Kijang vs Panther vs Kuda
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
klo di kijang gak perlu segeluntung...yup, terpisah...menilik keterangan om anizu tsb di kuda jg bs beli terpisah parts tsb aja.
speisifik tokonya i have no info. tp klo browse list toko atrium, ya mudah aja, teleponin satu2 availibility n price nya., compare.. lbh hemat waktu drpd lsg berkunjung...
tp klo maunya lsg berkunjung, ya mudah jg kok, tinggal liat yg logo mitsu...tanyain satu2, compare.
harga di sana itu bisa bervariasi selisih ratusan ribu antar toko.
edit: oh om anizu kiyang jg ya, kirain spesifik mitsu kuda.
tp liat foto spido nya kuda jg terpisah kok
sumber foto dan artikel/tips: http://achenk177.blogspot.com/2012/10/t ... -assy.html
.
speisifik tokonya i have no info. tp klo browse list toko atrium, ya mudah aja, teleponin satu2 availibility n price nya., compare.. lbh hemat waktu drpd lsg berkunjung...
tp klo maunya lsg berkunjung, ya mudah jg kok, tinggal liat yg logo mitsu...tanyain satu2, compare.
harga di sana itu bisa bervariasi selisih ratusan ribu antar toko.
edit: oh om anizu kiyang jg ya, kirain spesifik mitsu kuda.
tp liat foto spido nya kuda jg terpisah kok
sumber foto dan artikel/tips: http://achenk177.blogspot.com/2012/10/t ... -assy.html
.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
- Location: Yogyakarta
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
sedang mau rekondisi kaki kaki ini om..
kijang diesel 98
izinkan saya bercerita..
tadinya tie rod endku oblak bagian kanan (posisi supir)
ternyata long tie rod juga bermasalah.
diputuskan ganti long tie rod merek 555 sekaligus end tie rod kanan merek 555 juga.
nah timbul masalah,untuk belok kiri jadi berat om. kanan tetep enteng.
yang saya tanyakan:
yang bikin berat setir (ketika belok kiri) apanya om?
apa efek pemakaian long tie rod dan tie rod end imitasi tersebut?
berapa harga suku cadang aslinya?
catatan:
istilah bengkel setempat
long tie rod (bentuknya batangan panjang)
tie rod end (dia didratkan ke long tie rod tsb)
makasih atensinya
kijang diesel 98
izinkan saya bercerita..
tadinya tie rod endku oblak bagian kanan (posisi supir)
ternyata long tie rod juga bermasalah.
diputuskan ganti long tie rod merek 555 sekaligus end tie rod kanan merek 555 juga.
nah timbul masalah,untuk belok kiri jadi berat om. kanan tetep enteng.
yang saya tanyakan:
yang bikin berat setir (ketika belok kiri) apanya om?
apa efek pemakaian long tie rod dan tie rod end imitasi tersebut?
berapa harga suku cadang aslinya?
catatan:
istilah bengkel setempat
long tie rod (bentuknya batangan panjang)
tie rod end (dia didratkan ke long tie rod tsb)
makasih atensinya
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
setelah ganti tie-rod (semuanya), apakah sudah spooring?anizu wrote:sedang mau rekondisi kaki kaki ini om..
kijang diesel 98
izinkan saya bercerita..
tadinya tie rod endku oblak bagian kanan (posisi supir)
ternyata long tie rod juga bermasalah.
diputuskan ganti long tie rod merek 555 sekaligus end tie rod kanan merek 555 juga.
nah timbul masalah,untuk belok kiri jadi berat om. kanan tetep enteng.
yang saya tanyakan:
yang bikin berat setir (ketika belok kiri) apanya om?
apa efek pemakaian long tie rod dan tie rod end imitasi tersebut?
berapa harga suku cadang aslinya?
catatan:
istilah bengkel setempat
long tie rod (bentuknya batangan panjang)
tie rod end (dia didratkan ke long tie rod tsb)
makasih atensinya
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
- Location: Yogyakarta
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
sudah maskopat,apa iya efek parts bermerk 555 tsb?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
jumlah putaran dari lurus ke kiri (mentok) dan dari lurus ke kanan (mentok) sama gak?anizu wrote:sudah maskopat,apa iya efek parts bermerk 555 tsb?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
ganti komponen tie rod koq sebelah2 yah ??
