Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalau depan kosong melompong dan ancang ancang dari bawah bisa kan? tahan RPM di 2500 atau 3000 (torsi maksimal)
Gak bisa juga om. Waktu itu posisi mobil saya depan kosong melompong n saya udah dari D ke L plus gas sampe mentok, tapi cuma naik berapa meter aja udah gitu langsung merosot turun.
Kemungkinan ketinggiannya terlalu curam, a/t, fwd, muatan banyak, n mungkin skill saya yang masih newbie.
kalau case begini, pernah kejadian di sienta temen yang kebetulan saya jadi penumpangnya...
kita semua turun, terus dia naik dengan di belok-belokin kiri-kanan, pelan banget sih...tapi naik juga akhirnya..
sempet malu gitu sama orang sekitar karena jalanan macet karena kita, trus sampe ada yang videoin...hahaha
mungkin kelakuan sales honda yang girang rivalnya ga kuat, soalnya doi terlihat turun dari freed
classicrock wrote: Thu May 02, 2019 11:38
Hahaha curamnya sama tikungannya sih yang bikin berat.
Betul om. Padahal itu udah di gas mentok tapi tetap aja melorot. Akhirnya lewat jalur baru deh. Itu gara"nya saya pake google maps om jadi diarahin jalur lama. Mungkin dia liat jalur lama lebih cepat sampenya.
halo oom..sy juga pernah keluar dari telaga sarangan, langsung belok kiri..nanjak..melewati lokasi yg fortuner merosot itu pas mau ketemu jalan besar itu..
waktu itu sy dari tlg. sarangan (nginap deket danau) mau ke jakarta..
kalau boleh tlg share rute yg oom merosot itu biar tau ?
btw, oom dari arah tawang mangu mau ke sarangan ya ?
Waktu itu saya dari arah Madiun menuju ke Yogyakarta om. Kalo saya gak salah ingat, saya merosotnya di Jl. Lawu Lama. Soalnya waktu itu Google Maps arahinnya kesana. Jadinya saya lewat jalur baru yang bisa ditempuh di Jl. Tawang Mangu - Plaosan.
Attachmentnya terlampir om.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Gak bisa juga om. Waktu itu posisi mobil saya depan kosong melompong n saya udah dari D ke L plus gas sampe mentok, tapi cuma naik berapa meter aja udah gitu langsung merosot turun.
Kemungkinan ketinggiannya terlalu curam, a/t, fwd, muatan banyak, n mungkin skill saya yang masih newbie.
kalau case begini, pernah kejadian di sienta temen yang kebetulan saya jadi penumpangnya...
kita semua turun, terus dia naik dengan di belok-belokin kiri-kanan, pelan banget sih...tapi naik juga akhirnya..
sempet malu gitu sama orang sekitar karena jalanan macet karena kita, trus sampe ada yang videoin...hahaha
mungkin kelakuan sales honda yang girang rivalnya ga kuat, soalnya doi terlihat turun dari freed
kalau case begini, pernah kejadian di sienta temen yang kebetulan saya jadi penumpangnya...
kita semua turun, terus dia naik dengan di belok-belokin kiri-kanan, pelan banget sih...tapi naik juga akhirnya..
sempet malu gitu sama orang sekitar karena jalanan macet karena kita, trus sampe ada yang videoin...hahaha
mungkin kelakuan sales honda yang girang rivalnya ga kuat, soalnya doi terlihat turun dari freed
kalau case begini, pernah kejadian di sienta temen yang kebetulan saya jadi penumpangnya...
kita semua turun, terus dia naik dengan di belok-belokin kiri-kanan, pelan banget sih...tapi naik juga akhirnya..
sempet malu gitu sama orang sekitar karena jalanan macet karena kita, trus sampe ada yang videoin...hahaha
mungkin kelakuan sales honda yang girang rivalnya ga kuat, soalnya doi terlihat turun dari freed
sama..hehe
awkward pas ngeliatnya, tapi yang penting bisa naik
Kalau didunia offroad atau main tanah, ketika ban ngespin di tanah, steer kita belok kanan kiri sih untuk cari grip/traksi.. jadi perlahan2 dia akan naik.. nah prinsipnya sih sama.
sh00t wrote: Fri May 03, 2019 6:09
Oo, bisa naik yah kalo pake belok kanan kiri? Nice info.
bisa, dan saya pernah mau ga mau gini, terutama nanjak dan nikung jadi triknya kaya pembalap di sirkuit lagi belok/cornering = outer - innter - outer, karena dengan ambil sudut menjauh dari tanjakan otomatis tanjakan akan lebih landai.
sama juga kaya hill climbing dengan sepeda. tanjakan curam mostly sambil belok2 sambil genjot pol. memang konyol banget si kalau dipikir2 untung waktu itu sepi dan bisa2nya disalip astrea...
memang aneh, tapi teknik umum. makanya kadang di indo lucu juga driver ga mampu yang disalahin mobil dan tanjakan... kecuali itu tanjakan hanya bisa dilewati truk dobel gardan, nah berarti yang salah tanjakan/jalannya yang keterlaluan curamnya atau memang ga ada ruang untuk ambil start. apalagi sampe mesti diganjel balok atau kopling sampe gosong. ya inilah indo 99% SIM ambil di kelurahan
sh00t wrote: Fri May 03, 2019 6:09
Oo, bisa naik yah kalo pake belok kanan kiri? Nice info.
bisa, dan saya pernah mau ga mau gini, terutama nanjak dan nikung jadi triknya kaya pembalap di sirkuit lagi belok/cornering = outer - innter - outer, karena dengan ambil sudut menjauh dari tanjakan otomatis tanjakan akan lebih landai.
sama juga kaya hill climbing dengan sepeda. tanjakan curam mostly sambil belok2 sambil genjot pol. memang konyol banget si kalau dipikir2 untung waktu itu sepi dan bisa2nya disalip astrea...
memang aneh, tapi teknik umum. makanya kadang di indo lucu juga driver ga mampu yang disalahin mobil dan tanjakan... kecuali itu tanjakan hanya bisa dilewati truk dobel gardan, nah berarti yang salah tanjakan/jalannya yang keterlaluan curamnya atau memang ga ada ruang untuk ambil start. apalagi sampe mesti diganjel balok atau kopling sampe gosong. ya inilah indo 99% SIM ambil di kelurahan
Aduh, jadi malu saya nih ketauan ambil simnya di kelurahan.
sh00t wrote: Fri May 03, 2019 6:09
Oo, bisa naik yah kalo pake belok kanan kiri? Nice info.
bisa, dan saya pernah mau ga mau gini, terutama nanjak dan nikung jadi triknya kaya pembalap di sirkuit lagi belok/cornering = outer - innter - outer, karena dengan ambil sudut menjauh dari tanjakan otomatis tanjakan akan lebih landai.
sama juga kaya hill climbing dengan sepeda. tanjakan curam mostly sambil belok2 sambil genjot pol. memang konyol banget si kalau dipikir2 untung waktu itu sepi dan bisa2nya disalip astrea...
memang aneh, tapi teknik umum. makanya kadang di indo lucu juga driver ga mampu yang disalahin mobil dan tanjakan... kecuali itu tanjakan hanya bisa dilewati truk dobel gardan, nah berarti yang salah tanjakan/jalannya yang keterlaluan curamnya atau memang ga ada ruang untuk ambil start. apalagi sampe mesti diganjel balok atau kopling sampe gosong. ya inilah indo 99% SIM ambil di kelurahan
memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
sh00t wrote: Sat May 04, 2019 15:24
Aduh, jadi malu saya nih ketauan ambil simnya di kelurahan.
ohh jangan malu om, saya juga ngambil di kelurahan kok.. saya sarkas saja diatas itu kok
maskopat wrote: Mon May 06, 2019 9:01
memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
saya beruntung waktu itu beruntung ga ngalamin keilmiahan negara kita...
memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
[/quote]
Maaf Om, apex itu apa maksud & artinya? Jangan diketaeain, saya gak mudeng istilah ini
memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
[/quote]
Maaf Om, apex itu apa maksud & artinya? Jangan diketaeain, saya gak mudeng istilah ini
[/quote]
Baru baca dari artikel otomotif..soal pemilihan mobil fwd-awd dengan konsep 90% & 10%..
karena sempat kepikiran ambil yang varian grand santa fe AWD.
Yaitu pilih mobil yang medannya sesuai dengan 90% medan yang bisa dilalui. kalau 90% medan yang biasa dipakai itu di normal daily use, seperti di tol, jalanan aspal, jalanan luar kota normal (misal lintas timur sumatera),semi off road, dan 10%-nya di jalanan heavy off road, ambil yang di faktor 90%-nya.
karena buat apa ambil karena faktor 10%-nya sehingga mengenyampingkan yang 90%.. karena impact ke expense nya sih yang perlu keluar operation dan maintenance cost yang lebih untuk awd dibanding fwd. cmiiw...
Kalo om-om SM gimana?
nb: 10% pemakaian heavy off road bisa diakalin dengan rental mobil yang memang peruntukkan di heavy off road.
krniawnhdr wrote:Baru baca dari artikel otomotif..soal pemilihan mobil fwd-awd dengan konsep 90% & 10%..
karena sempat kepikiran ambil yang varian grand santa fe AWD.
Yaitu pilih mobil yang medannya sesuai dengan 90% medan yang bisa dilalui. kalau 90% medan yang biasa dipakai itu di normal daily use, seperti di tol, jalanan aspal, jalanan luar kota normal (misal lintas timur sumatera),semi off road, dan 10%-nya di jalanan heavy off road, ambil yang di faktor 90%-nya.
karena buat apa ambil karena faktor 10%-nya sehingga mengenyampingkan yang 90%.. karena impact ke expense nya sih yang perlu keluar operation dan maintenance cost yang lebih untuk awd dibanding fwd. cmiiw...
Kalo om-om SM gimana?
nb: 10% pemakaian heavy off road bisa diakalin dengan rental mobil yang memang peruntukkan di heavy off road.
Balikin ke kebutuhan aja om biar simpel. Saya 18 tahun pakai Daihatsu Taft, makin kesini kebutuhan pemakaian 4wd nya makin jarang. Dalam setahun bisa dihitung dengan jari kapan saya pakai itu 4H dan 4L.
Tapi karena makin lama saya ga tahan nyetir manual di Jakarta, akhirnya saya jual akhir 2017 lalu, walau saya sayangnya luar biasa sama mobil itu.
Walau kalo pengen pengenan sih sekarang ngidam parah sama Jimny baru. Hahaha.
krniawnhdr wrote:Baru baca dari artikel otomotif..soal pemilihan mobil fwd-awd dengan konsep 90% & 10%..
karena sempat kepikiran ambil yang varian grand santa fe AWD.
Yaitu pilih mobil yang medannya sesuai dengan 90% medan yang bisa dilalui. kalau 90% medan yang biasa dipakai itu di normal daily use, seperti di tol, jalanan aspal, jalanan luar kota normal (misal lintas timur sumatera),semi off road, dan 10%-nya di jalanan heavy off road, ambil yang di faktor 90%-nya.
karena buat apa ambil karena faktor 10%-nya sehingga mengenyampingkan yang 90%.. karena impact ke expense nya sih yang perlu keluar operation dan maintenance cost yang lebih untuk awd dibanding fwd. cmiiw...
Kalo om-om SM gimana?
nb: 10% pemakaian heavy off road bisa diakalin dengan rental mobil yang memang peruntukkan di heavy off road.
Balikin ke kebutuhan aja om biar simpel. Saya 18 tahun pakai Daihatsu Taft, makin kesini kebutuhan pemakaian 4wd nya makin jarang. Dalam setahun bisa dihitung dengan jari kapan saya pakai itu 4H dan 4L.
Tapi karena makin lama saya ga tahan nyetir manual di Jakarta, akhirnya saya jual akhir 2017 lalu, walau saya sayangnya luar biasa sama mobil itu.
Walau kalo pengen pengenan sih sekarang ngidam parah sama Jimny baru. Hahaha.
Amiinn...pasti ada jalan dan rezeki om kalo udah niat. ditunggu review new jimny-nya ya om
Wahh rame nihh.
Sebenarnya yg paling berasa sih fwd vs rwd adalah turning radiusnya klo di perkotaan. Paling males bawa mobil fwd panjang klo disuruh puter balik
maskopat wrote: Mon May 06, 2019 9:01
memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
Udah ditest ama riset om, cuma tesnya pake kaki,
trus keluar kesimpulan;
"lha wong pake jalan kaki aja kuat naik sampe atas kok,
masa pake mobil gak kuat,
gak ada ceritanya dengkul lebih kuat dari mesin... "
maskopat wrote: Mon May 06, 2019 9:01
memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
Udah ditest ama riset om, cuma tesnya pake kaki,
trus keluar kesimpulan;
"lha wong pake jalan kaki aja kuat naik sampe atas kok,
masa pake mobil gak kuat,
gak ada ceritanya dengkul lebih kuat dari mesin... "
in car, you can go faster
on foot, I can go anywhere
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Nambahin, pengalaman saya monocoque lebih enak buat nanjak dibanding ladder frame
Di tanjakan toll Semarang pake Sienta (monocoque, FWD, 1500 cc) gampang banget take over mobil Diesel udah ladder frame, RWD, cc besar lagi, macem2 mereknya mulai dari UD, Hino, Mercy, Volvo, Scania dll
bapakne_satya wrote: Fri May 10, 2019 16:05
Nambahin, pengalaman saya monocoque lebih enak buat nanjak dibanding ladder frame
Di tanjakan toll Semarang pake Sienta (monocoque, FWD, 1500 cc) gampang banget take over mobil Diesel udah ladder frame, RWD, cc besar lagi, macem2 mereknya mulai dari UD, Hino, Mercy, Volvo, Scania dll
marmut wrote: Fri May 10, 2019 7:23
kalo jokjik a.k.a mesin giling itu ladder frame atau monokok?
hmm.. lha iya juga ya,
se extrim apapun tanjakan jalannya, selama masih diaspal,
berarti mesin giling dulu mampu lewat situ ya..
padahal bannya (itu masuk kategori ban ??) aja licin tanpa kembangan gitu,
apa ada grip nya.. ?
marmut wrote: Fri May 10, 2019 7:23
kalo jokjik a.k.a mesin giling itu ladder frame atau monokok?
hmm.. lha iya juga ya,
se extrim apapun tanjakan jalannya, selama masih diaspal,
berarti mesin giling dulu mampu lewat situ ya..
padahal bannya (itu masuk kategori ban ??) aja licin tanpa kembangan gitu,
apa ada grip nya.. ?
lah, kan tinggal meluncur aja. kalo mau naik, ditarik lagi ama truk
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Tergantung pemakaian
Misal ada 2 mobil, tenaga/torsi mirip, ukuran ban sama, rasio transmisi sampe gardan sama
Case 1: Nanjak nggak full load
Mobil FWD nggak akan ada problem, begitu juga RWD
Case 2: start dan nanjak full load
Mobil RWD paling top, mobil FWD mulai ngos2an nanjak mulai dari selip sampe hilang momentum
Makanya truk selalu RWD. Kalo selip? Ya AWD
Masalahnya emang mobil penumpang selalu full load? Kecuali anki/gnf/anps nya buat bawa beras tiap hari wkwk
Dan btw semua mobil nggak sama
Performa nanjak itu berdasar ke:
Engine, clutch, rasio transmisi, rasio gardan, ukuran ban, rolling resistance ban, aspal/gravel, sampe faktor efisiensi dari engine sampe roda