Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Perlu dilihat masing2 mobilnya nih.
Apakah sdh memakai ECU yg bisa mematikan mesin sebelum mencapai kondisi overheat.
Kalau dari video, sangat jelas mesin Ford langsung mati saat temperatur naik sangat cepat.
Saya yakin ECU nya langsung shutdown pengapian dan injeksi bbm sebelum temperatur yg naik begitu cepat itu menimbulkan kerusakan pada mesin.
Kalau Peuqeot dan Honda sampai mengeluarkan asap pun ttp hidup, berarti ECU nya gak dilengkapi kemampuan unuk mematikan mesin saat temperatur mesin naik tinggi mendekati temperatur kritikal menuju overheat.
Dan mesin Honda bisa bertahan lebih lama dalam kondisi overheat dibandingkan mesin Peugeot.
Kl awal2 yg udah hapal karakternya ptt justru berat lho om, br setelah 500an km enak entah knp hahahaha. Smg performancenya cocok di HR15 om, sama ditunggu nguap brp+tes lab kl mungkin
PTT jalan 500-1000 km baru enak ya om? Pake fase inreyen om?
Saya baru ganti oli 0w20 eco PTT, baru jalan 100 km.
Bs dibilang inreyen ya kl menurut sy om, memang awal2 smpt agak ilfeel sama beratnya itu. Saya pakai buat 8000km-1th juga belum kerasa berat, krn pernah kelupaan ganti oli, udah jalan 10rb lebih rasanya . Cm yaudah lah, slm ini impressionnya nggak mengecewakan buat saya jg. Sy juga lg pake schaeffer dan pernah kendall 5w30, jujur sih ptt ngga ada apa2nya sama 2 merk itu, sayang udah ilang aja
Itu yang jual bukan rboy om.. Kalau lihat di topednya rboy dia malah ada jual oli yang sistem curah dari drum, itu aman ga? Dulu sih pernah beli amsoil pi beberapa kali disana.
Turboman wrote: Sat Jun 06, 2020 1:30
isi olinya melebihi batas F gak ?
antara oli baru dituang dan 3 minggu sesudahnya ada perubahan ngga ?
Ga pernah cek c om turbo soal melebihi batas f apa nda, soalnya diganti di bengkel kenalan..
Perubahan ga ada c om rasanya berat aja mobilnya.
Kl sejauh yg saya rasa volum oli kelebihan ya bs bikin tarikan berat om, mesti cek dipstick buat volum nya udah pas apa blm. Sdh tune up juga belum om?
Belom pernah diapa"in om turbo mobilnya. Paling biasanya ganti oli doang. Heheheh...
Tune up juga belom pernah, ga taw yang best value dimana bisa tune up sama maintenance mobil. Kemaren sempet cek c ke dok*er mo*il cuman belom di cek karena ga tau butuh apa nda om.. ada saran?
Btw kemaren abis nemenin temen ganti oli di beres toyota, dia blg kalo mobilnya udah diatas 100rb km , minimal olinya 5-40 atau 10-40, bener ya om? Mankanya kemaren sempet liat-liat mau cobain schaeffer.
Last edited by Zevos on Sun Jun 07, 2020 4:00, edited 1 time in total.
rendr wrote: Sat Jun 06, 2020 17:54
images (2).png
Perihal PTT 5w30 yg terasa berat padahal meet requirement Acea A5/B5 dimana HTHS dibawah 3.5 cP dan rata2 V100 nya di bawah 11 mm2/s, mungkin grafik diatas dapat sedikit menjelaskan behavior dari viscosity breakdown.
Fluida dalam hal ini oli punya kecenderungan yg sama, tgl variablenya bisa jadi berbeda2. Misal oli ini enak lgsg di km sekian, oli ini berat di km sekian pada saat pemakaian brp lama dan di suhu brp derajat semua variable punya peran, mungkin dari variable2 ini masing2 user pun punya experience yg beda2.
Dan kalo dari yg saya amati, memang tipikal oli2 longdrain ini punya siklus viscosity breakdown yg lebih panjang.. jadi baru enak setelah bbrp waktu/suhu/jarak terentu.
Sekian, CMIIW
kl pake grafik ini cepet naek dan cepet turun dung om viscosity olinya.
Dan mobil jd agak aneh mungkin ya kl dibaca ikutin minutes nya.
Mungkin lbh pas kl Viscosisty ama Temperature saja grafiknya tanpa menghitung waktu karena suhu kerja engine khan ngga mungkin turun dgn tiba2 dalam hitungan menit
Peter10 wrote: Sat Jun 06, 2020 7:02
Siang om, mo tanya utk oli eco-eco an klo ditambah aditif oli semacam moly puny liquimoly atau schaeffers bs meningkatkan kinerja oli seperti oli yg full syn dan bs panjang usia pakainya?
Renc mo coba tambah moly ke oli eco.
Terima kasih
mending beli oli fully-syn yg di atas eco2an om.
sdh lbh jelas takaran aditif dr pabrik untuk perpanjang usia pakai dsb.
mirip dengan bensin atau solar drpd pake aditif mending pake pertamak atau pertadek....
kagak jelas itu aditif.... 100 ML harga bisa 20 liter lebih pertamak...manfaatnya cuma sugesti....
Peter10 wrote: Sat Jun 06, 2020 7:02
Siang om, mo tanya utk oli eco-eco an klo ditambah aditif oli semacam moly puny liquimoly atau schaeffers bs meningkatkan kinerja oli seperti oli yg full syn dan bs panjang usia pakainya?
Renc mo coba tambah moly ke oli eco.
Terima kasih
mending beli oli fully-syn yg di atas eco2an om.
sdh lbh jelas takaran aditif dr pabrik untuk perpanjang usia pakai dsb.
mirip dengan bensin atau solar drpd pake aditif mending pake pertamak atau pertadek....
kagak jelas itu aditif.... 100 ML harga bisa 20 liter lebih pertamak...manfaatnya cuma sugesti....
20 L Pertamax berarti = Rp 170 - 180.000,-
Additip apa yg 100 ml seharga Rp 170 - 180.000 ????
Wowwww.......mewah sekaleeeeee......buatan Rolex / Patek P / AP apa ya ?
Kalo saya budgetin racun BBM Rp 40 - 50 rb aja utk Full Tank 50 L, gak mau pake yg mahal2
wwkwkwkwk
Last edited by Turboman on Sun Jun 07, 2020 5:47, edited 1 time in total.
Seller RBoy ini pada zaman dulu saya pernah bbrp X beli oli Amsoil ke dia, yg botolan......baik OE maupun Signature series
Sejauh saya beli ke dia oli nya oke sih, batch number antar botol seragam, dikirim dgn Dus Karton asli Amsoil & bahkan kalo beli 1 Karton, Dus nya masih segel, dipake nya di mobil juga oke
Ams PI juga pernah beli bbrp X ke dia
Nah skg dia jual Amsoil OE 5W30 curah.......kalo melihat track record yg dulu2 harusnya sih Amsoil drum nya itu barang bener......cuman gimana kondisinya setelah di RePack ke jerigen nah itu ane gak paham
jadi kalo ada yg minat coba mending tanya2 dulu aja dgn detail
menurut dia oli2 drum nya itu buatan 2016.......ya harusnya sih belom melewati Shelf Life 5 tahun yah
Ga pernah cek c om turbo soal melebihi batas f apa nda, soalnya diganti di bengkel kenalan..
Perubahan ga ada c om rasanya berat aja mobilnya.
Kl sejauh yg saya rasa volum oli kelebihan ya bs bikin tarikan berat om, mesti cek dipstick buat volum nya udah pas apa blm. Sdh tune up juga belum om?
Belom pernah diapa"in om turbo mobilnya. Paling biasanya ganti oli doang. Heheheh...
Tune up juga belom pernah, ga taw yang best value dimana bisa tune up sama maintenance mobil. Kemaren sempet cek c ke dok*er mo*il cuman belom di cek karena ga tau butuh apa nda om.. ada saran?
Btw kemaren abis nemenin temen ganti oli di beres toyota, dia blg kalo mobilnya udah diatas 100rb km , minimal olinya 5-40 atau 10-40, bener ya om? Mankanya kemaren sempet liat-liat mau cobain schaeffer.
Kl dr om turboman, dan saya juga yg udah ngalamin asal mesin prima (ganti oli sesuai jadwal, cek internal mesin no sludge) buntut 30 ngga mslh om. Soal pake lbh kentel setelah itu sih nggak jd patokan banget, justru yg ada tarikan, AVG bensin, suara mesin jadi ngga enak sama sekali. Banyak bengkel2 umum/resmi ya fahamnya masih begitu sih om, dan sy buktiin jg yg ada ngga enak tarikannya kl nurutin mereka. Itu unt mobil keluaran th 2000 keatas ya om, kl yang 90an kebawah beda cerita lagi soal oli2an krn jaman itu pembuatan internal mesin belum se-presisi jaman2 ini.
Saya ada avanza 2008 udah jln 240rb km aja dr primaxp yg busuk itu saya ganti ke shell eco 5w30 nggak mslh om, justru lbh enak dan lbh alus yg saya rasain. Kl mobil yg udh capek kaya avanza saya pun, plg kentel saya maks di 5w30 krn masih bs dapet grade yg full synth
Coba tune up aja om. Busi, injector, karbon di head piston tuh sering jd penyebab pembakaran krg sempurna walaupun bengsin udah bagus dan oli sdh bagus. Selain itu filter bensin jg diperhatiin, sering ada endapan disana apalg pakek bbm kaya pertalite/premium
Peter10 wrote: Sat Jun 06, 2020 7:02
Siang om, mo tanya utk oli eco-eco an klo ditambah aditif oli semacam moly puny liquimoly atau schaeffers bs meningkatkan kinerja oli seperti oli yg full syn dan bs panjang usia pakainya?
Renc mo coba tambah moly ke oli eco.
Terima kasih
mending beli oli fully-syn yg di atas eco2an om.
sdh lbh jelas takaran aditif dr pabrik untuk perpanjang usia pakai dsb.
mirip dengan bensin atau solar drpd pake aditif mending pake pertamak atau pertadek....
kagak jelas itu aditif.... 100 ML harga bisa 20 liter lebih pertamak...manfaatnya cuma sugesti....
Ini om kompre mungkin habis minum wine or anggur cap orang tua waktu malam minggu... dikira additive bensin/solar seharga wine/anggur cap ortu 100ml = 20 liter pertamax 180 ribu [emoji1787]
Barusan cek PSDK 946 ml = 290 ribu, baru naik nih kayanya, terakhir beli 260 ribu kalau gak salah. Biasa ane tuang 200 ml tiap isi biosolar 45-50 liter berarti sekitar 61 ribuan lah tiap kali isi solar.
Masih cengli lah harga segitu, enak kok pakai PSDK gas toel2 dikit aja sudah lari mobilnya. Ini pakai Schaeffer 5W-40 sudah jalan 8.500 Km kok malah tambah enteng yah mesin 2KD, suara agak kasar dikittt tapi masih tetap enak.
Terakhir isi 6 liter aja + Moly e.p 1 pint = 473 ml jadi total +/- hampir 6,5 liter + ganti filter oli (menurut buku manual 6.9 liter + ganti filter oli) tapi waktu cek deep stick saat ganti oli, posisinya sudah pas di max itu 6,5 liter (padahal targetnya kurang dari max dikit lah sekitar 80% max).
Sekarang sudah jalan 8.500 Km cek deep stick posisi masih di tengah2 antara min & max. Schaeffer Supreme 9000 5W-40 + Moly e.p 1 pint sih enak banget itu.
