ini zaman old..zaman dimana kehadiran pak Pos selalu dirindukan dan disambut gembira.marmut wrote:private0809 wrote: Fri Jan 04, 2019 10:32Sainz dan celica ....legendginting wrote: Fri Jan 04, 2019 10:09 Saya eranya : Carlos Sainz, Juha Kankunnenn, Ross Dunkerton, Jutta Klinssmidt, Stephan Peterhansel,![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
ngomong juha dan celica legend, saya masih nyimpen kenang-kenangan dari TTE :
taun 94 silam, nyari alamat mereka nggak kaya sekarang tinggal takon mbah gugel. musti nunggu kebaikan redaksi tabloid otomotif dulu dan berharap mereka nggak salah ketik.
Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Sep 08, 2018 5:28
- Location: solo
- Daily Vehicle: toyota avanza
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Ijin nimbrung ommers..
Kmrnn tgl 28 sy msk dr colomadu sktr jm 830. Exit bintaro jm 19. Tol cikampek jkt titik karawang sdkt macet. Berkendara avg speed 90-100 kpj saja. Brhnti bbrp menit di RA KM 390,338,165 dan 42 utk makan siang (telat) sktr jm 16. Sy malas buka2 kap krn berhnti sbntr2 saja.
Utk pemandangan dr sktr KM 489 ke arah sala3, bgs ketika cuaca cerah, gn merapi merbabu terlihat jelas didepan kejauhan.
Nth nti berapa jam arah balik dr jkt k jawa jika lwt toll full lg.
Kl utk arah sby sy blm pnh coba.
Btw, utk aplot foto hrs ngelink dr situs lain ya? Ga bs lgsg dr gallery kita ya omms..
Kmrnn tgl 28 sy msk dr colomadu sktr jm 830. Exit bintaro jm 19. Tol cikampek jkt titik karawang sdkt macet. Berkendara avg speed 90-100 kpj saja. Brhnti bbrp menit di RA KM 390,338,165 dan 42 utk makan siang (telat) sktr jm 16. Sy malas buka2 kap krn berhnti sbntr2 saja.
Utk pemandangan dr sktr KM 489 ke arah sala3, bgs ketika cuaca cerah, gn merapi merbabu terlihat jelas didepan kejauhan.
Nth nti berapa jam arah balik dr jkt k jawa jika lwt toll full lg.
Kl utk arah sby sy blm pnh coba.
Btw, utk aplot foto hrs ngelink dr situs lain ya? Ga bs lgsg dr gallery kita ya omms..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
isoito wrote: Sat Jan 05, 2019 10:55
-
Btw, utk aplot foto hrs ngelink dr situs lain ya? Ga bs lgsg dr gallery kita ya omms..
bisa dari gallery di hp.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Sharing
Tanggal 1 Jan 2019 balik ke Jakarta dari Solo lewat gate Colomadu jam 6 pagi lewat dikit.
3 kali singgah di WC, 1 kali isi bensin setengah tangki Innova 2009 AT
Di Cikampek lancar 80-100 kpj.
Mendekati Cikarang Utama ada kecelakaan di depan, sempat tersendat sekitar 5-10 menit, sisanya lancar, 100-120 kpj bisa kayaknya.
Keluar di Pondok Aren, parkir depan rumah udah hampir jam 1 siang.
Berangkat ke Solo 24 Des 2018 kondisi ban baru semua, habis ganti oli2 dll
Jarak tempuhnya seperti gambar, mesin gak pernah dimatiin kecuali pas isi bensin
Tanggal 1 Jan 2019 balik ke Jakarta dari Solo lewat gate Colomadu jam 6 pagi lewat dikit.
3 kali singgah di WC, 1 kali isi bensin setengah tangki Innova 2009 AT
Di Cikampek lancar 80-100 kpj.
Mendekati Cikarang Utama ada kecelakaan di depan, sempat tersendat sekitar 5-10 menit, sisanya lancar, 100-120 kpj bisa kayaknya.
Keluar di Pondok Aren, parkir depan rumah udah hampir jam 1 siang.
Berangkat ke Solo 24 Des 2018 kondisi ban baru semua, habis ganti oli2 dll
Jarak tempuhnya seperti gambar, mesin gak pernah dimatiin kecuali pas isi bensin
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Om, kalo abis jalan jauh trs mesin dimatiin trs buka kap mesin ada potensi thermal fatigue gak Om? Nubi ga pernah buka kap mesin, cuma kalo udh sampe tujuan, mesin dibiarin idle 2-3 menit abis itu baru di matiin. Takut thermal fatigue kalo dibuka. Soalnya perspektif awam nubi, logam kalo abis kena panas trs lgsg kena dingin, bisa berubah karakter materialnya. CMIIWF 272 wrote: Thu Jan 03, 2019 1:18Saya coba bantu penampakan nya......... ini baru 5 mobil lho.......Gimana kalo puluhan, ratusan atau ribuan mobil spt ini semua..?ginting wrote: Wed Jan 02, 2019 6:12secara teory, saat buka kap mesin maka panas ruang mesin akan cepat hilang, itu bagus untuk pendinginan ruang mesin.ders wrote: Wed Jan 02, 2019 5:58 selamat siang TS dan para suhu SMers.. nubi numpang kepo
saat kendaraan konstan jalan minimal 3 jam .. saat istirahat.. apakah perlu buka kap mesin utk tujuan percepatan pendinginan suhu mesin dan lainnya ?
soalnya banyak liat yg parkir di rest area suka buka kap mesin.. pdhl mobilnya masih baru (umur 1-5 tahun)
tapi kadang kita aja malas, apalagi tangan jadi jorok buka clip kap mesin, pasang cagak, dll
dan harus ditunggui krn rawan juga kita buka kap mesin lalu ditinggal pergi
btw, saat kita nyetir maka itu suhu mesin panas, bikin kabel, karet deteriorated karena panas...tp tertolong krn aliran udara dari depan.
saat mesin stop, suhu masih relative sama, tapi angin udah berhenti...
kalo oom mau buka kap mesin, itu akan faktor positive supaya awet komponen di ruang mesin.
![]()
![]()
Foto : Tim Surveyor 2nd Anniversary SMRT 2018 sedang becanda buka kap mesin stelah melalui rute tanjakan2 curam sepanjang Batang - Dieng
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Sharing, hari sabtu (5/1) kemarin rute pp semarang-surabaya full trans jawa naik crv k24. Waktu berangkat siang pacu 130-140 terus, berhenti di rest area 2 kali sampe di surabaya 3,5 jam kurang dikit. Malem nya pulang semarang tapi nyantai 4 jam persis (avg speed 80-100) berhenti rest area sekali isi bengsin.
Yg saya suka dr trans jawa rute timur, kualitas jalan nya lebih bagus terutama di betonan nya, pemandangan sawah2an lebih sedep, medan jalan agak nanjak/turun dan belok2 dikit jadi ndak ngantuk, lanehogger ada tapi lebih dikit daripada trans jawa arah barat.
Pengalaman malem kemarin, karena udah banyak pintu exit dibuka, rest area banyak dan deket2an jadi kebantu sama lampu penerangan di sekitar 2 tempat itu.
Jelek nya kemarin di beberapa spot deketan ada perbaikan jalan, apalagi di km 652 ada perbaikan jalan pake crane sampe nutupin 2 lane, jadi saya harus ngelewatin bahu jalan.
Conclusion, terima kasih banyak pakdhe jokowi!!
Yg saya suka dr trans jawa rute timur, kualitas jalan nya lebih bagus terutama di betonan nya, pemandangan sawah2an lebih sedep, medan jalan agak nanjak/turun dan belok2 dikit jadi ndak ngantuk, lanehogger ada tapi lebih dikit daripada trans jawa arah barat.
Pengalaman malem kemarin, karena udah banyak pintu exit dibuka, rest area banyak dan deket2an jadi kebantu sama lampu penerangan di sekitar 2 tempat itu.
Jelek nya kemarin di beberapa spot deketan ada perbaikan jalan, apalagi di km 652 ada perbaikan jalan pake crane sampe nutupin 2 lane, jadi saya harus ngelewatin bahu jalan.
Conclusion, terima kasih banyak pakdhe jokowi!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
FR6 wrote: Sun Jan 06, 2019 2:55
Om, kalo abis jalan jauh trs mesin dimatiin trs buka kap mesin ada potensi thermal fatigue gak Om? Nubi ga pernah buka kap mesin, cuma kalo udh sampe tujuan, mesin dibiarin idle 2-3 menit abis itu baru di matiin. Takut thermal fatigue kalo dibuka. Soalnya perspektif awam nubi, logam kalo abis kena panas trs lgsg kena dingin, bisa berubah karakter materialnya. CMIIW
ga masalah, asal jangan diguyur air kaya lagi nyiram kebon raya bogor.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
- Location: Makassar
- Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Itu namanya sistem terbuka dan sistem tertutup.saridin wrote:baru tahu kalo ide bayar toll pake emoney ini ternyata efektif mengurangi kemacetan di gerbang toll. toll semarang-solo cuma ketemu dua pintu toll, yakni pas masuk dan keluar. seandainya masing2 ruas toll bikin gerbang sendiri2, musti antri (dan macet) berapa kali?
Jagorawi di jaman dulu, yg masih harus ambil kartu, atau tapping 2x, saat masuk dan saat keluar itu pakai sistem tertutup, harga nnti akan bervariasi tergantung drmana dia masuk.
Gerbang tol jadi sangat banyak, karena setiap pintu masuk tol, pasti dibuatkan gerbang tol untuk tap in atau ambil kartu ditambah gerbang keluar untuk tap out di setiap pintu keluar tol.
Kemudian sejak tahun 2018 kemarin sistem jagorawi diubah menjadi sistem terbuka, diaman hanya ada satu gerbang tol, yakni saat keluar saja, yakni di setiap titik pintu keluar tol.
Kekurangan sistem terbuka ini adalah masalah fairness dlm sisi harga. Karena jauh dekat hargamya sama. Mayoritas jalan lingkar/dalam kota di jabodetabek sudah menggunakan sistem terbuka terutama di tahun 20018, ada 2 sampai 3 ruas yg berubah dr tertutup ke terbuka, untuk mengurai kemacetan dan juga karena memang gap jarak antar pintu tol tidak terlalu jauh, sehingga konsumen jarak dekat tidak terlalu terbebani dg penetapan harga yg seragam.
Sedangkan mayoritas jalan tol lintas kota/provinsi seperti tol semarang solo, masih menggunakan tertutup, karena pertama diasumsikan volume penggunanya tidak seramai tol dalam kota kedua karena rentang jarak antar pintu tol sangat beragam, sehingga jika digunakan sistem terbuka dg satu harga, tentu akan sangat memberatkan pengguna tol jarak dekat, sehingga harga benar2 harus sesuai dg jarak yg ditempuh.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Fri May 05, 2017 22:53
- Location: Tulungagung
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Saya juga jalan tanggal 24 Desember kmarin di Rute Semarang-exit Nganjuk 2 Jam saja.erwinign wrote: Sun Jan 06, 2019 3:24 Sharing, hari sabtu (5/1) kemarin rute pp semarang-surabaya full trans jawa naik crv k24. Waktu berangkat siang pacu 130-140 terus, berhenti di rest area 2 kali sampe di surabaya 3,5 jam kurang dikit. Malem nya pulang semarang tapi nyantai 4 jam persis (avg speed 80-100) berhenti rest area sekali isi bengsin.
Yg saya suka dr trans jawa rute timur, kualitas jalan nya lebih bagus terutama di betonan nya, pemandangan sawah2an lebih sedep, medan jalan agak nanjak/turun dan belok2 dikit jadi ndak ngantuk, lanehogger ada tapi lebih dikit daripada trans jawa arah barat.
Pengalaman malem kemarin, karena udah banyak pintu exit dibuka, rest area banyak dan deket2an jadi kebantu sama lampu penerangan di sekitar 2 tempat itu.
Jelek nya kemarin di beberapa spot deketan ada perbaikan jalan, apalagi di km 652 ada perbaikan jalan pake crane sampe nutupin 2 lane, jadi saya harus ngelewatin bahu jalan.
Conclusion, terima kasih banyak pakdhe jokowi!!
Avg speed sekitaran 110-130.
Jalan di siang hari dg pertimbangan ada bebrapa tol yg fusngsional yg dikhawatirkan kurang penerangan jalannya.
Utk rute Semarang - Solo mnurut saya yg paling asik, naik turun sayang kmarin pas lwat lagi hujan.
Di tanjakan utk kendaraan2 berat disediakan jalur sendiri paling (nanjak ada 3 lajur plus 1 bahu jalan) Dan kbanyakan pengendaranya sudah patuh di jalan tsb yg memudah kan overtaking. Yg bikin kesal kendaraan lcgc pake lajur kanan pelan2 malah ada yg nyalakan hazard.
Utk rute Solo-Nganjuk didominasi jalanan datar dg penandangan kanan Kiri sawah yg bikin bosan, cocok utk Eco driving
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Jun 11, 2017 3:07
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kemarin (5jan19) saya perjalanan pertama kali tol trans jawa, sebelumnya hanya tol sampe tegal ....... Dan semarang (krapyak) - Cirebon (km 210) 17.00-19.30...
Cirebon - Bandung 20.30-23.30
Jalan relatif lancar, jalan relatih bagus, sedikit bergelombang di pekalongan - pemalang, yg parah justru di Cipali km 140an gitu....jalan cor nya gak rata, mirip jalan Pantura dari pemalang ke pekalongan.....
.harus segera ganti mobil baru nih....biar kuat geber terus sampe surabaya
Cirebon - Bandung 20.30-23.30
Jalan relatif lancar, jalan relatih bagus, sedikit bergelombang di pekalongan - pemalang, yg parah justru di Cipali km 140an gitu....jalan cor nya gak rata, mirip jalan Pantura dari pemalang ke pekalongan.....
.harus segera ganti mobil baru nih....biar kuat geber terus sampe surabaya
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Jun 11, 2017 3:07
Re: Dirut Jasa Marga: Tarif Tol Jakarta-Surabaya Sekitar Rp 600.000
Saya 1 th belakangan ini rutin bandung-semarang pp via pantura /tol
Dari semenjak tol baru nyampe brebes, sampe sekarang sudah buka sampe pemalang.
Jalan siang, jalan malam sudah dicoba juga.
Kalau malam, bis bis itu memang full speed diatas 100km/h.
Tapi kalau siang rasanya agak jarang.
Dan waktu tempuh memang relatif lebih cepat via toll.
Saat ini, mungkin krn masih agak kosong-kosong, entah tahun mendatang bila toll sudah penuh spt bandung-jakarta. Yaa waktu tempuh balik lagi kayak jalan lewat pantura [emoji3] [emoji3]
Dari semenjak tol baru nyampe brebes, sampe sekarang sudah buka sampe pemalang.
Jalan siang, jalan malam sudah dicoba juga.
Kalau malam, bis bis itu memang full speed diatas 100km/h.
Tapi kalau siang rasanya agak jarang.
Dan waktu tempuh memang relatif lebih cepat via toll.
Saat ini, mungkin krn masih agak kosong-kosong, entah tahun mendatang bila toll sudah penuh spt bandung-jakarta. Yaa waktu tempuh balik lagi kayak jalan lewat pantura [emoji3] [emoji3]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Setahu saya sih oom, cmiiw, thermal fatigue itu adalah kalau sudden drop in termperature..FR6 wrote:Om, kalo abis jalan jauh trs mesin dimatiin trs buka kap mesin ada potensi thermal fatigue gak Om? Nubi ga pernah buka kap mesin, cuma kalo udh sampe tujuan, mesin dibiarin idle 2-3 menit abis itu baru di matiin. Takut thermal fatigue kalo dibuka. Soalnya perspektif awam nubi, logam kalo abis kena panas trs lgsg kena dingin, bisa berubah karakter materialnya. CMIIWF 272 wrote: Thu Jan 03, 2019 1:18Saya coba bantu penampakan nya......... ini baru 5 mobil lho.......Gimana kalo puluhan, ratusan atau ribuan mobil spt ini semua..?ginting wrote: Wed Jan 02, 2019 6:12 secara teory, saat buka kap mesin maka panas ruang mesin akan cepat hilang, itu bagus untuk pendinginan ruang mesin.
tapi kadang kita aja malas, apalagi tangan jadi jorok buka clip kap mesin, pasang cagak, dll
dan harus ditunggui krn rawan juga kita buka kap mesin lalu ditinggal pergi
btw, saat kita nyetir maka itu suhu mesin panas, bikin kabel, karet deteriorated karena panas...tp tertolong krn aliran udara dari depan.
saat mesin stop, suhu masih relative sama, tapi angin udah berhenti...
kalo oom mau buka kap mesin, itu akan faktor positive supaya awet komponen di ruang mesin.
