Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

halo semua, setelah sempat bingung dengan mazda 3 hb dan menjual veloz atau nggak, saya harus berpikir rasional dan harus memakai hati dan membuka pikiran karena mazda dealernya blm buka di palembang tercinta.
nah setelah saya pikir dengan harganya yang 500++kalo disini, saya memutuskan untuk berpaling ke ladder frame saya
nah pilihan saya itu budget max +- 480jtan
pilihannya itu kurang lebih
1. Venturer Diesel matic
2. Fortuner Trd bekas 2017/2018
3. Pajero sport Dakar bekas 2017 /2018 (mending ultimate atau yang biasa yak?)

nah kriteria saya itu yang penting
1. nyaman (udah biasa naik avanza jadi 3 kandidat saya udah pasti lebih nyaman HEHEHHE)
2. Irit
3. kalo bisa solbus. dex gakapala sekali kali
4. resale value (bagi saya ini penting juga loh)
5.dipake agak lama kemungkinan
6.Mewah
7. mudah di tune (kena racun) hahah
8. wajib matic dong yang pasti.

mohon saran nya semua [emoji57]
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by evanbngdor »

Dari kriteria nomor 1 aja udah keliatan mana pilihan terbaik sih. Venturer diesel.

Tapi nyaman dalam hal apa dulu nih? Kalo posisi duduk&bantingan ya Venturer.

Cuma kalo nyaman dalam hal bisa nerjang semua yg ada di depan mata tanpa ada rasa was-was ya tentu pilihannya ke SUV. Nah SUV mau yg mana masing-masing ada kelebihan&kekurangan tp rasanya masuk ke kriteria itu semua sih. Disesuaikan aja
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by anadzir »

Kalo diantara 3 itu paling nyaman sih venturer om. Gak kaget juga abis naik avanza naik ke venturer. Interior juga lebih luas dibanding ANF dan ANPS.

Kbetulan ane ada anf trdsportipu 2019 dan anps dakar 2016 dirumah, beda beda enak sih.
ANF: Design interior lebih mewah, handling mantap (untuk yg 2019 dikerasin suspensinya), tenaga cukup, belum bisa diatas 200hp kalo pasang piggy atau remap kecuali upgrade turbo.
ANPS: Design interior jatoh banget dibanding fortuner, LIMBUNG SEKALI jika suspensinya standard, tenaga lebih gila, bisa 250hp/500nm kalo pasang piggy, mesin standard.

Ane pribadi sendiri selalu pakai bbm dexlite, untuk solbus menurut report dari forum-forum sih bisa bisa aja. Oh iya, mau solbus,dexlite,dex gaada beda di tenaga, tapi lumayan signifikan di suara dan getaran mesin hehehe.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by mike22 »

Kalo budget 480, coba cari2 diskonan fortuner vrz om..
Di jakarta sih katanya sdh dapat segitu.
12HIS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Tue Feb 27, 2018 3:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by 12HIS »

Venturer aja, minta diskon full. Atau kalo mau baru bisa cek di Seva itu banyak VIN 2018 Fortuner, nego pasti dapet dibawah 480. Apalagi mentingin RV. Emang Dakar bisa solbus ya? Itu injektor solar Piezo.

*Bukan sales Seva*
User avatar
Promtheus
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Wed Feb 03, 2016 12:40
Location: Serpong

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by Promtheus »

Kalo mau diisi solbus saya saranin 2GD aja om kalo 4n15 saya kurang yakin ya kalo diisi solbus meskipun katanya bisa si...
Saya saranin kijang aja om karena itu mobil "wajib" ada untuk setiap keluarga di Indonesia :e-dance:
4JA-1 M/T 2014
4N15 A/T 2018
2GD-FTV A/T 2019
1KR-VET A/T 2021
Quorra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Jan 11, 2011 5:39

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by Quorra »

Saya sebelumnya juga dilema antara ANF sama ANPS bahkan sempat tergoda dengan CRV Turbo. Setelah test drive semua dan mempertimbangkan berbagai hal akhirnya memutuskan spk ANF TRD Sportipu Facelift 2019 karena simple, lebih suka design exterior dan interiornya aja tidak terlalu berasa truck dan tough banget :)

Soal sisi engineering, menurut saya ANPS tetep juaranya tapi mengingat di Thailand uda facelift juga dan tampangnya berubah ngikutin design language nya Mitsubishi Dynamic Shield bisa jadi yang ANPS yang beredar sekarang di Indo akan terlihat obsolete walaupun pribadi menurut saya lebih keren yang lama :D

Untuk resale value, saya coba" cek juga kemarin buat ANPS dan ANF di pasar mobkas Surabaya buat ANPS lebih kuat. Untuk tahun yang sama 2017 / 2018 open price nya ANPS lbh tinggi drpd ANF versi TRD sekalipun dan somehow kok menurut saya km nya banyak yang gondrong" udahan padahal usia mobil terbilang masih muda :)

Kalo 480 budgetnya mgkn bisa dapet VRZ brand new, karena diskon nya lumayan untuk OTR Surabaya udah dapet net di kisaran 490 an. Kalo ambil yang non lux + lepas anti karat (Gimmick ga penting menurut saya, potong pricelist lagi sekitar 3,5 juta + 1,8) sepertinya uda mepet sama 480, tapi itu untuk pricelist Surabaya :)
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by ak4ng »

Dakar dongsss, 180hp+8sp ga bohong, resale value silahkan cek antara Dakar 2016 vs vrz 2016, mana yg udh d bawah 400jt :wkkk: :big_biglaugh: urusan nyaman tergantung selera tapi sanrup itu jg g bohong bikin adem jalan2 malem :big_exellent: dua2nya kuat solar goceng :big_peace: venturer no komeng ah g ada bagus2nya selain erbeg 6biji :big_peace:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by piraku »

Kalau orientasinya nyaman ya ipah kemana mana sih, ambil suv pasti bakal ada yg dikorbanin, entah bantingan atau kapasitas kabin. Apalagi udah captain seat, lebih dari cukup lah. Atau mau lebih nyaman lagi lirik voxy atau serena.
Sama kalau mau isi solbus mending ambil toyota, mereka berani klaim kuat nenggak solbus. Kalau ada apa apa tunjukkin aja statementnya. Kalau pajero kayanya blm pernah denger klaim bisa aman pakai solbus dari pihak atpmnya
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by ak4ng »

Mitsubishi klaim aman 4n15 minum solar goceng saat launching new triton https://otomotif.tempo.co/read/1236628/ ... olar-biasa
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by adriangaut »

Kalo cari nyaman innova aja oom, fortuner agak sempit interiornya wkwk
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by jakanjc »

Pengguna innova 2gd sama ANPS.
Kalo buat nyaman&lega enakan venturer, tapi buat tenaga ANPS, kebantu 8atnya juga. Dan 6ATnya innova kurang responsif.
Iritan innova dikit buat dalkot, lukot iritan ANPS.
Dua2nya bisa minum solbus (pemerintah pake ni dua mobil buat test bio b30)
RV yaa mirip2lah
'You can go fast, But I can go anywhere'
sangudara
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Sep 05, 2017 11:33
Daily Vehicle: RU1 SE

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by sangudara »

anadzir wrote: Thu Oct 31, 2019 9:03
Kbetulan ane ada anf trdsportipu 2019 dan anps dakar 2016 dirumah, beda beda enak sih.
ANF: Design interior lebih mewah, handling mantap (untuk yg 2019 dikerasin suspensinya), tenaga cukup, belum bisa diatas 200hp kalo pasang piggy atau remap kecuali upgrade turbo.
ANPS: Design interior jatoh banget dibanding fortuner, LIMBUNG SEKALI jika suspensinya standard, tenaga lebih gila, bisa 250hp/500nm kalo pasang piggy, mesin standard.
itu untuk trd doank atau semua line up vrz? atau semua 42ner 2019?
*penonton nimbrung nanya
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

evanbngdor wrote: Thu Oct 31, 2019 8:57 Dari kriteria nomor 1 aja udah keliatan mana pilihan terbaik sih. Venturer diesel.

Tapi nyaman dalam hal apa dulu nih? Kalo posisi duduk&bantingan ya Venturer.

Cuma kalo nyaman dalam hal bisa nerjang semua yg ada di depan mata tanpa ada rasa was-was ya tentu pilihannya ke SUV. Nah SUV mau yg mana masing-masing ada kelebihan&kekurangan tp rasanya masuk ke kriteria itu semua sih. Disesuaikan aja
nyamannya itu dalam artian posisi mengemudi om, bawa avanza capek banget punggung, gakbisa lama lama pokoknya dalem mobil itu
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

anadzir wrote: Thu Oct 31, 2019 9:03 Kalo diantara 3 itu paling nyaman sih venturer om. Gak kaget juga abis naik avanza naik ke venturer. Interior juga lebih luas dibanding ANF dan ANPS.

Kbetulan ane ada anf trdsportipu 2019 dan anps dakar 2016 dirumah, beda beda enak sih.
ANF: Design interior lebih mewah, handling mantap (untuk yg 2019 dikerasin suspensinya), tenaga cukup, belum bisa diatas 200hp kalo pasang piggy atau remap kecuali upgrade turbo.
ANPS: Design interior jatoh banget dibanding fortuner, LIMBUNG SEKALI jika suspensinya standard, tenaga lebih gila, bisa 250hp/500nm kalo pasang piggy, mesin standard.

Ane pribadi sendiri selalu pakai bbm dexlite, untuk solbus menurut report dari forum-forum sih bisa bisa aja. Oh iya, mau solbus,dexlite,dex gaada beda di tenaga, tapi lumayan signifikan di suara dan getaran mesin hehehe.
oh iya yak om?, ane denger" 2gd udah bisa smpe 210an hp pake ecushop dan torsinya bisa 470nm tpi itu kata orang tuning sih, gak tau beneran atau kagak karena belum liat bener.
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

mike22 wrote: Thu Oct 31, 2019 9:07 Kalo budget 480, coba cari2 diskonan fortuner vrz om..
Di jakarta sih katanya sdh dapat segitu.
vrz aja di sini sebelum diskon udah 560an om :big_cry: :big_dunno:
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

Promtheus wrote: Thu Oct 31, 2019 9:30 Kalo mau diisi solbus saya saranin 2GD aja om kalo 4n15 saya kurang yakin ya kalo diisi solbus meskipun katanya bisa si...
Saya saranin kijang aja om karena itu mobil "wajib" ada untuk setiap keluarga di Indonesia :e-dance:
ane juga rasa kijang lebih mantep sih, apalagi yg venturer, gagah nya juga dapet walaupun menyilaukan
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

Quorra wrote: Thu Oct 31, 2019 9:53 Saya sebelumnya juga dilema antara ANF sama ANPS bahkan sempat tergoda dengan CRV Turbo. Setelah test drive semua dan mempertimbangkan berbagai hal akhirnya memutuskan spk ANF TRD Sportipu Facelift 2019 karena simple, lebih suka design exterior dan interiornya aja tidak terlalu berasa truck dan tough banget :)

Soal sisi engineering, menurut saya ANPS tetep juaranya tapi mengingat di Thailand uda facelift juga dan tampangnya berubah ngikutin design language nya Mitsubishi Dynamic Shield bisa jadi yang ANPS yang beredar sekarang di Indo akan terlihat obsolete walaupun pribadi menurut saya lebih keren yang lama :D

Untuk resale value, saya coba" cek juga kemarin buat ANPS dan ANF di pasar mobkas Surabaya buat ANPS lebih kuat. Untuk tahun yang sama 2017 / 2018 open price nya ANPS lbh tinggi drpd ANF versi TRD sekalipun dan somehow kok menurut saya km nya banyak yang gondrong" udahan padahal usia mobil terbilang masih muda :)

Kalo 480 budgetnya mgkn bisa dapet VRZ brand new, karena diskon nya lumayan untuk OTR Surabaya udah dapet net di kisaran 490 an. Kalo ambil yang non lux + lepas anti karat (Gimmick ga penting menurut saya, potong pricelist lagi sekitar 3,5 juta + 1,8) sepertinya uda mepet sama 480, tapi itu untuk pricelist Surabaya :)
Makasih om masukannya :big_peace: emang ya beli mobil itu harus realistis dan pake akal yang panjang
rapli
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Jul 31, 2019 12:56

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by rapli »

jakanjc wrote: Thu Oct 31, 2019 12:07 Pengguna innova 2gd sama ANPS.
Kalo buat nyaman&lega enakan venturer, tapi buat tenaga ANPS, kebantu 8atnya juga. Dan 6ATnya innova kurang responsif.
Iritan innova dikit buat dalkot, lukot iritan ANPS.
Dua2nya bisa minum solbus (pemerintah pake ni dua mobil buat test bio b30)
RV yaa mirip2lah
nyaman utama sih, kalo tenaga entar di remap bisa lah :big_peace: tpi kalo diliat fiturnya lumayan jauh ya:((
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by piraku »

ak4ng wrote:Mitsubishi klaim aman 4n15 minum solar goceng saat launching new triton https://otomotif.tempo.co/read/1236628/ ... olar-biasa
Oh ada ngasih statement yak, berarti keduanya kalau bermasalah krna solbus, tunjukkin aja statement mereka itu.
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by gwsecretc »

Kebetulan saya sempat pelihara anki 2.4 v mt, sama sekarang pelihara anps dakar ultimate, dan sempat td anf vrz
1. Paling nyaman jelas anki, venturer juga termasuk anki kan hehe, anps lumayan, anf agak kurang om
2. Paling irit juga anki, anps lebih boros om, anf harusnya mirip2 anki
3. Bisa solbus semua om, anps rutin ganti fuel filter tiap 10rb km aja, anf sama anki tunggu indikator nyala aja hehe
4. RV kayaknya anf paling kuat, kalo anki tetep tipe g sama v yang kuat om, anps mesti dakar biasa atau dakar 4x4, saya sempet tanya kalo dakar ultimate dijual laku berapa, hasilnya agak anjlok om karena ga ada sunroof katanya
5. Semua kayaknya kalo dipake lama aman2 aja om
6. Paling mewah gimana om? Kalo design anf paling mewah apalagi interiornya, venturer lumayan lah, anps eksterior oke interior gak banget
7. Mau dituning bisa semua om, tapi kalo mau remap paling anps atau anf om, venturer/anki mesti tipe metic dan harus keluaran 2018 awal ke bawah baru bisa remap.
8. Semua ada matic om

Salam wong kito

ps. Mazda di palembang bukannya m*ju motor yang pegang om?
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 630
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by lamatlancah »

napa kaga consider wuling almaz aja, most bang for the buck, mewah lagi.
bfront
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 255
Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by bfront »

saya nggak punya venturer ato fortuner, cuma punya dakar 4x2 biasa (bukan ultimate), jadi ini cuma share pengalaman dakar aja ya.

1. kalo pertimbangan nyaman sebagai driver, saya pernah nyetir 10 jam campur jalan mulus & hancur, masih oke2 aja. joknya lumayan nyaman, posisi mengemudi juga enak, badan nggak remuk.
2. konsumsi bbm dalem kota sekitar 1:10 - 1:12
3. katanya sih bisa minum solbus, nggak tau juga ya, saya selalu isi dex.
4. resale value nggak tau.
5. saya beli awal 2017, so far ga ada masalah aneh2, mudah2an tetap begitu untuk jangka panjang.
6. interior dakar sepertinya nggak bisa dibilang mewah ya... apalagi taun segini yg pake panel2 kayu norak.... hahaha
7. katanya banyak yg diremap ato pasang piggy dan jadi lebih galak tenaganya. entah ya, saya standaran aja lah.
8. transmisi 8at nya so far enak2 aja, paddle shift malah hampir nggak pernah saya pake.
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by Ivano »

ANPS dakar dong.
Mbah bebonk aja pilih ini mobil.

Oprekable dan wuenak.
Langkah upgrade:
*Stage1*
1. Remap (Harus di padepokan Bebonk baru mantep).
2. Pasang aftermarket air filter (apex aja cukup)
3. Ganti shock depan belakang pakai merk AL-KO extreme (cari di toped aja).
(Redaman jadi sangat pas, rebound pas dan lebih awet. Testi semua pemakai, jadi tidak subyektif)

*Stage2* (kalo ada rejeki tambahan)
1. Downpipe + frontpipe custom (rspeed aja murah+bagus).
2. Intercooler pipe (hampir no turbo lag terasa, tarikan kayak mesin bensin).
3. Ganti brake pad aftermarket yg bagusan (rekom bendix).

Stage3
4. Pasang underbrace (sasis jadi lebih rigid, enak banget ditekuk).

Don't pasang:
1. Space arm (model pasang di gardan, ndak ngaruh apa2).
2. Throttle controller (buang duit, mending remap, dah include setting TC).
3. Piggyback (remap lebih banyak parameter yg di setting).
4. Ganjel/spring buffer (malah mengacaukan gerakan per).
5. Eco-eco racer (kontra produktif)

Dah itu aja.
Pastikan:
1. Oli mesin, matic dan gardan yang bagus (ikuti di thread oli diesel).
2. Filter solar ganti 10K.
3. Tambahin additive bila pakai solbus (cari di thread additive).

Sebagai info, saya pakai ANPS keluaran awal (2016), dakar 4x4. Odo sekarang 65.000, selalu bio solar dari baru.

*Bukan sales Bebonk (hanya teman dan customer aja)
*Bukan sales produk apapun yang saya pakai dan sebutkan diatas.
*Cuma sharing aja atas pemakaian selama ini.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar

Post by Zaxis »

Venturer,nyaman dan kuat solar busuk
Airbag nya juga banyak