MG 4EV atau BYD M6

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6259
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by b0ku »

orangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 0:27 Itu byd indonesia mau tanggung jawab apa ngga ya. Atau diserahkan ke asuransi pemilik?

Kalau di US, dulu hyundai dan GM ganti seharga mobilnya doank sih kalau ga salah inget. Terus mobilnya diambil buat diteliti.
harusnya buat ngehindarin viral si lsg tanggung jawab soalnya mereka ud bikin statmen ngawur dengan bilang itu cuma asep mobil aman cuma kalo liat cara pemadaman jelas itu thermal runway tapi masih di dalem battery pack tinggal di bongkar aja tuh battery pack isinya jadi apa kalo mereka mau open :mky_03:
orangpelupa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by orangpelupa »

b0ku wrote: Wed May 14, 2025 0:49
orangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 0:27 Itu byd indonesia mau tanggung jawab apa ngga ya. Atau diserahkan ke asuransi pemilik?

Kalau di US, dulu hyundai dan GM ganti seharga mobilnya doank sih kalau ga salah inget. Terus mobilnya diambil buat diteliti.
harusnya buat ngehindarin viral si lsg tanggung jawab soalnya mereka ud bikin statmen ngawur dengan bilang itu cuma asep mobil aman cuma kalo liat cara pemadaman jelas itu thermal runway tapi masih di dalem battery pack tinggal di bongkar aja tuh battery pack isinya jadi apa kalo mereka mau open :mky_03:
Bisa jadi memang belum sampai kebakar luar mobil baterai. Jadi baterai venting sesuai desain, sekring meledak juga kalau dari ada yang bilang ada ledakan.

Di berita terbaru, pemilik ngga mau komentar. Jadi sepertinya sudah "ditangani" sama byd, mungkin tanda tangan NDA juga kayak modus si tesla kalau di US.

Padahal kalau transparan malahan bagus untuk pembelajaran semua dan image perusahaan.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by timbermaniac123 »

orangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 2:01
Di berita terbaru, pemilik ngga mau komentar. Jadi sepertinya sudah "ditangani" sama byd, mungkin tanda tangan NDA juga kayak modus si tesla kalau di US.

Padahal kalau transparan malahan bagus untuk pembelajaran semua dan image perusahaan.
Seperti perkiraan saya om. Pasti ada lobby2 antara byd dengan owner mobilnya.

Atau kemungkinan kedua. Ada aksesoris tambahan seperti mini projie / upgrade lampu / audio. Makanya owner enggan komentar karena tau diposisi yang lemah kalau bener ternyata pasang aksesoris.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6259
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Wed May 14, 2025 2:44
Seperti perkiraan saya om. Pasti ada lobby2 antara byd dengan owner mobilnya.

Atau kemungkinan kedua. Ada aksesoris tambahan seperti mini projie / upgrade lampu / audio. Makanya owner enggan komentar karena tau diposisi yang lemah kalau bener ternyata pasang aksesoris.
kalo acc gak kena ke batre om lsg meleduk di depan dan kebakaran karena yang meleduk wiring kayak di thailand ud berapa kali kejadian cuma kena wiring mulu karena yang abis depannya :mky_03:

lagian itu case batrenya kuat banget jadi kalo external fire macem wiring meleduk belom tentu thermal runway :mky_03:

kalo sampe nyalahin acc kebakaran modelan gini bakalan lebih di pertanyakan kualitas batrenya :mky_03:

kecuali yang abis dan kebakaran bagian depannya doank :mky_03:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Pugman »

Suryaputra wrote: Tue May 13, 2025 15:02
Pugman wrote: Tue May 13, 2025 12:54
Suryaputra wrote: Tue May 13, 2025 6:21

iya mbah thn depan bisa jadi ada new product, turun lagi bisa.

moblis from china ini lifecyclenya cepet koq,
jadi yg diuntungkan pembeli batch ke sekian, krn diskonnya gak kira2, ditambah ada update software yg relative better.

total market pienya berkurang, dan kebagi-bagi dgn brand lain.
sementara supply plus plus
jd flash sale deh untuk fulfill supply & demand :big_biglaugh:
Lagi nunggu mobil delivery dan lagi naksir seal, malah dapat berita begini coba :big_dunno:
https://m.antaranews.com/berita/4830645 ... at-baterai
Sy paham mbah, sulit untuk gak kegoda, karena:
- pajak tahunan seharga motor
- performa (too far) above average in it's price level
- garansi panjang
- harga wow di kelasnya

Tp memang nothing is perfect aja. :mky_03:
Bener, godaan pajak ringan dan insentif harga itu beneran menggiurkan. Kalau gini ya banyakin berdoa.. :upss:
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 2:51
timbermaniac123 wrote: Wed May 14, 2025 2:44
Seperti perkiraan saya om. Pasti ada lobby2 antara byd dengan owner mobilnya.

Atau kemungkinan kedua. Ada aksesoris tambahan seperti mini projie / upgrade lampu / audio. Makanya owner enggan komentar karena tau diposisi yang lemah kalau bener ternyata pasang aksesoris.
kalo acc gak kena ke batre om lsg meleduk di depan dan kebakaran karena yang meleduk wiring kayak di thailand ud berapa kali kejadian cuma kena wiring mulu karena yang abis depannya :mky_03:

lagian itu case batrenya kuat banget jadi kalo external fire macem wiring meleduk belom tentu thermal runway :mky_03:

kalo sampe nyalahin acc kebakaran modelan gini bakalan lebih di pertanyakan kualitas batrenya :mky_03:

kecuali yang abis dan kebakaran bagian depannya doank :mky_03:
Ya make sense, apalagi sering dikasih demo nerjang genangan air yang cukup dalam. Jadi faktor eksternal beresiko lebih kecil dibanding faktor internal baterai ya..
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Pugman »

orangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 0:27
Pugman wrote: Tue May 13, 2025 12:57
b0ku wrote: Fri Apr 18, 2025 21:34 saya sejak liat kolong mg HS saran saya beli hyundei kona atau ioniq 5 aja deh :mky_01:

byd jauh2x lah dari tuh merek :ngacir:
Summon Om Boku lagi..
Om.. gimana ga deg-degan neh.. lagi nunggu mobil datang, malah ada berita seal parkir 3 hari baterainya kebakar di Palmerah
:big_childish:

https://m.antaranews.com/berita/4830645 ... at-baterai
Itu byd indonesia mau tanggung jawab apa ngga ya. Atau diserahkan ke asuransi pemilik?

Kalau di US, dulu hyundai dan GM ganti seharga mobilnya doank sih kalau ga salah inget. Terus mobilnya diambil buat diteliti.
Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.

Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6259
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by b0ku »

Pugman wrote: Wed May 14, 2025 10:00 Ya make sense, apalagi sering dikasih demo nerjang genangan air yang cukup dalam. Jadi faktor eksternal beresiko lebih kecil dibanding faktor internal baterai ya..
faktor external itu kalo kolongnya kebetur keras om ada beberasa kasus di china emang abis kebentur kena garuk kolongnya lsg meledak :big_think:

atau casenya berkarat parah akhirnya air nemu jalan masuk ke dalam batre makannya saya suka bilang hari ini selamat nerjang banjir gak tau berapa hari ntah bisa bertahun2x kemudian itu mobil bisa bakar rumah tiba2x :big_bored:

sisanya ya bisa jadi dari dalemnya sendiri ntah itu kepanaasan atau ada short di bagian batrenya lagian fisika gak boong om kalo generator kita cut listrik juga kena cut kalo batre yang short gimana cut listriknya coba orang isinya listrik semua :big_bored:

ada 2 lagi benda bahaya kek gini solar panel sama wind turbin itu selama kena angin atau kena matahari bakalan supplai listrik terus bayangin tiba2x kejadian kondisi dimana supllainya gak bisa di cut dan listriknya ngalir kemana2x kek kena air banjir dll :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6259
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by b0ku »

Pugman wrote: Wed May 14, 2025 10:07 Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.

Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.
di seluruh dunia SOPnya sama om karena emang gak di siapin buat ngadepin kek gini cuma disuruh push mulu bahkan gak laku pun suruh di push yang kesian sebenernya sales2x kalo di negara 1st world :big_bored:

kek saya nemu artikel ini aja dan komen yang lucu





orang ini pura2x bodoh maksud dia pemerintah selalu bilang EV itu aman dari kebakaran dan fire ratenya kecil ngapain buang2x duit buat RND sesuatu yang katanya gak ada :mky_07:
orangpelupa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by orangpelupa »

b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:26
Pugman wrote: Wed May 14, 2025 10:07 Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.

Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.
di seluruh dunia SOPnya sama om karena emang gak di siapin buat ngadepin kek gini cuma disuruh push mulu bahkan gak laku pun suruh di push yang kesian sebenernya sales2x kalo di negara 1st world :big_bored:

kek saya nemu artikel ini aja dan komen yang lucu





orang ini pura2x bodoh maksud dia pemerintah selalu bilang EV itu aman dari kebakaran dan fire ratenya kecil ngapain buang2x duit buat RND sesuatu yang katanya gak ada :mky_07:
mungkin karena hyundai group pakai baterai NMC?

sedangkan yang cina kebanyakan pakai LFP (yang selama elektrolit tidak bersentuhan dengan parts yang membara, tidak akan kebakaran), dan sebagian kecil sudah pakai SIB (yang suhu kerja luas sekali, dan sama sekali tidak pakai lithium).
orangpelupa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by orangpelupa »

Pugman wrote: Wed May 14, 2025 10:07
orangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 0:27
Pugman wrote: Tue May 13, 2025 12:57

Summon Om Boku lagi..
Om.. gimana ga deg-degan neh.. lagi nunggu mobil datang, malah ada berita seal parkir 3 hari baterainya kebakar di Palmerah
:big_childish:

https://m.antaranews.com/berita/4830645 ... at-baterai
Itu byd indonesia mau tanggung jawab apa ngga ya. Atau diserahkan ke asuransi pemilik?

Kalau di US, dulu hyundai dan GM ganti seharga mobilnya doank sih kalau ga salah inget. Terus mobilnya diambil buat diteliti.
Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.

Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.
MG memberi ke pelanggan dokumen garansi yang lengkap atau ngga? atau hanya buku servis rutin saja?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6259
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by b0ku »

orangpelupa wrote: Thu May 15, 2025 8:20
mungkin karena hyundai group pakai baterai NMC?

sedangkan yang cina kebanyakan pakai LFP (yang selama elektrolit tidak bersentuhan dengan parts yang membara, tidak akan kebakaran), dan sebagian kecil sudah pakai SIB (yang suhu kerja luas sekali, dan sama sekali tidak pakai lithium).
justru hyundei fire ratenya kecil di banding EV laen setau saya :big_think:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Pugman »

b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:26
Pugman wrote: Wed May 14, 2025 10:07 Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.

Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.
di seluruh dunia SOPnya sama om karena emang gak di siapin buat ngadepin kek gini cuma disuruh push mulu bahkan gak laku pun suruh di push yang kesian sebenernya sales2x kalo di negara 1st world :big_bored:

kek saya nemu artikel ini aja dan komen yang lucu





orang ini pura2x bodoh maksud dia pemerintah selalu bilang EV itu aman dari kebakaran dan fire ratenya kecil ngapain buang2x duit buat RND sesuatu yang katanya gak ada :mky_07:
Memang menyebalkan karena kita diminta tenang aja karena kasusnya hanya sedikit. Tapi dari kasus yang sedikit itu saja tidak ada pihak yang berani tanggung jawab. Kalau mobil terbakar sama rumah, sepertinya yang diganti hanya mobilnya saja..
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Pugman »

orangpelupa wrote: Thu May 15, 2025 8:23
Pugman wrote: Wed May 14, 2025 10:07
orangpelupa wrote: Wed May 14, 2025 0:27

Itu byd indonesia mau tanggung jawab apa ngga ya. Atau diserahkan ke asuransi pemilik?

Kalau di US, dulu hyundai dan GM ganti seharga mobilnya doank sih kalau ga salah inget. Terus mobilnya diambil buat diteliti.
Barusan saya nanya ke Sales MG saya dan saya kasih SC berita itu. Kalau dari MG bagaimana proses penanganannya bila ada kasus seperti itu? Yap, salesnya juga belum bisa langsung jawab.

Entah ya, Sepertinya, hal seperti ini belum jadi konsen penjual EV di Indonesia. Padahal semestinya pertanyaan seperti ini mudah dijawab kalau mereka sudah memiliki mitigasi resikonya.
MG memberi ke pelanggan dokumen garansi yang lengkap atau ngga? atau hanya buku servis rutin saja?
Belum terima unit Om, nanti kalau sudah terima saya buatin review deh hehe..
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6259
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by b0ku »

Pugman wrote: Thu May 15, 2025 16:26Memang menyebalkan karena kita diminta tenang aja karena kasusnya hanya sedikit. Tapi dari kasus yang sedikit itu saja tidak ada pihak yang berani tanggung jawab. Kalau mobil terbakar sama rumah, sepertinya yang diganti hanya mobilnya saja..
nah ini yang gak tau om karena beritanya cuma sebatas kasus rumah abis dll cuma endingnya gak tau gimana lawsuitnya karena balik lagi pemerintah kalo bisa nutupin ya di tutupin :big_bored:

saran saya satu lagi om kasih anti karat paling mahal karena unit2x MG disini rata2x pada punya titik karat kalo saya cek kolongnya, dan karat musuh batre no1 ini salah satu biang meleduk juga sama kalo ada banjir atau genangan kalo bisa hindarin deh :big_bored:

kalo nyebur buru2x cuci biar lumpurnya ilang dan gak bikin karat :big_bored:

coba tanya aja klausul LIFETIME warrantynya setau saya kalo di cerna baik2x mereka menang banyak tuh :mky_03:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 606
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 faktor external itu kalo kolongnya kebetur keras om ada beberasa kasus di china emang abis kebentur kena garuk kolongnya lsg meledak :big_think:
Kalo ini bener, Seal kan GC rendah (banget). Jangan2 Seal yang ngebul itu pernah kejedug parah tapi user gak kerasa, batere sampe penyok. Nah ini kalo dicharging bolak-balik, setelah beberapa kali charging cycle, lama2 bagian yang penyok tumbuh dendrit, lama2 dendrit-nya tembus separator, berasep deh itu Seal. Kenapa diem 3 hari dendrit tumbuh, lha EV itu diem batere HV tetep nyala-mati buat charge aki 12V.
FYI : I5 saya pas kejedug (sampe bocor, cooling plate dibawah), pas masuk bengkel dilarang dibawa pulang, terus sama mereka diparkir di outdoor. Nah, pas dicek pake OBD, ada 4 cell yang voltase-nya konsisten dibawah temennya yang lain, waktu itu yg lain 3.64V ini 3.60V sendirian. Nah pas akhirnya dibongkar (5 bulan nunggu onderdil) diliat batere-nya memang penyok dalem.
Kesimpulan, punya EV wajib punya OBD, buat monitoring harian, sama cek kalo abis ada apa2, kejedug misalnya, langsung cek, ada volt yg turun gak. Kalo kagak ada harus mawas diri, habis gasruk/kejedug parah, bawa bengkel, naikin lift visual cek sama colok OBD.

b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 atau casenya berkarat parah akhirnya air nemu jalan masuk ke dalam batre makannya saya suka bilang hari ini selamat nerjang banjir gak tau berapa hari ntah bisa bertahun2x kemudian itu mobil bisa bakar rumah tiba2x :big_bored:
Kalo berkarat parah, case kan alumunium ya ?, terus mobil umur masih muda. Nah memang berarti kalo dah umur harus ada tambahan SOP pas major service. Kalo I5 tu major service di km 60k pas ganti battery coolant. Nah disini tambahin : turunin batt pack, leak testing, kagak lulus buka top cover, visual inspection. Kalo cuma turunin battery pack sama leak testing sih gak banyak nambah FRT, jasa doang kan, paling2 nambah 250k-500k.
Leak Testing 1.jpg
Leak Testing 2.jpg
Yang mihul tu kalo batt pack beneran bocor, harus ganti top cover sama ganti seal, bisa 3 juta-an :big_slap:

Kalo model kerjaan tambahan gini tu banyak bengkel gak mau, kita harus super duper ngeyel. Saya kan ada Daihatsu Rocky, gara2 kagak percaya ama teori oli CVT umurnya panjang saya tiap 20k minta ganti oli CVT. Yang malesin, minta gini tu harus pake ribut sama SA-nya dulu :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 sisanya ya bisa jadi dari dalemnya sendiri ntah itu kepanaasan atau ada short di bagian batrenya lagian fisika gak boong om kalo generator kita cut listrik juga kena cut kalo batre yang short gimana cut listriknya coba orang isinya listrik semua :big_bored:
Kalo ini jackpot, Kona 2019 pada kebakaran ya ternyata gara2 manufacturing defect, battery yang bikinan LG Chem ada manufacturing defect di electrode tab sama separator. Nah, kalo baterenya BYD ama CATL belum pernah kedengeran, antara memang bener2 belum pernah atau pernah tapi ndak pernah dicek menyeluruh proses manufacturnya.
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 ada 2 lagi benda bahaya kek gini solar panel sama wind turbin itu selama kena angin atau kena matahari bakalan supplai listrik terus bayangin tiba2x kejadian kondisi dimana supllainya gak bisa di cut dan listriknya ngalir kemana2x kek kena air banjir dll :big_bored:
Kalo yang ini beneran kejadian di Spanyol-Portugal kemarin, begitu ada gangguan kagak ada yang ngeganjel soalnya disana dah banyak PV sama wind, biasanya yang ganjel jadi baseline kan thermal powerplant (batubara ama nuklir). Kalo ndak ada ganjelnya begitu ngetrip satu ngetrip semua. Kalo di Spanyol-Portugal, apesnya jalur ke Perancis ikut ngetrip, jadi gak bisa impor ganjel dari Perancis. Perancis kan 70% setrum dari nuklir tuh, ganjel listrik Eropa mereka.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6259
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Fri May 16, 2025 1:33
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 faktor external itu kalo kolongnya kebetur keras om ada beberasa kasus di china emang abis kebentur kena garuk kolongnya lsg meledak :big_think:
Kalo ini bener, Seal kan GC rendah (banget). Jangan2 Seal yang ngebul itu pernah kejedug parah tapi user gak kerasa, batere sampe penyok. Nah ini kalo dicharging bolak-balik, setelah beberapa kali charging cycle, lama2 bagian yang penyok tumbuh dendrit, lama2 dendrit-nya tembus separator, berasep deh itu Seal. Kenapa diem 3 hari dendrit tumbuh, lha EV itu diem batere HV tetep nyala-mati buat charge aki 12V.
FYI : I5 saya pas kejedug (sampe bocor, cooling plate dibawah), pas masuk bengkel dilarang dibawa pulang, terus sama mereka diparkir di outdoor. Nah, pas dicek pake OBD, ada 4 cell yang voltase-nya konsisten dibawah temennya yang lain, waktu itu yg lain 3.64V ini 3.60V sendirian. Nah pas akhirnya dibongkar (5 bulan nunggu onderdil) diliat batere-nya memang penyok dalem.
Kesimpulan, punya EV wajib punya OBD, buat monitoring harian, sama cek kalo abis ada apa2, kejedug misalnya, langsung cek, ada volt yg turun gak. Kalo kagak ada harus mawas diri, habis gasruk/kejedug parah, bawa bengkel, naikin lift visual cek sama colok OBD.

b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 atau casenya berkarat parah akhirnya air nemu jalan masuk ke dalam batre makannya saya suka bilang hari ini selamat nerjang banjir gak tau berapa hari ntah bisa bertahun2x kemudian itu mobil bisa bakar rumah tiba2x :big_bored:
Kalo berkarat parah, case kan alumunium ya ?, terus mobil umur masih muda. Nah memang berarti kalo dah umur harus ada tambahan SOP pas major service. Kalo I5 tu major service di km 60k pas ganti battery coolant. Nah disini tambahin : turunin batt pack, leak testing, kagak lulus buka top cover, visual inspection. Kalo cuma turunin battery pack sama leak testing sih gak banyak nambah FRT, jasa doang kan, paling2 nambah 250k-500k.
Leak Testing 1.jpg
Leak Testing 2.jpg
Yang mihul tu kalo batt pack beneran bocor, harus ganti top cover sama ganti seal, bisa 3 juta-an :big_slap:

Kalo model kerjaan tambahan gini tu banyak bengkel gak mau, kita harus super duper ngeyel. Saya kan ada Daihatsu Rocky, gara2 kagak percaya ama teori oli CVT umurnya panjang saya tiap 20k minta ganti oli CVT. Yang malesin, minta gini tu harus pake ribut sama SA-nya dulu :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 sisanya ya bisa jadi dari dalemnya sendiri ntah itu kepanaasan atau ada short di bagian batrenya lagian fisika gak boong om kalo generator kita cut listrik juga kena cut kalo batre yang short gimana cut listriknya coba orang isinya listrik semua :big_bored:
Kalo ini jackpot, Kona 2019 pada kebakaran ya ternyata gara2 manufacturing defect, battery yang bikinan LG Chem ada manufacturing defect di electrode tab sama separator. Nah, kalo baterenya BYD ama CATL belum pernah kedengeran, antara memang bener2 belum pernah atau pernah tapi ndak pernah dicek menyeluruh proses manufacturnya.
b0ku wrote: Wed May 14, 2025 10:20 ada 2 lagi benda bahaya kek gini solar panel sama wind turbin itu selama kena angin atau kena matahari bakalan supplai listrik terus bayangin tiba2x kejadian kondisi dimana supllainya gak bisa di cut dan listriknya ngalir kemana2x kek kena air banjir dll :big_bored:
Kalo yang ini beneran kejadian di Spanyol-Portugal kemarin, begitu ada gangguan kagak ada yang ngeganjel soalnya disana dah banyak PV sama wind, biasanya yang ganjel jadi baseline kan thermal powerplant (batubara ama nuklir). Kalo ndak ada ganjelnya begitu ngetrip satu ngetrip semua. Kalo di Spanyol-Portugal, apesnya jalur ke Perancis ikut ngetrip, jadi gak bisa impor ganjel dari Perancis. Perancis kan 70% setrum dari nuklir tuh, ganjel listrik Eropa mereka.
sebenernya si saya gak ngomongin seal meleduk si om lebih ke general bahas soal karat saya pernah share video orang thailand review BYD M6 dan di videonya itu kesorot bagian bawahnya ada karat ud parah banget padahal mobil baru dan mereka juga gak bahas soal tuh karat pure kesorot aja :big_biglaugh:

om ngomong karat saya baru kepikiran juga sih om

jadi curiga juga si om saya itu jakbar belakangan banjir mulu loh :big_think:

sama ya ada satu lagi itu video thailand juga abis bawa J6 off road kolongnya lsg berantakan semua case plastiknya pecah amburadul gak tahan garuk :big_biglaugh:



liat aja om 1:17 :mky_03: