Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ginting wrote: Sun Aug 12, 2018 9:56
itukan hajatan oom fajar, olm buaya ANps 4*4 , oom B1704MX.
nah, itu video adalah bukti low gear itu perlu sangat.
pas jelas di puncak, kayak nyaris nafas abis...
gimana lagi kalo stop and go di tanjakan.
tapi balik lagi, brp kali sih setahun kita lewati rute yg musti pake low gear ?
Mantap....member sm jg t'nyata.
Xixixi...iya, di rasa perlu...tp akan d balik lg dg pertanyaan..sbrp sering akan terpakainya
Rakean wrote: Sun Aug 12, 2018 11:21
me like 4WD... lebih percaya diri kalo lewat jalan2 yg lumayan ancur (hambalang, BSB)
Iya um, itu bsb djadikan slh satu challenge test utk passed/tdknya dr sang calon
imanoff wrote: Sun Aug 12, 2018 10:05
Haha.. Ini adalah dilema yang saya hadapi. Pengen bangun mobil 4x4 tapi penuh dengan kontradiksi dan belum bisa menyimpul.
1) Pengen punya mobil yang lincah. Mustinya bentuknya kecil. Tapi bentuk kecil jadi terbatas sekali storagenya. Belum lagi kalau bawa keluarga.
2) Pengen mobil yang nyaman. Mustinya the newer the better. Tapi di sisi lain, ada sensor, elektronik, air-suspension, etc. Sementara kalau ada masalah di tengah hutan, kaput deh.
3) Pengen mobil yang bagus dan indah, i.e. Defender, G-Class, Bundera, etc. Tapi off-road kan pada dasarnya "merusak" mobil. Sementara kalo kita milih mobil "biasa", i.e. Taft, CJ/XJ, etc. maka "wow" effectnya kurang terasa.
Sudah sempat liat beberapa mobil sih, tapi masih belum mengerucut juga. Paling favorable so far ya VX/VXR80. Tapi masih galau juga. Hehe...
* Persis sama bgt um. apalagi sy yg blm pernah tahu atopun ngerasaiin...pasti ada desakan...once in a lifetimes... hrs cb pk titik.
* iya type mbl ini justru kebalikan dr gambaran ideal dr mbl d mata kita yg pengin nyaman, punya handling kelas dewa n agile bermanuver
*LC 80 klo dr ulasan andrew diatas bagus keknya. simple, solid, n reliable. 105 series nxt modelnya sj pk dalemannya 80.
Sy sendiri sdh pernah terbang k pulau sebrang um mw cb peruntungan ambil lc 70 troopcarries series, cm blm berjodoh
ardhrizk wrote: Sun Aug 12, 2018 11:56
Kalau egk salah pasport 4x4, dia 4x4 sekalian AWD yah?
Dalam artian mode 4H nya bisa dipake dijalan raya tanpa takut drivetrain/axle binding.
Suka sih model ginian, artinya yaa kalo egk perlu bisa di 2H, kalo lagi hujan deras dan jalan berpasir masukin 4H biar peace of mind aja. Offroad ringan 4H, offroad agak berat 4L.
Kalo mobil AWD pure semacam subaru berasa kurang aja. Offroad kurang mantep, di jalan yg egk perlu awd egk bisa dilepas salah satu axle nya buat ngejar efisiensi.
Betul um dakar punya select opsi yg disebut.
Klo yg based nya memang sdh 4x4 memang bagus sih rasanya. Yg kebanyakan jualn sekarang khan 2WD dg embel" awd (on demand)...slip dl br active awdnya, iya klo itu sensor bs detect ada slip.
================
Wrrrrrrr......yg punya mobil pd nongol
Ntar balesinnya y pegel jempol nih
yg lbh masuk akal adalah beli 1 tiap jenis kebutuhan
1 jimny sierra utk off road keras, psg gardan low gear.
di aspal memble gak papa
biaya 100 jt
untuk mobil daily, beli Bmw/mercy seharga 200 jt
total 300 jt sdh siap tempur
trus gimana kalo mau ke BSB ?
Jimny nya ditowing oleh Bmw.
ngebut sampe Ciperna.
Wani perih sing penting yakin, dari kejadian ini makin perlu 4WD buat mlipir & Roadtrip ke pelosok tempat, mengeliminir kekhawatiran dengan keterbatasan trek yg di lewatin.
Tergantung keperluan juga sih, mau disayang atau disiksa. Kalau mau disayang ya saya sih akan milih AWD, in this case sepertinya akan ke subaru apapun yg AWD karena symmetrical AWD nya itu... special.
Kalo mau disiksa, mungkin larinya akan ke jimny 4x4. Kenapa? Selain heritage sbg offroader legendaris, cheap to buy, cheap to run, ringkas lagi ukurannya. Amit2nya kalau perlu dievakuasi gak serepot 4x4 yg lebih gede
remedusakti wrote: Sun Aug 12, 2018 12:42
Sebagai User Pasport Dakar 4x4 alasan ambil krn kepengen SUV yang bener2 Ril, ...SUV laki.hehe
Alasan lain yaitu ....BBM Solar, ...torsi solar gambot, ....gampang cari spare partnya..
Bener, ternyata lebih adem ati kalau bawa 4x4 ..saat hujan, bs disetting 4H sehingga traksi roda bisa terkontrol, ...tanjakan ekstrimnya...atau lumpur berat...torsi buat derek..
Space buat mejeng welcome hot dtrima
Macho dakarnya dg warna hitam itu um untung kmrn ngga ambil yg warna pink
Combo 4x4 & diesel tampaknya msh jd pilihan pertama para xplorer dg keunggulan spt yg um sebut diatas, plus jaminan ketersediaan solar hingga k plosok" krn truk d daerah pd pk bbm ini.
r12qiSonH4ji wrote: Sun Aug 12, 2018 14:45
Jadi malu euy sama om Jivos,
Buaya putih beraksi terus ni... mulai
aspal panas sumatra...nyebrang" sungai..sampe naik" bukit done.
Modelny kalem polos" gitu...um rizki, 1704mx,bang ginting atopun bang nainggolan, tapi klo dah di jalanan n behind the whell.....hmmmm djamin bakal salah kita menilainya....semi pro semua skillnya...
Last edited by jivos on Mon Aug 13, 2018 8:00, edited 1 time in total.
1704MX wrote: Sun Aug 12, 2018 15:18
...masih butuh diyakinkan lagi buat ambil subaru? ehh.....
tapi subaru dibuat bukan buat offroad lho om.. dimana2 subaru jelasin bahwa teknologi symmetrical awd nya improves stability and quicker response to wet road. cuma beberapa user subaru rada tengil nih (macam ane).. iseng2 pake buat offroad, ternyata masih capable juga on some terrain (dengan bumbu2 "siksaan" tentunya)
setuju dengan om ginting.. berapa kali setahun kita lewati rute yang musti pake low gear?
kalo saya... mungkin sangat jarang. makanya, dengan awd nya subaru, kemana2 masih sangat cukup, karena saya roadtrip 90% aspal
dan saya sadar diri.. kalo mau pake 4x4, belom siap dompetnya, hehehe..
kapan2 nongkrong di rumah om nescafe lagi yuk om..
Titah kompor um soal subie sdh ane tampung n resapi um d tambah dg sodoran pizzhut kmrn...semakin merasap k innerside ini
*betul um awam dkita suka ketukar konsep awd vs 4x4. Setuju dg point yg um sampaikan. All ini all awd subie disebut" msh yg plg advance di class suv penggerak awd. Apapuny type mblnya sah" sajalah xploring kek gitu, yg penting mbl sendiri n bukan hsl ngembat d parkiran
Nah kembali ke pertanyaan awalnya.. Kira2 kebutuhan dan mau digunakannya seperti apa..
Lowgear ga selalu dipakai hanya pas offroad.. Bahkan sy dulu di jakarta pun kadang pakai lowgear, tapi tanpa mengunci roda depan (pakai manual lock hub).. Biasanya kalau pas macet di tanjakan, atau pas macet2 an di gerbang tol, pakai lowgear tinggal jaga jarak jadi minimalisir ngopling..
Kalau untuk sekedar melewati jalan offroad, 4x4 standar sih udh cukup, apapun mobilnya, yg penting diperhatikan sih malah perlindungan kolong, karena biasanya untuk suv 4x4 yang proper, rata2 udah pake underbody bawaan pabrik.. Kalaupun belom ada, biasa banyak yg bisa bikin..
Kalau saya, karena dari awal biasa pakai 4x4 dengan GC tinggi, ya jadi kebutuhan tak terpisahkan wkwkw..
ginting wrote: Mon Aug 13, 2018 1:09
yg lbh masuk akal adalah beli 1 tiap jenis kebutuhan
1 jimny sierra utk off road keras, psg gardan low gear.
di aspal memble gak papa
biaya 100 jt
untuk mobil daily, beli Bmw/mercy seharga 200 jt
total 300 jt sdh siap tempur
trus gimana kalo mau ke BSB ?
Jimny nya ditowing oleh Bmw.
ngebut sampe Ciperna.
lalu exit toll Jimny beraksi ke gunung
[emoji2] [emoji2] [emoji2] [emoji2]
Kasihan atuh um biem d suruh lari sembari nowing jimmy , klo bisa ngomong tuh biem udah mencak" kali.."ngga liat loe apa..kasta premium ke gini di suruh nowing"......si jimmy bales nyahutin..."blagu, ntar lagi jg loe overheat nepi d pinggir jalan"
=========
* opsi yg dsebut masuk akal um..mengingat kondisi ganjil genap sekarang
One fits for all...konsekwensinya memang akan ada kompromi nya sana/i, mengingat muskil cr mbl yg sempurna d berbagai keperluan, yg bs kita kejar paling maksimalin k titik near best utk cover beragam needs nya user.
Gasoline24 wrote: Mon Aug 13, 2018 5:00
Si bironk 4x2 nyobain pasir gumuk parangkusumo.
Wani perih sing penting yakin, dari kejadian ini makin perlu 4WD buat mlipir & Roadtrip ke pelosok tempat, mengeliminir kekhawatiran dengan keterbatasan trek yg di lewatin.
Keren um ngeshoot si birong vs pasirnya ini fortuner khan y, nebak nebak gbr dr td
Nangkep pointnya um
Pk yg sdh well equipped keluar masuk plosok apalagi pas jalan sendiri, tentu hati lbh tntrem. jaga" stuck n perlu evakuasi..akan lbh ribet urusannya
adrevolution wrote: Mon Aug 13, 2018 5:23
Tergantung keperluan ....Kalau mau disayang ya AWD..
Kalo mau disiksa, mungkin larinya akan ke jimny 4x4. ....
owner awd/4x4 klo ditanya jg maunya d sayang atuh um, dlm artian tetrp di pake sampai batasan" tertentu dr kemampuan mblnya.
Sependapat um..4x4 tentunya lbh bs d siksa di tingkatan rada lebih dbanding type lain.
sukerdan02 wrote: Mon Aug 13, 2018 6:42
Nubie nyimak dulu..
Nah kembali ke pertanyaan awalnya.. Kira2 kebutuhan dan mau digunakannya seperti apa..
Lowgear ga selalu dipakai hanya pas offroad.. Bahkan sy dulu di jakarta pun kadang pakai lowgear, tapi tanpa mengunci roda depan (pakai manual lock hub).. Biasanya kalau pas macet di tanjakan, atau pas macet2 an di gerbang tol, pakai lowgear tinggal jaga jarak jadi minimalisir ngopling..
Kalau untuk sekedar melewati jalan offroad, 4x4 standar sih udh cukup, apapun mobilnya, yg penting diperhatikan sih malah perlindungan kolong, karena biasanya untuk suv 4x4 yang proper, rata2 udah pake underbody bawaan pabrik.. Kalaupun belom ada, biasa banyak yg bisa bikin..
Kalau saya, karena dari awal biasa pakai 4x4 dengan GC tinggi, ya jadi kebutuhan tak terpisahkan wkwkw..
Duh nubie ..tapi sharingannya maut begini
Asumsi: One fits for all um
Nah br tau ini low geared tdk hanya d pake saat offroad, thx inputannya
b8099ok wrote: Mon Aug 13, 2018 7:20
Beli mobilnya VIPSERIES aja. Irit, 4x4, mewah. 1 ltr bisa 300cm.
sukerdan02 wrote: Mon Aug 13, 2018 6:42
Nubie nyimak dulu..
Nah kembali ke pertanyaan awalnya.. Kira2 kebutuhan dan mau digunakannya seperti apa..
Lowgear ga selalu dipakai hanya pas offroad.. Bahkan sy dulu di jakarta pun kadang pakai lowgear, tapi tanpa mengunci roda depan (pakai manual lock hub).. Biasanya kalau pas macet di tanjakan, atau pas macet2 an di gerbang tol, pakai lowgear tinggal jaga jarak jadi minimalisir ngopling..
Kalau untuk sekedar melewati jalan offroad, 4x4 standar sih udh cukup, apapun mobilnya, yg penting diperhatikan sih malah perlindungan kolong, karena biasanya untuk suv 4x4 yang proper, rata2 udah pake underbody bawaan pabrik.. Kalaupun belom ada, biasa banyak yg bisa bikin..
Kalau saya, karena dari awal biasa pakai 4x4 dengan GC tinggi, ya jadi kebutuhan tak terpisahkan wkwkw..
Duh nubie ..tapi sharingannya maut begini
Asumsi: One fits for all um
Nah br tau ini low geared tdk hanya d pake saat offroad, thx inputannya
Itu pemakaian lowgear yang out of the box wkwkw.. Dan sebaiknya hanya kalau ada opsi freelock hub di roda depan, jadi ga ada axle binding karena as roda depan ga tersambung wkwkwk...
Kalau asumsi one fits all, sy sih lebih ke part time 4wd, dimana ada opsi 4x2 buat kondisi normal.. di kondisi ini wear & tear di komponen kaki2 paling minim, terutama kaki depan, karena sebagian besar SUV saat ini IFS.. Tapi karena kebanyakan skrg ga pakai freelock hub, efeknya cv joint bakal muter terus, sementara kalau mobil2 tua yg masih pake freelock hub, kondisi free bener2 ga ada gerakan di as roda depan.. Tapi namanya teknologi, mau ga mau sekarang adanya seperti itu..
satu lagi, kalo saya masih prefer 4x4 yang transfercasenya pake stick, bukan tombol.. udah beberapa kali kejadian, biasanya kalo abis lewat lumpur cair atau sungai, kadang 4x4 yg by tombol ada kasus erorr di actuatornya, akhirnya balik ke limp mode di 4x2, tapi sekali lagi, sekarang pilihannya begitu semua, wkwkw.. jadi mau ga mau menyesuaikan..
1704MX wrote: Sun Aug 12, 2018 15:18
...masih butuh diyakinkan lagi buat ambil subaru? ehh.....
tapi subaru dibuat bukan buat offroad lho om.. dimana2 subaru jelasin bahwa teknologi symmetrical awd nya improves stability and quicker response to wet road. cuma beberapa user subaru rada tengil nih (macam ane).. iseng2 pake buat offroad, ternyata masih capable juga on some terrain (dengan bumbu2 "siksaan" tentunya)
setuju dengan om ginting.. berapa kali setahun kita lewati rute yang musti pake low gear?
kalo saya... mungkin sangat jarang. makanya, dengan awd nya subaru, kemana2 masih sangat cukup, karena saya roadtrip 90% aspal
dan saya sadar diri.. kalo mau pake 4x4, belom siap dompetnya, hehehe..
kapan2 nongkrong di rumah om nescafe lagi yuk om..
Titah kompor um soal subie sdh ane tampung n resapi um d tambah dg sodoran pizzhut kmrn...semakin merasap k innerside ini
*betul um awam dkita suka ketukar konsep awd vs 4x4. Setuju dg point yg um sampaikan. All ini all awd subie disebut" msh yg plg advance di class suv penggerak awd. Apapuny type mblnya sah" sajalah xploring kek gitu, yg penting mbl sendiri n bukan hsl ngembat d parkiran
Hmmm.......
Ternyata class moles di jatiwaringin ini, ada tamu kehormatan ya (om Jivos)
Sayang ane kmren gk bisa ngikut, lg kesasar di cianjur selatan
Kalau asumsi one fits all, sy sih lebih ke part time 4wd, dimana ada opsi 4x2 buat kondisi normal.. di kondisi ini wear & tear di komponen kaki2 paling minim....cut
Bicara "if"nih um...mengingat suv bensin cc gede lbh jeblok krn thirsty di banding varian dieselnya. Mis Swap lx470/LC gasoline dg diesel engine ..reasonable kah?
Kalau asumsi one fits all, sy sih lebih ke part time 4wd, dimana ada opsi 4x2 buat kondisi normal.. di kondisi ini wear & tear di komponen kaki2 paling minim....cut
Bicara "if"nih um...mengingat suv bensin cc gede lbh jeblok krn thirsty di banding varian dieselnya. Mis Swap lx470/LC gasoline dg diesel engine ..reasonable kah?
Kayanya kok bakal repot di wiring loom ya..Tapi kalo kondisi mesin sehat dan pemakaian cenderung ke long trip, dan selama sparepart ga menjadi masalah, harusnya opsi mesin bensin masih bs dipertahanin sih.. Apalagi mesin2 bensin model LX470 yang itungannya menurut saya low comp, kasi pertalite aja udh ngacir.. Yang penting sih kalo pake mesin bensin, sebisa mungkin ban pakai ukuran standar, biar ga terasa boyo, ntar ujung2nya gas makin dibejek akhirnya kerasa boros.. Pengalaman dulu pas nikahan saya pinjem bighorn temen yang V6 3500cc matic, dalem kota masih 1:7,5 pakai pertalite.. Dulu yang empunya pernah geber jakarta semarang sebelum ada tol cipali juga masih 1:10, kalo jalan nyantai pasti bs lebih irit.. pusingnya cuma di sparepart wkwkwkw.. Yang penting sih tenaga mesin harus sebanding dengan bobot mobil
sukerdan02 wrote: Mon Aug 13, 2018 9:18
Kayanya kok bakal repot di wiring loom ya..Tapi kalo kondisi mesin sehat dan pemakaian cenderung ke long trip, dan selama sparepart ga menjadi masalah, harusnya opsi mesin bensin masih bs dipertahanin sih.. Apalagi mesin2 bensin model LX470 yang itungannya menurut saya low comp, kasi pertalite aja udh ngacir.. Yang penting sih kalo pake mesin bensin, sebisa mungkin ban pakai ukuran standar, biar ga terasa boyo, ntar ujung2nya gas makin dibejek akhirnya kerasa boros..
ic..utk wiring loomnya.
Klo 1:6/7 pk daily basis jg msh acceptable d sy, kiraiin bakal 1:4 pertamax tdnya. pertalite ngga kaput mabok" jg tuh LX/LC ya..
sukerdan02 wrote: Mon Aug 13, 2018 9:18
Kayanya kok bakal repot di wiring loom ya..Tapi kalo kondisi mesin sehat dan pemakaian cenderung ke long trip, dan selama sparepart ga menjadi masalah, harusnya opsi mesin bensin masih bs dipertahanin sih.. Apalagi mesin2 bensin model LX470 yang itungannya menurut saya low comp, kasi pertalite aja udh ngacir.. Yang penting sih kalo pake mesin bensin, sebisa mungkin ban pakai ukuran standar, biar ga terasa boyo, ntar ujung2nya gas makin dibejek akhirnya kerasa boros..
ic..utk wiring loomnya.
Klo 1:6/7 pk daily basis jg msh acceptable d sy, kiraiin bakal 1:4 pertamax tdnya. pertalite ngga kaput mabok" jg tuh LX/LC ya..
Tergantung cara bawa km Lx470, 2UZ-FE. Kalau di 200 series UZJ200 kalau bawa kayak siput rpm di bawah 2000 terus bisa 1:5.5 tapi kalau uda macet parah 1:3. Ini udah teknologi dual vvt-i sementara cygnus/lx470 yang model lama masih single vvt-i. You would be lucky kalau dapat 1:5 kondisi macet Jakarta. Kalau tol kosong bisa 1:8.5 di uzj200, cygnus/lx470 mkn sekitar segitu juga, tergantung cara bawa.
Comp ratio 2uz-fe kalau gak salah 9.6:1 jadi petralite uda borderline dan lebih di saranin pertamax atau turbo sekalian. Dan power loss nya cukup berasa antara petralite dan turbo.
sukerdan02 wrote: Mon Aug 13, 2018 9:18
Kayanya kok bakal repot di wiring loom ya..Tapi kalo kondisi mesin sehat dan pemakaian cenderung ke long trip, dan selama sparepart ga menjadi masalah, harusnya opsi mesin bensin masih bs dipertahanin sih.. Apalagi mesin2 bensin model LX470 yang itungannya menurut saya low comp, kasi pertalite aja udh ngacir.. Yang penting sih kalo pake mesin bensin, sebisa mungkin ban pakai ukuran standar, biar ga terasa boyo, ntar ujung2nya gas makin dibejek akhirnya kerasa boros..
ic..utk wiring loomnya.
Klo 1:6/7 pk daily basis jg msh acceptable d sy, kiraiin bakal 1:4 pertamax tdnya. pertalite ngga kaput mabok" jg tuh LX/LC ya..
Tergantung cara bawa km Lx470, 2UZ-FE. Kalau di 200 series UZJ200 kalau bawa kayak siput rpm di bawah 2000 terus bisa 1:5.5 tapi kalau uda macet parah 1:3. Ini udah teknologi dual vvt-i sementara cygnus/lx470 yang model lama masih single vvt-i. You would be lucky kalau dapat 1:5 kondisi macet Jakarta. Kalau tol kosong bisa 1:8.5 di uzj200, cygnus/lx470 mkn sekitar segitu juga, tergantung cara bawa.
Comp ratio 2uz-fe kalau gak salah 9.6:1 jadi petralite uda borderline dan lebih di saranin pertamax atau turbo sekalian. Dan power loss nya cukup berasa antara petralite dan turbo.
nah..kalp 1:3 di jakarta, pantes harga versi bensin dan diesel beda jauh..
lc100 dan cygnus bisa beda 100 jtan di thn yg sama
ic..utk wiring loomnya.
Klo 1:6/7 pk daily basis jg msh acceptable d sy, kiraiin bakal 1:4 pertamax tdnya. pertalite ngga kaput mabok" jg tuh LX/LC ya..
Tergantung cara bawa km Lx470, 2UZ-FE. Kalau di 200 series UZJ200 kalau bawa kayak siput rpm di bawah 2000 terus bisa 1:5.5 tapi kalau uda macet parah 1:3. Ini udah teknologi dual vvt-i sementara cygnus/lx470 yang model lama masih single vvt-i. You would be lucky kalau dapat 1:5 kondisi macet Jakarta. Kalau tol kosong bisa 1:8.5 di uzj200, cygnus/lx470 mkn sekitar segitu juga, tergantung cara bawa.
Comp ratio 2uz-fe kalau gak salah 9.6:1 jadi petralite uda borderline dan lebih di saranin pertamax atau turbo sekalian. Dan power loss nya cukup berasa antara petralite dan turbo.
nah..kalp 1:3 di jakarta, pantes harga versi bensin dan diesel beda jauh..
lc100 dan cygnus bisa beda 100 jtan di thn yg sama
Yep, tapi diesel UK 200 series juga drop harga nya karena DPF dan EGR issues, bangak second hand uda rebuild engine. Paling aman kalau ambil VDJ200 yang ATPM aja, atau copot DPF dan remap untuk UK
ic..utk wiring loomnya.
Klo 1:6/7 pk daily basis jg msh acceptable d sy, kiraiin bakal 1:4 pertamax tdnya. pertalite ngga kaput mabok" jg tuh LX/LC ya..
Tergantung cara bawa km Lx470, 2UZ-FE. Kalau di 200 series UZJ200 kalau bawa kayak siput rpm di bawah 2000 terus bisa 1:5.5 tapi kalau uda macet parah 1:3. Ini udah teknologi dual vvt-i sementara cygnus/lx470 yang model lama masih single vvt-i. You would be lucky kalau dapat 1:5 kondisi macet Jakarta. Kalau tol kosong bisa 1:8.5 di uzj200, cygnus/lx470 mkn sekitar segitu juga, tergantung cara bawa.
Comp ratio 2uz-fe kalau gak salah 9.6:1 jadi petralite uda borderline dan lebih di saranin pertamax atau turbo sekalian. Dan power loss nya cukup berasa antara petralite dan turbo.
nah..kalp 1:3 di jakarta, pantes harga versi bensin dan diesel beda jauh..
lc100 dan cygnus bisa beda 100 jtan di thn yg sama
Trimakasih sblmnya um agathos sharing FC nya.
Perkiraan sy d awal dalkot ada di kitaran 1:3-4 dan lurkot/tol traffic normal di 5-6 dg bbm pertamax n driving style normal. FC diatas itu agak terlalu muluk rasanya melihat kubikasi engine,bobot, n kondisi ril traffic.
Klo kita simulasikan utk pemakaian 2-3thn
Selisih uang yg tipe gasoline d pake buat beli BBM, msh murahan yg mana y?
Entah 4x4 yg ane lagi demen akhir2 ini adl ML320 W163 sukur2 dpt ML270cdi nya... (Gara2 pelem Jurassic Park 97). Tinggal siapin budget buat penyegaran lalu siap trip kemana aja.. Klo kebutuhan belum perlu sampe ekstrim bgt sih cukup ya.. bawaannya udah ada ada low gear tp gatau difflock ada apa ngga..
Alternatif 2 ya paling Fortuner V 2.7 ...sukur2 yg VNT 2015 4x4 joss lagi
glendotan wrote: Mon Aug 13, 2018 17:53
Entah 4x4 yg ane lagi demen akhir2 ini adl ML320 W163 sukur2 dpt ML270cdi nya... (Gara2 pelem Jurassic Park 97). Tinggal siapin budget buat penyegaran lalu siap trip kemana aja.. Klo kebutuhan belum perlu sampe ekstrim bgt sih cukup ya.. bawaannya udah ada ada low gear tp gatau difflock ada apa ngga..
Alternatif 2 ya paling Fortuner V 2.7 ...sukur2 yg VNT 2015 4x4 joss lagi
ML klo ngga salah independent ya um? bkn solid axle. Minusnya klo bkn solid axle meski punya gc tinggi...bonggol penggeraknya rawan nyangkut sec dia tdk ikut naik spt di solid axle pd saat lewatin obstacle, cmiiw y.
agathos wrote:
Tergantung cara bawa km Lx470, 2UZ-FE. Kalau di 200 series UZJ200 kalau bawa kayak siput rpm di bawah 2000 terus bisa 1:5.5 tapi kalau uda macet parah 1:3. Ini udah teknologi dual vvt-i sementara cygnus/lx470 yang model lama masih single vvt-i. You would be lucky kalau dapat 1:5 kondisi macet Jakarta. Kalau tol kosong bisa 1:8.5 di uzj200, cygnus/lx470 mkn sekitar segitu juga, tergantung cara bawa.
Comp ratio 2uz-fe kalau gak salah 9.6:1 jadi petralite uda borderline dan lebih di saranin pertamax atau turbo sekalian. Dan power loss nya cukup berasa antara petralite dan turbo.
nah..kalp 1:3 di jakarta, pantes harga versi bensin dan diesel beda jauh..
lc100 dan cygnus bisa beda 100 jtan di thn yg sama
Trimakasih sblmnya um agathos sharing FC nya.
Perkiraan sy d awal dalkot ada di kitaran 1:3-4 dan lurkot/tol traffic normal di 5-6 dg bbm pertamax n driving style normal. FC diatas itu agak terlalu muluk rasanya melihat kubikasi engine,bobot, n kondisi ril traffic.
Klo kita simulasikan utk pemakaian 2-3thn
Selisih uang yg tipe gasoline d pake buat beli BBM, msh murahan yg mana y?
Saya rute scbd - kelapa gading Boulevard pp daily basis sebulan habis 2.5 - 3jt PP pakai UZJ200, setahun sekitar 30-36jt kalau 2-3 thn 90-118jt tetep lebih murah di banding diesel yang selisih 150-200jt an. Plus cari model ATPM susah, jadi harus hitung atau antisipasi biaya service dan dpf removal kalau ambil yang UK
glendotan wrote: Mon Aug 13, 2018 17:53
Entah 4x4 yg ane lagi demen akhir2 ini adl ML320 W163 sukur2 dpt ML270cdi nya... (Gara2 pelem Jurassic Park 97). Tinggal siapin budget buat penyegaran lalu siap trip kemana aja.. Klo kebutuhan belum perlu sampe ekstrim bgt sih cukup ya.. bawaannya udah ada ada low gear tp gatau difflock ada apa ngga..
Alternatif 2 ya paling Fortuner V 2.7 ...sukur2 yg VNT 2015 4x4 joss lagi
ML klo ngga salah independent ya um? bkn solid axle. Minusnya klo bkn solid axle meski punya gc tinggi...bonggol penggeraknya rawan nyangkut sec dia tdk ikut naik spt di solid axle pd saat lewatin obstacle, cmiiw y.
Kalau masalah bonggol sih bias diakalin dengan cara positioning yang bener untuk lewat obstacle.. Tp memang bakal jauh lbh susah jaga traksi kalau 4 wheel independen, karena bagaimanapun travel suspensi ga bakal sebagus yang live axle depan belakang atau IFS.. Untuk kasus IFS biasanya bonggol gardan depan bukan bagian paling rendah, cenderungnya ngumpet di deket2 karter oli, justru ini yang harus lebih diperhatikan