Mau ganti oli lagi nih yang enak apa yah? Mau pakai Amsoil SS 5W-30 diesel full 6 liter takut suara jadi kasar aja itu mesin. Mau cocktail Amsoil SS diesel 5W-30 = 3 liter + Amsoil SS diesel 5W-40 = 3 liter + Moly e.p = 1 pint total 6.5 liter. Jalan tengahnya begitu kali yah supaya suara mesin tetap halus.
sdh lbh jelas takaran aditif dr pabrik untuk perpanjang usia pakai dsb.
mirip dengan bensin atau solar drpd pake aditif mending pake pertamak atau pertadek....
kagak jelas itu aditif.... 100 ML harga bisa 20 liter lebih pertamak...manfaatnya cuma sugesti....
Ini om kompre mungkin habis minum wine or anggur cap orang tua waktu malam minggu... dikira additive bensin/solar seharga wine/anggur cap ortu 100ml = 20 liter pertamax 180 ribu [emoji1787]
Barusan cek PSDK 946 ml = 290 ribu, baru naik nih kayanya, terakhir beli 260 ribu kalau gak salah. Biasa ane tuang 200 ml tiap isi biosolar 45-50 liter berarti sekitar 61 ribuan lah tiap kali isi solar.
Masih cengli lah harga segitu, enak kok pakai PSDK gas toel2 dikit aja sudah lari mobilnya. Ini pakai Schaeffer 5W-40 sudah jalan 8.500 Km kok malah tambah enteng yah mesin 2KD, suara agak kasar dikittt tapi masih tetap enak.
Terakhir isi 6 liter aja + Moly e.p 1 pint = 473 ml jadi total +/- hampir 6,5 liter + ganti filter oli (menurut buku manual 6.9 liter + ganti filter oli) tapi waktu cek deep stick saat ganti oli, posisinya sudah pas di max itu 6,5 liter (padahal targetnya kurang dari max dikit lah sekitar 80% max).
Sekarang sudah jalan 8.500 Km cek deep stick posisi masih di tengah2 antara min & max. Schaeffer Supreme 9000 5W-40 + Moly e.p 1 pint sih enak banget itu.
Mau ganti oli lagi nih yang enak apa yah? Mau pakai Amsoil SS 5W-30 diesel full 6 liter takut suara jadi kasar aja itu mesin. Mau cocktail Amsoil SS diesel 5W-30 = 3 liter + Amsoil SS diesel 5W-40 = 3 liter + Moly e.p = 1 pint total 6.5 liter. Jalan tengahnya begitu kali yah supaya suara mesin tetap halus.
Ini pasti ada perawatan tambahan khan om?
Apalagi kl yg sdh commonrail dimana injectornya sensitif.
Minimal ganti filter solar dipercepat dan sering2 injector cleaner ya om?
kompresorz wrote:
mirip dengan bensin atau solar drpd pake aditif mending pake pertamak atau pertadek....
kagak jelas itu aditif.... 100 ML harga bisa 20 liter lebih pertamak...manfaatnya cuma sugesti....
Ini om kompre mungkin habis minum wine or anggur cap orang tua waktu malam minggu... dikira additive bensin/solar seharga wine/anggur cap ortu 100ml = 20 liter pertamax 180 ribu [emoji1787]
Barusan cek PSDK 946 ml = 290 ribu, baru naik nih kayanya, terakhir beli 260 ribu kalau gak salah. Biasa ane tuang 200 ml tiap isi biosolar 45-50 liter berarti sekitar 61 ribuan lah tiap kali isi solar.
Masih cengli lah harga segitu, enak kok pakai PSDK gas toel2 dikit aja sudah lari mobilnya. Ini pakai Schaeffer 5W-40 sudah jalan 8.500 Km kok malah tambah enteng yah mesin 2KD, suara agak kasar dikittt tapi masih tetap enak.
