Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by Koddy »

Test drive aja, suka yang mana dengan karakter mesin + gearbox nya, antara ANPS dan ANF.

Kalau masalah suspensi, baik ANF maupun ANPS lebih baik ganti shockbreaker semua kok. Mau enak ya Bilstein atau OME.

Kalau masalah karakter mesin & gearbox, itu udah dari bawaan lahir. Mau di remap, mau di piggy, susah berubah, terutama karakter gearbox, kecuali pasang standalone Transmission Control Unit.

Kalau perlu ntar sebelum memutuskan, bisa kasih plus minus tiap mobil yang dipikirkan, lalu kenapa mutusin ambil itu, ada juga reason yang valid.
Bukan kata orang, bukan katanya, tapi subjektif menurut Anda pribadi.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by evanbngdor »

rapli wrote: Thu Oct 31, 2019 12:13
evanbngdor wrote: Thu Oct 31, 2019 8:57 Dari kriteria nomor 1 aja udah keliatan mana pilihan terbaik sih. Venturer diesel.

Tapi nyaman dalam hal apa dulu nih? Kalo posisi duduk&bantingan ya Venturer.

Cuma kalo nyaman dalam hal bisa nerjang semua yg ada di depan mata tanpa ada rasa was-was ya tentu pilihannya ke SUV. Nah SUV mau yg mana masing-masing ada kelebihan&kekurangan tp rasanya masuk ke kriteria itu semua sih. Disesuaikan aja
nyamannya itu dalam artian posisi mengemudi om, bawa avanza capek banget punggung, gakbisa lama lama pokoknya dalem mobil itu
Buat saya pribadi (180cm/95kg) sih posisi nyetir paling enak itu di Venturer, kedua Pajero, ketiga fortuner.

Entah kenapa posisi duduk di fortuner baru itu bikin saya ngerasa/berkesan 'terjepit'
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15576
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by ChZ »

rapli wrote: Thu Oct 31, 2019 8:40 halo semua, setelah sempat bingung dengan mazda 3 hb dan menjual veloz atau nggak, saya harus berpikir rasional dan harus memakai hati dan membuka pikiran karena mazda dealernya blm buka di palembang tercinta.
nah setelah saya pikir dengan harganya yang 500++kalo disini, saya memutuskan untuk berpaling ke ladder frame saya
nah pilihan saya itu budget max +- 480jtan
pilihannya itu kurang lebih
1. Venturer Diesel matic
2. Fortuner Trd bekas 2017/2018
3. Pajero sport Dakar bekas 2017 /2018 (mending ultimate atau yang biasa yak?)

nah kriteria saya itu yang penting
1. nyaman (udah biasa naik avanza jadi 3 kandidat saya udah pasti lebih nyaman HEHEHHE)
2. Irit
3. kalo bisa solbus. dex gakapala sekali kali
4. resale value (bagi saya ini penting juga loh)
5.dipake agak lama kemungkinan
6.Mewah
7. mudah di tune (kena racun) hahah
8. wajib matic dong yang pasti.

mohon saran nya semua [emoji57]
karena ada kriteria no.7, ane vote pajero dakar aja. kasih spring buffer atau ganti shock belakang udah ilang limbungnya. utk generasi ini setau saya racun tuning nya lebih banyak di ANPS daripada ANF / ANKI mesin GD. racun tuning anps dakar bisa ke mbah bebonk :ngacir:

klo mau lebih banyak racunnya bisa coba angkut VNT :mky_01: KD engine mainannya lebih sadis.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by anadzir »

sangudara wrote: Thu Oct 31, 2019 12:10 itu untuk trd doank atau semua line up vrz? atau semua 42ner 2019?
*penonton nimbrung nanya
VRZ dan VRZ TRD shocknya sama om. tapi sepertinya untuk tahun 2019 aja, kemarin pas service nanya SA memang toyot diem diem 'revisi' shockbreakernya. nah untuk yg 2016, ane sblm spk test drive punya kacabnya, vrz 2016, empuk tapi limbung banget.
rapli wrote: Thu Oct 31, 2019 12:16 oh iya yak om?, ane denger" 2gd udah bisa smpe 210an hp pake ecushop dan torsinya bisa 470nm tpi itu kata orang tuning sih, gak tau beneran atau kagak karena belum liat bener.
terakhir ane nanya pak soleh tahun 2016 om pakai dastek, dia sendiri pake anf 2016, katanya resiko di turbo dan di blok mesin kalo diperes habis.
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

gwsecretc wrote: Thu Oct 31, 2019 14:20 Kebetulan saya sempat pelihara anki 2.4 v mt, sama sekarang pelihara anps dakar ultimate, dan sempat td anf vrz
1. Paling nyaman jelas anki, venturer juga termasuk anki kan hehe, anps lumayan, anf agak kurang om
2. Paling irit juga anki, anps lebih boros om, anf harusnya mirip2 anki
3. Bisa solbus semua om, anps rutin ganti fuel filter tiap 10rb km aja, anf sama anki tunggu indikator nyala aja hehe
4. RV kayaknya anf paling kuat, kalo anki tetep tipe g sama v yang kuat om, anps mesti dakar biasa atau dakar 4x4, saya sempet tanya kalo dakar ultimate dijual laku berapa, hasilnya agak anjlok om karena ga ada sunroof katanya
5. Semua kayaknya kalo dipake lama aman2 aja om
6. Paling mewah gimana om? Kalo design anf paling mewah apalagi interiornya, venturer lumayan lah, anps eksterior oke interior gak banget
7. Mau dituning bisa semua om, tapi kalo mau remap paling anps atau anf om, venturer/anki mesti tipe metic dan harus keluaran 2018 awal ke bawah baru bisa remap.
8. Semua ada matic om

Salam wong kito

ps. Mazda di palembang bukannya m*ju motor yang pegang om?
kayaknya udah tersuarakan semua kriteria utama saya yaitu kenyamanan posisi mengemudi dan irit di anki :mky_02: dan dengan harga gitu paling cmn dpet dakar bekas:((

wah wong kito juga ya om?hahaha
nah kalo soal mazda kurang tau sih om, tapi mereka lagi buat showroom yang katanya bentar lagi rampung di jalan soekarno hatta
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

lamatlancah wrote: Thu Oct 31, 2019 14:37 napa kaga consider wuling almaz aja, most bang for the buck, mewah lagi.
gak suka mobil cina om, lagi pula almaz boross :big_dunno:
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

bfront wrote: Thu Oct 31, 2019 15:08 saya nggak punya venturer ato fortuner, cuma punya dakar 4x2 biasa (bukan ultimate), jadi ini cuma share pengalaman dakar aja ya.

1. kalo pertimbangan nyaman sebagai driver, saya pernah nyetir 10 jam campur jalan mulus & hancur, masih oke2 aja. joknya lumayan nyaman, posisi mengemudi juga enak, badan nggak remuk.
2. konsumsi bbm dalem kota sekitar 1:10 - 1:12
3. katanya sih bisa minum solbus, nggak tau juga ya, saya selalu isi dex.
4. resale value nggak tau.
5. saya beli awal 2017, so far ga ada masalah aneh2, mudah2an tetap begitu untuk jangka panjang.
6. interior dakar sepertinya nggak bisa dibilang mewah ya... apalagi taun segini yg pake panel2 kayu norak.... hahaha
7. katanya banyak yg diremap ato pasang piggy dan jadi lebih galak tenaganya. entah ya, saya standaran aja lah.
8. transmisi 8at nya so far enak2 aja, paddle shift malah hampir nggak pernah saya pake.
Makasih banyak om sharing nyaa, wah masih yang cbu yak itu 🤣🤣
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

Ivano wrote: Thu Oct 31, 2019 19:17 ANPS dakar dong.
Mbah bebonk aja pilih ini mobil.

Oprekable dan wuenak.
Langkah upgrade:
*Stage1*
1. Remap (Harus di padepokan Bebonk baru mantep).
2. Pasang aftermarket air filter (apex aja cukup)
3. Ganti shock depan belakang pakai merk AL-KO extreme (cari di toped aja).
(Redaman jadi sangat pas, rebound pas dan lebih awet. Testi semua pemakai, jadi tidak subyektif)

*Stage2* (kalo ada rejeki tambahan)
1. Downpipe + frontpipe custom (rspeed aja murah+bagus).
2. Intercooler pipe (hampir no turbo lag terasa, tarikan kayak mesin bensin).
3. Ganti brake pad aftermarket yg bagusan (rekom bendix).

Stage3
4. Pasang underbrace (sasis jadi lebih rigid, enak banget ditekuk).

Don't pasang:
1. Space arm (model pasang di gardan, ndak ngaruh apa2).
2. Throttle controller (buang duit, mending remap, dah include setting TC).
3. Piggyback (remap lebih banyak parameter yg di setting).
4. Ganjel/spring buffer (malah mengacaukan gerakan per).
5. Eco-eco racer (kontra produktif)

Dah itu aja.
Pastikan:
1. Oli mesin, matic dan gardan yang bagus (ikuti di thread oli diesel).
2. Filter solar ganti 10K.
3. Tambahin additive bila pakai solbus (cari di thread additive).

Sebagai info, saya pakai ANPS keluaran awal (2016), dakar 4x4. Odo sekarang 65.000, selalu bio solar dari baru.

*Bukan sales Bebonk (hanya teman dan customer aja)
*Bukan sales produk apapun yang saya pakai dan sebutkan diatas.
*Cuma sharing aja atas pemakaian selama ini.
nah ini paket lengkap, dipasang gitu gak keras om bantingan?
itu masih aman injektor pake solbus dari baru?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by ginting »

rapli wrote:halo semua, setelah sempat bingung dengan mazda 3 hb dan menjual veloz atau nggak, saya harus berpikir rasional dan harus memakai hati dan membuka pikiran karena mazda dealernya blm buka di palembang tercinta.
nah setelah saya pikir dengan harganya yang 500++kalo disini, saya memutuskan untuk berpaling ke ladder frame saya
nah pilihan saya itu budget max +- 480jtan
pilihannya itu kurang lebih
1. Venturer Diesel matic
2. Fortuner Trd bekas 2017/2018
3. Pajero sport Dakar bekas 2017 /2018 (mending ultimate atau yang biasa yak?)

nah kriteria saya itu yang penting
1. nyaman (udah biasa naik avanza jadi 3 kandidat saya udah pasti lebih nyaman HEHEHHE)
2. Irit
3. kalo bisa solbus. dex gakapala sekali kali
4. resale value (bagi saya ini penting juga loh)
5.dipake agak lama kemungkinan
6.Mewah
7. mudah di tune (kena racun) hahah
8. wajib matic dong yang pasti.

mohon saran nya semua [emoji57]
Kalau oom mau yang :

kuwat minum solbus
masih bersedia remap

maka saran saya adalah ambil MuX type tertinggi yg sdh fully loaded segala fitur fiturnya.

dashboard sdh soft touch dan two color..bukan lagi dashboard yg lama (hitam)

mungkin nett bisa dibawah 450 jt, sisanya buat tabungan atau modif sana sini..

soal bantingan sih mantap dan nyaman dgn 5 links suspension

tapi siap siap aja nanti tidak dipersepsikan sebagai orang kaya...

kalau pakai ANF dan ANPS kan image sebagai orang kaya langsung dapet tuh..

soal nyaman sudah saya buktikan nyetir dari Ciputat ke Aceh pakai Mux, supir tunggal...

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by Winz »

ANPS dekat2 ini mau rilis yg Facelift

Cuma ya nanti enggak dapat diskon’nya

Entah dkasih harga berapa nanti oleh MMKSI

Yang pakai Speedo full TFT dan PBD sensor kaki
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by mike22 »

evanbngdor wrote: Fri Nov 01, 2019 2:27
rapli wrote: Thu Oct 31, 2019 12:13
evanbngdor wrote: Thu Oct 31, 2019 8:57 Dari kriteria nomor 1 aja udah keliatan mana pilihan terbaik sih. Venturer diesel.

Tapi nyaman dalam hal apa dulu nih? Kalo posisi duduk&bantingan ya Venturer.

Cuma kalo nyaman dalam hal bisa nerjang semua yg ada di depan mata tanpa ada rasa was-was ya tentu pilihannya ke SUV. Nah SUV mau yg mana masing-masing ada kelebihan&kekurangan tp rasanya masuk ke kriteria itu semua sih. Disesuaikan aja
nyamannya itu dalam artian posisi mengemudi om, bawa avanza capek banget punggung, gakbisa lama lama pokoknya dalem mobil itu
Buat saya pribadi (180cm/95kg) sih posisi nyetir paling enak itu di Venturer, kedua Pajero, ketiga fortuner.

Entah kenapa posisi duduk di fortuner baru itu bikin saya ngerasa/berkesan 'terjepit'
Lantai tinggi +atap rendah mempersempit interior, sama parahnya sm rushter, better avxen kl di 2nd-3rd row.
Anehnya interior inova+fortuner lama itungannya jadi lega kl dibanding yg model barunya.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by evanbngdor »

mike22 wrote: Fri Nov 01, 2019 5:52
evanbngdor wrote: Fri Nov 01, 2019 2:27
Buat saya pribadi (180cm/95kg) sih posisi nyetir paling enak itu di Venturer, kedua Pajero, ketiga fortuner.

Entah kenapa posisi duduk di fortuner baru itu bikin saya ngerasa/berkesan 'terjepit'
Lantai tinggi +atap rendah mempersempit interior, sama parahnya sm rushter, better avxen kl di 2nd-3rd row.
Anehnya interior inova+fortuner lama itungannya jadi lega kl dibanding yg model barunya.
Kalo yg saya rasain interior innova lama terasa lega yg pertama karena pemilihan warna, yg kedua karena desain dashboard&doortrim innova lama itu lebih flat, jd menimbulkan kesan yg roomy.

Innova baru kan terasa bgt itu dashboard&door trim berlekuk2 dan posisi dashboardnya jg memang terasa tinggi.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 630
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by lamatlancah »

rapli wrote: Fri Nov 01, 2019 5:03
lamatlancah wrote: Thu Oct 31, 2019 14:37 napa kaga consider wuling almaz aja, most bang for the buck, mewah lagi.
gak suka mobil cina om, lagi pula almaz boross :big_dunno:
sulit banget karena kriterianya, pengen:
irit
mewah
murah


ketiga kata tsb tidak seringnya tidak bisa dijadikan satu. :mky_01:
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 630
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by lamatlancah »

ginting wrote: Fri Nov 01, 2019 5:17
rapli wrote:halo semua, setelah sempat bingung dengan mazda 3 hb dan menjual veloz atau nggak, saya harus berpikir rasional dan harus memakai hati dan membuka pikiran karena mazda dealernya blm buka di palembang tercinta.
nah setelah saya pikir dengan harganya yang 500++kalo disini, saya memutuskan untuk berpaling ke ladder frame saya
nah pilihan saya itu budget max +- 480jtan
pilihannya itu kurang lebih
1. Venturer Diesel matic
2. Fortuner Trd bekas 2017/2018
3. Pajero sport Dakar bekas 2017 /2018 (mending ultimate atau yang biasa yak?)

nah kriteria saya itu yang penting
1. nyaman (udah biasa naik avanza jadi 3 kandidat saya udah pasti lebih nyaman HEHEHHE)
2. Irit
3. kalo bisa solbus. dex gakapala sekali kali
4. resale value (bagi saya ini penting juga loh)
5.dipake agak lama kemungkinan
6.Mewah
7. mudah di tune (kena racun) hahah
8. wajib matic dong yang pasti.

mohon saran nya semua [emoji57]
Kalau oom mau yang :

kuwat minum solbus
masih bersedia remap

maka saran saya adalah ambil MuX type tertinggi yg sdh fully loaded segala fitur fiturnya.

dashboard sdh soft touch dan two color..bukan lagi dashboard yg lama (hitam)

mungkin nett bisa dibawah 450 jt, sisanya buat tabungan atau modif sana sini..

soal bantingan sih mantap dan nyaman dgn 5 links suspension

tapi siap siap aja nanti tidak dipersepsikan sebagai orang kaya...

kalau pakai ANF dan ANPS kan image sebagai orang kaya langsung dapet tuh..

soal nyaman sudah saya buktikan nyetir dari Ciputat ke Aceh pakai Mux, supir tunggal...
ada temen saya pake MUX, dia sekeluarga makan ke restauran ketika weekend.
setelah parkir dan dia turun, engga lama dipanggil sama satpam, permisi maaf pak, panthernya tolong dipindah parkirnya.
nah lhoooooo..... :mky_06:
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by gerobak nippon »

Mmm.. nganu..
Berbagi pengalaman saja yaa..
Saya pengguna ANPS Dakar 4x2 dan adik saya punya Innova Reborn 2.4 V Matic.
Kami sering tukar pakai utk urusan bisnis / pekerjaan.
Menurut saya, saya lebih nyaman mengendarai Innova Reborn Diesel Matic (mungkin Venturer secara feel sama dgn 2.4 V)
Nilai plus dari SUV semacam ANPS Dakar atau ANF VRZ/TRD hanya pada "penilaian orang luar" bahwa mobil tsb gagah dan intimidatif !
Tapi dari segi kenyamanan, Innova Reborn jelas lebih nyaman.
Dan soal minum solbus, mesin 2GD (selenoid injector) lebih tahan dari pada mesin 4N15 (piezzo injector).

Udah gitu aja sih menurut saya..
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by thirdstar7 »

venturer baru aja dah om
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by roymhs31 »

evanbngdor wrote: Fri Nov 01, 2019 2:27
rapli wrote: Thu Oct 31, 2019 12:13
evanbngdor wrote: Thu Oct 31, 2019 8:57 Dari kriteria nomor 1 aja udah keliatan mana pilihan terbaik sih. Venturer diesel.

Tapi nyaman dalam hal apa dulu nih? Kalo posisi duduk&bantingan ya Venturer.

Cuma kalo nyaman dalam hal bisa nerjang semua yg ada di depan mata tanpa ada rasa was-was ya tentu pilihannya ke SUV. Nah SUV mau yg mana masing-masing ada kelebihan&kekurangan tp rasanya masuk ke kriteria itu semua sih. Disesuaikan aja
nyamannya itu dalam artian posisi mengemudi om, bawa avanza capek banget punggung, gakbisa lama lama pokoknya dalem mobil itu
Buat saya pribadi (180cm/95kg) sih posisi nyetir paling enak itu di Venturer, kedua Pajero, ketiga fortuner.

Entah kenapa posisi duduk di fortuner baru itu bikin saya ngerasa/berkesan 'terjepit'
serius om ANPS lbh lega posisi drivernya dbanding VRZ? Pernah dudukin kyknya ANPS sempit bgt dbanding VRZ.
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by gerobak nippon »

roymhs31 wrote: Fri Nov 01, 2019 13:09
evanbngdor wrote: Fri Nov 01, 2019 2:27
rapli wrote: Thu Oct 31, 2019 12:13
nyamannya itu dalam artian posisi mengemudi om, bawa avanza capek banget punggung, gakbisa lama lama pokoknya dalem mobil itu
Buat saya pribadi (180cm/95kg) sih posisi nyetir paling enak itu di Venturer, kedua Pajero, ketiga fortuner.

Entah kenapa posisi duduk di fortuner baru itu bikin saya ngerasa/berkesan 'terjepit'
serius om ANPS lbh lega posisi drivernya dbanding VRZ? Pernah dudukin kyknya ANPS sempit bgt dbanding VRZ.
Kebalik tuh..
Paling lega Venturer / Innova Reborn, lalu VRZ, dan ANPS paling sempit.
bfront
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 255
Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by bfront »

gerobak nippon wrote: Fri Nov 01, 2019 13:21
roymhs31 wrote: Fri Nov 01, 2019 13:09
evanbngdor wrote: Fri Nov 01, 2019 2:27

Buat saya pribadi (180cm/95kg) sih posisi nyetir paling enak itu di Venturer, kedua Pajero, ketiga fortuner.

Entah kenapa posisi duduk di fortuner baru itu bikin saya ngerasa/berkesan 'terjepit'
serius om ANPS lbh lega posisi drivernya dbanding VRZ? Pernah dudukin kyknya ANPS sempit bgt dbanding VRZ.
Kebalik tuh..
Paling lega Venturer / Innova Reborn, lalu VRZ, dan ANPS paling sempit.
ANPS sempit di tangan kanan - kena handle pintu segede gaban.
terus di dengkul kaki kiri - kena partisi transmisi apalah itu namanya.

entah apa yang ada dipikiran orang yg ngedesain interiornya.
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by KSG88 »

bfront wrote:
gerobak nippon wrote: Fri Nov 01, 2019 13:21
roymhs31 wrote: Fri Nov 01, 2019 13:09 serius om ANPS lbh lega posisi drivernya dbanding VRZ? Pernah dudukin kyknya ANPS sempit bgt dbanding VRZ.
Kebalik tuh..
Paling lega Venturer / Innova Reborn, lalu VRZ, dan ANPS paling sempit.
ANPS sempit di tangan kanan - kena handle pintu segede gaban.
terus di dengkul kaki kiri - kena partisi transmisi apalah itu namanya.

entah apa yang ada dipikiran orang yg ngedesain interiornya.
Bener tuh driver ANPS kejedot kiri kanan wkwkwk
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by KSG88 »

Nyaman buat driver dan penumpang sepertinya masih ipah penturel.. cuman pabrikan apakah mungkin sengaja kasi kekurangan seperti sandaran tangan ipah agak miring, jd sulit menjangkau tombol penurun kaca, trus interior tanpa softouch, banyak plastik, belum electric seat, rem blakang masih tromol, dan sok breker yg bikin mabok kyk naek prahu, harga mahal terkesan overprice.

Kalo ANF interior bagus, shock sudah jauh lebih keras dan sporty, rem blakang cakram, cuman ya kabin sempit dan gk ada meja di baris kedua.
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by Leonhart »

Salam sesama palembang om

Dari list 3 tsb klo dr pake avanza plg terasa upgrade ya innova

Karena innova biarpun ladder frame gk terlalu terasa limbungnya

Klo ke anf atau anps bakalan lebih gk nyaman
Karena biasa naek monokok
Anf dan anps limbung bgt serius, klo biasa pake mobil monokok


Tapi om bakalan dapat tenaga diesel yg torsi gede dan konsumsi bbm yg irit


Dan semua kelebihan yg didapat bisa di dapat di innova
Kecuali om sendiri gk suka innova


Udah 2 org tmn ane dr avanza user ke suv ladder frame
1. Dari avanza ke anps dakar, pake 6 bulan jual gak tahan limbungnya akhirnya tuker crv turbo

2. Dari avanza jg ke anf, pake ampir setaon jual gk tahan bolak balik luar kota, limbung pas nyalip, akhirnya tuker innova reborn V diesel



Btw saran aja om kan biasa pake monokok
Dan malahan mempertimbangkan ganti ke monokok lg malahan sejenis sedan, mazda 3 Hb


Apa gak ttp ke mazda 3 HB aja
Secara mazda udah buka kok dealernya di soekarno hatta sejak september, cappella motor yg megang...
Dia jg dulu byk megang honda motor jg


Klo emang mau yg tinggi coba suv monokok aja om
Kyk crv turbo atau eclipse cross
Klo ada budget lbh mazda cx5

Karena peralihan dr monokok - ladder frame itu butuh adaptasi
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

ginting wrote: Fri Nov 01, 2019 5:17
rapli wrote:halo semua, setelah sempat bingung dengan mazda 3 hb dan menjual veloz atau nggak, saya harus berpikir rasional dan harus memakai hati dan membuka pikiran karena mazda dealernya blm buka di palembang tercinta.
nah setelah saya pikir dengan harganya yang 500++kalo disini, saya memutuskan untuk berpaling ke ladder frame saya
nah pilihan saya itu budget max +- 480jtan
pilihannya itu kurang lebih
1. Venturer Diesel matic
2. Fortuner Trd bekas 2017/2018
3. Pajero sport Dakar bekas 2017 /2018 (mending ultimate atau yang biasa yak?)

nah kriteria saya itu yang penting
1. nyaman (udah biasa naik avanza jadi 3 kandidat saya udah pasti lebih nyaman HEHEHHE)
2. Irit
3. kalo bisa solbus. dex gakapala sekali kali
4. resale value (bagi saya ini penting juga loh)
5.dipake agak lama kemungkinan
6.Mewah
7. mudah di tune (kena racun) hahah
8. wajib matic dong yang pasti.

mohon saran nya semua [emoji57]
Kalau oom mau yang :

kuwat minum solbus
masih bersedia remap

maka saran saya adalah ambil MuX type tertinggi yg sdh fully loaded segala fitur fiturnya.

dashboard sdh soft touch dan two color..bukan lagi dashboard yg lama (hitam)

mungkin nett bisa dibawah 450 jt, sisanya buat tabungan atau modif sana sini..

soal bantingan sih mantap dan nyaman dgn 5 links suspension

tapi siap siap aja nanti tidak dipersepsikan sebagai orang kaya...

kalau pakai ANF dan ANPS kan image sebagai orang kaya langsung dapet tuh..

soal nyaman sudah saya buktikan nyetir dari Ciputat ke Aceh pakai Mux, supir tunggal...
wah ada master :mky_01: makasih om sarannya, mux saya tertarik banget dengan value for money yang didapet sih, tapi ya itu desain eksterior kurang suka hehehe. kebetulan belum pernah naik dan test drive, bakalan dicoba juga la nanti. :big_exellent:
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

Leonhart wrote: Fri Nov 01, 2019 17:58 Salam sesama palembang om

Dari list 3 tsb klo dr pake avanza plg terasa upgrade ya innova

Karena innova biarpun ladder frame gk terlalu terasa limbungnya

Klo ke anf atau anps bakalan lebih gk nyaman
Karena biasa naek monokok
Anf dan anps limbung bgt serius, klo biasa pake mobil monokok


Tapi om bakalan dapat tenaga diesel yg torsi gede dan konsumsi bbm yg irit


Dan semua kelebihan yg didapat bisa di dapat di innova
Kecuali om sendiri gk suka innova


Udah 2 org tmn ane dr avanza user ke suv ladder frame
1. Dari avanza ke anps dakar, pake 6 bulan jual gak tahan limbungnya akhirnya tuker crv turbo

2. Dari avanza jg ke anf, pake ampir setaon jual gk tahan bolak balik luar kota, limbung pas nyalip, akhirnya tuker innova reborn V diesel



Btw saran aja om kan biasa pake monokok
Dan malahan mempertimbangkan ganti ke monokok lg malahan sejenis sedan, mazda 3 Hb


Apa gak ttp ke mazda 3 HB aja
Secara mazda udah buka kok dealernya di soekarno hatta sejak september, cappella motor yg megang...
Dia jg dulu byk megang honda motor jg


Klo emang mau yg tinggi coba suv monokok aja om
Kyk crv turbo atau eclipse cross
Klo ada budget lbh mazda cx5

Karena peralihan dr monokok - ladder frame itu butuh adaptasi
Salam pempek om :big_weee:
nah sebenrnya juga lebih condong ke venturer sih, karena ya kita dapet yang baru dengan budget segitu kalo dua lainnya mungkin bekas doang.
eh bukannya avanza itu setengah ladder frame yak?.
nah buat mazda sendiri kenapa saya mundur perlahan? karena pertama itu resale value ny sih mazda yang agak jeblok:((( trus rumah ane pager masuknya agak tinggi jadi takut nyangkut bagian bawahnya (mungkin nunggu jalan disini dicor lgi dlu oleh pemerintah :big_biglaugh: dan mazda itu sempit dengan gc rendah, saya butuh buat mobilitas sehari2 dengan mobil yang bisa dibawa kemana mana mobilnya. :big_cry:
User avatar
omsafety2
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Mon Jan 18, 2016 5:40

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by omsafety2 »

rapli wrote: Fri Nov 01, 2019 23:59
ginting wrote: Fri Nov 01, 2019 5:17
rapli wrote:halo semua, setelah sempat bingung dengan mazda 3 hb dan menjual veloz atau nggak, saya harus berpikir rasional dan harus memakai hati dan membuka pikiran karena mazda dealernya blm buka di palembang tercinta.
nah setelah saya pikir dengan harganya yang 500++kalo disini, saya memutuskan untuk berpaling ke ladder frame saya
nah pilihan saya itu budget max +- 480jtan
pilihannya itu kurang lebih
1. Venturer Diesel matic
2. Fortuner Trd bekas 2017/2018
3. Pajero sport Dakar bekas 2017 /2018 (mending ultimate atau yang biasa yak?)

nah kriteria saya itu yang penting
1. nyaman (udah biasa naik avanza jadi 3 kandidat saya udah pasti lebih nyaman HEHEHHE)
2. Irit
3. kalo bisa solbus. dex gakapala sekali kali
4. resale value (bagi saya ini penting juga loh)
5.dipake agak lama kemungkinan
6.Mewah
7. mudah di tune (kena racun) hahah
8. wajib matic dong yang pasti.

mohon saran nya semua [emoji57]
Kalau oom mau yang :

kuwat minum solbus
masih bersedia remap

maka saran saya adalah ambil MuX type tertinggi yg sdh fully loaded segala fitur fiturnya.

dashboard sdh soft touch dan two color..bukan lagi dashboard yg lama (hitam)

mungkin nett bisa dibawah 450 jt, sisanya buat tabungan atau modif sana sini..

soal bantingan sih mantap dan nyaman dgn 5 links suspension

tapi siap siap aja nanti tidak dipersepsikan sebagai orang kaya...

kalau pakai ANF dan ANPS kan image sebagai orang kaya langsung dapet tuh..

soal nyaman sudah saya buktikan nyetir dari Ciputat ke Aceh pakai Mux, supir tunggal...
wah ada master :mky_01: makasih om sarannya, mux saya tertarik banget dengan value for money yang didapet sih, tapi ya itu desain eksterior kurang suka hehehe. kebetulan belum pernah naik dan test drive, bakalan dicoba juga la nanti. :big_exellent:
Tunggu MUX 2020 aja, cek versi double cabin nya di yutub, keren abis deh