Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by iwing »

kenapa model nya suzuki suka nyeleneh..?? mungkin mereka berpikir jika mengeluarkan model yang gak nyeleneh dan berhadapan dengan brand kuat lain, mereka udah pasti kalah. jadi nya mereka mengeluarkan model yang gak ada dua nya kwkwkwkkw

btw suzuki juga punya model seperti serena atau voxy tapi gak disini. rebrand dari nissan kayak nya
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by mastom »

trit bgs...bahas merk kenangan, pernah pake karimun kotak yg tenganya ngeden tapi badak, aerio yg paling keren speedometer pada zamannya, dan swift yg [cencored] punya tapi stir berat dan ganti giginya hrs pake power,

splash, pernah kepikiran, tp....pintu blkng agak2 bkn ilfill, klo bt sendiri ok bgt tuh...
siapa tau ertiga bs seheboh expander qulity dan modelnya, mkn beli sijuki lg, krn bengkelnya dkt rumah, jd enak..
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by marama »

krn strategi marketing yang kurang, banyak org awam g tau splash itu spesies apa, jd nya ya org kl ada dana taunya beli brio (dijamannya). Byk case mobil gini kok di indonesia tp paling sering emg suzuki dan brand2 korea
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by ChZ »

impactful wrote: Sun Apr 08, 2018 10:41 sports car nya suzuki ya...
ini masuk ga ya... hehehe

http://kp-gasket.blogspot.co.id/2010/08 ... o.html?m=1
Cappuccino itu masuknya kei-car, sama kayak Daihatsu Copen.

Suzuki ngga pernah punya lineup sports car yang melegenda, mereka memang fokus di mobil-mobil kecil dan SUV...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by dizco »

1. bentuk yang kurang bisa diterima orang pada umumnya
2. kurang promosi
3. ketiadaan transmisi matic yang normal
4. indomobil yang gitu deh.....
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by evanbngdor »

1. Desain kurang bisa diterima
2. Brand suzuki yang kurang populer

itu sih dua alasan utama yg bikin splash tidak sukses di pasaran.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by geofreyap »

Sepenglihatan oe, splash banyak sih dijalanan.
Emang ga laku ya ? :big_think:
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by PlantFoot »

Suzuki sbnrnya mobil2 nya sejak era swift mulai muncul dah lmyn bagus..

promo yg selalu kurang & produk yg selalu nanggung varian nya kl suzuki, pdhl beres dibanding mitsu misal , jmlhnya sepertinya lbh byk, plus kl lg servis lbh jrg kemungkinan ktm commercial vehicle dibanding d mitsu..ya kl ktm plg carry pick up..dibanding servis brg kepala kuning.. :mky_06:

hrsnya fokus aja sih sm R3, swift, sx4, ignis/penerusnya, karimun, vitara(drezza ? dr harga lbh make sense ini d indo dibanding GV org awam msh rd gmn gt beli suzuki > 300jt), carry. variannya aja d bykin. Jimny, GV & S3 by order. kl mau maen sedan pk nama baleno aja, hatchback ckp swift.

kl soal produk yg ikut selera india ya nasib lah, emg pasar utamanya dsana...toh kl volume d indo bgs kan bs d upgrade d batch selanjutnya mcm R3..
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by Mamang555 »

Suzuki di daerah itu banyak koq populasinya

Tadi ada yang bilang di Surabaya banyak.. betul
Di Malang juga banyak. Splash (pre FL), Swift dan R3
Di Bengkulu juga ane liat banyak.. :D
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by ChZ »

PlantFoot wrote: Mon Apr 09, 2018 4:01 Suzuki sbnrnya mobil2 nya sejak era swift mulai muncul dah lmyn bagus..

promo yg selalu kurang & produk yg selalu nanggung varian nya kl suzuki, pdhl beres dibanding mitsu misal , jmlhnya sepertinya lbh byk, plus kl lg servis lbh jrg kemungkinan ktm commercial vehicle dibanding d mitsu..ya kl ktm plg carry pick up..dibanding servis brg kepala kuning.. :mky_06:

hrsnya fokus aja sih sm R3, swift, sx4, ignis/penerusnya, karimun, vitara(drezza ? dr harga lbh make sense ini d indo dibanding GV org awam msh rd gmn gt beli suzuki > 300jt), carry. variannya aja d bykin. Jimny, GV & S3 by order. kl mau maen sedan pk nama baleno aja, hatchback ckp swift.

kl soal produk yg ikut selera india ya nasib lah, emg pasar utamanya dsana...toh kl volume d indo bgs kan bs d upgrade d batch selanjutnya mcm R3..
Timing nya selalu nggak pas dan hype nya selalu dah dibikin redup sama pesaing.

SX4 waktu 2007-2010 solo tanpa lawan sih oke banget penjualannya. Giliran dikasih lawan kayak Juke apalagi muncul HR-V trus mereka malah balik jual S-Cross, ya jarang yang ngelirik... merek S "gengsi" nya kalah sama H atau T. S identik mobil kecil dan "murah".

Swift sebenernya dulu top three dengan Jazz dan Yaris... tapi sejak serangan small hatch macem Fiesta dan M2 tersingkir... Baleno mau balikin hype itu ya susah. Apalagi desainnya bukan selera semua orang.

4AT nya Suzuki sebenernya cukup bagus dibanding Toyota... dan kalo Ignis pake 4AT instead of AGS... rasanya lbh cocok, toh citycar gak ngejar akselerasi 0-100... penting responsive di dalem kota. Formatnya disamain sama Splash dengan desain yang lebih ngikutin zaman...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by vulvy8858 »

andrijet wrote: Sat Apr 07, 2018 0:32 Betul skali pemirsa..!
:mky_02:

Dulu naksir juga sama mobil ini, sayang awalnya gak ada matic dan ABS-airbag.
Dan Suzuki mengulangi hal yang sama di Karimun LCGC dan Ertiga Diesel...
:wkkk:

Dear Suzuki Indonesia:
WE HATE AGS TRANSMISSION AND WE NEED EITHER MATIC OR CVT!!!!

Heran banget susah ngerti ginian doank...
Ayo lha ambil mobil dari Thailand (dgn matic normal) kl gak mau bikin mobil di Indonesia.
Stop bodohi masyarakat Indonesia dgn kampanye AGSmu, krn kami gak bodoh dan word of mouth jauh lbh ampuh disini.

Percayalah selera orang sini tu lebih dkt ke Thailand dibanding India..
Kenapa gak jualan Swift malah ganti Baleno yg wagu itu?
Oh God siapa seh yg riset pasar Suzuki di Indonesia...
:big_dunno:
wkwkwkwkwwkwk
saya sih dikasi AGS hajar aja dulu
yg penting ga ngopling.

anyway, KWR setau saya, murni ambil Indian spec, makannya dikasi AGS.

Swift mao major change, just wait and see.
Baleno masuk buat memenuhi pasar hetbek buat yg nyari budget rendah dan rolling cost rendah
jujur saya beli Baleno karena kalkulator sangat kuat. It meets all my needs with a low price and low rolling cost. period.

dan emang saya akui, market research nya aneh :mky_01:
chaprizone wrote: Sat Apr 07, 2018 1:23 saya pernah nyobain punya tmn yg splash type GL manual, dan emg ban nya lebih lebar drpada mobil2 sekelasnya, dulu waktu nyobain belum pernah nyetir mobil 1200cc ke bawah jadi berasanya lemot, mungkin klo dicompare dg yg sekelas lumayan bagus untuk tarikannya (pernah nyobain brio MT tp full load +tanjakan, jd gk bisa bandingin pas nyoba splash di jalan datar) tp yg jelas ini mobil BQ bagus :big_exellent:
oya btw saya sempet ngincer splash second jg sebelumnya, tp gk jadi karena cari yg bagasi lebih gede lg
1. ban nya pake Potenza RE088 kayak Yaris lawas. ukuran 185/60-15
2. adik saya pake Brio dan akselerasinya emang enakan Splash wkwkwkkwk
Koddy wrote: Sat Apr 07, 2018 1:37 Orang Indonesia kalau beli mobil, yang dilihat:
1. Brand/Merk
2. Harga
3. Resale Value
4. Fitur

Jarang ada yang melakukan perbandingan "Harga/Fitur".

Untuk brand yang kurang terkenal, kebanyakan yang diharapkan itu harga pembelian beda 30% dari tipe sejenis brand terkenal. Kenapa? Karena sudah pasti resale Value hancur, jadi berharap harga beli barunya juga beda jauh.
Anggap saja beli baru brand X seharga beli mobil bekas pakai 3 tahun brand terkenal.
Sayangnya.... Kok brand yang kurang terkenal tidak melakukan hal ini yah?
Padahal pricing adalah salah satu strategi marketing untuk mengambil dan menguasai pasar......
agreed

Splash uda kalah di nomer 1 sama 4, leads to hancurnya nomer 3, meskipun nomer 2 rendah secara harga beli dan biaya perawatan maupun pajak.
yang paling penting nomer 1, krn sangat berkaitan dengan gengsi dan pride.

Suzuki uda belajar kok
Yaris 270 juta, Baleno 217 juta, itu cuma 80% nya.

cuma itu doang si. lainnya harganya mepet wkwkwkkwk
liemivan86 wrote: Sat Apr 07, 2018 5:01 Dalam mendesain mobil ada beberapa pertimbangan, salah satu nya adalah global market, menjual produk yang sama di beberapa negara, sehingga bisa menekan biaya untuk R&D dan produksi. Pasar Indonesia mungkin dianggap kecil oleh suzuki, karena memang pasar terbesar nya di India, jadi ya kasar nya, kalo disuruh pilih pasar ya mendingan ikuti kemauan pasar yang besar.

Anyway, mengenai AGS, seandainya pilihannya ada 2: masukkan AGS atau jual hanya manual saja, bila anda jadi produsen, mana yang anda pilih? Kalo saya sih, pasti pilih masukkan AGS, setidaknya pasar ada pilihan untuk "agak Matic dikit".

Saya pribadi justru berharap ertiga diesel ada pilihan AGS nya. Karena tunggu Matic konvensional atau CVT tidak memungkinkan karena memang belum ada Matic atau CVT untuk mesin itu. Sedangkan kalo AGS, hanya perlu pasang modul saja ke transmisi manual nya. Tidak perlu perubahan teknis apa pun. Jadi daripada tidak ada Matic sama sekali, ya mending masukkan AGS nya deh..
Idem. Indeed. :emo-big_love:
kunaskun wrote: Sat Apr 07, 2018 9:50 ya karena its indomobil. baru bicara satu type yang ga jelas, liat aja nissan gimana sekarang. itu a whole brand. hebat kan indomobil, brand top three dunia, di indo hanya masuk 2nd tier atau bahkan 3rd tier...
3rd tier

2nd tier merek2 yurop 4 besar sama Mazda

3rd tier jujuki nissan taiashu

padahal Nissan mah.. ga usa ditanya buat BQ ama comfortableness.
cuma SDM di BeRes nya aja yang rada rada dan uda jalan 10-15 tahun sejak Renault nanem saham juga tetep aja rada-rada.
andrijet wrote: Sat Apr 07, 2018 17:57 Back to Maruti-Suzuki:
Kl tujuannya emang cuma jadiin Indonesia negara buangan stok dr India, gak mau kasih special treatment, cuma sekedar ekspor thok, siap2 aja jualannya makin nyungsep di Indonesia.
Ibarat ngasih makanan kucing ke ikan.
Gak akan doyan, lama2 ikannya mati dikasih makanan kucing trs.
:mky_01:

BTW kenapa Suzuki gak impor barang dr Thailand yak yg seleranya lbh mirip?
Emang pajaknya beda jauh?
Maksa jualan produk yg gak sesuai malah jd racun yg bikin ancur nama baik.
Ingatkah anda mahluk bernama Celerio, Ciaz, atau apa itu Karimum CBU yg dipanjangin?
Atau bahkan taukah anda Suzuki pernah jualan mobil2 itu?
:mky_01:
coba cek website global nya suzuki, pak.
:)

kalemm wkwwk.
-bukan sales Suzuki-
-cuma pake Suzuki, itupun dibeliin kantor-
liemivan86 wrote: Sat Apr 07, 2018 19:17 Karimun yang di panjang in itu namanya every om. Dan itu impor dari Jepang asli. Link: viewtopic.php?t=21718

Kenapa Suzuki tidak impor dari Thailand? Karena penasaran saya buka website Suzuki Thailand. Dan ternyata... Jualan nya sama koq.

Celerio
Ciaz
Ertiga
Carry
Swift

Btw, Suzuki Celerio ternyata bukan dari India, tapi dari Thailand. Link: https://otomotif.kompas.com/read/2015/0 ... i.Thailand.

Begitu juga Suzuki Ciaz juga dari Thailand. Link: https://otomotif.kompas.com/read/2017/1 ... ng-langka-

Jadi produk Suzuki Thailand yang mana yang selera nya lebih mirip kita dibanding Suzuki India?
pinter.

kenapa selerio yang global product dan masuk yurop ga dilanjutin jualannya disini?
pricing ga masuk. 1000cc harganya 160 juta. who wants to buy?
meningan Brio Satya dikasi make up dikit apa Agya-Ayla dikasi kosmetik kan? wkwkwkwkwkwk.
sama ada Ignis. tampang Ignis lebi fresh, lebi enak diliat, lebi enak dipamerin ke tetangga dan harganya lebih murah.

kenapa Ciaz ga laku?
padahal secara BQ dan kenyamanan mah boleh diadu sama duo nippon sekelas
dengan harga cuma 80% nya.
karena kelas Small sedan emang minim penjualan, dan Suzuki ga perna promosiin Ciaz.
2 tahun lebih kantor saya pake armada Suzuki, salesnya cuma nawarin Ertiga - Karimun - Carry -APV wkwkwkkwk

Swift buah simalakama juga si,, mao dimasukin, harganya bakal mepet ke yasir dan njes, ngeri ngeri sedap.
mau masukin enjin turbo, SDM di bengkel maupun calon user yang BIASA DIHADAPI sales, belom teredukasi dengan baik.
serba salah.
marama wrote: Mon Apr 09, 2018 2:23 krn strategi marketing yang kurang, banyak org awam g tau splash itu spesies apa, jd nya ya org kl ada dana taunya beli brio (dijamannya). Byk case mobil gini kok di indonesia tp paling sering emg suzuki dan brand2 korea
b e t u l

dulu saya purpose 3 mobil ini ke ortu saat saya mau beli mobil kecil di tahun 2014 silam:
1. Mirage Exceed
2. Brio E A/T 1200
3. Suzuki Splash A/T

Picanto dieliminasi (padahal enak pakenya) karena Korean Brand dan BeRes jauh dari rumah.
Sirion, no no no, skip
March / Micra, semua OK, nyaman dapet, enak dipake dapet, lega dapet, ada koneksi ke spesialis Nissan karena pas itu pake X-Trail, tapi masi kemahalan dan budget ngepres. skip.

pas ke Suzuki liat Splash, saya okay, posisi duduk enak, feeling mengemudi enak, kekedapan kabin lumayan, Ertiga banget lah mobil ini.
dibilang ortu: modelnya jelek. aneh. ga enak diliat. mereknya Suzuki pula.

MIrage, dibilang kayak mainan, kecil, sempit, ban nya kecil bener, bergeter pula. Skip.

pas masuk dealer Honda, liat Brio warna merah, saya uda OK sama mobilnya, ortu suka, langsung SPK.

dan masi dipake adik saya sampe sekarang.

biar kata pinggang sakit, kuping pengang, full orkestra saat hujan / kena jalan cor coran.
yang penting Honda dulu.

dan banyak kawan saya yang jual March - Splash - PIcanto - bahkan Mirage - buat beli Brio.
padahal mereka tahu Brio ga lebi enak dari mobil lawas mereka.
why?

Honda Effect.
brand above everything.
liemivan86 wrote: Sun Apr 08, 2018 3:45 ]Mungkin ya, mungkin, kalo masuk in wagon R kayak di Jepang akan jadi overpriced. Mungkin ya..

Soalnya di Jepang suzuki justru laku karena spedialis kei car, mobil LCGC ala Jepang. Masalahnya, kei car ini kalo dimasukkan sini bakal kemahalan. Kalo lihat list product Suzuki Japan, banyak banget tipe kei car nya. Yang non kei car cuma swift, ignis, baleno, Jimny, s cross dan escudo. Baleno dan S cross pernah masuk dan tanya2 ke sales di sana, impor dari India. Jarang laku juga sih. Ignis JDM lumayan laku.

Hustler saya pernah lihat barang nya langsung, menurut saya kurang menarik ya.. Dan kalo masuk sini, mungkin akan seharga rush terios, atau kalo bisa ditekan lagi paling rendah mungkin sama kayak baleno, padahal kelas nya di bawah. Harga hustler paling murah sekitar 190 jt, di Jepang. Masuk sini Err... 230-240 jt?
make sense

jadi kayak jaman Karimun Kotak dulu, harganya bener bener tinggi, compared ke kompetitor.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by octafiantos »

geofreyap wrote: Mon Apr 09, 2018 3:52 Sepenglihatan oe, splash banyak sih dijalanan.
Emang ga laku ya ? :big_think:
Ga tau kalo di daerah lain, tempat saya gawe sih jarang.
Orang yang kenal langsung punya Splash cuma satu. Temen kuliah saya, beli Splash MT buat bininya antar anak ke sekolah.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by daftar »

2. Brand suzuki yang kurang populer

sih heran, menurut ane suzuki itu brand-nya cukup populer kok di indo sebagai mobil awet & murah, kalo gengsi sih emang kalah sama merk itu
:ngacir:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by liemivan86 »


ChZ wrote: Swift sebenernya dulu top three dengan Jazz dan Yaris... tapi sejak serangan small hatch macem Fiesta dan M2 tersingkir... Baleno mau balikin hype itu ya susah. Apalagi desainnya bukan selera semua orang.

4AT nya Suzuki sebenernya cukup bagus dibanding Toyota... dan kalo Ignis pake 4AT instead of AGS... rasanya lbh cocok, toh citycar gak ngejar akselerasi 0-100... penting responsive di dalem kota. Formatnya disamain sama Splash dengan desain yang lebih ngikutin zaman...
Kalo saya lihat sih, baleno memang tidak untuk menggeser market leader ya. Karena kalo mau gitu, mereka akan CKD, supaya harga bisa lebih murah lagi, dan benar-benar menggeser. Baleno lebih ke "cari cuan dikit dengan modal minimalist". Kan mereka tidak perlu buat pabrik, dll, cukup stok dari India saja, jadi modal sangat minim. Kasar an nya, baleno, ignis, ertiga diesel itu main aman, karena tinggal impor.

Soal 4AT Suzuki, saya setuju. Saya dulu pakai bersamaan, ertiga AT dan Veloz AT. AT ertiga jauh lebih halus, cuma memang AT Veloz terasa lebih bertenaga, entah faktor karakter AT atau mesin. Lebih ganas gitu.. Masalah nya, mesin ignis (K12B ya?) belum ada pasangan AT nya, jadi karena Suzuki mau main aman, ya ambil aja apa yang ada di India. Kalo mau R&D AT untuk ignis lagi, kan harus keluar modal besar lagi..
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by chaprizone »

vulvy8858 wrote: Mon Apr 09, 2018 4:24
chaprizone wrote: Sat Apr 07, 2018 1:23 saya pernah nyobain punya tmn yg splash type GL manual, dan emg ban nya lebih lebar drpada mobil2 sekelasnya, dulu waktu nyobain belum pernah nyetir mobil 1200cc ke bawah jadi berasanya lemot, mungkin klo dicompare dg yg sekelas lumayan bagus untuk tarikannya (pernah nyobain brio MT tp full load +tanjakan, jd gk bisa bandingin pas nyoba splash di jalan datar) tp yg jelas ini mobil BQ bagus :big_exellent:
oya btw saya sempet ngincer splash second jg sebelumnya, tp gk jadi karena cari yg bagasi lebih gede lg
1. ban nya pake Potenza RE088 kayak Yaris lawas. ukuran 185/60-15
2. adik saya pake Brio dan akselerasinya emang enakan Splash wkwkwkkwk
saya kurang merhatiin jelas ukuran bannya om, tp sekilas mirip sm ukuran ban avanza/xenia (saya jg gk tau ukuran pasnya brp) :mky_01:
:big_okay:
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by PlantFoot »

ChZ wrote: Mon Apr 09, 2018 4:24
Timing nya selalu nggak pas dan hype nya selalu dah dibikin redup sama pesaing.

SX4 waktu 2007-2010 solo tanpa lawan sih oke banget penjualannya. Giliran dikasih lawan kayak Juke apalagi muncul HR-V trus mereka malah balik jual S-Cross, ya jarang yang ngelirik... merek S "gengsi" nya kalah sama H atau T. S identik mobil kecil dan "murah".

Swift sebenernya dulu top three dengan Jazz dan Yaris... tapi sejak serangan small hatch macem Fiesta dan M2 tersingkir... Baleno mau balikin hype itu ya susah. Apalagi desainnya bukan selera semua orang.

4AT nya Suzuki sebenernya cukup bagus dibanding Toyota... dan kalo Ignis pake 4AT instead of AGS... rasanya lbh cocok, toh citycar gak ngejar akselerasi 0-100... penting responsive di dalem kota. Formatnya disamain sama Splash dengan desain yang lebih ngikutin zaman...
Sbnrnya sih Suzuki ini pinter mencari celah..tp begitu dpt sambutan & diserang pesaing..apalagi mcm T&H mereka mlh mundur..cari celah lagi..

strategi yg dipake mcm perang gerilya...asal mendisrupt aja gak niat dominan...sadar diri klh resources & faktor kurang pede (pdhl basis fans nya lmyn)...mobilnya sih ok utk kelas nya..always underrated..
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by Michaelktp »

Buritan dan rear lamp Splash bukan selera kebanyakan konsumen. Walaupun in my opinion buritan dan rear lamp Brio juga agak aneh. Mirage yang paling lumayan. Berarti kesimpulannya ada pada brand image Suzuki yang hanya dikenal sebagai produsen mini (Kei) car dan compact SUV displacement kecil seperti halnya di brand Daihatsu era 80-90an.
Padahal Suzuki bisa dibilang pelopor dari compact SUV yang sekarang dikenal dengan istilah CUV. Compact SUV Suzuki muncul lebih dulu dengan Vitara 4x4 sejak tahun 1988 yang setelah itu muncul versi downgradenya 4x2: Escudo dan Sidekick di tahun 1994-1995. Masa itu belum ada comoact SUV brand lain selain Suzuki dan Daihatsu (Taft dan Feroza) karena mayoritas brand Jepang yang lain masih fokus pada manufaktur sedan yang memasuki golden era di 1990an sampai awal 2000an.Toyota dan Mitsubishi memang membuat Big SUV dengan Land Cruiser dan Pajero (non sport). Juga ada MB G-Class. Akan tetapi itu semua line up Luxury SUV yang sangat mahal dan hanya terbatas konsumen yang bisa membelinya. Karena itu duet Escudo-Sidekick dan juga Katana sukses luar biasa di Indo DM pra 1998 selain Taft yang juga raja mobil 4x4 saat itu. Memasuki era 2000 dimana brand Jepang seperti Honda merilis CR-V FD1 berlanjut Nissan dengan X-Trail T30 di segmen SUV 2001-2003.
Walaupun Suzuki tetap percaya diri karena merasa pionir segmen compact SUV dan berani strikes back dengan Escudo XL-7 dan menyusul Grand Vitara di tahun 2006 yang berdimensi body dan displacement besar (2.0L-2.7L). Hasilnya tetap penjualan hancur lebur dan tidak berkutik sama sekali melawan SUV dari Japanese car yang lain. Walaupun harga brand S ini tentu lebih miring karena sadar kalah brand image. Sejak itu perlahan eksistensi brand S ini meredup hingga semakin amblas saat ini di Indo DM bahkan worlwide kecuali India. Sehingga SMC Japan lebih berkonsentrasi penuh untuk India yang jelas berbeda karakter dan selera konsumen di Indo DM. Hmmm... power brand image memang luar biasa bagi yang kuat dan bumerang bagi yang lemah.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by iwing »

btw soal ignis dan splash, kalo gak salah dua spesies ini pake mesin yang sama kan ya..?? kalo iya, mestinya nemplokin transmisi matik nya splash ke ignis kan gak perlu riset lagi..?? dari pada pake ags gak jelas gitu
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by marama »

sama case nya kyk aerio, 2002 akhir kluar booming banget disaat brand T sama H blm main segmen compact hatcback (starlet ud discontinue, honda ud g jualan estilo lama).

th 2004 honda jual jazz ckd, th 2006 toyota jualan yaris, aerio lama2 meredup dan akhirnya discontinue ganti swift, sdh facelift di 2005 juga tetep g bisa mengembalikan kejayaan krn kalah brand
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by Mamang555 »

iwing wrote: Tue Apr 10, 2018 0:59 btw soal ignis dan splash, kalo gak salah dua spesies ini pake mesin yang sama kan ya..?? kalo iya, mestinya nemplokin transmisi matik nya splash ke ignis kan gak perlu riset lagi..?? dari pada pake ags gak jelas gitu
Beda kode mesin

Splash K12B output 85ps, Ignis K12M output 89ps

Diluar ada sih Ignis dengan CVT kalo ga salah
Last edited by Mamang555 on Tue Apr 10, 2018 3:41, edited 1 time in total.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Splash tidak seharusnya kalah penjualan lawan brio dan mirage??Heran gue

Post by liemivan86 »

Mamang555 wrote:
iwing wrote: Tue Apr 10, 2018 0:59 btw soal ignis dan splash, kalo gak salah dua spesies ini pake mesin yang sama kan ya..?? kalo iya, mestinya nemplokin transmisi matik nya splash ke ignis kan gak perlu riset lagi..?? dari pada pake ags gak jelas gitu
Beda kode mesin

Splash K12B output 85ps, Ignis K12M output 8ps

Diluar ada sih Ignis dengan CVT kalo ga salah
Saya yakin banget ini typo. Output 8 ps. Ha2...

Ignis Aussie CVT mesin dual jet. Entah kenapa koq mesin dual jet ini tidak masuk sini. Harga? Ignis CVT dual jet, mungkin bisa 200 juta kali ya..