Tar dikira kontes rapih-rapihan enggine bay omF 272 wrote: Thu Jan 03, 2019 1:18Saya coba bantu penampakan nya......... ini baru 5 mobil lho.......Gimana kalo puluhan, ratusan atau ribuan mobil spt ini semua..?ginting wrote: Wed Jan 02, 2019 6:12secara teory, saat buka kap mesin maka panas ruang mesin akan cepat hilang, itu bagus untuk pendinginan ruang mesin.ders wrote: Wed Jan 02, 2019 5:58 selamat siang TS dan para suhu SMers.. nubi numpang kepo
saat kendaraan konstan jalan minimal 3 jam .. saat istirahat.. apakah perlu buka kap mesin utk tujuan percepatan pendinginan suhu mesin dan lainnya ?
soalnya banyak liat yg parkir di rest area suka buka kap mesin.. pdhl mobilnya masih baru (umur 1-5 tahun)
tapi kadang kita aja malas, apalagi tangan jadi jorok buka clip kap mesin, pasang cagak, dll
dan harus ditunggui krn rawan juga kita buka kap mesin lalu ditinggal pergi
btw, saat kita nyetir maka itu suhu mesin panas, bikin kabel, karet deteriorated karena panas...tp tertolong krn aliran udara dari depan.
saat mesin stop, suhu masih relative sama, tapi angin udah berhenti...
kalo oom mau buka kap mesin, itu akan faktor positive supaya awet komponen di ruang mesin.
![]()
![]()
Foto : Tim Surveyor 2nd Anniversary SMRT 2018 sedang becanda buka kap mesin stelah melalui rute tanjakan2 curam sepanjang Batang - Dieng

Tapi ini saya jg baru tau.. Dan saya kira teori ini masuk akal.
Thanks.. Next time klo pas jalan jauh, mo coba praktekin jg