![]()
![]()
Foto : Tim Surveyor 2nd Anniversary SMRT 2018 sedang becanda buka kap mesin stelah melalui rute tanjakan2 curam sepanjang Batang - Dieng
memang sih kalau metal urah panas cenderung melar..kalaupun dimatikan tanpa buka kap, pastinya entar dingin juga, tapi butuh waktu lama ngademinya...
saya concernya terhadap benda benda yg terpapar panas..tp cooling udah gsk ada...angin sdh stop mengalir..oli sdh stop bersirkulasi...tp ruang mesin masih panas..
tapi tanpa buka kap mesin juga aman aman saja kok..
di buku manual juga gak ada disebut musti buka kap.
jd ini lebih kepada habit aja menurut saya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Sisi lain sistem tertutup kalau diaudit akan kelihatan kecepatan rata2 pengguna tol (karena timbul data tap in dan tap out, dihitung jarak thdp durasi waktu diakumulasi dan dibagi ke tata2 pengguna jalan lain) apabila kec rata2 dibawah 40km/jam utk dalkot dan 60km/jam untuk lukot maka penyelenggara jalan tol / BUJT terindikasi tidak memenuhi standar pelayanan minimal (SPM). Salah satu konsekuensi tidak memenuhi SPM, usulan kenaikan rutin tarif tol 2thn sekali dapat ditolak pemerintah.Ngasepngaspal wrote: Sun Jan 06, 2019 4:02Itu namanya sistem terbuka dan sistem tertutup.saridin wrote:baru tahu kalo ide bayar toll pake emoney ini ternyata efektif mengurangi kemacetan di gerbang toll. toll semarang-solo cuma ketemu dua pintu toll, yakni pas masuk dan keluar. seandainya masing2 ruas toll bikin gerbang sendiri2, musti antri (dan macet) berapa kali?
Jagorawi di jaman dulu, yg masih harus ambil kartu, atau tapping 2x, saat masuk dan saat keluar itu pakai sistem tertutup, harga nnti akan bervariasi tergantung drmana dia masuk.
Gerbang tol jadi sangat banyak, karena setiap pintu masuk tol, pasti dibuatkan gerbang tol untuk tap in atau ambil kartu ditambah gerbang keluar untuk tap out di setiap pintu keluar tol.
Kemudian sejak tahun 2018 kemarin sistem jagorawi diubah menjadi sistem terbuka, diaman hanya ada satu gerbang tol, yakni saat keluar saja, yakni di setiap titik pintu keluar tol.
Kekurangan sistem terbuka ini adalah masalah fairness dlm sisi harga. Karena jauh dekat hargamya sama. Mayoritas jalan lingkar/dalam kota di jabodetabek sudah menggunakan sistem terbuka terutama di tahun 20018, ada 2 sampai 3 ruas yg berubah dr tertutup ke terbuka, untuk mengurai kemacetan dan juga karena memang gap jarak antar pintu tol tidak terlalu jauh, sehingga konsumen jarak dekat tidak terlalu terbebani dg penetapan harga yg seragam.
Sedangkan mayoritas jalan tol lintas kota/provinsi seperti tol semarang solo, masih menggunakan tertutup, karena pertama diasumsikan volume penggunanya tidak seramai tol dalam kota kedua karena rentang jarak antar pintu tol sangat beragam, sehingga jika digunakan sistem terbuka dg satu harga, tentu akan sangat memberatkan pengguna tol jarak dekat, sehingga harga benar2 harus sesuai dg jarak yg ditempuh.
Sistem terbuka bisa dibuat lebih fair dengan mekanisme tarif progresif cth tol jagorawi ruas jkt bogor, start dianggap dihitung dari cawang, maka yg exit di TMII cukup bayar Rp 2000, sedangkan exit sentul selatan Rp. 6500 dan bogor Rp 8000, masuk dr arah manapun dianggap masuk dr cawang (titik start) sedangkan aah bogor jakarta titik start bisa mulai di bogor. Klo kayak gini bisa sama2 1 tap tp lebih adil. IMHO
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Mau contoh thermal fatique?FR6 wrote:Om, kalo abis jalan jauh trs mesin dimatiin trs buka kap mesin ada potensi thermal fatigue gak Om? Nubi ga pernah buka kap mesin, cuma kalo udh sampe tujuan, mesin dibiarin idle 2-3 menit abis itu baru di matiin. Takut thermal fatigue kalo dibuka. Soalnya perspektif awam nubi, logam kalo abis kena panas trs lgsg kena dingin, bisa berubah karakter materialnya. CMIIWF 272 wrote: Thu Jan 03, 2019 1:18Saya coba bantu penampakan nya......... ini baru 5 mobil lho.......Gimana kalo puluhan, ratusan atau ribuan mobil spt ini semua..?ginting wrote: Wed Jan 02, 2019 6:12 secara teory, saat buka kap mesin maka panas ruang mesin akan cepat hilang, itu bagus untuk pendinginan ruang mesin.
tapi kadang kita aja malas, apalagi tangan jadi jorok buka clip kap mesin, pasang cagak, dll
dan harus ditunggui krn rawan juga kita buka kap mesin lalu ditinggal pergi
btw, saat kita nyetir maka itu suhu mesin panas, bikin kabel, karet deteriorated karena panas...tp tertolong krn aliran udara dari depan.
saat mesin stop, suhu masih relative sama, tapi angin udah berhenti...
kalo oom mau buka kap mesin, itu akan faktor positive supaya awet komponen di ruang mesin.
![]()
![]()
Foto : Tim Surveyor 2nd Anniversary SMRT 2018 sedang becanda buka kap mesin stelah melalui rute tanjakan2 curam sepanjang Batang - Dieng
Pas matiin mesin, guyur mesin pake air es dan buka radiator sampe nyembur air dan uap2xnya. Nah, abis itu radiator isiin es batu sama air dingin sedingin2xnya...
Start lagi dan terus lakukan sampe ada yg retak halus... nah itu deh thermal fatique.
Mobil biasa jgn disamakan kayak kita lari terus kepanasan/kehausan... agak beda. Kecuali mobil turbo/supercharged, atau mobil yg gak sehat, atau mobil yg suhu water tempnya di atas 100 derajat lama dan suhu oli yg sudah 120 derajat atau lebih, idling cukup pas ke parkiran aja dan gak perlu buka kap mesin.
Kalo yg turbo/super atau mobil yg water temp dan suhu oli tinggi kudu cooldown dulu sblm parkir diem.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Jan 14, 2014 0:26
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
lapor, kmrn tanggal 3 januari 2019, pukul 20.00 naik ipah dono diesel at 2014, dari semarang-jakarta,exit depan Central park subuh dini hari jam set 5 pagi. cikampek nya macet 4 jam, banyak sekali truk, 2/3 jalan isinya truk semua. mgkn imbas truk ga jalan karena liburan dan lgsg kejar setoran.
jkt-cikampek kena 4jam, sisanya jln pelan2 sepanjang tol yg lagi bikin rel ligh train/ monorail.
sangat amazed sekali dengan konsumsinya ipah dono, smrg isi full tank, sampe jakarta sempet muter2 dulu 2 hari, baru nemu pom solbus baru isi lagi. full tank in lagi kena 200rb di odo 510km. gila ni mobil, semarang-jakarta 200rb masih kembali...
jkt-cikampek kena 4jam, sisanya jln pelan2 sepanjang tol yg lagi bikin rel ligh train/ monorail.
sangat amazed sekali dengan konsumsinya ipah dono, smrg isi full tank, sampe jakarta sempet muter2 dulu 2 hari, baru nemu pom solbus baru isi lagi. full tank in lagi kena 200rb di odo 510km. gila ni mobil, semarang-jakarta 200rb masih kembali...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
yg harus diperhatikan kondisi ban juga om. kemarin sepanjang perjalanan dari solo - bekasi. setidaknya ada 3 bisajadi 4/5x ketemu mobil yg ganti ban di bahu jalan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Minggu lalu trip Yogya-Sby via tol Boyolali-Sby.
Total waktu : 5 jam. Yogya-pintu tol Boyolali padat dengan waktu tempuh 2 jam. Tol Boyolali-Surabaya 3 jam.
Kendaraan : Sienta tipe Q
Speed : konstan di 100-110km/h on speedo, kalau hujan dan jalan basah turun ke 80-90km/h. Di atas 110km/h sudah terasa ban mulai gak napak ke aspal....serem.
Note :
- Boyolali-Warugunung Surabaya kena 220.000
- FC di tol 1:17 on MID
- angin di tol cenderung kencang dan arahnya berubah2
- lebih baik lepas gas, kurangi kecepatan menjelang jembatan atau saat ngeliat mobil depan berguncang
- rawan aquaplanning saat hujan. Sempat ngalamin, untung lari nggak terlalu kencang.
- dengan speed segitu, saya sukses jadi 10% mobil terpelan di sepanjang jalan tol. Yang biasanya saya salip : truk, mobil2 pick up bensin cc kecil, mobil2 yang mau melipir ke RA. Sedangkan yang biasanya nyalip saya mobil2 macam : anki, anps, anf (3 jenis mobil ini nggak ada yang pelan), avanza (1st-last model), w211 (kenceng banget), camry xv50 (ini yang paling kencang dari mobil2 lain yg nyalip saya, perkiraan >160km/h) agya, ayla, rush, terios, ertiga, brio (entah kenapa yg ini cenderung resek dan sok resing, no offense), panther pick-up, calsig, bis pariwisata.....
- kalo kondisi sepi, lebih banyak pembalap. lane hogger ditemui saat kondisi tol mulai padat
- cenderung bosan karena view monoton dan hampir tidak ada g-force sama sekali ke badan....ya iyalah, larinya lurus dan konstan terus gak main gas rem gas rem
- view RA di Wilangan cukup asyik, suasana hutan
- setelah disalip camry super kencang itu, di RA bbrp puluh km kemudian, pengemudinya antri bareng saya di toilet. Ngebut2 juga ke toiletnya barengan
Total waktu : 5 jam. Yogya-pintu tol Boyolali padat dengan waktu tempuh 2 jam. Tol Boyolali-Surabaya 3 jam.
Kendaraan : Sienta tipe Q
Speed : konstan di 100-110km/h on speedo, kalau hujan dan jalan basah turun ke 80-90km/h. Di atas 110km/h sudah terasa ban mulai gak napak ke aspal....serem.
Note :
- Boyolali-Warugunung Surabaya kena 220.000
- FC di tol 1:17 on MID
- angin di tol cenderung kencang dan arahnya berubah2
- lebih baik lepas gas, kurangi kecepatan menjelang jembatan atau saat ngeliat mobil depan berguncang
- rawan aquaplanning saat hujan. Sempat ngalamin, untung lari nggak terlalu kencang.
- dengan speed segitu, saya sukses jadi 10% mobil terpelan di sepanjang jalan tol. Yang biasanya saya salip : truk, mobil2 pick up bensin cc kecil, mobil2 yang mau melipir ke RA. Sedangkan yang biasanya nyalip saya mobil2 macam : anki, anps, anf (3 jenis mobil ini nggak ada yang pelan), avanza (1st-last model), w211 (kenceng banget), camry xv50 (ini yang paling kencang dari mobil2 lain yg nyalip saya, perkiraan >160km/h) agya, ayla, rush, terios, ertiga, brio (entah kenapa yg ini cenderung resek dan sok resing, no offense), panther pick-up, calsig, bis pariwisata.....

- kalo kondisi sepi, lebih banyak pembalap. lane hogger ditemui saat kondisi tol mulai padat
- cenderung bosan karena view monoton dan hampir tidak ada g-force sama sekali ke badan....ya iyalah, larinya lurus dan konstan terus gak main gas rem gas rem
- view RA di Wilangan cukup asyik, suasana hutan
- setelah disalip camry super kencang itu, di RA bbrp puluh km kemudian, pengemudinya antri bareng saya di toilet. Ngebut2 juga ke toiletnya barengan

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Akhirnya kesampean juga keliling Jawa Tengah. Berikut laporan dari saya:
Toll dari Jakarta sampai Semarang ok bingits, pas pulang dari Semarang ke KM40 cuman 3,5 jam, tapi dari KM40 ke Jakarta malah 2 jam, karena macet parah di toll Cikampek mulai dari Kerawang sampai Jakarta. Kondisi toll super duper mulus dari Semarang-Pemalang/Tegal, walaupun hujan tapi genangan air di jalan toll hampir tidak ada. Beda dengan toll dari Semarang - Solo, genangan air di bagian tengah (jalur mendahului) lumayan banyak jadi kudu lebih waspada lagi. Selepas Tegal/Cirebon, banyak tambalan di lajur kiri (jalur 1), jadi lebih aman jalan ambil jalur 2 (jalur mendahului).
Ke Wonosobo exit Purwokerto juga lumayan bagus jalanannya, banyak yang sudah dibeton dan baru. Dari Wonosobo ke Dieng juga ok, pas pulang ambil Dieng ke Semarang lewat Weleri tapi dari Dieng lgsg ke Muntung, lewat jalan kebon teh Tambi yang pemandangannya luar biasa. Jalannya halus (aspal) namun sempit, jadi yang bawa mobil lebar/besar kudu ngalah dan pintar bawa mobilnya supaya tidak perlu bermanuever terlalu ekstrim. Kadang ketemu truk Mitsu Colt 1-2 tapi saya selalu ambil posisi yang sama-sama enak supaya lancar jangan sampai terjepit, lebih sering papasan dengan T120ss atau pick-up kecil buat bawa panenan hasil bumi dan motor.
Terima kasih atas saran dari rekan-rekan SM di sini, belum pernah saya ke Wonosobo/Dieng nyetir sendiri... benar-benar menikmati sekali perjalanannya, walaupun memang dapetnya cuaca hampir selalu hujan. Mudah-mudahan bisa ke sana lagi naik mobil sedan...hihihihi
Toll dari Jakarta sampai Semarang ok bingits, pas pulang dari Semarang ke KM40 cuman 3,5 jam, tapi dari KM40 ke Jakarta malah 2 jam, karena macet parah di toll Cikampek mulai dari Kerawang sampai Jakarta. Kondisi toll super duper mulus dari Semarang-Pemalang/Tegal, walaupun hujan tapi genangan air di jalan toll hampir tidak ada. Beda dengan toll dari Semarang - Solo, genangan air di bagian tengah (jalur mendahului) lumayan banyak jadi kudu lebih waspada lagi. Selepas Tegal/Cirebon, banyak tambalan di lajur kiri (jalur 1), jadi lebih aman jalan ambil jalur 2 (jalur mendahului).
Ke Wonosobo exit Purwokerto juga lumayan bagus jalanannya, banyak yang sudah dibeton dan baru. Dari Wonosobo ke Dieng juga ok, pas pulang ambil Dieng ke Semarang lewat Weleri tapi dari Dieng lgsg ke Muntung, lewat jalan kebon teh Tambi yang pemandangannya luar biasa. Jalannya halus (aspal) namun sempit, jadi yang bawa mobil lebar/besar kudu ngalah dan pintar bawa mobilnya supaya tidak perlu bermanuever terlalu ekstrim. Kadang ketemu truk Mitsu Colt 1-2 tapi saya selalu ambil posisi yang sama-sama enak supaya lancar jangan sampai terjepit, lebih sering papasan dengan T120ss atau pick-up kecil buat bawa panenan hasil bumi dan motor.
Terima kasih atas saran dari rekan-rekan SM di sini, belum pernah saya ke Wonosobo/Dieng nyetir sendiri... benar-benar menikmati sekali perjalanannya, walaupun memang dapetnya cuaca hampir selalu hujan. Mudah-mudahan bisa ke sana lagi naik mobil sedan...hihihihi
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Selamat ya om @exflowly ....exflowly wrote: Sun Jan 27, 2019 10:25 Akhirnya kesampean juga keliling Jawa Tengah. Berikut laporan dari saya:
- cut -
Terima kasih atas saran dari rekan-rekan SM di sini, belum pernah saya ke Wonosobo/Dieng nyetir sendiri... benar-benar menikmati sekali perjalanannya, walaupun memang dapetnya cuaca hampir selalu hujan. Mudah-mudahan bisa ke sana lagi naik mobil sedan...hihihihi


Senang dengar nya om sudah berhasil keliling Jateng... mampir ke Dieng juga.. Mantab..
Kami juga SMRT adakan Ultah 2th di Dieng kmaren seru sekali.. 57 mobil jalan beriringan di rute itu...
Maaf kalo pertanyaan om kmaren engga sempat saya jawab, karena saya kmaren lg agak sibuk Road trip ke Flores, tapi saya pantau banyak temen2 disini yang sudah bantu jawab...
Ayoo Jelajahi terus Negerimu...!!!
Salam Road Trip mania...

BTT : Jalan Tol menjadikan perjalanan kita lebih cepat & Praktis, walaupun musti keluar duit buat bayar Tol hehehe..
Supir saya kmaren Bogor - Yogyakarta cepet banget sampe.. tol nya dia bilang : 375.000 x 2 (pp)


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
kalau mau lebih cepat ke Dieng, exit toll Batang ..lalu lewat Blado, Batur, Dieng..exflowly wrote:Akhirnya kesampean juga keliling Jawa Tengah. Berikut laporan dari saya:
Toll dari Jakarta sampai Semarang ok bingits, pas pulang dari Semarang ke KM40 cuman 3,5 jam, tapi dari KM40 ke Jakarta malah 2 jam, karena macet parah di toll Cikampek mulai dari Kerawang sampai Jakarta. Kondisi toll super duper mulus dari Semarang-Pemalang/Tegal, walaupun hujan tapi genangan air di jalan toll hampir tidak ada. Beda dengan toll dari Semarang - Solo, genangan air di bagian tengah (jalur mendahului) lumayan banyak jadi kudu lebih waspada lagi. Selepas Tegal/Cirebon, banyak tambalan di lajur kiri (jalur 1), jadi lebih aman jalan ambil jalur 2 (jalur mendahului).
Ke Wonosobo exit Purwokerto juga lumayan bagus jalanannya, banyak yang sudah dibeton dan baru. Dari Wonosobo ke Dieng juga ok, pas pulang ambil Dieng ke Semarang lewat Weleri tapi dari Dieng lgsg ke Muntung, lewat jalan kebon teh Tambi yang pemandangannya luar biasa. Jalannya halus (aspal) namun sempit, jadi yang bawa mobil lebar/besar kudu ngalah dan pintar bawa mobilnya supaya tidak perlu bermanuever terlalu ekstrim. Kadang ketemu truk Mitsu Colt 1-2 tapi saya selalu ambil posisi yang sama-sama enak supaya lancar jangan sampai terjepit, lebih sering papasan dengan T120ss atau pick-up kecil buat bawa panenan hasil bumi dan motor.
Terima kasih atas saran dari rekan-rekan SM di sini, belum pernah saya ke Wonosobo/Dieng nyetir sendiri... benar-benar menikmati sekali perjalanannya, walaupun memang dapetnya cuaca hampir selalu hujan. Mudah-mudahan bisa ke sana lagi naik mobil sedan...hihihihi
rute SMRT ultah ke 2 itu..
view ajib..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kmrn mikir mau lewat situ, tp sdh kemalaman - brkt dr Jakarta sdh siang, cuaca juga hujan sepanjang jalan. Kalau sampai ada hal yg tdk diinginkan malam2x di tengah hutan... terlalu beresiko.ginting wrote:kalau mau lebih cepat ke Dieng, exit toll Batang ..lalu lewat Blado, Batur, Dieng..exflowly wrote:Akhirnya kesampean juga keliling Jawa Tengah. Berikut laporan dari saya:
Toll dari Jakarta sampai Semarang ok bingits, pas pulang dari Semarang ke KM40 cuman 3,5 jam, tapi dari KM40 ke Jakarta malah 2 jam, karena macet parah di toll Cikampek mulai dari Kerawang sampai Jakarta. Kondisi toll super duper mulus dari Semarang-Pemalang/Tegal, walaupun hujan tapi genangan air di jalan toll hampir tidak ada. Beda dengan toll dari Semarang - Solo, genangan air di bagian tengah (jalur mendahului) lumayan banyak jadi kudu lebih waspada lagi. Selepas Tegal/Cirebon, banyak tambalan di lajur kiri (jalur 1), jadi lebih aman jalan ambil jalur 2 (jalur mendahului).
Ke Wonosobo exit Purwokerto juga lumayan bagus jalanannya, banyak yang sudah dibeton dan baru. Dari Wonosobo ke Dieng juga ok, pas pulang ambil Dieng ke Semarang lewat Weleri tapi dari Dieng lgsg ke Muntung, lewat jalan kebon teh Tambi yang pemandangannya luar biasa. Jalannya halus (aspal) namun sempit, jadi yang bawa mobil lebar/besar kudu ngalah dan pintar bawa mobilnya supaya tidak perlu bermanuever terlalu ekstrim. Kadang ketemu truk Mitsu Colt 1-2 tapi saya selalu ambil posisi yang sama-sama enak supaya lancar jangan sampai terjepit, lebih sering papasan dengan T120ss atau pick-up kecil buat bawa panenan hasil bumi dan motor.
Terima kasih atas saran dari rekan-rekan SM di sini, belum pernah saya ke Wonosobo/Dieng nyetir sendiri... benar-benar menikmati sekali perjalanannya, walaupun memang dapetnya cuaca hampir selalu hujan. Mudah-mudahan bisa ke sana lagi naik mobil sedan...hihihihi
rute SMRT ultah ke 2 itu..
view ajib..
Jadi saya pilih aman saja dan bermalam di Wonosobo. Pas dr Dieng hujan sempat berhenti jadi ambil jqlan Tambi, tp sampai Muntung sdh hujan deras kembali.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
https://youtu.be/5_b_kFLEK2gexflowly wrote:Kmrn mikir mau lewat situ, tp sdh kemalaman - brkt dr Jakarta sdh siang, cuaca juga hujan sepanjang jalan. Kalau sampai ada hal yg tdk diinginkan malam2x di tengah hutan... terlalu beresiko.ginting wrote:kalau mau lebih cepat ke Dieng, exit toll Batang ..lalu lewat Blado, Batur, Dieng..exflowly wrote:Akhirnya kesampean juga keliling Jawa Tengah. Berikut laporan dari saya:
Toll dari Jakarta sampai Semarang ok bingits, pas pulang dari Semarang ke KM40 cuman 3,5 jam, tapi dari KM40 ke Jakarta malah 2 jam, karena macet parah di toll Cikampek mulai dari Kerawang sampai Jakarta. Kondisi toll super duper mulus dari Semarang-Pemalang/Tegal, walaupun hujan tapi genangan air di jalan toll hampir tidak ada. Beda dengan toll dari Semarang - Solo, genangan air di bagian tengah (jalur mendahului) lumayan banyak jadi kudu lebih waspada lagi. Selepas Tegal/Cirebon, banyak tambalan di lajur kiri (jalur 1), jadi lebih aman jalan ambil jalur 2 (jalur mendahului).
Ke Wonosobo exit Purwokerto juga lumayan bagus jalanannya, banyak yang sudah dibeton dan baru. Dari Wonosobo ke Dieng juga ok, pas pulang ambil Dieng ke Semarang lewat Weleri tapi dari Dieng lgsg ke Muntung, lewat jalan kebon teh Tambi yang pemandangannya luar biasa. Jalannya halus (aspal) namun sempit, jadi yang bawa mobil lebar/besar kudu ngalah dan pintar bawa mobilnya supaya tidak perlu bermanuever terlalu ekstrim. Kadang ketemu truk Mitsu Colt 1-2 tapi saya selalu ambil posisi yang sama-sama enak supaya lancar jangan sampai terjepit, lebih sering papasan dengan T120ss atau pick-up kecil buat bawa panenan hasil bumi dan motor.
Terima kasih atas saran dari rekan-rekan SM di sini, belum pernah saya ke Wonosobo/Dieng nyetir sendiri... benar-benar menikmati sekali perjalanannya, walaupun memang dapetnya cuaca hampir selalu hujan. Mudah-mudahan bisa ke sana lagi naik mobil sedan...hihihihi
rute SMRT ultah ke 2 itu..
view ajib..
Jadi saya pilih aman saja dan bermalam di Wonosobo. Pas dr Dieng hujan sempat berhenti jadi ambil jqlan Tambi, tp sampai Muntung sdh hujan deras kembali.
itu contoh video pemandangan Blado, Batur, Dieng, oom
sisanya bisa lihat di channelsaya di yutub.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Mantapz om ginting, terima kasih atas sharingnya.ginting wrote:https://youtu.be/5_b_kFLEK2gexflowly wrote:Kmrn mikir mau lewat situ, tp sdh kemalaman - brkt dr Jakarta sdh siang, cuaca juga hujan sepanjang jalan. Kalau sampai ada hal yg tdk diinginkan malam2x di tengah hutan... terlalu beresiko.ginting wrote:kalau mau lebih cepat ke Dieng, exit toll Batang ..lalu lewat Blado, Batur, Dieng..
rute SMRT ultah ke 2 itu..
view ajib..
Jadi saya pilih aman saja dan bermalam di Wonosobo. Pas dr Dieng hujan sempat berhenti jadi ambil jqlan Tambi, tp sampai Muntung sdh hujan deras kembali.
itu contoh video pemandangan Blado, Batur, Dieng, oom
sisanya bisa lihat di channelsaya di yutub.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Saya keluar kota udah jarang lewat Full Cikampek, kalau dari Jakarta JORR Simatupang di Jatiasih keluar nanti lewat Kalimalang dan masuk lagi di Karawang.becoolsp wrote: Sun Jan 06, 2019 16:57 lapor, kmrn tanggal 3 januari 2019, pukul 20.00 naik ipah dono diesel at 2014, dari semarang-jakarta,exit depan Central park subuh dini hari jam set 5 pagi. cikampek nya macet 4 jam, banyak sekali truk, 2/3 jalan isinya truk semua. mgkn imbas truk ga jalan karena liburan dan lgsg kejar setoran.
jkt-cikampek kena 4jam, sisanya jln pelan2 sepanjang tol yg lagi bikin rel ligh train/ monorail.
sangat amazed sekali dengan konsumsinya ipah dono, smrg isi full tank, sampe jakarta sempet muter2 dulu 2 hari, baru nemu pom solbus baru isi lagi. full tank in lagi kena 200rb di odo 510km. gila ni mobil, semarang-jakarta 200rb masih kembali...
Kalau dari Timur saya keluar di Delta Mas, memang cuma lebih cepat 10-15menit aja, tapi setidaknya mobil jalannya tidak stop n go.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Bis Malam malah sekarang pada nge'Blong istilahnya jalan di Tol fullspeed sampai 140kpj yang Pakai sasis Scania dan Mercy, yang Hino kebanyakan dilimit 120kpj. Tapi anehnya Bus yang suka ngebut malah cenderung lebih laris..exflowly wrote: Thu Jan 03, 2019 12:06Bisa lewat kiri, tp rada bahaya karena pandangan ketutupan karena setir kanan. Ya silakan dikeker dulu lah kirinya ada mobil atau tidak dan brp speednya.marmut wrote:PRBS wrote: Thu Jan 03, 2019 3:38
Gengsi gamau minggir kali om hahaha.. padahal kalau minggir aja (as long memungkinkan ya), kelar masalahnya.
kalo gamau minggir ya lewat sebelah kirinya aja. diperbolehkan kok dalam UU lalu lintas.
gampang toh?
[emoji481]
Lajur paling kanan buat mendahului, itu prinsip yg saya pegang. Nih yg cetak rekor di toll baru pada lari kenceng ... mau bawa 200 kalo yg belakang ngedim mau lari 300 ya saya minggir dgn aman lah. Saya bawa minimum mmg 60km/jam... apalagi kalo capek supaya tetap awas.
Masalah max speed di toll adalah 100km/jam mah urusan nanti, bis malam di Cipali aja pada lari lbh dr 100 kagak ditangkep. Buat apa kita sok jadi polisi... gak dpt piala juga keukeuh jalan di kanan 100km/jam.
Kalo disalip rasanya harga diri jadi rendah, ya silakan pikir dulu apakah memang harga diri ditentukan oleh kecepatan mobil yg dikendarai di jalur kanan?
Hehehe soal harga diri, saya termasuk yang ga terlalu memikirkan karena bawa mobil sesuai kemampuan mobil saja, ada mobil yang mesinnya bisa melajukan sampai 200kpj lebih tapi Rem sama Handling ga mendukung ya juga ga berani.