Setuju Om, kalau mobil bermesin HR15DE jangan pelit oli dan filter olinya saat ganti oli mesin saya pribadi sudah membuktikan sendiri di mobil pribadi saya sendiri karena sampai dengan odo sekarang 81XXX, mobil selalu menggunakan BBM termurah tidak pernah mengalami masalah sampai sekarang so far so good and will continue use Premium yg masih tersedia di SPBU dekat rumah terus kedepannya.DOHC wrote:oli idemitsu sebenernya ga jelek2 amat koq, berbanding lurus ama harganya.. jd misal kl pake yg kelas plg murah, jgn ditarik ampe 10 rebu km, ini yg sering pihak beres ngawur, makanya banyak HR15DE jatuh korban sludge.. tp kl pake kelas yg bagusan, trus ganti per 5-6000an km mahh gapapa koq pake oli buntut 30. Idemitsu yg 5-30 jg ad, itu jg lmayan, tp yah tetep jgn ditarik ampe 10 rebu km
intinya pake HR15DE jgn pelit oli lah, kasi oli bagusan, rutin ganti per 6-7 rebuan km, jangan ikutin saran beres per 10 rebu km, kl ga mau mesin nya rontok
sayang ini mesin high rev koq, masa di cekek pake oli kentel.. tp jg jangan yg tralu encer ampe buntut 20
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Q8 formula special G.ViPerRed wrote: Mon May 18, 2020 13:02 ane penasaran nihh.
ber hub lg nyari2 oli buat livina juga.
pgn nya sih Q8.. nah ini ada Q8 5w30 formula special G/D1 dan Q8 5w30 formula special G, ada yg bersedia menjelaskan bedanya dimana?? harganya beda nyaris 40rb per liternya..
bisa buat bensin or diesel
API SN/CF, Dexos 2, ACEA C2, C3
Mid Saps.
Q8 formula special G/D1,
khusus buat mesin bensin
API SN/GF-5 & GM Dexos 1.
klo mesin bensin mending ambil formula special G/D1.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
okee sangat jelas sekali omSuryaputra wrote: Mon May 18, 2020 14:01Q8 formula special G.ViPerRed wrote: Mon May 18, 2020 13:02 ane penasaran nihh.
ber hub lg nyari2 oli buat livina juga.
pgn nya sih Q8.. nah ini ada Q8 5w30 formula special G/D1 dan Q8 5w30 formula special G, ada yg bersedia menjelaskan bedanya dimana?? harganya beda nyaris 40rb per liternya..
bisa buat bensin or diesel
API SN/CF, Dexos 2, ACEA C2, C3
Mid Saps.
Q8 formula special G/D1,
khusus buat mesin bensin
API SN/GF-5 & GM Dexos 1.
klo mesin bensin mending ambil formula special G/D1.
terima kasih penjelasannya
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Dec 29, 2014 11:47
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian
Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.
Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.
Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.
Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.
Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Om, mau nanya mobil super 2000 emang sdh ngga diproduksi lagi ya? Liat akun official di tokped mobil itu skrg mobil.super 2000 x2. Apa artinya mobil.super 2000 yg di duniaoli tokped stok lama? Aman ngga dibeli mobil super 2000 itu Om dibanding yg x2?
nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kl knalpot ad kluar asap putih tipis ga , atau ujung knalpot berminyak kaya motor 2 tak ? Kl tidak, coba aj gapapakudokun wrote: Mon May 18, 2020 21:22 Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian
Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.
Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.
Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
blloewy wrote: Mon May 18, 2020 23:43 Om, mau nanya mobil super 2000 emang sdh ngga diproduksi lagi ya? Liat akun official di tokped mobil itu skrg mobil.super 2000 x2. Apa artinya mobil.super 2000 yg di duniaoli tokped stok lama? Aman ngga dibeli mobil super 2000 itu Om dibanding yg x2?
mobil super 2000 masih produksi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
katanya ya om...ini kata suhu2 di grup nissan livina.kudokun wrote: Mon May 18, 2020 21:22 Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian
Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.
Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.
Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
Kl km tinggi di atas 80k km dan OGL mesin HR15 itu lbh baik pake yg 10W-30 atau 10W-40.
Pake 5W-30 sebenernya bagus cuma entah kenapa beberapa testimoni menunjukkan penguapan yg tinggi di 5W-30 ini.
tetapi kl om mau pake maksimal 4000-5000 km atau periode 6 bln gpp pake 5W-30.
Cuma mesti rajin cek aja level oli nya.
begitu yg saya baca di grup FB Pemakai Nissan Livina.
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?DOHC wrote: Mon May 18, 2020 12:05 oli idemitsu sebenernya ga jelek2 amat koq, berbanding lurus ama harganya.. jd misal kl pake yg kelas plg murah, jgn ditarik ampe 10 rebu km, ini yg sering pihak beres ngawur, makanya banyak HR15DE jatuh korban sludge.. tp kl pake kelas yg bagusan, trus ganti per 5-6000an km mahh gapapa koq pake oli buntut 30. Idemitsu yg 5-30 jg ad, itu jg lmayan, tp yah tetep jgn ditarik ampe 10 rebu km
intinya pake HR15DE jgn pelit oli lah, kasi oli bagusan, rutin ganti per 6-7 rebuan km, jangan ikutin saran beres per 10 rebu km, kl ga mau mesin nya rontok
sayang ini mesin high rev koq, masa di cekek pake oli kentel.. tp jg jangan yg tralu encer ampe buntut 20
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.

nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
kixx/aisin, shell helix astra, ptt, oli BeRes Mitsu (di botol tulisannya semi synth)?blloewy wrote: Tue May 19, 2020 2:48
10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
![]()
Lagian kenapa ga 5w-30 aja om? kan yg diliat buntut belakangnya....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Banyak yg nguap sampe seliter pada pemakaian blm 2000 km under 6 bulan kl pake 5W-30 di L10 dgn km di atas 70k km.josomba wrote: Tue May 19, 2020 3:04kixx/aisin, shell helix astra, ptt, oli BeRes Mitsu (di botol tulisannya semi synth)?blloewy wrote: Tue May 19, 2020 2:48
10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
![]()
Lagian kenapa ga 5w-30 aja om? kan yg diliat buntut belakangnya....
Cuma mungkin tergandeng kondisi mesin mungkin ya?

Cek dulu merk2 yg om sebut di atas mana yg semi synth

nubie in all things - still need to learn
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Dec 29, 2014 11:47
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Ga ada asap putih. Knalpot juga bersih. Habis tap bisa langsung isi atau harus nunggu semaleman dulu?DOHC wrote: Tue May 19, 2020 1:51Kl knalpot ad kluar asap putih tipis ga , atau ujung knalpot berminyak kaya motor 2 tak ? Kl tidak, coba aj gapapakudokun wrote: Mon May 18, 2020 21:22 Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian
Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.
Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.
Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Ga mending cek2 mesin dulu?blloewy wrote: Tue May 19, 2020 3:42
Banyak yg nguap sampe seliter pada pemakaian blm 2000 km under 6 bulan kl pake 5W-30 di L10 dgn km di atas 70k km.
Cuma mungkin tergandeng kondisi mesin mungkin ya?![]()
Cek dulu merk2 yg om sebut di atas mana yg semi synth![]()
Sepengetahuan saya mau 10w-30 atau 5w-30 ya mirip2 aja penguapannya. ambil contoh havoline 10w30 ama 5w30 saya cek di pqia.org sama2 di 12an untuk NOACK level..
saya sendiri pake 0w20 dah beberapa tahun, sering rpm 5-6k ya jadi kudu top up 200ml tiap 5k KM ketimbang kalau pake -30. baik di mobil sebelum atau mobil sekarang

-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Dec 29, 2014 11:47
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Galau juga ini. Liat di trit sebelah bilang spt yg om bilang.blloewy wrote: Tue May 19, 2020 2:46katanya ya om...ini kata suhu2 di grup nissan livina.kudokun wrote: Mon May 18, 2020 21:22 Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian
Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.
Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.
Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
Kl km tinggi di atas 80k km dan OGL mesin HR15 itu lbh baik pake yg 10W-30 atau 10W-40.
Pake 5W-30 sebenernya bagus cuma entah kenapa beberapa testimoni menunjukkan penguapan yg tinggi di 5W-30 ini.
tetapi kl om mau pake maksimal 4000-5000 km atau periode 6 bln gpp pake 5W-30.
Cuma mesti rajin cek aja level oli nya.
begitu yg saya baca di grup FB Pemakai Nissan Livina.
