Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 10:02
in my view.
klo berdasarkan asumsi & ngawang2, ini bahaya.
ini yg biasa dilakukan oleh teknisi2 ala asam reges
spec di manual book minta oli viskositas w30 & dikasih buntut w40 ya resiko di internal mesin lbh besar.
sebetulnya gak mslh di keausan mesin jg, klo pakai oli viskositas yg sama spt dari awal.
pabrik dah melakukan R&D oleh insinyur dan teknisi kelas dunia.
klo celahnya mesin masih sempit, bisa berabe pakai oli kental.
jumlah pelumas harusnya cukup, tp karena terlalu kental, jadi gak optimal masuk ke celah mesin & dah on duluan mesin nya
perlu diketahui juga, resiko wear tertinggi bisa terjadi ketika cold start.
karena ketika suhu mesin masih di bawah 40 C, itu oli sifatnya lbh kental dibanding klo mesin sudah panas.
makanya ada bbrp kasus, mobil ketika pakai oli kental ada bunyi tek tek tek di pagi hari, dan hilang ketika sudah panas.
intinya.. klo celahnya udh longgar, no issue juga dikasih oli buntut encer, karena sifat dr pelumas mesin udh bekerja duluan dan lbh cepat.
paling resiko terburuk klo celah mesin udh longgar, ya olinya nguap doang masuk ke ruang bakar dan sisa residu oli terbakar ada di ujung knalpot.
ujung knalpot masih kering jg kan om ?
I see. Mantap sekali penjelasannya. Terima kasih
Ujung knalpot sih selama cold start sampai panas sih masih kering om. Jadi masih aman saja ya kalau saya lanjut pakai buntut 30.
DOHC wrote: Mon Jul 06, 2020 10:10
Mesin ahond mah slama belom brisik, ga perlu stel klep jg gapapa
Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit
Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?
Oke, tetap pertahankan oli berbuntut 30 kalau begitu hahaha. Terima kasih om sarannya.
Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 10:02
in my view.
klo berdasarkan asumsi & ngawang2, ini bahaya.
ini yg biasa dilakukan oleh teknisi2 ala asam reges
spec di manual book minta oli viskositas w30 & dikasih buntut w40 ya resiko di internal mesin lbh besar.
sebetulnya gak mslh di keausan mesin jg, klo pakai oli viskositas yg sama spt dari awal.
pabrik dah melakukan R&D oleh insinyur dan teknisi kelas dunia.
klo celahnya mesin masih sempit, bisa berabe pakai oli kental.
jumlah pelumas harusnya cukup, tp karena terlalu kental, jadi gak optimal masuk ke celah mesin & dah on duluan mesin nya
perlu diketahui juga, resiko wear tertinggi bisa terjadi ketika cold start.
karena ketika suhu mesin masih di bawah 40 C, itu oli sifatnya lbh kental dibanding klo mesin sudah panas.
makanya ada bbrp kasus, mobil ketika pakai oli kental ada bunyi tek tek tek di pagi hari, dan hilang ketika sudah panas.
intinya.. klo celahnya udh longgar, no issue juga dikasih oli buntut encer, karena sifat dr pelumas mesin udh bekerja duluan dan lbh cepat.
paling resiko terburuk klo celah mesin udh longgar, ya olinya nguap doang masuk ke ruang bakar dan sisa residu oli terbakar ada di ujung knalpot.
ujung knalpot masih kering jg kan om ?
I see. Mantap sekali penjelasannya. Terima kasih
Ujung knalpot sih selama cold start sampai panas sih masih kering om. Jadi masih aman saja ya kalau saya lanjut pakai buntut 30.
DOHC wrote: Mon Jul 06, 2020 10:10
Mesin ahond mah slama belom brisik, ga perlu stel klep jg gapapa
Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit
Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?
Oke, tetap pertahankan oli berbuntut 30 kalau begitu hahaha. Terima kasih om sarannya.
klo saya sih.. ini saya yaa.
dgn kondisi mesin prima spt itu dan knalpot kering.
sy berani experimen pakai 0w20
mesindgn satu turunan yg sama jg dipakai di jazz gk5, which recommend pakai 0w20.
dan mesin honda dah pakai roller cam jg.
bukan flat tappet.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 10:02
in my view.
klo berdasarkan asumsi & ngawang2, ini bahaya.
ini yg biasa dilakukan oleh teknisi2 ala asam reges
spec di manual book minta oli viskositas w30 & dikasih buntut w40 ya resiko di internal mesin lbh besar.
sebetulnya gak mslh di keausan mesin jg, klo pakai oli viskositas yg sama spt dari awal.
pabrik dah melakukan R&D oleh insinyur dan teknisi kelas dunia.
klo celahnya mesin masih sempit, bisa berabe pakai oli kental.
jumlah pelumas harusnya cukup, tp karena terlalu kental, jadi gak optimal masuk ke celah mesin & dah on duluan mesin nya
perlu diketahui juga, resiko wear tertinggi bisa terjadi ketika cold start.
karena ketika suhu mesin masih di bawah 40 C, itu oli sifatnya lbh kental dibanding klo mesin sudah panas.
makanya ada bbrp kasus, mobil ketika pakai oli kental ada bunyi tek tek tek di pagi hari, dan hilang ketika sudah panas.
intinya.. klo celahnya udh longgar, no issue juga dikasih oli buntut encer, karena sifat dr pelumas mesin udh bekerja duluan dan lbh cepat.
paling resiko terburuk klo celah mesin udh longgar, ya olinya nguap doang masuk ke ruang bakar dan sisa residu oli terbakar ada di ujung knalpot.
ujung knalpot masih kering jg kan om ?
I see. Mantap sekali penjelasannya. Terima kasih
Ujung knalpot sih selama cold start sampai panas sih masih kering om. Jadi masih aman saja ya kalau saya lanjut pakai buntut 30.
DOHC wrote: Mon Jul 06, 2020 10:10
Mesin ahond mah slama belom brisik, ga perlu stel klep jg gapapa
Saya punya L15AZ1 ampe km 110 rebu aj baru iseng saya buka cover head , ukur2 ternyata celah klep masi pd within limit
Mesin2 ahond justru bagus nya dikasi oli encer, biar bsa vitek kik in yoo
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?
Oke, tetap pertahankan oli berbuntut 30 kalau begitu hahaha. Terima kasih om sarannya.
klo saya sih.. ini saya yaa.
dgn kondisi mesin prima spt itu dan knalpot kering.
sy berani experimen pakai 0w20
mesindgn satu turunan yg sama jg dipakai di jazz gk5, which recommend pakai 0w20.
dan mesin honda dah pakai roller cam jg.
bukan flat tappet.
saya berani eksperimen oli ravenol 0-16....
tinggal pilih mesin bmw 2.800 cc flat tape atau alpad 2.500 sudah 97ribu Km....
Hahah jadi bingung lagi ini mau milih olinya hahaha. Takutnya emang beneran apa bagaimana.
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.
Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Wah ini sih maintenance jazznya yahuddddd om, rutin banget ganti oli sama olinya cukup bergizi. +rutin stel klep ga om? Udah cek daleman mesin dr tutup tempat tuang oli? Penguapan oli dr dipstick gimana?
Masalahnya honda kl pake buntut 40 itu ga enak samsek om, bbrp kali pake jazz ge yg dicekokin shell 10w40 sama blm stel klep padahal br jalan 60rb aja ga karuan.
Kl 3 hal yg saya tanyain itu, sering stel klep=suara mesin ttp halus dan tarikan oke, daleman mesin bersih oke, penguapan oli dr dipstick ga ada/bates wajar sih ttp stay di 5w30 ato bs ke 0w20 sekalian om, cr yg bagusan misal amsoil OE 0W20 SN+, total 9000 5w30 yg murmer oke. Sepengalaman saya sih pake 10w40 cm enak di awal om, seolah2 suara mesin jd alus tapi lama2 tarikan berat dan boros banget jdnya.
Avanza saya th 2008 km 240rb sblmnya pake prima xp 10w40 sama bbrp kali pake shell eco 5w30. Kemarin saya beraniin pake shell eco 0w20 no problem om, mesin jd lbh halus. Masih mantau sampe 5000km ke depan
Nah tentang stel klep di mobil-mobil Honda harus menjadi makanan rutin baru tahu dua bulan belakangan ini sayangnya. Terakhir stel klep mungkin pas mobil saya dibawa ke BeRes empat tahun lalu yang mungkin kilometernya masih di 110.[cencored]. Jadi setelah itu tidak pernah melakukan stel klep lagi karena sudah tidak pernah dibawa ke BeRes lagi.
Kalau cek daleman mesin terakhir bulan Febuari lalu sih masih bersih om, tidak ada sludge dkk yang mengkhawatirkan. Kalau penguapan, dari terakhir ganti oli 5.000 KM yg lalu (sekitar April lalu) sampai sekarang sih masih di batas normal.
Rencana ini mau coba HKS Premium yg 5W-30 atau FK Eco Touring 10W-30. Nah karena dari sebelumnya pakai Shell terus, apakah harus flush dulu kalau mau ganti oli selain Shell?
Soalnya terakhir pakai HX7 ini kok ngerasa pas udah mau 5000 agak jadi berat ya
Mobil saya Jazz GE8 AT tahun 2008 akhir. Selama ini sih kalau ganti oli kebanyakan pakai 5W-30 terus Shell HX7. Ganti oli setiap 5000 KM dan selalu disertai penggantian filter oli, tune up, dan carbon clean.
Kemarin-kemarin nyoba main ke bengkel disaranin pakai yg buntutnya 40 karena celah pistonnya sudah tidak sesempit mobil baru dan lebih aman untuk lubrikasi serta tahan dari penguapan dan gesekan. Apakah betul?
Yg sy bold itu, bengkelnya bilang cuma "katanya" dan "biasanya" atau memang si bengkelnya sudah memeriksa mesin mobil om secara detail & dideteksi adanya keausan pada ring piston dkk?
Jika bener2 sudah diperiksa & dinyatakan ada gejala keausan piston dkk berarti bisa dipertimbangkan utk ganti ke buntut 40. Jika hanya berdasarkan katanya & biasanya, mending tetep di buntut 30 aja atau sesuai spek yg diminta manual book.
Kalau si bengkelnya sih mungkin menyarankan itu karena melihat kilometer dan umur mobil mungkin. Soalnya gak dicek apa2 jeroannya.
Sekarang GE8 nya kilometer berapa om? Bbrp kali pernah ada yg nanyain GE8 nya, udah jalan hampir 200rb km lebih apa om ya? Ngomong2 soal pake oli kentel dari mekanik yang pake embel2 "katanya" "biasanya" "kalo udah gini" saya jd keinget sesuatu om.
Pas isi bengsin di shell ada poster soal edukasi oli, nah ngebaginya berdasar umur. Umur 1-5th pake 5W30, 5-10th pake 10W40, 10-15th pake 15W40. Kayanya mekanik2 juga kehasut sama poster ini deh om, tp yg saya kritisi di poster itu ga ada batasan sama asumsi apa2 . Saya berpendapat kaya gt krn notabene di semua bengkel pasti jual shell.
Kl saran bengkel yg begitu sih, bener juga lulusan asem reges itu kaya kata om DOHC. Nanti kl suru ngecek juga kita yg kena ongkos lagi (buka mesin, turung stgh mesin), yg nyebelin ya mereka sukanya kira2. Kita sbg owner kadang hrs pake jurus ngeyel sama teknisi yg begitulah. Padahal mobil lbh banyak kita yg pake otomatis kerasa sih mestinya ada beda. Tp dr apa yg saya bilang buat pengecekan, terutama buat honda sih 3 parameter itu udah cukup mewakili om. Kalo bagus, ya pake 0W20 yg bagus sih no prob ya buat saya. Soal stel klep itu, banyak org awam yg ga ngeh menurut saya om. Sering liat freed, jazz lewat aja suara mesinnya udah kaya mesin jahit (tiktiktik) sama tarikan juga beda. Dulu pernah di CRV K24 saya, sy coba stel klep itu rasanya tarikan lebih enak om, glindingnya lbh plong rasanya wkwkwk
copper rod wrote: Mon Jul 06, 2020 14:28
Mhn sarannya ya teman2
inopah G 2010 km udah skitar 140rb pk shell hx5 5-40,
Mending stay di 5-40 tp ganti merk lain atau ganti ke total9000 5-30?
Coba cek manual book, klo tidak salah Ipah 2010 5w30.
TQ9000 5w30 salah satu pilihan best value krn cmn 320rb segalon
& kemasan seliternya 86rb klo gak salah.
di duniaoli tokoijo
Alternatif ke-2 ya ada PTT 5w30,
di atasnya lagi ada amsoil OE 5w30.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?
-
sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?
-
sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
Mbah
Mo nanya
Kl lg nyetel klep gt, knapa kadang musti wajip muter nya cuman bole clock wise doank, itu primbon nya kira2 knapa mbah
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?
-
sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
Mbah
Mo nanya
Kl lg nyetel klep gt, knapa kadang musti wajip muter nya cuman bole clock wise doank, itu primbon nya kira2 knapa mbah
Mau tanya sesepuh, disini ada yg punya pengalaman bawa oli dari luar buat diganti di beres? Posisi mobil sdh diluar servis gratis dan garansi. Sebelumnya selalu servis disana, selalu bawa oli dari luar. Kok kemarin dapat laporan kalo beres sdh gak terima oli dari luar, baik saat servis berkala atopun servis biasa. Padahal oli yg saya bawa q8 0w20 dexos 1 gen 2.. murni kebijakan baru ato akal2an kabeng aja
Note: kejadian di salah satu Bengkel a2k di kota malang
zzzprince wrote: Tue Jul 07, 2020 2:36
Mau tanya sesepuh, disini ada yg punya pengalaman bawa oli dari luar buat diganti di beres? Posisi mobil sdh diluar servis gratis dan garansi. Sebelumnya selalu servis disana, selalu bawa oli dari luar. Kok kemarin dapat laporan kalo beres sdh gak terima oli dari luar, baik saat servis berkala atopun servis biasa. Padahal oli yg saya bawa q8 0w20 dexos 1 gen 2.. murni kebijakan baru ato akal2an kabeng aja
Note: kejadian di salah satu Bengkel a2k di kota malang
coba kontak & cari bengkel resmi lokasi lain.
servis di bengkel non resmi jg gak masalah klo dah di luar garansi.
toyota ini udh terkenal reliability nya
intinya ya bengkel resmi ditarget jualan oli TMO lahhh
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 12:04
klo saya sih.. ini saya yaa.
dgn kondisi mesin prima spt itu dan knalpot kering.
sy berani experimen pakai 0w20
mesindgn satu turunan yg sama jg dipakai di jazz gk5, which recommend pakai 0w20.
dan mesin honda dah pakai roller cam jg.
bukan flat tappet.
Wah lebih encer lagi ya itu hahah. BTW jika ingin ganti oli dengan viskositas dan atau merk yang berbeda dari oli yg sebelumnya apakah wajib untuk engine flush?
erwinign wrote: Mon Jul 06, 2020 13:14
Sekarang GE8 nya kilometer berapa om? Bbrp kali pernah ada yg nanyain GE8 nya, udah jalan hampir 200rb km lebih apa om ya? Ngomong2 soal pake oli kentel dari mekanik yang pake embel2 "katanya" "biasanya" "kalo udah gini" saya jd keinget sesuatu om.
Pas isi bengsin di shell ada poster soal edukasi oli, nah ngebaginya berdasar umur. Umur 1-5th pake 5W30, 5-10th pake 10W40, 10-15th pake 15W40. Kayanya mekanik2 juga kehasut sama poster ini deh om, tp yg saya kritisi di poster itu ga ada batasan sama asumsi apa2 . Saya berpendapat kaya gt krn notabene di semua bengkel pasti jual shell.
Kl saran bengkel yg begitu sih, bener juga lulusan asem reges itu kaya kata om DOHC. Nanti kl suru ngecek juga kita yg kena ongkos lagi (buka mesin, turung stgh mesin), yg nyebelin ya mereka sukanya kira2. Kita sbg owner kadang hrs pake jurus ngeyel sama teknisi yg begitulah. Padahal mobil lbh banyak kita yg pake otomatis kerasa sih mestinya ada beda. Tp dr apa yg saya bilang buat pengecekan, terutama buat honda sih 3 parameter itu udah cukup mewakili om. Kalo bagus, ya pake 0W20 yg bagus sih no prob ya buat saya. Soal stel klep itu, banyak org awam yg ga ngeh menurut saya om. Sering liat freed, jazz lewat aja suara mesinnya udah kaya mesin jahit (tiktiktik) sama tarikan juga beda. Dulu pernah di CRV K24 saya, sy coba stel klep itu rasanya tarikan lebih enak om, glindingnya lbh plong rasanya wkwkwk
Sekarang sedang berjalan 189.[cencored] ''
I see.
Baiklah kalau begitu, terima kasih banyak atas tanggapan dan responsenya. Dapat ilmu baru lagi
sans. ada batas toleransinya kok.
karena, walaupun pake feeler gauge dengan ukuran yang sama, tiap mekanik punya kebiasaan masalah ukuran "pas"nya seberapa.
ada istilah "rapet" dan "renggang" di dunia penyetelan klep. anda musti coba sendiri supaya ngerti.
enak kok nyetel klep, apalagi kalo sampe ketemu baut stelan klep yang macet atau shim tappet mencolot nyemplung got, atau jari tergores pinggiran cylinder head yang tajem sampe darah ngucur deres, indahnya dunia.....
Suryaputra wrote: Mon Jul 06, 2020 12:04
klo saya sih.. ini saya yaa.
dgn kondisi mesin prima spt itu dan knalpot kering.
sy berani experimen pakai 0w20
mesindgn satu turunan yg sama jg dipakai di jazz gk5, which recommend pakai 0w20.
dan mesin honda dah pakai roller cam jg.
bukan flat tappet.
Wah lebih encer lagi ya itu hahah. BTW jika ingin ganti oli dengan viskositas dan atau merk yang berbeda dari oli yg sebelumnya apakah wajib untuk engine flush?
--------
klo gak ada penampakan varnish, sludge, dll. gak usah om.
aditif flush2 gtu resiko bikin seal mesin wassalam.
kecuali engine flush nya pakai oli asli spt; PTT oil flush
ganti oli brand apapun, cukup Dorong oli lama pakai oli murah shell atau mesran 1-2 liter.
& cukup ganti filter oli, tiap ganti oli.
sans. ada batas toleransinya kok.
karena, walaupun pake feeler gauge dengan ukuran yang sama, tiap mekanik punya kebiasaan masalah ukuran "pas"nya seberapa.
ada istilah "rapet" dan "renggang" di dunia penyetelan klep. anda musti coba sendiri supaya ngerti.
enak kok nyetel klep, apalagi kalo sampe ketemu baut stelan klep yang macet atau shim tappet mencolot nyemplung got, atau jari tergores pinggiran cylinder head yang tajem sampe darah ngucur deres, indahnya dunia.....
Sungguh experience yg sesuatu banget
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?
-
sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali
Saya dl perna stel klep mitsu 4G93, itu bener2 musti pas, kendor dikit aj klep brisik dan mesin ga mau langsam
Balik lg sperti yg si mbah tikus olahraga beban d atas bilang, nyetel klep itu ada seni nya.. seni patahin punggung, seni stengah berteriak kebon binatang, seni nyeruput kopi item ama pisgor buat tenaga tambahan, seni jari atau tangan berdarah.. seru deh pokoknya
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?
-
sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali
Enjin HR15DE itu enjin resing lejen, rakjat tjelata haram hukum nya sentuh2 tuh daleman mesin.. watjip kasi oli bagus bensin bagus.. mau servis musti panggil montir dr jepun sana buat ganti shim bucket nya, d ukurnya pun musti pake milimeter caliper mitutoyo
Tujuan dari stel klep itu sebenarnya untuk apa sih? Apa dampak buruk ketika klep lama tidak disetel?
Apakah indikator klep harus disetel itu dari suara mesinnya saja atau ada indikator lain?
-
sila buka google, search dengan keyword valve clearance adjustment.
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali
Ga coba dengan oli lebih encer? Saya di t30 pernah bunyi pelan bgt, dan pagi doank. Waktu itu pakai oli 10w-40. Waktu ganti oli pakai 5w30 dah ga pernah dengar lagi dengar suara mi tek tek.
blloewy wrote: Tue Jul 07, 2020 4:17
sayangnya di HR15 itu kagak bisa distel valve clearance adjusment
jd kl ada suara2 berisik, solusi termudah kasih oli yg lbh kentel begitu kata para suhu di grup HR15
makanya ada yg pede pake oli diesel 15W-40 Pertamina selama 5 tahun dgn interval penggantian 6-8 bln sekali
pake tappet atau hidrolik?
kalau hidrolik, ya tinggal dilepas botol hidroliknya dibersihkan lalu pasang lagi.
andai pake tappet, solid tappet atau shim tappet?
tinggal diganti saja tappet atau shim-nya dengan ukuran yang sesuai.
suara berisik lalu kasih oli kentel? pinter sekali itu.... lebih jago dari insinyur nissan.