Terakhir isi 6 liter aja + Moly e.p 1 pint = 473 ml jadi total +/- hampir 6,5 liter + ganti filter oli (menurut buku manual 6.9 liter + ganti filter oli) tapi waktu cek deep stick saat ganti oli, posisinya sudah pas di max itu 6,5 liter (padahal targetnya kurang dari max dikit lah sekitar 80% max).
Sekarang sudah jalan 8.500 Km cek deep stick posisi masih di tengah2 antara min & max. Schaeffer Supreme 9000 5W-40 + Moly e.p 1 pint sih enak banget itu.
Mau ganti oli lagi nih yang enak apa yah? Mau pakai Amsoil SS 5W-30 diesel full 6 liter takut suara jadi kasar aja itu mesin. Mau cocktail Amsoil SS diesel 5W-30 = 3 liter + Amsoil SS diesel 5W-40 = 3 liter + Moly e.p = 1 pint total 6.5 liter. Jalan tengahnya begitu kali yah supaya suara mesin tetap halus.
Ini pasti ada perawatan tambahan khan om?
Apalagi kl yg sdh commonrail dimana injectornya sensitif.
Minimal ganti filter solar dipercepat dan sering2 injector cleaner ya om?
benzz89 wrote: Sun Jun 07, 2020 6:52
Ini om kompre mungkin habis minum wine or anggur cap orang tua waktu malam minggu... dikira additive bensin/solar seharga wine/anggur cap ortu 100ml = 20 liter pertamax 180 ribu [emoji1787]
Barusan cek PSDK 946 ml = 290 ribu, baru naik nih kayanya, terakhir beli 260 ribu kalau gak salah. Biasa ane tuang 200 ml tiap isi biosolar 45-50 liter berarti sekitar 61 ribuan lah tiap kali isi solar.
Masih cengli lah harga segitu, enak kok pakai PSDK gas toel2 dikit aja sudah lari mobilnya. Ini pakai Schaeffer 5W-40 sudah jalan 8.500 Km kok malah tambah enteng yah mesin 2KD, suara agak kasar dikittt tapi masih tetap enak.
Terakhir isi 6 liter aja + Moly e.p 1 pint = 473 ml jadi total +/- hampir 6,5 liter + ganti filter oli (menurut buku manual 6.9 liter + ganti filter oli) tapi waktu cek deep stick saat ganti oli, posisinya sudah pas di max itu 6,5 liter (padahal targetnya kurang dari max dikit lah sekitar 80% max).
Sekarang sudah jalan 8.500 Km cek deep stick posisi masih di tengah2 antara min & max. Schaeffer Supreme 9000 5W-40 + Moly e.p 1 pint sih enak banget itu.
Mau ganti oli lagi nih yang enak apa yah? Mau pakai Amsoil SS 5W-30 diesel full 6 liter takut suara jadi kasar aja itu mesin. Mau cocktail Amsoil SS diesel 5W-30 = 3 liter + Amsoil SS diesel 5W-40 = 3 liter + Moly e.p = 1 pint total 6.5 liter. Jalan tengahnya begitu kali yah supaya suara mesin tetap halus.
Ini pasti ada perawatan tambahan khan om?
Apalagi kl yg sdh commonrail dimana injectornya sensitif.
Minimal ganti filter solar dipercepat dan sering2 injector cleaner ya om?
Kalo 2KD mah bisa diajak sengsara
yg penting jangan pake Fil Solar Kw
purging per 20 rb km
2KD si badak yang bisa dibawa sengsara + atoyot yang gak per nyusahin... lengkap sudah kepuasan lahir batin [emoji1]
Filter solar ane sih ganti tiap 20 ribu, cuman Bio solar B30 ini ntah katanya sih disuruh majuin tiap 15 atau 10 ribu. Terakhir ganti filsol di todai kena mahal aje sekitar hampir 300 ribu kalau tidak salah ingat. Ada yang ganti filsol sampai indikator lampunya nyala, om F272 katanya pernah sampai 60 ribu baru ganti filsol (lampu indikator filsol nyala) & isinya biosol juga [emoji1787]
Purging tiap 20 ribu KM so far so good sih di 2KD ane. Odo read 138 ribu masih enak aja.
