
Standar EURO NCAP, 40 MPH, pengujian di Jerman. Intinya gw harus dibayar untuk beli mobil ini.
Untuk perbandingan, berikut foto SX4 hatch dengan kondisi pengetesan yang sama.

Kadang harga gak boong.sumber
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Betul berat bukan acuan yg 100% benar. Di baris pertama komen gw kan udah gw tulis tuh bro. Masih banyak faktor lain kayak teknologi struktur rangka. Bisa nggak absorb benturan, dll.Midi_Amp wrote: Berat bukan acuan lah... Yaris dan Jazz kan udah global model, jadi mau dibikin dimana aja pasti cetakannya sama.
Milis Honda City?? Thn lalu??Midi_Amp wrote:Uumm, bos uch pasti gak join milis Honda City deh. Tahun lalu ada orang naik Honda City ngebut di jalan tol dan tabrakan beruntun (kecepatan 100an KPj). Di foto, bagian depan dan bagasi hancur seperti hasil crash test, lengkap dengan darah si empunya. Tapi selain luka karena pecahan kaca dan keseleo, empunya berjalan keluar, dan membeli lagi Honda City karena buat dia sudah terbukti mobil itu menyelamatkan nyawanya.
........................
kalo ini sih hukum fisikauch wrote:Duh.. ulangi lagi deh pendapat saya. Biasa, kalo ngomong gw sering belepotan.
1. Kalo mobil yg lu pake persis sama (termasuk made in nya) dgn yg ditest di EURONCAP atau lembaga lain, FORGET yg nama nya "berat". Test itu jauh lebih dipercaya.
2. Kalo mobil lu cuma namanya doang yg sama dgn yg ditest, terserah dah. Gw bilang jangan percaya dgn rating. Belum tentu kwalitas safety mobilmu itu sama dgn yg ditest, walaupun namanya sama. Tapi Kalo mo percaya, silakan aja. Walaupun udah jelas2 mobil lokal nggak punya ABS/Air bag, sementara yg ditest lengkap fiturnya (misalnya). Namanya kepercayaan susah diperdebatkan, apalagi kalo udah menyangkut percaya merek.
3.Kalo mobil yg kamu pake, NGGAK ADA rating testnya ntah dimanapun. Menurut saya "berat" bisa jadi dasar pendekatan menilai safety dan build quality. Pasti TIDAK 100% BENAR (ini udah yg ke 3 kali gw tulis). Cuman sekedar pendekatan.
KALO NGGAK PERCAYA jg , boleh dah kita test sesekali adu frontal kec 100 kmh. Satu mobil berat kayak TOYOTA Landcruser FJ40 thn 80 an atau Landrover thn 80 an atau Daihatsu Taft badak, nah satu lagi mobil2 sekelas yg tahun 2007. Nggak usah ditest dah...., gw udah percaya mobil baru yg ringan2 itu bakal bonyok...
Gw bukan mo bela mobil cina. Cuman ngingatin doang, jgn2 mobil yg kita pake harian itu, yg MEREK NYA TERKENAL ITU (tapi nggak pernah ditest), sama aja SAFETY nya dgn mobil cina tsb. Gw nggak nuduh, cuman "Jangan-jangan" doang