Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 825
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by IGedeAmat » 02 May 2019, 13:43

maskopat wrote:
02 May 2019, 13:34
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:24
maskopat wrote:
02 May 2019, 11:19


kalo yang terakhir, kudu pake kaki, Om... kalo mobil amat sangat terbatas daya jelajahnya
apalagi kalau dikerucutkan sampai mobil yang masih bawaan standar manufacturing. mungkin hasilnya ada di sekitaran G-class mercy ya :mky_01:
Gelandangan Wagen tuh mobil standar yang paling off road ready. tinggal pasang winch dan ganti ban MT. not comparable even with LC79.
https://www.trayon.com/blog/mercedes-g- ... ndcruiser/

Rubicon JL aja masih perlu ganti bumper while G Wagen sudah pake bumper off road. Walau crawling ratio masih unggul JL.

Di atasnya lagi, Unimog. Di atasnya lagi, Zetros... All Mercedes Benz vehicles..
Kalau Marauder series gimana Om ? ada diposisi berapa ?

https://www.youtube.com/watch?v=cDoRmT0iRic

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by b8099ok » 02 May 2019, 14:03

PRBS wrote:
01 May 2019, 17:35
b8099ok wrote:
30 Apr 2019, 22:32
Memberbaruapril19 wrote:
29 Apr 2019, 17:08

Sudah pasti menang santa fe bro, dari hp torsi dan akselerasi aja ketahuan menang siapa.

Nyaman? Jelas santa fe lah, santa fe yg lama aja mobil asia ternyaman, cuma lexus ls yg lbh nyaman itupun sedikit. Yg baru ini pasti ls kalah sama santa fe dalam hal kenyamanan
Yuk om kita adu, sy fur om jalan duluan deh.
Saya malah penasaran sama om “memberbarublabla”.. kok ga post lagi.. ayuk lah om “memberbaru” diskusi lagi disini.. bawa santafee atau fotonya dulu gapapa deh share di SM..
Saya malah penasaran apakah seekor santa fe bisa menyeret FRD,...
Tune and drive! :big_love:

964
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: 24 Feb 2018, 16:31

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by 964 » 02 May 2019, 14:03

maskopat wrote:
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:24
maskopat wrote:
02 May 2019, 11:19
kalo yang terakhir, kudu pake kaki, Om... kalo mobil amat sangat terbatas daya jelajahnya
apalagi kalau dikerucutkan sampai mobil yang masih bawaan standar manufacturing. mungkin hasilnya ada di sekitaran G-class mercy ya :mky_01:
Gelandangan Wagen tuh mobil standar yang paling off road ready. tinggal pasang winch dan ganti ban MT. not comparable even with LC79.
https://www.trayon.com/blog/mercedes-g- ... ndcruiser/

Rubicon JL aja masih perlu ganti bumper while G Wagen sudah pake bumper off road. Walau crawling ratio masih unggul JL.

Di atasnya lagi, Unimog. Di atasnya lagi, Zetros... All Mercedes Benz vehicles..
Vs Jimny menang mana?

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 602
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 02 May 2019, 15:45

964 wrote:
02 May 2019, 14:03
maskopat wrote:
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:24


apalagi kalau dikerucutkan sampai mobil yang masih bawaan standar manufacturing. mungkin hasilnya ada di sekitaran G-class mercy ya :mky_01:
Gelandangan Wagen tuh mobil standar yang paling off road ready. tinggal pasang winch dan ganti ban MT. not comparable even with LC79.
https://www.trayon.com/blog/mercedes-g- ... ndcruiser/

Rubicon JL aja masih perlu ganti bumper while G Wagen sudah pake bumper off road. Walau crawling ratio masih unggul JL.

Di atasnya lagi, Unimog. Di atasnya lagi, Zetros... All Mercedes Benz vehicles..
Vs Jimny menang mana?
Jimny nya berapa biji dulu? :big_cry:

pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 640
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by pengendiesel » 02 May 2019, 16:49

Sepertinya om2 di sini lagi banyak yang senggol bacok mode :ngacir:

Dulu bawa sedan bensin fwd m/t beberapa kali melewati rute yang sama, tanjakan curam dan belok patah, arah ke Trawas.

