Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by marmut »

PRBS wrote: Thu Jul 12, 2018 1:14 Sudah2.. intinya memang ada 2 aturan yg agak rancu..

- ada lambang max speed 100kmh
- ada aturan lajur kanan hanya untuk mendahului.

-

mendahului memang sebaiknya dari lajur kanan. tapi, ada peraturan juga yang memperbolehkan mendahului dari sebelah kiri dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
misal, di lajur kanan ada kendaraan berhenti (apapun alasannya), atau seperti lane hogger.
saya juga baru memperhatikan beberapa waktu belakangan ini setelah membaca lagi undang-undang lalu lintas.
Valkyr10
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Thu Feb 02, 2017 6:48

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Valkyr10 »

adityabp wrote: Thu Jul 12, 2018 1:31
Valkyr10 wrote: Wed Jul 11, 2018 13:22
adityabp wrote: Wed Jul 11, 2018 10:05
Sori ya, cuma lanehogger lajur kanan yg bisa nulis komentar seperti komentar anda di atas.
Dan saya baru tau juga ternyata lanehogger adalah driver2x yg peduli dgn kecepatan driver lain.
:mky_07:
Lho.. saya malah heran lho.. ada orang yg minta orang lain baca rambu dan tahu diri.. tapi ga mau d ingatkan untuk baca rambu dan tahu diri juga..

Pdhl udh d bilang dari awal.. lane hogging d jalur kanan dan overspeeding d jalur kanan sama2 salah..

Seperti kata pepatah.. ada maling yg teriak maling..

:upss:
Berikut ini ilustrasi maling teriak maling :

Si A lagi nyetir mobil. Pas sampai perempatan kena lampu merah. Bukannya brenti, dia tetap ngeloyor lurus.
Bersamaan dgn it, si B yg naik motor jalan dari arah kanan krn lampu sdh hijau.
Akibatnya si A hampir nyenggol si B pas di tengah perempatan.
22nya langsung brenti, turun dan saling memaki.

B : Dasar driver b36o. Mata lu ditaro di mana??? Liat gak tuh lampu merah??
A : Eh, biker t0l0l. Lu gak pake helm gak usah nyolot!!

:big_weee:
bener banget.. :mky_08:

intinya sih.. selama berada d jalan umum.. taatilah semua aturan..

jangan pada standar janda.. :mky_04:

Bagi para lane hogger yg ogah pindah jalur k kiri krn males/udh nyaman.. mending sewa supir jd bisa bobo ato males2an d jok belakang..
Bagi para 'pembalap' yg suka overspeed dg alasan mau buru2 ato pengen cepet sampe.. mending jalan pagian/lebih awal..

:big_deal:
rotigoreng
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Jul 07, 2017 6:01

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by rotigoreng »

ane biasa lewat tol tgr-merak kan cuma 2 lajur, lajur kiri aspalnya amburadul banyak tambalan juga banyak truk pelan jadi yaa apa boleh buat stay di kanan.. tp kalo keliatan dari spion ada yg kenceng pasti ane kasih lewat lah (asal kiri kosong yaa)

pas giliran ane yg agak kenceng trus di depan ada yg lebih pelan, biasanya ane dim 1x-2x, kalo dia ga ngasih yaa ane ambil kiri.. trus kalo lajur kanan lagi ada truk konvoi yg lagi nyalip, lajur kirinya berderet truk yg ngos-ngosan yaa ane sabet bahu jalan.. hehee.. :big_sorry: [emo-police] :big_peace:
riche69
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun May 07, 2017 8:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by riche69 »

Di tol sudah beberapa kali liat kejadian nyaris kecelakaan gegara nyalip dari kiri.

Sangat berbahaya! Nyalip dari kiri blank spot ke depan lebih besar

Intinya ya tetap balik ke fitrahnya: (1) jalur kanan utk mendahului (2) Jika tidak mendahuli ya balik ke tengah
Parbada
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Feb 21, 2017 9:40
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda_Stream

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Parbada »

Aturan ya tetap aturan, bagaimana mungkin anda bicara etika kalau aturan tertulis yang ada dan mengikat saja anda langgar :mky_07:

Dari awal lanehogger itu salah, tapi menjadi absurd ketika yang teriak2 soal lanehogger karena merasa dihambat kepentingan dirinya yang juga sedang melanggar hukum. Ibaratnya ada 'Kelompok Maling 1' yang marah-marah karena terhalang ada 'Kelompok Maling 2' di rumah sasaranya. Trus mau bacok2an di rumah targetnya? :mrgreen: :mrgreen:

Seandainya anda berjalan sesuai batas kecepatan, maka andapun tak perlu mempermasalahkan lanehogger yang berjalan sesuai dengan batas kecepatan. Ikuti saja aturan ga usah mikirin itu lanehogger.
Kalau anda bilang solusi untuk lanehogger simpel tinggal minggir ke kiri (biar ngikut aturan), maka solusinya untuk andapun simpel tinggal kurangi kecepatan ikuti aturan batas kecepatan (biar ngikut aturan).

Klo masih mau ngotot siapa yang lebih salah, di UU No 22 Tahun 2009 Pasal 287 tentang Ketentuan Pidana, terdapat 1 ayat yang menjerat lanehogger dan 2 ayat yang menjerat pelanggar batas kecepatan.
(1) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau Marka Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4)
huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah). Untuk lanehogger dan pelanggar batas kecepatan

(5) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf g atau Pasal 115 huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah). Untuk pelanggar batas kecepatan

Jujur saya belum ketemu kasus ada orang ditilang karena jadi lanehogger, kalau ditilang karena melanggar batas kecepatan ternyata ada beritanya https://faktualnews.co/2018/04/30/empat ... kan/78485/
Klo mau teriak aturan ya patuhi seluruh aturan yang ada, bukan cuma mengikuti aturan mana yang anda suka tapi tutup mata dengan aturan yang bukan selera anda (sambil teriak "pembenaran" :mrgreen: )

Ga perlu nyuruh orang tahu diri kalau anda sendiri belum genah baca rambu, padahal saya yakin loh anda SIM-nya pasti gak nembak. Kalau anda belum amnesia, peraturan terkait rambu perintah dan rambu larangan itu semuanya menjadi soal ujian SIM tertulis di Satpas, coba main aja ke Satpas Daan Mogot yang nembak SIM aja kudu ikut ujian seluruhnya. Bahkan anda bisa dapat latihan soalnya di toko buku terdekat. Gak usah ke toko buku, googling juga nemu kok. Ini salah satu contohnya:
batas.jpg
Sayapun ingin sekali aturan dirubah misalnya batas kecepatan jadi 140kpj. Tapi semua pasti butuh analisa dan kajian yang harus bisa dipertanggungjawabkan dari pihak yang benar-benar kompeten, bukan semata-mata hanya berdasarkan selera/keinginan saya ato mugkin karena ngikut negara lain yang lebih keren :frm_bang_head: . Kalau orang kayak saya ini jelas gak kompeten bilang itu aturan perlu dirubah atau gak update, kapasitas saya sih cuma sekedar mengikuti aturan yang itupun belum seluruhnya sanggup saya ikuti.

Sayapun paling benci liat lanehogger di jalan, tapi saya harus lihat diri sendiri dulu yang ternyata juga tidak sempurna disaat yang sama. Saya malu meminta orang memfasilitasi saya untuk melanggar hukum, apalagi klo gak dikasih pake marah dan teriak orang melanggar hukum (sambil arogan ngedim dan klakson). Selain norak dilihat orang, tindakan saya juga berisiko membahayakan orang lain karena kecelakaan bermula dari adanya pelanggaran :mky_08:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by arfs »

Bodo amat inti nya ttp aja lane hogger itu menghambat laju traffic. Gk heran jalan tol jg sering macet jalan tol karena si lane hogger itu chain effect ke laju lalu lintas yg dibelakang nya...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by vipere »

arfs wrote: Thu Jul 12, 2018 3:53 Bodo amat inti nya ttp aja lane hogger itu menghambat laju traffic. Gk heran jalan tol jg sering macet jalan tol karena si lane hogger itu chain effect ke laju lalu lintas yg dibelakang nya...
setuju banget. selalu alasannya 'kan lagi mau mendahului juga'. kalo emang mau mendahului , tapi takut nyetir kencang2 ya gak usah nyalip dulu lah,
kasih kesempatan mobil lain yg lebih kencang. nanti baru lihat spion, kalo udah bener2 kosong banget baru deh mulai nyalipnya.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by sandal »

Mungkin trit ini di tutup aja

Sekian terima kasih (jangan baper)

:ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

sandal wrote: Thu Jul 12, 2018 4:11 Mungkin trit ini di tutup aja

Sekian terima kasih (jangan baper)

:ngacir:
Jangan om, nanti ngantuk :wkkk:

Lagi seru2nya liat diskusi sehat karena perbedaan sudut pandang.
Mulai ada beberapa member yang pertamanya kekeuh banget dengan view dari sisinya saja, yang mulai bisa melihat view dari sisi lain. Tp masih ada juga member yang baru bisa lihat dari sisinya saja (kayaknya lebih banyak tipe pembalap yang di sini) :big_peace:
aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by aerotourersora »

ya tetap aja cruising 100kpj di kanan itu terlihat bodoh kalau menghalangi orang yang melaju 120kpj wkwkwk

buat saya yang senang lari 80-100 ya stay kiri. banyak kendaraan komersil? resiko, lewati sebisanya.
continuously-variable
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ChZ »

Parbada wrote: Thu Jul 12, 2018 3:15
Sayapun paling benci liat lanehogger di jalan, tapi saya harus lihat diri sendiri dulu yang ternyata juga tidak sempurna disaat yang sama. Saya malu meminta orang memfasilitasi saya untuk melanggar hukum, apalagi klo gak dikasih pake marah dan teriak orang melanggar hukum (sambil arogan ngedim dan klakson). Selain norak dilihat orang, tindakan saya juga berisiko membahayakan orang lain karena kecelakaan bermula dari adanya pelanggaran :mky_08:
Ya sudah, then don't waste your time being so-called "pembela kebenaran" ... anda pun tetep ada salahnya. Ngapain ngurusin speed orang yang nyalip anda ?

Indonesian traffic problem is more complex than you think. UU aja bisa direvisi berkali-kali. Gak perlu ngurusin orang lain mau lari berapa, lane hogger ya lane hogger aja.

Udah saya tanya gampang aja : mau demi "kebenaran" yang anda perjuangkan ini, ngorbanin bokong mobil anda ketabrak mobil yang lari di atas 100? Saya sih ogah, mending minggir "memfasilitasi" daripada mobil bonyok urusan lbh panjang...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
pckupelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Dec 19, 2013 23:54
Location: In my little shell

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pckupelan »

yang penting sih dijaga aja etika di jalan, kalau ketemu lanehogger ya diusahakan untuk didahului dengan aman, saya bukan tipe yang suka nglakson atau ngedim kalau ketemu lanehogger, cukup dilewati saja jika memungkinkan. nah kalau pas sayanya jadi lanehogger (cruise 80/100 di kanan) dan ada high speed traffic di belakang ya saya minggir dulu ke tengah. simpel take and give di jalan, siapa tahu pas kita lagi membutuhkan, kita dibantu dikasi jalan sama orang.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by arfs »











Bisa dilihat beberapa contoh lane hogger kolot di toll Indonesia...
P. S. Bukan channel youtube ane.. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Last edited by arfs on Thu Jul 12, 2018 6:30, edited 1 time in total.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by sandal »

pengendiesel wrote: Thu Jul 12, 2018 4:46
sandal wrote: Thu Jul 12, 2018 4:11 Mungkin trit ini di tutup aja

Sekian terima kasih (jangan baper)

:ngacir:
Jangan om, nanti ngantuk :wkkk:

Lagi seru2nya liat diskusi sehat karena perbedaan sudut pandang.
Mulai ada beberapa member yang pertamanya kekeuh banget dengan view dari sisinya saja, yang mulai bisa melihat view dari sisi lain. Tp masih ada juga member yang baru bisa lihat dari sisinya saja (kayaknya lebih banyak tipe pembalap yang di sini) :big_peace:
Hahahaha, ya gimana lg ngelihat member2 kyk gitu.....

Mantau dari jauh aja deh...

Yang penting stay safe di jalan...
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
Valkyr10
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Thu Feb 02, 2017 6:48

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Valkyr10 »

ChZ wrote: Thu Jul 12, 2018 5:45
Parbada wrote: Thu Jul 12, 2018 3:15
Sayapun paling benci liat lanehogger di jalan, tapi saya harus lihat diri sendiri dulu yang ternyata juga tidak sempurna disaat yang sama. Saya malu meminta orang memfasilitasi saya untuk melanggar hukum, apalagi klo gak dikasih pake marah dan teriak orang melanggar hukum (sambil arogan ngedim dan klakson). Selain norak dilihat orang, tindakan saya juga berisiko membahayakan orang lain karena kecelakaan bermula dari adanya pelanggaran :mky_08:
Ya sudah, then don't waste your time being so-called "pembela kebenaran" ... anda pun tetep ada salahnya. Ngapain ngurusin speed orang yang nyalip anda ?

Indonesian traffic problem is more complex than you think. UU aja bisa direvisi berkali-kali. Gak perlu ngurusin orang lain mau lari berapa, lane hogger ya lane hogger aja.

Udah saya tanya gampang aja : mau demi "kebenaran" yang anda perjuangkan ini, ngorbanin bokong mobil anda ketabrak mobil yang lari di atas 100? Saya sih ogah, mending minggir "memfasilitasi" daripada mobil bonyok urusan lbh panjang...
sorry ya mod.. terus terang komen pertama saya d trit ini ke-triggered gara2 kalimat yg saya bold.. kok bisa2nya ada yg bilang ga usah ngurusin speed orang lain atau kecepatan itu urusan dia..

hello.. kalo anda ga pake seatbelt pas nyupir dan bilang seatbelt itu urusan saya.. itu saya terima.. krn anda selamat ato tidak krn seatbelt / helm itu urusan anda sendiri.. ga ngaruh ma orang lain d jalan..

tapi ketika berurusan dg kecepatan d jalan.. kalo mobil anda sampe hilang kendali ketika ngebut.. yg celaka bukan anda doang.. nyawa orang juga bisa hilang.. emg lupa ma kasus anak menteri dan anak artis yg kebut2an d jalan ?? :big_dunno:

aturan itu d buat buat semua orang dan golongan.. ga peduli pake mobil mahal, murah, kencang, lambat..
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by PRBS »

arfs wrote: Thu Jul 12, 2018 6:19

Bisa dilihat beberapa sample lane hogger di toll Indonesia...
Nah ini.. hayo ngacung siapa yg masih kek gini?

Sadar diri dan intropeksi ya.. jangan “i’m stick it to the rules blablablabla”

Lajur tengah dan lambat kosong begitu, masih aja terang2an lanehogging..
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by fizrmen »

arfs wrote: Thu Jul 12, 2018 3:53 Bodo amat inti nya ttp aja lane hogger itu menghambat laju traffic. Gk heran jalan tol jg sering macet jalan tol karena si lane hogger itu chain effect ke laju lalu lintas yg dibelakang nya...
most of traffic jams begins by a single imbecile
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
User avatar
pckupelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Dec 19, 2013 23:54
Location: In my little shell

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pckupelan »

fizrmen wrote: Thu Jul 12, 2018 6:29
arfs wrote: Thu Jul 12, 2018 3:53 Bodo amat inti nya ttp aja lane hogger itu menghambat laju traffic. Gk heran jalan tol jg sering macet jalan tol karena si lane hogger itu chain effect ke laju lalu lintas yg dibelakang nya...
most of traffic jams begins by a single imbecile
kusetuju :mky_02:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ChZ »

Valkyr10 wrote: Thu Jul 12, 2018 6:24
sorry ya mod.. terus terang komen pertama saya d trit ini ke-triggered gara2 kalimat yg saya bold.. kok bisa2nya ada yg bilang ga usah ngurusin speed orang lain atau kecepatan itu urusan dia..

hello.. kalo anda ga pake seatbelt pas nyupir dan bilang seatbelt itu urusan saya.. itu saya terima.. krn anda selamat ato tidak krn seatbelt / helm itu urusan anda sendiri.. ga ngaruh ma orang lain d jalan..

tapi ketika berurusan dg kecepatan d jalan.. kalo mobil anda sampe hilang kendali ketika ngebut.. yg celaka bukan anda doang.. nyawa orang juga bisa hilang.. emg lupa ma kasus anak menteri dan anak artis yg kebut2an d jalan ?? :big_dunno:

aturan itu d buat buat semua orang dan golongan.. ga peduli pake mobil mahal, murah, kencang, lambat..
Ya bener ngebut itu (berisiko) mencelakakan orang lain juga. Makanya keamanan di jalan itu tanggung jawab masing-masing. Totally agree.

Masalahnya, mau nunggu sampe pantat mobil bonyok kena seruduk dulu? Ngotot ama speed limit terus jadi lane hogger di jalur kanan? Jangan salah, truk jalan 40 km/h di tol di lajur kanan juga SALAH. Tapi kenyataannya?

Lagian, pertanyaan anda keluar konteks. Saya lg ga bahas mobil yang ngebut zigzag gak jelas dan top speed sampe 200 km/h, kan lg bahas speed limit vs lane hogger, overspeed buat nyalip di jalur kanan salah apa nggak. Ya jawaban saya simpel, mau ngga bokong ngana jadi korban orang yang larinya 110-120 km/h doank... "doank" karena asumsi anda berada di jalur kanan dan 100 km/h. 100 km/h diseruduk ama yang 120 km/h - 140 km/h kan logis. Secara peraturan YA, itu SALAH. Tapi kenyataan?

Inget nyalip dari kiri menurut peraturan jg salah loh... Tp sering ngga kita nyalip dari kiri (dah ngaku aja ga usah merasa suci sok ikut aturan).

Terus gimana kalo ketemu yang ngebut ? Always be aware. Udah pesen saya itu aja. Klo dia ngebut, let him/her be. Gak perlu sibuk ngurusin kesalahan orang lain. Di Indonesia semua pengemudi ya pasti ngelanggar sadar nggak sadar... Gak semua orang merasa punya tanggung jawab yang sama, makanya yang bisa kita lakukan ya selalu aware dengan sekitar.

A responsible driver will know how to act in every condition.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Valkyr10
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Thu Feb 02, 2017 6:48

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Valkyr10 »

ChZ wrote: Thu Jul 12, 2018 6:47
Ya bener ngebut itu (berisiko) mencelakakan orang lain juga. Makanya keamanan di jalan itu tanggung jawab masing-masing. Totally agree.

Masalahnya, mau nunggu sampe pantat mobil bonyok kena seruduk dulu? Ngotot ama speed limit terus jadi lane hogger di jalur kanan? Jangan salah, truk jalan 60 km/h di tol di lajur kanan juga SALAH. Tapi kenyataannya?

Terus gimana kalo ketemu yang ngebut ? Always be aware.

Masalahnya yang kebanyakan kelakuannya begini adalah (maaf) yang pake mobil sedjoeta oemat...
Balik lagi ke aturan ya..

Mayoritas yg jadi lane hogger itu mobil "murah".. itu benar banget..
Mayoritas yg overspeed itu mobil "mahal".. itu juga bener..

tapi mau murah ato mahal.. intinya sama2 tetap salah juga kan (menurut aturan).. :big_grin:


fun fact.. para 'pembalap' yg komplain masalah lane hogger tapi pas d counter ga usah ngurusin kecepatan (mobil) orang.. pdhl sebenarnya saat itu dia pun sdg ngurusin kecepatan mobil orang juga lho.. :big_childish:

edi tambahan : 'pembalap' macam apa ya yg nekat ngambil resiko nubruk pantat mobil orang (meskipun tuh orang salah).. kalo saya sih mending ngerem deh.. mending telat dtg ke tujuan drpd ga jadi sampe krn masuk RS ato malah kuburan.. :big_cry:

:big_grin:
Last edited by Valkyr10 on Thu Jul 12, 2018 7:05, edited 1 time in total.
rotigoreng
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Jul 07, 2017 6:01

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by rotigoreng »

kalo ga salah dulu pernah ada rambu di tol yg ngasih keterangan di atas lajurnya kayak bahu jalan - trus di lajur kiri untuk kendaraan lambat - di lajur sebelah kanannya untuk kendaraan yg lebih cepat - trus yg paling kanan untuk mendahului.. sekarang masih ada gak ya ?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ChZ »

Valkyr10 wrote: Thu Jul 12, 2018 6:56
Balik lagi ke aturan ya..

Mayoritas yg jadi lane hogger itu mobil "murah".. itu benar banget..
Mayoritas yg overspeed itu mobil "mahal".. itu juga bener..

tapi mau murah ato mahal.. intinya sama2 tetap salah juga kan (menurut aturan).. :big_grin:


fun fact.. para 'pembalap' yg komplain masalah lane hogger tapi pas d counter ga usah ngurusin kecepatan (mobil) orang.. pdhl sebenarnya saat itu dia pun sdg ngurusin kecepatan mobil orang juga lho.. :big_childish:


:big_grin:
Post bru aja saya edit.
Ya bener ngebut itu (berisiko) mencelakakan orang lain juga. Makanya keamanan di jalan itu tanggung jawab masing-masing. Totally agree.

Masalahnya, mau nunggu sampe pantat mobil bonyok kena seruduk dulu? Ngotot ama speed limit terus jadi lane hogger di jalur kanan? Jangan salah, truk jalan 40 km/h di tol di lajur kanan juga SALAH. Tapi kenyataannya?

Lagian, pertanyaan anda keluar konteks. Saya lg ga bahas mobil yang ngebut zigzag gak jelas dan top speed sampe 200 km/h, kan lg bahas speed limit vs lane hogger, overspeed buat nyalip di jalur kanan salah apa nggak. Ya jawaban saya simpel, mau ngga bokong ngana jadi korban orang yang larinya 110-120 km/h doank... "doank" karena asumsi anda berada di jalur kanan dan 100 km/h. 100 km/h diseruduk ama yang 120 km/h - 140 km/h kan logis. Secara peraturan YA, itu SALAH. Tapi kenyataan?

Inget nyalip dari kiri menurut peraturan jg salah loh... Tp sering ngga kita nyalip dari kiri (dah ngaku aja ga usah merasa suci sok ikut aturan).

Terus gimana kalo ketemu yang ngebut ? Always be aware. Udah pesen saya itu aja. Klo dia ngebut, let him/her be. Gak perlu sibuk ngurusin kesalahan orang lain. Di Indonesia semua pengemudi ya pasti ngelanggar sadar nggak sadar... Gak semua orang merasa punya tanggung jawab yang sama, makanya yang bisa kita lakukan ya selalu aware dengan sekitar.

A responsible driver will know how to act in every condition.
Tapi intinya tetep sama : kenyataan vs aturan itu berbeda jauh sekali.

Saya di tol sih mending jalan santai dan ngasih jalan yang memang "membutuhkan" ... - including sembalap. Speedometer jarang jadi perhatian saya, kadang gak aware saya lg lari berapa pokoknya mesin gak meraung, gak jauh-jauh dari 80-120 kok. Klo ada yang lebih kenceng ya kasih...

Justru di tol, yang sering jadi masalah utama saya adalah orang yang nyetir di bawah itu bukan di atas itu... sembalap banyakan sy biarin lewat...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by PRBS »

Valkyr10 wrote: Thu Jul 12, 2018 6:56
ChZ wrote: Thu Jul 12, 2018 6:47
Ya bener ngebut itu (berisiko) mencelakakan orang lain juga. Makanya keamanan di jalan itu tanggung jawab masing-masing. Totally agree.

Masalahnya, mau nunggu sampe pantat mobil bonyok kena seruduk dulu? Ngotot ama speed limit terus jadi lane hogger di jalur kanan? Jangan salah, truk jalan 60 km/h di tol di lajur kanan juga SALAH. Tapi kenyataannya?

Terus gimana kalo ketemu yang ngebut ? Always be aware.

Masalahnya yang kebanyakan kelakuannya begini adalah (maaf) yang pake mobil sedjoeta oemat...
Balik lagi ke aturan ya..

Mayoritas yg jadi lane hogger itu mobil "murah".. itu benar banget..
Mayoritas yg overspeed itu mobil "mahal".. itu juga bener..

tapi mau murah ato mahal.. intinya sama2 tetap salah juga kan (menurut aturan).. :big_grin:


fun fact.. para 'pembalap' yg komplain masalah lane hogger tapi pas d counter ga usah ngurusin kecepatan (mobil) orang.. pdhl sebenarnya saat itu dia pun sdg ngurusin kecepatan mobil orang juga lho.. :big_childish:


:big_grin:
Ya gimana ga ngurusin. Lah wong lanehogger bikin macet dijalan.. speed dia bisa dibawah 100kmh, tapi di lajur cepat.. lajur tengah dan lambat juga dibawah 100kmh (tapi mereka mah sudah dilajur yg benar).. trus? Jadi bumpet dong jalan tollnya.. hehe

:mky_07: :mky_07:
rotigoreng wrote: Thu Jul 12, 2018 6:58 kalo ga salah dulu pernah ada rambu di tol yg ngasih keterangan di atas lajurnya kayak bahu jalan - trus di lajur kiri untuk kendaraan lambat - di lajur sebelah kanannya untuk kendaraan yg lebih cepat - trus yg paling kanan untuk mendahului.. sekarang masih ada gak ya ?
Masih ada pak.. tapi mungkin mereka ga bisa baca.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by sandal »

fizrmen wrote: Thu Jul 12, 2018 6:29
arfs wrote: Thu Jul 12, 2018 3:53 Bodo amat inti nya ttp aja lane hogger itu menghambat laju traffic. Gk heran jalan tol jg sering macet jalan tol karena si lane hogger itu chain effect ke laju lalu lintas yg dibelakang nya...
most of traffic jams begins by a single imbecile
+1

Nih lane hogger kalo di luar negeri

rotigoreng wrote: Thu Jul 12, 2018 6:58 kalo ga salah dulu pernah ada rambu di tol yg ngasih keterangan di atas lajurnya kayak bahu jalan - trus di lajur kiri untuk kendaraan lambat - di lajur sebelah kanannya untuk kendaraan yg lebih cepat - trus yg paling kanan untuk mendahului.. sekarang masih ada gak ya ?
Kebanyakan skrg ngegas lewat bahu jalan dulu, terus nyadarnya kemudian...
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
rotigoreng
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Jul 07, 2017 6:01

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by rotigoreng »

sandal wrote: Thu Jul 12, 2018 7:12
fizrmen wrote: Thu Jul 12, 2018 6:29
arfs wrote: Thu Jul 12, 2018 3:53 Bodo amat inti nya ttp aja lane hogger itu menghambat laju traffic. Gk heran jalan tol jg sering macet jalan tol karena si lane hogger itu chain effect ke laju lalu lintas yg dibelakang nya...
most of traffic jams begins by a single imbecile
+1

Nih lane hogger kalo di luar negeri

rotigoreng wrote: Thu Jul 12, 2018 6:58 kalo ga salah dulu pernah ada rambu di tol yg ngasih keterangan di atas lajurnya kayak bahu jalan - trus di lajur kiri untuk kendaraan lambat - di lajur sebelah kanannya untuk kendaraan yg lebih cepat - trus yg paling kanan untuk mendahului.. sekarang masih ada gak ya ?
Kebanyakan skrg ngegas lewat bahu jalan dulu, terus nyadarnya kemudian...
:wkkk: :big_blushing: :big_peace: