Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Peter10 wrote: Sat Jun 06, 2020 7:02 Siang om, mo tanya utk oli eco-eco an klo ditambah aditif oli semacam moly puny liquimoly atau schaeffers bs meningkatkan kinerja oli seperti oli yg full syn dan bs panjang usia pakainya?
Renc mo coba tambah moly ke oli eco.
Terima kasih
mending beli oli fully-syn yg di atas eco2an om.

sdh lbh jelas takaran aditif dr pabrik untuk perpanjang usia pakai dsb.
Last edited by Suryaputra on Sat Jun 06, 2020 8:20, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

Zevos wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 06, 2020 1:30
Zevos wrote:Halo om om, mau tanya dong oli mesin, gardan dan maticnya yang pas untuk xenia ane, tahun 2016 km udah hampir 150rb, dulu c pemakaian bisa 1 hari 200km, skrg paling 1 hari 50-100an km aja..

Terakhir pake ptt 5w-30 rasanya berat banget pas km 60 menuju ke 80, kudu bejek gas dulu baru mau naik ke 80..

Kalo ga dibejek rasanya ga mau naik ke 80rb km.. untuk tarik awalnya ane anggel masih standard lah.. cuman kurang responsif aja..

Thx om
isi olinya melebihi batas F gak ?

antara oli baru dituang dan 3 minggu sesudahnya ada perubahan ngga ?
Ga pernah cek c om turbo soal melebihi batas f apa nda, soalnya diganti di bengkel kenalan..

Perubahan ga ada c om rasanya berat aja mobilnya.
cek siapa tahu ngisinya kebanyakan
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11865
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

Zevos wrote: Fri Jun 05, 2020 4:26 Halo om om, mau tanya dong oli mesin, gardan dan maticnya yang pas untuk xenia ane, tahun 2016 km udah hampir 150rb, dulu c pemakaian bisa 1 hari 200km, skrg paling 1 hari 50-100an km aja..

Terakhir pake ptt 5w-30 rasanya berat banget pas km 60 menuju ke 80, kudu bejek gas dulu baru mau naik ke 80..

Kalo ga dibejek rasanya ga mau naik ke 80rb km.. untuk tarik awalnya ane anggel masih standard lah.. cuman kurang responsif aja..

Thx om

coba diperiksa :
- tekanan angin ban.
- kondisi busi.
- volume oli mesin (kapasitas k3ve hanya 2,8-2,9 liter berikut yang di filter oli).
- deposit kerak karbon di ruang bakar.
- throttle body valve.
- filter udara.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 7:14
Zevos wrote: Sat Jun 06, 2020 4:55
Turboman wrote: Sat Jun 06, 2020 1:30 isi olinya melebihi batas F gak ?

antara oli baru dituang dan 3 minggu sesudahnya ada perubahan ngga ?
Ga pernah cek c om turbo soal melebihi batas f apa nda, soalnya diganti di bengkel kenalan..

Perubahan ga ada c om rasanya berat aja mobilnya.
Kl sejauh yg saya rasa volum oli kelebihan ya bs bikin tarikan berat om, mesti cek dipstick buat volum nya udah pas apa blm. Sdh tune up juga belum om?
PTT 5W-30 nya baru dituang nich om di Engine BatuMakam.
Respon awal emang tarikan enteng dan mesin halus banget.
Mari kita liat penguapannya nanti dan apakah bs dipake 5000 km / 8-10 bln di Engine Recing BatuMakam :big_biglaugh:

Btw, Mobil Super 10W-40 dipake 8 bln interval 3000km pas sdh hitam sich.
Viskositas msh kentel cm warna olinya sdh hitam.
Mungkin krn semi syn jd cepet berubah di Engine BatuMakam :big_peace:

Thanx Om olinya...semoga betah di PTT ini kecuali oli keraton promo murmerceng :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nubie in all things - still need to learn
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

blloewy wrote: Sat Jun 06, 2020 10:10
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 7:14
Zevos wrote: Sat Jun 06, 2020 4:55

Ga pernah cek c om turbo soal melebihi batas f apa nda, soalnya diganti di bengkel kenalan..

