rasanya pake oli tsb?
Punya saya E bensin MT 2010 om. Dari baru krn gatau apa2 pake TMO 10W40 terus . 2 minggu lalu rute smg-bandung pake oli itu+bensin pertalite+perawatan seadanya AVG sekitar 1:7. Masuk gigi 5, kec 110-120an itu rpm di 4000 om sampe gedeg saya. Mungkin ini dlm waktu dekat mau ganti oli MTF+oli gardan+ke TQ9000 5W30+bersih2 tangki bensin-filter bensin. Setidaknya bs ngubah behaviour wkt nyetir krn lebih enteng tarikan mestinya.
TQ9000 oli 5W30 plg value for money di thread perolian ini om, juga kl lihat speknya kekentalan di temp 100 deg C itu plg encer dr oli2 5W30 lainnya, misal PTT 5W30 yg saya pake biasanya. Walaupun di aspek jarak tempuh selama pemakaian TQ9000 (buat 7rb an km) ini masih kalah sama PTT 5W30 yg bisa 8-9rb km krn PTT udah ACEA A5/B5 (long drain)
Last edited by maastricht889 on Tue Jul 07, 2020 13:06, edited 1 time in total.
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 11:29
Soal encer2
Seandainya mau coba yg lebih encer dari 10W40, tahapannya mending ke 5W40 dulu atau ke 10W30 dulu?
Dompet sih lebih memihak 10W30
coba ptt 10w30 dulu.
klo ok, sikat lgs 0w20
Sudahhhh... langsung sikat 0W-20 Amsoil Signature Series... gak akan nyesel lah. Pake 10 ribu km selama 1 taon puassss.
Kalau masih kurang enak baru pake Ravenol 0-W16 [emoji23]
Dompet & knalpot bisa sama2 ngebul itu sih
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
DOHC wrote: Tue May 19, 2020 5:34
Yg musti diperhatiin justru kl pas start pagi ad asep putih dan bau nya pedes banget, atau paling parah ampe mesin panas aj tetep berasap, nahh ini bukan artinya musti ganti oli kentel, tp musti dbawa ke bengkel