setau ane biasa nya kalo ganti itu bagus nya sepasang... dan biasanya jg umur tuh parts antara kiri dan kanan jg ga terpaut jauh.. jadi kalo yg satu nya uda rusak... ga lama yg sebelah nya jg nyusul.. siapa tau yg bkin ntuh setir berat sebelah pas belok gara2 ketidak seimbangan parts tsb.. apalagi tie rod dkk itu kan komponen buat belokin roda depan..
imaly..
setau ane biasa nya kalo ganti itu bagus nya sepasang... dan biasanya jg umur tuh parts antara kiri dan kanan jg ga terpaut jauh.. jadi kalo yg satu nya uda rusak... ga lama yg sebelah nya jg nyusul.. siapa tau yg bkin ntuh setir berat sebelah pas belok gara2 ketidak seimbangan parts tsb.. apalagi tie rod dkk itu kan komponen buat belokin roda depan..
imaly..
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
- Location: Yogyakarta
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
malah kepikiran totalan om..
pake yang ori sekalian,sesal pake imitasi
mas kopat:cara hitungnya bagaimana?
pake yang ori sekalian,sesal pake imitasi
mas kopat:cara hitungnya bagaimana?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
555 bagus koq om... gak musti ori...anizu wrote:malah kepikiran totalan om..
pake yang ori sekalian,sesal pake imitasi
mas kopat:cara hitungnya bagaimana?
cara hitungnya dari posisi kemudi lurus, lalu putar stir hingga mentok ke kanan? biasanya sih 1,5 atau 1,25 putaran.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
Merk 555 jp kl yg ori bagus, gak kalah ama tie rod ori lokal. Kecuali dapetnya yg palsu yg lain cerita. Merk ini banyak bgt palsunya, harga ga ada separuhnya.
Mending dicoba gnt sepasang kyk saran DOHC (pastiin jg brg nya asli), trz dispooring. Gak usah nyesel, merk 555 udah diakui kualitasnya n byk bgt mobil yg pake.
Mending dicoba gnt sepasang kyk saran DOHC (pastiin jg brg nya asli), trz dispooring. Gak usah nyesel, merk 555 udah diakui kualitasnya n byk bgt mobil yg pake.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sun Aug 04, 2013 15:41
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
555 jpg bagus omm
gw pake ke touring dah berapa taon ngk problem, jalan masuk ke kebon lagi
masalhnya masnagnya dan kl bisa ganti duanya ...trus rajin pispot pake gemuk yg bagus
gw pake ke touring dah berapa taon ngk problem, jalan masuk ke kebon lagi
masalhnya masnagnya dan kl bisa ganti duanya ...trus rajin pispot pake gemuk yg bagus
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
- Location: Yogyakarta
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
problem solved om!!!
kronologis panjangnya begini, sebelum mudik ganti parts kaki-kaki depan seperti tersebut diatas, sudah di spooring. begitu selesai ritual mudik, cek kondisi kijang dieselku ini om..
ternyata ada temuan, rem daun belakang kiri patah dua lembar!!!!
digantilah dua lembar per daun tersebut. nah ternyata ini berimbas ke kaki-kaki depan, mungkin karena ketinggian kaki-kaki kembali normal jadi setir berat. setelah di spooring ulang setiran kembali nyaman
disini jadi tambah pengalaman, bahwa spooring itu salah satu kunci stir enteng )
jadi ngerasa dosa nyalahin parts 555 kemarin :
========
betewe nih, kijangku kalo naik tanjakan (ex: parkiran mall yang melingker kayak uler) posisi muatan terisi penuh (6-7 orang) kok bunyi "dreeeng-dreeng-dreeng" dari sektor belakang. apakah ini akibat digantinya dua lembar per daun!?
=========
boleh dong yang punya gambar knalpot kijang diesel dari bawah (kolong), kok sistem knalpot kijang diesel-ku cuma ada satu tabung. biasanyakan ada dua yak (resonator dan muffler) !? suara knalpot masuk kabin neh
maaf sekiranya terlalu panjang
kronologis panjangnya begini, sebelum mudik ganti parts kaki-kaki depan seperti tersebut diatas, sudah di spooring. begitu selesai ritual mudik, cek kondisi kijang dieselku ini om..
ternyata ada temuan, rem daun belakang kiri patah dua lembar!!!!
digantilah dua lembar per daun tersebut. nah ternyata ini berimbas ke kaki-kaki depan, mungkin karena ketinggian kaki-kaki kembali normal jadi setir berat. setelah di spooring ulang setiran kembali nyaman
disini jadi tambah pengalaman, bahwa spooring itu salah satu kunci stir enteng )
jadi ngerasa dosa nyalahin parts 555 kemarin :
========
betewe nih, kijangku kalo naik tanjakan (ex: parkiran mall yang melingker kayak uler) posisi muatan terisi penuh (6-7 orang) kok bunyi "dreeeng-dreeng-dreeng" dari sektor belakang. apakah ini akibat digantinya dua lembar per daun!?
=========
boleh dong yang punya gambar knalpot kijang diesel dari bawah (kolong), kok sistem knalpot kijang diesel-ku cuma ada satu tabung. biasanyakan ada dua yak (resonator dan muffler) !? suara knalpot masuk kabin neh
maaf sekiranya terlalu panjang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
Seinget ane sih, kalo Rwd macam kijang, tabungnya satu yak.. Yang dibawah dek tengah itu?
Kalo Kuda diesel, ada satu lagi tabung di deket ujung lubang knalpot belakang.
Cmiiw.,.
Kalo Kuda diesel, ada satu lagi tabung di deket ujung lubang knalpot belakang.
Cmiiw.,.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
- Location: Yogyakarta
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
oom vanz:
disaya cuma satu tabung di bawah bangku baris dua
====
nah ini sedang mempermasalahkan suara dreng..dreng.. di sektor belakang nih. mosok gardannya sih
disaya cuma satu tabung di bawah bangku baris dua
====
nah ini sedang mempermasalahkan suara dreng..dreng.. di sektor belakang nih. mosok gardannya sih
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
anizu wrote:oom vanz:
disaya cuma satu tabung di bawah bangku baris dua
APV, Panty, GM, Luxio, Avanza/Xenia, rushter dkk yang rwd mostly memang hanya satu om.
Kalok jeng Eva, dan roti roti tawar berjalan yang fwd, tabungnya ada dua. Tambahannya ada di deket ujung lubang belakang knalpot. Ngga tau kok bisa dibedakan begitu..
Bunyinya saat kondisi bagaimana om?anizu wrote: ====
nah ini sedang mempermasalahkan suara dreng..dreng.. di sektor belakang nih. mosok gardannya sih
Muatan normal?
Muatan penuh?
Jalan datar?
Jalan gronjalan/tidak mulus?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
- Location: Yogyakarta
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
VanzMatic wrote:anizu wrote:oom vanz:
disaya cuma satu tabung di bawah bangku baris dua
APV, Panty, GM, Luxio, Avanza/Xenia, rushter dkk yang rwd mostly memang hanya satu om.
Kalok jeng Eva, dan roti roti tawar berjalan yang fwd, tabungnya ada dua. Tambahannya ada di deket ujung lubang belakang knalpot. Ngga tau kok bisa dibedakan begitu..
Bunyinya saat kondisi bagaimana om?anizu wrote: ====
nah ini sedang mempermasalahkan suara dreng..dreng.. di sektor belakang nih. mosok gardannya sih
Muatan normal?
Muatan penuh?
Jalan datar?
Jalan gronjalan/tidak mulus?
ternyata pipa knalpot nyentuh bodi
tanya lagi ah, bedanya tabung knalpot bensin vs knalpot diesel apaan yah!?
sedang menganggarkan ganti tabung nih, takutnya salah pilih (u kapsul bensin).
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
Tunggu momod momod ah...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
Ikutan mojok disini ah,3 diesel ni mang fave ane,lagi menimbang diantara 3 mobil ni.
Kalo trit mobil baru rada ga ngeh ama teknologinya,jadi cuman bengong dongo aja liat trit adu kebut..bakar-bakaran...
Ok lanjuut...
Kalo trit mobil baru rada ga ngeh ama teknologinya,jadi cuman bengong dongo aja liat trit adu kebut..bakar-bakaran...
Ok lanjuut...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
Sama om.... ane kalo udah di trid mobil baru, dah tinggal begini doing...danan32 wrote:Ikutan mojok disini ah,3 diesel ni mang fave ane,lagi menimbang diantara 3 mobil ni.
Kalo trit mobil baru rada ga ngeh ama teknologinya,jadi cuman bengong dongo aja liat trit adu kebut..bakar-bakaran...
Ok lanjuut...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
@ om vm : unit grandia langka ya di bali jarang ada yg jual,di yogya ane liat banyak iklannya tp kepentok ama aturan usia mobil yg boleh mutasi ke bali,
Kalo panty uda miara taun 96,so far lagi bingung cari bengkel diesel umum yg tokcer.
Tokidis pernah make mobil kantor,getaran ama bunyinya maut juga,rame tapi kuat tanjakan.
Plan cari antara kuda ama kijang aja..mohon buat suhu-suhu diesel,om vm dan yg lain kasi masukannya,apa-apa aja kelemahan dari 2 mobil tsb.
Biar bs prepare kalo ada kerusakan soalnya ga ngerti teknik blas..
Kalo panty uda miara taun 96,so far lagi bingung cari bengkel diesel umum yg tokcer.
Tokidis pernah make mobil kantor,getaran ama bunyinya maut juga,rame tapi kuat tanjakan.
Plan cari antara kuda ama kijang aja..mohon buat suhu-suhu diesel,om vm dan yg lain kasi masukannya,apa-apa aja kelemahan dari 2 mobil tsb.
Biar bs prepare kalo ada kerusakan soalnya ga ngerti teknik blas..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
Saya bukan master om.. Saya hanya rahayat jelantah..eh..jelata..
Kalo antara Kijang diesel atau Kuda Diesel, butuhnya yang bener2 bisa angkut jumlah banyak atau tidak?
Kalau seingat ane, dari sisi mesin, Kijang Diesel kuat di torsi, kalau udah high speed, udah nggerung gerung.
Kalau Kuda diesel, kekuatan torsi sedikiit dibawah Tokidis, tapi hirev di Kuda engga separah tokidis gerung2 nya.
Ini subjektif di ane lo.
Tokidis LSX/LGX diesel, cukup lapaaang dalemannya. Apalagi row ketiga nya si tokidis, nyaman buanget.
row ketiga Kuda, dengkul ane udah hamper mentok dgn kursi row dua.
Perawatan, sama sama kendaraan tuir, Tokidis lebih mudah dicari sparepartsnya. Kalo Kuda Diesel, sangat disarankan cari spareparts di bengkel resmi saja, walaupun di bengkel biasa juga berceceran spare parts yang banyak sama dengan L300. Tapi, berhubung sebab akibat Kuda ini dari sono nya emang diciptakan untuk highspeed, secara otomatis, mau tidak mau, suka tidak suka, tubuh kita juga jadi kepengaruh untuk bejek gas terus kalo mesinnya sehat.
Kalau Tokidis, entah kenapa, ane jadi ngga mood untuk narik narikan/bejek2 gas.
*mana nih mod Kopat?
Kalo antara Kijang diesel atau Kuda Diesel, butuhnya yang bener2 bisa angkut jumlah banyak atau tidak?
Kalau seingat ane, dari sisi mesin, Kijang Diesel kuat di torsi, kalau udah high speed, udah nggerung gerung.
Kalau Kuda diesel, kekuatan torsi sedikiit dibawah Tokidis, tapi hirev di Kuda engga separah tokidis gerung2 nya.
Ini subjektif di ane lo.
Tokidis LSX/LGX diesel, cukup lapaaang dalemannya. Apalagi row ketiga nya si tokidis, nyaman buanget.
row ketiga Kuda, dengkul ane udah hamper mentok dgn kursi row dua.
Perawatan, sama sama kendaraan tuir, Tokidis lebih mudah dicari sparepartsnya. Kalo Kuda Diesel, sangat disarankan cari spareparts di bengkel resmi saja, walaupun di bengkel biasa juga berceceran spare parts yang banyak sama dengan L300. Tapi, berhubung sebab akibat Kuda ini dari sono nya emang diciptakan untuk highspeed, secara otomatis, mau tidak mau, suka tidak suka, tubuh kita juga jadi kepengaruh untuk bejek gas terus kalo mesinnya sehat.
Kalau Tokidis, entah kenapa, ane jadi ngga mood untuk narik narikan/bejek2 gas.
*mana nih mod Kopat?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
Walo ane masi bujang,ane tetep utamain biar bisa angkut org banyak,emang kidis lapang,ane ga suka bejeg-bejeg gas om,nyante wae ora sah kesusu,tp kl dah kepepet waktu dg terpaksa harus banter.
Ane kek nya condong ke kidis daripada kudis,soalnya ane di kota kecil,jarang banget ada beres mitsu.
Mesin gerung-gerung di kidis ini yg buat ane ragu om,pernah jejeran ama kudis gen awal,suara dieselnya lebih smooth,ama keampuhan mesin L300 nya yg bikin ane kagum ma kudis.
Dilema ni...
Ane kek nya condong ke kidis daripada kudis,soalnya ane di kota kecil,jarang banget ada beres mitsu.
Mesin gerung-gerung di kidis ini yg buat ane ragu om,pernah jejeran ama kudis gen awal,suara dieselnya lebih smooth,ama keampuhan mesin L300 nya yg bikin ane kagum ma kudis.
Dilema ni...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
kalo dari segi performa mesin sih ane lebih suka kudis (4D56) daripada kidis (2L)
utk ngacir dan bandel lebih asik dan sangat berpotensial di cangkokin turbo, kalo kidis menang di lapang aja kabin nya, mesin nya agak rentan kalo di cangkokin turbo, dan suka ada kasus retak rambut
CMIIW
utk ngacir dan bandel lebih asik dan sangat berpotensial di cangkokin turbo, kalo kidis menang di lapang aja kabin nya, mesin nya agak rentan kalo di cangkokin turbo, dan suka ada kasus retak rambut
CMIIW
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
- Location: Yogyakarta
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
mendingan ambil lgx aja om, kalo memang cenderung ke kidis.
kalo lsx kasian penumpang belakang, sejuknya AC ga sampai belakang. bisa juga dengan blower maksimal. tapi ya itu, nggerung-nggerung. ga enak di kuping
kalo lsx kasian penumpang belakang, sejuknya AC ga sampai belakang. bisa juga dengan blower maksimal. tapi ya itu, nggerung-nggerung. ga enak di kuping
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
@ om rakean : mengingatkan ane ama pertanyaan ttg panty,tadi ane kepikiran mo nanya tu mesin kidis bisa dicangkok turbo apa ga,eh uda dijawab,hmmm...
~ Kidis mesin nya yg harus NA,tapi lapang kabinnya
~ kudis mesinnya bisa dicangkok turbo,tapi rada sempit,versi grandia langka,beres cuma ada di denpasar. Kabin walo sempit ane suka tampilannya.
*tambah bingun...
~ Kidis mesin nya yg harus NA,tapi lapang kabinnya
~ kudis mesinnya bisa dicangkok turbo,tapi rada sempit,versi grandia langka,beres cuma ada di denpasar. Kabin walo sempit ane suka tampilannya.
*tambah bingun...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36
Re: Kijang vs Panther vs Kuda
@ om anizu : dapet lsx yg seger aja uda untung om,yg lgx jarang juga disini. Kalo gerung-gerung mungkin kudu pake peredam di firewall kali ya,ato pake ilmu bisukan hati butakan telinga aja ya