Perubahan ga ada c om rasanya berat aja mobilnya.
Kl sejauh yg saya rasa volum oli kelebihan ya bs bikin tarikan berat om, mesti cek dipstick buat volum nya udah pas apa blm. Sdh tune up juga belum om?
PTT 5W-30 nya baru dituang nich om di Engine BatuMakam.
Respon awal emang tarikan enteng dan mesin halus banget.
Mari kita liat penguapannya nanti dan apakah bs dipake 5000 km / 8-10 bln di Engine Recing BatuMakam :big_biglaugh:

Btw, Mobil Super 10W-40 dipake 8 bln interval 3000km pas sdh hitam sich.
Viskositas msh kentel cm warna olinya sdh hitam.
Mungkin krn semi syn jd cepet berubah di Engine BatuMakam :big_peace:

Thanx Om olinya...semoga betah di PTT ini kecuali oli keraton promo murmerceng :big_biglaugh:
Kl awal2 yg udah hapal karakternya ptt justru berat lho om, br setelah 500an km enak entah knp hahahaha. Smg performancenya cocok di HR15 om, sama ditunggu nguap brp+tes lab kl mungkin :big_exellent:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

blloewy wrote: Sat Jun 06, 2020 10:10
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 7:14
Zevos wrote: Sat Jun 06, 2020 4:55

Ga pernah cek c om turbo soal melebihi batas f apa nda, soalnya diganti di bengkel kenalan..

Perubahan ga ada c om rasanya berat aja mobilnya.
Kl sejauh yg saya rasa volum oli kelebihan ya bs bikin tarikan berat om, mesti cek dipstick buat volum nya udah pas apa blm. Sdh tune up juga belum om?
PTT 5W-30 nya baru dituang nich om di Engine BatuMakam.
Respon awal emang tarikan enteng dan mesin halus banget.
Mari kita liat penguapannya nanti dan apakah bs dipake 5000 km / 8-10 bln di Engine Recing BatuMakam :big_biglaugh:

Btw, Mobil Super 10W-40 dipake 8 bln interval 3000km pas sdh hitam sich.
Viskositas msh kentel cm warna olinya sdh hitam.
Mungkin krn semi syn jd cepet berubah di Engine BatuMakam :big_peace:

Thanx Om olinya...semoga betah di PTT ini kecuali oli keraton promo murmerceng :big_biglaugh:
akhirnya kegalauan berakhir :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 10:14
blloewy wrote: Sat Jun 06, 2020 10:10
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 7:14

Kl sejauh yg saya rasa volum oli kelebihan ya bs bikin tarikan berat om, mesti cek dipstick buat volum nya udah pas apa blm. Sdh tune up juga belum om?
PTT 5W-30 nya baru dituang nich om di Engine BatuMakam.
Respon awal emang tarikan enteng dan mesin halus banget.
Mari kita liat penguapannya nanti dan apakah bs dipake 5000 km / 8-10 bln di Engine Recing BatuMakam :big_biglaugh:

Btw, Mobil Super 10W-40 dipake 8 bln interval 3000km pas sdh hitam sich.
Viskositas msh kentel cm warna olinya sdh hitam.
Mungkin krn semi syn jd cepet berubah di Engine BatuMakam :big_peace:

Thanx Om olinya...semoga betah di PTT ini kecuali oli keraton promo murmerceng :big_biglaugh:
Kl awal2 yg udah hapal karakternya ptt justru berat lho om, br setelah 500an km enak entah knp hahahaha. Smg performancenya cocok di HR15 om, sama ditunggu nguap brp+tes lab kl mungkin :big_exellent:
Iya mau dipantau ini gmn.
Kl test lab ntar liat sikon takutnya malah lupa :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Suryaputra wrote: Sat Jun 06, 2020 10:31
blloewy wrote: Sat Jun 06, 2020 10:10
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 7:14

Kl sejauh yg saya rasa volum oli kelebihan ya bs bikin tarikan berat om, mesti cek dipstick buat volum nya udah pas apa blm. Sdh tune up juga belum om?
PTT 5W-30 nya baru dituang nich om di Engine BatuMakam.
Respon awal emang tarikan enteng dan mesin halus banget.
Mari kita liat penguapannya nanti dan apakah bs dipake 5000 km / 8-10 bln di Engine Recing BatuMakam :big_biglaugh:

Btw, Mobil Super 10W-40 dipake 8 bln interval 3000km pas sdh hitam sich.
Viskositas msh kentel cm warna olinya sdh hitam.
Mungkin krn semi syn jd cepet berubah di Engine BatuMakam :big_peace:

Thanx Om olinya...semoga betah di PTT ini kecuali oli keraton promo murmerceng :big_biglaugh:
akhirnya kegalauan berakhir :big_grin:
Finally Om setelah mikir antara PTT ama TQ9000.
Di bengkel spesialis td jg ditawarin Total tp bkn TQ9000.
Dia malah bengong oli apa ini Pak? Asli apa palsu oli ini :big_cry:
Mari kita liat performa PTT di dlm engine BatuMakam :D
Mobil sdh dicek jg kondisi oke, bbm petromax mulu dari awal jd tinggal lanjut trs aja pake petromax.
Kl msh oke sich kayanya tetep di PTT kecuali ya itu tadi ada Oli Keraton nyasar harga murmerceng :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by supriyadi »

blloewy wrote: Sat Jun 06, 2020 11:14
Suryaputra wrote: Sat Jun 06, 2020 10:31
blloewy wrote: Sat Jun 06, 2020 10:10
PTT 5W-30 nya baru dituang nich om di Engine BatuMakam.
Respon awal emang tarikan enteng dan mesin halus banget.
Mari kita liat penguapannya nanti dan apakah bs dipake 5000 km / 8-10 bln di Engine Recing BatuMakam :big_biglaugh:

Btw, Mobil Super 10W-40 dipake 8 bln interval 3000km pas sdh hitam sich.
Viskositas msh kentel cm warna olinya sdh hitam.
Mungkin krn semi syn jd cepet berubah di Engine BatuMakam :big_peace:

Thanx Om olinya...semoga betah di PTT ini kecuali oli keraton promo murmerceng :big_biglaugh:
akhirnya kegalauan berakhir :big_grin:
Finally Om setelah mikir antara PTT ama TQ9000.
Di bengkel spesialis td jg ditawarin Total tp bkn TQ9000.
Dia malah bengong oli apa ini Pak? Asli apa palsu oli ini :big_cry:
Mari kita liat performa PTT di dlm engine BatuMakam :D
Mobil sdh dicek jg kondisi oke, bbm petromax mulu dari awal jd tinggal lanjut trs aja pake petromax.
Kl msh oke sich kayanya tetep di PTT kecuali ya itu tadi ada Oli Keraton nyasar harga murmerceng :big_peace:
PTT mah aman Om, secara saya udah pake sampe 8 rban km, 10 bulan. Maret kemarin baru ganti oli pake PTT juga. Baru kepake 800an km lah, kena PSBB soale nggak bisa kemana2

Kalo tarikan awal siap ganti oli sih saya enakan TQ9000. PTT jalan 500an km baru enak. Ini disaya lho
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 10:14
Kl awal2 yg udah hapal karakternya ptt justru berat lho om, br setelah 500an km enak entah knp hahahaha. Smg performancenya cocok di HR15 om, sama ditunggu nguap brp+tes lab kl mungkin :big_exellent:
+1

Saya juga merasa ptt 5w-30 agak berat ya malah ketimbang 5w-30 NGO/Kendall. Dah nyoba 2x (7k dan 10k) di mesin mr20dd (previously kendall 5w30) dan 2x (5k dan 7k) di p5-vps.
Image
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by supriyadi »

josomba wrote: Sat Jun 06, 2020 11:23
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 10:14
Kl awal2 yg udah hapal karakternya ptt justru berat lho om, br setelah 500an km enak entah knp hahahaha. Smg performancenya cocok di HR15 om, sama ditunggu nguap brp+tes lab kl mungkin :big_exellent:
+1

Saya juga merasa ptt 5w-30 agak berat ya malah ketimbang 5w-30 NGO/Kendall. Dah nyoba 2x (7k dan 10k) di mesin mr20dd (previously kendall 5w30) dan 2x (5k dan 7k) di p5-vps.
Saya kemarin pake 8 rban km ntah berapa penguapan. Cuma tiap liat dipstick masih 5-7 mm dari tanda full. Itu sepengamatan saya
omnyanaira
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by omnyanaira »

Om2 suhu perlendiran dimari. Mau tanya yaakk
Oli chevron dello 400 0w30 yg pernah dipke om kompresor ntuh bisa buat mesin bensin ga yaahh??? Apa cm buat diesel doang??
Di spek nya tertulis bisa buat bensin dan diesel cm saya masih ragu
Rencana mau dipake buat mobil bensin flat tape manual tahun 2013.. mumpung di toko biru lagi promo
Mohon advive nya
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

supriyadi wrote: Sat Jun 06, 2020 11:30
josomba wrote: Sat Jun 06, 2020 11:23
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 10:14
Kl awal2 yg udah hapal karakternya ptt justru berat lho om, br setelah 500an km enak entah knp hahahaha. Smg performancenya cocok di HR15 om, sama ditunggu nguap brp+tes lab kl mungkin :big_exellent:
+1

Saya juga merasa ptt 5w-30 agak berat ya malah ketimbang 5w-30 NGO/Kendall. Dah nyoba 2x (7k dan 10k) di mesin mr20dd (previously kendall 5w30) dan 2x (5k dan 7k) di p5-vps.
Saya kemarin pake 8 rban km ntah berapa penguapan. Cuma tiap liat dipstick masih 5-7 mm dari tanda full. Itu sepengamatan saya
PTT 5w30 lbh berat.. imho.. krn untuk viscocity 5w30 dia agak lbh kentel dan jg bisa untuk mesin diesel.

karena PTT 5w30 ini approved untuk spec API SN / CF
ACEA A5/B5/C2.
bisa buat mesin bensin dan diesel, dgn TBN Min 8,xx
jd bisa buat semi long drain lahh.

Klo TQ9000 5w30, terasa lbh enteng dikit (ini jg sy rasakan).
karena dia khusus oli mesin bensin dan emang untuk fuel economy jg (API SN & GF5).

sy pernah coba TQ9000 0w20, lbh joss lagii.

tp paling joss tetap Q8 0w20.
sudah klop di hati

saya geber sampai rpm 5rb ke atas, dgn posisi gear di S.
uenakkk dan gak kasar, smoga CVT nya tetap joss :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

Suryaputra wrote: Sat Jun 06, 2020 12:33
PTT 5w30 lbh berat.. imho.. krn untuk viscocity 5w30 dia agak lbh kentel dan jg bisa untuk mesin diesel.

karena PTT 5w30 ini approved untuk spec API SN / CF
ACEA A5/B5/C2.
bisa buat mesin bensin dan diesel, dgn TBN Min 8,xx
jd bisa buat semi long drain lahh.

Klo TQ9000 5w30, terasa lbh enteng dikit (ini jg sy rasakan).
karena dia khusus oli mesin bensin dan emang untuk fuel economy jg (API SN & GF5).

sy pernah coba TQ9000 0w20, lbh joss lagii.

tp paling joss tetap Q8 0w20.
sudah klop di hati

saya geber sampai rpm 5rb ke atas, dgn posisi gear di S.
uenakkk dan gak kasar, smoga CVT nya tetap joss :ngacir:
Nah itu dia om,kalau meet A5 padahal biasane enteng karena hths lebi rendah n visc 100c <=11... Macem motul specific 913D gitu 2x pake di L15.. Sayang ni oli di Todut harganya dah aji gile... :big_biglaugh:
Image
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by billi »

erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 10:14
blloewy wrote: Sat Jun 06, 2020 10:10
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 7:14

Kl sejauh yg saya rasa volum oli kelebihan ya bs bikin tarikan berat om, mesti cek dipstick buat volum nya udah pas apa blm. Sdh tune up juga belum om?
PTT 5W-30 nya baru dituang nich om di Engine BatuMakam.
Respon awal emang tarikan enteng dan mesin halus banget.
Mari kita liat penguapannya nanti dan apakah bs dipake 5000 km / 8-10 bln di Engine Recing BatuMakam :big_biglaugh:

Btw, Mobil Super 10W-40 dipake 8 bln interval 3000km pas sdh hitam sich.
Viskositas msh kentel cm warna olinya sdh hitam.
Mungkin krn semi syn jd cepet berubah di Engine BatuMakam :big_peace:

Thanx Om olinya...semoga betah di PTT ini kecuali oli keraton promo murmerceng :big_biglaugh:
Kl awal2 yg udah hapal karakternya ptt justru berat lho om, br setelah 500an km enak entah knp hahahaha. Smg performancenya cocok di HR15 om, sama ditunggu nguap brp+tes lab kl mungkin :big_exellent:
PTT jalan 500-1000 km baru enak ya om? Pake fase inreyen om?
Saya baru ganti oli 0w20 eco PTT, baru jalan 100 km.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

billi wrote: Sat Jun 06, 2020 13:58
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 10:14
blloewy wrote: Sat Jun 06, 2020 10:10
PTT 5W-30 nya baru dituang nich om di Engine BatuMakam.
Respon awal emang tarikan enteng dan mesin halus banget.
Mari kita liat penguapannya nanti dan apakah bs dipake 5000 km / 8-10 bln di Engine Recing BatuMakam :big_biglaugh:

Btw, Mobil Super 10W-40 dipake 8 bln interval 3000km pas sdh hitam sich.
Viskositas msh kentel cm warna olinya sdh hitam.
Mungkin krn semi syn jd cepet berubah di Engine BatuMakam :big_peace:

Thanx Om olinya...semoga betah di PTT ini kecuali oli keraton promo murmerceng :big_biglaugh:
Kl awal2 yg udah hapal karakternya ptt justru berat lho om, br setelah 500an km enak entah knp hahahaha. Smg performancenya cocok di HR15 om, sama ditunggu nguap brp+tes lab kl mungkin :big_exellent:
PTT jalan 500-1000 km baru enak ya om? Pake fase inreyen om?
Saya baru ganti oli 0w20 eco PTT, baru jalan 100 km.
Bs dibilang inreyen ya kl menurut sy om, memang awal2 smpt agak ilfeel sama beratnya itu. Saya pakai buat 8000km-1th juga belum kerasa berat, krn pernah kelupaan ganti oli, udah jalan 10rb lebih rasanya :big_biglaugh: . Cm yaudah lah, slm ini impressionnya nggak mengecewakan buat saya jg. Sy juga lg pake schaeffer dan pernah kendall 5w30, jujur sih ptt ngga ada apa2nya sama 2 merk itu, sayang udah ilang aja :mky_02:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

Suryaputra wrote: Sat Jun 06, 2020 12:33
supriyadi wrote: Sat Jun 06, 2020 11:30
josomba wrote: Sat Jun 06, 2020 11:23

+1

Saya juga merasa ptt 5w-30 agak berat ya malah ketimbang 5w-30 NGO/Kendall. Dah nyoba 2x (7k dan 10k) di mesin mr20dd (previously kendall 5w30) dan 2x (5k dan 7k) di p5-vps.
Saya kemarin pake 8 rban km ntah berapa penguapan. Cuma tiap liat dipstick masih 5-7 mm dari tanda full. Itu sepengamatan saya
PTT 5w30 lbh berat.. imho.. krn untuk viscocity 5w30 dia agak lbh kentel dan jg bisa untuk mesin diesel.

karena PTT 5w30 ini approved untuk spec API SN / CF
ACEA A5/B5/C2.
bisa buat mesin bensin dan diesel, dgn TBN Min 8,xx
jd bisa buat semi long drain lahh.

Klo TQ9000 5w30, terasa lbh enteng dikit (ini jg sy rasakan).
karena dia khusus oli mesin bensin dan emang untuk fuel economy jg (API SN & GF5).

sy pernah coba TQ9000 0w20, lbh joss lagii.

tp paling joss tetap Q8 0w20.
sudah klop di hati

saya geber sampai rpm 5rb ke atas, dgn posisi gear di S.
uenakkk dan gak kasar, smoga CVT nya tetap joss :ngacir:
Tp kl total levelnya semi long drain kaya ptt juga ya om?
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by doko86 »

billi wrote: Sat Jun 06, 2020 13:58
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 10:14
blloewy wrote: Sat Jun 06, 2020 10:10
PTT 5W-30 nya baru dituang nich om di Engine BatuMakam.
Respon awal emang tarikan enteng dan mesin halus banget.
Mari kita liat penguapannya nanti dan apakah bs dipake 5000 km / 8-10 bln di Engine Recing BatuMakam :big_biglaugh:

Btw, Mobil Super 10W-40 dipake 8 bln interval 3000km pas sdh hitam sich.
Viskositas msh kentel cm warna olinya sdh hitam.
Mungkin krn semi syn jd cepet berubah di Engine BatuMakam :big_peace:

Thanx Om olinya...semoga betah di PTT ini kecuali oli keraton promo murmerceng :big_biglaugh:
Kl awal2 yg udah hapal karakternya ptt justru berat lho om, br setelah 500an km enak entah knp hahahaha. Smg performancenya cocok di HR15 om, sama ditunggu nguap brp+tes lab kl mungkin :big_exellent:
PTT jalan 500-1000 km baru enak ya om? Pake fase inreyen om?
Saya baru ganti oli 0w20 eco PTT, baru jalan 100 km.
kalau gak salah dl om turbo pernah bilang, untuk PTT 0w20 eco jalan 500 km dl baru kerasa enak.

Suhu mau tanya klu oli valvoline 5w30 itu klu buat 6000 km masih aman gak y untuk mesin 1KR-DE
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by billi »

erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 14:40
billi wrote: Sat Jun 06, 2020 13:58
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 10:14

Kl awal2 yg udah hapal karakternya ptt justru berat lho om, br setelah 500an km enak entah knp hahahaha. Smg performancenya cocok di HR15 om, sama ditunggu nguap brp+tes lab kl mungkin :big_exellent:
PTT jalan 500-1000 km baru enak ya om? Pake fase inreyen om?
Saya baru ganti oli 0w20 eco PTT, baru jalan 100 km.
Bs dibilang inreyen ya kl menurut sy om, memang awal2 smpt agak ilfeel sama beratnya itu. Saya pakai buat 8000km-1th juga belum kerasa berat, krn pernah kelupaan ganti oli, udah jalan 10rb lebih rasanya :big_biglaugh: . Cm yaudah lah, slm ini impressionnya nggak mengecewakan buat saya jg. Sy juga lg pake schaeffer dan pernah kendall 5w30, jujur sih ptt ngga ada apa2nya sama 2 merk itu, sayang udah ilang aja :mky_02:
Dapat nya ptt eco gak sampe 60rb / liter, worthy juga om. Hehehehe
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

billi wrote: Sat Jun 06, 2020 14:55
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 14:40
billi wrote: Sat Jun 06, 2020 13:58

PTT jalan 500-1000 km baru enak ya om? Pake fase inreyen om?
Saya baru ganti oli 0w20 eco PTT, baru jalan 100 km.
Bs dibilang inreyen ya kl menurut sy om, memang awal2 smpt agak ilfeel sama beratnya itu. Saya pakai buat 8000km-1th juga belum kerasa berat, krn pernah kelupaan ganti oli, udah jalan 10rb lebih rasanya :big_biglaugh: . Cm yaudah lah, slm ini impressionnya nggak mengecewakan buat saya jg. Sy juga lg pake schaeffer dan pernah kendall 5w30, jujur sih ptt ngga ada apa2nya sama 2 merk itu, sayang udah ilang aja :mky_02:
Dapat nya ptt eco gak sampe 60rb / liter, worthy juga om. Hehehehe
Nah, apalg dapet promoan ampe semurah itu kan om. At least dg dapet harga murah krn promo kualitasnya msh lbh oke dr oli lain yg harga umumnya segitu wwkwkwkw :mky_02:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 14:40
Suryaputra wrote: Sat Jun 06, 2020 12:33
supriyadi wrote: Sat Jun 06, 2020 11:30

Saya kemarin pake 8 rban km ntah berapa penguapan. Cuma tiap liat dipstick masih 5-7 mm dari tanda full. Itu sepengamatan saya
PTT 5w30 lbh berat.. imho.. krn untuk viscocity 5w30 dia agak lbh kentel dan jg bisa untuk mesin diesel.

karena PTT 5w30 ini approved untuk spec API SN / CF
ACEA A5/B5/C2.
bisa buat mesin bensin dan diesel, dgn TBN Min 8,xx
jd bisa buat semi long drain lahh.

Klo TQ9000 5w30, terasa lbh enteng dikit (ini jg sy rasakan).
karena dia khusus oli mesin bensin dan emang untuk fuel economy jg (API SN & GF5).

sy pernah coba TQ9000 0w20, lbh joss lagii.

tp paling joss tetap Q8 0w20.
sudah klop di hati

saya geber sampai rpm 5rb ke atas, dgn posisi gear di S.
uenakkk dan gak kasar, smoga CVT nya tetap joss :ngacir:
Tp kl total levelnya semi long drain kaya ptt juga ya om?
yes.
salah satu prinsip saya cost vs benefit :big_biglaugh:

krn dipake sampai kurleb 6rb km / 7 bln aja msh enak.
karena dah lwt jadwal servis dan hrs ganti CVTF aja jd sekalian deh.
drpd bulak balik bengkel.

0w20 nya jg enak.

oli beres & pertamina fastron gold, enaknya cmn sampai 4rb km.
setelah itu, yah gtu deh..
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

Suryaputra wrote: Sat Jun 06, 2020 15:40
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 14:40
Suryaputra wrote: Sat Jun 06, 2020 12:33

PTT 5w30 lbh berat.. imho.. krn untuk viscocity 5w30 dia agak lbh kentel dan jg bisa untuk mesin diesel.

karena PTT 5w30 ini approved untuk spec API SN / CF
ACEA A5/B5/C2.
bisa buat mesin bensin dan diesel, dgn TBN Min 8,xx
jd bisa buat semi long drain lahh.

Klo TQ9000 5w30, terasa lbh enteng dikit (ini jg sy rasakan).
karena dia khusus oli mesin bensin dan emang untuk fuel economy jg (API SN & GF5).

sy pernah coba TQ9000 0w20, lbh joss lagii.

tp paling joss tetap Q8 0w20.
sudah klop di hati

saya geber sampai rpm 5rb ke atas, dgn posisi gear di S.
uenakkk dan gak kasar, smoga CVT nya tetap joss :ngacir:
Tp kl total levelnya semi long drain kaya ptt juga ya om?
yes.
salah satu prinsip saya cost vs benefit :big_biglaugh:

krn dipake sampai kurleb 6rb km / 7 bln aja msh enak.
karena dah lwt jadwal servis dan hrs ganti CVTF aja jd sekalian deh.
drpd bulak balik bengkel.

0w20 nya jg enak.

oli beres & pertamina fastron gold, enaknya cmn sampai 4rb km.
setelah itu, yah gtu deh..
:big_biglaugh: kl saya sih yg penting best performance di kelas harganya oom
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

Nih kalo mau cari oli lebih encer drpd 5W30 tapi waswas pake 0W20

bisa pake 5W20.......Amsoil OE

si R boy ini stok Amsoil nya ex Bravo dulu

Amsoil Synthetic Oe Motor Oil Sae 5W20
https://tokopedia.link/PhJ7umAk66

Malah ada seller di Sby yg jual 100 rb / qt

Cek2 dulu aja dgn seksama

Alternative lain = oli 0W30 API SN
* Bukan ajakan Beli *
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

images (2).png
Perihal PTT 5w30 yg terasa berat padahal meet requirement Acea A5/B5 dimana HTHS dibawah 3.5 cP dan rata2 V100 nya di bawah 11 mm2/s, mungkin grafik diatas dapat sedikit menjelaskan behavior dari viscosity breakdown.

Fluida dalam hal ini oli punya kecenderungan yg sama, tgl variablenya bisa jadi berbeda2. Misal oli ini enak lgsg di km sekian, oli ini berat di km sekian pada saat pemakaian brp lama dan di suhu brp derajat semua variable punya peran, mungkin dari variable2 ini masing2 user pun punya experience yg beda2.

Dan kalo dari yg saya amati, memang tipikal oli2 longdrain ini punya siklus viscosity breakdown yg lebih panjang.. jadi baru enak setelah bbrp waktu/suhu/jarak terentu.


Sekian, CMIIW
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
gaspol resing tim
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by dimasapri »

Grafik ini dalam orde menit, Om.
Apakah bisa mewakili perubahan viscosity oli mesin saat mesin masih dingin sampai mencapai temperatur kerjanya?
Sepertinya tidak deh...
Terlihat viscosity nya begitu rendah pada menit2 awal dan temperatur masih rendah yang kemudian naik setelah beberapa menit seiring naiknya temperatur.
Sepertinya ini grafik untuk senyawa atau molekul tertentu, bukan untuk oli.

Menurut saya juga tdk bisa dipakai untuk analisa kenapa PTT katanya butuh sekian ratus atau sekian ribu km baru mulai terasa enak.

Anyway, nice share grafik karakteristik viscosity nya Om
rendr wrote: Sat Jun 06, 2020 17:54 images (2).png

Perihal PTT 5w30 yg terasa berat padahal meet requirement Acea A5/B5 dimana HTHS dibawah 3.5 cP dan rata2 V100 nya di bawah 11 mm2/s, mungkin grafik diatas dapat sedikit menjelaskan behavior dari viscosity breakdown.

Fluida dalam hal ini oli punya kecenderungan yg sama, tgl variablenya bisa jadi berbeda2. Misal oli ini enak lgsg di km sekian, oli ini berat di km sekian pada saat pemakaian brp lama dan di suhu brp derajat semua variable punya peran, mungkin dari variable2 ini masing2 user pun punya experience yg beda2.

Dan kalo dari yg saya amati, memang tipikal oli2 longdrain ini punya siklus viscosity breakdown yg lebih panjang.. jadi baru enak setelah bbrp waktu/suhu/jarak terentu.


Sekian, CMIIW
Last edited by dimasapri on Sat Jun 06, 2020 23:05, edited 3 times in total.