Selama jalannya normal dan skill pengemudi cukup, no problem at all. TAPI.....pernah satu kali ada perbaikan jalan yang bikin kondisinya stop and go di tanjakan curam tsb. Dan apesnya ban depan mobil saya pas berhenti di kerikil2 proyek.
Karena pas itu kurang pengalaman, saya kasih gas secukupnya yang sekiranya mobil bisa jalan dan menghindari mesin mati. Yang terjadi......SRRROKKKKKK SROOOKKKK SROOOOOKKK, itu ban depan spin aja di tempat. F*ccckkkk....langsung pucet deh, mana jarak ke mobil belakang juga mepet.

Coba lepas kopling lagi sambil goyang setir kiri kanan, sama aja hasilnya. Akhirnya teman kasih kode ke mobil2 belakang untuk mundur, saya mundur cari permukaan padat dan akhirnya leewwaaatttt :mky_02:

Jadi kalo ada pilihan RWD atau FWD untuk di tanjakan, tentu saya pilih RWD. Tapi mestinya kalo matic FWD juga sudah mengurangi resiko ban kehilangan traksi karena dari kondisi berhenti, gas bisa diurut. Beda kalo manual yang mana dari kondisi berhenti di tanjakan, gas cenderung besar untuk menjaga mesin tetap idup dan akhirnya bikin ban spin.

Sekian, terima kasih. Monggo dilanjut bacok2annya :ngacir: :ngacir:

sh00t
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by sh00t » 02 May 2019, 17:19

Dulu saya ada pengalaman menggunakan Ertiga A/T dari Sarangan ke Solo yang menggunakan jalur lama dengan penumpang 4 dewasa, 2 anak, n full bagasi. Alhasil menggunakan gigi L tetap gak bisa naik. Yang ada malahan mundur. Akhirnya menggunakan jalur baru dan lancar jaya. :wkkk:

User avatar
classicrock
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by classicrock » 02 May 2019, 18:19

sh00t wrote:Dulu saya ada pengalaman menggunakan Ertiga A/T dari Sarangan ke Solo yang menggunakan jalur lama dengan penumpang 4 dewasa, 2 anak, n full bagasi. Alhasil menggunakan gigi L tetap gak bisa naik. Yang ada malahan mundur. Akhirnya menggunakan jalur baru dan lancar jaya. :wkkk:
Hohoho rute Gondosuli memang lumayan berat om. Dulu tahun 2003 saya lintasi pakai Suzuki XL7 aja terasa berat. Sekarang jalur baru masih nanjak tapi jauh lebih bersahabat.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L

sh00t
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by sh00t » 02 May 2019, 18:37

classicrock wrote:
02 May 2019, 18:19
sh00t wrote:Dulu saya ada pengalaman menggunakan Ertiga A/T dari Sarangan ke Solo yang menggunakan jalur lama dengan penumpang 4 dewasa, 2 anak, n full bagasi. Alhasil menggunakan gigi L tetap gak bisa naik. Yang ada malahan mundur. Akhirnya menggunakan jalur baru dan lancar jaya. :wkkk:
Hohoho rute Gondosuli memang lumayan berat om. Dulu tahun 2003 saya lintasi pakai Suzuki XL7 aja terasa berat. Sekarang jalur baru masih nanjak tapi jauh lebih bersahabat.
Padahal itu jalur lama udah di aspal lho om. Tapi tetap aja gak bisa naik. :wkkk:

Saya waktu pergi 2 taon yang lalu.

User avatar
classicrock
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by classicrock » 02 May 2019, 18:38

sh00t wrote:
classicrock wrote:
02 May 2019, 18:19
sh00t wrote:Dulu saya ada pengalaman menggunakan Ertiga A/T dari Sarangan ke Solo yang menggunakan jalur lama dengan penumpang 4 dewasa, 2 anak, n full bagasi. Alhasil menggunakan gigi L tetap gak bisa naik. Yang ada malahan mundur. Akhirnya menggunakan jalur baru dan lancar jaya. :wkkk:
Hohoho rute Gondosuli memang lumayan berat om. Dulu tahun 2003 saya lintasi pakai Suzuki XL7 aja terasa berat. Sekarang jalur baru masih nanjak tapi jauh lebih bersahabat.
Padahal itu jalur lama udah di aspal lho om. Tapi tetap aja gak bisa naik. :wkkk:

Saya waktu pergi 2 taon yang lalu.
Hahaha curamnya sama tikungannya sih yang bikin berat.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Profith83 » 02 May 2019, 19:44

sh00t wrote:
02 May 2019, 18:37
classicrock wrote:
02 May 2019, 18:19
sh00t wrote:Dulu saya ada pengalaman menggunakan Ertiga A/T dari Sarangan ke Solo yang menggunakan jalur lama dengan penumpang 4 dewasa, 2 anak, n full bagasi. Alhasil menggunakan gigi L tetap gak bisa naik. Yang ada malahan mundur. Akhirnya menggunakan jalur baru dan lancar jaya. :wkkk:
Hohoho rute Gondosuli memang lumayan berat om. Dulu tahun 2003 saya lintasi pakai Suzuki XL7 aja terasa berat. Sekarang jalur baru masih nanjak tapi jauh lebih bersahabat.
Padahal itu jalur lama udah di aspal lho om. Tapi tetap aja gak bisa naik. :wkkk:

Saya waktu pergi 2 taon yang lalu.
Kalau depan kosong melompong dan ancang ancang dari bawah bisa kan? tahan RPM di 2500 atau 3000 (torsi maksimal)

sh00t
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by sh00t » 02 May 2019, 21:03

Profith83 wrote:
02 May 2019, 19:44
sh00t wrote:
02 May 2019, 18:37
classicrock wrote:
02 May 2019, 18:19
Hohoho rute Gondosuli memang lumayan berat om. Dulu tahun 2003 saya lintasi pakai Suzuki XL7 aja terasa berat. Sekarang jalur baru masih nanjak tapi jauh lebih bersahabat.
Padahal itu jalur lama udah di aspal lho om. Tapi tetap aja gak bisa naik. :wkkk:

Saya waktu pergi 2 taon yang lalu.
Kalau depan kosong melompong dan ancang ancang dari bawah bisa kan? tahan RPM di 2500 atau 3000 (torsi maksimal)
Gak bisa juga om. Waktu itu posisi mobil saya depan kosong melompong n saya udah dari D ke L plus gas sampe mentok, tapi cuma naik berapa meter aja udah gitu langsung merosot turun. :wkkk:

Kemungkinan ketinggiannya terlalu curam, a/t, fwd, muatan banyak, n mungkin skill saya yang masih newbie. :wkkk:
Last edited by sh00t on 02 May 2019, 21:35, edited 1 time in total.

sh00t
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by sh00t » 02 May 2019, 21:06

classicrock wrote:
02 May 2019, 18:38
sh00t wrote:
classicrock wrote:
02 May 2019, 18:19
Hohoho rute Gondosuli memang lumayan berat om. Dulu tahun 2003 saya lintasi pakai Suzuki XL7 aja terasa berat. Sekarang jalur baru masih nanjak tapi jauh lebih bersahabat.
Padahal itu jalur lama udah di aspal lho om. Tapi tetap aja gak bisa naik. :wkkk:

Saya waktu pergi 2 taon yang lalu.
Hahaha curamnya sama tikungannya sih yang bikin berat.
Betul om. Padahal itu udah di gas mentok tapi tetap aja melorot. Akhirnya lewat jalur baru deh. Itu gara"nya saya pake google maps om jadi diarahin jalur lama. Mungkin dia liat jalur lama lebih cepat sampenya. :wkkk:

gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: 25 Nov 2012, 23:19

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by gaspol » 02 May 2019, 22:32

krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:13
PRBS wrote:
02 May 2019, 10:36
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 09:40


Betul om.. kalo sekarang emang sayang sih, soalnya baru 3 tahun dipake..
tapi siapa tau pas duit cukup, kondisi ANKI udah ngga se oke sekarang, jadi rasa sayangnya siapa tau perlahan bisa memudar, halah :big_peace: :big_peace: :big_blushing:

btw boleh tau om faktor rasa 'agak sayang ganti anki ke ansf' lebih ke faktor ansf nya kurangnya dimana?
biar bisa nambah2 informasi gitu om, siapa tau ada yang terlewat :big_deal:
btw ANSFnya bakal jd mobil satu2nya atau gimana?

Saya pribadi agak susah jelasin sih.. pengalaman saya dengan mobil FWD (stream, C26, all peugeo, etc) kaki2 harus dieman2, pemakaian tidak bisa sebrutal kalau saya pakai RWD (ladderframe pula) kayak blazer, GNKI (mobil kantor).. dan mobil RWD kayak ANKI ini bakal terasa ketika dibutuhkan.. (ANKI salah satu mobil idaman saya sampai skarang, simply karena mobil ini simpel yet tetap nyaman)

ANSF tidak ada masalah sih.. fitur yg sekarang oke, power juga oke sekali.. cuma kalau jadi mobil perang (satu2nya) gantikan ANKI.. mmmmm well...
engga kok om.. ada mobil lain, tapi bakal jadi satu-satunya mobil dirumah yang 3 row.. yang lain 2 row :mky_01:
tapi bener juga sih ya pendapatnya, anki di keep biar jadi mobil perang aja.. jangan sampe ansf yang jadi mobil perang :emo-flowerforyou:
Lho ANSF saya dirumah buat mobil perang harian, termasuk buat wara wiri luar kota kalo lagi ada keperluan :e-whistle:

Kalo lagi ditempat dinas (papua) mobil perang saya gnki bensin mt :drinking:

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14217
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by maskopat » 02 May 2019, 22:42

IGedeAmat wrote:
02 May 2019, 13:43
maskopat wrote:
02 May 2019, 13:34
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:24


apalagi kalau dikerucutkan sampai mobil yang masih bawaan standar manufacturing. mungkin hasilnya ada di sekitaran G-class mercy ya :mky_01:
Gelandangan Wagen tuh mobil standar yang paling off road ready. tinggal pasang winch dan ganti ban MT. not comparable even with LC79.
https://www.trayon.com/blog/mercedes-g- ... ndcruiser/

Rubicon JL aja masih perlu ganti bumper while G Wagen sudah pake bumper off road. Walau crawling ratio masih unggul JL.

Di atasnya lagi, Unimog. Di atasnya lagi, Zetros... All Mercedes Benz vehicles..
Kalau Marauder series gimana Om ? ada diposisi berapa ?

https://www.youtube.com/watch?v=cDoRmT0iRic

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Hihihi... Ini mah lawannya tank... :upss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14217
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by maskopat » 02 May 2019, 22:44

964 wrote:
02 May 2019, 14:03
maskopat wrote:
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:24


apalagi kalau dikerucutkan sampai mobil yang masih bawaan standar manufacturing. mungkin hasilnya ada di sekitaran G-class mercy ya :mky_01:
Gelandangan Wagen tuh mobil standar yang paling off road ready. tinggal pasang winch dan ganti ban MT. not comparable even with LC79.
https://www.trayon.com/blog/mercedes-g- ... ndcruiser/

Rubicon JL aja masih perlu ganti bumper while G Wagen sudah pake bumper off road. Walau crawling ratio masih unggul JL.

Di atasnya lagi, Unimog. Di atasnya lagi, Zetros... All Mercedes Benz vehicles..
Vs Jimny menang mana?
In some cases, jimny will win... Tp klw dah bawa barang 1 ton? Piye? :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green

User avatar
classicrock
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by classicrock » 03 May 2019, 04:15

Profith83 wrote:
sh00t wrote:
02 May 2019, 18:37
classicrock wrote:
02 May 2019, 18:19
Hohoho rute Gondosuli memang lumayan berat om. Dulu tahun 2003 saya lintasi pakai Suzuki XL7 aja terasa berat. Sekarang jalur baru masih nanjak tapi jauh lebih bersahabat.
Padahal itu jalur lama udah di aspal lho om. Tapi tetap aja gak bisa naik. :wkkk:

Saya waktu pergi 2 taon yang lalu.
Kalau depan kosong melompong dan ancang ancang dari bawah bisa kan? tahan RPM di 2500 atau 3000 (torsi maksimal)
Di daerah situ ga bisa terlalu cepat juga om....salah salah bisa masuk jurang soalnya.

Maksud hati memanfaatkan momentum, tapi kalo ga hafal medan jalan bisa bahaya.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 602
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 03 May 2019, 07:49

sh00t wrote:
02 May 2019, 21:03
Profith83 wrote:
02 May 2019, 19:44
sh00t wrote:
02 May 2019, 18:37


Padahal itu jalur lama udah di aspal lho om. Tapi tetap aja gak bisa naik. :wkkk:

Saya waktu pergi 2 taon yang lalu.
Kalau depan kosong melompong dan ancang ancang dari bawah bisa kan? tahan RPM di 2500 atau 3000 (torsi maksimal)
Gak bisa juga om. Waktu itu posisi mobil saya depan kosong melompong n saya udah dari D ke L plus gas sampe mentok, tapi cuma naik berapa meter aja udah gitu langsung merosot turun. :wkkk:

Kemungkinan ketinggiannya terlalu curam, a/t, fwd, muatan banyak, n mungkin skill saya yang masih newbie. :wkkk:
kalau case begini, pernah kejadian di sienta temen yang kebetulan saya jadi penumpangnya...
kita semua turun, terus dia naik dengan di belok-belokin kiri-kanan, pelan banget sih...tapi naik juga akhirnya..
sempet malu gitu sama orang sekitar karena jalanan macet karena kita, trus sampe ada yang videoin...hahaha
mungkin kelakuan sales honda yang girang rivalnya ga kuat, soalnya doi terlihat turun dari freed :mky_03: :mky_03:

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3417
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ginting » 03 May 2019, 08:26

sh00t wrote:
classicrock wrote:
02 May 2019, 18:38
sh00t wrote: Padahal itu jalur lama udah di aspal lho om. Tapi tetap aja gak bisa naik. :wkkk:

Saya waktu pergi 2 taon yang lalu.
Hahaha curamnya sama tikungannya sih yang bikin berat.
Betul om. Padahal itu udah di gas mentok tapi tetap aja melorot. Akhirnya lewat jalur baru deh. Itu gara"nya saya pake google maps om jadi diarahin jalur lama. Mungkin dia liat jalur lama lebih cepat sampenya. :wkkk:
halo oom..sy juga pernah keluar dari telaga sarangan, langsung belok kiri..nanjak..melewati lokasi yg fortuner merosot itu pas mau ketemu jalan besar itu..
waktu itu sy dari tlg. sarangan (nginap deket danau) mau ke jakarta..

kalau boleh tlg share rute yg oom merosot itu biar tau ?
btw, oom dari arah tawang mangu mau ke sarangan ya ?

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 848
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by adityabp » 03 May 2019, 09:31

krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:10
adityabp wrote:
02 May 2019, 10:20
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 09:34


padahal reasonnya udah ada di komentar diatas...
jangan males baca ah..budayain baca dibanding ngetik dong :mky_08:
Reason loe gak menjawab pertanyaan gue.
Malah asal main paketin aja antara sasis+penggerak dgn kemampuan nanjak. Sotoy itu namanya.
Mikir aje loe males, kok malah nyuruh orang baca komen loe.
akibat jari lebih cepat daripada otak :mky_04: :mky_04:
Dan akhirnya diskusi bergeser jadi FWD vs RWD vs 4WD.
:mky_07:

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14217
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by maskopat » 03 May 2019, 09:32

krniawnhdr wrote:
03 May 2019, 07:49
sh00t wrote:
02 May 2019, 21:03
Profith83 wrote:
02 May 2019, 19:44


Kalau depan kosong melompong dan ancang ancang dari bawah bisa kan? tahan RPM di 2500 atau 3000 (torsi maksimal)
Gak bisa juga om. Waktu itu posisi mobil saya depan kosong melompong n saya udah dari D ke L plus gas sampe mentok, tapi cuma naik berapa meter aja udah gitu langsung merosot turun. :wkkk:

Kemungkinan ketinggiannya terlalu curam, a/t, fwd, muatan banyak, n mungkin skill saya yang masih newbie. :wkkk:
kalau case begini, pernah kejadian di sienta temen yang kebetulan saya jadi penumpangnya...
kita semua turun, terus dia naik dengan di belok-belokin kiri-kanan, pelan banget sih...tapi naik juga akhirnya..
sempet malu gitu sama orang sekitar karena jalanan macet karena kita, trus sampe ada yang videoin...hahaha
mungkin kelakuan sales honda yang girang rivalnya ga kuat, soalnya doi terlihat turun dari freed :mky_03: :mky_03:
ini sebenernya karena gear ratio yang terlalu halus di mobil matic sekarang. jadi masalah di starting awal.
ane pernah test drive biante, awal2 dia keluar, gak kuat di tanjakan besi yang agak tinggi tanpa ancang2. katrok dah.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 602
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 03 May 2019, 09:42

adityabp wrote:
03 May 2019, 09:31
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:10
adityabp wrote:
02 May 2019, 10:20

Reason loe gak menjawab pertanyaan gue.
Malah asal main paketin aja antara sasis+penggerak dgn kemampuan nanjak. Sotoy itu namanya.
Mikir aje loe males, kok malah nyuruh orang baca komen loe.
akibat jari lebih cepat daripada otak :mky_04: :mky_04:
Dan akhirnya diskusi bergeser jadi FWD vs RWD vs 4WD.
:mky_07:
everybody are free to share here , bray..

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1937
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by PRBS » 03 May 2019, 09:43

gaspol wrote:
02 May 2019, 22:32
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:13
PRBS wrote:
02 May 2019, 10:36


btw ANSFnya bakal jd mobil satu2nya atau gimana?

Saya pribadi agak susah jelasin sih.. pengalaman saya dengan mobil FWD (stream, C26, all peugeo, etc) kaki2 harus dieman2, pemakaian tidak bisa sebrutal kalau saya pakai RWD (ladderframe pula) kayak blazer, GNKI (mobil kantor).. dan mobil RWD kayak ANKI ini bakal terasa ketika dibutuhkan.. (ANKI salah satu mobil idaman saya sampai skarang, simply karena mobil ini simpel yet tetap nyaman)

ANSF tidak ada masalah sih.. fitur yg sekarang oke, power juga oke sekali.. cuma kalau jadi mobil perang (satu2nya) gantikan ANKI.. mmmmm well...
engga kok om.. ada mobil lain, tapi bakal jadi satu-satunya mobil dirumah yang 3 row.. yang lain 2 row :mky_01:
tapi bener juga sih ya pendapatnya, anki di keep biar jadi mobil perang aja.. jangan sampe ansf yang jadi mobil perang :emo-flowerforyou:
Lho ANSF saya dirumah buat mobil perang harian, termasuk buat wara wiri luar kota kalo lagi ada keperluan :e-whistle:

Kalo lagi ditempat dinas (papua) mobil perang saya gnki bensin mt :drinking:
bukan berarti ga bisa, tapi kalau saya sih lebih “tega” mobil macam ANKI yg dijadikan mobil perang daripada ANSF.. Balik lagi bahasa saya, mobil macam ANKI itu baru terasa ketika dibutuhkan.. yaa ini based on xperience saya owning FWD & RWD. Keduanya ada plus minusnya

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 602
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 03 May 2019, 09:48

gaspol wrote:
02 May 2019, 22:32
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:13
PRBS wrote:
02 May 2019, 10:36


btw ANSFnya bakal jd mobil satu2nya atau gimana?

Saya pribadi agak susah jelasin sih.. pengalaman saya dengan mobil FWD (stream, C26, all peugeo, etc) kaki2 harus dieman2, pemakaian tidak bisa sebrutal kalau saya pakai RWD (ladderframe pula) kayak blazer, GNKI (mobil kantor).. dan mobil RWD kayak ANKI ini bakal terasa ketika dibutuhkan.. (ANKI salah satu mobil idaman saya sampai skarang, simply karena mobil ini simpel yet tetap nyaman)

ANSF tidak ada masalah sih.. fitur yg sekarang oke, power juga oke sekali.. cuma kalau jadi mobil perang (satu2nya) gantikan ANKI.. mmmmm well...
engga kok om.. ada mobil lain, tapi bakal jadi satu-satunya mobil dirumah yang 3 row.. yang lain 2 row :mky_01:
tapi bener juga sih ya pendapatnya, anki di keep biar jadi mobil perang aja.. jangan sampe ansf yang jadi mobil perang :emo-flowerforyou:
Lho ANSF saya dirumah buat mobil perang harian, termasuk buat wara wiri luar kota kalo lagi ada keperluan :e-whistle:

Kalo lagi ditempat dinas (papua) mobil perang saya gnki bensin mt :drinking:
gimana om rasanya ansf jadi mobil perang? ada sesuatu yang jadi concern kah?

964
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: 24 Feb 2018, 16:31

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by 964 » 03 May 2019, 09:59

PRBS wrote:
gaspol wrote:
02 May 2019, 22:32
krniawnhdr wrote:
02 May 2019, 13:13
engga kok om.. ada mobil lain, tapi bakal jadi satu-satunya mobil dirumah yang 3 row.. yang lain 2 row :mky_01:
tapi bener juga sih ya pendapatnya, anki di keep biar jadi mobil perang aja.. jangan sampe ansf yang jadi mobil perang :emo-flowerforyou:
Lho ANSF saya dirumah buat mobil perang harian, termasuk buat wara wiri luar kota kalo lagi ada keperluan :e-whistle:

Kalo lagi ditempat dinas (papua) mobil perang saya gnki bensin mt :drinking:
bukan berarti ga bisa, tapi kalau saya sih lebih “tega” mobil macam ANKI yg dijadikan mobil perang daripada ANSF.. Balik lagi bahasa saya, mobil macam ANKI itu baru terasa ketika dibutuhkan.. yaa ini based on xperience saya owning FWD & RWD. Keduanya ada plus minusnya
Mobil fwd kudu lebih pake perasaan pas ngehajar lubang dibanding mobil rwd, karena di fwd semua mekanikal kebnyakan numpuk di depan. Kalo jalannya ngerayap pas ngehajar lubang, saya rasa sih oke2 aja fwd (mobil apapun) dipake harian.

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1937
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by PRBS » 03 May 2019, 12:20

964 wrote:
03 May 2019, 09:59
PRBS wrote:
gaspol wrote:
02 May 2019, 22:32


Lho ANSF saya dirumah buat mobil perang harian, termasuk buat wara wiri luar kota kalo lagi ada keperluan :e-whistle:

Kalo lagi ditempat dinas (papua) mobil perang saya gnki bensin mt :drinking:
bukan berarti ga bisa, tapi kalau saya sih lebih “tega” mobil macam ANKI yg dijadikan mobil perang daripada ANSF.. Balik lagi bahasa saya, mobil macam ANKI itu baru terasa ketika dibutuhkan.. yaa ini based on xperience saya owning FWD & RWD. Keduanya ada plus minusnya
Mobil fwd kudu lebih pake perasaan pas ngehajar lubang dibanding mobil rwd, karena di fwd semua mekanikal kebnyakan numpuk di depan. Kalo jalannya ngerayap pas ngehajar lubang, saya rasa sih oke2 aja fwd (mobil apapun) dipake harian.
Nah ini yg saya bold, thts my whole point. kaki2 termasuk mainconcern saya untuk perawatan berkala.. dan FWD harus pake perasaan kalau mau ngehajar lubang, beda dengan RWD (apalagi sasis truk).. hehe.. pede2 aja.. dan untuk masalah performa mesin like nanjak2 maaah, FWD or RWD sami mawon.. as long skill driver dan kondisi masih normal2 aja (ga naik gunung macam trek offroad) saya yakin keduanya sanggup.

Post Reply