@Turboman untuk coktail Amsoil SS Max Duty Diesel 5W-30 dengan 5W-40 oke gak yah om?
benzz89 wrote: Sun Jun 07, 2020 6:52
Mau ganti oli lagi nih yang enak apa yah? Mau pakai Amsoil SS 5W-30 diesel full 6 liter takut suara jadi kasar aja itu mesin. Mau cocktail Amsoil SS diesel 5W-30 = 3 liter + Amsoil SS diesel 5W-40 = 3 liter + Moly e.p = 1 pint total 6.5 liter. Jalan tengahnya begitu kali yah supaya suara mesin tetap halus.
blloewy wrote:
Ini pasti ada perawatan tambahan khan om?
Apalagi kl yg sdh commonrail dimana injectornya sensitif.
Minimal ganti filter solar dipercepat dan sering2 injector cleaner ya om?
Kalo 2KD mah bisa diajak sengsara
yg penting jangan pake Fil Solar Kw
purging per 20 rb km
2KD si badak yang bisa dibawa sengsara + atoyot yang gak per nyusahin... lengkap sudah kepuasan lahir batin [emoji1]
Filter solar ane sih ganti tiap 20 ribu, cuman Bio solar B30 ini ntah katanya sih disuruh majuin tiap 15 atau 10 ribu. Terakhir ganti filsol di todai kena mahal aje sekitar hampir 300 ribu kalau tidak salah ingat. Ada yang ganti filsol sampai indikator lampunya nyala, om F272 katanya pernah sampai 60 ribu baru ganti filsol (lampu indikator filsol nyala) & isinya biosol juga [emoji1787]
Purging tiap 20 ribu KM so far so good sih di 2KD ane. Odo read 138 ribu masih enak aja.
@Turboman untuk coktail Amsoil SS Max Duty Diesel 5W-30 dengan 5W-40 oke gak yah om?
2KD si badak yang bisa dibawa sengsara + atoyot yang gak per nyusahin... lengkap sudah kepuasan lahir batin [emoji1]
Filter solar ane sih ganti tiap 20 ribu, cuman Bio solar B30 ini ntah katanya sih disuruh majuin tiap 15 atau 10 ribu. Terakhir ganti filsol di todai kena mahal aje sekitar hampir 300 ribu kalau tidak salah ingat. Ada yang ganti filsol sampai indikator lampunya nyala, om F272 katanya pernah sampai 60 ribu baru ganti filsol (lampu indikator filsol nyala) & isinya biosol juga [emoji1787]
Purging tiap 20 ribu KM so far so good sih di 2KD ane. Odo read 138 ribu masih enak aja.
@Turboman untuk coktail Amsoil SS Max Duty Diesel 5W-30 dengan 5W-40 oke gak yah om?
Saya rencana mau test Q8 T8800 - 5W30 API CJ-4
ada PAO nya 24%
harusnya ini udah setara HDD / MaxDuty
mungkin start test di July / Agustus
Beli dimana yah om Q8 T8800 - 5W30 API CJ-4? Ane cek toko ijo & blabla kok gak ada yang jual yah? Adanya yang Q8 T8700 5w30 API CJ-4. Mohon infonya. Thanks [emoji120]
Ngga semua tersedia sih, lumayan masih ada data buat Fastron Techno dan Gold. Kebetulan saya nemu waktu ubek2 cari datasheet untuk Fastron Eco, yang sayangnya ga ada. Semoga bermanfaat.
benzz89 wrote:2KD si badak yang bisa dibawa sengsara + atoyot yang gak per nyusahin... lengkap sudah kepuasan lahir batin [emoji1]
Filter solar ane sih ganti tiap 20 ribu, cuman Bio solar B30 ini ntah katanya sih disuruh majuin tiap 15 atau 10 ribu. Terakhir ganti filsol di todai kena mahal aje sekitar hampir 300 ribu kalau tidak salah ingat. Ada yang ganti filsol sampai indikator lampunya nyala, om F272 katanya pernah sampai 60 ribu baru ganti filsol (lampu indikator filsol nyala) & isinya biosol juga [emoji1787]
Purging tiap 20 ribu KM so far so good sih di 2KD ane. Odo read 138 ribu masih enak aja.
@Turboman untuk coktail Amsoil SS Max Duty Diesel 5W-30 dengan 5W-40 oke gak yah om?
Saya rencana mau test Q8 T8800 - 5W30 API CJ-4
ada PAO nya 24%
harusnya ini udah setara HDD / MaxDuty
mungkin start test di July / Agustus
Beli dimana yah om Q8 T8800 - 5W30 API CJ-4? Ane cek toko ijo & blabla kok gak ada yang jual yah? Adanya yang Q8 T8700 5w30 API CJ-4. Mohon infonya. Thanks [emoji120]
yg T 8900 - 5W30 ada di online
T 8800 & 8900 dari sisi base oil hampir sama (ada PAO nya)
Turboman wrote:Saya rencana mau test Q8 T8800 - 5W30 API CJ-4
ada PAO nya 24%
harusnya ini udah setara HDD / MaxDuty
mungkin start test di July / Agustus
Beli dimana yah om Q8 T8800 - 5W30 API CJ-4? Ane cek toko ijo & blabla kok gak ada yang jual yah? Adanya yang Q8 T8700 5w30 API CJ-4. Mohon infonya. Thanks [emoji120]
yg T 8900 - 5W30 ada di online
T 8800 & 8900 dari sisi base oil hampir sama (ada PAO nya)
T 8900 = TBN 10 - API CK-4
T 8800 = TBN 13 - API CJ-4
Berarti T 8800 5w30 gak ada di online yah om? Baru launch kayanya ini oli, TBN nya 13 mantep poll.
Naga2nya kayanya ada di toko fisik T nih olinya, cuman aja om Turbo gak mau sebut nama tokonya [emoji1]
Coba nanti ane keker2 dulu deh penampakannya di toko T, kalau harga dibawah Amsoil Max Duty/HDD sih boleh juga nih di test drive ini oli.
Ane juga Juli/agustus sudah harus ganti nih si Schaeffer 5w40 karena sudah 12 bulan & KM saat ini mendekati 10 ribu. Mau ganti 5w30 kangen ama tendangannya, berharap suara mesin jangan jadi kasar aja deh & penguapan minim.
benzz89 wrote:Beli dimana yah om Q8 T8800 - 5W30 API CJ-4? Ane cek toko ijo & blabla kok gak ada yang jual yah? Adanya yang Q8 T8700 5w30 API CJ-4. Mohon infonya. Thanks [emoji120]
yg T 8900 - 5W30 ada di online
T 8800 & 8900 dari sisi base oil hampir sama (ada PAO nya)
T 8900 = TBN 10 - API CK-4
T 8800 = TBN 13 - API CJ-4
Berarti T 8800 5w30 gak ada di online yah om? Baru launch kayanya ini oli, TBN nya 13 mantep poll.
Naga2nya kayanya ada di toko fisik T nih olinya, cuman aja om Turbo gak mau sebut nama tokonya [emoji1]
Coba nanti ane keker2 dulu deh penampakannya di toko T, kalau harga dibawah Amsoil Max Duty/HDD sih boleh juga nih di test drive ini oli.
Ane juga Juli/agustus sudah harus ganti nih si Schaeffer 5w40 karena sudah 12 bulan & KM saat ini mendekati 10 ribu. Mau ganti 5w30 kangen ama tendangannya, berharap suara mesin jangan jadi kasar aja deh & penguapan minim.