Twincam vs pure DOHC

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Twincam vs pure DOHC

Post by satyr »

Sebenernya yg namanya Twincam dan DOHC itu memiliki makna
yg sama yaitu sama2 memiliki 2 camshaft.
tapi memang dikalangan automotive dan bengkel2 dikenal istilah
DOHC banci (Twincam) dan DOHC sejati.

Dohc banci itu dibikin untuk alasan yg sangat bagus, _driveability_ (mudah di kendarai disegala rpm range (idle to redline), dan economy.
Untuk mencapai driveability yg baik banyak sekali faktornya, tapi intinya:
powerband harus lebar dan torquey di rpm bawah dan menengah.
Untuk mendapatkan torque di rpm rendah, flow efisiensi harus ditingkatkan dgn meningkatkan 'speed' dari pada intake flow ketimbang 'volume'.

Ingat aja, 'flow speed' makes torque, 'volume' makes horsepower.

Untuk mendapatkan flow speed yg baik, intake flow musti belok2 dgn sudut yg relatif tajam dan juga dgn intake tract yg membesar dan mengecil. Makanya dibuat sudut klep yg relatif 'tajem' juga, sekitar 20derajat antara intake port dgn klep.
Sudut yg tajem ini akan memampatkan udara sehingga akan terjadi akselerasi udara yg meningkatkan flow speed. High flow speed akan menciptakan high vacuum thus better engine efisiensi.
Dgn flow yg belok2 tajem kayak gini, di rpm tinggi akan menjadi bottleneck, makanya maximum power tidak sebagus mesin
dohc dgn sudut klep yg lebar.
Berlaku juga sebaliknya, mesin dgn sudut klep
yg lebar, flow speed di rpm rendah gak sebagus lawannya, tapi di rpm tinggi resistan jauh lebih kecil.

Dgn sudut klep yg sempit ini, cylinder head bisa dibuat lebih compact, untuk mengurangi kompleksitas valve train, rocker arms must go, makanya ada dual cam, tapi, again, dgn sudut yg sempit, kedua cam sangat berdekatan, gak mungkin pake 2 cam sprocket (bisa mentok), makanya sprocket Cuma satu, yg atu lagi digerakkan pake cam gear.

Pendekatan Honda dan Mitsubishi untuk mesin ekonomi (baca: mesin banci) sedikit berbeda, mereka lebih percaya menggunakan single cam dan rocker arms untuk nge-drive valves nya. Inertia yg hilang untuk menggerakkan 2 cam di kompensasi dgn 4 rocker arms / cyl.

Kalau mau power utk mesin2 toyota masih banyak kok pilihannya, 4AGE, 3SGE, 2JZGTE, mesin altis baru, etc, etc. begitu juga dgn honda, mesin2 true dohcnya makes 100hp/liter.
Tapi utk mesin banci approachnya rada beda, supaya ekonomi & power bisa optimal, dipakein VTEC. Di rpm rendah Cuma 8-valve yg bekerja, di midrange-high rpm, all 16-valves ngebuka, makanya karakter mesinnya rada 'peaky', Cuma gak akan pernah sebagus dohc counterpartnya.

So, nothing wrong with dohc banci atau sohc 4-valves. They're all wonderful and efficient engines. Untuk sehari2 gw mah milih mesin nyang beginian lah, masih bisa di merayap pake gigi 3 di 1000rpm tanpa perlu kuatir kerak bakal numpuk.

Well, kalo sprocket ama gear itu kan bedanya dimasalah fungsinya.

Sprocket itu kan pasti bentuknya gear juga (seperti gambar sprocket di mesin Nissan diatas)
Kalo gear khan kalo di komponen engine karena dia menggerakan atau digerakkan another gear.
Kalo sprocket khan umumnya adalah gear yg
berhubungan BUKAN dgn another gear, bisa
dgn chain atau dgn belt.
Tapi karena bentuknya adalah gear, kadang sprocket disebut gear juga.

Tapi utk kasus twincam-nya toyota ini, jelas Cam
Sproket hanya SATU, dan camshaft satunya
digerakkan oleh cam gear.

Ini mesin 4A-FE
Karena sprocket hanya 1, cam yg satunya digerakkan oleh gear
Image

Sementara pada mesin 4A-GE tidak ditemukan gear semacam itu,
karena sprocket ada 2 yg keduanya digerakkan langsung oleh belt.
Image
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

ma kasih atas infonya bro, btw mesin toyota kaya 1nz termasuk banci ya ?
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

semua seri F itu DOHC banci

(1zz-fe, 4a-fe, 1nz-fe, dll)
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

oh i c terima kasih atas penjelasanya bro
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

kalo sama SOHC nya HOnda di Jazz/City gimana ya?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

SOHC cuma 1 cam.. pake VTEC-e (economical)

kalo di city Z pakenya pure VTEC
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
D-SOUL
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 360
Joined: Sun Feb 25, 2007 9:53

Post by D-SOUL »

sedih deh si strade denger kata economical. kekeke
anyway good info.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

gak harus sedih...

semua line up honda di indo pake economical vtec kecuali city Z VTEC
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Keliahatannya DOHC ataupun twincam lebih baik.... Tapi knp SOHC masih ada? Ini untungnya apa?
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

yang pasti si biaya manufactur, honda, toyota juga butuh untung, dimana kalau bisa manufactur seefesien mungkin dan prduk terjual seperti kacang goreng dengan untung semaximal, lain pada fokus sedan sport yang hanya terpaku pada segmen tertentu dimana profit dari segmen ini kecil
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

lain lagi dari segi desain, mesin SOHC punya ukuran yang lebih kompak, contoh aja tuh Kompartemen mesinnya Jazz yang kecil, sehingga ukuran kabin bisa diperluas. bandingkan dengan Swift yang DOHC, dalemannya wuih gila, tau sendiri lah... nah, kalo Yaris di tengah2 nya tuh
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Karena faktor ekonomi doank?
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

sama ya itu tadi torsi dohc dan sohc dan konsumsi bahan bakar juga berbeda jadi kembali lagi ke efesiensi
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Yusaku wrote:sama ya itu tadi torsi dohc dan sohc dan konsumsi bahan bakar juga berbeda jadi kembali lagi ke efesiensi
Kayak gmn bro, ogud masih blum ngerti "keindahan" SOHC...
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

sohc seharusnya lebi irit dari twincam.. tapi torsi bawah loyo

liat deh mobil2 honda.. kalo gak ada ivtec.. ancur semua tuh torsinya

vtec doank jg masi ga cukup
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

r1210g wrote:
Yusaku wrote:sama ya itu tadi torsi dohc dan sohc dan konsumsi bahan bakar juga berbeda jadi kembali lagi ke efesiensi
Kayak gmn bro, ogud masih blum ngerti "keindahan" SOHC...
Boleh di bilang mesin SOHC itu tehnologi kuno, even skr banyak di kasih technologi2x baru...Keindahannya?? Seperti beberapa penjelasan di atas banyak faktor sebuah pabrikan otomotif masih mau memproduksi mesin dengan konfigurasi SOHC.

Perhitungan cost & profitlah yang menjadi pertimbangan. Dari segi teknis? Dengan mesin yang lebih ringkes, di harapkan biaya perawatan jauh lebih murah serta gesekan antar komponen mesin lebih sedikit..ujung2xnya mesin lbh awet. Namun haree gini kalo murni sohc (tanpa VTEC, VVT-i, VVt dll plus Injection), pasti mobil ga laku karena konsumen sudah banyak mengerti dan tau kalo mesin yg bener2x murni sohc apalagi karbu pasti boros dan ga effisien serta bertenaga unyil.

Nah menurut gw mesin SOHC terindah saat ini masih dipegang sama mesin Honda D-series, baik yg VTEC maupun yg Non VTEC karena selain irit, kalau di oprek keluaran tenaganya (HP) juga mumpuni....bukti sudah banyak berbicara
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

gak juga loh, CIty Z sodara gw boros minta ampun tuh
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

widnug wrote:Nah menurut gw mesin SOHC terindah saat ini masih dipegang sama mesin Honda D-series, baik yg VTEC maupun yg Non VTEC karena selain irit, kalau di oprek keluaran tenaganya (HP) juga mumpuni....bukti sudah banyak berbicara
Weh boil gw donk nih... Grand Civic 89 hahaha... Beneran kalo dioprek, tenaganya besar???
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

r1210g wrote:
widnug wrote:Nah menurut gw mesin SOHC terindah saat ini masih dipegang sama mesin Honda D-series, baik yg VTEC maupun yg Non VTEC karena selain irit, kalau di oprek keluaran tenaganya (HP) juga mumpuni....bukti sudah banyak berbicara
Weh boil gw donk nih... Grand Civic 89 hahaha... Beneran kalo dioprek, tenaganya besar???
Sorry...yg pernah terbukti sich D16 dan D15B..D16 mesin STD bisa dikuras tenaganya sampe 160 HP...D15B juga bisa sampe 157 HP..nah yg paling edan Frankestein head VTEC D15B plus D16..nyemburin tenaga approching 168 HP...Hasilnya..Estillo mesin ini melesat 14,6 detik utk 402 meter (ini parameter mobil drag-race)
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

D16 dan D15B tuh bener yg dikitikin dikit ngacirrr

kalo D17A denger2 kurang tokcer
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Kyknya kenal ma photo di atas... Mirip yg di bawah kap mesin twincam gw tuh... Emang iya yah.

Thx infonya bro
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Re:

Post by widnug »

StRaDe_Jazz wrote:gak juga loh, CIty Z sodara gw boros minta ampun tuh

City Z itu ada 2 mesin lo..VTEC dan Non VTEC . Kl yg VTEC berarti yg Type VTi, kalo yg Persona berarti Non VTEC..which one?
Mesin Honda sohc, gw pernah makai dan sepengetahuan serta banyak org bilang, ga pernah boros..kecuali..nah ini dia, Matik atau mesin tdk dalam kondisi sehat sekali
Gw jamin kalo boros..pasti tenaganya Loyo....Perlu diingat, mesin Honda ga kaya Toyota yg lbh kuat, jd ada sedikit kelainan pasti langsung ada hasilnya
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Twincam vs pure DOHC

Post by herbid »

Kalo model Mazda Astina ini:
http://s809.photobucket.com/albums/zz19 ... nMesin.jpg

masuk kategori mana ya?