sealplayerz wrote: Fri Jan 24, 2020 5:11
Maksud saya itu udh kodratnya rwd kebih boros fc nya dari fwd, 3 baris lebih boros fc nya dari 2 baris, lmpv lebih boros fc nya dari city car om secara mobilnya aja lebih besar dan lebih berat om. Perkara mo beli fwd rwd urusan selera masing2 om saya gak mau ikut campur.
Utk wuling emg qc nya masi dipertanyakan secara random gitu, yg terbaru kasus handle pintu tarik confero copot padahal baru setahun dan gak dipake utk taksi online.
Btw innova bensin juga terkenal boros tapi tetap laku karena reputasinya yg reliable, badak, gak rewel.
bukan um, saya nanggepin oom sm4 soal "fanatik RWD" heheheh

orang kita gak fanatik RWD, cm emang faktor dari dulu mobil yang terkenal awet di indo ya emang selalu RWD

orang biasa beli mobil gak bisa bedain RWD ama FWD, cm tau mobil X awet, mobil Y rewel, mobil Z gini.
yah innova ketolong nama kijang nya sih... dari dl orang kenal kijang = badak, kuat, simpel. rata-rata orang yang beli kijang bensin itu karena :
1. lebih murah OTR price nya, biasa fleet buat mobil kantor atau taksi.
2. gak suka mesin diesel, dan surprisingly banyak ternyata yang beli kijang bensin karena gak suka diesel. buat sebagian orang non-petrolhead kijang bensin ud cukup kenceng dan sebagian mewajarkan kalo boros karena cc nya besar.
Selain itu, kijang bensin nyaris gak punya rival... dia jadi alternatif buat yang butuh mpv gede tapi gak mau mesin diesel dan tetep robust + capnya toyota = jaminan mutu.
tentunya beda dgn almaz.... mereknya belum jaminan mutu, fc boros, saingan di harga yang sama byk... tetep aja mau disamain kelasnya ama CRV imejnya masih lebih mewah CRV... orang punya budget CRV ga mungkin mau beli almaz...