Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:oli idemitsu sebenernya ga jelek2 amat koq, berbanding lurus ama harganya.. jd misal kl pake yg kelas plg murah, jgn ditarik ampe 10 rebu km, ini yg sering pihak beres ngawur, makanya banyak HR15DE jatuh korban sludge.. tp kl pake kelas yg bagusan, trus ganti per 5-6000an km mahh gapapa koq pake oli buntut 30. Idemitsu yg 5-30 jg ad, itu jg lmayan, tp yah tetep jgn ditarik ampe 10 rebu km

intinya pake HR15DE jgn pelit oli lah, kasi oli bagusan, rutin ganti per 6-7 rebuan km, jangan ikutin saran beres per 10 rebu km, kl ga mau mesin nya rontok

sayang ini mesin high rev koq, masa di cekek pake oli kentel.. tp jg jangan yg tralu encer ampe buntut 20
Setuju Om, kalau mobil bermesin HR15DE jangan pelit oli dan filter olinya saat ganti oli mesin saya pribadi sudah membuktikan sendiri di mobil pribadi saya sendiri karena sampai dengan odo sekarang 81XXX, mobil selalu menggunakan BBM termurah tidak pernah mengalami masalah sampai sekarang so far so good and will continue use Premium yg masih tersedia di SPBU dekat rumah terus kedepannya.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

ViPerRed wrote: Mon May 18, 2020 13:02 ane penasaran nihh.
ber hub lg nyari2 oli buat livina juga.
pgn nya sih Q8.. nah ini ada Q8 5w30 formula special G/D1 dan Q8 5w30 formula special G, ada yg bersedia menjelaskan bedanya dimana?? harganya beda nyaris 40rb per liternya..
Q8 formula special G.
bisa buat bensin or diesel
API SN/CF, Dexos 2, ACEA C2, C3
Mid Saps.

Q8 formula special G/D1,
khusus buat mesin bensin
API SN/GF-5 & GM Dexos 1.

klo mesin bensin mending ambil formula special G/D1.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

Suryaputra wrote: Mon May 18, 2020 14:01
ViPerRed wrote: Mon May 18, 2020 13:02 ane penasaran nihh.
ber hub lg nyari2 oli buat livina juga.
pgn nya sih Q8.. nah ini ada Q8 5w30 formula special G/D1 dan Q8 5w30 formula special G, ada yg bersedia menjelaskan bedanya dimana?? harganya beda nyaris 40rb per liternya..
Q8 formula special G.
bisa buat bensin or diesel
API SN/CF, Dexos 2, ACEA C2, C3
Mid Saps.

Q8 formula special G/D1,
khusus buat mesin bensin
API SN/GF-5 & GM Dexos 1.

klo mesin bensin mending ambil formula special G/D1.
okee sangat jelas sekali om
terima kasih penjelasannya
kudokun
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 29, 2014 11:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kudokun »

Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian

Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.

Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.

Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Om, mau nanya mobil super 2000 emang sdh ngga diproduksi lagi ya? Liat akun official di tokped mobil itu skrg mobil.super 2000 x2. Apa artinya mobil.super 2000 yg di duniaoli tokped stok lama? Aman ngga dibeli mobil super 2000 itu Om dibanding yg x2?
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

kudokun wrote: Mon May 18, 2020 21:22 Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian

Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.

Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.

Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
Kl knalpot ad kluar asap putih tipis ga , atau ujung knalpot berminyak kaya motor 2 tak ? Kl tidak, coba aj gapapa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11040
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

blloewy wrote: Mon May 18, 2020 23:43 Om, mau nanya mobil super 2000 emang sdh ngga diproduksi lagi ya? Liat akun official di tokped mobil itu skrg mobil.super 2000 x2. Apa artinya mobil.super 2000 yg di duniaoli tokped stok lama? Aman ngga dibeli mobil super 2000 itu Om dibanding yg x2?


mobil super 2000 masih produksi.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

kudokun wrote: Mon May 18, 2020 21:22 Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian

Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.

Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.

Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
katanya ya om...ini kata suhu2 di grup nissan livina.
Kl km tinggi di atas 80k km dan OGL mesin HR15 itu lbh baik pake yg 10W-30 atau 10W-40.
Pake 5W-30 sebenernya bagus cuma entah kenapa beberapa testimoni menunjukkan penguapan yg tinggi di 5W-30 ini.
tetapi kl om mau pake maksimal 4000-5000 km atau periode 6 bln gpp pake 5W-30.
Cuma mesti rajin cek aja level oli nya.
begitu yg saya baca di grup FB Pemakai Nissan Livina.
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

DOHC wrote: Mon May 18, 2020 12:05 oli idemitsu sebenernya ga jelek2 amat koq, berbanding lurus ama harganya.. jd misal kl pake yg kelas plg murah, jgn ditarik ampe 10 rebu km, ini yg sering pihak beres ngawur, makanya banyak HR15DE jatuh korban sludge.. tp kl pake kelas yg bagusan, trus ganti per 5-6000an km mahh gapapa koq pake oli buntut 30. Idemitsu yg 5-30 jg ad, itu jg lmayan, tp yah tetep jgn ditarik ampe 10 rebu km

intinya pake HR15DE jgn pelit oli lah, kasi oli bagusan, rutin ganti per 6-7 rebuan km, jangan ikutin saran beres per 10 rebu km, kl ga mau mesin nya rontok

sayang ini mesin high rev koq, masa di cekek pake oli kentel.. tp jg jangan yg tralu encer ampe buntut 20
10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
:big_dunno:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

blloewy wrote: Tue May 19, 2020 2:48

10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
:big_dunno:
kixx/aisin, shell helix astra, ptt, oli BeRes Mitsu (di botol tulisannya semi synth)?

Lagian kenapa ga 5w-30 aja om? kan yg diliat buntut belakangnya....
Image
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

josomba wrote: Tue May 19, 2020 3:04
blloewy wrote: Tue May 19, 2020 2:48

10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
:big_dunno:
kixx/aisin, shell helix astra, ptt, oli BeRes Mitsu (di botol tulisannya semi synth)?

Lagian kenapa ga 5w-30 aja om? kan yg diliat buntut belakangnya....
Banyak yg nguap sampe seliter pada pemakaian blm 2000 km under 6 bulan kl pake 5W-30 di L10 dgn km di atas 70k km.
Cuma mungkin tergandeng kondisi mesin mungkin ya? :big_think:
Cek dulu merk2 yg om sebut di atas mana yg semi synth :big_okay:
nubie in all things - still need to learn
kudokun
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 29, 2014 11:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kudokun »

DOHC wrote: Tue May 19, 2020 1:51
kudokun wrote: Mon May 18, 2020 21:22 Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian

Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.

Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.

Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
Kl knalpot ad kluar asap putih tipis ga , atau ujung knalpot berminyak kaya motor 2 tak ? Kl tidak, coba aj gapapa
Ga ada asap putih. Knalpot juga bersih. Habis tap bisa langsung isi atau harus nunggu semaleman dulu?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

blloewy wrote: Tue May 19, 2020 3:42
Banyak yg nguap sampe seliter pada pemakaian blm 2000 km under 6 bulan kl pake 5W-30 di L10 dgn km di atas 70k km.
Cuma mungkin tergandeng kondisi mesin mungkin ya? :big_think:
Cek dulu merk2 yg om sebut di atas mana yg semi synth :big_okay:
Ga mending cek2 mesin dulu?

Sepengetahuan saya mau 10w-30 atau 5w-30 ya mirip2 aja penguapannya. ambil contoh havoline 10w30 ama 5w30 saya cek di pqia.org sama2 di 12an untuk NOACK level..

saya sendiri pake 0w20 dah beberapa tahun, sering rpm 5-6k ya jadi kudu top up 200ml tiap 5k KM ketimbang kalau pake -30. baik di mobil sebelum atau mobil sekarang
Image
kudokun
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 29, 2014 11:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kudokun »

blloewy wrote: Tue May 19, 2020 2:46
kudokun wrote: Mon May 18, 2020 21:22 Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian

Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.

Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.

Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
katanya ya om...ini kata suhu2 di grup nissan livina.
Kl km tinggi di atas 80k km dan OGL mesin HR15 itu lbh baik pake yg 10W-30 atau 10W-40.
Pake 5W-30 sebenernya bagus cuma entah kenapa beberapa testimoni menunjukkan penguapan yg tinggi di 5W-30 ini.
tetapi kl om mau pake maksimal 4000-5000 km atau periode 6 bln gpp pake 5W-30.
Cuma mesti rajin cek aja level oli nya.
begitu yg saya baca di grup FB Pemakai Nissan Livina.
Galau juga ini. Liat di trit sebelah bilang spt yg om bilang.
Pake idemitsu sampe KM 4000 udah mau di garis bawah. Pemakaian idemitsu seminggu 1 s/d 2x Bogor-Jakarta PP (sebelum PSBB). Pas pakai oli nissan selama PSBB, penguapannya dikit. Tapi ngelitiknya di 80kpj kecepatan konstan. Kan aneh ya. 😁😁😁
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by coklatMetalik »

blloewy wrote: Tue May 19, 2020 3:42
josomba wrote: Tue May 19, 2020 3:04
blloewy wrote: Tue May 19, 2020 2:48

10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
:big_dunno:
kixx/aisin, shell helix astra, ptt, oli BeRes Mitsu (di botol tulisannya semi synth)?

Lagian kenapa ga 5w-30 aja om? kan yg diliat buntut belakangnya....
Banyak yg nguap sampe seliter pada pemakaian blm 2000 km under 6 bulan kl pake 5W-30 di L10 dgn km di atas 70k km.
Cuma mungkin tergandeng kondisi mesin mungkin ya? :big_think:
Cek dulu merk2 yg om sebut di atas mana yg semi synth :big_okay:
Pertamina Fastron yg 10W30 (stiker biru) juga semi synth
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

josomba wrote: Tue May 19, 2020 3:55
blloewy wrote: Tue May 19, 2020 3:42
Banyak yg nguap sampe seliter pada pemakaian blm 2000 km under 6 bulan kl pake 5W-30 di L10 dgn km di atas 70k km.
Cuma mungkin tergandeng kondisi mesin mungkin ya? :big_think:
Cek dulu merk2 yg om sebut di atas mana yg semi synth :big_okay:
Ga mending cek2 mesin dulu?

Sepengetahuan saya mau 10w-30 atau 5w-30 ya mirip2 aja penguapannya. ambil contoh havoline 10w30 ama 5w30 saya cek di pqia.org sama2 di 12an untuk NOACK level..

saya sendiri pake 0w20 dah beberapa tahun, sering rpm 5-6k ya jadi kudu top up 200ml tiap 5k KM ketimbang kalau pake -30. baik di mobil sebelum atau mobil sekarang
oke om to kl base nya beda jd ngga sama kan ya?
10W-30 sama 5W-30 mestinya sama penguapan kl base sama2 Semi Synth minimal tp kl salah satu mineral base ada kemungkinan beda kah om?
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

kudokun wrote: Tue May 19, 2020 3:57
blloewy wrote: Tue May 19, 2020 2:46
kudokun wrote: Mon May 18, 2020 21:22 Om Turbo, Om DOHC, dan om-om sekalian

Ane beli HR15DE 2008 seken dpt di KM 111ribuan. riwayat ganti olinya sama pembeli sebelumnya, udah 2-3x ganti oli 10W-40 mobil super 2000.

Saat ane minang ane langsung ganti oli. Udah 3x ane ganti oli dengan visko 10W-40 juga. Idemitsu 2x, oli nissan 1x. Setiap ganti oli Saya Always ganti filter oli juga. Ganti 3x setiap 4000 km.

Sekarang ane mau ganti 5W-30. Kira-kira masalah gak ya om-om? Atau stay di 10W-40 aja? Apa harus enjin flush dulu? Kalau gak masalah, dipake smp 7-8ribu km gimana om? KM sekarang di 129,9 ribu
katanya ya om...ini kata suhu2 di grup nissan livina.
Kl km tinggi di atas 80k km dan OGL mesin HR15 itu lbh baik pake yg 10W-30 atau 10W-40.
Pake 5W-30 sebenernya bagus cuma entah kenapa beberapa testimoni menunjukkan penguapan yg tinggi di 5W-30 ini.
tetapi kl om mau pake maksimal 4000-5000 km atau periode 6 bln gpp pake 5W-30.
Cuma mesti rajin cek aja level oli nya.
begitu yg saya baca di grup FB Pemakai Nissan Livina.
Galau juga ini. Liat di trit sebelah bilang spt yg om bilang.
Pake idemitsu sampe KM 4000 udah mau di garis bawah. Pemakaian idemitsu seminggu 1 s/d 2x Bogor-Jakarta PP (sebelum PSBB). Pas pakai oli nissan selama PSBB, penguapannya dikit. Tapi ngelitiknya di 80kpj kecepatan konstan. Kan aneh ya. 😁😁😁
Oli Idemitsu ma NGO yg dipake sama SAE nya om?
Khan based NGO 5W-30 ama 10W-30 itu sama dengan Idemitsu.
Lirik2 saya mau coba 10W-30 yg Semi Synth ada ENEOS, PTT ama 1 tadi lupa.
Perbandingan nya gmn ya u merk PTT ama ENEOS di 10W-30 Semi Synth...mungkin para suhu disini ada yg tau?
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

@Blloewy

10 30 mau semi syn ampe full syn banyak, dan ga smua mineral jelek om, ad jaman dl sempet terkenal FKmassimo, itu oli mineral tp kualitas lumayan, sempet pake jg dl d lipindut and gapapa

Btw 10 30 ad jg eneos, ini semi atau malah full syn kl ga salah

@kudokun
Abis tap tunggu bentar baru isi oli baru jg gapapA, ga usa takut, lipindut bukan buggati veyron koq yg ganti oli aj perlu scan komputer, ga bakal knapa2

Bottom line nya, mesin hr15de mau pake oli apapun, saran ane tetep musti rajin cek oli tiap minggu, nasib pliara mobil resing.

Kl nguap pun jg tinggal diisi lg, gapapa.. ane dl pliara lipindut dr 0 ampe 140 rebu km aj gonta ganti oli 5-30 ga perna ad masalah, pas buka cover head buat ganti seal aj, klep2 masi kinclong banget, panjul klep ama kepala bucket shim nya jg ga ad baret heboh dalem, dan mantep nya lg, ga ad tuh kerak2 stain kuning..

Yg musti diperhatiin justru kl pas start pagi ad asep putih dan bau nya pedes banget, atau paling parah ampe mesin panas aj tetep berasap, nahh ini bukan artinya musti ganti oli kentel, tp musti dbawa ke bengkel
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

blloewy wrote:
DOHC wrote: Mon May 18, 2020 12:05 oli idemitsu sebenernya ga jelek2 amat koq, berbanding lurus ama harganya.. jd misal kl pake yg kelas plg murah, jgn ditarik ampe 10 rebu km, ini yg sering pihak beres ngawur, makanya banyak HR15DE jatuh korban sludge.. tp kl pake kelas yg bagusan, trus ganti per 5-6000an km mahh gapapa koq pake oli buntut 30. Idemitsu yg 5-30 jg ad, itu jg lmayan, tp yah tetep jgn ditarik ampe 10 rebu km

intinya pake HR15DE jgn pelit oli lah, kasi oli bagusan, rutin ganti per 6-7 rebuan km, jangan ikutin saran beres per 10 rebu km, kl ga mau mesin nya rontok

sayang ini mesin high rev koq, masa di cekek pake oli kentel.. tp jg jangan yg tralu encer ampe buntut 20
10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
:big_dunno:
10W30 API SN Semi Synth :

Fastron

PTT

Link PTT :

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... PP-3043493
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

Kalo mau 10W30 Full syn API SN

Amsoil Sign series ATM (kalo masi ada yg jual)

M1

KIXX
* Bukan ajakan Beli *
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Turboman wrote: Tue May 19, 2020 5:35
blloewy wrote:
DOHC wrote: Mon May 18, 2020 12:05 oli idemitsu sebenernya ga jelek2 amat koq, berbanding lurus ama harganya.. jd misal kl pake yg kelas plg murah, jgn ditarik ampe 10 rebu km, ini yg sering pihak beres ngawur, makanya banyak HR15DE jatuh korban sludge.. tp kl pake kelas yg bagusan, trus ganti per 5-6000an km mahh gapapa koq pake oli buntut 30. Idemitsu yg 5-30 jg ad, itu jg lmayan, tp yah tetep jgn ditarik ampe 10 rebu km

intinya pake HR15DE jgn pelit oli lah, kasi oli bagusan, rutin ganti per 6-7 rebuan km, jangan ikutin saran beres per 10 rebu km, kl ga mau mesin nya rontok

sayang ini mesin high rev koq, masa di cekek pake oli kentel.. tp jg jangan yg tralu encer ampe buntut 20
10W-30 ngga ada yg semi syntetic ya?
atau sebenernya ada tp saya cm liat NGO ama Idemitsu doang dimana 10W-30 nya msh mineral base.
mau nyoba 10W-30 tetapi yg semi syn (seperti 10W-40 gt) tp blm nemu merk oli nya.
:big_dunno:
10W30 API SN Semi Synth :