Pake idemitsu sampe KM 4000 udah mau di garis bawah. Pemakaian idemitsu seminggu 1 s/d 2x Bogor-Jakarta PP (sebelum PSBB). Pas pakai oli nissan selama PSBB, penguapannya dikit. Tapi ngelitiknya di 80kpj kecepatan konstan. Kan aneh ya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Pertamina Fastron yg 10W30 (stiker biru) juga semi synthblloewy wrote: Tue May 19, 2020 3:42Banyak yg nguap sampe seliter pada pemakaian blm 2000 km under 6 bulan kl pake 5W-30 di L10 dgn km di atas 70k km.josomba wrote: Tue May 19, 2020 3:04kixx/aisin, shell helix astra, ptt, oli BeRes Mitsu (di botol tulisannya semi synth)?blloewy wrote: Tue May 19, 2020 2:48
10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
![]()
Lagian kenapa ga 5w-30 aja om? kan yg diliat buntut belakangnya....
Cuma mungkin tergandeng kondisi mesin mungkin ya?![]()
Cek dulu merk2 yg om sebut di atas mana yg semi synth![]()
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
oke om to kl base nya beda jd ngga sama kan ya?josomba wrote: Tue May 19, 2020 3:55Ga mending cek2 mesin dulu?blloewy wrote: Tue May 19, 2020 3:42
Banyak yg nguap sampe seliter pada pemakaian blm 2000 km under 6 bulan kl pake 5W-30 di L10 dgn km di atas 70k km.
Cuma mungkin tergandeng kondisi mesin mungkin ya?![]()
Cek dulu merk2 yg om sebut di atas mana yg semi synth![]()
Sepengetahuan saya mau 10w-30 atau 5w-30 ya mirip2 aja penguapannya. ambil contoh havoline 10w30 ama 5w30 saya cek di pqia.org sama2 di 12an untuk NOACK level..
saya sendiri pake 0w20 dah beberapa tahun, sering rpm 5-6k ya jadi kudu top up 200ml tiap 5k KM ketimbang kalau pake -30. baik di mobil sebelum atau mobil sekarang
10W-30 sama 5W-30 mestinya sama penguapan kl base sama2 Semi Synth minimal tp kl salah satu mineral base ada kemungkinan beda kah om?
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Oli Idemitsu ma NGO yg dipake sama SAE nya om?kudokun wrote: Tue May 19, 2020 3:57Galau juga ini. Liat di trit sebelah bilang spt yg om bilang.blloewy wrote: Tue May 19, 2020 2:46katanya ya om...ini kata suhu2 di grup nissan livina.kudokun wrote: Mon May 18, 2020 21:22 Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian
Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.
Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.
Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
Kl km tinggi di atas 80k km dan OGL mesin HR15 itu lbh baik pake yg 10W-30 atau 10W-40.
Pake 5W-30 sebenernya bagus cuma entah kenapa beberapa testimoni menunjukkan penguapan yg tinggi di 5W-30 ini.
tetapi kl om mau pake maksimal 4000-5000 km atau periode 6 bln gpp pake 5W-30.
Cuma mesti rajin cek aja level oli nya.
begitu yg saya baca di grup FB Pemakai Nissan Livina.
Pake idemitsu sampe KM 4000 udah mau di garis bawah. Pemakaian idemitsu seminggu 1 s/d 2x Bogor-Jakarta PP (sebelum PSBB). Pas pakai oli nissan selama PSBB, penguapannya dikit. Tapi ngelitiknya di 80kpj kecepatan konstan. Kan aneh ya.![]()
Khan based NGO 5W-30 ama 10W-30 itu sama dengan Idemitsu.
Lirik2 saya mau coba 10W-30 yg Semi Synth ada ENEOS, PTT ama 1 tadi lupa.
Perbandingan nya gmn ya u merk PTT ama ENEOS di 10W-30 Semi Synth...mungkin para suhu disini ada yg tau?
nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
@Blloewy
10 30 mau semi syn ampe full syn banyak, dan ga smua mineral jelek om, ad jaman dl sempet terkenal FKmassimo, itu oli mineral tp kualitas lumayan, sempet pake jg dl d lipindut and gapapa
Btw 10 30 ad jg eneos, ini semi atau malah full syn kl ga salah
@kudokun
Abis tap tunggu bentar baru isi oli baru jg gapapA, ga usa takut, lipindut bukan buggati veyron koq yg ganti oli aj perlu scan komputer, ga bakal knapa2
Bottom line nya, mesin hr15de mau pake oli apapun, saran ane tetep musti rajin cek oli tiap minggu, nasib pliara mobil resing.
Kl nguap pun jg tinggal diisi lg, gapapa.. ane dl pliara lipindut dr 0 ampe 140 rebu km aj gonta ganti oli 5-30 ga perna ad masalah, pas buka cover head buat ganti seal aj, klep2 masi kinclong banget, panjul klep ama kepala bucket shim nya jg ga ad baret heboh dalem, dan mantep nya lg, ga ad tuh kerak2 stain kuning..
Yg musti diperhatiin justru kl pas start pagi ad asep putih dan bau nya pedes banget, atau paling parah ampe mesin panas aj tetep berasap, nahh ini bukan artinya musti ganti oli kentel, tp musti dbawa ke bengkel
10 30 mau semi syn ampe full syn banyak, dan ga smua mineral jelek om, ad jaman dl sempet terkenal FKmassimo, itu oli mineral tp kualitas lumayan, sempet pake jg dl d lipindut and gapapa
Btw 10 30 ad jg eneos, ini semi atau malah full syn kl ga salah
@kudokun
Abis tap tunggu bentar baru isi oli baru jg gapapA, ga usa takut, lipindut bukan buggati veyron koq yg ganti oli aj perlu scan komputer, ga bakal knapa2
Bottom line nya, mesin hr15de mau pake oli apapun, saran ane tetep musti rajin cek oli tiap minggu, nasib pliara mobil resing.
Kl nguap pun jg tinggal diisi lg, gapapa.. ane dl pliara lipindut dr 0 ampe 140 rebu km aj gonta ganti oli 5-30 ga perna ad masalah, pas buka cover head buat ganti seal aj, klep2 masi kinclong banget, panjul klep ama kepala bucket shim nya jg ga ad baret heboh dalem, dan mantep nya lg, ga ad tuh kerak2 stain kuning..
Yg musti diperhatiin justru kl pas start pagi ad asep putih dan bau nya pedes banget, atau paling parah ampe mesin panas aj tetep berasap, nahh ini bukan artinya musti ganti oli kentel, tp musti dbawa ke bengkel
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
10W30 API SN Semi Synth :blloewy wrote:10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?DOHC wrote: Mon May 18, 2020 12:05 oli idemitsu sebenernya ga jelek2 amat koq, berbanding lurus ama harganya.. jd misal kl pake yg kelas plg murah, jgn ditarik ampe 10 rebu km, ini yg sering pihak beres ngawur, makanya banyak HR15DE jatuh korban sludge.. tp kl pake kelas yg bagusan, trus ganti per 5-6000an km mahh gapapa koq pake oli buntut 30. Idemitsu yg 5-30 jg ad, itu jg lmayan, tp yah tetep jgn ditarik ampe 10 rebu km
intinya pake HR15DE jgn pelit oli lah, kasi oli bagusan, rutin ganti per 6-7 rebuan km, jangan ikutin saran beres per 10 rebu km, kl ga mau mesin nya rontok
sayang ini mesin high rev koq, masa di cekek pake oli kentel.. tp jg jangan yg tralu encer ampe buntut 20
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
Fastron
PTT
Link PTT :
https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... PP-3043493
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Kalo mau 10W30 Full syn API SN
Amsoil Sign series ATM (kalo masi ada yg jual)
M1
KIXX
Amsoil Sign series ATM (kalo masi ada yg jual)
M1
KIXX
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
maksih om Turbo linknya segera ke tekape.Turboman wrote: Tue May 19, 2020 5:3510W30 API SN Semi Synth :blloewy wrote:10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?DOHC wrote: Mon May 18, 2020 12:05 oli idemitsu sebenernya ga jelek2 amat koq, berbanding lurus ama harganya.. jd misal kl pake yg kelas plg murah, jgn ditarik ampe 10 rebu km, ini yg sering pihak beres ngawur, makanya banyak HR15DE jatuh korban sludge.. tp kl pake kelas yg bagusan, trus ganti per 5-6000an km mahh gapapa koq pake oli buntut 30. Idemitsu yg 5-30 jg ad, itu jg lmayan, tp yah tetep jgn ditarik ampe 10 rebu km
intinya pake HR15DE jgn pelit oli lah, kasi oli bagusan, rutin ganti per 6-7 rebuan km, jangan ikutin saran beres per 10 rebu km, kl ga mau mesin nya rontok
sayang ini mesin high rev koq, masa di cekek pake oli kentel.. tp jg jangan yg tralu encer ampe buntut 20
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
Fastron
PTT
Link PTT :
https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... PP-3043493
Kl sama ENEOS 10W-30 gmn om?
https://www.lazada.co.id/products/eneos ... 1d66WvSFdJ
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Iya jg sich om atau emang kualitas Idemitsu dan NGO yg 5W-30 ama 10W-30 yg emang ngga begitu sanggup nahan mesin racing HR15 ini mungkin.DOHC wrote: Tue May 19, 2020 5:34 @Blloewy
10 30 mau semi syn ampe full syn banyak, dan ga smua mineral jelek om, ad jaman dl sempet terkenal FKmassimo, itu oli mineral tp kualitas lumayan, sempet pake jg dl d lipindut and gapapa
Btw 10 30 ad jg eneos, ini semi atau malah full syn kl ga salah
@kudokun
Abis tap tunggu bentar baru isi oli baru jg gapapA, ga usa takut, lipindut bukan buggati veyron koq yg ganti oli aj perlu scan komputer, ga bakal knapa2
Bottom line nya, mesin hr15de mau pake oli apapun, saran ane tetep musti rajin cek oli tiap minggu, nasib pliara mobil resing.
Kl nguap pun jg tinggal diisi lg, gapapa.. ane dl pliara lipindut dr 0 ampe 140 rebu km aj gonta ganti oli 5-30 ga perna ad masalah, pas buka cover head buat ganti seal aj, klep2 masi kinclong banget, panjul klep ama kepala bucket shim nya jg ga ad baret heboh dalem, dan mantep nya lg, ga ad tuh kerak2 stain kuning..
Yg musti diperhatiin justru kl pas start pagi ad asep putih dan bau nya pedes banget, atau paling parah ampe mesin panas aj tetep berasap, nahh ini bukan artinya musti ganti oli kentel, tp musti dbawa ke bengkel
Kl dari 10W-40 ke SAE buntut -30 modelnya gt jg ya om?
Ngga perlu beli oli 1 liter u dorong oli 10W-40 sebelumnya yg msh ada sisa di dalam?
nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
kudokun wrote: Tue May 19, 2020 3:47
-
. Habis tap bisa langsung isi atau harus nunggu semaleman dulu?
sebelum ngetap / ngebuang oli mesin, jalankan dulu kendaraan sampai suhu kerja tercapai. tujuannya supaya oli jadi lebih encer dan mudah mengalir.
setelah itu tunggu sekitar 5-10 menit supaya tidak terlalu panas, baru buang oli yang di pan.
kalau sudah tidak ada tetesan yang terbuang, boleh langsung pasang drain bolt dan isi oli baru.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Baru ganti lendir mesin dan CVT fluid HCF-2.
oli mesin: sblmnya pk PTT 5w30 -> TQ 9000 5w30 -> skrg Q8 0w20
CVT fluid: factory filled -> skrg Honda Hcf 2
siang terik gini, di rpm tinggi mesin ttp halus spt pakai oli yg lbh kentel 5w30.
mantep lah ini q8 sih, dan terasa lbh enteng jg mesin nya.
ditambah respon cvt nya lbh ok, dan minim dug klo pk cvt-f yg fresh.

Lebih enteng lagi klo gak pakai AC
oli mesin: sblmnya pk PTT 5w30 -> TQ 9000 5w30 -> skrg Q8 0w20
CVT fluid: factory filled -> skrg Honda Hcf 2
siang terik gini, di rpm tinggi mesin ttp halus spt pakai oli yg lbh kentel 5w30.
mantep lah ini q8 sih, dan terasa lbh enteng jg mesin nya.
ditambah respon cvt nya lbh ok, dan minim dug klo pk cvt-f yg fresh.

Lebih enteng lagi klo gak pakai AC

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Suryaputra wrote: Tue May 19, 2020 6:45 Baru ganti lendir mesin dan CVT fluid HCF-2.
oli mesin: sblmnya pk PTT 5w30 -> TQ 9000 5w30 -> skrg Q8 0w20
CVT fluid: factory filled -> skrg Honda Hcf 2
siang terik gini, di rpm tinggi mesin ttp halus spt pakai oli yg lbh kentel 5w30.
mantep lah ini q8 sih, dan terasa lbh enteng jg mesin nya.
ditambah respon cvt nya lbh ok, dan minim dug klo pk cvt-f yg fresh.
Lebih enteng lagi klo gak pakai AC![]()

Ane jg dapet q8 nya yg itu, kmaren waktu stok sisa 120 rebu ane sikat lgs
Btw, itu ad shell kuning, mau di cocktail om ama si q8 ?
numpang lewat aja....

