Page 8 of 8

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 03 May 2019, 13:09
by sh00t
krniawnhdr wrote:
03 May 2019, 07:49
sh00t wrote:
02 May 2019, 21:03
Profith83 wrote:
02 May 2019, 19:44


Kalau depan kosong melompong dan ancang ancang dari bawah bisa kan? tahan RPM di 2500 atau 3000 (torsi maksimal)
Gak bisa juga om. Waktu itu posisi mobil saya depan kosong melompong n saya udah dari D ke L plus gas sampe mentok, tapi cuma naik berapa meter aja udah gitu langsung merosot turun. :wkkk:

Kemungkinan ketinggiannya terlalu curam, a/t, fwd, muatan banyak, n mungkin skill saya yang masih newbie. :wkkk:
kalau case begini, pernah kejadian di sienta temen yang kebetulan saya jadi penumpangnya...
kita semua turun, terus dia naik dengan di belok-belokin kiri-kanan, pelan banget sih...tapi naik juga akhirnya..
sempet malu gitu sama orang sekitar karena jalanan macet karena kita, trus sampe ada yang videoin...hahaha
mungkin kelakuan sales honda yang girang rivalnya ga kuat, soalnya doi terlihat turun dari freed :mky_03: :mky_03:
Oo, bisa naik yah kalo pake belok kanan kiri? Nice info. :big_exellent:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 03 May 2019, 13:19
by sh00t
ginting wrote:
03 May 2019, 08:26
sh00t wrote:
classicrock wrote:
02 May 2019, 18:38
Hahaha curamnya sama tikungannya sih yang bikin berat.
Betul om. Padahal itu udah di gas mentok tapi tetap aja melorot. Akhirnya lewat jalur baru deh. Itu gara"nya saya pake google maps om jadi diarahin jalur lama. Mungkin dia liat jalur lama lebih cepat sampenya. :wkkk:
halo oom..sy juga pernah keluar dari telaga sarangan, langsung belok kiri..nanjak..melewati lokasi yg fortuner merosot itu pas mau ketemu jalan besar itu..
waktu itu sy dari tlg. sarangan (nginap deket danau) mau ke jakarta..

kalau boleh tlg share rute yg oom merosot itu biar tau ?
btw, oom dari arah tawang mangu mau ke sarangan ya ?
Waktu itu saya dari arah Madiun menuju ke Yogyakarta om. Kalo saya gak salah ingat, saya merosotnya di Jl. Lawu Lama. Soalnya waktu itu Google Maps arahinnya kesana. Jadinya saya lewat jalur baru yang bisa ditempuh di Jl. Tawang Mangu - Plaosan. :wkkk:

Attachmentnya terlampir om.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 03 May 2019, 13:53
by krniawnhdr
sh00t wrote:
03 May 2019, 13:09
krniawnhdr wrote:
03 May 2019, 07:49
sh00t wrote:
02 May 2019, 21:03


Gak bisa juga om. Waktu itu posisi mobil saya depan kosong melompong n saya udah dari D ke L plus gas sampe mentok, tapi cuma naik berapa meter aja udah gitu langsung merosot turun. :wkkk:

Kemungkinan ketinggiannya terlalu curam, a/t, fwd, muatan banyak, n mungkin skill saya yang masih newbie. :wkkk:
kalau case begini, pernah kejadian di sienta temen yang kebetulan saya jadi penumpangnya...
kita semua turun, terus dia naik dengan di belok-belokin kiri-kanan, pelan banget sih...tapi naik juga akhirnya..
sempet malu gitu sama orang sekitar karena jalanan macet karena kita, trus sampe ada yang videoin...hahaha
mungkin kelakuan sales honda yang girang rivalnya ga kuat, soalnya doi terlihat turun dari freed :mky_03: :mky_03:
Oo, bisa naik yah kalo pake belok kanan kiri? Nice info. :big_exellent:
sama..hehe
awkward pas ngeliatnya, tapi yang penting bisa naik :wkkk:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 03 May 2019, 13:57
by sh00t
krniawnhdr wrote:
03 May 2019, 13:53
sh00t wrote:
03 May 2019, 13:09
krniawnhdr wrote:
03 May 2019, 07:49


kalau case begini, pernah kejadian di sienta temen yang kebetulan saya jadi penumpangnya...
kita semua turun, terus dia naik dengan di belok-belokin kiri-kanan, pelan banget sih...tapi naik juga akhirnya..
sempet malu gitu sama orang sekitar karena jalanan macet karena kita, trus sampe ada yang videoin...hahaha
mungkin kelakuan sales honda yang girang rivalnya ga kuat, soalnya doi terlihat turun dari freed :mky_03: :mky_03:
Oo, bisa naik yah kalo pake belok kanan kiri? Nice info. :big_exellent:
sama..hehe
awkward pas ngeliatnya, tapi yang penting bisa naik :wkkk:
Yha iya lah om. Kalo gak bisa, mau gak mau jalan mundur lho om. :big_blushing:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 03 May 2019, 15:16
by PRBS
krniawnhdr wrote:
03 May 2019, 13:53
sh00t wrote:
03 May 2019, 13:09
krniawnhdr wrote:
03 May 2019, 07:49


kalau case begini, pernah kejadian di sienta temen yang kebetulan saya jadi penumpangnya...
kita semua turun, terus dia naik dengan di belok-belokin kiri-kanan, pelan banget sih...tapi naik juga akhirnya..
sempet malu gitu sama orang sekitar karena jalanan macet karena kita, trus sampe ada yang videoin...hahaha
mungkin kelakuan sales honda yang girang rivalnya ga kuat, soalnya doi terlihat turun dari freed :mky_03: :mky_03:
Oo, bisa naik yah kalo pake belok kanan kiri? Nice info. :big_exellent:
sama..hehe
awkward pas ngeliatnya, tapi yang penting bisa naik :wkkk:
Kalau didunia offroad atau main tanah, ketika ban ngespin di tanah, steer kita belok kanan kiri sih untuk cari grip/traksi.. jadi perlahan2 dia akan naik.. nah prinsipnya sih sama.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 04 May 2019, 20:25
by kunaskun
sh00t wrote:
03 May 2019, 13:09
Oo, bisa naik yah kalo pake belok kanan kiri? Nice info. :big_exellent:
bisa, dan saya pernah mau ga mau gini, terutama nanjak dan nikung jadi triknya kaya pembalap di sirkuit lagi belok/cornering = outer - innter - outer, karena dengan ambil sudut menjauh dari tanjakan otomatis tanjakan akan lebih landai.

sama juga kaya hill climbing dengan sepeda. tanjakan curam mostly sambil belok2 sambil genjot pol. memang konyol banget si kalau dipikir2 untung waktu itu sepi :mky_07: dan bisa2nya disalip astrea... [emo-yesno]

memang aneh, tapi teknik umum. makanya kadang di indo lucu juga driver ga mampu yang disalahin mobil dan tanjakan... :mky_07: kecuali itu tanjakan hanya bisa dilewati truk dobel gardan, nah berarti yang salah tanjakan/jalannya yang keterlaluan curamnya atau memang ga ada ruang untuk ambil start. apalagi sampe mesti diganjel balok atau kopling sampe gosong. ya inilah indo 99% SIM ambil di kelurahan :mky_08:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 04 May 2019, 22:24
by sh00t
kunaskun wrote:
04 May 2019, 20:25
sh00t wrote:
03 May 2019, 13:09
Oo, bisa naik yah kalo pake belok kanan kiri? Nice info. :big_exellent:
bisa, dan saya pernah mau ga mau gini, terutama nanjak dan nikung jadi triknya kaya pembalap di sirkuit lagi belok/cornering = outer - innter - outer, karena dengan ambil sudut menjauh dari tanjakan otomatis tanjakan akan lebih landai.

sama juga kaya hill climbing dengan sepeda. tanjakan curam mostly sambil belok2 sambil genjot pol. memang konyol banget si kalau dipikir2 untung waktu itu sepi :mky_07: dan bisa2nya disalip astrea... [emo-yesno]

memang aneh, tapi teknik umum. makanya kadang di indo lucu juga driver ga mampu yang disalahin mobil dan tanjakan... :mky_07: kecuali itu tanjakan hanya bisa dilewati truk dobel gardan, nah berarti yang salah tanjakan/jalannya yang keterlaluan curamnya atau memang ga ada ruang untuk ambil start. apalagi sampe mesti diganjel balok atau kopling sampe gosong. ya inilah indo 99% SIM ambil di kelurahan :mky_08:
Aduh, jadi malu saya nih ketauan ambil simnya di kelurahan. :big_blushing:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 06 May 2019, 16:01
by maskopat
kunaskun wrote:
04 May 2019, 20:25
sh00t wrote:
03 May 2019, 13:09
Oo, bisa naik yah kalo pake belok kanan kiri? Nice info. :big_exellent:
bisa, dan saya pernah mau ga mau gini, terutama nanjak dan nikung jadi triknya kaya pembalap di sirkuit lagi belok/cornering = outer - innter - outer, karena dengan ambil sudut menjauh dari tanjakan otomatis tanjakan akan lebih landai.

sama juga kaya hill climbing dengan sepeda. tanjakan curam mostly sambil belok2 sambil genjot pol. memang konyol banget si kalau dipikir2 untung waktu itu sepi :mky_07: dan bisa2nya disalip astrea... [emo-yesno]

memang aneh, tapi teknik umum. makanya kadang di indo lucu juga driver ga mampu yang disalahin mobil dan tanjakan... :mky_07: kecuali itu tanjakan hanya bisa dilewati truk dobel gardan, nah berarti yang salah tanjakan/jalannya yang keterlaluan curamnya atau memang ga ada ruang untuk ambil start. apalagi sampe mesti diganjel balok atau kopling sampe gosong. ya inilah indo 99% SIM ambil di kelurahan :mky_08:
memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 07 May 2019, 20:42
by kunaskun
sh00t wrote:
04 May 2019, 22:24
Aduh, jadi malu saya nih ketauan ambil simnya di kelurahan. :big_blushing:
ohh jangan malu om, saya juga ngambil di kelurahan kok.. :mky_01: :mky_01: saya sarkas saja diatas itu kok :mky_03:

maskopat wrote:
06 May 2019, 16:01
memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
saya beruntung waktu itu :mky_07: :mky_02: beruntung ga ngalamin keilmiahan negara kita... :mky_08:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 07 May 2019, 23:43
by supriyadi
[/quote]

memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
[/quote]

Maaf Om, apex itu apa maksud & artinya? Jangan diketaeain, saya gak mudeng istilah ini

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 08 May 2019, 08:19
by maskopat
supriyadi wrote:
07 May 2019, 23:43
memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
[/quote]

Maaf Om, apex itu apa maksud & artinya? Jangan diketaeain, saya gak mudeng istilah ini
[/quote]

apex, bagian tengah tikungan yang terdalam.
https://en.wikipedia.org/wiki/Racing_line

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 10 May 2019, 08:50
by krniawnhdr
Baru baca dari artikel otomotif..soal pemilihan mobil fwd-awd dengan konsep 90% & 10%..
karena sempat kepikiran ambil yang varian grand santa fe AWD.
Yaitu pilih mobil yang medannya sesuai dengan 90% medan yang bisa dilalui. kalau 90% medan yang biasa dipakai itu di normal daily use, seperti di tol, jalanan aspal, jalanan luar kota normal (misal lintas timur sumatera),semi off road, dan 10%-nya di jalanan heavy off road, ambil yang di faktor 90%-nya.
karena buat apa ambil karena faktor 10%-nya sehingga mengenyampingkan yang 90%.. karena impact ke expense nya sih yang perlu keluar operation dan maintenance cost yang lebih untuk awd dibanding fwd. cmiiw...
Kalo om-om SM gimana?

nb: 10% pemakaian heavy off road bisa diakalin dengan rental mobil yang memang peruntukkan di heavy off road.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 10 May 2019, 08:56
by classicrock
krniawnhdr wrote:Baru baca dari artikel otomotif..soal pemilihan mobil fwd-awd dengan konsep 90% & 10%..
karena sempat kepikiran ambil yang varian grand santa fe AWD.
Yaitu pilih mobil yang medannya sesuai dengan 90% medan yang bisa dilalui. kalau 90% medan yang biasa dipakai itu di normal daily use, seperti di tol, jalanan aspal, jalanan luar kota normal (misal lintas timur sumatera),semi off road, dan 10%-nya di jalanan heavy off road, ambil yang di faktor 90%-nya.
karena buat apa ambil karena faktor 10%-nya sehingga mengenyampingkan yang 90%.. karena impact ke expense nya sih yang perlu keluar operation dan maintenance cost yang lebih untuk awd dibanding fwd. cmiiw...
Kalo om-om SM gimana?

nb: 10% pemakaian heavy off road bisa diakalin dengan rental mobil yang memang peruntukkan di heavy off road.
Balikin ke kebutuhan aja om biar simpel. Saya 18 tahun pakai Daihatsu Taft, makin kesini kebutuhan pemakaian 4wd nya makin jarang. Dalam setahun bisa dihitung dengan jari kapan saya pakai itu 4H dan 4L.

Tapi karena makin lama saya ga tahan nyetir manual di Jakarta, akhirnya saya jual akhir 2017 lalu, walau saya sayangnya luar biasa sama mobil itu.

Walau kalo pengen pengenan sih sekarang ngidam parah sama Jimny baru. Hahaha.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 10 May 2019, 09:55
by krniawnhdr
classicrock wrote:
10 May 2019, 08:56
krniawnhdr wrote:Baru baca dari artikel otomotif..soal pemilihan mobil fwd-awd dengan konsep 90% & 10%..
karena sempat kepikiran ambil yang varian grand santa fe AWD.
Yaitu pilih mobil yang medannya sesuai dengan 90% medan yang bisa dilalui. kalau 90% medan yang biasa dipakai itu di normal daily use, seperti di tol, jalanan aspal, jalanan luar kota normal (misal lintas timur sumatera),semi off road, dan 10%-nya di jalanan heavy off road, ambil yang di faktor 90%-nya.
karena buat apa ambil karena faktor 10%-nya sehingga mengenyampingkan yang 90%.. karena impact ke expense nya sih yang perlu keluar operation dan maintenance cost yang lebih untuk awd dibanding fwd. cmiiw...
Kalo om-om SM gimana?

nb: 10% pemakaian heavy off road bisa diakalin dengan rental mobil yang memang peruntukkan di heavy off road.
Balikin ke kebutuhan aja om biar simpel. Saya 18 tahun pakai Daihatsu Taft, makin kesini kebutuhan pemakaian 4wd nya makin jarang. Dalam setahun bisa dihitung dengan jari kapan saya pakai itu 4H dan 4L.

Tapi karena makin lama saya ga tahan nyetir manual di Jakarta, akhirnya saya jual akhir 2017 lalu, walau saya sayangnya luar biasa sama mobil itu.

Walau kalo pengen pengenan sih sekarang ngidam parah sama Jimny baru. Hahaha.
Amiinn...pasti ada jalan dan rezeki om kalo udah niat. ditunggu review new jimny-nya ya om :emo-photo:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 10 May 2019, 12:55
by tokezz
Wahh rame nihh.
Sebenarnya yg paling berasa sih fwd vs rwd adalah turning radiusnya klo di perkotaan. Paling males bawa mobil fwd panjang klo disuruh puter balik

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 10 May 2019, 13:23
by IGedeAmat
maskopat wrote:
06 May 2019, 16:01

memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
Udah ditest ama riset om, cuma tesnya pake kaki,
trus keluar kesimpulan;
"lha wong pake jalan kaki aja kuat naik sampe atas kok,
masa pake mobil gak kuat,
gak ada ceritanya dengkul lebih kuat dari mesin... "

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 10 May 2019, 13:59
by maskopat
IGedeAmat wrote:
10 May 2019, 13:23
maskopat wrote:
06 May 2019, 16:01

memanfaatkan sudut apex di tikungan patah dan tanjakan curam, gak selalu berhasil, karena biasanya di apex, tanjakan sangat curam.
di negara kita tercinta ini, banyak sekali jalan2 yang tidak mengikuti riset ilmiah.
Udah ditest ama riset om, cuma tesnya pake kaki,
trus keluar kesimpulan;
"lha wong pake jalan kaki aja kuat naik sampe atas kok,
masa pake mobil gak kuat,
gak ada ceritanya dengkul lebih kuat dari mesin... "

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
in car, you can go faster
on foot, I can go anywhere

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 10 May 2019, 14:23
by marmut
kalo jokjik a.k.a mesin giling itu ladder frame atau monokok?

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 10 May 2019, 23:05
by bapakne_satya
Nambahin, pengalaman saya monocoque lebih enak buat nanjak dibanding ladder frame






















Di tanjakan toll Semarang pake Sienta (monocoque, FWD, 1500 cc) gampang banget take over mobil Diesel udah ladder frame, RWD, cc besar lagi, macem2 mereknya mulai dari UD, Hino, Mercy, Volvo, Scania dll

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 13 May 2019, 13:27
by PRBS
bapakne_satya wrote:
10 May 2019, 23:05
Nambahin, pengalaman saya monocoque lebih enak buat nanjak dibanding ladder frame

Di tanjakan toll Semarang pake Sienta (monocoque, FWD, 1500 cc) gampang banget take over mobil Diesel udah ladder frame, RWD, cc besar lagi, macem2 mereknya mulai dari UD, Hino, Mercy, Volvo, Scania dll
Hehe bisa aja bercandanya si om

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 13 May 2019, 14:13
by IGedeAmat
marmut wrote:
10 May 2019, 14:23
kalo jokjik a.k.a mesin giling itu ladder frame atau monokok?
hmm.. lha iya juga ya,
se extrim apapun tanjakan jalannya, selama masih diaspal,
berarti mesin giling dulu mampu lewat situ ya..
padahal bannya (itu masuk kategori ban ??) aja licin tanpa kembangan gitu,
apa ada grip nya.. ?
:big_think:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 13 May 2019, 14:47
by supriyadi
Mau nanya Om, kalo ini RWD atau FWD statusnya, ladder frame atau monokok. Kalo ini mau maju ok mundur hayu

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 14 May 2019, 10:31
by maskopat
IGedeAmat wrote:
13 May 2019, 14:13
marmut wrote:
10 May 2019, 14:23
kalo jokjik a.k.a mesin giling itu ladder frame atau monokok?
hmm.. lha iya juga ya,
se extrim apapun tanjakan jalannya, selama masih diaspal,
berarti mesin giling dulu mampu lewat situ ya..
padahal bannya (itu masuk kategori ban ??) aja licin tanpa kembangan gitu,
apa ada grip nya.. ?
:big_think:
lah, kan tinggal meluncur aja. kalo mau naik, ditarik lagi ama truk :big_grin:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: 16 May 2019, 10:45
by classicrock
supriyadi wrote:Mau nanya Om, kalo ini RWD atau FWD statusnya, ladder frame atau monokok. Kalo ini mau maju ok mundur hayu
Hahahahaha ini FWD mesin tengah om.....