Fastron

PTT

Link PTT :

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... PP-3043493
maksih om Turbo linknya segera ke tekape.
Kl sama ENEOS 10W-30 gmn om?
https://www.lazada.co.id/products/eneos ... 1d66WvSFdJ
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

DOHC wrote: Tue May 19, 2020 5:34 @Blloewy

10 30 mau semi syn ampe full syn banyak, dan ga smua mineral jelek om, ad jaman dl sempet terkenal FKmassimo, itu oli mineral tp kualitas lumayan, sempet pake jg dl d lipindut and gapapa

Btw 10 30 ad jg eneos, ini semi atau malah full syn kl ga salah

@kudokun
Abis tap tunggu bentar baru isi oli baru jg gapapA, ga usa takut, lipindut bukan buggati veyron koq yg ganti oli aj perlu scan komputer, ga bakal knapa2

Bottom line nya, mesin hr15de mau pake oli apapun, saran ane tetep musti rajin cek oli tiap minggu, nasib pliara mobil resing.

Kl nguap pun jg tinggal diisi lg, gapapa.. ane dl pliara lipindut dr 0 ampe 140 rebu km aj gonta ganti oli 5-30 ga perna ad masalah, pas buka cover head buat ganti seal aj, klep2 masi kinclong banget, panjul klep ama kepala bucket shim nya jg ga ad baret heboh dalem, dan mantep nya lg, ga ad tuh kerak2 stain kuning..

Yg musti diperhatiin justru kl pas start pagi ad asep putih dan bau nya pedes banget, atau paling parah ampe mesin panas aj tetep berasap, nahh ini bukan artinya musti ganti oli kentel, tp musti dbawa ke bengkel
Iya jg sich om atau emang kualitas Idemitsu dan NGO yg 5W-30 ama 10W-30 yg emang ngga begitu sanggup nahan mesin racing HR15 ini mungkin.
Kl dari 10W-40 ke SAE buntut -30 modelnya gt jg ya om?
Ngga perlu beli oli 1 liter u dorong oli 10W-40 sebelumnya yg msh ada sisa di dalam?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11040
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

kudokun wrote: Tue May 19, 2020 3:47
-

. Habis tap bisa langsung isi atau harus nunggu semaleman dulu?

sebelum ngetap / ngebuang oli mesin, jalankan dulu kendaraan sampai suhu kerja tercapai. tujuannya supaya oli jadi lebih encer dan mudah mengalir.
setelah itu tunggu sekitar 5-10 menit supaya tidak terlalu panas, baru buang oli yang di pan.
kalau sudah tidak ada tetesan yang terbuang, boleh langsung pasang drain bolt dan isi oli baru.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Baru ganti lendir mesin dan CVT fluid HCF-2.

oli mesin: sblmnya pk PTT 5w30 -> TQ 9000 5w30 -> skrg Q8 0w20
CVT fluid: factory filled -> skrg Honda Hcf 2

siang terik gini, di rpm tinggi mesin ttp halus spt pakai oli yg lbh kentel 5w30.
mantep lah ini q8 sih, dan terasa lbh enteng jg mesin nya.

ditambah respon cvt nya lbh ok, dan minim dug klo pk cvt-f yg fresh.

Image

Lebih enteng lagi klo gak pakai AC :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Tue May 19, 2020 6:45 Baru ganti lendir mesin dan CVT fluid HCF-2.

oli mesin: sblmnya pk PTT 5w30 -> TQ 9000 5w30 -> skrg Q8 0w20
CVT fluid: factory filled -> skrg Honda Hcf 2

siang terik gini, di rpm tinggi mesin ttp halus spt pakai oli yg lbh kentel 5w30.
mantep lah ini q8 sih, dan terasa lbh enteng jg mesin nya.

ditambah respon cvt nya lbh ok, dan minim dug klo pk cvt-f yg fresh.

Image

Lebih enteng lagi klo gak pakai AC :ngacir:
:big_exellent:

Ane jg dapet q8 nya yg itu, kmaren waktu stok sisa 120 rebu ane sikat lgs

Btw, itu ad shell kuning, mau di cocktail om ama si q8 ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: